Lewat Kolaborasi Alcatel-Lucent dan Chunghwa Telecom, G.fast Sambangi Taiwan

Jakarta – Penyedia infrastruktur telekomunikasi raksasa asal Perancis, Alcatel-Lucent, baru-baru ini mengumumkan penyebaran teknologi broadband G.fast komersial pertama di dunia di Taiwan.

Peluncuran tersebut dilakukan dalam kemitraannya dengan perusahaan telekomunikasi terbesar di negara tersebut, yakni Chunghwa Telecom, selain juga merupakan bagian dari perkenalan FTTP nasional, yang neliputi teknologi tembaga canggih seperti G.fast.

“Sebagai inovator dalam akses fixed ultra-broadband, Alcatel-Lucent adalah perusahaan pertama yang membawa G.fast ke pasar,” demikian diungkapkan Ken Wu, Presiden Alcatel-Lucent Taiwan sebagaimana dilaporkan Telecom.com, Rabu (16/9/2015).

Wu juga menambahkan bahwa perusahaan untuk tahun lalu juga telah bekerjasama dengan operator terkemuka di seluruh dunia untuk menguji teknologi ini.

“Tahun ini, pasar Taiwan telah dengan cepat memperkenalkan teknologi terbaru dan meluncurkan layanan komersial lebih dulu dibanding pasar lain untuk memungkinkan konsumen di Taiwan merasakan layanan broadband super cepat G.fast CHT. Hari ini kami senang melihat Chunghwa Telecom menjadi pionir dan menjadi operator pertama di dunia yang menyebarkan ini secara komersial,” tambahnya.

Hal yang tak jauh berbeda diuntai Mu-Piao Shih, President Chunghwa Telecom. Menurutnya, Alcatel-Lucent telah membuat langkah besar untuk secara proaktif meningkatkan layanan jaringan broadband ini selama beberapa tahun terakhir. Dan Chunghwa Telecom merasa bangga karena menjadi operator pertama di dunia yang menyediakan layanan tersebut secara komersial.

“Dengan teknologi G.fast Alcatel-Lucent, kami akan dilengkapi dengan baik untuk meluncurkan layanan jaringan berkecepatan ultra tinggi ini menjelang akhir tahun dan menawarkan pelanggan kami pengalaman layanan broadband tertinggi, sehingga memperkuat kepemimpinan kami dalam pasar layanan broadband serat optik mulai dari 100Mbps hingga 1Gbps,” pungkas Mu-Piao Shih.

G.fast telah berada di sekitar kita selama beberapa waktu, sehingga penting bagi kita untuk akhirnya mulai melihat penyebarannya secara komersial. Apalagi masalah logistik dan ekonomi juga masih menjadi kendala dalam pembuatan serat di mana-mana dan G.fast merupakan alternatif yang semakin layak.

Teknologi ini memungkinkan para penyelenggara layanan menyediakan akses ultra-broadband ke lokasi-lokasi di mana penyebaran erat sulit dilaksanakan, dengan cara menggunakan bagian akhir infrastruktur tembaga yang disambungkan ke lokasi-lokasi untuk menghantarkan kecepatan ultra-tinggi.

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0