spot_img

Naik Feri Lintas Pulau, Kini Bisa Bayar Pakai LinkAja

Telko.id – Mau berpergian lintas pulau, bayar nya kini bisa pakai LinkAja. Hal ini dapat dilakukan karena LinkAja dan Layanan Syariah LinkAja sudah resmi bekerja sama dengan ASDP Indonesia Ferry melalui Finnet Indonesia.

Pakai LinkAja sebagai sumber dana pada situs www.ferizy.com atau aplikasi Ferizy ini dapat digunakan untuk rute perjalanan dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni dan rute Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk ataupun sebaliknya.

“Pakai LinkAja untuk pemesanan tiket ini diharapkan dapat semakin mendorong perubahan kebiasaan calon penumpang dalam proses pembayaran, dari metode konvensional melalui pembelian tunai di loket menjadi transaksi nontunai yang aman, nyaman, dan mudah, serta dapat meminimalisir kontak fisik, terutama di era pandemi COVID-19 ini,” ungkap Haryati Lawidjaja, selaku Direktur Utama LinkAja.

Haryati menambahkan, “Sebagai uang elektronik nasional, LinkAja akan terus mengembangkan kerja sama dengan berbagai partner strategis untuk meningkatkan akses pembayaran digital di seluruh aspek kehidupan masyarakat, dalam rangka mendukung percepatan Gerakan Nasional Non Tunai di Indonesia.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi menyampaikan apresiasi serta dukungan terhadap sinergi ASDP dengan LinkAja dalam perluasan channel pembayaran, khususnya dalam mendukung layanan pembelian tiket feri secara online.

Di era The New Normal penjualan tiket secara online via Ferizy menjadi keniscayaan, dimana masyarakat semakin mandiri, mudah, aman dan nyaman, dan pastinya tidak mahal. Tren pembelian tiket via online ini terus meningkat seiring gaya hidup The New Normal masyarakat yang cenderung bertransaksi elektronik dalam kegiatan konsumsi.

“Dengan sistem online ticketing ferizy.com, pengguna jasa tidak perlu mengantri untuk membeli tiket di pelabuhan dan turut mendukung protokol kesehatan The New Normal yakni physical distancing karena tidak ada lagi kontak fisik dengan petugas untuk mencegah penyebaran COVID-19. Kini penumpang dapat membeli tiket dimana saja, mulai H-60 melalui www.ferizy.com atau aplikasi Ferizy yang dapat diunduh di Google Playstore,”ujarnya. 

Ira melanjutkan, pengguna jasa dapat membeli tiket secara mandiri dengan metode pembayaran yang mudah, cepat dan tidak mahal. Bagi pengguna jasa yang ingin bertransaksi dengan membayar pakai Linkaja akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500.

“Tren pengguna jasa yang melakukan pembayaran tiket feri dengan pakai LinkAja juga terus meningkat. Data bulan Mei tercatat  sebanyak 1.621 transaksi, bulan Juni sebanyak 6.361 transaksi atau naik 392%, dan bulan juli mencapai 14.423 transaksi atau naik 890%. Ini cukup signifikan kenaikannya, artinya pengguna jasa semakin familiar dengan cashless,” tutur Ira lagi.

Cara pembayaran pakai LinkAja dan Layanan Syariah LinkAja pada aplikasi maupun website Ferizy sangat mudah. Cukup unduh aplikasi Ferizy di Gogle Playstore atau melalui situs www.ferizy.com. Lalu lakukan pendaftaran atau login sesuai dengan e-mail yang dimiliki. Kemudian pilih jadwal keberangkatan, jenis layanan, dan jenis golongan kendaraan atau penumpang. Jangan lupa isi data pemesanan sesuai dengan kartu identitas penumpang. Lanjutkan dengan memilih metode pembayaran menggunakan LinkAja. Setelah itu lakukan pembayaran dan e-ticket akan dikirimkan melalui email.

Setelah mendapatkan kode QR pada e-ticket dari e-mail tersebut, calon penumpang harus melakukan scan boarding pass di gate yang tersedia di pelabuhan. Dalam rangka promo yang berlaku sejak 1 Agustus – 31 Agustus 2020, terdapat cashback sebesar Rp 20,000 dengan minimal transaksi sebesar Rp 200,000 per satu kali perjalanan kapal feri.

Hingga saat ini, LinkAja telah dapat digunakan di lebih dari 200 ribu merchant di seluruh Indonesia, 134 moda transportasi, lebih dari 500 pasar tradisional, lebih dari 14,000 partner donasi digital, 1.600 e-commerce, pembayaran dan pembelian kebutuhan sehari hari seperti pulsa telekomunikasi, token listrik, tagihan rumah tangga, iuran BPJS,  hingga berbagai layanan keuangan lainnya seperti transfer ke semua rekening bank dan tarik tunai tanpa kartu.

Selain itu, LinkAja juga dapat digunakan di lebih dari satu juta titik transaksi untuk pengisian dan penarikan saldo, yang meliputi ATM, transfer perbankan, jaringan ritel, hingga layanan keuangan digital.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat muslim di Indonesia yang membutuhkan alat pembayaran elektronik berlandaskan kaidah syariah, terutama mengingat Indonesia sebagai negara dgn jumlah populasi muslim terbesar di dunia, LinkAja menghadirkan Layanan Syariah LinkAja yang merupakan uang elektronik syariah pertama dan satu-satunya di Indonesia untuk memfasilitasi berbagai jenis pembayaran sesuai kaidah syariat Islam. 

Di dalam ekosistem holistiknya saat ini, Layanan Syariah LinkAja telah dapat digunakan di 21 distrik seluruh Indonesia yang mencakup 1000 (seribu) masjid, 83 lembaga amil zakat, 56 pusat kuliner halal, 33 modern retail lokal, 7 pesantren, 5 bank Syariah, 2 sekolah islam, dan 1 Universitas Islam. (Icha)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0