Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

2020 DANA Targetkan pertumbuhan pelanggan Aktif 2 Kali Lipat

Telko.id – Industri financial technology saat ini di Indonesia memang sangat ketat. Mereka berlomba perbanyak merchant dan pengguna aktif dengan berbagai cara. Namun, DANA sebagai salah satu fintech di Indonesia ini cukup optimis 2020 ini hingga menargetkan pertumbuhan pelanggan aktif dan transaksi 2 kali lipat.

Hal ini disampaikan oleh CEO DANA, Vincet Iswara beberapa waktu lalu. Di mana, pada akhir Desember lalu, DANA mengklaim telah mencapai 35 juta, dan melayani sebanyak tiga juta transaksi per hari. Selain itu, Dana juga telah berhasil menggaet 87.500 mitra UMKM dan bisnis untuk masuk dalam ekosistemnya.

“Kami harap di tahun 2020 kami bisa mencapai (jumlah pengguna dan transaksi) lebih dari dobel semua,” kata Vincent.

Vincent menjelaskan bakal mengembangkan infrastruktur keuangan di platformnya serta menggaet sejumlah mitra baik dari institusi keuangan maupun pelaku usaha dari berbagai skala bisnis. Salah satunya, saat ini perusahaan tengah melakukan pilot project pada fitur Paylater dan Bayar Patungan.

Selain itu, perusahaan juga telah resmi menjadi metode pembayaran di layanan Apple di Indonesia sehingga pengguna bisa menggunakan DANA sebagai alternatif pembayaran digital di App Store, Apple Music, Apple TV app, iTunes Store, hingga iCloud Storage.

Baca juga : DANA Resmi Jadi Metode Pembayaran di Ekosistem Apple

Sebelumnya, DANA juga telah berkolaborasi dengan Samsung Pay untuk metode pembayaran layanan di Samsung.

“Kami yakin dengan berkolaborasi bersama beberapa partner seperti Apple ini, akan lebih banyak transaksi yang kami lakukan untuk memberikan benefit kepada pengguna,” ujar Vincent.

DANA mencatat pada akhir 2019 sekitar 87.500 mitra mikro kecil menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Vincent mengklaim bahwa hingga saat ini perusahaan pun telah mengimplementasikan standardisasi kode Quick Response (QR Code) atau QRIS hingga 100% ke seluruh mitra UMKM perusahaan.

“(Implementasi QRIS dimulai) sejak ada petunjuk dari Bank Indonesia di mana para pemain PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran) harus mengadopsinya,” ujar dia.

Memang, BI mewajibkan seluruh penyedia layanan pembayaran nontunai menggunakan QRIS terhitung mulai 1 Januari 2020 lalu. Sosialisasi program ini telah dimulai sejak 17 Agustus 2019.

DANA sendiri sudah mencatat ada 5 sektor UMKM terbesar di perusahaan selama 2019 di antaranya yakni makanan dan minuman, sembako, layanan seluler seperti pulsa, pakaian dan aksesoris, dan barang elektronik.

Selain itu, ada pula 5 lokasi  mitra UMKM terbesar perusahaan yakni berada di wilayah DKI Jakarta, Jawa Tengah, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Akhir Oktober lalu, DANA menargetkan bisa menggaet lebih dari 30 juta hingga akhir tahun. Jumlah itu meningkat signifikan dibanding April lalu yang sebanyak 15 juta. Ketika itu, ia menyebut, pasar fintech pembayaran di Indonesia masih sangat besar. Vincent menyebut e-commerce merupakan salah satu penggerak ekonomi digital di Indonesia saat ini. “Perkiraan nilai transaksinya mencapai US$ 4,45 triliun pada 2021,” kata dia. (Icha)

Latest

Pemerintah Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

Telko.id – Pemerintah, dalam hal ini Menteri Komunikasi dan...

Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menyiapkan pengaturan...

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development...

Rekomendasi

Bank Krom Resmi Luncurkan Krom Digital Banking, Sasar Generasi Muda

Telko.id - PT Krom Bank Indonesia Tbk ("Krom"), bagian dari Kredivo Group, secara resmi telah meluncurkan aplikasi perbankan digital Krom yang menawarkan layanan perbankan...

Igloo dan DANA Hadirkan Asuransi ‘Proteksi Batal Nonton’

Telko.id – Igloo dan DANA meluncurkan produk asuransi mikro yang memberikan perlindungan untuk pembatalan tiket bioskop dengan alasan apa pun. Dengan membeli produk asuransi seharga...

Jenius Serukan ‘Think Unthinkable’, Apa Itu?

Telko.id - Jenius dari Bank BTPN serukan semangat ‘Think Unthinkable’. Sebenarnya, semangat ini bukan hal baru di Jenius, tetapi sudah tujuh tahun, tapi sampai...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini