GoBiz #JalanPinterJualan, Cara Gojek Dukung UMKM Kuliner

Telko.id – GoBiz #JalanPinterJualan, merupakan kampanye baru dari Gojek untuk mendukung para UMKM kuliner.

Langkah ini juga merupakan cara Gojek untuk para pegiat UMKM agar mampu terus bersaing dan menghadapi tantangan pandemi covid-19. 

Head of Platform and GoFood Merchant Marketing Gojek Felicia Wijaya mengatakan, salah satu tantangan yang dihadapi UMKM adalah pendapatan yang tergerus saat pandemi Covid-19.

World Economic Forum 2021 turut membahas bagaimana pendapatan UMKM tergerus hingga 80-90 persen saat pandemi, yang salah satu penyebabnya karena kurangnya kapasitas manajemen bisnis. 

Untuk itulah GoBiz yang merupakan aplikasi dengan ragam solusi usaha dari Gojek konsisten mendukung UMKM di bidang kuliner menghadapi pandemi melalui pengembangan bisnis secara digital. 

“Gojek melalui GoBiz telah menjalankan berbagai program guna mendukung UMKM,” kata Felicia dalam Konferensi Pers Virtual GoBiz, Rabu (14/12/2022).

Salah satu bentuk dukungan itu adalah dengan meluncurkan kampanye GoBiz #JalanPinterJualan.

Kampanye #JalanPinterJualan ini adalah lanjutan komitmen Gojek untuk mendukung pertumbuhan UMKM kuliner.

Tujuannya adalah untuk mendukung keberlanjutan usaha mitra UMKM kuliner melalui rangkaian edukasi usaha dan turut bergabung di dalam komunitas. 

Selain itu kampanye #JalanPinterJualan ini juga bertujuan memperkenalkan kembali solusi bisnis komprehensif di GoBiz dan ilmu usaha untuk para mitra usaha GoFood. 

Kampanye ini terdiri dari program pembekalan bincang biznis yang diselenggarakan secara luring dan daring di berbagai kota dan program MAJU (Mitra Usaha Siap Jualan), yang ditujukan bagi pelaku usaha kuliner baru untuk mendapatkan pendampingan via diskusi grup secara online. 

Kampanye ini turut mengajak mitra UMKM kuliner untuk aktif berjejaring dan berbagi ilmu bisnis di Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). 

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2018, GoBiz menjadi aplikasi penghubung antara UMKM kuliner dengan pelanggan. 

Dalam empat tahun terakhir, aplikasi GoBiz terus dikembangkan dan kini telah menjadi gerbang utama mitra UMKM kuliner untuk mengakses berbagai solusi dan menjangkau jutaan pelanggan di ekosistem GoTo. 

Hal ini tercermin dari peningkatan pengguna GoBiz sebesar 45 persen dalam satu tahun terakhir.

Fitur layanan GoBiz

Sampai saat ini, terdapat, beberapa fitur layanan GoBiz, yakni GoFood, GoKasir, GoPay, GoModal dan GoMart.

Fitur GoFood memudahkan pelaku usaha menerima pesanan dari pembeli. GoPay hadir untuk menyelesaikan pembayaran dari beragam dompet digital, seperti GoPay, OVO, ShopeePay, dan LinkAja.

GoKasir, digunakan untuk mencatat penjualan dan pengeluaran lengkap dengan laporan harian.

GoModal adalah program pinjaman modal yang diperuntukan kepada Mitra Usaha Gojek yang memenuhi syarat.

Kemudian GoMart, layanan pesan antar, yang mana pelanggan dapat memesan produk belanja melalui aplikasi Gojek. 

“Kedepan GoBiz akan terus membantu UMKM kuliner untuk menghubungkan dengan jutaaan pelanggan dan kita akan terus memberikan solusi lebih banyak, fitur yang lebih komprehensif untuk bisa UMKM naik kelas,” ujarnya Felicia.

Felicia Wijaya juga mengajak para pelaku usaha kuliner secara umum tidak hanya UMKM, untuk bergabung menjadi bagian GoBiz agar usaha semakin berkembang.

“Pendaftarannya sangat gampak dengan mengunduh aplikasi GoBiz, dan pendaftarannya juga gratis, tidak dipungut biaya apapun,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, ikut hadir Nova Putra Legian, Perwakilan Mitra Usaha GoFood & Pemilik Usaha Fried Chicken Geprek Gian.

Nova Putra Legian mengaku setelah bergabung sebagai mitra GoBiz, memudahkannya mengembangkan usahanya hingga membuka berbagai cabang Fried Chicken Geprek Gian.

Hadir juga pembicara Christina Agustin, A.Pi, M.M selaku Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan s Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

TELKO TV

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0