Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

7 Tips Maksimalkan Dompet Digital Pada Era New Normal

Telko.id – Saat memasuki masa New Normal, banyak kegiatan yang juga harus turut berubah. Salah satunya adalah dalam memenuhi kebutuhan dengan menggunakan dompet digital. Sayang, masih banyak juga yang belum memaksimalkan penggunaannya. Padahal, hal ini sangat menunjang kegiatan keseharian yang kini harus menjaga jarak dan tentu nya akan turut mendukung program pemerintah untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Saat ini, kemajuan teknologi berupa solusi yang ramah, inklusif, dan adaptif, memperkuat dompet digital untuk terus dikembangkan dan menawarkan berbagai kemampuan yang bisa memudahkan dan melancarkan aktivitas serta produktivitas melalui setiap transaksi nontunai yang dilakukan. Setidaknya ada dua poin dari kemajuan teknologi digital yang bisa dijadikan prinsip hidup di masa new normal.

Pertama, penuhi kebutuhan hidup secara online. Dengan semakin banyaknya aplikasi digital dengan ekosistem yang kian terintegrasi, saat ini kita bisa memenuhi beragam kebutuhan hidup tanpa harus melakukan mobilisasi fisik. Mulai dari berbelanja kebutuhan pokok, membeli makanan, membayar tagihan, hingga melakukan konsultasi kesehatan.

Kedua lakukan gaya hidup cashless. Kehadiran dompet digital yang mengusung platform terbuka semakin memudahkan kita melakukan transaksi nontunai, sekaligus aman karena tidak ada kontak fisik.  Apalagi, penggunaaan dompet digital juga kini tidak hanya sebatas untuk berbelanja, tapi juga untuk membayar tagihan, mentransfer uang bahkan untuk berdonasi.

Terkait dengan hal itu, masyarakat bisa mengoptimalkan fitur-fitur yang ada di dompet digital Dana sebagai solusi di setiap transaksi untuk mendukung produktivitas secara efisien, tidak saja di masa pandemi ini namun juga di masa depan.

Berikut beberapa fitur Dana yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang aktivitas tanpa harus melakukan mobilisasi fisik di masa new normal. Pertama, Simpan Kartu (Card Binding). Bagi yang tidak mau direpotkan dengan urusan top-up atau menambah saldo dapat memanfaatkan fitur ini. Cukup dengan menyimpan kartu kredit atau kartu debit, maka transaksi tetap dapat dilakukan meskipun jumlah saldo Dana nol rupiah. Ini karena kartu debit atau kartu kredit dapat dipilih sebagai sumber pendanaan ketika melakukan pembayaran dengan Dana.

Dengan memiliki fitur ini, kita juga tidak harus repot-repot pergi mencari mesin ATM untuk melakukan transfer antar rekening dari Kartu Debit. Nilai lebihnya, Dana membebaskan biaya transfer hingga 10 kali.

Kedua, Bayar Tagihan. Dengan menggunakan dompet digital Dana, kita dapat membayar beragam tagihan tanpa harus datang ke loket atau pergi ke ATM.  Mulai dari tagihan listrik dan air, gas, telepon, internet, hingga TV kabel. Praktis dan tidak harus mengikuti antrian panjang dalam melakukan pembayaran atau pergi ke gerai-gerai khusus.

Ketiga, Belanja dari Rumah. Dengan menggunakan dompet digital Dana, kita dapat berbelanja beragam kebutuhan, mulai dari peralataan rumah hingga pakaian bayi secara digital di marketplace Lazada dan Bukalapak.

Selain itu, ada juga fitur Home Shopping, yang akan menghubungkan kita dengan merchant favorit kita dengan melakukan pemesanan instan WhatsApp. Selanjutnya, konsumen dapat langsung memesan barang ataupun menu makanan dan minuman dari merchant, dan melakukan pembayaran menggunakan Dana QRIS.  Pihak merchant akan mengirimkan pesanan langsung ke alamat kita.

Keempat, bayar Parkir. Apabila terpaksa harus pergi keluar rumah, kita juga bisa menggunakan Dana untuk membayar parkir. Hal ini akan membuat kita lebih aman karena tidak melakukan kontak fisik apabila melakukan transaksi secara tunai atau menggunakan kartu uang elektronik.

Kelima, Bayar Pajak Kendaraan. Dengan fitur e-Samsat yang tersemat di aplikasi Dana, kita juga bisa untuk mengurus STNK dan membayar pajak kendaraan bermotor tanpa harus antre. Caranya mudah. Pertama, unduh aplikasi SAMOLNAS untuk mendapatkan kode bayar. Lalu pilih DANA sebagai metode pembayaran ketika melakukan pembayaran pajak kendaraan. Kita bisa berhemat waktu dan tidak perlu berlama-lama menunggu panggilan sesuai dengan antrian.

Keenam, konsultasi Kesehatan. Pandemi telah membuat sebagian masyarakat berpikir beberapa kali sebelum pergi ke rumah sakit. Masalah lainnya, ketika nanti produktivitas sudah normal kembali, bisa jadi lalu lintas menuju rumah sakit atau klinik sudah kembali macet. Agar segera mendapatkan pemeriksaan dari dokter dan memperoleh obat-obat yang diresepkan, kita bisa memanfaatkan fitur Dana Telemedicine. Fitur ini menjadikan kita bisa terhubung langsung dengan mudah ke aplikasi YesDok yang menyediakan layanan telemedika.

Baca juga : Dana dan YesDok, Hadirkan Video Konsultasi Kesehatan 24 Jam

Kita bisa melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter melalui video hingga menebus obat. Bahkan, sekadar untuk mencari informasi yang benar mengenai Covid-19.  Jangan khawatir, privasi dan data kita dijamin keamanannya. Kita bisa meminta konsultasi tidak direkam jika merasa tidak nyaman.

Ketujuh, Dana Bisnis. Ini merupakan fitur yang dirancang untuk membantu para pelaku UMKM dalam menarik lebih banyak customer dan mengembangkan bisnisnya dalam ekosistem digital. Fitur ini akan membantu pelaku usaha bukan hanya dalam menghadirkan metode pembayaran yang mudah, aman, dan nyaman, tapi juga memudahkan UMKM dalam melakukan pengelolaan keuangannya. So, tunggu apa lagi? Gunakan dari sekarang dompet digital untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Icha)

 

 

Latest

XL Axiata Manfaatkan Starlink Jangkau BTS di Pedalaman

Telko.id – XL Axiata siap mengajak perusahaan milik miliarder...

XL Axiata ‘Tagih” Insentif Implementasi Jaringan 5G di Indonesia

Telko.id - XL Axiata berharap rencana pemerintah memberikan insentif kepada operator...

Layanan Purnajual realme Kini Tersedia Melalui WhatsApp

Telko.id - realme resmi meluncurkan layanan WhatsApp realme Support,...

Nokia Tuntaskan Modernisasi Jaringan 5G XL Axiata di Indonesia

Telko.id - Nokia mengumumkan bahwa telah berhasil menyelesaikan proyek...

Rekomendasi

Bank Krom Resmi Luncurkan Krom Digital Banking, Sasar Generasi Muda

Telko.id - PT Krom Bank Indonesia Tbk ("Krom"), bagian dari Kredivo Group, secara resmi telah meluncurkan aplikasi perbankan digital Krom yang menawarkan layanan perbankan...

Igloo dan DANA Hadirkan Asuransi ‘Proteksi Batal Nonton’

Telko.id – Igloo dan DANA meluncurkan produk asuransi mikro yang memberikan perlindungan untuk pembatalan tiket bioskop dengan alasan apa pun. Dengan membeli produk asuransi seharga...

Jenius Serukan ‘Think Unthinkable’, Apa Itu?

Telko.id - Jenius dari Bank BTPN serukan semangat ‘Think Unthinkable’. Sebenarnya, semangat ini bukan hal baru di Jenius, tetapi sudah tujuh tahun, tapi sampai...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini