Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Lima Tahun Lagi, Jumlah Pengguna 5G Tembus 1,9 Miliar

Telko.id, Jakarta – Penetrasi jaringan 5G diprediksi semakin berkembang dalam 5 tahun ke depan. Menurut analisa Ericsson, pada tahun 2024 mendatang akan ada sekitar 1,9 miliar pengguna yang memakai jaringan seluler generasi kelima tersebut.

Menurut Head of Network Solutions Ericsson Indonesia dan Timor Leste, Ronni Nurmal pada kuartal 1 tahun 2019 saat ini ada 7,9 Miliar Mobile Subscription atau pengguna ponsel di seluruh dunia. Dari angka tersebut sekitar 47% adalah pengguna jaringan 4G.

“Angka 7,9 Miliar ini lebih banyak dari total populasi dan 47% dari mereka menggunakan jaringan 4G,” kata Ronni di Jakarta, Rabu (10/07/2019).

{Baca juga: Ericsson Pamer Perangkat 5G di Indonesia}

Tetapi dalam 5 tahun ke depan pengguna ponsel akan menjadi 8,8 miliar dan diantara adalah pengguna jaringan 5G. Nantinya jaringan 5G akan dipakai oleh  1,9 Miliar pengguna dan menjangkau 45% dari populasi manusia.

Sedangkan berdasarkan kategori kawasan, Amerika Utara memiliki presentase yang paling besar  dibanding kawasan lainnya di dunia untuk penyerapan 5G. “Penetrasi yang paling tinggi berada di kawasan Amerika Utara dengan presentase hingga 63%,” tambah Ronni.

Selain Amerika Utara, peningkatan jumlah pengguna jaringan 5G juga tinggi di 2 kawasan lain seperti Eropa Barat dengan 40%, dan Asia Timur Laut dengan 47%. Sedangkan Kawasan Asia Tenggara dan Oseania yang didalamnya adalah Indonesia pengguna 5G hanya 12%.

“Kalau di Asia Tenggara dan Oseania presentasenya sekitar 12%” ujar Ronni menjelaskan.

Pengguna jaringan 5G juga mempengaruhi konsumsi data internet masyarakat global. Penggunaan data akan meningkat hingga 131 Exabyte (XB). Hal ini seiring dengan kecepatan internet 5G dan prilaku  yang lebih banyak menyaksikan konten dalam bentuk video.

{Baca juga: Ericsson Perkenalkan Perangkat Lunak Jaringan 5G}

“Traffic data akan meningkat karena masyarakat lebih sering melihat video. Apalagi kualitas video semakin bertambah mulai dari video 4K, video 8K hingga VR 360 degrees,”

Saat ini Ericsson sendiri telah menandatangani 23 kontrak terkait pengembangan jaringan 5G dan 12 diantaranya sudah mulai tahap pengembangan. [NM/HBS]

Latest

Telkomsel Gelar Baktiku Negeriku 2024, Fokus Tingkatkan Ekonomi Desa

Telko.id -  Telkomsel meluncurkan kembali program Corporate Social Responsibility...

Telkomsel Umumkan Peraih Telkomsel Awards 2024

Telko.id - Telkomsel mengumumkan para peraih penghargaan Telkomsel Awards...

NeutraDC Ungkap Potensi Ekonomi Digital Batam

Telko.id - Sebagai wujud komitmen perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan,...

Huawei MatePad SE 11 Kids Edition, Solusi Tablet Aman & Edukatif Buat Anak

Telko.id – Huawei MatePad SE 11 Kids Edition dirancang...

Rekomendasi

Hyundai All-New KONA Electric, Sudah Pakai baterai Produksi Lokal Lho!

Telko.id - Hyundai Motors Indonesia resmi meluncurkan all-new KONA Electric dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang bertempat di Indonesia Convention...

Tips Social Selling Untuk Bangun Bisnis

Telko.id - Pernah dengar istilah social selling? Atau Anda baru pertama kali mendengar istilah yang satu ini? Social selling adalah teknik penjualan yang memanfaatkan...

Sharp Indonesia Gandeng IDI Sosialisasi Pentingnya Udara Sehat

Telko.id – Sharp Indonesia bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mensosialisasikan penting nya udara sehat di dalam ruangan. Ini menjadi penting karena permasalahan polusi udara sudah...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini