Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Bulan Maret, Semua Pengguna Seluler Harus Daftarkan Kartu SIM Mereka

Telko.id – Direktorat Telekomunikasi Myanmar telah menginstruksikan seluruh operator selular yang menggelar layanan di negara tersebut untuk menyelesaikan pendaftaran semua kartu SIMs pada bulan Maret mendatang.

Dilansir TelecomAsia (6/8), pihak regulator telekomunikasi telah mengungkapkan bahwa setiap kartu SIM yang belum diregistrasi dan masih beroperasi pada saat itu akan dihentikan sementara.

Kartu SIM sendiri perlu terdaftar berdasarkan kartu nasional pendaftaran, kartu identitas mahasiswa, Surat Izin Mengemudi atau paspor bagi warga negara asing. Laporan tersebut menambahkan bahwa perintah tersebut ditujukan untuk merangsang mobile banking dan m-commerce di negara ini.

Sekadar informasi, Ada sekitar 48 juta kartu SIM yang tersebar di Myanmar, pasar di mana penetrasi selular telah meningkat sebesar 35 persen selama tahun lalu menjadi lebih dari 89%.

Meskipun tidak ada data tentang berapa banyak kartu SIM dari semua ini yang tidak terdaftar, Direktorat telah menyatakan bahwa terdapat ‘banyak’ kartu SIM yang dijual kepada pembeli yang tidak menyediakan dokumen yang diperlukan.

Dengan peraturan baru ini, Myanmar menambah jumlah negara di APAC yang membutuhkan pendaftaran SIM, termasuk yang paling terkini adalah Bangladesh.

Sementara Thailand mulai memotong pengguna yang tidak mendaftarkan kartu SIM mereka pada tahun lalu, sementara regulator Cina mulai merampingkan upaya untuk menindak pengguna yang tidak mendaftarkan kartu perdana mereka ini.

Di Indonesia sendiri, peraturan serupa telah dimulai sejak 15 Desember 2015 silam, yang mana peraturan tersebut dimaksudkan untuk menurunkan tingkat penipuan yang kerap terjadi dengam modus ‘Mama Minta Pulsa’.

Latest

Ini Tiga Kunci Transformasi Digital di Indonesia

Telko.id - Transformasi digital menjadi sangat penting saat ini...

Indosat SheHacks 2024, Kembali Hadir Dukung Pemberdayaan Perempuan

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui...

Pemerintah Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

Telko.id – Pemerintah, dalam hal ini Menteri Komunikasi dan...

Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menyiapkan pengaturan...

Rekomendasi

Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menyiapkan pengaturan mengenai Tata Kelola Teknologi Kecerdasan Artifisial atau Artificial Intelligence (AI).  Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan regulasi...

Menkominfo Dorong Industri Pusat Data Indonesia Go Global

Telko.id - Pemerintah mendukung upaya pengembangan ekosistem industri digital untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya melalui industri pusat data Indonesia yang bisa go global. Menteri...

Transaksi Keuangan Digital Wajib TTD Elektronik Tersertifikasi!

Telko.id - Presiden Joko Widodo telah resmi mengesahkan UU Nomor 1 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini