LTE-M Solusi Pas Untuk IoT?

Telko.id – Penyedia layanan cloud dan IoT, Sierra Wireless mengatakan bahwa LTE-M memiliki potensi untuk menjaga perusahaan telekomunikasi yang relevan di era IOT ketika teknologi bersaing dan mengancam untuk merusak keberadaan mereka.

Seperti dilaporkan oleh Telecoms(14/3), Sierra mengatakan LTE-M akan menjaga lalu lintas IOT pada jaringan selular, yang berarti operator akan tetap terus terlibat, atau disebut sebagai evolusi industri. Sementara para operator juga mendapatkan manfaat komersial.

Bersama produsen semikonduktor Altair, SVP Sierra untuk Cloud dan Konektivitas, Emmanuel Walckenaer, mengatakan daya rendah Platform seluler-IOT adalah game-changer.

“Ini adalah game-changer, dalam hal konsumsi daya dan dalam hal cakupan. LTE-M merupakan teknologi yang menarik yang dapat memungkinkan kita untuk memajukan pasar IOT. Kami benar-benar difokuskan pada standarisasi dan keterbukaan LTE-M bukan platform hak milik seperti Lora dan Sigfox,” tuturnya.

Memang, dua platform yang disinggung telah mendapatkan traksi yang signifikan di industri sebagai sarana penghubung sensor.  Walckenaer juga percaya ada beberapa alasan mengapa LTE-M akan menjadi platform ‘de facto’  untuk era IoT. Yakni, daya rendah dan memberikan kapabilitas pada bandwidth untuk mengalirkan ke sensor, chip dan modul.

“Saya pikir LTE-M, secara khusus, cukup relevan untuk daya rendah,” katanya. “Saya percaya salah satu manfaat besar lainnya dari LTE-M adalah fleksibilitas dalam bandwidth, yakni gagasan untuk mengalirkan bandwidth mulai dari jumlah rendah sampai sangat tinggi.”

Walckenaer menyebutkan, end user nantinya dapat mengunduh beberapa perangkat lunak dasar sambil mengirimkan tweet atau bersosial media dengan lancar.

Konsumsi daya adalah salah satu tantangan besar dalam industri IOT, dan sementara ini, LTE-M akan membantu memperpanjang umur atau daya tahan sebuah perangkat karena efisiensi daya tadi. Sebuah demonstrasi di stand Sierra pada ajang MWC menggambarkan  rintangan seperti itu. Sebagai contoh, menggunakan baterai AA 2500mAh dengan transmisi 670 byte dan menerima 350 byte, Sierra mengatakan bahwa dengan transmisi seperti itu, akan menjaga daya tahan baterai selama 19 tahun. Dengan ekstensi, salah satu transmisi setiap enam jam dan satu transmisi satu jam membawa hidup baterai ke lima tahun dan satu tahun masing-masing.

LTE-M sendiri merupakan pemanfaatan layanan LTE untuk era Internet Of Things. LTE-M nyatanya lebih mengarah ke sektor Machine-to-Machine, namun nantinya pemanfaatan dari LTE-M ini dapat juga dirasakan untuk end user.

Saluran LTE terdiri dari blok resource dari sekitar 230 kHz spektrum, dan LTE-M merupakan bagian dari blok 1,4 MHz, terdiri dari enam blok resource. LTE-M lebih hemat energi karena discontinuous repetition cycle (DRX)-nya yang diperpanjang, yang berarti endpoint dapat berkomunikasi dengan menara atau jaringan terkait seberapa sering menciptakan arus downlink.

Walckenaer mengakui ada banyak persaingan industri di pasar LTE-M muncul untuk IOT, tetapi berharap beberapa terobosan dan fitur Smart SIM yang mereka hadirkan akan menjadi pembeda dari pemain lain di pasar.

Sierra pun menyarankan contoh LTE-M untuk dapat berada dalam gerakan, yang tentunya dapat menambahkan intelijen ke dalam sepatu lari. Dengan demikian, potensi LTE-M dapat merusak persaingan teknologi dalam jangka pendek dan 5G dalam jangka panjang.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0