Latest Phone

Oppo Pad Air2

Tecno Spark Go 2024

Tecno Spark 20

DANA Catat Transaksi di Awal Ramadan naik 122%, Apa saja?

Telko.id – Setiap tahun transaksi DANA di bulan memang terjadi kenaikan yang cukup signifikan. Termasuk juga tahun ini yang, domper digital ini mencatatnya ada kenaikan hingga 122%.

Kenaikan tersebut ditandai dengan melesatnya pertumbuhan beberapa fitur dan layanan di 12 hari pertama bulan Ramadan tahun 2023.

“Tiap tahunnya, DANA mencatat kenaikan transaksi yang cukup signifikan pada awal Ramadan. Hal ini dipengaruhi oleh aktivitas berbelanja yang meningkat khususnya pada sektor bahan pokok, makanan, serta fashion,” kata Lim Wimawan Kusuma, Head of Marketing DANA Indonesia pada acara Ngabuburit Bareng DANA di Jakarta (06/04).

Menurut Lim, pada Ramadan tahun ini, pada DANA terjadinya peningkatan transaksi hingga mencapai 122 persen jika dibandingkan dengan 12 hari pertama di bulan Ramadan tahun lalu.

Baca juga : Dukung BSPI 2025, DANA Resmi Implementasikan Layanan BI-FAST

Sementara itu, kenaikan juga terjadi pada jumlah pengguna transaksi harian dengan kenaikan mencapai 103 persen.

DANA juga menangkap tren menarik di mana lima fitur dalam aplikasi DANA makin diminati selama Ramadan ini, diantaranya adalah fitur Kirim Uang, Pembayaran dengan QR, Belanja di E-Commerce, Pulsa dan Data, hingga Layanan Keuangan.

Untuk itu, sebagai bentuk apresiasi DANA kepada pengguna, DANA juga sempat menghadirkan DANA Parsel (Pesta THR Spesial) yang digelar pada dua minggu pertama bulan Ramadan 2023 lalu.

Pada program Ramadan tersebut, DANA mengajak pengguna untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyak untuk berkesempatan memenangkan hadiah menarik.

Torehan pertumbuhan positif selama bulan Ramadan juga dirasakan pada pertumbuhan beberapa mitra DANA. Fenomena ini dinilai selaras dengan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia paska-pandemi yang mulai menunjukkan geliat berbelanja.

“Kami melihat pertumbuhan yang signifikan dari jumlah merchants di Ramadan tahun 2023 dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu,” kata Luqman Ibnu Purnomo, VP of Business Operation DANA Indonesia.

Kenaikan jumlah merchants ini bahkan mencapai 45 persen, di mana tahun ini kami berhasil menjalin kemitraan baru dengan beberapa mitra besar, seperti Alfamart dan MAP Group.

Imbasnya, pertumbuhan serupa juga kami rasakan dari transaksi merchants, yang mengalami kenaikan hingga lebih dari 60 persen dibandingkan Ramadan 2022.

Pertumbuhan positif ini banyak dipengaruhi oleh pembelanjaan kebutuhan harian, hingga pembelian produk finansial & investasi. Yang tak kalah menarik, preferensi masyarakat untuk melakukan donasi dan sedekah daring juga makin bertambah pesat.”

Beragamnya fitur yang mengalami pertumbuhan di bulan Ramadan, menjadi bukti konsistensi DANA dalam menyediakan layanan pembayaran dan keuangan yang aman, cepat dan mudah untuk berbagai situasi dan kondisi.

Sebelum menutup bulan Ramadan tahun ini, DANA akan terus mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan beragam fitur lainnya untuk mengoptimalkan ibadah pengguna di bulan suci ini.

Beberapa edukasi tersebut mencakup pemanfaatan fitur DANA Donasi untuk bersedekah, mini program Dompet Dhuafa untuk membayar Zakat, hingga fitur Kirim Uang atau bahkan DANA Kaget untuk mengirimkan THR kepada sanak saudara. (Icha)

Latest

Dua Perangkat Samsung Ini Tangguh Untuk Berbagai Medan

Telko.id - Untuk memenuhi kebutuhan berbagai perusahaan di Indonesia...

Telkomsel dan ZTE Kolaborasi, Hadirkan Pengalaman 1 Gbps di Indonesia

Telko.id – Telkomsel dan ZTE Corporation jalin kerjasama strategis...

Xiaomi Perkenalkan Ekosistem Pintar “Human x Car x Home” di MWC 2024

Telko.id - Xiaomi memperkenalkan ekosistem pintar terbaru "Human x...

Telkomsel Hadirkan Paket kuWOTA JKT48, Apa Untungnya?

Telko.id – Telkomsel Prabayar kolaborasi dengan JKT48 meluncurkan paket...

Rekomendasi

Bank Krom Resmi Luncurkan Krom Digital Banking, Sasar Generasi Muda

Telko.id - PT Krom Bank Indonesia Tbk ("Krom"), bagian dari Kredivo Group, secara resmi telah meluncurkan aplikasi perbankan digital Krom yang menawarkan layanan perbankan...

Igloo dan DANA Hadirkan Asuransi ‘Proteksi Batal Nonton’

Telko.id – Igloo dan DANA meluncurkan produk asuransi mikro yang memberikan perlindungan untuk pembatalan tiket bioskop dengan alasan apa pun. Dengan membeli produk asuransi seharga...

Jenius Serukan ‘Think Unthinkable’, Apa Itu?

Telko.id - Jenius dari Bank BTPN serukan semangat ‘Think Unthinkable’. Sebenarnya, semangat ini bukan hal baru di Jenius, tetapi sudah tujuh tahun, tapi sampai...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini