Direktur IT BEI tentang Link Net, “Selama Ini Relatif Tidak Pernah Ada Insiden”

Telko.id – Direktur IT dan Manajemen Risiko BEI, Sulistyo Budi mengungkap alasan dibalik diperpanjangnya kontrak Link Net sebagai penyedia layanan koneksi data untuk JTPM di pasar modal. Menurutnya, Link Net telah mampu memberikan akses internet yang baik sehingga memenuhi requirement untuk jaringan di pasar modal.

“Yang paling utama di sini adalah availability. Jaringan tidak pernah putus,” katanya.

Ia menambahkan, sejauh ini Link Net berhasil memenuhi kriteria itu, karena jaringan yang disediakan relatif tidak pernah mengalami gangguan atau mati. Kalau mati satu ada, tapi tidak terlalu menganggu aktivitas pasar modal karena di sini kita menggunakan dua jaringan. Jadi jika yang satu mati masih ada jaringan yang satu lagi, tambahnya.

Sebagai industri yang dinamis, otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) merasa perlu untuk melakukan berbagai inovasi di pasar modal sebagai respon logis atas kebutuhan pelaku pasar, pemodal, maupun stake holders. Dan penyediaan sistem perdagangan yang andal sehingga memungkinkan setiap orang dapat langsung bertransaksi di pasar modal di mana saja secara real time melalui fasilitas perdagangan secara online (online trading) adalah salah satu bentuknya.

“Tren penerapan ‘online trading’ yang selama ini telah dimiliki oleh mayoritas perusahaan efek telah membuat rata-rata jumlah transaksi harian BEI mengalami peningkatan, yakni sebesar 196.312 atau 987 persen kali transaksi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sebelum “booming era online trading” yakni pada 2009 rata-rata nilai transaksi harian di BEI mencapai 87.040 kali transaksi. Setelah “era online trading” di 2010, rata-rata nilai transaksi harian meningkat menjadi 105.790 kali transaksi dan terus tumbuh hingga mencapai 216.192 kali transaksi di 2016.

Sebagai informasi, Link Net telah mendukung BEI dalam menciptakan perdagangan efek yang wajar, teratur, dan efisien melalui penyediaan layanan koneksi data berkecepatan tinggi selama 10 tahun terakhir. Layanan koneksi data yang andal dari Link Net juga telah membantu SRO dalam memberikan pelayanan perdagangan maupun akses informasi kepada pemodal, anggota bursa, maupun para stake holders.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0