Ini Cara Daftar MyPertamina Agar Layak Pakai Pertalite dan Solar

Telko.id – Pertamina Patra Niaga memberlakukan cara baru pembelian BBM bersubsidi mulai Jumat, 1 Juli 2022. Pembelian BBM jenis Pertalite dan Solar nantinya wajib mendaftar melalui situs MyPertamina.

Namun, masih banyak masyarakat yang mispersepsi dan mengira bahwa mulai tanggal tersebut seluruh pembelian Pertalite dan Solar harus menggunakan MyPertamina.

Faktanya, pada periode 1 Juli-30 Juli 2022 Pertamina masih sebatas melakukan uji coba pembelian Pertalite dan Solar menggunakan MyPertamina.

Artinya konsumen masih bisa melakukan pembelian kedua BBM tersebut tanpa menggunakan MyPertamina. Namun wajib mendaftar di website subsiditepat.mypertamina.id, dan ini khusus untuk kendaraan roda empat,

Pertamina juga menegaskan, pada tahap tersebut fokus utamanya adalah mendorong konsumen untuk melakukan pendaftaran lewat website MyPertamina.

Tujuannya, untuk melakukan pencocokan antara data yang didaftarkan oleh masyarakat dengan dokumen dan data kendaraan yang dimiliki.

Menurut Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution, cara baru ini dilakukan untuk memastikan BBM bersubsidi bisa didapatkan oleh konsumen yang memang berhak mendapatkannya. Oleh sebab itu, Pertamina perlu mendata konsumen-konsumen yang bisa menggunakan BBM subsidi ini.

“Inilah yang kami harapkan, Pertamina dapat mengenali siapa saja konsumen Pertalite dan Solar sehingga ke depannya, bisa menjadi acuan dalam membuat program ataupun kebijakan terkait subsidi energi bersama pemerintah,” kata Alfian dalam keterangan resminya, dikutip Telko.id.

Untuk bisa membeli BBM bersubsidi menggunakan aplikasi MyPertamina, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi tersebut di Google PlayStore dan AppStore. Setelah sudah terunduh, selanjutnya pengguna wajib melakukan registrasi dan wajib menghubungkan akun LinkAja yang dimiliki ke aplikasi tersebut.

Tidak hanya LinkAja, pengguna juga dapat menambahkan metode pembayaran lainnya seperti kartu debit. Caranya adalah pilih menu Akun, kemudian pilih Metode Pembayaran, lalu klik Tambah di Kartu Debit dan Daftarkan Kartu Debit.

Berikut adalah langkah-langkah membeli Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina:

  • Unduh aplikasi MyPertamina di AppStore dan PlayStore
  • Registrasi dengan memasukan data diri, nama, nomor telepon, tanggal lahir, dan atur PIN Anda
  • Aktivasi dengan memasukan kode OTP yang dikirim melalui SMS ke nomor yang sudah didaftarkan tadi
  • Login kembali dengan nomor telepon dan PIN yang sudah dibuat sebelumnya
  • Setelah masuk, tautkan akun MyPertamina dengan akun LinkAja yang dimiliki dan pastikan saldo LinkAja cukup untuk melakukan transaksi
  • Jika saldo sudah tersedia, pembelian BBM bisa dilakukan pada halaman untuk dengan mengklik opsi Bayar
  • Arahkan kamera ponsel ke mesin EDC SPBU Pertamina dan scan QR Code yang ditampilkan pada mesin tersebut
  • Jika jumlah liter dan harga telah muncul dan sesuai, konfirmasi pembelian dengan klik Bayar, masukkan PIN akun LinkAja, setelah itu Anda akan menerima notifikasi bahwa pembayaran telah berhasil
  • Jika tidak memiliki aplikasi MyPertamina, masyarakat bisa melakukan pendaftaran di situs resmi MyPertamina via tautan https://subsiditepat.mypertamina.id/. Pertamina Patra Niaga akan membuka situs pendaftaran ini mulai 1 Juli 2022.

Alfian mengatakan sebelum membeli BBM subsidi solar dan Pertalite masyarakat harus memastikan telah terdaftar pada situs MyPertamina. Pengguna yang sudah mendaftarkan diri akan mendapatkan notifikasi melalui email.

Menurut dia, pengguna yang terdaftar akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukkan data mereka cocok dan dapat membeli Pertalite dan Solar. Jika data sudah cocok, konsumen bisa melakukan transaksi di SPBU dan seluruh transaksinya akan tercatat secara digital.

“Pertamina dapat mengenali siapa saja konsumen Pertalite dan solar sehingga ke depannya bisa menjadi acuan dalam membuat program atau kebijakan,” jelasnya. (Icha)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0