Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Gandeng 7 Operator, GSMA Terbitkan Panduan Keamanan Internet of Things

Telko.id – GSMA, bersama tujuh operator seluler – berasal dari Amerika Serikat, China, Jepang dan banyak lagi – telah meluncurkan pedoman keamanan yang luas untuk mengembangkan layanan dan produk Internet of Things (IoT).

Asosiasi telekomunikasi global itu mengatakan bahwa pedoman tersebut telah dirancang dengan memikirkan seluruh ekosistem IoT, termasuk penyedia layanan IoT, produsen perangkat, pengembang dan operator jaringan.

Menurut laporan Telecoms, Rabu (10/2), kekhawatiran atas keamanan adalah penghalang terbesar untuk menerapkan IoT antara operator telekomunikasi – diidentifikasi oleh hampir setengah dari mereka yang disurvei. Sementara itu, hanya 10% mengatakan bahwa mereka mampu meluncurkan layanan IoT yang aman sepenuhnya. Hal inilah yang kemudian membuat GSMA dan operator merasa perlu untuk memiliki panduan lebih dalam mengamankan IoT.

GSMA mengatakan panduan atau pedoman tersebut akan menguraikan berbagai cara untuk mengidentifikasi dan mengatasi potensi ancaman IoT, sehingga membantu penyedia layanan membangun layanan yang aman dari awal. Pedoman ini juga akan menjelaskan metodologi penilaian risiko untuk memastikan layanan IoT mampu mengumpulkan, menyimpan dan bertukar data dengan aman sementara mengurangi serangan cybersecurity yang mungkin saja terjadi.

Menurut CTO GSMA, Alex Sinclair, dengan miliaran perangkat menjadi terhubung di Internet of Things, yang menawarkan layanan baru yang inovatif dan saling terkoneksi, potensi kerentanan akan semakin meningkat.

“Ini bisa diatasi jika keamanan end-to-end layanan IoT dipertimbangkan dengan baik oleh penyedia layanan ketika merancang layanan mereka dan teknologi mitigasi yang tepat dikerahkan. Pendekatan yang baik dan kuat untuk keamanan akan menciptakan layanan yang handal dan terpercaya seiring dengan pertumbuhan pasar,” katanya.

Untuk menghasilkan panduan ini, GSMA bermitra dengan sejumlah operator seluler diantaranya AT&T, China Telecom, Etisalat, KDDI, NTT DOCOMO, Orange, Telefónica, Telenor dan Verizon untuk mendapat input dari operator dan penyedia layanan, sementara Ericsson, Gemalto dan u-blox ikut berkontribusi dari komunitas penjual.

Chief IoT Officer Telefónica, Vicente Muñoz Boza, mengatakan industri membutuhkan panduan semacam ini sehingga penyedia layanan dapat merasa aman dengan layanan IoT-nya.

“Keamanan solusi IoT adalah sangat penting dan dokumen-dokumen ini merupakan langkah penting dalam mendukung pelanggan kami untuk mendapatkan layanan end to end yang aman,” pungkasnya.

Latest

Samsung Promosi Bespoke AI Laundry Combo lewat Film Inside Out 2

Telko.id – Samsung mempromosikan Bespoke AI Laundry Combo lewat...

Iduladha 1445 H, Telkomsel Berbagi Keberkahan Pada 43.000 Masyarakat

Telko.id - Memperingati Iduladha 1445 H, Telkomsel kembali melangsungkan...

PocoPad Hadir Berbekal Xiaomi HyperOS dan Memori Besar

Telko.id – Xiaomi menambahkan lini baru di sub brandnya...

Indosat dan Google Cloud, Siapkan Pengalaman Digital Berbasis AI di Seluruh Indonesia

Telko.id -  Indosat Ooredoo Hutchison (“Indosat” atau “IOH”) dan Google Cloud melanjutkan...

Rekomendasi

Acer Swift Series Terbaru Hadir Bertenaga AMD Ryzen AI 300 Series

Telko.id - Acer mengumumkan bahwa seri laptop tipis dan ringan, Swift generasi terbaru akan hadir dengan varian model yang ditenagai prosesor khusus laptop, AMD...

Lenovo LOQ 15IAX9I, Pas buat Gamer Pemula Menuju Arena Pro

Telko.id - Lenovo LOQ 15IAX9I hadirkan laptop yang menyasar gamer pemula menuju arena pro, melengkapi rangkaian solusi dan inovasi gaming yang sudah dimilikinya. Di Indonesia,...

Acer Kenalkan 4 Smart Monitor Terbaru, Pas Buat Segala Kebutuhan

Telko.id - Acer resmi meluncurkan jajaran monitor pintar serbaguna terbaru, yang dirancang untuk menghadirkan pengalaman sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup konsumen yang beragam. Monitor...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini