spot_img
Latest Phone

Oppo Reno 14 Series: Harga Bersaing, Spesifikasi Diatas Pesaing

Telko.id – Oppo resmi meluncurkan ponsel terbarunya, yaitu Oppo...

OpenAI Siapkan Browser dengan AI, Saingan Google Chrome

Telko.id - OpenAI sebagai induk perusahaan dari ChatGPT sedang...

TECNO Luncurkan POVA 7 Series, Desain Futuristik dan Performa Gaming AI

Telko.id - TECNO resmi meluncurkan POVA 7 Series di...

Google Akhirnya Gabungkan Android dan ChromeOS, Apa Kelebihannya?

Telko.id - Google secara resmi mengonfirmasi rencana besar mereka...

Garmin Venu X1 Resmi Dirilis: Smartwatch Teringan dengan Layar 2 Inci

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan Venu X1,...
Beranda blog Halaman 670

Garmin Lily Resmi Dihadirkan Oleh Erajaya Group

0

Telko.id – Garmin Lily, resmi dihadirkan oleh Erajaya Group yang bekerja sama dengan Garmin Indonesia. Sebuah smartwatch mungil dengan desain yang elegan nan cantic pas buat teman para wanita anggun yang penuh aktifitas kesehariannya. 

Garmin Lily ini hadir dalam dua model yakni Classic dan Sport. Pilihan warna nya pun beragam. Yang termasuk model classic adalah warna Dark Bronze Bezel dengan tali berwarna Paloma, Light Gold Bezel dengan tali berwarna white dan Cream Gold Bezel dengan tali berwarna black. Sedangkan yang model Sport yang berwarna Cream Gold Bezel dengan tali berwarna white, Rose Gold Bezel dengan Tali berwarna Light Sand dan Midnight Orchid Bezel dengan tali berwarna Deep Orchid. Untuk yang model sport tali nya berbuat dari silicon. Sedangkan yang Classic terbuat dari kulit.

Dengan desain yang mungil nan elegan ini, miliki dengan casing jam tangan 34mm, gaya T-bar lug, lensa berpola halus, dan berbagai pilihan warna membuat Lily ideal bagi wanita yang mencari alternatif fashion-forward pada smartwatch yang ada saat ini. Garmin Lily dirancang khusus untuk wanita dengan fitur pelacakan siklus menstruasi dan sebagai fitness wearable brand pertama yang memiliki aplikasi pelacakan kehamilan sendiri. 

“Kami bangga dapat bekerjasama dengan Garmin sebagai merek yang terus berkomitmen untuk mengembangkan teknologi dan produk yang mendukung gaya hidup aktif. Kehadiran Garmin Lily memberikan pilihan bagi wanita Indonesia yang mengidamkan smartwatch stylish, small, chic dan woman friendly technology dengan harga terjangkau. Dan untuk pertama kalinya, dalam launching produk ini, kami bekerja sama dengan marketplace Tokopedia sebagai partner peluncuran eksklusif produk Garmin Official Store di marketplace tersebut,” ungkap Djohan Sutanto, Direktur Erajaya Group. 

“Garmin Lily juga akan tersedia di Garmin Brand Stores dan di jaringan gerai Urban Republic’, ungkap Djohan menambahan.

Selama periode peluncuran perdananya, Garmin Lily secara ekslusif akan tersedia di Garmin Official Store di marketplace Tokopedia dengan penawaran harga khusus mulai dari 14 – 21 Februari 2021. Harga spesial Garmin Lilyyang di tawarkan adalah untuk Lily Sport dengan silicone band dapat diperoleh seharga Rp.2.899.000 dari harga normal Rp 3.090.000. Sedangkan Lily Classic dengan tali dari kulit dapat diperoleh dengan harga Rp 3.599.000 dari harga normal Rp 3.799.000. 

“Lily benar-benar adalah smartwatch pertama di jenisnya: feminin, canggih, dan berakar pada mode dengan fitur kesehatan dan kebugaran yang esensial. Garmin tetap berkomitmen untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan wanita kami dan dalam hal ini, ini adalah jam tangan pintar kecil yang sedang tren dengan fitur yang dirancang untuk wanita modern.” Tutur Mr Scoppen Lin, Direktur Garmin Asia. 

Semungil apa sih Garmin Lily ini? Smartwatch ini hanya berukuran 34,50 x 34,50 x 10,15 mm. Cocok untuk pergelangan dengan lingkar 110-170 mm (standar), 120-195 mm (panjang). Sudah berlayar sentuh dengan kualitas 240 x 201 piksel dan berteknologi TFT LCD. Dan sangat ringan, hanya 24,0 g sehingga tidak akan mengganggu saat beraktiftas. 

Baterai juga cukup lama bisa bertahan. Setidaknya dapat aktif sampai 5 hari ketika tanpa dimanfaatkan fitur pelacakan tidur Pulse Ox. Yang menarik, smartwatch ini dapat berkoneksi dengan smartwatch iPhone maupun Android. 

Spesifikasi Garmin Lily

Ukuran Fisik34.5 mm
Masa Pakai BateraiHingga 5 hari
Jenis LayarLCD
GPS TerhubungYes
Aplikasi Olahraga InternalYes
Denyut Jantung Berbasis Pergelangan TanganYes
Peringatan GerakYes
Menit IntensitasYes
Pelacakan Stres Sepanjang HariYes
Vo2 MaxYes
Pelacakan RespirasiYes
Monitor Tidur CanggihYes
Monitor Energi Body BatteryYes
Sensor Pulse OxYes
Pelacakan Siklus MenstruasiYes
Lacak Kehamilan AndaYes
Fitur Keselamatan Dan PelacakanYes
Pelacakan HidrasiYes
Notifikasi PintarYes

(Icha)

Infinix Smart 5 (India)

0

Telko.id – Spesifikasi Infinix Smart 5 (India) bertumpu pada Helio G25, 2 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2021, February 11 ini dibekali sistem operasi Android 10 (Go edition), XOS 7 dan layar berukuran 6.82″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Infinix memang belum secara resmi merilis harga Infinix Smart 5 (India). Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Infinix Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Aegean Blue, Morandi Green, Obsidian Black, Purple) dan memiliki body berdimensi 171.8 x 78 x 8.9 mm (6.76 x 3.07 x 0.35 in) dengan berat 207 g (7.30 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, plastic back, plastic frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Infinix Smart 5 (India)

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Helio G25 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55) dan prosesor grafis / GPU Mali-G52 MC2. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 2 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 32GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 6000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.82″ Inch dengan jenis IPS LCD, 440 nits (typ). Resolusi layarnya 720×1640 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Infinix Smart 5 (India) sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, GPS(Yes, with A-GPS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera Infinix Smart 5 (India)

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Infinix Smart 5 (India) :

  • 13 MP, f/1.8, (wide), 1/3.1″, 1.12µm, AF
    Secondary unspecified camera.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 8 MP, f/2.0, (wide) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur LED flash dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

3 Indonesia Bagikan Angpao dan Kado Cinta Saat Imlek

0

Telko.id – 3 Indonesia bagikan Angpao dan Kado Cinta saat hari raya Imlek. Untuk mendapatkannya, para pelanggan operator ini harus mengakses film streaming terlebih dahulu. Nama program nya KlikFilm Berhadiah dan akses premium menonton film di Viu dan promo cashback dari Tokopedia. 

3 Indonesia bagikan angpao dan kado cinta agar para pelanggannya tetap melihat sisi positif dari dirumah saja saat covid-19 ini. Sisi positif ini adalah para pengguna dapat menjadi lebih dekat dengan keluarga, menerapkan cara hidup yang sehat, dan dapat melakukan hobi yang jarang dilakukan, seperti menonton film di rumah.  

Oleh karena itu, 3 Indonesia bagikan angpao karena ingin mendukung hobi para penggunanya selama di rumah saja, terutama di masa liburan Tahun Baru Imlek dan juga hari kasih sayang. Kali ini, dukungan yang diberikan adalah berupa angpao dan kado cinta yang bisa didapatkan hanya dengan mengakses film streaming. 

“Di tengah pembatasan aktivitas sosial yang mendorong pergeseran gaya hidup saat ini, masyarakat semakin tertarik dalam aktivitas online, termasuk streaming film. Kami pun selalu berusaha untuk menyediakan hal yang dibutuhkan oleh para pelanggan setia kami. Melalui program KlikFilm Berhadiah dan akses premium menonton film di Viu dan promo cashback dari Tokopedia, kami harap para pelanggan setia kami dapat menikmati quality time bersama keluarga walaupun di rumah saja. Hal ini selaras dengan komitmen kami untuk memfasilitasi kebutuhan para pelanggan,” ujar Dolly Susanto, Chief Commercial Officer 3 Indonesia.

Angpao bisa didapatkan oleh para pengguna melalui Program KlikFilm Berhadiah, sebuah program berhadiah kuota 12GB dengan hadiah utama iPhone 12. Para pelanggan 3 Indonesia cukup melakukan aktivasi atau memperpanjang masa berlangganan (renewal) KlikFilm dengan adu cepat pada tanggal yang sudah ditentukan dan berpartisipasi dengan kuis yang diadakan oleh KlikFilm yang berjalan hingga 23 Maret 2021.

Tidak hanya itu saja, 3 Indonesia juga memberikan sebuah kado cinta untuk para pelanggannya berupa akses premium menonton film di aplikasi Viu, serta bebas akses internet sebesar 3GB pada pukul 01.00 hingga 12.00 selama 3 hari berturut-turut. Selain itu, para pelanggan akan mendapatkan cashback berupa OVO points hingga 10.000 dari Tokopedia dengan melakukan pembelian paket data KeepOn Viu dan MovieMax Viu eksklusif dengan menggunakan kode promo “TRIVIU” hingga 23 April 2021.

Dengan jaringan 4.5GPro yang kuat dan luas milik 3 Indonesia, setiap para pelanggan 3 dipastikan dapat menikmati film favorit bersama keluarga selama liburan Tahun Baru Imlek ini tanpa kendala. (Icha)

Samsung Galaxy A02, Tiga Hari Lagi Ada Program Flash Sale

0

Telko.id – Samsung Galaxy A02 akan dijual secara flash sale pada 15 – 21 Februari mendatang. Harga nya hanya Rp 1.449.000. Samsung Electronics Indonesia (SEIN) pun sudah menyiapkan gratis earphone original Samsung senilai Rp 149.000, hanya di Samsung.com dan Shopee.

Dibekali dengan baterai besar 5.000 mAh yang lebih tahan lama, RAM 3GB/32GB yang dapat ditambah dengan microSD hingga kapasitas 1TB, dan layar besar 6,5 inci HD+ PLS Infinity-V Display, Samsung Galaxy A02 merupakan smartphone yang pas buat kamu medsosan seharian, menyimpan ribuan selfie kece, dan menikmati hiburan dengan layar besar dan teknologi suara Dolby Atmos yang mengagumkan. 

Hadir dengan pilihan warna yang stylish, Denim Black dan Denim Gray, Samsung Galaxy A02 dengan harga rekomendasi retail Rp 1.499.000,- ditawarkan dengan harga spesial Rp 1.449.000,- selama periode Flash Sale mulai 15-21 Februari 2021 hanya di Samsung.com dan Shopee. Penawaran dari Galaxy A02 menjadi lebih menarik dengan bonus langsung gratis earphone original Samsung senilai Rp 149.000,-, serta paket BundlingMAX Telkomsel berupa kuota data bulanan hingga 8.5GB (setara dengan 102GB setahun) seharga Rp 50.000 per bulan.

“Samsung Galaxy A02 hadir di Indonesia sebagai wujud dari komitmen Samsung untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan smartphone dengan baterai, memori dan layar yang besar dengan harga terjangkau. Terlebih lagi, penawaran spesial yang bertepatan dengan Tahun Baru Imlek ini juga menjadikan Samsung Galaxy A02 sebagai hadiah yang sangat spesial untuk orang-orang tercinta di momen istimewa ini,” ucap Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Samsung Galaxy A02

Samsung Galaxy A02 hadir dengan teknologi dan tampilan stylish ala Denim. Ponsel terbaru dari Samsung Galaxy A series harga sejutaan ini dilengkapi dengan layar lebih besar 6,5 inci HD+ PLS Infinity-V Display yang menghadirkan sejuta keseruan dari berbagai aktivitas kamu. 

Pasalnya, layar besar dari Galaxy A02 dapat memberikan keleluasaan dalam belajar, bekerja ataupun nobar asik di rumah saat streaming serial TV favorit. Desain motif garis diagonal yang elegan dengan varian warna Denim Black atau Denim Gray bikin Galaxy A02 lebih nyaman digenggam seharian.

Tidak kalah seru, Dual Camera yang terdiri dari Kamera Utama 13MP dan Kamera Macro 2MP siap menangkap tiap momen kamu saat meraih impian setiap harinya. Buat jutaan konten dengan kamera 13MP saat acara Tahun Baru Imlek bersama keluarga di rumah dan tangkap foto yang lebih artistik yang kaya detailnya dengan Kamera Macro 2MP. Kamera depan 5MP dan memori 3GB/32GB pada Galaxy A02 juga siap menangkap ribuan selfie kece kamu untuk di-posting di berbagai media sosial. 

Bisa ngapain aja dengan baterai 5.000 mAh? Yang jelas, Tahun Baru Imlek 2021 jadi lebih meriah karena baterai 5.000 mAh pada Galaxy A02 siap menemani berbagai aktivitas kamu tanpa kuatir kehabisan baterai di tengah permainan atau nge-zoom bersama keluarga di Tahun Baru. 

Dengan kapasitas baterai yang kini makin powerful sebesar 5.000 mAh, bisa update medsos terus-terusan, maraton drakor atau film seri favorit. Selain itu, pengalaman menonton serial TV favorit di Galaxy A02 juga jadi lebih seru berkat layar besar 6,5 inci HD+ PLS Infinity-V Display dan mendengarkan musik dari aplikasi Spotify atau FM radio jadi lebih terlena dengan teknologi Dolby Atmos Audio yang membuat kualitas suara semakin optimal. Galaxy A02 sangat cocok untuk jadi pilihan angpao Tahun Baru Imlek 2021!

Spesifikasi Samsug Galaxy A02

Memori3GB/32GB 
Layar6,5 inci HD+ PLS LCD Infinity-V
Dimensi164 x 75,9 x 9,1 mm
KameraRear Camera: 13 MP (f1.9) + 2 MP (f2.4) Front Camera: 5MP (f2.0)Perekam Video: FHD (1920 x 1080) | @30fps
Kemampuan Jaringan GSM / HSPA / LTE
Cakupan Jaringan2G / 3G / 4G LTE 
Jumlah SlotDual-SIM + Micro SD Slot up to 1TB
Jaringan Data3G: HSPA+ 42.2 / 5.76Mbps4G LTE: 4 | 150Mbps
Spesifikasi BluetoothBluetooth v5.0 
Spesifikasi Wireless LANWi-Fi 802.11 b/g/n 2.4GHz
Baterai5.000 mAh 
WarnaDenim Black,  Denim Gray 
Sistem OperasiAndroid 10.0, One UI Core 2.5
USBMicro USB Type B
Fitur LainnyaDolby Atmos

(Icha)

1More Dual Driver ANC Pro, Pas Buat Nemenin Saat Di Rumah

0

Telko.id – 1More Dual Driver ANC Pro pas buat nemenin saat di rumah saja. Desainnya mewah. Tapi yang pasti suara yang dikeluarkan sangat jernih. Perangkat ini dibawa masuk ke Indonesia oleh Erajaya dan dibandrol dengan harga Rp. 1.899.000.

Apa yang membuat Erajaya membawa nya masuk ke Indonesia? Menurut data dari Global Market Insights, pasar earphone dan headphone di prediksikan bertumbuh sebesar 9% per tahun dan akan mencapai nilai shipment lebih dari USD$150 juta di tahun 2026, dengan 40% permintaan pasar berasal dari area Asia-Pacific. 

Pertumbuhan perangkat mobile devices dan internet memberikan kontribusi yang cukup siginifikan di pemakaian Over The Top (OTT) platforms. Dengan bertumbuhnya popularitas platform OTT di kalangan milenials, permintaan untuk high quality earphones pun ikut mengalami kenaikan. 

Di samping itu faktor-faktor lain yang membentuk pasar earphone dan headphone adalah semakin banyak pengguna smartphone sehingga permintaan untuk perangkat earphone akan bertambah. Lalu, kenaikan popularitas online music streaming dan pertumbuhan internet juga merupakan salah satu factor pembentukan pasar earphone dan headphone. 

Selain itu juga, teknologi yang didapatkan pada earphones dan headphones saat ini sudah semakin maju. Contohnya seperti water resistant earphones seperti yang terdapat pada 1More Dual Driver ANC Pro. 

Tak heran, Erajaya pun banyak mengeluarkan produk earphone dan headphone. Seperti 1More Dual Driver ANC Pro. Lalu apa kelebihan dari produk ini?

Pertama dari desain. Begitu pertama kali menyentuh, hati langsung jatuh cinta. Bahan yang digunakan pada bagian yang dikalungkan dileher terbuat dari bahan karet yang halus. Sungguh terlihat elegan dan begitu menyentuh kulit leher pun sangat lembut. 

Posisi tombol yang berada disebelah kiri juga sangat mudah dijangkau. Ada tiga tombol yakni power on / off, pengurangan kebisingan angin on / off, dan ANC 1/2 / off. Kemudian bagian dalam ada tombol volume dan pause/Play. Oh iya, untuk volume, perangkat ini sudah mengatur, saat dipasang secara maksimal pun, masih nyaman ditelinga. 

Tombol-tombol yang ada pada 1More Dual Driver ANC Pro

Nah, yang menarik adalah 1More Dual Driver ANC Pro sudah menyediakan empat pasang silikon eartips: 11mm, 13mm, 14.2mm (pra-instal), dan 15.5mm. Semuanya memiliki penampang oval, yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan sehingga penutupan lubang telinga menjadi sempurna. Dan, kedua earbuds dari perangkat ini dilengkapi dengan magnet sehingga ketika sedang tidak dipakai bisa digabungkan dan akan tetap cantik saat menggantung didada kalian.

Ada magnet yang dapat menggabungkan dua erabuds

1More Dual Driver ANC Pro ini juga memberikan kebebasan pada Anda dalam menggunakannya. Mau simple tanpa terganggu dengan kabel bisa menggunakan Bluetooth karena sudah didukung oleh Bluetooth v4.2 dan jangkauan wireless 10 meter. Atau mau menggunakan kabel juga bisa. Sudah disediakan juga dalam paket pembelian koneksi Type-C ke 3,5 mm. 

Bagaimana dengan kualitas suaranya? Jernih! Bagaimana tidak, 1More Dual Driver ANC Pro ini sudah memiliki peredam bising yang cerdas karena ada teknologi Intelligent ANC atau Active Noise Cancellation. Teknologi ini yang akan menghalangi suara-suara yang mengganggu. Terlebih sudah dipadukan dengan Teknologi mikrofon ENC atau Environment Noise Cancelling. Tak heran, suara yang dikeluarkan oleh produk ini begitu jernih walaupun sedang dalam kondisi yang ramai. 

Saya mencoba di café yang cukup keras memasang lagu-lagu nya. Ketika menerima telepon, tetap terdengar suara disebarang sana dengan jelas. Begitu pun ketika mendengarkan alunan You Give Love A Bad Name dan Bon Jovi. Rasa nya badan ingin bergoyang mengikuti irama yang ngerock itu. 

Oh iya, 1More Dual Driver ANC Pro ini memiliki Dual Drivers yang sudah dipatenkan, namanya struktur driver sandwich 1 More. Lapisan PET ganda di dalam driver dinamis menghasilkan kejernihan yang menakjubkan pada midrange dan bass. Ini juga yang membuat ketika volume dibuat maksimal pun, tetap nyaman ditelinga. 

Menariknya, perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan Teknologi Incisive Noise Cancellation (INC).  Teknologi ini yang akan memblokir suara yang mengganggu, tetapi tetap suara yang penting bisa termonitor. Jadi, Anda tetap bisa waspada di jalan. (Icha)

Pendiri Huawei: Berharap Bisa Negosiasi Dengan AS

0

Telko.id – Pendiri Huawei, Ren Zhengfei baru saja mengadakan pertemuan dengan sejumlah media dalam acara pembukaan Intelligent Mining Innovation Lab di Taiyuan, Shanxi, Tiongkok, 9 Februari. 

Dalam pertemuan tersebut, Ren menanggapi pertanyaan tentang sikap keras AS terhadap Tiongkok. Pendiri Huawei itu mengharapkan pendekatan win-win untuk situasi tersebut.

“Pertama, mengharapkan perdagangan yang menguntungkan kedua belah pihak. Mengizinkan perusahaan AS untuk memasok barang ke pelanggan China akan berdampak kondusif bagi kinerja keuangan mereka sendiri. Jika kapasitas produksi Huawei meningkat, itu berarti perusahaan AS dapat menjual lebih banyak. Ini adalah situasi win-win yang saya maksudkan,” ujar Ren.

Ren menambahkan bahwa ia yakin pemerintahan baru akan mempertimbangkan dan menyeimbangkan kepentingan ini pada saat mempertimbangkan kebijakan mereka. 

Pendiri Huawei ini juga masih berharap bisa membeli banyak komponen, sukucadang, dan mesin dari AS sehingga perusahaan AS pun bisa berkembang seiring dengan perekonomian Tiongkok.

“Sebagai organisasi bisnis, kami tidak memiliki energi untuk terlibat dalam pusaran politik. Kami fokus dalam membuat produk kita sendiri. Berkat tingginya kualitas produk kami, banyak pelanggan di seluruh dunia masih tetap memilih bersama kami. Inilah yang menjadikan kami berhasil melewati tahun 2020 yang sulit ini,” ungkap Ren. 

Pendiri Huawei ini juga menyebutkan akan terus melayani pelanggan dengan baik dengan menciptakan nilai yang lebih bagi mereka. Ia ingin kepercayaan pelanggannya pada mereka tetap langgeng dan berharap tidak akan terpengaruh oleh tekanan politik. 

Ia pun mengharapkan, pemerintahan AS yang baru akan menghasilkan kebijakan yang lebih terbuka untuk kepentingan perusahaan AS dan ekonomi AS secara keseluruhan.

Ren juga mengatakan bahwa Huawei akan tetap terbuka dan transparan dalam masalah transfer teknologi 5G, menepis kekhawatiran beberapa politisi AS atas potensi dampak 5G pada skala global.

“Seperti pernah saya janjikan, kami akan mentransfer semua teknologi 5G yang kami kembangkan dan tidak sekadar melisensikan produksi kepada pihak lain. Selama AS memintanya, kami akan mentransfer semua dari program sumber dan kode sumber ke semua rahasia serta pengetahuan terkait desain perangkat keras, dan bahkan desain chip. Saya serius dengan apa yang saya katakan, namun belum ada perusahaan AS yang merespon. Saya harap media dapat membantu kami menyampaikan pesan ini kepada perusahaan-perusahaan AS. Jika mereka ingin berbicara, kami akan dengan senang hati menyambutnya,” kata Ren.

Ren juga menyampaikan pandangannya mengenai pentingnya mendorong pertumbuhan ekonomi bagi negara-negara seperti AS dan Tiongkok dalam rangka mengembalikan keseimbangan neraca finansial serta dalam turut bersumbangsih kepada masyarakat.

“Ini yang dibutuhkan oleh semua pihak. Kemanusiaan perlu terus dipupuk. Tidak ada perusahaan yang bisa tampil sendirian dalam mengembangkan industri secara global. Semua pihak di seluruh dunia perlu bergandengan tangan bersama-sama,” ujar Ren.

Sementara untuk prospek bisnis Huawei sendiri, Ren sangat optimis. Ia menegaskan kembali keyakinannya pada keberlangsungan bisnis di tengah berbagai tantangan, khususnya tentang kinerja penjualan smartphone.

“Keyakinan saya terhadap kelangsungan bisnis Huawei bahkan makin menguat dibanding sebelumnya. Sebab, kami memiliki lebih banyak cara untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Keyakinan saya juga makin menguat melihat pendapatan dan keuntungan penjualan Huawei pada 2020 yang lebih tinggi dari 2019,” ungkap Ren.

Pendapatan Huawei pada 2020 tercatat sebesar USD136,7 atau mengalami kenaikan YoY sebesar 11,2 persen. Laba Huawei juga tercatat mengalami kenaikan sebesar 10,4 persen sehingga laba pada 2020 menjadi USD9,9 miliar. (Icha)

Sempat Terputus, Palapa Ring Barat Kini Sudah Beres!

0

Telko.id – Akses telekomunikasi Palapa Ring Barat di Jalur fiber optik Batam – Anambas, Natuna – Singkawang beberapa waktu lalu sempat terputus. Gangguan tersebut terjadi pada 2 hingga 3 Februari 2021 lalu. Kini sudah beres dan sudah dapat digunakan kembali. 

Terputusnya jaringan di Kabupaten Kepulauan Anambas yang memanfaatkan segmen jaringan Natuna – Anambas membuat pertama kalinya akses telekomunikasi di Anambas mengalami gangguan. Hal tersebut terjadi akibat proyek galian yang dilakukan oleh pihak ketiga mengganggu kabel FO milik Palapa Ring Barat.

“Ini bukan merupakan pertama kali jaringan Palapa Ring Barat terputus sejak proyek ini diresmikan, namun peristiwa kali ini adalah yang pertama kali menyebabkan gangguan akses telekomunikasi di Kab. Kep Anambas dan Kab. Natuna,” ungkap Syarif Lumintarjo selaku Direktur Palapa Ring Barat. 

Syarif menyatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak agar proses pemulihan dilaksanakan dengan secepatnya. Saat ini masyarakat telah berangsur-angsur mendapatkan akses komunikasi melalui akses dari jaringan lain yang menjadi solusi sementara. 

Proyek Palapa Ring Paket Barat

“Saat ini, kabel optik yang terputus sedang dalam pengerjaan pemulihan secara intensif. Kami juga ingin menghimbauan kepada berbagai pihak yang ikut menggunakan infrastruktur Palapa Ring Barat untuk berhati-hati dalam beraktivitas di sekitar area infrastruktur karena kesalahan sedikit saja bisa berdampak besar bagi masyarakat,” ujar Syarif menambahkan.

Merujuk gangguan akses telekomunikasi yang terjadi di Anambas, Japrizal selaku Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan, “Bersama Palapa Ring Barat, kami memantau pemulihan akses Komunikasi yang sedang berjalan. Namun sekarang kita bisa melakukan tindakan-tindakan preventif guna menghindarkan ini semua terjadi lagi di masa depan. Kami berharap masyarakat bisa terus mendapatkan akses internet layak bagi keberlangsungan sosial dan ekonomi sekitar.”

Japrizal menyesalkan kejadian tersebut. Pasalnya, tiga hari sejak Selasa tanggal 2 Februari 2021 pemerintah daerah dan masyarakat Kepulauan Anambas tidak mendapatkan jaringan akses telekomunikasi yang maksimal sehingga berdampak kepada seluruh sektor kehidupan. Padahal telekomunikasi ini sudah menjadi kebutuhan dasar di daerah perbatasan juga. , namun sekarang kita bisa melakukan tindakan-tindakan preventif guna menghindarkan ini semua terjadi lagi di masa depan. Kami berharap masyarakat bisa terus mendapatkan akses internet layak bagi keberlangsungan sosial dan ekonomi sekitar.”

Raja Darmika, selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Natuna mengatakan, “Kami peduli dan memahami bahwa terputusnya akses komunikasi beberapa hari kemarin sangat meresahkan masyarakat. Saya mendapat banyak keluhan langsung dari masyarakat bahwa proses belajar online, jual beli online, dan banyak aktivitas lain menjadi terhambat. Kami telah berkoordinasi dengan segala pihak agar masalah ini dapat segera diselesaikan sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa kembali.

Proyek Palapa Ring Barat yang telah berlangsung sejak 2017 dan menghasilkan jaringan 4G untuk wilayah paket Barat ini telah menerapkan jaringan sesuai dengan praktik industri yang baik, yaitu telah memiliki jaringan dua arah serta memiliki main back up pada jaringan. Namun, jaringan FO ini tidak didesain untuk menghadapi double-FO-cut sehingga gangguan pada wilayah Anambas dan Natuna dapat terjadi.

Sebagai informasi, Palapa Ring Barat ini menghadirkan jaringan backbone pada 5 kota layanan dan dengan 7 kota interkoneksi di bagian barat Indonesia. Ini juga merupakan bagian dari proyek strategis nasional Palapa Ring pada 57 daerah 3T (Terluar-Terdepan-Tertinggal). 

Melalui ketersediaan infrastruktur telekomunikasi yang berkapasitas besar dan terpadu seperti itu , diharapkan dapat memberikan jaminan kualitas komunikasi yang berkualitas tinggi, aman, dan murah.

Semua ini guna mendukung pemerataan pembangunan dan pengembangan potensi ekonomi di wilayah dan juga dapat menunjang iklim kompetisi yang lebih sehat di bidang penyelenggaraan jasa telekomunikasi terutama untuk area 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) Indonesia. (Icha)

IBM Bentuk Tim Elit Hybrid Cloud Demi Bantu Mitra Percepat Modernisasi

0

Telko.id – IBM bentuk tim elit Hybrid Cloud untuk membantu percepat modernisasi di seluruh ekosistem mitra nya di Indonesia. Langkah ini dilakukan karena banyak perusahaan yang membutuhkannya untuk migrasi dan modernisasi produk, layanan, dan berbagai kebutuhan lainnya dari ekosistem mitra, untuk seluruh lingkungan open hybrid. Namun, semua itu tidak mudah sehingga dibutuhkan tenaga yang expert di cloud ini. 

Tim elit  Hybrid Cloud ini akan menciptakan solusi canggih bersama dengan ekosistem mitra untuk melakukan modernisasi dan mengurangi beban kerja, sekaligus memasukkan fitur AI ke dalam perangkat lunak.

Dalam studi IBM Institute for Business Value (IBV) baru-baru ini yang dibuat berdasarkan masukan lebih dari 5.000 eksekutif global di seluruh industri, menemukan bahwa adopsi hybrid cloud – kombinasi public cloud publik, private cloud, dan on-premise – diperkirakan akan tumbuh sebesar 47 % dalam tiga tahun ke depan dan rata-rata organisasi akan menggunakan enam hybrid cloud

Laporan tersebut mencatat bahwa nilai bisnis dari pemanfaatan teknologi platform dan model operasional multicloud yang full hybrid, adalah 2,5 kali lebih besar dibandingkan nilai yang dihasilkan dengan pendekatan vendor cloud tunggal. Semua itu yang mendasari IBM membentuk tim elit Hybrid Cloud ini. 

Kondisi Indonesia selama Covid-19

Tim elit Hybrid Cloud dari IBM ini beranggotakan lebih dari 100 arsitek cloud, ilmuwan data (data scientists), pengembang cloud, spesialis keamanan siber, dan developer advocates yang bekerja sama dalam memberikan solusi teknologi canggih untuk mitra dan klien mereka. Tim tersebut juga memberikan saran untuk mitra tentang bagaimana cara terbaik agar bisa mempercepat transisi produk, layanan, dan penawaran lainnya ke lingkungan open hybrid cloud, termasuk di beberapa industri yang sensitif dengan aturan sangat ketat seperti layanan keuangan dan telekomunikasi.

Dengan keahlian tinggi dalam hal Microsoft Azure, IBM Cloud, AWS, dan lainnya, tim elit Hybrid Cloud dari IBM ini akan membantu ekosistem mitra meringankan beban kerja di seluruh platform dan penyedia cloud. Pada saat yang sama, tim ini juga senantiasa berupaya memasukkan pemanfaatan teknologi baru ke dalam solusi yang mereka tawarkan seperti AI, 5G, Kubernetes, blockchain, dan edge untuk mengoptimalkan operasi bisnis serta meningkatkan kinerja klien. 

Termasuk juga mengkaji penggunaan perangkat lunak hybrid cloud IBM, yang dibangun di atas Red Hat OpenShift dan dirancang agar bisa dioperasikan di mana saja – baik di on premiseedge, maupun cloud – untuk memaksimalkan pemanfaatan AI dalam pengembangan dan pencapaian target bisnis mitra.

“Tim elit Hybrid Cloud dari IBM ini membuktikan komitmennya dalam membantu ekosistem mitra dengan menghadirkan program baru, pendanaan tambahan, dan pendekatan ekosistem yang disederhanakan,” kata Novan Adian, Country Manager Partner Ecosystem, IBM Indonesia. 

Novan menambahkan bahwa tim elit ini juga akan membantu mitra mengatasi kendala dalam melakukan modernisasi dan pengurangan beban kerja cloud klien dengan menggunakan solusi AI di seluruh platform dengan berbagai penyedia layanan. “Banyak mitra menyampaikan kepada kami bahwa kinerja tim ini telah terbukti bermanfaat bagi klien mereka dan telah menjadi katalisator dalam memperluas ekosistem Hybrid Cloud IBM,” ungkap Novan puas. 

Penting nya Kolaborasi 

Dalam menjangkau pelanggan di Indonesia baik pelanggan komersial maupun enterprise, IBM Indonesia menggandeng beberapa mitra andalan termasuk PT Metrodata Electronics Tbk dengan Digital Business Platform Solutions dan Metrodata Managed Service Security Provider yang dibangun di atas teknologi IBM.

“Percepatan transformasi digital membawa tantangan untuk melakukan proteksi layanan bisnis yang bersifat menyeluruh (People, Process & Technology), itu sebabnya kolaborasi dengan berbagai pihak menjadi penting,” ujar Edwin Putraoetama Octosa, Direktur PT Metrodata Electronics Tbk. 

Terlebih, keamanan layanan bisnis digital sendiri sudah menjadi “Digital Reputation” yang penting untuk dapat dipertanggungjawabkan oleh setiap perusahaan yang ingin mengembangkan layanan digital. 

“Kombinasi antara teknologi keamanan IBM yang sudah terbukti andal didukung kemampuan dalam pengimplementasian, dilengkapi dengan sarana Security Operations Center (SOC) serta Tenaga Ahli Bersertifikasi, membuat kami mampu mengembangkan solusi “Managed Service Security Provider,” khususnya untuk pelanggan Corporate dan Small Medium Business dalam menjaga keamanan bisnisnya,” ujar Edwin menambahkan.

Selain itu IBM Indonesia juga bekerja sama dengan Simian sejak tahun 2009, yang merupakan sebuah perusahaan teknologi yang berfokus pada data management sabagai kunci dalam mendorong proses digitalisasi, otomatisasi, dan kecerdasan buatan (AI). Solusi unggulan Simian yang menggunakan teknologi IBM antara lain adalah Simian Regulatory Platform, Simian Data Quality untuk digitalisasi berbasis AI dan Medallion Suite, yang banyak memanfaatkan DB2 database untuk memudahkan pelanggannya.

“Pentingnya transformasi di bidang perbankan membuat kami untuk terus berinovasi menyediakan solusi–solusi terbaik seperti kustodian dan wealth management. Untuk itu, adanya kolaborasi dengan IBM merupakan kunci utama dalam pertumbuhan bisnis kami dalam membantu pelanggan agar dapat tumbuh dan mengadopsi transformasi digital dengan lebih baik serta tepat pakai,” ungkap Andre Setijoso, Presiden Direktur Simian. 

Bagian dari investasi IBM sebesar USD 1T untuk ekosistem adalah layanan komplimentari Hybrid Cloud Build Team untuk membantu para mitra agar bisa memberikan ide-ide terbaik bagi pelanggannya melalui model pendekatan yang teruji seperti IBM Garage dan metodologi IBM Design thinking. 

Tim ini telah mendukung lebih dari 75 kegiatan yang bertujuan membantu mengarahkan mitra agar bisa beralih dan membangun lingkungan hybrid cloud berdasarkan pertimbangan strategis, teknikal, dan operasional. Selain bermitra dengan Metrodata dan Simian, Hybrid Cloud Build Team telah bekerja sama dengan berbagai mitra di dunia antara lain CitiusTech, Cylera, Intellect Design Arena, KPMG LLC (Canada), Liferay, dan PearlChain.

Hybrid Cloud Build Team biasanya membutuhkan antara lima sampai dua puluh minggu untuk membuat MVP atau prototype aplikasi, dan membantu membuka peluang masuk ke pasar yang signifikan untuk mitra yang berpartisipasi. (Icha)

XL Axiata Aplikasikan Open RAN Pada Jaringan Eksiting Di Ambon

0

Telko.id – XL Axiata aplikasikan teknologi Open RAN (Radio Access Network) pada jaringan eksiting di Ambon. Ini merupakan komitmen operator ini untuk terus mendukung pemerintah dalam melakukan pemerataan penyediaan jangkauan jaringan pita lebar ke seluruh Indonesia.

Diakui XL Axiata bahwa integrasikan ke jaringan yang sudah ada (existing network) di Ambon ini adalah yang pertama dilakukan oleh operator ini maupun pertama di Indonesia. “Dari implementasi ini kita bisa lihat apa saja case-case apa yang muncul. Dan ini menjadikan percontohan untuk kita melanjutkan ke wilayah lain,” ungkap I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata.

Gede juga menambahkan bahwa ia berharap penerapan teknologi ini bisa menjadi solusi untuk pembangunan jaringan secara lebih efisien dan efektif khususnya di area-area pelosok luar Jawa.

Saat ini uji coba sedang berada pada tahap uji layanan, fungsionalitas, kapabilitas, dan performance. Progres uji coba test call pada jaringan 3G (CS fallback) dan OTT call di jaringan  4G juga telah berhasil dilakukan, dan saat ini dalam proses monitoring untuk kinerja dan kestabilan. Untuk uji coba ini XL melakukannya bersama Mavenir sebagai partner penyedia teknologinya.

XL Axiata Open RAN

Menurut Gede, pada tahun 2021 ini, XL Axiata berencana melakukan uji coba Open RAN dengan partner teknologi lainnya guna mendapatkan lebih banyak pilihan sebelum implementasi. Uji coba tersebut sekaligus guna membandingkan kualitas kinerja dan kemampuan dari partner teknologi. Proses selanjutnya setelah uji coba tahap awal ini adalah pilot project deployment Open RAN untuk memastikan lebih lanjut seberapa besar manfaat yang bisa dihadirkan teknologi ini.

“Ambon kami pilih sebagai lokasi uji coba Open RAN dengan pertimbangan bahwa area ini memiliki potensi bisnis yang cukup baik untuk ekspansi jaringan di masa mendatang. Dengan berhasilnya uji coba di Ambon membuka peluang implementasi Open RAN di seluruh area rural Indonesia, termasuk di Kawasan Indonesia Timur. Ini nanti memang akan kami terapkan guna mendukung upaya memperluas jaringan di peloso-pelosok daerah, termasuk dalam mendukung program pemerintah dalam penyediaan jaringan internet ke desa-desa terpencil,” lanjut Gede.

Teknologi Open RAN adalah teknologi perangkat radio akses yang mengadopsi konsep open interface, di mana operator dapat menggunakan kombinasi perangkat radio, seperti radio unit dan baseband, tanpa terikat pada salah satu merk/brand yang spesifik.

Dengan konsep Open RAN ini, diharapkan dapat mendorong tumbuhnya pemain baru pada perangkat radio akses yang saat ini hanya didominasi oleh beberapa partner penyedia teknologi saja. Dengan tumbuhnya pemain pemain baru, inovasi dapat berkembang lebih cepat dan membantu menurunkan beban perangkat dan operasional yang ditanggung oleh operator.

Teknologi Open RAN menawarkan potensi inovasi dan struktur harga yang lebih bersaing. XL Axiata berharap dapat memperluas jaringan dan layanan dengan biaya yang lebih sehat dan di saat yang sama tetap bisa memberikan kualitas layanan yang bagus bagi pelanggan. Dengan efisiensi beban biaya, operator akan bisa secara terus memperluas jaringan untuk bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas, bahkan untuk area area di pelosok.

“Dengan mengadopsi teknologi Open RAN ini ada potensi terjadi nya penghematan dalam pembangunan jaringan sampai 40% dengan melihat beberapa contoh di negara lain. Selain itu, ini juga potensi untuk mengembangkan industry lokal, sehingga kita tidak selalu bergantung pada perusahaan teknologi incumbent saja. Ini baik bagi Indonesia ke depannya,” ungkap Gede.

Selain itu, karena uji coba ini juga dilakukan dengan regulator atau pemerintah, maka Gede berharap juga ketika nanti ada regulasi terkait dengan penggunaan teknologi jaringan baru, dan hasil uji coba ini menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah. (Icha)

LinkAja dan Pemkot Kendari Lakukan Digitalisasi Layanan Sistem Pembayaran

0

Telko.id – LinkAja dan Pemkot Kendari lakukan kerjasama guna mendukung percepatan dan perluasan digitalisasi di wilayah ini. Tujuan nya adalah untuk mengakselerasi percepatan dan peningkatan kualitas pelayanan publik dengan memberikan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan transaksi nontunai di Kota Kendari, selain tentunya diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ada di Kota Kendari.

Kerjasama LinkAja dan Pemkot Kendari ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama tentang Digitalisasi Layanan Sistem Pembayaran menggunakan aplikasi LinkAja yang dilakukan oleh Walikota Kendari, H. Sulkarnain Kadir dengan Head of Government Project LinkAja, M Rendi Nugraha, yang berlangsung di Pantai Nambo Kendari, dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Ruang lingkup dari kesepakatan bersama ini antara lain penerapan pembayaran nontunai pada ekosistem pembayaran penerimaan daerah Pemerintah Kota Kendari yang meliputi pembayaran pajak dan retribusi daerah (termasuk PBB, dan Pajak Kendaraan Bermotor), serta dukungan pengembangan digitalisasi ekosistem mikro, pariwisata, dan UMKM di wilayah Kota Kendari.

Sulkarnain Kadir selaku Walikota Kendari mengatakan, “Kota Kendari adalah yang pertama di Sulawesi Tenggara untuk memulai program digitalisasi ini, kami bersepakat kemarin di November, Alhamdulillah, Februari ini sudah terealisasi dan tentu ini hanya langkah awal saja. Mudah-mudahan setelah terbentuknya TP2DD ini segera bergerak karena ini tim gabungan, kami disupport oleh Bank Indonesia, LinkAja, dan Bank Sultra sebagai Fasilitator Transaksi ini, ya mudah-mudahan nanti semakin banyak merchant yang bisa kita akses dan juga pelaku-pelaku usaha semakin banyak yang bisa terlibat dalam program digitalisasi transaksi Pemerintah Daerah.”

LinkAja dan Pemkot Kendari
Keterangan Foto : Walikota Kendari, H. Sulkarnain Kadir dengan Head of Government Project LinkAja, M Rendi Nugraha saat penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama tentang Digitalisasi Layanan Sistem Pembayaran menggunakan aplikasi LinkAja

“Sebagai uang elektronik nasional yang berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kemandirian ekonomi, LinkAja telah secara konsisten melakukan berbagai kerja sama strategis untuk dapat menghadirkan layanan keuangan digital yang merata kepada seluruh masyarakat. Kerja sama LinkAja dengan Pemerintah Daerah Kota Kendari kali ini merupakan komitmen kami dalam mendukung pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional melalui percepatan dan perluasan elektronifikasi transaksi pemerintah,” ungkap M Rendi Nugraha selaku Head of Government Project LinkAja.

Rendi pun menambahkan bahwa kerjasama LinkAja dan Pemkot Kendari ini diharapkan dapat menghadirkan kemudahan transaksi digital yang aman, nyaman, dan cepat bagi warga Kota Kendari, sekaligus mengoptimalkan pendapatan Pemerintah Daerah setempat.

Hingga saat ini, LinkAja telah menjalin kerja sama strategis dengan dengan Pemerintah Daerah di 13 kota dan provinsi di Indonesia, seperti Kota Cirebon, Kota Padang, Kota Bukittinggi, Provinsi Aceh, Kabupaten Lebak, Provinsi Sumatra Selatan, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Makassar, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kota Gorontalo, Kabupaten Banyuwangi, serta Kabupaten Bone Bolango, dengan fokus utama pada digitalisasi pembayaran pajak dan retribusi daerah.

Untuk pembayaran pajak secara nontunai, baik Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), LinkAja telah hadir di lebih dari 67 Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia. Selain itu, LinkAja juga turut memberikan kemudahan transaksi elektronik di pasar tradisional, UMKM setempat, serta berbagai objek wisata lokal.

Untuk mempermudah kehidupan sehari – hari warga Kendari dan sekitarnya dalam bertransaksi, LinkAja dan Layanan Syariah LinkAja telah dapat digunakan sebagai metode pembayaran di berbagai modern retail (Megross, Tumaka Mart, Marina Swalayan, Arsa Mega Supermarket), pasar tradisional (Pasar Baruga, Pasar Mandonga), pusat oleh-oleh dan kuliner ternama (Atifah Mete, Fresh Time, Es Teler Koni, Odixy café, RM Ibu Dina), sarana pendidikan (SMK Telkom Kendari), sarana rekreasi wisata (pantai Nambo) dan lain-lain.

Hingga akhir Januari 2021, LinkAja telah memiliki lebih dari 65.000.000 pengguna terdaftar dan telah dapat digunakan di lebih dari 1,000,000 merchant lokal dan lebih dari 349,000 merchant nasional di seluruh Indonesia, 233 moda transportasi, lebih dari 674 pasar tradisional, lebih dari 42,000 partner donasi digital, 5.000 online marketplace, pembayaran dan pembelian kebutuhan sehari hari seperti pulsa telekomunikasi, token listrik, tagihan rumah tangga, iuran BPJS, hingga berbagai layanan keuangan lainnya seperti transfer ke semua rekening bank dan tarik tunai tanpa kartu.

Selain itu, LinkAja juga dapat digunakan di lebih dari satu juta titik transaksi untuk pengisian dan penarikan saldo, yang meliputi ATM, transfer perbankan, jaringan ritel, hingga layanan keuangan digital.

Layanan Syariah LinkAja sebagai uang elektronik syariah pertama dan satu-satunya di Indonesia untuk memfasilitasi berbagai jenis pembayaran sesuai kaidah syariat Islam telah dapat digunakan di seluruh ekosistem LinkAja dan memiliki ekosistem khusus Syariah, yang mencakup masjid, lembaga amil zakat, pusat kuliner halal, modern retail lokal, pesantren, bank syariah, sekolah Islam, dan Universitas Islam.

Hingga saat ini Layanan Syariah LinkAja telah memiliki lebih dari 1,8 juta pengguna, yang akan terus meningkat sejalan dengan adanya komitmen dari beberapa partner strategis seperti Pemerintah Daerah dan institusi lainnya untuk berkolaborasi demi perluasan ekosistem digital Syariah di seluruh Indonesia. (Icha)