Tokopedia Sediakan Halaman Khusus untuk Bandung

Telko.id – Situs jual beli online Tokopedia resmi menjalin kerja sama dengan pemerintah kota Bandung untuk memasarkan produk-produk yang dihasilkan oleh pemilik merek lokal di Indonesia. Media pemasaran berbasis online yang terintegrasi langsung dengan Tokopedia ini dipanggil Laman Kota.

Dipilihnya Bandung sebagai kota pertama dalam rangkaian kerjasama Tokopedia dengan Pemerintah Kota ini bukannya tanpa alasan. Diakui CEO William Tanuwijaya, hal ini dikarenakan Bandung memiliki segudang pemilik merek lokal, yang sayang jika diabaikan.

Sepanjang bulan Juni ini, lewat platform Tokopedia, masyarakat Bandung sudah berhasil menjual sebanyak 910.163 produk ke seluruh Indonesia dan membeli sebanyak 599.239 produk dari berbagai pelosok Indonesia. Itu artinya, Bandung telah membantu terciptanya 1.509.402 (data per 25/06/2016 pukul 09.55 WIB) kepercayaan dan peluang di Indonesia sepanjang bulan Juni ini.

“Jutaan kepercayaan memang telah tercipta, namun belum sebanding dengan potensinya yang masih sangat besar, maka dibutuhkan sebuah katalisator dalam hal ini Laman Kota untuk lebih mendorong pertumbuhan bisnis para pemilik merek lokal lewat sebuah platform dimana seluruh stakeholder termasuk pemerintah kota setempat bisa bertemu,” kata William melalui keterangan resmi.

Program Laman Kota ini sendiri merupakan satu dari sekian inisiatif dari Tim Inovasi dan Bisnis Inklusif, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, untuk memperbaiki sistem mata rantai produk-produk strategis di Indonesia. Dimana untuk memperkuat konektivitas ekonomi dari desa, kota dan pasar global, diperlukan sistem logistik yang lebih efisien untuk produk-produk UKM lokal.

“Hal ini dapat dicapai dengan kehadiran bisnis e-commerce dan teknologi aplikasi,” tambah Ketua Pengarah Tim Inovasi dan Bisnis Inklusif, Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Edy Putra Irawady.

Kerja sama antar pemerintah dan swasta ini direncanakan akan dikembangkan oleh Tim Inovasi dan Bisnis Inklusif dalam skala nasional dalam sebuah gerakan UKM lokal berbasis digital.

Sementara itu, Ridwan Kamil selaku Walikota Bandung menyambut baik peluncuran Laman Kota Bandung ini. Menurutnya, masa depan ekonomi Bandung terletak pada ekonomi kreatif, mengingat Bandung tidak memiliki sumber daya alam.

“Lewat laman khusus Kota Bandung di Tokopedia, para pemilik merek lokal asal Bandung bisa menemukan cara untuk membuka dan mengembangkan bisnis online mereka secara gratis, akses ke modal kerja lewat KUR atau model pinjaman lainnya hingga Rp 8 miliar dari para Mitra Toppers, hingga inspirasi dan kisah sukses dari para pemilik merek lokal yang sudah berhasil goes online,” kata William Tanuwijaya lagi.

Selain menguntungkan penjual, Laman Kota Bandung juga bermanfaat untuk para pembeli yang ingin secara spesifik mengetahui produk-produk asal Bandung yang sedang menjadi tren. Pengunjung Laman Kota Bandung secara umum juga dapat mencari berbagai informasi mengenai event-event di Bandung yang berhubungan dengan kewirausahaan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0