Harga dan Spesifikasi – Xiaomi Redmi Note 11 kali pertama diperkenalkan pada 2022, January 26, hadir dengan sistem operasi Android 11, MIUI 13, konfigurasi memori 64GB 4GB RAM, 128GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM, kamera utama beresolusi 50 MP dan chipset Snapdragon 680 4G dengan prosesor Octa-core (4×2.4 GHz Kryo 265 Gold & 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver) dan GPU Adreno 610 untuk mendukung performa. HP Xiaomi Redmi Note 11 memiliki varian warna Graphite Gray, Pearl White, Star Blue dan dilengkapi dengan layar AMOLED, 90Hz, 700 nits, 1000 nits (peak)-6.43″ Inch dengan resolusi 1080×2400 pixels, baterai berkapasitas 5000 mAh, dan support konektivitas GSM / HSPA / LTE untuk wilayah Indonesia.
Dari sisi desain, smartphone yang pada awal peluncurannya dibandrol dengan harga sekitar 160 EUR (harga global) ini, memiliki dimensi 159.9 x 73.9 x 8.1 mm (6.30 x 2.91 x 0.32 in) dengan bobot 179 g (6.31 oz). Pada bodinya juga tertanam slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan slot memori microSDXC (dedicated slot).
Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi Xiaomi Redmi Note 11 juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera 50 MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:
Video : Kamera Utama (1080p@30fps), Kamera Selfie (1080p@30fps)
Fitur lainnya : LED flash, HDR, panorama
Ketersediaan
Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Xiaomi menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP Xiaomi Redmi Note 11 dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.
Harga Xiaomi Redmi Note 11
Setelah diperkenalkan pada 2022, January 26, smartphone ini dirilis secara global atau berstatus Coming soon. Exp. release 2022, January. Untuk harga, Xiaomi Redmi Note 11 dibandrol dengan kisaran harga sekitar 160 EUR. Harga tersebut adalah harga untuk pasar global. Harga tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, terkecuali jika ada fitur atau kelengkapan paket penjualan yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.
Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.
Spesifikasi Lengkap
Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Xiaomi ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.
Harga dan Spesifikasi – Xiaomi Redmi Note 11S kali pertama diperkenalkan pada 2022, January 26, hadir dengan sistem operasi Android 11, MIUI 13, konfigurasi memori 64GB 6GB RAM, 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM, kamera utama beresolusi 108 MP dan chipset Helio G96 dengan prosesor Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G57 MC2 untuk mendukung performa. HP Xiaomi Redmi Note 11S memiliki varian warna Graphite Gray, Pearl White, Twilight Blue dan dilengkapi dengan layar AMOLED, 90Hz, 700 nits, 1000 nits (peak)-6.43″ Inch dengan resolusi 1080×2400 pixels, baterai berkapasitas 5000 mAh, dan support konektivitas GSM / HSPA / LTE untuk wilayah Indonesia.
Dari sisi desain, smartphone yang pada awal peluncurannya dibandrol dengan harga sekitar 220 EUR (harga global) ini, memiliki dimensi 159.9 x 73.9 x 8.1 mm (6.30 x 2.91 x 0.32 in) dengan bobot 179 g (6.31 oz). Pada bodinya juga tertanam slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan slot memori microSDXC (dedicated slot).
Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi Xiaomi Redmi Note 11S juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera 108 MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:
Video : Kamera Utama (1080p@30fps), Kamera Selfie (1080p@30fps)
Fitur lainnya : LED flash, HDR, panorama
Ketersediaan
Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Xiaomi menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP Xiaomi Redmi Note 11S dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.
Harga Xiaomi Redmi Note 11S
Setelah diperkenalkan pada 2022, January 26, smartphone ini dirilis secara global atau berstatus Coming soon. Exp. release 2022, January. Untuk harga, Xiaomi Redmi Note 11S dibandrol dengan kisaran harga sekitar 220 EUR. Harga tersebut adalah harga untuk pasar global. Harga tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, terkecuali jika ada fitur atau kelengkapan paket penjualan yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.
Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.
Spesifikasi Lengkap
Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Xiaomi ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.
Harga dan Spesifikasi – Xiaomi Redmi Note 11 Pro kali pertama diperkenalkan pada 2022, January 26, hadir dengan sistem operasi Android 11, MIUI 13, konfigurasi memori 64GB 6GB RAM, 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM, kamera utama beresolusi 108 MP dan chipset Helio G96 dengan prosesor Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G57 MC2 untuk mendukung performa. HP Xiaomi Redmi Note 11 Pro memiliki varian warna Graphite Gray, Polar White, Star Blue dan dilengkapi dengan layar Super AMOLED, 120Hz, HDR10, 700 nits, 1200 nits (peak)-6.67″ Inch dengan resolusi 1080×2400 pixels, baterai berkapasitas 5000 mAh, dan support konektivitas GSM / HSPA / LTE untuk wilayah Indonesia.
Dari sisi desain, smartphone yang pada awal peluncurannya dibandrol dengan harga sekitar 270 EUR (harga global) ini, memiliki dimensi 164.2 x 76.1 x 8.1 mm (6.46 x 3.00 x 0.32 in) dengan bobot 202 g (7.13 oz). Material yang digunakan terdiri dari kombinasi Glass front (Gorilla Glass 5), glass back. Pada bodinya juga tertanam slot Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan slot memori microSDXC (uses shared SIM slot).
Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi Xiaomi Redmi Note 11 Pro juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera 108 MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:
Video : Kamera Utama (1080p@30fps), Kamera Selfie (1080p@30fps)
Fitur lainnya : LED flash, HDR, panorama
Ketersediaan
Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Xiaomi menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP Xiaomi Redmi Note 11 Pro dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.
Harga Xiaomi Redmi Note 11 Pro
Setelah diperkenalkan pada 2022, January 26, smartphone ini dirilis secara global atau berstatus Coming soon. Exp. release 2022, February. Untuk harga, Xiaomi Redmi Note 11 Pro dibandrol dengan kisaran harga sekitar 270 EUR. Harga tersebut adalah harga untuk pasar global. Harga tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, terkecuali jika ada fitur atau kelengkapan paket penjualan yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.
Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.
Spesifikasi Lengkap
Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Xiaomi ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.
Harga dan Spesifikasi – Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G kali pertama diperkenalkan pada 2022, January 26, hadir dengan sistem operasi Android 11, MIUI 13, konfigurasi memori 64GB 6GB RAM, 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM, kamera utama beresolusi 108 MP dan chipset Snapdragon 695 5G dengan prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 660 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 660 Silver) dan GPU Adreno 619 untuk mendukung performa. HP Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G memiliki varian warna Graphite Gray, Polar White, Atlantic Blue dan dilengkapi dengan layar Super AMOLED, 120Hz, HDR10, 700 nits, 1200 nits (peak)-6.67″ Inch dengan resolusi 1080×2400 pixels, baterai berkapasitas 5000 mAh, dan support konektivitas GSM / HSPA / LTE / 5G untuk wilayah Indonesia.
Dari sisi desain, smartphone yang pada awal peluncurannya dibandrol dengan harga sekitar 290 EUR (harga global) ini, memiliki dimensi 164.2 x 76.1 x 8.1 mm (6.46 x 3.00 x 0.32 in) dengan bobot 202 g (7.13 oz). Material yang digunakan terdiri dari kombinasi Glass front (Gorilla Glass 5), glass back. Pada bodinya juga tertanam slot Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan slot memori microSDXC (uses shared SIM slot).
Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera 108 MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:
Video : Kamera Utama (1080p@30fps), Kamera Selfie (1080p@30fps)
Fitur lainnya : LED flash, HDR, panorama
Ketersediaan
Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Xiaomi menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.
Harga Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G
Setelah diperkenalkan pada 2022, January 26, smartphone ini dirilis secara global atau berstatus Coming soon. Exp. release 2022, February. Untuk harga, Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G dibandrol dengan kisaran harga sekitar 290 EUR. Harga tersebut adalah harga untuk pasar global. Harga tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, terkecuali jika ada fitur atau kelengkapan paket penjualan yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.
Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.
Spesifikasi Lengkap
Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Xiaomi ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.
Telko.id – Poros Maritim Dunia sudah menjadi target Indonesia. Terlebih, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia masih memiliki peluang yang sangat luas untuk memaksimalkan potensinya.
Tercatat bahwa baru 10 persen kekayaan maritim Indonesia yang hasilnya dinikmati oleh negara dan segenap penduduknya, sementara potensi ekosistem lautan dan perairan pun masih menunggu untuk dimanfaatkan sepenuhnya dalam perjalanan Indonesia menuju Industry 4.0, selaras dengan visinya untuk menjadi Poros Maritim Dunia.
Upaya mewujudkan strategi Poros Maritim Dunia yang dikumandangkan pemerintah tidak lepas dari pemanfaatan teknologi mutakhir dan cerdas. Pelaksanaan upaya tersebut menjadi bahasan pokok pada webinar yang bertemakan Recover Together and Recover Stronger: Technology Audit for Smart Maritime and Smart Agriculture pada tanggal 26 Januari 2022, diselenggarakan oleh IATI dan KORIKA.
Ajang ini pun didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan penyedia teknologi terkemuka Huawei.
Huawei bersama mitranya Pilot National Library for Marine Science and Technology (Qingdao) dan Highlander Digital Technology Co., Ltd. turut memberikan informasi mengenai pemanfaatan teknologi Smart Maritime yang sebelumnya telah diimplementasikan di Tiongkok.
Teknologi ini memiliki sejumlah kapabilitas, antara lain pemetaan laut, pemrosesan informasi yang berhubungan dengan kelautan, platform big data dan AI khusus maritim, dan platform aplikasi pintar. Kapabilitas-kapabilitas tersebut dapat diterapkan untuk kegiatan seperti penangkapan ikan, eksplorasi berbagai sumber daya maritim lainnya, pelestarian biota laut, dan peringatan dini bencana.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengingatkan kembali akan pentingnya agro-maritim cerdas dan pertanian cerdas di era pasca-pandemi. Dukungan terhadap rantai pasok di bidang maritim dan agrikultur akan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin tinggi.
“Situasi pandemi COVID-19 yang relatif terkendali berdampak terhadap pemulihan ekonomi yang lebih cepat. Kami estimasikan angka pertumbuhan ekonomi yang kuat di kisaran 5 hingga 6 persen menuju tahun 2024, yang tidak lepas dari dukungan industri terhadap ekonomi digital dan ekonomi hijau. Teknik produksi akan semakin meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Agro-maritim cerdas dan pertanian cerdas dapat membantu terdorongnya produktivitas, pemanfaatan data dan informasi, SDM yang mumpuni, dan teknik-teknik pemasaran digital untuk membawa hasil bumi dan laut Indonesia ke pasar global,” tegas Luhut.
Seperti teknologi dari Tiongkok di mana Huawei beserta mitra teknologi globalnya telah memimpin industri, hal tersebut tentunya akan memajukan agro-maritim cerdas dan pertanian cerdas Nusantara.
Senada, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan penerapan transformasi digital adalah sebuah opsi yang harus dipilih setiap kementerian dalam meningkatkan kinerja dan kualitas layanan kepada masyarakat.
“Keberhasilan transformasi digital dalam penyelenggaraan pemerintahan menjadi bagian tidak terpisahkan dari budaya kerja dan membawa manfaat bagi masyarakat luas. Untuk itu, kerja sama antara pemerintah dan berbagai pihak di bidang teknologi sangat dibutuhkan dalam pembangunan kelautan dan perikanan, seperti yang dilakukan melalui acara yang bergengsi ini,” katanya.
Pendiri KORIKA Bambang Brodjonegoro menambahkan, “Teknologi digital memberikan kontribusi yang tidak ternilai di setiap bidang dan sektor industri yang disentuhnya, tak terkecuali di bidang maritim, kelautan, dan perikanan. Peningkatan efektivitas dan efisiensi dalam setiap kegiatan operasional hanyalah beberapa manfaat yang dapat dihadirkan teknologi digital. Apresiasi yang tinggi bagi Huawei dan para mitranya yang telah berbagi pengalaman serta pengetahuannya, dan kiranya pelaku industri teknologi lainnya juga terpanggil untuk membagikan pengalamannya agar dapat dijadikan studi kasus dan tolok ukur bagi pemerintah maupun pemangku kepentingan.”
President of Huawei Cloud Indonesia Jason Zhang menimpali, “Seiring meningkatnya investasi pemerintah maupun industri di sektor maritim, pemanfaatan teknologi digital menjadi bahasan yang semakin bernilai strategis. Huawei dan para mitra kami ingin turut mewujudkan strategi Poros Maritim Dunia yang dicita-citakan oleh pemerintah Indonesia melalui berbagai bentuk alih teknologi dan pengetahuan, dimulai dengan kegiatan webinar yang diadakan hari ini. Niscaya, pemerintah, pelaku industri, akademisi, komunitas, dan berbagai pemangku kepentingan dapat bergandengan tangan untuk menghadirkan teknologi digital mutakhir di bidang maritim.”
Sependapat dengan Jason, Ketua Umum IATI/KORIKA Hammam Riza mengatakan bahwa ekosistem inovasi harus didirikan dengan melibatkan pemangku kepentingan quad- helix yakni akademisi, komunitas, pemerintah, dan industri, dengan menggandeng Huawei sebagai salah satu mesin pendorong utamanya. (Icha)
Telko.id – Telkomsel Gelar Festival InternetBAIK sebagai salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR). Kegiatan ini untuk pertama kalinya yang berkolaborasi bersama Siberkreasi (Gerakan Literasi Digital Nasional) dan Fammi.ly (platform tanya jawab parenting).
Festival InternetBAIK terdiri dari tujuh rangkaian webinar yang berlangsung setiap bulan mulai Januari hingga Juli 2022.
Internet terus berkembang pesat dan kini begitu dekat dengan anak-anak seiring dengan semakin tingginya adopsi digital lifestyle untuk beragam kebutuhan, mulai dari kebutuhan belajar jarak jauh, bermain game, browsing untuk mencari berbagai informasi, hingga mengakses media sosial. Tentunya hal tersebut telah menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua dalam mendampingi setiap aktivitas digital anak.
“Melalui rangkaian Festival InternetBAIK ini, kami berupaya melibatkan peran orang tua untuk lebih jauh dan aktif dalam mengontrol, mengarahkan, dan membimbing anak sebagai generasi penerus bangsa yang dapat memanfaatkan internet secara positif untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Sehingga para orang tua dapat mempersiapkan anak-anak untuk hidup di dunia yang serba digital secara seimbang dan BAIK,” ujar Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel menjelaskan.
Rangkaian Festival InternetBAIK diawali dengan kegiatan webinar bertemakan “Hubungan Makin Lengket, Walau Anak Main Internet” yang berlangsung pada hari ini (28/1). Tema tersebut dipilih sebagai upaya meningkatkan pemahaman orang tua dalam memanfaatkan internet untuk menjalin kedekatan emosional karena sangat penting bagi pertumbuhan anak dari segi motorik maupun emosional.
Dalam rangkaian kegiatan ini juga terdapat beragam tema dengan fokus membahas bagaimana membimbing anak agar tidak berlebihan bermain game online, mengoptimalkan pemanfaatan internet untuk mendukung kreativitas anak, menjaga kedekatan dengan anak yang aktif mengakses internet, pembahasan mengenai content creator sebagai salah satu profesi menjanjikan di era digital, hingga membimbing anak agar tetap patuh meski aktif di dunia maya.
Rangkaian webinar tersebut dapat diikuti dengan lebih dulu mendaftarkan diri di tsel.me/festinternetBAIK.
Selain menghadirkan rangkaian festival webinar, Telkomsel juga telah menghadirkan aplikasi InternetBAIK yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh orang tua untuk meningkatkan pengetahuan melalui beragam materi yang dibutuhkan baik dalam bentuk modul, podcast, maupun video singkatsecara mudah dan nyaman karena dapat diakses kapan saja dan di mana saja dalam satu aplikasi.
Aplikasi InternetBAIK juga akan dibekali oleh salah satu fitur yang dinamakan #InternetBAIK Heroes. Fitur ini dihadirkan untuk mendorong meluasnya pemanfaatan aplikasi internet baik dari para pengguna, dimana setiap pengguna aplikasi #InternetBAIK akan dibekali tautan khusus di setiap profilnya, dan setiap tautan yang tergunakan akan dihitung sebagai poin yang bisa dimanfaatkan untuk menukarkan doorprize menarik. Aplikasi InternetBAIK dapat diunduh langsung di Google Play atau diakses melalui browser di app.internetbaik.id.
Membangun generasi muda untuk menjadi pengguna internet secara BAIK merupakan pondasi penting dalam memperkuat ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia. Sejak aktif pada 2016, program #InternetBAIK telah mengedukasi ribuan orang tua maupun masyarakat umum di puluhan kota dan sekolah. #InternetBAIK merupakan bentuk kontribusi Telkomsel dalam menciptakan ekosistem digital yang positif di Indonesia dengan melibatkan berbagai stakeholders dalam pelaksanaannya.
“Kami percaya, kebaikan di internet dimulai dari internetBAIK. Karena itu, kami mengajak berbagai elemen masyarakat untuk berperan aktif membangun kesadaran penggunaan Internet yang positif, salah satunya dengan ikut berperan aktif dalam berbagai rangkaian program #InternetBAIK,” ucap Denny menutup. (Icha)
Telko.id – Nomor Telkomsel Hangus Atau Expired, kini tidak perlu keluar rumah. Semua nya bisa dilakukan dengan mudah. Cukup duduk manis dan gunakan smartphone Anda!
Tapi jangan lupa, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi sebelum mengaktifkan lagi nomor yang Hangus Atau Expired. Yang pertama, tidak melewati batas akhir masa tenggang isi pulsa, cukup dengan mengakses UMB *888*89#.
Inovasi Telkomsel ini merupakan wujud nyata perusahaan terus memahami dan mendekatkan diri dengan pelanggan di tiap fase kehidupan, terutama dalam memberikan solusi kemudahan di tengah masa pandemi yang masih berlangsung.
Telkomsel juga memahami, nomor ponsel saat ini bukan hanya digunakan sebagai identitas kontak pengguna, namun juga pemanfaatannya sudah semakin berkembang untuk kebutuhan integrasi berbagai layanan digital, seperti verifikasi registrasi/login pengguna hingga autentikasi transaksi layanan teknologi finansial.
Oleh karenanya, penting bagi Telkomsel untuk dapat memberikan nilai tambah bagi pengalaman akses layanan purna jual yang memudahkan pelanggan, seperti layanan self-service melalui UMB yang bisa dilakukan oleh pelanggan langsung dari ponselnya, dengan proses verifikasi yang cepat dan mengurangi potensi mobilitas pelanggan.
“Mendengarkan masukan pelanggan selalu menjadi prioritas Telkomsel dalam menerapkan prinsip customer-centric di setiap inovasi layanan. Solusi bagi pelanggan untuk dapat mengaktifkan kembali nomor Telkomsel Prabayar-nya yang hangus/expired menjadi salah satu wujud nyata kami kebutuhan pelanggan yang kian dinamis,” ungkap Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur Sales Telkomsel.
Menghadirkan kemudahan akses self-service UMB *888*89# untuk layanan reaktivasi nomor Telkomsel Prabayar juga merupakan upaya Telkomsel untuk selalu memahami dan mendekatkan diri dengan kondisi pelanggan di tiap fase kehidupan, terutama di masa pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini.
Layanan reaktivasi nomor ini dapat dinikmati oleh pelanggan Telkomsel Prabayar yang nomornya hangus/expired karena tidak melakukan isi pulsa atau pembelian paket pada masa tenggang, dan melewati maksimal 60 hari dari tanggal terakhir masa tenggang.
Beberapa hal yang perlu disiapkan pelanggan untuk proses reaktivasi nomor Telkomsel Prabayar antara lain nomor KTP (NIK) dan Kartu Keluarga yang sebelumnya didaftarkan pada nomor prabayar pelanggan, serta kartu SIM fisik Telkomsel Prabayar yang ingin diaktifkan kembali.
Selain memanfaatkan layanan self-service UMB *888*89#, bagi pelanggan Telkomsel Prabayar yang ingin lebih lanjut mendapatkan solusi bantuan reaktivasi nomor, juga dapat menghubungi melalui fitur direct message (DM) layanan e-care akun media sosial twitter @telkomsel, atau berkunjung langsung ke layanan GraPARI terdekat di seluruh Indonesia.
“Solusi layanan reaktivasi nomor yang sudah hangus/expired ini juga merupakan wujud nyata perusahaan untuk mengapresiasi loyalitas lebih dari 168 juta pelanggan setia layanan Telkomsel Prabayar. Kami juga mencatat aktivitas digital pelanggan Telkomsel Prabayar menjadi semakin produktif,” ungkap Sigit menambahkan.
Hal tersebut didorong dengan peningkatan penggunaan layanan data pelanggan Telkomsel Prabayar sekira 53 persen, setelah melakukan reaktivasi nomor yang hangus/expired. (Icha)
Telko.id – Pengguna DANA sampai akhir 2021 lalu mencatatkan rekor jumlah pengguna baru. Selain faktor pandemi yang mendorong masayarakat untuk bertransaksi secara contactless, keberhasilan ini tidak lepas dari komitmen DANA untuk menjadi jembatan bagi ekosistem ekonomi digital di Tanah Air.
Komitmen tersebut diwujudkan baik melalui inovasi dengan terus melakukan pembaruan atau menghadirkan fitur baru, maupun melalui kolaborasi dengan beragam pemangku kepentingan.
Sepanjang 2021, jumlah pengguna DANA bertambah 45 juta sehingga mencapai total 95 juta pengguna. Secara tahunan, perolehan ini merupakan yang tertinggi sepanjang perjalanan DANA sejak resmi diluncurkan pada Desember 2018 sekaligus melanjutkan tren pertumbuhan yang positif. Pada tahun sebelumnya, jumlah pengguna DANA bertambah 10 juta dari 40 juta menjadi 50 juta pengguna.
“Pertumbuhan pengguna kami juga menandakan kesiapan masyarakat akan pemanfaatan dompet digital. Dengan mengedepankan teknologi inovasi dalam fitur-fitur kami, masyarakat telah melihat dompet digital sebagai sebuah kebutuhan. Sehingga, promosi tidak lagi menjadi faktor utama yang mempengaruhi mereka untuk mengadopsi dompet digital seperti DANA,” ujar Rangga Wiseno, Chief of Product DANA.
DANA juga mencatat sepanjang 2021, jumlah pengguna aktif naik hingga 101%. Sejalan dengan itu, volume transaksi tumbuh 143% (year on year) dengan rata-rata 7 juta transaksi per hari.
Pertumbuhan juga terjadi pada sejumlah fitur yang selama ini menjadi favorit pengguna, yaitu QRIS Payment, transaksi online merchants, DANA Biller untuk pembayaran tagihan rutin, Kirim uang, dan fitur DANA Bisnis yang berhasil meningkatkan transaksi 400.000 mitra UMKM sebesar 35%. Pertumbuhan juga terjadi pada fitur Top Up sebesar 168%.
Fitur ‘Simpan Kartu’ (Card binding) juga makin diminati oleh pengguna. Jumlah pengguna yang menyimpan kartu (debit maupun kredit) di DANA tumbuh 34% di 2021. Sementara jumlah kartu yang disimpan dalam dompet digital DANA sepanjang 2021 meningkat 29%.
Pencapaian positif yang dicatatkan di 2021 merupakan hasil dari komitmen DANA untuk memberikan pengalaman bertransaksi yang aman, mudah, nyaman dana tepercaya. Di tahun 2021, DANA tetap mengedepankan pengalaman bertransaksi digital pengguna lewat tiga pilarnya, yaitu trusted, friendly dan accessible.
Guna meningkatkan keamanan, DANA menambah lapisan verifikasi yang kian canggih termasuk mengimplementasikan DANA VIZ untuk untuk menjaga data dan transaksi pengguna lewat verifikasi wajah. Dari segi keramahan pengguna, DANA juga terus memperbarui tampilan antarmuka dan pengalaman pengguna pada versi terbarunya dan menambahkan DANA Points sebagai bentuk apresiasi pengguna yang telah melakukan transaksi digital lewat DANA.
Sementara dari segi aksesibilitas, DANA memiliki ekosistem terbuka (open platform) yang memungkinkannya untuk mengembangkan kapabilitas DANA dalam berbagai aktivitas, mendukung kebijakan pemerintah, hingga memperluas mitra global.
Misalnya, dengan menyematkan fitur Manage Limit Card dan Biller Subscription & Reminder, pengguna dapat mengontrol keuangannya langsung lewat DANA. Selain itu, DANA juga mendukung sejumlah kebijakan dan inisiatif pemerintah seperti implementasi QRIS, Mitra Kartu Prakerja, Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga (MPN G3), dan sejumlah program lainnya.
Hingga akhir 2021, DANA juga berhasil menggandeng sejumlah mitra global di antaranya TikTok, Google Play, Steam, Huawei Store, dan Netflix.
Torehan positif di 2021 juga menjadi bukti komitmen DANA untuk menjadi jembatan bagi ekosistem ekonomi digital sekaligus mewujudkan keuangan digital yang semakin inklusif. Caranya dengan aktif berkolaborasi dan mengintegrasikan dompet digital DANA ke berbagai mitra, pemerintah dan regulator, hingga institusi finansial.
Saat ini, DANA sudah terhubung langsung dengan bank-bank BUKU IV dan terkoneksi secara langsung dan tidak langsung dengan semua bank di Indonesia melalui Acquiring Bank dan Switching.
“DANA tidak melihat lembaga keuangan dan perbankan sebagai pesaing, melainkan mitra strategis untuk mempercepat inklusi keuangan digital. Karena itu, di tahun 2021 ada belasan program maupun kampanye yang kami lakukan dengan mitra perbankan,” kata Dedy Sahat, Director of Business Development DANA.
Sebagai contoh, pada September 2021, DANA dan BCA bekerja sama untuk memungkinkan pengguna mencairkan saldo DANA mereka di ATM BCA. Terbaru, DANA memungkinkan pengguna untuk melakukan top up Mandiri e-money melalui aplikasinya.
“Kesuksesan DANA dalam memperluas mitra strategisnya di tahun 2021 merefleksikan tumbuhnya kepercayaan mitra terhadap teknologi inovasi yang dihadirkan DANA selama ini. Dengan demikian, DANA dan mitra bisa saling tumbuh berdampingan dan memberikan dampak yang lebih besar bagi percepatan inklusi keuangan digital maupun pertumbuhan ekonomi nasional,” tandas Dedy.
Untuk tahun ini, DANA akan berfokus dalam mengoptimalkan pengalaman bertransaksi digital pengguna dengan memperluas fiturnya termasuk menyediakan layanan finansial kepada konsumen dan menambahkan beberapa inisiatif untuk merchant.
Beberapa inisiatif tersebut termasuk menyederhanakan proses on boarding dan integrasi dengan mitra, serta meluncurkan beberapa produk yang berkaitan dengan asuransi dan pinjaman (paylater). (Icha)
Telko.id – Smartfren gandeng Vision+ untuk menghadirkan konten video premium untuk para pelanggannya. Ini merupakan kerjasama eksklusif karena operator ini menjadi yang pertama di Indonesia.
Vision+ adalah salah satu layanan streaming TV dan video on demand terbesar Indonesia yang dioperasikan oleh MNC Group.
Dengan Smartfren gandeng Vision+, seluruh pelanggan Smartfren bisa mendapatkan hak khusus untuk mengakses berbagai konten premium, menyaksikan lebih dari 70 saluran TV lokal dan internasional, serta lebih dari 18.000 jam tayangan video on demand.
Ditambah dengan paket Smartfren Unlimited Harian yang memberikan promo double FUP, akses eksklusif ini diharapkan memperkaya pengalaman seluruh pelanggan saat menjelajah internet.
“Pelanggan Smartfren telah mendapatkan kejutan awal tahun lewat paket Smartfren Unlimited Harian dengan double FUP. Kini kejutan itu bertambah lagi dengan adanya kerja sama eksklusif pertama di Indonesia, antara Smartfren dengan Vision+,” ujar Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren.
Smartfren gandeng Vision+ secara eksklusif ini membuat para pelanggan Smartfren akan memiliki pengalaman internetan yang semakin Unlimited, karena bisa mengakses berbagai berita nasional dan internasional, hingga film orisinil karya anak bangsa hanya menggunakan nomor Smartfren.
Kolaborasi Smartfren sebagai operator telekomunikasi dan platform OTT seperti Vision+ sangatlah strategis karena akan memberikan pertumbuhan pelanggan bagi kedua belah pihak.”
“Setiap bulannya, Vision+ selalu konsisten dalam merilis original series terbaru, menyiarkan tayangan dari channel-channel premium, serta siaran langsung pertandingan olahraga dunia seperti BWF, MotoGP, dan Wimbledon. Dengan kerja sama eksklusif antara Vision+ dan Smartfren, masyarakat khususnya pelanggan Smartfren memiliki akses yang lebih mudah untuk menonton berbagai tayangan pilihan dari seluruh dunia,” ungkap Clarissa Tanoesoedibjo, Managing Director Vision+.
Pelanggan Smartfren cukup download aplikasi Vision+ dan memasukkan nomor Smartfren miliknya untuk langsung mendapatkan akses eksklusif untuk konten-konten video unggulan. Misalnya Lukas: The Journey of an Altar Boy, sebuah film seri yang menceritakan perjalanan seorang putra altar yang mencari tahu keberadaan ayahnya; ada juga Joe & Robot Kopi, sebuah serial bergenre petualangan keluarga yang menceritakan perjuangan Joe dan Clara dalam memperbaiki robot kopi ciptaan ayah mereka.
Vision+ juga memiliki hak siar khusus untuk banyak kompetisi olahraga, salah satunya Badminton World Federation. Dengan demikian seluruh pelanggan Smartfren yang gemar olah raga bulu tangkis akan bisa langsung menyaksikan pertandingan-pertandingan BWF secara eksklusif di platform streaming ini.
Selain itu, pelanggan Smartfren juga bisa mendapatkan berbagai manfaat menarik. Untuk pelanggan Smartfren yang pertama kali downloadaplikasi MySmartfren, bisa memperoleh bonus kuota data 5 GB.
Kemudian setiap kali melakukan pembelian paket data, pelanggan bisa memperoleh Smartpoin yang dapat ditukar dengan berbagai macam hadiah. Mulai dari penukaran Smartpoin dengan minuman/makanan tertentu di Indomaret, kupon potongan belanja di Tokopedia, hingga kupon potongan pembelian items untuk game Mobile Legend atau FreeFire.
Pelanggan Smartfren juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Rejeki WOW Treasure Hunt dan mendapatkan berbagai macam hadiah menarik. (Icha)
Telko.id – Strategi Gosend 2022, sebagai salah satu layanan logistik di Indonesia sudah persiapkan sederetan inovasi terbarunya. Baik untuk pelaku usaha maupun konsumen. Penasaran?
Layanan logistik memang saat ini sangat menjadi andalan bagi jutaan pelaku usaha. Mulai dari UMKM hingga social seller untuk tetap bisa bertahan dan tumbuh selama pandemi. Itu sebabnya, GoSend pun terus menggali inovasi-inovasi baru.
Dengan tren e-commerce dan peningkatan kebutuhan pengiriman, kolaborasi GoSend dan Tokopedia terus memberikan dampak positif terhadap ekosistem.
“Pada periode awal 2021, kami mencatatkan peningkatan 116% jumlah seller pengguna GoSend di platform partner e-commerce dibandingkan awal pandemi. Selain itu, rata-rata jumlah order mitra driver Gojek naik 70% kali lipat di 2021. Melalui ragam inisiatif tersebut, GoSend dapat menghadirkan layanan yang cepat, aman, dan hemat bagi para pengguna dan pelaku usaha serta mendukung pendapatan mitra driver,” ungkap Steven Halim, Head of Logistics Gojek.
Lalu, dengan menerapkan ekosistem berbasis pengiriman hyperlocal-on-demand, GoSend terbukti mampu menjadi yang terdepan dalam pengiriman cepat on-demand dan menjadi kepercayaan jutaan pelaku usaha dan konsumen.
Steven menambahkan, “Kebutuhan akan pengiriman cepat di era pandemi sangat dirasakan oleh para pelaku usaha, dimana melalui GoSend API (Application Programming Interface), ribuan partner dan jutaan sellers dapat menggunakan layanan kami dengan mudah langsung melalui integrasi platform usaha. Data internal kami mencatat bahwa jumlah total transaksi GoSend API melalui top partners bahkan meningkat 41% pada H1 2021”.
“Seperti kebutuhan pengiriman paket dan ekspektasi pengguna yang terus bertambah, kami juga akan terus gesit seperti para mitra driver GoSend untuk menjemput peluang layanan logistik masa depan lewat berbagai inovasi dan mengantar layanan logistik terbaik kepada masyarakat,” kata Steven menambahkan.
Nah, memasuki tahun 2022, Gojek melihat bahwa saat ini masyarakat memiliki ekspektasi tinggi terhadap kecepatan dan keandalan pengiriman. Selain itu, makin banyak masyarakat yang menggunakan layanan logistik untuk pengiriman barang kebutuhan sehari-hari, termasuk diantaranya sembako, perlengkapan kantor, serta peralatan kesehatan.
Di samping itu, penggunaan layanan pengiriman untuk menunjang bisnis online juga kian menjadi prioritas dan minat terhadap kemudahan pengiriman last-mile pun ikut meningkat.
Guna menjawab kebutuhan tersebut, perusahaan logistik di bawah Gojek ini telah menyiapkan beragam gebrakan di tahun 2022 yang berfokus pada pilar Inovasi dan Inklusivitas.
Strategi Gosend pada pilar Inovasi, terdapat 4 layanan yang dipersiapkan yang diyakini layanannya akan semakin prima. Yang pertama adalah inovasi layanan pengiriman khusus untuk partner eCommerce. Dimana, partner dapat mengirim lebih awal dengan pesanan GoSend sebelum jam operasional untuk mempercepat pengiriman oleh partner.
Kedua, GoSend akan melengkapi opsi asuransi yang telah diberikan. Premium Insurance dari GoSend akan memberikan perlindungan asuransi dengan nilai tanggungan hingga Rp 20.000.000,-.
Nah, yang ketiga ini menarik, karena akan ada armada mobil Gosend. Ya, dengan inovasi ini, Anda dapat mengirim barang lebih besar dengan armada roda empat.
Strategi GoSend terakhir di pilar inovasi ini juga menarik yakni GoSend Multi-Delivery. Di mana para pelaku usaha kini bisa makin praktis mengirim barang pesanan ke banyak konsumen sekaligus. Para mitra driver GoSend dapat mengambil paket dari satu alamat pengiriman dan mengantarkannya ke hingga 5 lokasi pengiriman yang berbeda.
Dengan GoSend Multi-Delivery, waktu pengiriman bisa menjadi lebih efisien, hemat biaya pengiriman hingga 30%, mudah dilacak, serta mengurangi jejak karbon. Layanan GoSend Multi-Delivery sudah hadir dalam skala nasional.
Strategi Gosend pada pilar inklusif ada 3. Pertama, GoSend akan mengedepankan bisnis online tanpa ribet, dengan perkuat integrasi melalui platformizing. Kolaborasinya dengan berbagai e-commerce akan diperkuat dan memudahkan sinergi GoSend API: Platform Layanan Online Logistik untuk semua.
Dengan inisiatif ini, layanan GoSend akan makin terintegrasi dengan berbagai platform e-commerce dan banyak partner usaha lainnya untuk dengan mudah mendapatkan solusi logistik online terpercaya.
Strategi GoSend kedua di pilar inklusif adalah penambahan wilayah layanan. Setelah sukses dengan kehadirannya GoSend Sameday di wilayah Jadetabek, Bandung & Surabaya untuk layanan GoSend Sameday dan GoSend Intercity di Jadetabek, Bandung, Jogjakarta, Solo, Malang, Sidoarjo & Semarang, GoSend akan mengaspal kembali dengan kedua layanan tersebut di wilayah pulau Jawa.
Selain itu, setelah Vietnam, GoSend telah siap melebarkan sayap go international dan menghadirkan GoSend Instant di negara lain di Asia Tenggara.
Ketiga adalah komitmen terhadap UMKM. Di mana pada tahun 2022 ini, GoSend akan meluncurkan ragam inisiatif yang memperkokoh komitmen berkelanjutan GoSend untuk mendukung para pelaku usaha.
Direktur Center for Policy and Public Management Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB), Yudo Anggoro, yang hadir dalam diskusi Gojek Logistics Outlook 2022 mengungkapkan, “Pandemi tanpa diragukan telah meningkatkan perilaku belanja online dan permintaan masyarakat terhadap layanan pengiriman barang”.
Hal ini antara lain berdampak pada pertumbuhan eksponensial pengiriman first mile-last mile, serta tuntutan akan teknologi pelacakan barang yang real time dan jaminan keamanan barang yang dapat dipercaya.
“Di sinilah kami melihat GoSend telah hadir menjawab pergeseran kebutuhan serta tuntutan masyarakat tersebut melalui inovasi layanannya. Hasilnya, GoSend menjadi pilihan top of mind bagi banyak orang untuk mengirimkan barang secara aman, cepat, dan ekonomis,” ungkap Yudo.
Yudo menambahkan bahwa ke depannya, aspek kecepatan dan keandalan pengiriman akan makin menjadi prioritas pengguna layanan dan pelaku usaha online akan menjadi pengguna utama layanan pengiriman. “Melalui berbagai inovasinya yang akan hadir di tahun 2022, saya menilai bahwa GoSend siap menjawab tren layanan logistik online di masa depan dan makin memperkuat posisinya sebagai layanan pengiriman yang dipercaya masyarakat,” ujar Yudo.
#BangkitBersama UMKM lewat GoSend BestSeller.
Selain fokus menghadirkan inovasi dan inklusivitas layanan, GoSend juga melakukan langkah nyata keterlibatannya dalam gerakan #BangkitBersama UMKM lewat GoSend BestSeller. Dengan menggabungkan solusi logistik, mobilitas, e-commerce, serta layanan keuangan di dalam ekosistem GoTo dalam membantu masyarakat, termasuk UMKM dan Pekerja Sektor Informal, diharapkan gerakan ini dapat membantu bangkit kembali saat pandemi COVID-19 mereda, sekaligus membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal.
Marsela Renata, Head of Marketing Logistic Gojek menegaskan komitmennya untuk terus hadir mendukung pertumbuhan UMKM, “Lewat kampanye BestSeller, GoSend melangkah jauh dalam memberi dukungan untuk UMKM dan pelaku usaha. Tak berhenti pada inovasi produk yang semakin memudahkan, kami juga menyiapkan serangkaian program yang disiapkan untuk mendukung mereka menjadi penjual-penjual terbaik (Best Seller). Bentuknya beragam mulai dari promo spesial, Grup BestSeller, program loyalty, penghargaan, hingga kegiatan sosialisasi dan edukasi.”
Berdasarkan survei LD FEB UI tahun 2021, 35% social seller mengalami perbaikan pendapatan pada usaha online mereka sejak mulai menggunakan GoSend. Di mana pada umumnya social seller ini merasa terbantu dengan tiga hal yang ditawarkan oleh layanan GoSend yaitu Live Tracking, Fitur chat dengan driver, serta promosi/diskon pengiriman. (Icha)