Luncurkan Satelit Sendiri, BRI Ingin Jangkau Daerah Terpencil

Telko.id – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) memiliki rencana untuk meluncurkan satelit sendiri minggu depan. Dipanggil BRIsat, satelit ini merupakan yang pertama di dunia yang didedikasikan untuk layanan perbankan.

BRIsat yang ditujukan untuk menjangkau pelanggan di daerah terpencil ini diharapkan akan bisa online sebelum akhir Agustus.

Menurut Dealstreetasia, Rabu (1/6), BRIsat dijadwalkan akan mengorbit pada roket Arcane 5, milik Arienespace di Kourou, sebuah komune di Guyana, Amerika Selatan, pada tanggal 9 Juni mendatang, tepatnya pukul 3:30 WIB.

“Kami akan mencapai tonggak baru dalam sejarah industri perbankan, ketika BRI menjadi bank pertama yang mengoperasikan satelit,” kata Presiden Direktur BRI, Asmawi Syam.

Syam menambahkan, dengan satelit baru ini BRI berharap bisa menambah 10 juta pelanggan baru di seluruh Indonesia. Saat ini, bank milik negara itu melayani sekitar 50-60 juta pelanggan.

Satelit ini juga akan memungkinkan BRI untuk meningkatkan komunikasi perbankan dengan aman di lebih dari 10.300 cabang yang dimilikinya.

Setelah roket diluncurkan, BRIsat akan diposisikan pada orbitnya pada bujur 150 derajat Timur di atas langit Papua, dan akhirnya diserahkan kepada BRI pada bulan Agustus atau 50 hari setelah peluncuran.

Satelit ini memiliki 45 transponder, terdiri dari 18 untuk KU-band untuk melayani komunikasi non-keuangan dan untuk C-band, untuk memudahkan transaksi keuangan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0