Latest Phone

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Tecno Spark 20

Perusahaan Ini Akan Hubungkan Backbone di Tiga Negara Asean

Telko.id – Sebuah perusahaan kabel bawah laut baru yakni SEAX telah mengontrak Huawei Marine Networks untuk menyebarkan sistem kabel sepanjang 250km yang menghubungkan Malaysia, Singapura dan Indonesia.

Super Sea Cable Networks (SEAX) telah menugaskan pembangunan kabel SEAX-1, yang akan menghubungkan Mersing di pesisir timur Semenanjung Malaysia dengan Changi di Singapura dan di Batam yang mewakili Indonesia.

Pembangunan sistem 24-fiber-pair ini diharapkan akan selesai pada akhir tahun depan. Sementara Fokus pasar SEAX akan menjadi operator grosir di pasar negara berkembang, termasuk operator Tier 1, Tier 2 dan Tier 3  yang ingin memiliki layanan namun tidak mengoperasikan sistem kabel.

Sekadar informasi, rencana lima tahun SEAX adalah menargetkan beberapa negara ASEAN lainnya, seperti Thailand, Filipina, Kamboja, Vietnam dan Myanmar selain Malaysia dan Indonesia.

Perusahaan ini memiliki fasilitas lisensi operator berbasis di Singapura, sebuah perusahaan afiliasi di Indonesia dan bermitra dengan penyedia infrastruktur telekomunikasi Sacofa di Malaysia.

“SEAX-1 melewati salah satu wilayah tersibuk di kawasan Asia Pasifik, di mana kebutuhan bandwidth meningkat secara eksponensial,” kata CEO SEAX Joseph Lim seperti dilansir dari TelecomAsia (13/9).

“Kami percaya sistem kabel bawah laut yang baru akan meringankan tekanan bandwidth pada infrastruktur yang ada dan terus memberikan wilayah ini dengan kecepatan tinggi, konektivitas yang handal yang akan cepat-melacak pertumbuhan.” tambahnya.

Indonesia sendiri melalui PT Telkom telah mengontrak NEC untuk membangun sistem kabel penghubung untuk enam pulau besar di Nusantara dengan negara Singapura.

Sistem Kabel Gateway Global Indonesia akan menghubungkan pulau-pulau seperti Sumatera, Batam, Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi.

Nantinya, kabel akan menghubungkan ke Singapura dan menyediakan konektivitas langsung dengan dua kabel bawah laut internasional yang masing-masing mendarat di Eropa dan Amerika Serikat.

Latest

Dua Perangkat Samsung Ini Tangguh Untuk Berbagai Medan

Telko.id - Untuk memenuhi kebutuhan berbagai perusahaan di Indonesia...

Telkomsel dan ZTE Kolaborasi, Hadirkan Pengalaman 1 Gbps di Indonesia

Telko.id – Telkomsel dan ZTE Corporation jalin kerjasama strategis...

Xiaomi Perkenalkan Ekosistem Pintar “Human x Car x Home” di MWC 2024

Telko.id - Xiaomi memperkenalkan ekosistem pintar terbaru "Human x...

Telkomsel Hadirkan Paket kuWOTA JKT48, Apa Untungnya?

Telko.id – Telkomsel Prabayar kolaborasi dengan JKT48 meluncurkan paket...

Rekomendasi

Tecno Spark 20 Pro Series, Seharga Rp.2 jutaan Pas Buat Gen Z

Telko.id - Tecno Spark 20 Pro Series resmi hadir yang merupakan seri lanjutan dari Tecno Spark 20 Series yang telah diluncurkan Januari lalu. Tecno...

Chipset Exynos 2400 di Samsung Buat Galaxy S24 dan S24+ Ngacir!

Telko.id - Samsung Galaxy S24 Series sukses mendapat animo luar biasa dari konsumen di Indonesia berkat pengalaman terbarukan dari Galaxy AI yang tak bisa ditemukan...

Acer Manufacturing Indonesia Terus Lanjutkan Berkarya di Indonesia

Telko.id - Acer Manufacturing Indonesia (AMI), fasilitas produksi Acer di Indonesia, memperingati 12 tahun berkarya untuk bangsa. Hadir di Indonesia sejak Januari 2012 sebagai wujud...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini