Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Telkomsel Gelar Jaringan 4G LTE di Mandalika Lombok

Telko.id – Saat ini pemerintah sedang gencar mempromosikan pariwisata Indonesia. Salah satu kebutuhan wisatawan adalah telekomunikasi. Untuk mendukung gerakan pemerintah tersebut, Telkomsel menggelar layanan 4G LTE di Mandalika yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Langkah tersebut merupakan penggelaran jaringan seluler berbasis teknologi terkini yang termasuk bagian dari rangkaian optimalisasi jaringan yang dilakukan untuk mengakomodasi tingginya kebutuhan wisatawan yang aktif menggunakan layanan komunikasi selama berada di Mandalika, yang merupakan salah satu destinasi pariwisata nasional.

“Kehadiran infrastruktur telekomunikasi yang berkualitas sangat penting dalam menunjang potensi wisata suatu daerah. Untuk itu, kami telah menggelar jaringan 4G LTE berkualitas untuk mempermudah wisatawan yang ingin berbagi dan menyebarkan eksotisme Mandalika ke seluruh dunia,” kata Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi.

Sukardi menambahkan bahwa, “Kehadiran layanan 4G LTE ini harapannya mampu menarik semakin banyak wisatawan untuk berkunjung langsung menikmati keindahan lokasi wisata ini. Inilah wujud nyata dukungan Telkomsel dalam membangun industri pariwisata Tanah Air.

Sampai saat ini layanan 4G Telkomsel telah menjangkau hampir 100% wilayah populasi Mandalika yang di antaranya meliputi Pantai Kuta, Panjai Serenting, Pantai Tanjung Aan, Pantai Keliuw, dan Pantai Gerupuk. Secara total layanan 4G Telkomsel telah menjangkau lebih dari 70% wilayah populasi Lombok, termasuk Kota Mataram dan Senggigi.

“Pertumbuhan penggunaan layanan data yang mencapai lebih dari 100% pada tahun lalu di wilayah Lombok menunjukkan tingginya kebutuhan masyarakat akan layanan data yang berkualitas. Kami harapkan layanan komunikasi berkualitas yang kami hadirkan di daerah Lombok dan sekitarnya mampu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan produktivitas masyarakat sehingga mempercepat pertumbuhan perekonomian di wilayah ini,” jelas Sukardi.

Selain Mandalika, Telkomsel juga melakukan optimalisasi jaringan di 11 destinasi wisata utama Indonesia lainnya, yakni Borobudur (Jawa Tengah), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Bromo-Tengger-Semeru (Jawa Timur), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Toba (Sumatera Utara), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Tanjung Lesung (Banten), Morotai (Maluku Utara), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Bunaken (Sulawesi Utara), dan Raja Ampat (Papua Barat).

Optimalisasi jaringan tersebut antara lain membangun BTS 4G baru, meng-upgrade BTS existing menjadi BTS 4G, menambah kapasitas transmisi jaringan, serta memperluas jangkauan jaringan.

Telkomsel juga selalu melakukan monitoring kualitas jaringan secara rutin, bahkan mengoperasikan compact mobile base station (Combat) untuk memperkuat jaringan pada saat digelarnya event-event berskala nasional dan internasional yang dipusatkan di kawasan wisata.

Selain di 12 destinasi wisata utama, Telkomsel juga melakukan maintenance kualitas jaringan secara rutin di ratusan lokasi wisata mulai dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, termasuk menggelar kegiatan True Broadband Experience (TrueBEx).

Dengan menggunakan perangkat bernama Mobile Quality Agent (MQA), pengujian yang dilakukan untuk mengukur kecepatan akses data broadband Telkomsel dalam TrueBEx di antaranya aktivasi paket melalui menu *363# dan aplikasi My Telkomsel, browsing portal berita online, uploading status dan foto di media sosial, High-Definition (HD) video streaming, pengiriman foto melalui aplikasi pesan instan, serta pengecekan kecepatan akses data melalui aplikasi speedtest. Semua itu dilakukan demi pelayanan pada pelanggan yang optimal. (Icha)

Latest

Sisternet Ajarkan Pentingnya Legalitas Usaha Bagi UMKM Indonesia

Telko.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui...

Transaksi Keuangan Digital Wajib TTD Elektronik Tersertifikasi!

Telko.id - Presiden Joko Widodo telah resmi mengesahkan UU...

Tips Bikin Vlog Ramadan Pasti Mudah dengan Galaxy A15 5G

Telko.id - Mengabadikan momen keseharian memang sudah lekat dengan...

Safari Ramadan 1445 H, TelkomGroup Pastikan Kesiapan Infrastrukturnya

Telko.id - Bersamaan dengan momentum Ramadan dan Idul Fitri...

Rekomendasi

Telkomsel Salurkan Ratusan Pasang Sepatu Hasil Donasi Poin Pelanggan

Telko.id - Telkomsel menyerahkan ratusan pasang sepatu hasil donasi pelanggan kepada sejumlah pelajar di Papua. Penyerahan donasi merupakan bagian dari rangkaian program donasi melalui penukaran...

Nge-game Asyik Pakai Paket GamesMAX Booster Terbaru Dari Telkomsel

Telko.id - Telkomsel luncurkan Paket GamesMAX Booster, ini merupakan cara operator ini untuk menggarap ekosistem industri gaming dan esports di Indonesia terus berkembang pesat. Terlebih...

Telkomsel dan Huawei Resmikan 5G Smart Warehouse, Untuk Apa?

Telko.id – Telkomsel dan Huawei i telah meresmikan 5G Smart Warehouse dan 5G Innovation Center pertama di Indonesia yang bertempat di Cikarang, Bekasi, Jawa...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini