Telko.id – Sederetan inovasi Tokopedia dikembangkan. Bukan hanya untuk pelanggan yang mengakses lewat website, tetapi juga melalui smartphone berbasis Android. Hal ini dilakukan demi kenyamanan pelanggan saat berbelanja dan juga memberikan nilai tambah dalam memenuhi kebutuhan harian.
Inovasi digital yang dihasilkan tidak lepas dari peran talenta digital muda Indonesia, Rico Harisin selaku Head of Engineering Tokopedia. Ia merupakan salah satu software engineer yang terlibat dalam mengembangkan aplikasi Android Tokopedia dari nol.
“Sejak diluncurkan di 2014, aplikasi Android Tokopedia kini telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna Android di Indonesia,” ujar Rico. Berikut berbagai inovasi yang dihadirkan Rico bersama 45 tim software engineers yang dipimpinnya di Tokopedia.
Lalu ada saja teknologi yang dikembangkan oleh Tokopedia?
Dynamic Features– “Berangkat dari semangat inklusivitas, Dynamic Feature bisa membantu menyesuaikan ukuran aplikasi Tokopedia dengan kebutuhan dan spesifikasi perangkat Android pengguna sehingga aplikasi kami bisa dipakai seluruh kalangan masyarakat,” ungkap Rico.
Dengan Dynamic Feature, aplikasi Tokopedia akan mengunduh fitur utama yang memang digunakan oleh pengguna sehingga bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat Android, mengurangi rata-rata ukuran aplikasi Tokopedia sebesar 27%, dari 49.9MB menjadi 36MB.
App Action & Google Assistant– Fitur ini mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi Tokopedia dengan perintah suara lewat teknologi App Action, tanpa harus membuka aplikasi dan navigasi ke menu tertentu.
Fitur ini juga telah memungkinkan pengguna dapat mengetahui tagihan yang belum terbayar, mulai dari tagihan listrik, air hingga pulsa dan paket data, dengan lebih cepat dan mudah.
Android App Shortcut– Pengguna bisa mengakses berbagai layanan Tokopedia dengan sekali tap pada ikon aplikasi Tokopedia di halaman ponsel, lalu pengguna akan langsung diarahkan ke layanan yang dibutuhkan.
“Saya paling sering menggunakan fitur Shortcut karena sangat mempermudah penggunaan aplikasi Tokopedia. Lewat fitur ini, saya dapat mengakses layanan Tokopedia yang saya butuhkan dengan lebih cepat, hanya sekali tap dari homescreen,” ungkap Content Creator, Wisnu Kumoro.
Voice to Text di Search Bar– Kemudahan ini membantu masyarakat mencari barang yang dibutuhkan di kolom pencarian Tokopedia dengan fitur pengetikan teks lewat input suara.
NFC– Tokopedia menjadi perusahaan e-commerce pertama yang menghadirkan fitur ini di 2018. Masyarakat, termasuk pengguna perangkat Android, bisa membeli dan update saldo kartu uang elektronik dengan lebih mudah dan cepat di Tokopedia.
Wisnu menuturkan, “Ke depannya, saya berharap tim Engineering Tokopedia bisa selalu menjadi yang terdepan dalam menghadirkan berbagai inovasi digital untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari.”
Berkat sederet inovasi yang terus dihadirkan, Tokopedia pernah terpilih menjadi salah satu aplikasi Android terbaik dunia pada 2018. “Saat itu adalah kali pertama aplikasi e-commerce (kategori Belanja) asal Indonesia berhasil masuk ke dalam kategori Android Excellence App,” kata Rico.
Rico juga menjelaskan, “Tokopedia percaya bahwa inovasi terbaik lahir dari talenta terbaik, maka kami selalu berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa dalam memberikan ruang seluas-luasnya bagi talenta-talenta terbaik yang ingin berkarya untuk Indonesia melalui teknologi.”
Hal tersebut, menurut Rico, terus dilakukan Tokopedia lewat kolaborasi dengan para mitra strategis, salah satunya melalui START Summit Extension. “Memajukan ekosistem industri teknologi tanah air agar dapat bersaing di pasar digital global adalah hal yang perlu diupayakan bersama,” tutup Rico. (Icha)