Ericsson Perkenalkan 5G Radio Dot Untuk Tingkatkan Kualitas Jaringan di Indoor

Telko.id – Pada era 5G, operator selular harus mempersiapkan diri karena akan terjadi lonjakan lalulintas data sekitar 8 kali dan 1 miliar device 5G pada tahun 2023. Permintaan pelanggan terhadap koneksi yang lancer terhadap video streaming 4K, 8K, virtual reality atau augmented reality, dan immersive media akan menambah ‘pekerjaan rumah’ operator. Di sisi lain, tidak mudah untuk melakukan pemasangan radio di dalam ruangan karena bentuk bangunan modern yang seringkali menghambat sinyal radio dari luar untuk masuk.

Itu sebabnya, Ericsson berinisiatif membuat produk 5G Radio Dot untuk dapat meningkatkan mobile broadband, yang memungkinkan operator memenuhi permintaan konektivitas dalam ruangan yang superior.

5G Radio Dot hasil ciptaan Ericsson ini adalah sebuah radio small cell yang dirancang untuk memenuhi persyaratan kinerja mobile broadband yang dikeluarkan oleh 5G. Dengan desain yang elegan dari generasi sebelumnya, 5G Radio Dot membutuhkan waktu kurang dari separuh waktu untuk menginstal dibandingkan dengan solusi indoor lainnya, dan akan mendukung new 5G mid-bands (3-6GHz) dengan kecepatan hingga 2Gbps.

“Menambahkan solusi small cell ke portofolio 5G kami adalah bagian alami dari evolusi jaringan. Perusahaan telah meminta konektivitas tingkat pertama di dalam ruangan, serta kecepatan dan kapasitas yang lebih tinggi untuk menggunakan kasus penggunaan lanjutan yang tidak dapat ditangani oleh sistem dalam ruangan tradisional. Portofolio 5G kami, didukung oleh Small cells, akan memungkinkan operator memenuhi tuntutan ini, kata Nishant Batra, Kepala Infrastruktur Jaringan Area Produk di Ericsson.

“Sekarang standar 5G pertama ada di sini, vendor akan memerlukan banyak solusi radio untuk membantu operator meluncurkan jaringan 5G baru mereka. Ericsson mengambil langkah awal yang penting dalam arah ini dengan menambahkan solusi 5G RAN dalam ruangan yang ada di dalam ruangan. Solusi indoor baru dari Ericsson ini akan menarik bagi operator yang ingin menawarkan kinerja dalam ruangan yang baik untuk meningkatkan mobile broadband dan aplikasi industri baru yang tidak dapat dipenuhi oleh base station Wi-Fi atau 5G yang ditempatkan di luar rumah,” kata Daryl Schoolar, Practice Leader, Ovum menjelaskan.

Sebagai evolusi alami dari Ericsson Radio Dot System, operator akan dapat menyebarkan 5G Radio Dot berdampingan dengan solusi 4G menggunakan infrastruktur kabel yang sama, arsitektur jaringan dan lokasi dot yang sama. Solusi sel kecil inovatif ini menyediakan jalur upgrade sederhana untuk penyebaran Sistem Dot Radio yang ada, menambahkan kemampuan teknologi 5G. Mudah untuk menambahkan frekuensi, kapasitas, dan teknologi.

“Pengguna kami menikmati coverage indoor yang sangat baik di ribuan bangunan di China, termasuk pusat perbelanjaan, berkat solusi Ericsson Radio Dot. Sebagai sistem terukur ini, memungkinkan kita memenuhi permintaan akan konektivitas indoor tanpa batas. Sangat menyenangkan melihat Ericsson mengembangkan solusinya menjadi 5G saat kami mempersiapkan teknologi mobile generasi berikutnya,” kata Feng Yi, Direktur Departemen Teknologi Nirkabel, China Unicom Network Technology Research Institute.

Sistem Radio Dot telah berhasil digunakan untuk banyak aplikasi indoor yang digunakan di area yang luas seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan bandara. Seiring waktu, solusi sel kecil juga akan mendukung aplikasi industri 5G dari pabrik yang terhubung ke kasus yang lebih ekstrem seperti pertambangan yang terhubung. Ericsson adalah pelopor di depan ini.

Kolaborasi dengan Boliden menunjukkan bagaimana teknologi Radio Dot dapat meningkatkan keamanan dan efisiensi melalui remote control mesin yang membuat orang keluar dari daerah yang paling berbahaya di tambang pada saat yang paling berbahaya.

Rencananya, 5G Radio Dot Ericsson ini akan diujicoba pada akhir 2018 dan akan tersedia secara komersial pada tahun 2019. (Icha)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hey there!

atau

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…