spot_img
Latest Phone

Bocoran Samsung Galaxy Watch8: Desain Baru, Tapi Kecepatan Isi Daya Masih Sama?

Telko.id - Bocoran resmi dari sertifikasi 3C di China...

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...
Beranda blog Halaman 664

Smartfren Bagikan Kartu Perdana Gratis Seluruh Madrasah di Jawa Timur

0

Telko.id – Smartfren membagikan bantuan berupa kartu perdana gratis untuk siswa dan guru seluruh Madrasah di Surabaya dan wilayah lain di Jawa Timur. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen untuk mendukung pembelajaran jarak jauh

Pembagian kartu perdana tersebut diselenggarakan secara simbolis bersama 10 perwakilan Madrasah, serta perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, pada Senin (19/10/2020) pagi.

Bantuan kartu perdana gratis ini diberikan tanpa syarat, dengan harapan dapat membantu memastikan kelancaran kegiatan pembelajaran jarak jauh untuk pelajar, tenaga pengajar dari institusi pendidikan di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Smartfren sangat mendukung program pemerintah untuk pembelajaran jarak jauh, apalagi saat ini belajar di rumah adalah salah satu kunci keberhasilan pendidikan. Kami yakin, dengan menggunakan jaringan telekomunikasi Smartfren yang sudah 100 persen 4G, para pelajar dan tenaga pengajar akan bisa bertemu secara virtual dan menjalankan kegiatan belajar-mengajar dengan efektif, lancar dan mudah,” ungkap Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren saat memberikan sambutan secara virtual.

Kartu Perdana Gratis
Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren

“Semoga dukungan Smartfren bisa turut menjaga semangat para siswa dan guru madrasah untuk menggapai berbagai peluang masa depan,” tambah Djoko.

Smartfren selalu membuka kemungkinan untuk memberikan bantuan serupa ke berbagai sekolah lain di seluruh wilayah operasional Smartfren di Indonesia, yang membutuhkannya. Saat ini kartu perdana Smartfren 1ON+ yang dibagikan tanpa syarat untuk siswa dan guru Madrasah di wilayah Surabaya, Jawa Timur, dengan manfaat berupa kuota total 6 GB, yang dibagi menjadi 1.5 GB per bulan selama 3 bulan dan selanjutnya 500 MB per bulan selama 3 bulan.

Selain itu pengguna kartu 1ON+ mendapatkan keunggulan yang cocok untuk pelajar dan pengajar, seperti telepon gratis dengan kualitas suara HD ke sesama nomor Smartfren, masa aktif yang panjang sampai 360 hari, fitur anti sedot pulsa. Sama dengan kartu perdana Smartfren lainnya, 1ON+ didukung sepenuhnya oleh koneksi yang 100% 4G dengan cakupan luas dan stabil.

Smartfren telah sejak lama mendukung kelancaran kegiatan pendidikan di Indonesia dan Smartfren senantiasa akan mendukung program pemerintah dalam menyediakan fasilitas layanan koneksi internet untuk memudahkan para pelajar di Indonesia. Karena dalam kondisi pandemi seperti saat ini para pelajar harus dapat terus menimba ilmu dari manapun.

Sebelumnya, Smartfren telah bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk mendukung program Kuota Belajar bagi Siswa, Guru dan Dosen. Penyaluran Kuota Belajar ini telah sukses dilakukan Smartfren sejak September 2020, dan akan terus berlangsung hingga Desember 2020. Keterangan lebih rinci mengenai kuota belajar dapat dilihat melalui http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Selain mendukung program pemerintah tersebut, Smartfren juga telah berinisiatif mendonasikan sarana penunjang pendidikan di Pulau Natuna yang merupakan wilayah terdepan dan terluar Indonesia. Ada 5 sekolah yang menjadi fokus donasi tersebut, yakni SMAN 1 Bunguran Selatan, SMAN 1 Natuna, SMPN 1 Bunguran Selatan, SMP Nurul Jannah, dan PKBM Impian Bunguran Timur Natuna.

Smartfren juga telah membagikan MiFi dan kartu perdana gratis guna mendukung kegiatan belajar mengajar SMPN 1 Rembang, Jawa Tengah; kartu perdana gratis untuk siswa dan siswi di SDN Sungai Andai 3, SDN Kuin Selatan 4, SDN Pemurus 1, SDN Seberang Mesjid 5, dan SDN Benua Anyar, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan; kartu perdana gratis untuk SDN Pakal 1 dan Klakah Rejo 1 di Surabaya; serta memberikan bantuan kuota internet untuk Mobil Internet Keliling di Yogyakarta.

Bagi yang sudah memiliki nomor Smartfren, segera daftarkan nomor Smartfren kamu untuk mendapatkan kuota gratis di petugas sekolah atau kampus, dan bagi yang belum memiliki nomor Smartfren jangan berkecil hati, kalian bisa menghubungi call center888 dan sampaikan informasi dari sekolah atau kampus mana kamu berasal, pihak  Smartfren di area tersebut akan datang ke sekolah atau kampus kamu untuk memberikan kartu perdana gratis. (Icha)

 

Generasi Z Akui Mudah Beradaptasi dengan Pembelajaran Online, Tapi…

Telko.id, Jakarta – Generasi Z atau mereka yang lahir di rentang tahun 1996-2010 – disebut juga sebagai Generation lantaran lahir dan “akrab” dengan internet, boleh dibilang menjadi kelompok yang paling intensif dalam menggunakan media sosial. Hasil penelitian IBM Institute bahkan menyebutkan bahwa 74% generasi Z menghabiskan waktu luangnya untuk melakukan aktifitas online.

Smartphone dalam hal ini menjadi perangkat yang paling banyak digunakan dengan presentase mencapai 75%, diikuti laptop dengan persentase 45%, desktop (30%) dan tablet (10%).

Dalam Podcast bersama Telset TV, tiga siswa – Nasyillah kelas 8 (Palangkaraya), Eva kelas 9 (Balikpapan) dan Billy kelas 11 (Surabaya) mengamini fakta tersebut. Ketiganya kompak menyebut bahwa smartphone adalah perangkat yang paling sering digunakan, baik untuk berkomunikasi via whatsapp, belajar online ataupun mencari informasi di internet.

{Baca juga: Optimalkan Pembelajaran Daring, Pemkot Bogor Gandeng Kelas Pintar}

Nasyillah dkk juga mengaku bahwa rutinitas mereka di dunia maya kini lebih banyak didominasi oleh aktifitas yang terkait dengan pembelajaran online. Dan ini tidak lepas dari kebijakan pembelajaran jarak jauh akibat pandemi COVID19, dimana para siswa “terpaksa” belajar secara online, baik pada saat jam sekolah maupun di luar jam sekolah.

“Lahir dan tumbuh di era digital, membuat para siswa di generasi Z lebih matang dan mandiri dalam hal pemanfaatan teknologi. Termasuk saat pandemi mengharuskan mereka untuk belajar secara online,” jelas Maryam Mursadi, Head of Academic dari Kelas Pintar.

Menurutnya, ketika pandemi COVID19 melanda dunia dan hampir semua aktifitas belajar mengajar bergeser ke online, generasi Z bisa dengan cepat beradaptasi karena mereka memang sudah terbiasa berinteraksi di dunia maya.

“Hanya kebiasaannya saja yang berubah, jika sebelumnya mungkin mereka lebih aktif di sosmed, kini porsi untuk belajar online dan mencari informasi untuk kebutuhan belajar jadi lebih tinggi,” Jelas Maryam.

Hal senada diutarakan oleh Nasyillah, Eva dan Billy. Mereka mengaku cepat beradaptasi dengan metode pembelajaran online atau jarak jauh. Pun begitu, mereka lebih suka belajar di sekolah secara tatap muka dengan alasan bisa punya banyak waktu untuk berinteraksi sehingga bisa lebih memahami materi yang diajarkan.

Menurut Nasyhilla, meski mengaku cepat beradaptasi, tapi semakin sempitnya waktu berinteraksi dengan guru di sekolah membuatnya kesulitan memahami materi yang diajarkan. Begitu pula saat melanjutkan belajar di luar jam sekolah. Nasyhilla lebih suka jika ada yang mendampinginya saat belajar, supaya lebih mudah bertanya jika ada hal yang belum dimengerti.

{Baca juga: Kelas Pintar Bawa “Pengalaman” Belajar di Sekolah ke Belajar Online}

“Dimasa pandemi ini, waktu belajar para siswa berubah atau tidak sama seperti saat mereka bersekolah. Waktu mereka bertanya atau berinteraksi dengan guru juga jadi lebih sedikit,” kata Maryam.

Untuk itu, lanjut Maryam, tantangan penyedia solusi belajar online dimasa pandemi ini adalah bagaimana menghadirkan engagement lebih dan membuat belajar online menjadi lebih menyenangkan. Maryam menyoroti tentang pentingnya memberikan pendampingan belajar bagi para siswa untuk membantu Guru di sekolah dalam men-deliver kurikulum secara optimal. Khususnya saat siswa melanjutkan proses belajarnya selepas jam sekolah.

Infinix Hot 10 Lite

0

Telko.id – Spesifikasi Infinix Hot 10 Lite bertumpu pada , 2 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, September 29 ini dibekali sistem operasi Android 10 (Go edition) dan layar berukuran 6.6″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Infinix memang belum secara resmi merilis harga Infinix Hot 10 Lite. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Infinix Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Black, Red, Blue, Green) dan memiliki body berdimensi 165.5 x 76.4 x 8.8 mm (6.52 x 3.01 x 0.35 in) dengan berat -. Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Infinix Hot 10 Lite

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset yang ditopang Central Processing Unit atau CPU dan prosesor grafis / GPU . Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 2 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 32GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.6″ Inch dengan jenis IPS LCD. Resolusi layarnya 720×1600 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Infinix Hot 10 Lite sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, .

Kamera Infinix Hot 10 Lite

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Infinix Hot 10 Lite :

  • 13 MP, (wide), AF
    QVGA
    QVGA.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 8 MP, (wide) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur Dual-LED flash dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Infinix Note 8i

0

Telko.id – Spesifikasi Infinix Note 8i bertumpu pada Helio G80, 6 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 48 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, October 15 ini dibekali sistem operasi Android 10, XOS 7.1 dan layar berukuran 6.78″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Infinix memang belum secara resmi merilis harga Infinix Note 8i. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Infinix Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Gray, Blue, Green) dan memiliki body berdimensi 171.4 x 77.7 x 8.9 mm (6.75 x 3.06 x 0.35 in) dengan berat -. Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Infinix Note 8i

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Helio G80 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55) dan prosesor grafis / GPU Mali-G52 MC2. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 6 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 5200 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.78″ Inch dengan jenis IPS LCD, 480 nits (peak). Resolusi layarnya 720×1640 pixels dan telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Infinix Note 8i sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, compass, .

Kamera Infinix Note 8i

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Infinix Note 8i :

  • 48 MP, (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
    2 MP, (macro)
    2 MP, (depth)
    2 MP.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 48 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1440p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 8 MP yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur Dual-LED flash dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Infinix Note 8

0

Telko.id – Spesifikasi Infinix Note 8 bertumpu pada Helio G80, 6 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 64 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, October 15 ini dibekali sistem operasi Android 10, XOS 7.1 dan layar berukuran 6.95″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Infinix memang belum secara resmi merilis harga Infinix Note 8. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Infinix Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Gray, Blue, Green) dan memiliki body berdimensi 175.3 x 78.8 x 9 mm (6.90 x 3.10 x 0.35 in) dengan berat -. Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Infinix Note 8

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Helio G80 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55) dan prosesor grafis / GPU Mali-G52 MC2. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 6 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 5200 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.95″ Inch dengan jenis IPS LCD, 480 nits (peak). Resolusi layarnya 720×1640 pixels dan telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Infinix Note 8 sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera Infinix Note 8

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Infinix Note 8 :

  • 64 MP, (wide), 1/1.73″, 0.8µm, PDAF
    2 MP, (macro)
    2 MP, (depth)
    2 MP.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 64 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1440p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 16 MP
2 MP, (depth) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur Dual-LED flash dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Kominfo Akselerasi Akses Internet Di Puskemas dan Rumah Sakit

0

Telko.id – Kominfo Akselerasi Akses Internet Di 2.192 Puskemas dan Rumah Sakit untuk untuk mendukung perluasan dan peningkatan kualitas infrastruktur telekomunikasi di bidang kesehatan dalam penanganan Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Hal ini disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Menurut nya, upaya itu  merupakan prioritas yang perlu dilakukan untuk percepatan penanganan Covid-19. Khususnya dalam tiga agenda utama yaitu optimalisasi telekomunikasi antar dan intra fasyankes, peningkatan kualitas arus data fasyankes, serta emanfaatan aplikasi kesehatan berbasis digital khususnya di daerah-daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

“Layanan akses internet ini akan mencakup rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang belum memiliki akses internet atau yang sudah tersedia namun kualitasnya belum memadai,” ujarnya dalam Konferensi Pers Virtual Akselerasi Penyediaan Akses Internet di Puskesmas dan Rumah Sakit di Indonesia dalam Rangka Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dari Media Center KPCPEN Kantor Kementerian Kominfo, beberapa waktu lalu.

Mengutip data Kementerian Kesehatan, Menteri Johnny menunjukkan hingga 31 Desember 2019 terdapat 2.877 rumah sakit dan 10.134 puskesmas di Indonesia. Dari total 13.011 fasyankes tersebut, BLU (Badan Layanan Umum) BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) Kementerian Kominfo mengidentifikasi 3.126 fasyankes yang masih membutuhkan optimalisasi layanan internet.

“Dari 3.126 titik tersebut, di tahun 2019, BLU BAKTI Kominfo telah menyediakan akses internet di 226 titik fanyankes. Sedangkan pada tahun 2020 ini, melalui kerjasama dengan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), BLU BAKTI Kominfo akan melakukan percepatan layanan akses internet di 2.192 fasyankes,” tutur Johnny.

Johnny juga menyatakan, akses internet untuk 708 fasyankes sisanya, akan diselesaikan pada kuartal I tahun 2021 mendatang. “Dengan demikian Kementerian Kominfo akan menuntaskan penyediaan akses internet di seluruh fasyankes pada kuartal I tahun 2021,” ungkapnya.

Dukung Program Kesehatan

Ketersediaan layanan internet di fasyankes diharapkan dapat mendukung program-program kesehatan masyarakat untuk jangka panjang. Baik penurunan angka kematian ibu dan bayi, mencegah stunting, mendukung program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, dan peningkatan layanan kesehatan melalui telemedicine.

“Pemerintah berharap bahwa ketersediaan layanan internet dapat mendukung program-program kesehatan masyarakat untuk jangka panjang. Poin terakhir ini sekaligus mendukung agenda pemerintah dalam Percepatan Transformasi Digital Nasional, sesuai dengan arahan Presiden Bapak Joko Widodo,” papar Johnny.

Untuk merealisasikan arahan Presiden tersebut, menurut Menteri Johnny, saat ini Kementerian Kominfo sedang menyusun Roadmap Indonesia Digital. “Dimana salah satu program yang termuat dalam roadmaptersebut adalah peningkatan akses layanan kesehatan,” tegasnya.

Beberapa inisiatif yang masuk dalam Roadmap Indonesia Digital khususnya sektor kesehatan hingga tahun 2024 antara lain Perluasan jangkauan infrastruktur digital dalam mendukung layanan kesehatan melalui telehealth/telemedicine,Penerapan registrasi kesehatan digital nasional, termasuk manajemen data dan health record, Pengembangan hub dan ekosistem teknologi medis,Penerapan analytics untuk manajemen penyakit (antara lain untuk meningkatkan akurasi diagnosa), Perluasan pelacakan kontak dan Implementasi digitalisasi untuk mendorong hidup yang lebih sehat.

Selain penyediaan akses internet, Pemerintah juga terus melakukan peningkatan literasi digital dan penyiapan talenta digital untuk mendukung pemanfaatan teknologi di bidang kesehatan.

“Kementerian Kominfo, Kementerian Kesehatan, dan stakeholders terkait juga terus meningkatkan koordinasi dalam penyediaan aplikasi, platform, dan konten digital di sektor kesehatan,” jelasnya.

Optimasi Layanan Kesehatan

Johnny juga menegaskan penyediaan akses internet yang mendukung layanan kesehatan merupakan salah satu upaya pemerintah menyediakan layanan yang lebih baik dan optimal.

“Dimulai dengan penyediaan akses internet yang merata, kami berharap masyarakat di seluruh Indonesia dapat menikmati akses dan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan optimal,” ujarnya.

Harapannya dengan adanya dukungan teknologi baru dan talenta digital akan dapat mempercepat transformasi digital dan mendorong inovasi layanan kesehatan.

“Didukung dengan adopsi teknologi baru dan penyiapan talenta digital, kami juga  memiliki visi bahwa transformasi digital dapat mendorong kreativitas dan inovasi baru di sektor kesehatan,” harapnya. (Icha)

 

Huawei Jual Bisnis Smartphone Honor, Siapa Calon Pembelinya?

0

Telko.id – Huawei akan jual unit bisnis smartphone Honor nya. Saat ini, kabarnya, perusahaan asala Cina ini yakni Huawei Technologies Co Ltd sedangan dalam pembicaraan dengan Digital China Group Co Ltd dan pelamar lainnya. Nilai yang dihasilkan dari kesepakatan itu bisa mencapai 25 miliar yuan atau sekitar Rp. 55,09 Triliun.

Huawei memang saat ini sedang mengatur ulang prioritasnya karena ada nya sanksi dari AS. Smartphone kelas atas, kelihatannya lebih menjadi pilihannya ketimbang smartphone Honor yang ditujukan untuk kaum muda dan sadar anggaran.

Menurut sumber yang mengetahui kondisi tersebut memang belum ditentukan aset apa saja yang akan dijual. Namun, merek Honor kapabilitas penelitian & pengembangan, dan bisnis manajemen rantai pasokan terkait masuk dalam perencanaan aset yang akan dijual tersebut, seperti yang dikutip dari Reuters.

Kesepakatan itu ada kemungkinan berupa penjualan tunai dan bisa saja tidak sesuai dengan ekspektasi. Namun dalam perkiraannya dapat bernilai antara 15 miliar yuan atau sekitar Rp.33 trliun sampai 25 miliar yuan atau Rp. 55 triliun.

Digital China, adalah distributor utama untuk smartphone Honor, memang menjadi pelopor sebagai calon pembeli. Namun masih ada juga peminat lainnya. Kabarnya seperti pembuat elektronik China TCL dan pembuat smartphone saingannya Xiaomi Corp juga berminat.

Huawei, vendor peralatan telekomunikasi terbesar di dunia dan pembuat smartphone No.2, menolak berkomentar seperti halnya TCL. Digital China dan Xiaomi tidak menanggapi permintaan komentar.

Merek Honor sendiri didirikan oleh Huawei pada 2013 tetapi sebagian besar bisnisnya beroperasi secara independen dari induknya.

Jika benar, Huawei melepas smartphone Honor, maka beberapa analis menilai, kondisi ini akan cukup membantu  terutama untuk para pemasuk dan industry elektronik Cina sendiri.

“Jika Honor independen dari Huawei, pembelian komponennya tidak lagi tunduk pada larangan AS terhadap Huawei. Ini akan membantu bisnis smartphone Honor dan pemasoknya, “tulisn Kuo Ming-chi, seorang analis di TF International Securities dalam catatan penelitian minggu lalu, seperti dikuti dari Reuters.

Sebagai informasi, Pemerintah AS tahun lalu mencegah sebagian besar perusahaan AS melakukan bisnis dengan Huawei, karena alasan keamanan nasional. Walaupun perusahaan IT tersebut sudah berulang kali membantah menjadi risiko keamanan nasional.

Ditambah lagi, pada bulan Mei lalu, Washington mengumumkan aturan baru yang bertujuan membatasi Huawei untuk mendapatkan chip penting yang dirancangnya untuk perlengkapan jaringan dan smartphone 5G.

Merek Honor, yang menjual ponselnya secara online melalui situsnya sendiri dan melalui pengecer pihak ketiga, bersaing dengan Xiaomi, Oppo dan Vivo di pasar ponsel kelas bawah di Cina. Ponselnya juga dijual di Asia Tenggara dan Eropa.

Secara bisnis, smartphone merek Honor ini mampu menyumbang 14,6 juta, atau 26% dari 55,8 juta smartphone yang dikirim Huawei pada kuartal kedua tahun ini, menurut perkiraan dari perusahaan riset Canalys.

Tetapi margin untuk ponsel kelas bawah bisa sangat tipis, dan Honor membukukan laba bersih kurang dari 5 miliar yuan atau sekitar Rp.11 Trilun dari pendapatan sekitar 70-80 miliar yuan (Rp.154,3 triliun – Rp.17.6 triliun) pada tahun lalu.

Jika berhasil dalam penawarannya, Digital China, yang juga bermitra dengan Huawei dalam komputasi awan dan bisnis lainnya, berencana untuk membiayai sebagian besar kesepakatan dengan pinjaman bank dan akan mengamankan pembiayaan dalam beberapa minggu mendatang, menurut sumber tersebut. (Icha)

Transaksi Blibli Histeria 10.10 Berhasil Meningkat 4 Kali

0

Telko.id – Program Blibli Histeria 10.10, sebagai partisipasi Blibli dalam  Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang berlangsung 10-12 Oktober menunjukkan pertumbuhan yang memuaskan.  Permintaan atau order selama periode promo tersebut meningkat sebanyak 4 kali lipat dibanding transaksi rata-rata year to date (YTD).

BlibliMart yang merupakan kategori produk kebutuhan sehari-hari atau groceriesberhasil mencatat transaksi permintaan tertinggi sepanjang tahun ini. Order meningkat 5 kali lipat dibandingkan permintaan rata-rata harian dengan produk paling laris dibeli adalah minyak goreng, bumbu masak, kopi, susu dan makanan segar. Selain itu, terdapat tiga kategori produk lainnya yang tumbuh signifikan, yaitu Kesehatan & Kecantikan, Ibu & Anak, dan perangkat teknologi.

“Kami sangat senang melihat antusiasme pelanggan dalam kegiatan ini, sehingga dapat mendukung penjualan seller dan ikut membantu memulihkan perekonomian, sesuai dengan semangat #AyoBersama yang kami gaungkan pada program ini. Hal ini juga turut menunjukkan bahwa pelanggan sudah semakin terbiasa dengan cara belanja online, baik itu untuk kebutuhan pokok maupun kebutuhan lainnya,” ujar Cindy Kalensang, selaku VP Business Development dan Project Lead Blibli Histeria 10.10.

Kategori Kesehatan dan Kecantikan yang menyediakan produk kesehatan dan kecantikan bagi pria dan wanita mengalami peningkatan order sebesar 7 kali lipat YTD karena promo ini menjadi kesempatan bagi pelanggan memenuhi kebutuhan terhadap produk multivitamin dan suplemen kesehatan serta produk perawatan tubuh di tengah pandemi ini.

Sementara untuk kategori Ibu dan Anak yang meningkat sebanyak 6 kali lipat YTD menunjukkan pelanggan memenuhi kebutuhan perlengkapan bayi atau sambut kelahiran anggota baru keluarga.

Selain itu, terdapat pertumbuhan order sebanyak 5 kali lipat transaksi rata-rata year to date, pada kategori handphone, tabletdan wearable gadget. Hal ini menunjukkan bahwa pelanggan memanfaatkan kesempatan Histeria 10.10 untuk memaksimalkan produktivitas mereka, khususnya di tengah kondisi work from home(WFH) dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini.

Pada Blibli Histeria 10.10 tahun ini, produk UMKM yang tersedia di kategori Galeri Indonesia termasuk salah satu produk yang diburu pelanggan.

“Sebagai bentuk konsistensi mendukung produk lokal yang kami gulirkan dalam kampanye #KarenaLokalNo1, kami juga senang bahwa produk UMKM mendapat apresiasi positif pada Histeria 10.10 yang menjadi rangkaian program Harbolnas. Kami melihat ada rasa apresiasi yang semakin meningkat terhadap produk lokal, dimana dalam periode ini, penjualan produk UMKM meningkat 3 kali lipat dibandingkan dengan Harbolnas tahun sebelumnya,” ungkap Cindy menambahkan.

Pada momen ini, para pelanggan memanfaatkan berbagai penawaran menarik untuk memenuhi kebutuhan mereka, termasuk membayar tagihan bulanan pada 10 Oktober lalu melalui Blibli karena memperoleh diskon hingga Rp150 ribu.

Blibli berupaya memberikan pengalaman berbelanja melalui berbagai program menarik, seperti lelang, potongan harga, kolaborasi dengan berbagai brand bagi pelanggan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, serta pemberdayaan dan dukungan bagi mitra selleruntuk meningkatkan transaksi. Upaya ini merupakan komitmen Blibli untuk memberikan kontribusi kuat dari para peran pelaku industri ritel, sehingga ekonomi bisa pulih kembali.

Antusiasme dan dukungan pelanggan pada Histeria 10.10 ini juga menunjukkan bahwa e-commerce menjadi elemen penting untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan secara online, dengan kemudahan mencari produk, pengiriman yang cepat, hingga layanan transaksi yang lengkap dan aman.

Pada kesempatan program ini Blibli juga mewujudkan komitmen pengiriman cepat yaitu hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk mengantarkan pesanan berupa produk susu UHT Ultra Milk Full Cream 1000 ml. Hal ini sejalan dengan strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First, yang mencakup gratis ongkir, pembayaran aman, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care, #KarenaKamuNo.1.

Rangkaian kegiatan belanja Harbolnas yang bertajuk Blibli Histeria ini merupakan perwujudan komitmen Blibli untuk selalu memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan bagi pelanggan. “Nantikan program belanja dengan konsep one-stop e-shopping entertainment pada Histeria 11.11 yang memberikan kejutan belanja yang menghibur,” tutup Cindy. (Icha)

Oppo A15

3

Telko.id – Spesifikasi Oppo A15 bertumpu pada Helio P35, 3 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, October 15 ini dibekali sistem operasi Android 10, ColorOS 7.2 dan layar berukuran 6.52″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Oppo memang belum secara resmi merilis harga Oppo A15. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Oppo Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Dynamic Black, Mystery Blue) dan memiliki body berdimensi 164 x 75.4 x 7.9 mm (6.46 x 2.97 x 0.31 in) dengan berat 175 g (6.17 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, plastic back, plastic frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Oppo A15

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Helio P35 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.35 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53) dan prosesor grafis / GPU PowerVR GE8320. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 3 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 32GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 4230 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.52″ Inch dengan jenis IPS LCD, 450 nits (typ). Resolusi layarnya 720×1600 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Oppo A15 sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS), Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, .

Kamera Oppo A15

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Oppo A15 :

  • 13 MP, f/2.2, (wide), 1/3.1″, 1.12µm, PDAF
    2 MP, f/2.4, (macro)
    2 MP, f/2.4, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 5 MP, (wide) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal .

Oppo Reno4 F

0

Telko.id – Spesifikasi Oppo Reno4 F bertumpu pada Helio P95, 8 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 48 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, October 10 ini dibekali sistem operasi Android 10, ColorOS 7.2 dan layar berukuran 6.43″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Oppo memang belum secara resmi merilis harga Oppo Reno4 F. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Oppo Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Matte Black, Metallic White) dan memiliki body berdimensi 160.1 x 73.8 x 7.5 mm (6.30 x 2.91 x 0.30 in) dengan berat 164 g (5.78 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, plastic back, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Oppo Reno4 F

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Helio P95 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A75 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) dan prosesor grafis / GPU PowerVR GM9446. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 8 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 4000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.43″ Inch dengan jenis Super AMOLED, 430 nits (typ), 800 nits (peak). Resolusi layarnya 1080×2400 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Oppo Reno4 F sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A. Selain itu ada juga konektifitas USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.1, A2DP, LE, aptX HD). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera Oppo Reno4 F

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Oppo Reno4 F :

  • 48 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
    8 MP, f/2.2, 119˚, 16mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
    2 MP, f/2.4, (depth)
    2 MP, f/2.4, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 48 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 2160p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 16 MP, f/2.4, (wide), 1/3.09″, 1.0µm
2 MP, f/2.4, (depth) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.