Facebook Seperti Perusahaan Telko Karena Solusi Ini

Telko.id – Facebook sedang menguji dua teknologi nirkabel yang lebih dekat dengan infrastruktur telekomunikasi tradisional dari beberapa ide yang lebih inovatif untuk menyebarkan coverage, perusahaan mengungkapkan hal tersebut pada acara  F8 Developer Event.

Salah satu dari dua sistem terestrial dimaksudkan untuk mengisi kesenjangan di daerah perkotaan yang padat, sementara yang lain adalah tentang menghubungkan pengguna off-net di negara-negara berkembang.

Seperti diketahui, perusahaan ‘Connectivity Lab’ biasanya dikaitkan dengan teknologi non-terestrial seperti drone, laser dan satelit, namun Facebook kini telah bergeser ke daerah yang biasanya ditempati oleh vendor telekomunikasi tradisional. Sekadar informasi, beberapa vendor telah menyatakan keraguan tentang inovasi Facebook tersebut. Berikut adalah dua inovasi yang dilakukan oleh Facebook, seperti dilaporkan oleh MobileWorldLive (18/4).

Terragraph

Sistem Terragraph Facebook beroperasi di bagian 60 GHz dari spektrum radio, yang juga dikenal sebagai V-band. band ini merupakan band unlicensed di banyak negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Jerman, China, Korea Selatan dan Jepang. Hingga 7 GHz tersedia di band ini, dengan beberapa negara seperti Inggris mengusulkan untuk memperluas kapasitas yang tersedia sampai 14 GHz.

Terragraph didasarkan pada WiGig, sebuah peningkatan standar Wi-Fi, yang dirancang untuk meningkatkan bandwidth dalam ruangan. Sistem ini terdiri dari radio yang dirancang untuk elektronik konsumen yang mana pihak Facebook mengatakan bahwa mereka mengeluarkan biaya untuk gear telekomunikasi tradisional.

Konsep ini adalah untuk menempatkan node pada 200-250 interval meter di sekitar kota, di mana sistem dapat menawarkan cakupan terjangkau di kondisi non line-of-sight . Dengan blok besar flat, sistem Terragraph dapat dilampirkan ke luar dan terkait dengan jaringan Ethernet dalam gedung.

Proyek Aries

Inisiatif kedua adalah Proyek Aries, teknologi transmisi yang dirancang untuk menjadi spektral dan hemat energi. Ini merupakan upaya dari proof-of-concept yang menggunakan base station dengan 96 antena dalam penyebaran MIMO besar.

Sebuah studi Facebook baru-baru ini di 20 negara menemukan hampir 97 persen dari populasi dunia hanya berjarak 40 kilometer dari kota besar, kesimpulan yang mendorong raksasa sosial untuk dapat memberikan komunikasi bagi masyarakat pedesaan (atau semi-pedesaan) dari pusat kota, hal ini merupakan tujuan dari Proyek Aries.

Kedua teknologi sesuai dengan agenda konektivitas Facebook, salah satu tujuan utamanya selama dekade berikutnya yang dicanangkan oleh CEO Mark Zuckerberg pekan ini. Tujuan lainnya adalah penggunaan AI, khususnya untuk aplikasi utama dan Messenger; dan VR melalui perangkat keras seperti Oculus Rift headset dan memperbaiki user xperience di situs Facebook.

Pada subjek strategi ke depan, Facebook akan membangun unit baru yang disebut Building 8 untuk bekerja pada perangkat keras di berbagai bidang seperti AI dan VR. Facebook juga akan mempekerjakan ratusan staf dan memiliki investasi ratusan juta dolar. Ini akan dipimpin oleh Regina Dugan. Dugan adalah mantan kepala badan penelitian US DARPA.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0