Pengusaha Wanita Jadi Faktor Penting Untuk Perkembangan Jakarta

Telko.id – Dell baru saja mengumumkan hasil dari riset tahunan Indeks Wirausaha Wanita di Perkotaan (WE Cities Index) – satu-satunya studi global spesifik gender yang meneliti kemampuan sebuah kota mendorong pertumbuhan bisnis yang didirikan oleh wirausaha wanita. Hasilnya, pengusaha wanita jadi faktor penting untuk perkembangan kota Jakarta.

Riset ini disusun berdasarkan pengalaman selama 10 tahun meneliti wirausaha wanita dan Dell bekerja sama dengan IHS Markit meneliti dan menyusun peringkat ke-50 kota tersebut berdasarkan lima karakteristik penting, yaitu Modal, Teknologi, Bakat, Budaya dan Pasar.

Kelima pilar ini disusun ke dalam dua kelompok – lingkungan operasional dan lingkungan pendukung. Peringkat keseluruhan disusun berdasarkan 71 indikator, dimana 45 indikator diantaranya memiliki komponen berbasis gender. Indikator individual diberi bobot berdasarkan empat kriteria: relevansi, kualitas data dasar, keunikan dalam indeks dan komponen gender.

Semua 50 kota telah menunjukkan kemajuan sejak tahun 2017. Tapi beberapa kota berhasil menunjukkan kemajuan yang jauh lebih besar daripada yang lain dan kompetisi ke peringkat atas secara otomatis membuat beberapa kota berada di peringkat bawah.

Khusus untuk Jakarta, hasil riset menunjukan bahwa ibu kota Indonesia ini naik satu peringkat dibandingkan studi tahun 2017, yang artinya menunjukkan kemajuan kota Jakarta dalam memberdayakan wirausaha wanita. Jakarta menunjukkan peningkatan signifikan di pilar Teknologi – yaitu, pilar yang meneliti kemampuan sebuah kota memberdayakan wanita untuk menggunakan informasi, data dan teknologi untuk mendorong pertumbuhan bisnis.

Berdasarkan survei tersebut, Teknologi dan Pasar adalah dua pilar terbaik untuk kota Jakarta. Dari total 100 poin yang bisa diraih, Jakarta meraih skor 36,3 dan 32,1 untuk masing-masing pilar tersebut. Diikuti dengan skor 
28,7 untuk Bakat, 23,0 untuk Budaya, dan 16,6 untuk Modal.

Untuk meningkatkan pilar Budaya, Jakarta perlu meningkatkan jumlah jejaring dan kelompok advokasi nasional khusus untuk wirausaha wanita, meningkatkan persentase keterwakilan wanita di parlemen dan meningkatkan frekuensi acara untuk pemilik bisnis wanita.

Jakarta juga berdasarkan hasil survei ini menunjukkan peningkatan terbesar di pilar Teknologi dan Modal. Ibukota negara Indonesia ini menempati peringkat No. 2 di kedua pilar ini diantara kota-kota di APJ. Akan tetapi, peningkatan terkecil justru terjadi di pilar Bakat. Dengan jenjang dari No. 1 untuk peningkatan terbaik dan No. 50 untuk peningkatan paling minim:

Jakarta pun mencetak skor 21,2 untuk peningkatan di pilar Teknologi. Di mana, Jakarta menunjukkan perubahan signifikan dalam hal persentase wanita yang menggunakan internet (1,0), persentase wanita menggunakan ponsel pintar (3,0), dan rata-rata biaya bulanan internet (untuk kecepatan hingga 8MB) (dihitung dalam US dolar) (4,0).

Peningkatan peringkat untuk pilar Modal, Jakarta mencetak skor 24,0. Di mana Jakarta menunjukkan kinerja terbaik dalam hal meningkatkan persentase total investasi perusahaan dengan keberadaan setidaknya satu eksekutif wanita (2,0). Peningkatan tersebut diikuti di bidang-bidang seperti persentase modal usaha yang ditanamkan di sejumlah bisnis yang setidaknya memiliki 25% jajaran

eksekutif wanita (3,0) dan nilai dari modal usaha yang ditanamkan ke berbagai bisnis yang setidaknya memiliki 25% jaaran eksekutif wanita (4,0).

Untuk pilar Bakat, perbaikan skor Jakarta tercatat di angka 27,9. Di mana, kota ini disarankan untuk memperbaiki rasio Wanita vs. Pria dengan pengalaman eksekutif (44,0), meningkatkan persentasi populasi wanita dengan pendidikan menengah atas atau lebih tinggi (41,5) dan menyediakan kursus pelatihan manajemen bisnis atau keuangan dan berbagai program yang ditujukan untuk eksekutif wanita (39,0). (Icha)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0