Snapdragon 888, Baru Saja Diluncurkan Apa Saja Kemampuannya?

Snapdragon 888

Telko.id – Snapdragon 888, chipset yang baru diperkenalkan oleh Qualcomm dalam Snapdragon Tech Summit Digital 2020. Chipset berbasis 5G ini dijadikan oleh perusahaan chipset ini sebagai tolok ukur baru untuk smartphone pada tahun 2021 mendatang.

Platform baru ini mengemas inovasi seluler terdepan di industri dalam 5G, kecerdasan buatan (AI), game, dan teknologi kamera yang akan mengubah perangkat seluler premium menjadi kamera berkualitas profesional, asisten pribadi cerdas, dan rig gaming elit. Snapdragon 888 dengan konektivitas 5G yang canggih akan mengubah pengalaman seluler saat ini untuk mengantarkan masa depan mobilitas perusahaan, telepon video, permainan cloud berkualitas konsol, dan banyak lagi.

“Sejarah penemuan teknologi terobosan Qualcomm telah membuka jalan bagi kepemimpinan berkelanjutan kami di segmen seluler tingkat premium,” kata Alex Katouzian, wakil presiden senior dan manajer umum seluler, komputasi dan infrastruktur, Qualcomm Technologies, Inc.

Alex pun menyebutkan bahwa unggulan baru Platform Seluler Snapdragon 888 akan memungkinkan OEM untuk semakin membedakan perangkat mereka dan memungkinkan pengguna untuk merasakan teknologi seluler mutakhir.

Lalu seperti apa kemampuan Snapdragon 888 ini?

Konektivitas

Snapdragon 888 adalah platform tercanggih di dunia yang menerapkan 5G, memiliki kemampuan untuk koneksi dengan Wi-Fi 6 dan audio Bluetooth. Lalu memiliki sistem Modem-RF Snapdragon X60 5G generasi ke-3 yang terintegrasi memungkinkan dukungan untuk agregasi operator sub-6 5G dan mmWave untuk menghadirkan kecepatan 5G tercepat yang tersedia secara komersial di dunia, hingga 7,5 Gbps. Modem-RF System juga mendukung jangkauan superior di hampir semua jaringan utama di seluruh dunia – termasuk 5G nasional berkat penggunaan teknologi Dynamic Spectrum Sharing.

Snapdragon 888 juga unik karena mendukung multi-SIM 5G Global, yang memungkinkan untuk roaming internasional, mengelola nomor pribadi dan kantor di telepon yang sama, atau mengoptimalkan biaya langganan bulanan.

Plus, platform ini mencakup Sistem Konektivitas Seluler Qualcomm FastConnect 6900 yang baru-baru ini diluncurkan, mendukung kecepatan Wi-Fi 6 tercepat dari semua penawaran Wi-Fi seluler di industri (hingga 3,6 Gbps), serta kapasitas 6 GHz baru dengan Wi-Fi 6E. FastConnect 6900 juga menghadirkan kelas baru audio yang jernih, andal, dan responsif dengan dukungan untuk Bluetooth 5.2, antena Bluetooth ganda, suite Qualcomm aptX, audio siaran, dan modulasi lanjutan & pengoptimalan pengkodean.

Artificial Intelligent

Snapdragon 888 mengambil lompatan arsitektur terbesar dalam AI. Mesin Qualcomm AI generasi ke-6 yang sepenuhnya didesain ulang dengan prosesor Qualcomm Hexagon 780 baru memungkinkan pengalaman premium yang memadukan AI dengan kamera profesional, asisten suara pribadi, game elit, konektivitas secepat kilat, dan banyak lagi.

Snapdragon 888 pun menghadirkan efisiensi daya dan kinerja terdepan di industri dengan peningkatan kinerja hingga tiga kali lipat per watt dibandingkan generasi sebelumnya — semuanya dengan 26 TOPS yang mencengangkan.

Platform ini pun semakin disempurnakan dengan Qualcomm Sensing Hub generasi ke-2, yang mengintegrasikan prosesor AI berdaya rendah khusus untuk memungkinkan kasus penggunaan seperti layar terjaga, deteksi pengangkatan dan aktivitas, serta deteksi peristiwa audio. Ini dicapai dengan menggunakan kesadaran kontekstual dan menggabungkan aliran data baru seperti 5G, WiFi, dan Bluetooth.

Selain itu, perangkat lunak Qualcomm AI Engine Direct yang baru akan memberi pengembang fleksibilitas untuk menjalankan aplikasi bertenaga AI di perangkat generasi berikutnya dengan kecepatan penuh.

Kamera

Snapdragon 888 mengubah perangkat seluler menjadi kamera kualitas profesional. Menampilkan Qualcomm Spectra 580 ISP baru, platform ini adalah Snapdragon pertama dengan Prosesor Sinyal Tiga Gambar (ISP), yang mampu menangkap dari tiga kamera secara bersamaan dengan kecepatan pemrosesan yang sangat tinggi — hingga 2,7 gigapiksel per detik.

Anda pun dapat menikmati foto burst 120fps untuk menangkap bidikan aksi resolusi tinggi yang sangat cepat, atau merekam tiga video 4K HDR pada saat yang bersamaan. HDR 4K baru dengan perekaman video HDR komputasi memberikan peningkatan dramatis pada warna, kontras, dan detail.

Qualcomm Spectra 580 ISP juga meluncurkan arsitektur cahaya rendah yang baru, untuk foto yang lebih terang, bahkan dalam kondisi hampir gelap. Juga disertakan pengambilan foto dalam kedalaman warna 10-bit dalam format HEIF – sehingga Anda dapat mengambil foto dalam lebih dari satu miliar corak warna.

Gaming

Snapdragon 888 dipersenjatai dengan perlengkapan lengkap Qualcomm Snapdragon Elite Gaming. Di mana Anda dapat memanfaatkan kekuatan permainan yang sangat mulus pada grafik kualitas HDR tertinggi, dengan kemampuan tingkat desktop.

Snapdragon 888 pun menghadirkan Variable Rate Shading (VRS) untuk pertama kalinya ke perangkat seluler. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, VRS meningkatkan rendering game hingga 30% untuk pengalaman seluler yang paling imersif hingga saat ini, sekaligus meningkatkan daya.

Qualcomm Game Quick Touch meningkatkan daya tanggap hingga 20%, secara dramatis menurunkan latensi sentuh dan memberikan keuntungan tertinggi dalam game multipemain. Dengan kecepatan dan latensi rendah yang dihadirkan 5G dan Wi-Fi 6, gamer elit dapat bersatu atau bersaing secara real-time untuk persaingan global yang tak tertandingi.

Kinerja

Paket Snapdragon 888 dalam kemajuan arsitektur utama. Ini diproduksi menggunakan teknologi proses 5nm paling canggih, memungkinkan kinerja terobosan dan efisiensi daya yang unggul. Qualcomm Kryo 680 menghasilkan peningkatan hingga 25% dalam kinerja CPU secara keseluruhan dan memungkinkan frekuensi teratas hingga 2,84GHz.

Ini juga merupakan subsistem CPU komersial pertama yang didasarkan pada Arm Cortex-X1. Qualcomm Adreno 660 GPU mencapai lompatan kinerja terbesarnya, menghadirkan rendering grafis hingga 35% lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Lebih penting lagi, Kryo 680 dan Adreno 660 mampu mempertahankan kinerjanya dalam jangka waktu yang lama, yang merupakan ciri khas dari kinerja Snapdragon.

Keamanan

Snapdragon 888 mencakup banyak langkah keamanan untuk menjaga kerahasiaan data pengguna di perangkat termasuk Qualcomm Secure Processing Unit, Qualcomm Trusted Execution Environment, dan dukungan untuk Qualcomm Wireless Edge Services – layanan cloud yang dapat berinteraksi dengan Snapdragon untuk aplikasi dan layanan untuk mengukur keamanan perangkat dan koneksi nirkabelnya secara real-time untuk pengalaman yang aman. (Icha)

Berita sebelumyaSekolah Tatap Muka, GREDU Usulkan Blended Learning
Berita berikutnyavivo Y51 (2020, December)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.