Telko.id – Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia bersama Indonesia Coffee Academy (ICA) menggelar pelatihan kopi intensif di Politeknik Pariwisata Bali. Pelatihan ini bertujuan mencetak barista muda berkualitas sekaligus mendukung industri kopi lokal.
Inisiatif #SatuDalamKopi ini melibatkan mahasiswa dan dosen seni kuliner untuk menguasai teknik manual brew dan latte art.
Vonny Susamto, Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce Indonesia, mengatakan, “Kami ingin membekali peserta dengan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri kopi saat ini.”
Apalagi, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Bali menghasilkan sekitar 13.000 ton kopi dari total produksi nasional 758.730 ton pada 2023.
Potensi ini mendorong kolaborasi antara platform digital dan akademisi untuk memperkuat ekosistem kopi lokal.

Pelatihan Praktis untuk Industri Kopi
Agam Restu, Trainer ICA sekaligus Beverage Creator Anomali Group, menjelaskan, “Kami menggabungkan teori dan praktik agar peserta memahami karakter rasa kopi serta teknik penyajian profesional.”
Salah satu peserta, Ida Ayu Kenanga Pratiwi, mengaku pelatihan barista ini sangat bermanfaat untuk mengasah keterampilan di dunia kuliner.
Baca Juga:
Dukungan Digital untuk UMKM Kopi
Vonny menambahkan, Tokopedia dan TikTok Shop berkomitmen mendorong kewirausahaan muda melalui transfer pengetahuan dan pemanfaatan platform digital.
“Kami terus berkolaborasi dengan mitra strategis untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda dan akademisi,” ujar Vonny.
Ia pun percaya dengan mendorong transfer pengetahuan secara praktis kepada generasi muda, dengan memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia dan TikTok Shop, pelaku UMKM kopi bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan membangun bisnis berkelanjutan. (Icha)