Telko.id, Jakarta – Cuponation mengungkapkan hasil risetnya tentang 10 e-commerce terfavorit bagi masyarakat Indonesia. Situs informasi diskon dan kupon online ini melakukan riset terkait situs belanja online yang paling banyak dikunjungi oleh orang Indonesia selama 6 bulan terakhir.
Dalam survei tersebut, Cuponation membagi hasil risetnya menjadi dua kategori. Masing-masing adalah kategori 10 e-commerce Indonesia dan internasional yang paling banyak dikunjungi, serta kategori 10 e-commerce asal Indonesia yang paling banyak dikunjungi.
{Baca juga: Pengguna Facebook dan Instagram di Indonesia Didominasi Laki-laki}
Tokopedia dan Bukalapak menjadi dua e-commerce yang unggul di dua kategori tersebut. Tokopedia menjadi e-commerce yang paling banyak dikunjungi selama 6 bulan terakhir, dengan total 805,5 juta pengunjung.
Jumlah pengunjung terbagi dari 630,8 juta pengunjung yang mengakses dari perangkat mobile dan 174,7 juta pengunjung dari desktop.
Kemudian disusul oleh Bukalapak dengan 599,3 juta pengunjung. Adapun jumlah pengunjung terbagi dari 496,8 juta pengunjung dari perangkat mobile dan 91,5 juta pengunjung dari desktop. Tokopedia dan Bukalapak berhasil mengalahkan e-commerce internasional seperti Shopee, Lazada dan JD.ID.
Sedangkan untuk kategori e-commerce Indonesia, Tokopedia dan Bukalapak mampu mengalahkan Blibli, Bhinneka dan Sociolla yang mengisi posisi lima besar.
{Baca juga: Tips Foto Selfie Sempurna ala Fotografer Profesional}
Perlu diketahui, jika daftar toko online yang masuk dalam studi ini diambil dari Indonesian Ecommerce Association (IdEA). Total 34 situs dipilih berdasarkan trafik bulanan tidak kurang dari 150,000 pengunjung.
Jumlah pengunjung yang datang melalui mobile dan desktop dikumpulkan dari SimilarWeb untuk periode bulan Januari hingga Juni 2019. (NM/FHP)