Ini yang Dilakukan eCommerce Tanah Air Jelang HarBolNas

Telko.id – Hanya tinggal hitungan jam menuju gelaran akbar bertajuk Hari Belanja Online Nasional (HarBolNas). Dalam gelaran yang akan berlangsung pada 12 Desember mendatang itu, tak kurang 100 lebih pemain di industri e-commerce tanah air akan turut ambil bagian. Untuk itu, persiapan matang pun dilakukan para e-commerce guna menanggulangi membludaknya pesanan. Lazada Indonesia, dalam hal ini adalah salah satunya.

Selain telah mempersiapkan lebih dari 8.000 penjual yang tergabung di platform marketplace sejak enam bulan yang lalu, Lazada juga mempersiapkan infrastruktur teknologinya dengan baik. Pun demikian dengan operasional dan logistik.

Untuk mengedukasi para penjual mengenai Hari Belanja Online Nasional, Lazada juga menyelenggarakan serangkaian workshop, dengan menitikberatkan pada beberapa hal yang dianggap penting untuk disiapkan para penjual, meliputi ketersediaan tenaga kerja, dimana para penjual diharapkan untuk mempersiapkan tenaga kerja tambahan untuk memastikan proses pemenuhan order dapat terus berjalan secara efisien; pengemasan dan alat tulis, yang meskipun terlihat sederhana, namun apabila tidak diperhatikan akan memperlambat proses pemenuhan order; ketersediaan stok dan harga, dimana untuk memastikan penjualan yang maksimal, para penjual harus memperbarui informasi mengenai stok dan harga khusus selama promo melalui platform Seller Center; dan infrastruktur teknologi, dimana penjual juga harus memastikan mereka memiliki koneksi internet yang stabil, dilengkapi dengan printer yang siap sedia untuk mencetak bukti pengiriman yang akan dilampirkan pada paket yang akan dikirim.

Dalam hal infrastruktur teknologi, dengan perkiraan lonjakan jumlah kunjungan sekitar 5-10 kali lipat dibanding jumlah kunjungan rata-rata harian, tim teknologi di Lazada Indonesia juga sudah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan baik website maupun aplikasi mobile dapat diakses dengan lancar oleh konsumen. Hal ini juga didukung oleh dua data center yang dimiliki Lazada Indonesia, yang terletak di Jakarta dan Makassar.

Sementara untuk urusan operasional dan logistik, lebih dari 1.000 orang tim operasional yang bekerja di pusat distribusi Lazada Indonesia yang terletak di Cakung (Jakarta Timur) dan Surabaya akan bekerja selama 24 jam dengan tiga shift kerja. Secara total, akan ada 70 station di warehouse yang akan mempersiapkan Lazada Indonesia juga bekerja sama dengan tiga mitra kerja sama logistik baru, yang menghasilkan total sebanyak 20 mitra kerja sama logistik untuk memastikan proses pengiriman produk lebih efektif.

Untuk membantu para penjual marketplace, Lazada Indonesia juga sudah mempersiapkan tim khusus yang akan mendatangi rumah atau kantor para penjual untuk membantu melakukan pengepakan langsung di tempat.

Ramai-ramai tawarkan diskon heboh

Selain Lazada Indonesia, online marketplace Indonesia yang bergerak di bidang jual beli daring, Tokopedia, juga tak kalah siap dalam menyambut Hari Belanja Online Nasional. Bahkan, mall online milik William Tanuwijaya ini menghadirkan Promo Heboh selama dua hari berturut-turut, yakni pada 11-12 Desember 2015.

Vice President Tokopedia, Melissa Siska Juminto mengatakan, “Toppers (pengguna Tokopedia, red.) berkesempatan mendapatkan cashback hingga Rp 300 ribu jika bertransaksi dari hari ini sampai 12/12.”

Melissa menjelaskan, ada alasan mengapa Tokopedia tidak memberikan diskon selangit seperti layaknya e-commerce lain yang juga akan ikut ambil bagian dalam ajang ini. “Kami memberikan kebebasan kepada para merchant untuk menentukan harga karena pada dasarnya Tokopedia menganut sistem user generated content dan selama ini pun penjual-penjual online yang ada di platform kami telah memberikan harga terbaik,” katanya.

Ia menambahkan, peran Tokopedia di sini adalah memberikan nilai lebih kepada para pengguna agar mendapatkan harga terbaik dari yang terbaik, salah satunya melalui pemberian cashback.

Lain Tokopedia, lain lagi Shopee. Aplikasi mobile marketplace bagi konsumen ke konsumen (C2C) ini bahkan telah memulai rangkaian kegiatannya sejak kemarin, guna menyambut HarBolNas, dengan cara menawarkan diskon hingga 90 persen untuk berbagai produk pilihan Shopee, top spender competition, dan penawaran pre-loved favorit serta merchandise milik 12 selebriti Indonesia papan atas melalui toko online mereka di aplikasi Shopee.

12 selebriti yang akan berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Giring Ganesha, Raisa, Tulus, Marcello Tahitoe, Endah n Rhesa, Ayushita, Saykoji, Teddy Aditya, Eva Celia, Midnight Quickie, Maliq & D’Essentials, dan Lala Karmela.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0