Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Qualcomm Perkenalkan Koneksi OTA via MulteFire Menggunakan LBT

Telko.id – Qualcomm Incorporated sebagai bagian dari Qualcomm Technologies, mengumumkan tentang keberhasilan nya membuat over-the-air connection via MulteFire dengan menggunakan listen-before-talk (LBT). Hal ini diklaim oleh perusahaan asal Amerika ini sebagai yang pertama di dunia.

MulteFire adalah next-generation dari mobile cellular technology yang berbasis LTE dan dioperasikan pada unlicensed spectrum. Dalam ujicoba, Qualcomm mendemonstrasikan MulteFire dengan kapabilitas co-existence secara terus menerus. Hasilnya, performance LTE yang dipairing secara co-exixting dengan WiFi di channel 5GHz pada unlicensed spectrum cukup baik.

“Hasil test OTA ini sangat penting untuk langkah ke depannya dalam pengembangan dan komersialisasi teknologi MulteFire ini,” ujar Matt Grob, Executive Vice President and Chief Technology Officer Qualcomm Technologies menjelaskan.

Matt juga menambahkan bahwa, “Uji coba ini juga merupakan batu loncatan penting untuk memajukan teknologi spektrum 5G bersama. Dimana, 5G New Radio atau 5G NR ini sekarang sedang dirancang untuk mendukung tipe spektrum unlicensed maupun shared spectrum.

MulteFire ini berbasis 3GPP standards, terutama Licensed Assisted Access (LAA) Release 13 untuk downlink dan enhanced Licensed Assisted Access (eLAA) Release 14 untuk uplink. Sama dengan di LAA maupun eLAA, MulteFire juga di desain untuk dapat sharing di lunlicensed spectrum secara baik dengan Wi-Fi dan teknologi lain menggunakan LBT standard.

Dengan meningkatkan kemampuan teknologi LTE di unlicensed spectrum maka performance juga akan meningkat. Artinya, pengguna MulteFire akan mendapatkan pengalaman dengan kapasitas yang lebih baik, coverage semakin luas dan seamless mobility. Para pengguna Wi-Fi pun akan merasakan memperoleh pengalaman yang lebih baik juga dibandingkan ketika menggunakan WiFi yang biasanya.

Matt juga menambahkan bahwa pada uji coba tersebut Qualcomm melakukan demonstrasi untuk LAA yang menggunakan mekanisme LBT coexistence yang sama dengan MulteFire. Namun, MulteFire dapat diaplikasikan melalui beragam spectrum. Ini yang menjadi kelebihan dari over-the-air sharing menggunakan LBT. Baik, unlicensed, semisal 5 GHz maupun shared spectrum, seperti 3.5 GHz CBRS di Amerika, dapat digunakan.

Terlebih MulteFire ini tidak membutuhkan spesifikasi tertentu di licensed spectrum. Dengan demikian, MulteFire terbuka untuk semua operator, perusahaan maupun penyedia layanan untuk memanfaatkan teknologi ini dan memberikan pengalaman yang lebih baik pada pelanggannya.

Sebagai informasi, tahun lalu MulteFire Aliansi dibentuk dengan Qualcomm Incorporated sebagai salah satu anggota pendiri. MulteFire Alliance adalah sebuah asosiasi internasional yang didedikasikan untuk mengembangkan spesifikasi teknis global untuk MulteFire dan membangun program sertifikasi produk. Organisasi ini juga bertujuan untuk mempromosikan ekosistem global untuk MulteFire.

Aliansi ini berharap dapat memberikan spesifikasi Release 1.0 pada beberapa bulan ke depan yang akan mendukungan industri secara signifikan dan momentum di balik teknologi MulteFire tersebut. (Icha)

Latest

Akhirnya, Galaxy AI Bahasa Indonesia Hadir di Galaxy S24 Series

Telko.id – Akhirnya, setelah ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia, Samsung Electronics...

Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2024), Pas Buat Kerja dan Kreatif

Telko.id - Samsung Electronics Indonesia kini melengkapi jajaran tabletnya...

Ini Tiga Kunci Transformasi Digital di Indonesia

Telko.id - Transformasi digital menjadi sangat penting saat ini...

Indosat SheHacks 2024, Kembali Hadir Dukung Pemberdayaan Perempuan

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui...

Rekomendasi

Ini Tiga Kunci Transformasi Digital di Indonesia

Telko.id - Transformasi digital menjadi sangat penting saat ini agar bisnis dibidang apapun tidak terlibas oleh jaman yang sudah masuk ke era teknologi digital....

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu tahun sekali, pas hari Raya Idul Fitri. Nah, kali ini Telko.id berkesempatan mudik berbekal Acer...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development (IMD) terkait Smart City Indeks (SCI) 2024 menyebutkan bahwa Indonesia perlu perbaikan soal kemacetan dan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini