OJK dan KADIN Siap Gelar Indonesia Fintech Festival & Conference 2016

Telko.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kamar Dagang & Industri (KADIN) baru-baru ini mengumumkan sebuah inisiatif baru sebagai bentuk konkrit dukungan untuk pertumbuhan industri fintech di Indonesia. Diberi nama Indonesia Fintech Festival & Conference 2016, inisiatif ini akan menjembatani semua stakeholder di industri FinTech, mulai dari regulator, institusi keuangan swasta, investor, startup, inkubator, asosiasi industri dan juga dari kalangan akademis.

“Pelaku usaha FinTech yakin akan ada lebih banyak kerjasama saling menguntungkan antara lembaga keuangan seperti bank dengan perusahaan teknologi atau FinTech di masa depan,” kata Niki Santo Luhur, Ketua Umum Asosiasi FinTech Indonesia, sebagai salah satu pendukung konferensi ini, dalam keterangan resmi, Kamis (25/8)..

Saat ini, ia menambahkan, FinTech sudah membantu bank membuka saluran baru distribusi produk keuangan‎, mempermudah proses akuisisi nasabah dan merchant, dan membantu efisiensi operasional serta mengelola risiko. “Jadi, kami melihat momentum yang tepat bagi regulator, lembaga keuangan, dan FinTech untuk duduk di satu forum dan mendiskusikan strategi bersama,” imbuhnya.

Selain didukung oleh Asosiasi FinTech Indonesia, acara ini juga akan didukung oleh Asosiasi Pemodal Ventura dan Startup Indonesia (AMVESINDO), sebagai asosiasi yang menaungi para investor dan startup di Indonesia.

“Di negara berkembang seperti Indonesia, fintech dapat membantu mensejahterakan masyarakat dengan memberikan data yang akan mengubah ekonomi informal menjadi bankable,ungkap Donald Wihardja, Wakil Ketua AMVESINDO.

Donald juga menyatakan bahwa dengan populasi 250 juta, kelas menengah yang kian berkembang dan masih banyak komponen masyarakat yang belum tersentuh produk perbankan (unbanked), Indonesia memiliki potensi hingga Rp. 1.600 triliun dari sisi permintaan pendanaan namun hanya Rp. 600 triliun yang mampu disediakan oleh bank dan institusi perbankan.

Hal-hal seperti ini akan menjadi sorotan untuk diskusi di acara Indonesia Fintech Festival and Conference 2016 yang akan dihadiri oleh hadirin dari perwakilan pemerintah, regulator, bank, asuransi, lembaga peminjam, startup, investor dan institusi perbankan lainnya.

Acara Indonesia Fintech Festival and Conference 2016 sendiri akan digelar pada tanggal 29-30 Agustus 2016 di Indonesia Convention & Exhibition (ICE) di BSD, Tangerang, Banten.

Beberapa pembicara yang dijadwalkan untuk hadir meliputi Darmin Nasution (Menteri Koordinator Perekonomian), Muliaman Hadad (Ketua Dewan Komisioner OJK), Rudiantara (Menteri Kominfo), Enggaristo Lukita (Menteri Perdagangan), Rosan P. Roeslani (Ketua Umum Kadin), Ronald Waas (Bank Indonesia), Kartika Wirjoatmodjo (Presiden Direktur Bank Mandiri), Asmawi Syam (Direktur BRI), Armand Hartono (Wakil Presiden Direktur BCA), dan banyak lagi.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0