spot_img
Latest Phone

Bocoran Samsung Galaxy Watch8: Desain Baru, Tapi Kecepatan Isi Daya Masih Sama?

Telko.id - Bocoran resmi dari sertifikasi 3C di China...

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...
Beranda blog Halaman 668

Akhirnya, Naik Transjakarta Bisa Bayar Pakai LinkAja!

0

Telko.id – LinkAja, akhirnya kini dapat digunakan untuk membayar Transjakarta yang merupakan salah satu moda transportasi favorit warga Jakarta. Bahkan, moda transportasi ini juga mampu merevolusi seluruh wajah perangkat teknologi informasi digitalnya melalui kehadiran aplikasi Tije.

LinkAja yang saat ini telah memiliki lebih dari 57 juta pengguna terdaftar di seluruh Indonesia hadir sebagai uang elektronik nasional berbasis server pertama yang dapat digunakan pada Transjakarta melalui aplikasi Tije.

Melalui kemudahan ini, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi transaksi dari segi waktu, serta rasa aman dan nyaman karena mendukung kebijakan teknologi tanpa sentuh yang semakin dibutuhkan dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Kami harap kerja sama strategis antara LinkAja dan Transjakarta dapat semakin mendorong kepercayaan dan kebiasaan masyarakat terhadap pembayaran digital, sehingga menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan harian seluruh kalangan masyarakat,” Haryati Lawidjaja selaku Direktur Utama LinkAja.

Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transportasi Jakarta Achmad Izzul Waro mengatakan, “Transjakarta menyambut baik kolaborasi ini,  karena sangat mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mewujudkan City 4.0 dan urban regeneration yang berbasiskan digitalisasi sistem transaksi, serta teknologi tanpa sentuh untuk menekan penularan COVID-19.”

Kerja sama ini sekaligus mendorong ekosistem pembayaran nontunai, terutama di layanan Transjakarta sebagai salah satu transportasi publik terbesar di DKI Jakarta, serta andalan mobilitas warga yang disediakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk warganya.

LinkAja menjadi pembayaran melalui uang elektronik resmi yang pertama di Transjakarta, tentunya sinergi ini menjadi satu dari beberapa rencana Transjakarta untuk mempermudah dan memanjakan pelanggan menggunakan layanan kami dari sisi digital dan tentunya pengguna setia LinkAja, kenyamanan transportasi tanpa sentuh yang terjangkau sudah dalam genggaman, sehingga tidak perlu bingung jika tiba-tiba lupa bawa kartu.

Tiket QR besutan Transjakarta merupakan inovasi pertama di Indonesia, dimana kode QR tidak hanya digunakan sebatas membeli dan menggunakan, namun dapat melakukan transfer kepada siapa saja yang diinginkan, sehingga memberi manfaat lebih.

Dengan adanya kode QR ini, kami juga berharap agar pelanggan bisa lebih mandiri dan secara disiplin dapat menerapkan penggunaan satu tiket untuk satu orang, tanpa sentuhan.

Kode QR LinkAja yang ada di dalam aplikasi Tije memiliki beberapa keunggulan agar perjalanan bersama Tije menjadi nyaman seperti bisa digunakan untuk membeli tiket secara online di mana dan kapan saja, Touchless Technology, dilengkapi fitur transfer yang canggih, Dilengkapi pelacakan posisi bus dan waktu tunggu secara real time dan dilengkapi smart notification untuk mengingatkan pelanggan akan rencana perjalanannya layaknya digital personal assistant.

Selain pada aplikasi Tije, LinkAja juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran digital untuk top up di vending machine yang sudah tersedia di 200 halte Transjakarta. “Kami merevolusi kemampuan kami sebagai langkah awal integrasi pembayaran antar moda transportasi, menuju gerbang Program Jak Lingko Indonesia, artinya secara teknologi kita siap,” ujar Achmad.

Cara pembayaran menggunakan LinkAja pada aplikasi Tije sangat mudah. Buka aplikasi Tije, lalu pilih tiket dan tujuan. Pilih pembayaran menggunakan LinkAja, dan pilih menu bayar. Pengguna akan diarahkan ke halaman menu utama, pilih menu Tiketku untuk melihat kode QR yang sudah dibeli, kemudian scan kode QR tiket ke mesin scanner. (Icha)

 

Beli Pulsa Telkomsel Dapat Cash Back 30%, Hanya Ada di ShopeePay!

0

Telko.id – ShopeePay dan MyTelkomsel jalin kerja sama untuk permudah masyarakat melakukan pembayaran digital. Kerja sama ini merupakan bentuk respons atas meningkatnya penggunaan data internet hingga 20% sebagai salah satu dampak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Melalui kerja sama ini, para pelanggan Telkomsel dapat memilih ShopeePay sebagai salah satu metode pembayarannya untuk pembelian pulsa dan paket data. Untuk meningkatkan antusiasme masyarakat, dihadirkan juga program cashback hingga 30% untuk pembelian Paket Internet seperti OMG, Combo Sakti, Ketengan; Paket SMS, Paket Roaming, Paket Telepon, hingga Paket Entertainment.

“Untuk mendukung kebijakan pemerintah agar melakukan aktivitas dari rumah, maka kami terus mempermudah para pelanggan untuk bertransaksi non-tunai secara aman melalui aplikasi MyTelkomsel. Kami menyambut baik kolaborasi dengan ShopeePay sebagai alternatif pembayaran non-tunai tersebut untuk meningkatkan pengalaman bertransaksi lebih dari 20 juta pengguna aplikasi MyTelkomsel. Kami berharap hadirnya alternatif pembayaran ini dapat memberikan nilai tambah para pengguna kami dalam memenuhi produktivitas mereka kapan pun dan di manapun,” ungkap Pedro MF Custodio, Head of Digital Experience Telkomsel saat bertemu dengan media secara virtual Rabu (7/10/2020).

Pada kesempatan yang sama, Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Indonesia menyatakan, “Kami berupaya untuk mempermudah transaksi non-tunai masyarakat, salah satunya dalam transaksi pembelian pulsa dan paket data Telkomsel. Kami berharap dengan adanya kemudahan transaksi ini, dapat mendukung program stay at home sesuai kebijakan pemerintah melalui akses pemenuhan internet yang lancar.”

Untuk pengalaman berbelanja yang terbaik, pengguna disarankan melakukan top-up saldo ShopeePay terlebih dahulu yang bisa dilakukan bebas biaya dari transfer bank/online banking serta melalui minimarket. Pengguna MyTelkomsel dapat memilih metode pembayaran dengan ShopeePay dan nanti akan diarahkan ke aplikasi ShopeePay.

Ke depan Telkomsel akan terus mengembangkan fitur aplikasi MyTelkomsel sesuai dengan tren gaya hidup digital masyarakat Indonesia, melalui penguatan teknologi pendukung aplikasi MyTelkomsel yang akan lebih mengedepankan pengembangan User Interface(UI) dan User Experience(UX) sehingga dapat memenuhi ekspektasi pelanggan. (Icha)

Galaxy Z Fold2 Hadirkan 4 Inovasi Baru dan Bukan Hanya Layar Saja!

Telko.id – Seperti kita ketahui, Samsung beberapa waktu lalu memperkenalkan produk terbarunya yakni Samsug Galaxy Z Fold2. Smartphone ini mendobrak kebiasaan masyarakat dalam penggunaannya. Bagaimana tidak, layar lipat yang unik itu memberikan pengalaman baru.

Memadukan keunggulan dari layar penutup yang lebih besar, layar utama yang memukau, serta kemampuan serba bisa – perangkat ini menghadirkan pengalaman yang mendukung produktivitas dan hiburan yang melampaui ekspektasi.

Galaxy Z Fold2 merupakan kombinasi dari tiga elemen penting: determinasi (yang mendefinisikan kembali apa yang dapat dilakukan pengguna dengan smartphone mereka), fleksibilitas (untuk berganti dari aktivitas bekerja dan hiburan dengan mudah), serta yang tak kalah penting, kepercayaan diri untuk tampil beda dengan desain yang outstanding.

Di masa new normal ini, setiap orang dituntut untuk siap menerima perubahan dan dipacu untuk terus memperluas wawasan mereka. Galaxy Z Fold2 menghadirkan cara baru dalam menjalani kehidupan – melampaui berbagai batasan, menjalani banyak peran, sekaligus memungkinkan pengguna untuk lebih percaya diri dalam menjalani keseharian mereka.

Dua Layar, Satu Pengalaman Memukau

Kombinasi layar depan (cover screen) 6,2 inch dengan layar utama (main screen) seluas 7,6 inch, menjadikan Galaxy Z Fold2 memiliki ukuran layaknya smartphone pada umumnya ketika dilipat, dan mini tablet ketika dalam kondisi terbuka. Dengan menghadirkan kemampuan serba bisa yang ditingkatkan di layar penutup dan layar utama, flagship terbaru dari Samsung ini menjadi perangkat yang dapat membantu penggunanya menyelesaikan berbagai tugas secara mobile.

Galaxy Z Fold2

Tak ada lagi batasan antara layar penutup dengan layar utama. Layar penutup yang diperbesar memberikan penggunanya akses cepat terhadap notifikasi dan ruang yang cukup untuk menyelesaikan tugas harian. Berbagai aktivitas seperti membalas pesan, mengambil foto, atau meninjau berbagai jenis konten dari berbagai aplikasi dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman.

Sementara ketika pengguna merasa membutuhkan layar yang lebih besar dalam menggunakan berbagai aplikasi favorit mereka, Flex mode secara otomatis menghadirkan semua aplikasi yang terbuka di layar penutup ke layar utama tanpa perlu menghabiskan waktu untuk memulai kembali dari awal.

Multitugas, Lebih Lugas

Di era new normal, setiap orang dituntut untuk mampu menjalani berbagai peran secara bersamaan. Kehadiran perangkat teknologi kian signifikan untuk mendukung penggunanya melakukan banyak hal – mulai dari tetap terkoneksi dengan keluarga dan teman, menyelesaikan pekerjaan harian, memenuhi kebutuhan akan hiburan, hingga menjadi medium untuk memperluas wawasan.

Galaxy Z Fold2

Memaksimalkan layar utama yang luas, Galaxy Z Fold2 menghadirkan kemudahan untuk mendukung aktivitas multitasking yang mulus. Misalnya ketika sedang mengirim pesan ke teman atau mitra kerja, menyertakan foto atau tulisan dapat dilakukan hanya dengan menarik gambar dari satu window ke window lain. Fitur baru yang dihadirkan juga memberikan opsi lebih bagi pengguna untuk membuka beberapa file dari aplikasi yang sama, di window yang berbeda.

Artinya, pengguna dapat membuka artikel dari browser pada satu window, dan mencari informasi lebih lanjut terkait konten pada artikel tersebut di window lain. Atau melakukan video call di satu sisi layar dan membuat catatan di sisi lain. Bahkan, layar besar pada perangkat memungkinkan untuk membuka 3 aplikasi secara bersamaan, dan ditampilkan secara berdampingan. Pengguna dapat membuka email yang diterima, sambil mempersiapkan jawaban dengan membuka windows browser, sekaligus menjawab pesan melalui messenger– semua dilakukan dalam satu layar.

Pengguna juga dapat mengatur konfigurasi pembagian layar berdasarkan aplikasi yang sering digunakan sebagai App Pair dan disimpan melalui Multi-Window, sehingga pengguna tidak perlu repot menyiapkan pembagian window setiap kali meluncurkan aplikasi.

Meretas Batas, Melalui Fleksibilitas

Layaknya pendahulunya, Galaxy Z Fold2 didesain dengan menekankan pada fleksibilitas dan kemampuan serba bisa. Desain dari smartphone ini mampu menyesuaikan dengan berbagai aktivitas dalam genggaman, sehingga sangat cocok untuk mendukung berbagai peran yang dijalani pengguna setiap harinya.

Baik ketika tengah menghadiri virtual meeting atau menyaksikan video tutorial memasak di dapur, Galaxy Z Fold2 memberikan fleksibilitas lebih untuk melakukan multitasking– serta tetap memberikan kebebasan pada tangan pengguna untuk melakukan berbagai hal lain. Hideaway Hinge memungkinkan layar penutup dan layar utama untuk tetap terbuka dalam berbagai angle tanpa membutuhkan sandaran, menghadirkan pengguna ragam opsi dalam menikmati konten di berbagai situasi.

Kemampuan fleksibilitas yang memadukan keunggulan fitur Flex mode dengan kamera mumpuni pada Galaxy Z Fold2, juga memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dan video berkualitas sesuai kebutuhan.

Fitur ini memaksimalkan keunggulan dari kamera belakang, termasuk ketika pengguna menggunakannya untuk selfie. Cukup dengan mengaktifkan aplikasi Camera pada layar penutup, kemudian tekan tombol Rear Cam Selfie. Pengguna kemudian dapat membuka perangkat untuk mengambil selfie dengan kamera belakang, sambil menggunakan layar penutup sebagai viewfinder.

Mode Capture View pada Galaxy Z Fold2 memungkinkan pengguna memeriksa foto dan video saat pengguna membidik gambar. Fitur ini bekerja dengan Flex mode, sehingga pengguna dapat meninjau hingga lima gambar terakhir yang diambil di bagian bawah layar dari layar utama, sementara layar bagian atas menampilkan previewuntuk pengambilan gambar berikutnya.

Kini, baik fotografer maupun subjek yang difoto memiliki kendali yang sama dalam menentukan hasil gambar terbaik yang ingin mereka ciptakan. Fitur Dual Preview pada Galaxy Z Fold2 menjadikan proses ini lebih mudah dengan menampilkan previewgambar pada layar penutup dan layar utama.

Subjek dapat menyesuaikan pose mereka berdasarkanpreview yang tampil pada layar penutup, sementara fotografer dapat mencari komposisi yang tepat melalui tampilan previewyang lebih besar pada layar utama. Dual Preview juga berfungsi untuk pengambilan video yang dapat diaktifkan ketika menggunakan mode Pro Video.

Merekam konten video untuk tarian yang tengah viral, atau membuat sebuah vlog, fitur Auto Framing pada Galaxy Z Fold2 membantu pengguna menciptakan konten sesuai harapan mereka. Fitur ini membuat gambar subjek tetap fokus, meski ketika dalam kondisi bergerak, sehingga pengguna tak perlu khawatir akan kualitas hasil pengambilan gambar, meski saat melakukan perekaman secara mandiri.

Desain Berani, Tampil Percaya Diri

Dengan desain yang lugas dan warna ikonik yang elegan nan premium, Galaxy Z Fold2 membuat penggunanya tampil percaya diri dan standout. Galaxy Z Fold2 hadir dalam 2 pilihan warna yang cocok mendukung gaya penggunanya. Mystic Bronze yang sensasional memancarkan kepercayaan diri yang memikat. Sementara Mystic Black hadir dengan corak elegan yang dirancang untuk merepresentasikan nuansa kota metropolitan.

Tampilan halus dari Galaxy Z Fold2 memadukan garis-garis mulus yang berpadu dan menghasilkan desain yang menawan. Bodi dan engselnya memiliki tekstur dan corak yang sama, memadu sempurna menjadi desain istimewa – tidak hanya ramping, kokoh, eye-catching, tapi juga mantap dan nyaman dalam genggaman. (Icha)

 

 

realme 7 Pro Dipastikan Hadir 14 Oktober, Apa Keunggulannya?

0

Telko.id – Kehadiran realme 7 Pro sudah terkonfirmasi pada 14 Oktober mendatang. Smartphone ini akanmenghadirkan solusi pengisian daya cepat #3MinsChargingEnough. Ya, dengan teknologi pengisian cepat terbaru, 65W SuperDart Charge, hanya dalam waktu 3 menit pengisian, kapasitas baterai tersebut akan membantu pengguna untuk kembali melanjutkan berbagai aktivitasnya dalam waktu yang cukup lama.

“Hari ini, tim kami sangat bangga mengumumkan bahwa realme 7 Pro dengan 65W SuperDart Charge akan diluncurkan di Indonesia pada 14 Oktober melalui live streaming. Kami sangat bangga mempersembahkan realme 7 Pro dengan semua serba pertama di seri angka Pro untuk memberikan pengalaman smartphone flagship terbaik di kelasnya,” ujar Palson Yi – Marketing Director realme Indonesia.

Smartphone ini pun dilengkapi dengan Super AMOLED Fullscreen pertama pada seri angka, kemudian evolusi pengisian daya 65W SuperDart Charge terbesar pertama, serta kamera selfie dengan resolusi tinggi 32MP pertama yang baru ada pada seri angka ini. Selain itu, realme juga sudah menanamkan NFC khusus untuk pengguna Indonesia dimana fitur ini menjadi yang paling diminati oleh pengguna di Indonesia.

Charge dan Refresh dalam 3 Menit

realme meyakini bahwa pengguna smartphone saat ini cukup sibuk dengan smartphone mereka. Namun tentunya di sela-sela kesibukannya, mereka membutuhkan waktu untuk refreshing sejenak sebelum melanjutkan kesibukannya kembali.

Salah satu aktivitas saat mengisi waktu luang di tengah kesibukan adalah mengisi daya smartphone mereka, dan pengguna yang sibuk tidak akan berkompromi dengan sistem pengisian daya baterai yang lambat. realme 7 Pro hadir membawa 65W SuperDart Charge, di mana pengguna dapat meluangkan waktu sejenak selama 3 menit dan mengisi daya smartphone mereka sebelum menjalani aktivitasnya kembali berkat penggunaan baterai yang efisien dalam program #3MinChargingEnough.

Bagaimana dengan kamera? realme 7 Pro akan menghadirkan konfigurasi terbaru 64MP Quad Camera dengan Sony IMX682 yang akan memberikan pengalaman memotret level pro ala smartphone flagship. Selain konfigurasi quad-camera terbaru, realme 7 Pro juga hadir dengan tiga filter malam baru yang paling ditunggu-tunggu: Cyberpunk, Flamingo dan Modern Gold serta beberapa fitur perekaman menarik lainnya.

Kamera depan dari smartphone ini juga akan membawa megapiksel tertinggi yang pernah ada di antara smartphone realme lainnya. Dengan In-Display Selfie 32MP, realme 7 Pro akan meningkatkan kemampuan selfie Anda dengan mudah.

Sedangkan untuk layar, smartphone ini sudah menggunakan Super AMOLED 6,4 inci dan menghadirkan kamera In-Display yang membuat rasio layar lebih besar untuk memberikan pengalaman menonton yang lebih imersif.

Smartphone ini juga telah dilengkapi dengan NFC yang selama ini menjadi fitur paling diminati oleh realme Fans di Indonesia dan hadir khusus untuk pasar Indonesia saja. Selain itu, smartphone ini juga telah lulus verifikasi TÜV Rheinland Smartphone Reliability yang mencakup banyak skenario penggunaan umum. (Icha)

3DigiBox, Layani Kebutuhan Digital Secara Mandiri

Telko.id – 3DigiBox dihadirkan oleh 3 Indonesia untuk memenuhi kebutuhan digital masyarakat secara mandiri. Solusi O2O (offline to online) seperti ini cukup ampuh di tengah kondisi pandemi. Masyarakat pun dapat mengurangi kontak fisik dengan seseorang atau social distancing.

Seperti layaknya mesin ATM, pelanggan bisa melakukan pembelian kebutuhannya sendiri tanpa harus berinteraksi langsung, hal ini tentunya memberikan kemudahan bagi pelanggan terutama di masa pandemi ini.

Melalui 3DigiBox, pelanggan tidak perlu ke 3Store dan bertatap muka dengan representatif dari 3. Layaknya 3Store fisik, pelanggan 3 dapat melakukan pembelian serta memilih nomor kartu perdana, pembelian pulsa, pembelian paket data, pembayaran tagihan 3 paska bayar, penukaran kartu SIM untuk upgrade 4G maupun yang hilang, melakukan pengisian saldo e-wallet, dan berbagai kebutuhan digital secara mandiri.

“3DigiBox dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan kami dalam mengakses layanan 3 dan dapat ditemui dengan mudah di tempat-tempat yang strategis yang sering dikunjungi pelanggan. Melalui 3DigiBox pula, pelanggan bisa secara langsung memilih nomor kartu perdana 3 sesuai keinginannya. Teknologi ini juga bagian dari inovasi kami untuk membuka potensi adopsi O2O (offline to online) yang akan bertumbuh di masa depan,” kata Dolly Susanto, Chief Commercial Officer 3 Indonesia.

3DigiBox sendiri merupakan produk dan layanan digital dari 3 yang tidak hanya untuk membangun interaksi yang lebih kuat dengan pelanggan 3, tetapi juga menjadi digital vending machine pertama di Indonesia yang menyediakan sarana untuk mengakses segala produk digital di satu tempat untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Beberapa layanan digital yang dibawa oleh 3DigiBox antara lain, membeli voucher games, hingga mengisi ulang saldo e-wallet, membayar tagihan atau pembelian token listrik PLN. Seluruh pembayaran transaksi digital tersebut dapat dilakukan dengan berbagai metode pembayaran yang lengkap, mulai dari uang cash hingga e-wallet tersedia di 3DigiBox.

Secara bertahap, perangkat pintar ini nantinya dapat dengan mudah ditemui di sejumlah pusat perbelanjaan, stasiun, universitas, rest area,tempat wisata, rumah sakit, dan gerai 3Store. Dalam waktu dekat 3DigiBox juga akan tersedia di bandara, sejumlah area apartemen dan pemukiman, dan tempat wisata di seluruh Indonesia.

Dalam menggunakan 3DigiBox, pengguna bisa mengurangi kontak fisik dalam menghadapi situasi new normal. Mesin ini juga dilengkapi fitur digital lengkap seperti mesin pembaca sidik jari, pembaca kode QR hingga kapabilitas NFC untuk memberikan pengalaman transaksi yang aman dan nyaman bagi pelanggan.

“3Digibox memungkinkan sistem pelayanan yang bebas kontak fisik, sehingga pengguna dapat tetap menjaga jarak fisik ketika menerima pelayanan terbaik dari kami,” tambah Dolly.

3DigiBox saat ini telah tersedia di 91 titik lokasi, yaitu di gerai 3Store di wilayah Jabodetabek, Bandung, Karawang, Sukabumi, Tasikmalaya, Serang, dan Cirebon, lalu di sejumlah pusat perbelanjaan seperti Grand Indonesia, Pondok Indah Mall, Mall Kota Kasablanka, Lippo Mall Kemang, Mall Taman Anggrek, Lotte Shopping Avenue, Summarecon Mall Serpong, Summarecon Mall Bekasi, Transmart Cibubur, Depok Town Square, Botani Square Bogor, AEON BSD, Bandung Indah Plaza, Trans Studio Mall Bandung serta di Kampus Universitas Indonesia maupun Rumah Sakit Mulia Bogor, dan sejumlah stasiun kereta Jabodetabek seperti Stasiun Sudirman, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Gambir.

3 Indonesia berharap 3DigiBox akan dapat semakin meningkatkan pengalaman dan memenuhi gaya hidup digital pengguna 3 yang kini telah menikmati jaringan 4.5G Pro di lebih dari 35.000 desa di Indonesia. (Icha)

Indosat Ooredoo Raih Kembali Penghargaan Internasional

0

 

Telko.id – Indosat Ooredoo Raih Kembali Penghargaan Internasional. Kali ini mendapatkan  dua penghargaan internasional yaitu Silver Stevie International Business Award 2020 untuk kategori Telecommunications Service dan Asia Responsible Enterprise Award 2020 untuk kategori Social Empowerment melalui IDCamp.

IDCamp adalah program beasiswa dari Indosat Ooredoo yang dirancang untuk melahirkan developers dan programmers muda Indonesia dan membantu mengatasi kesenjangan talenta digital di Indonesia.

“Kami merasa terhormat Indosat Ooredoo raih penghargaan internasional dari Stevie IBA dan AREA 2020. Pencapaian ini merupakan wujud komitmen kami untuk menghadirkan pengalaman terbaik dan pengembangan komunitas dengan memanfaatkan teknologi digital. Pengakuan ini akan membuat kami terus berinovasi menghadirkan program-program yang relevan dengan kebutuhan bangsa Indonesia saat ini, terutama dalam menghadapi kondisi pandemi COVID19,” ungkap Ahmad Al-Neama, President Director & CEO Indosat Ooredoo.

Baca juga : Indosat Ooredoo Raih Penghargaan Dari Frost & Sullivan Indonesia

Pada Stevie IBA di tahun penyelenggaraan yang ke-17, tidak hanya Indosat Ooredoo raih penghargaan, Ooredoo Group pun mendapatkan penghargaan Grand Stevie sebagai bagian dari Best of the IBA Awards. Selain itu, Ooredoo Group juga meraih 3 penghargaan Gold Stevie, 5 Silver Stevie, dan 8 Bronze Stevie, sehingga total yang dimenangkan berjumlah 17 penghargaan. Stevie IBA diselenggarakan setiap tahun untuk menghormati pencapaian dan kontribusi positif organisasi di seluruh dunia.

Ooredoo Qatar memenangkan Gold Stevie untuk ‘Most Innovative Company of the Year’ untuk kepemimpinan jaringan data dan inovasi TIK, sedangkan Gold Stevie kedua dimenangkan oleh Ooredoo Maldives pada kategori ‘Company of the Year – Telecommunications’ untuk jaringan 4G+ yang pertama dan tercepat di Maldives.

Ooredoo Oman juga dinobatkan sebagai pemenang Gold Stevie untuk kategori ‘Corporate Social Responsibility Program of the Year in the Middle East and Africa’ Ooredoo memenangkan total lima Penghargaan Silver Stevie termasuk: Ooredoo Qatar dan Indosat Ooredoo untuk kategori ‘Telecommunications Service’; Ooredoo Qatar untuk ‘Technical Innovation of the Year’; dan Ooredoo Myanmar dan Ooredoo Maldives untuk ‘Most Innovative Company of the Year’.

Ooredoo juga dinobatkan sebagai pemenang delapan Bronze Stevie Awards termasuk: Ooredoo Kuwait, Ooredoo Myanmar, Ooredoo Maldives dan Ooredoo Group dalam kategori ‘Most Valuable Corporate Response’; Ooredoo Kuwait dan Ooredoo Maldives dalam kategori ‘Business & Government’; Ooredoo Myanmar dalam kategori ‘Corporate Social Responsibility Program of the Year’; dan Ooredoo Group dalam ‘Company of the Year–Telecommunications’.

Mengomentari penghargaan tersebut, Group CEO, Ooredoo, Sheikh Saud bin Nasser Al Thani, mengatakan: “Kami senang dengan pengakuan bergengsi ini karena kami terus mencapai misi kami untuk memberikan layanan seluler kelas dunia bagi pelanggan, bisnis, tempat tinggal dan organisasi di Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia Tenggara. Penghargaan ini mengakui komitmen kami untuk memberikan inovasi yang disruptive kepada pelanggan kami, sambil memanfaatkan kekuatan teknologi seluler untuk membantu membawa kemajuan sosial dan ekonomi serta memberdayakan komunitas lokal.”  (Icha)

 

Oppo Reno4 F Segera Hadir, Unggulkan Kamera Dengan 6 Sensor AI

0

Telko.id – Oppo reno4 F tidak lama lagi akan hadir di Indonesia. Sayang, belum semua spesifikasi lengkap nya dibuka oleh brand ini. Namun, untuk desain dan kamera, sudah ada bocorannya lho! Penasaran?

Oppo Reno4 F ini merupakan anggota keluarga yang paling ‘bontot’ dari lini Reno4. Selain itu, smatphone ini akan mensasar konsumen yang lebih luas lagi ketimbang dari anggota keluarga lainnya baik Oppo Reno4 maupun Oppo Reno4 Pro.

Namun, brand ini tidak ‘suka’ dibilang kalau ada spesifikasi di smartphone baru nya ini dikurangi dibandingkan keluarga lainnya. “Kami tidak mengurangi spesifikasi dari lini Oppo Reno4 sebelumnya. Kami hanya menyesuaikan dengan target market nya yakni anak muda yang selalu tampil dinamis dan trendi,” ungkap Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia saat membagi keunggulan desain dan kamera dari Oppo Reno4 F ini pada Selasa (6/10/2020) secara virtual.

Oppo Reno4 F ini mengusung tag line“Clearly Your Expression”yang hadir dengan menawarkan fitur yang sudah di sesuaikan dengan target market anak muda untuk menghasilkan sebuah foto potret yang tampil beda dengan fitur – fitur seperti AI Color Potrait, AI Super Night Potrait, AI Nigh Flare Potrait.  

Tidak hanya pada sisi kamera, Oppo sangat serius mengarap desain pada perangkat ini untuk memenuhi kebutuhan anak muda yang selalu tampil dinamis dan trendi dengan perangkat bertekstur Shiny Matte dan juga tipis, hanya 7.48mm dan rringan hanya 164g. Reno4 F dapat menjadi sebuah fashion statement untuk anak muda di Indonesia.

Baca juga : Sttt, Ini Bocoran Oppo Reno4 F Yang Bakal Hadir Oktober Nanti!

DESAIN

Desain tipis 7.48mm

Oppo Reno4 F dibuat dengan menggunakan mainboard yang dioptimalkan, baterai, dan komponen yang ditempatkan pada bodi yang sangat ramping. Dengan ketebalan hanya 7.48mm dan berat 164g, Oppo Reno4 F cukup ramping untuk dengan mudah dimasukkan ke dalam saku tanpa menimbulkan efek menggembung. Ketebalan Reno4 F mengalahkan Reno4 yang memiliki ketebalan 7.7mm , 0.22mm lebih tipis dibandingkan suksesornya.

Shiny Matte: Bahan Berkualitas Premium

Reno4 F hadir dengan warna Shiny Matte, dimana pada penutup belakangnya dilapisi dengan lapisan anti sidik jari, menggunakan teknik lapisan optik baru yang meningkatkan kedalaman lapisan dari 250 nanometer menjadi 400 nanometer. Lapisan ini jika terkena transmisi pantulan cahaya akan menghasilkan warna yang bervariasi saat ponsel digenggam pada sudut yang berbeda.

Ponsel yang lebih tipis sering kali menghasilkan sudut yang tajam pada tepian frame,yang dapat mengganggu kenyamanan saat digenggam. Untuk mengatasi hal ini, desainer Oppo menggunakan teknik desain dengan tepi membulat pada sudut 220°. Menghasilkan tepian perangkat dengan tampilan sisi yang tipis sekaligus menawarkan kenyamanan digengam dengan satu tangan.

Dual Punch-Hole Super AMOLED Display

Reno4 F dilengkapi dengan Dual Punch-Hole Displaydengan ukuran diagonal 16,34cm. Layar ini menampilkan diameter kamera unik yang tampil lebih kecil, hanya 3,7mm. Mini Dual Punch-Holesdengan diameter yang lebih kecil berarti dapat lebih banyak memberikan luar layar yang lapang dan dapat menawarkan pengalaman menonton yang lebih imersif. Layar FHD + hadir dengan tipe Super AMOLED, Oppo Reno4 F dapat menghasilkan gambar yang lebih hidup dengan piksel yang lebih terang dan lebih jelas bahkan di bawah sinar matahari langsung.

KAMERA

AI Color Portrait

Artificial Intelligence (AI) Color Portrait Mode merupakan popular yang mendukung fungsi pengisolasian warna pada foto, membuat latar belakang menjadi hitam dan putih sekaligus menjaga objek manusia dalam warna yang sebenarnya. Fitur ini menampilkan warna yang sangat jelas dan kontras sehingga membuat hasil foto terlihat seperti sebuah karya seni yang akan menjadi tren di kalangan anak muda.

AI Super Night Portrait

Fitur ini menjanjikan hasil foto selfie yang jernih bahkan di malam hari. Cocok untuk mengambil foto selfiepada kondisi temaram seperti di dalam sebuah bar atau di bawah lampu penerangan jalan.

Didesain untuk kondisi cahaya rendah, Oppo Reno4 F menggabungkan serangkaian algoritma AI termasuk HDR, yang secara instan menangkap dan menggabungkan beberapa frame pada berbagai tingkat pencahayaan; pengenalan wajah, dan penekanan highlight, yang mencerahkan foto potret tanpa mengekspos latar belakang secara berlebihan, untuk menghasilkan bidikan potret yang lebih cerah, lebih jelas, dan berkualitas lebih baik di malam hari.

AI Night Flare Portrait

AI Night Flare Portrait akan menghasilkan efek neon nan artistik pada bagian background (latar belakang) objek foto orang. AI Night Flare Portrait menggabungkan efek bokeh dan algoritma HDR pada pencahayaan rendah untuk mencerahkan foto di lingkungan dengan cahaya redup, sekaligus menambahkan efek latar belakang bokeh. Efek ini akan terlihat hasilnya ketika pengambilan foto dilakukan di lokasi yang sarat dengan kelap-kelip lampu perkotaan, yang membuat objek foto tampil lebih cerah.

AI Super Clear Portrait

AI Super Clear Potrait akan meningkatkan detail pada saat mengambil foto potret. Reno4 F menggunakan teknologi rekonstruksi wajah yang dilengkapi degan sebuah kecerdasan buatan dan teknologi deep learning yang membuat detail wajah seperti alis dapat ditingkatkan atau direkonstruksi untuk memastikan foto potret yang lebih jelas.

AI Beautification 2.0

Merupakan fitur AI beautification generasi ke-2, yang telah disesuaikan untuk preferensi kecantikan dengan mempertahankan warna kulit alami tanpa menghilangkan detail.

Dual Lens Bokeh

Untuk mencapai bokeh dengan bidikan dengan banyak orang dalam satu framedan juga pada fungsi video, Oppo Reno4 F menggunakan solusi berbasis perangkat lunak dan perangkat keras untuk menjalankan pemrosesan gambar dengan kedalaman pada Depth Camera2MP dan kamera utama 16MP.

Selfie Gestures

Mengambil gambar swafoto tanpa menggunakan alat bantu agak cukup merepotkan. Apalagi menekan tombol shutter di layar dapat dapat berpotensi menimbulkan guncangan ketika berswafoto. Dengan selfie gesture, cukup menunjukan tapak tangan kearah kamera, setelah terbaca, kamera akan menghtung mundur untuk mengambil swafoto

Air Gestures

Pengguna dapat menerima panggilan tanpa menyentuh ponsel pada kondisi tangan dalam keadaan basah ataupun berminyak saat makan dengan menggunakan gerakan udara sejauh 20-50 cm dari ponsel, cukup dengan melambaikan tangan ke atas mengaktifkan Air Gesture untuk menjawab panggilan.

OPPO Reno4 F Camera Feature & Spec

Rear Camera 48MP MainF1.81/2” Sensor 
8MP Wide AngleF2.21/4” Sensor 
2MP MonoF2.4 1/5” Sensor 
2M MonoF2.41/5” Sensor
Rear Camera Feature  AI Color Portrait 
AI Night Flare Portrait
AI Super Clear Portrait
Ultra Steady Video
Front Camera 16MP Main CameraF2.41/3” Sensor 
2MP Depth CameraF2.41/5” Sensor
Front Camera Feature Dual Lens Bokeh
AI Color Portrait 
AI Super Night Portrait
AI Beautification 2.0
Air Gesture
Selfie Gesture
Ultra Steady Video
Video Feature SOLOOP video editor

 

(Icha)

 

Gojek Berikan Beasiswa Pendidikan untuk Putra Putri Mitra

0

Telko.id – Gojek berikan beasiswa pendidikan pada putra putri mitra. Langkah ini merupakan komitmen Gojek untuk selalu berupaya meningkatkan taraf hidup para mitra driver dan keluarganya. Sekaligus juga sebagai hari jadi ke-10 tahun Gojek.

Ada 10 putra putri mitra driver berprestasi yang Gojek Berikan Beasiswa. Beasiswa tersebut terdiri dari biaya pendidikan selama 6 semester pada jenjang diploma tiga (D3) di politeknik-politeknik negeri unggulan di Indonesia.

“Gojek Berikan Beasiswa sebagai bentuk apresiasi dari Gojek kepada mitra driver yang telah menunjukkan dedikasi, loyalitas, dan kejujuran selama 10 tahun Gojek mengaspal. Pemberian beasiswa ini sekaligus merupakan bagian dari program Gojek Swadaya yang ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga mitra driver,” ungkap Gede Manggala, VP Regional Operations Gojek.

Gede menambahkan bahwa Gojek Berikan Beasiswa juga berangkat dari aspirasi mitra driver Gojek yang ingin memperoleh pendidikan tinggi bagi diri sendiri ataupun anak mereka, serta dapat segera bekerja di bidang yang diminati, namun terhalang keterbatasan ekonomi. “Oleh karena itu, kami memilih beasiswa jenjang D3 Politeknik yang berorientasi kepada praktik kerja, dengan harapan para penerima beasiswa dapat segera terserap sebagai tenaga kerja yang berkualitas dan tepat guna.”

Meski baru diadakan pertama kali untuk jenjang pendidikan tinggi, program beasiswa ini mengundang antusiasme tinggi dari mitra driver sejak awal diumumkan di awal bulan Maret 2020. Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai lebih dari 5.000 orang. Setelah proses pendaftaran, baik mitra driver maupun putra/ putrinya harus melewati seleksi ketat yang dilakukan internal Gojek sebelum kemudian dilanjutkan ke seleksi politeknik, hingga akhirnya terpilih 10 putra/ putri berprestasi te rbaik untuk tahun ajaran 2020/2023.

Zainal Arief selaku Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri Indonesia (FDPNI) menyampaikan antusiasmenya terhadap program ini. “Kami menyambut baik program Beasiswa Gojek ini sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia yang siap kerja. Sudah menjadi fokus politeknik untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan yang lengkap, baik dari segi teori maupun praktik, sehingga tenaga kerja lulusan politeknik dikenal cepat diserap oleh industri.”

“Dengan demikian, program Beasiswa Gojek ini secara tidak langsung sudah mendorong semakin banyak lulusan politeknik yang siap untuk menggerakkan roda ekonomi Indonesia. Kami berharap program beasiswa Gojek ini terus berlanjut kedepannya,” jelasnya.

Pada program beasiswa ini, Gojek bekerja sama dengan politeknik unggulan di masing-masing kota besar di Indonesia yang telah terbukti mampu menghasilkan SDM yang berkualitas dan tepat guna, di antaranya: Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Negeri Medan, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Dzikru Rahman merupakan salah satu penerima Beasiswa Gojek yang berhasil diterima sebagai mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta jurusan D3 Teknik Mesin. Ia bercerita bahwa impian untuk masuk Teknik Mesin telah dipendam sejak lama, saat ia sadar bahwa dirinya memiliki ketertarikan untuk mengutak-atik mesin di rumahnya dan motor ayahnya yang digunakan sebagai ojol.

“Dari dulu saya sering kepikiran, gimana caranya bisa kuliah tanpa membebani orang tua. Makanya saat dapat kabar dari Bapak kalau ada program ini, saya semangat banget. Saya langsung bergabung ke grup-grup pembahasan soal di internet, juga nanya-nanya tetangga tentang kehidupan politeknik. Alhamdulillah, benar ini jalannya,” ucap Dzikru sambil tersenyum.

Ayahnya, Sugito yang merupakan salah satu mitra driver di Jabodetabek, juga mengekspresikan rasa harunya. “Ketika saya tahu anak saya lolos seleksi Beasiswa Gojek, saya merasa senang luar biasa. Kenyataan bahwa saya sendiri tidak mengenyam bangku kuliah namun bisa menguliahkan anak saya, melalui profesi saya sebagai driver ojek online, membuat saya sangat terharu dan bersyukur.”

“Terima kasih banyak, Gojek. Harapan saya, semoga potensi anak saya bisa semakin berkembang sehingga ia bisa menjadi SDM yang berguna bagi bangsa; sama seperti Gojek yang selama 10 tahun ini telah banyak berkontribusi bagi Indonesia,” lanjutnya.

Sebelum adanya program ini, Gojek juga telah memberikan sederet bantuan pendidikan bagi mitra dan anak mitra driver di ragam jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga jenjang pendidikan S2, yang disalurkan baik oleh Gojek maupun melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB).

Di samping bantuan dalam bidang pendidikan, komitmen Gojek dalam mendukung peningkatan taraf hidup mitra driver dan keluarga juga dilakukan melalui berbagai program seperti Bengkel Belajar Mitra (BBM) dan Pelatihan Gojek Swadaya, yang keduanya bertujuan untuk membantu mengembangkan kemampuan diri mitra serta membantu menciptakan pendapatan yang berkesinambungan bagi mitra dan keluarga.  (Icha)

 

Tingkatkan Kualitas Kopi Kini Bisa Pakai Solusi IoT Lho!

0

 

Telko.id – Solusi IoT atau internet of things memang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Salah satu yang dikembangkan oleh XL Axiata adalah di bidang agrikultur untuk meningkatkan kualitas kopi pasca panen.

Solusi IoT itu diberi nama “Smart Coffee Monitoring” yang dibuat untuk menginisiasi pengukuran dan praktek yang lebih bisa diandalkan dalam proses pasca panen kopi berupa data-data variabel yang berpengaruh dalam proses tersebut.

Hasilnya, selain mampu meningkatkan kualitas produk kopi, solusi ini juga memberikan manfaat efisiensi karena dalam prakteknya tidak membutuhkan sumber daya tambahan.

“Sering terjadi inkonsistensi pada cita rasa kopi yang tidak dapat dijelaskan secara pasti oleh petani atau produsen, meski mereka merasa proses produksi yang dilakukan sama saja. Ternyata setelah ditelusuri, petani tidak memiliki dasar atau suatu acuan pasti dalam melakukan setiap proses produksinya, sehingga wajar apabila produk yang dihasilkan memiliki variasi yang lebar,” ungkap Feby Sallyanto, Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata.

Baca juga : Teknologi XL Smart Poultry Terbukti Mampu Tingkatkan Produksi Unggas

Untuk itu, solusi IoT ini akan berfungsi memonitor sejumlah variabel yang berpengaruh terhadap kualitas kopi dari produk akhir terutama pada proses fermentasi dan proses pengeringan. Menurut berbagai penelitian, kedua proses tersebut berpengaruh besar terhadap kualitas akhir dari biji kopi yang dihasilkan.

Feby melanjutkan, variabel yang dimonitor pada proses fermentasi adalah variabel kualitas air dari gabah kopi basah yang difermentasi. Pada proses pengeringan, alat ini memonitor variabel kualitas udara di dalam drying house atau tempat pengeringan kopi. Seluruh data direkam untuk dijadikan acuan bagi produksi selanjutnya ketika sudah terbukti bahwa proses tersebut menghasilkan kualitas yang optimal.

Selain itu solusi ini memungkinkan pengguna dapat mengatur batas atas dan batas bawah di setiap variabel lalu memberikan peringatan jika kondisi lingkungan melewati batas tersebut supaya biji kopi tidak over-processed atau under-processed, terlebih jika terdapat perubahan kondisi iklim dan cuaca. Pengguna pun bisa memonitor data-data tersebut kapan saja dan di mana saja melalui perangkat selulernya.

Solusi IoT

Diimplementasikan sejak Desember 2019 di sejumlah petani produsen kopi di Takengon, Aceh Tengah, solusi IoT ini terbukti mampu memberikan hasil berupa konsistensi dan peningkatan kualitas kopi yang selanjutnya berdampak pada meningkatnya harga jual biji kopi.

Hal itu tidak terlepas dari kemampuan produsen yang dapat menjelaskan kepada pembeli bahwa produk yang dihasilkan sudah melalui proses-proses dengan data yang dapat dipertanggungjawabkan sehingga daya tawar dari produsen bisa lebih tinggi.

Manfaat lain dari produk ini adalah dapat memetakan dan memperbaiki best practice dari proses produksi kopi di mana setiap daerah akan berbeda satu sama lain. Selain ini, produk ini dapat membedakan juga kualitas raw material dalam hal ini buah ceri (buah kopi yang masih ada kulitnya) yang masuk dalam suatu proses, apakah masih segar atau sudah mengalami degradasi kualitas.

Dalam konteks riset, produk ini dapat menyediakan data-data dari proses produksi kopi secara unik. Lebih lanjut data tersebut dapat dipakai untuk melakukan penelitian lanjutan dalam berbagai bidang keilmuan pada proses produksi kopi.

“Smart coffee monitoring ini dapat digunakan oleh pemroses atau produsen kopi sekelas UMKM sampai perusahaan dalam skala industri besar. Solusi ini juga bisa diterapkan di daerah-daerah penghasil kopi yang banyak di antaranya berlokasi jauh di area pelosok,” lanjut Feby.

Bahkan di area yang keberadaan sinyal seluler kurang bagus, juga masih bisa diterapkan. Seperti di Takengon, karena ada problem ketersediaan sinyal yang kadang hilang, maka kami membuat skema di mana data yang diambil dapat dikumpulkan dahulu dalam suatu device tersendiri.

Menariknya, solusi ini akan tetap dapat mengumpulkan data walaupun ketika sinyal hilang dan tetap akan dikirim ke cloud ketika sinyal sudah muncul kembali.(Icha)

 

Xiaomi Poco C3

0

Telko.id – Spesifikasi Xiaomi Poco C3 bertumpu pada Helio G35, 3/4 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada Exp. announcement 2020, October 06 ini dibekali sistem operasi Android 10, MIUI 12 dan layar berukuran 6.53″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Xiaomi memang belum secara resmi merilis harga Xiaomi Poco C3. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Xiaomi Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Arctic Blue, Lime Green, Matte Black) dan memiliki body berdimensi 164.9 x 77 x 9 mm (6.49 x 3.03 x 0.35 in) dengan berat 196 g (6.91 oz). Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Xiaomi Poco C3

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Helio G35 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53) dan prosesor grafis / GPU PowerVR GE8320. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 3/4 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 32GB/64GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.53″ Inch dengan jenis IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 720×1600 pixels dan telah dilengkapi dengan ,400 nits typ. brightness (advertised). Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Xiaomi Poco C3 sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS), Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, .

Kamera Xiaomi Poco C3

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Xiaomi Poco C3 :

  • 13 MP, f/2.2, 28mm (wide), PDAF
    2 MP, f/2.4, (macro)
    2 MP, f/2.4, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 5 MP, f/2.2, (wide), 1.12µm yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.