Xiaomi Memperkenalkan MIUI 13, Apa Kelebihannya?

Telko.id – MIUI 13 baru saja diperkenalkan oleh Xiaomi. Sebuah sistem operasi generasi baru yang diluncurkan bersamaan dengan peluncuran global Redmi Note 11 Series. Pada Q4 2021, pengguna aktif bulanan MIUI melampaui 500 juta.

Sistem operasi generasi terbaru ini menawarkan pemutakhiran menyeluruh dengan fokus pada peningkatan pengalaman inti—termasuk penyimpanan yang lebih cepat, efisiensi proses latar belakang yang lebih tinggi, pemrosesan yang lebih cerdas, dan masa pakai baterai yang lebih lama—di samping fitur-fitur berguna seperti bilah sisi dan widget.

Meningkatkan pengalaman ke tingkat yang baru

MIUI 13 memperkenalkan Liquid Storage, metode tingkat sistem baru untuk mengelola cara file disimpan di perangkat.

Pada perangkat tradisional, karena kami terus-menerus menulis dan menulis ulang data di perangkat kami, seiring waktu penyimpanan perangkat akhirnya terfragmentasi.

Setelah hanya 36 bulan, ini memperlambat kecepatan baca dan tulis hingga 50%. Ini juga memengaruhi seberapa cepat Anda dapat mengakses aplikasi, dan seberapa cepat aplikasi tersebut dapat mengakses sumber daya yang diperlukan — memperlambat segalanya.

Liquid Storage pada MIUI 13 mengurangi fragmentasi dan secara aktif mengelola data yang tersimpan, meningkatkan efisiensi defragmentasi hingga 60%.

Dalam jangka panjang, beberapa OS Android lainnya kecepatan baca dan tulis turun sebanyak 50% setelah 36 bulan, sementara MIUI 13 mempertahankan hingga 95% —memberi pengguna pengalaman “baru” lebih lama, dan memperpanjang umur perangkat.

Untuk lebih meningkatkan kinerja, Atomized Memory MIUI 13, metode manajemen memori ultra-halus, membawa efisiensi RAM ke tingkat yang baru. Fitur ini menganalisis bagaimana aplikasi menggunakan memori dan membagi proses penggunaan RAM satu aplikasi menjadi tugas-tugas penting dan tidak penting.

Sistem ini mampu menutup semua tugas yang tidak penting sehingga memungkinkan aplikasi menggunakan memori hanya untuk hal yang penting bagi Anda saat ini, memungkinkan Anda menjalankan lebih banyak aplikasi tanpa mengorbankan kinerja.

MIUI 13 juga hadir dengan Focused Algorithms, yang secara dinamis mengalokasikan sumber daya sistem berdasarkan skenario penggunaan, membuat MIUI lebih lancar dan responsif. Tanpa Algoritme Terfokus, prosesor ponsel cerdas mendistribusikan sumber daya di semua aplikasi Anda secara relatif sama.

Algoritma Terfokus memprioritaskan aplikasi aktif di atas semua yang lain, memungkinkan CPU untuk fokus pada tugas-tugas penting, memberi Anda kecepatan lebih cepat dan kinerja lebih tinggi di mana dan kapan pun Anda membutuhkannya.

Smart Balance adalah peningkatan pengalaman hebat lainnya di MIUI 13. Ini dirancang untuk secara otomatis menemukan keseimbangan antara kinerja dan konsumsi daya, sehingga Anda bisa mendapatkan daya dan kecepatan yang Anda butuhkan untuk tetap bepergian. Dengan Smart Balance, masa pakai baterai secara keseluruhan dapat diperpanjang hingga 10% di MIUI 13.

Semua fitur baru untuk meningkatkan efisiensi dan mempersonalisasi pengalaman

Selain peningkatan pengalaman inti, MIUI 13 juga memperkenalkan fitur-fitur baru yang keren yang memungkinkan Anda menyesuaikan dan mempersonalisasi pengalaman Anda.

Dengan widget baru pengguna dapat mempersonalisasi ponsel cerdas mereka dengan modul dan notifikasi yang nyaman di App Vault atau di layar beranda. Mereka membuatnya mudah untuk tetap up to date dengan hal-hal seperti pemberitahuan, daftar tugas, cuaca, dan banyak lagi.

MIUI 13 juga mendukung widget dengan ukuran berbeda. Dengan opsi 2×1, 2×2, 2×3, 4×2, dan 4×4 yang tersedia, pengguna dapat memasukkan informasi yang lebih penting pada satu widget dan menempatkan widget di tempat yang mungkin tidak sesuai sebelumnya.

Sidebar adalah alat efisiensi lain di MIUI 13, memungkinkan Anda untuk mengakses semua aplikasi favorit Anda di jendela mengambang hanya dengan menggesek—tanpa meninggalkan aplikasi Anda saat ini. Ini sangat cocok untuk multitasker yang menginginkan cara yang lebih mudah untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus, atau dengan cepat bertukar di antara mereka. Pengguna juga dapat menyesuaikan fitur dengan hingga 10 aplikasi di sidebar.

Ketersediaan

Model-model berikut akan meluncurkan MIUI 13 gelombang pertama pada Q1 2022, dengan jadwal rilis untuk perangkat lain akan dipublikasikan secara bertahap di situs web MIUI. Jadwal peluncuran dapat bervariasi menurut wilayah.

Mi 11 Ultra

Mi 11

Mi 11i

Mi 11 Lite 5G

Mi 11 Lite

Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T

Xiaomi 11 Lite 5G NE

Redmi Note 11 Pro 5G

Redmi Note 11 Pro

Redmi Note 11S

Redmi Note 11

Redmi Note 10 Pro

Redmi Note 10

Redmi Note 10 JE

Redmi Note 8 (2021)

Redmi 10

Xiaomi Pad 5

(Icha)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0