spot_img
Latest Phone

Bocoran Samsung Galaxy Watch8: Desain Baru, Tapi Kecepatan Isi Daya Masih Sama?

Telko.id - Bocoran resmi dari sertifikasi 3C di China...

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...
Beranda blog Halaman 66

Libur Natal dan Tahun Baru? Indosat Pastikan Sinyal Aman 

0

Telko.id – Jelang libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) hadir untuk memastikan liburan tetap seru, serta tetap nyaman berselancar di social media.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, Indosat telah mengoptimalkan jaringan di lebih dari 15.731 lokasi prioritas dan meningkatkan kapasitas di 415 titik strategis mencakup tempat ibadah, bandara, stasiun kereta api, dan tempat wisata untuk memastikan pelanggan dapat menikmati jaringan yang stabil.

Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan trafik data yang diproyeksikan meningkat sekitar 16,58% dibandingkan dengan trafik rata-rata harian pada libur Natal dan tahun baru mendatang.

“Fokus kami di Indosat adalah memastikan pelanggan tetap dapat menikmati layanan terbaik kapan saja dan dimana saja, terutama saat merayakan momen spesial bersama keluarga,” kata Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Baca juga : Indosat Perkuat Jaringan di Nias, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital

Untuk menyambut Natal dan Tahun Baru, kami berkomitmen menghadirkan pengalaman digital terbaik dengan berbagai persiapan konektivitas agar pelanggan dapat berkomunikasi dan menikmati hiburan yang nyaman.

Guna memastikan jaringan stabil selama momen liburan, Indosat telah mengoptimalkan layanannya melalui dukungan Digital Intelligence Operations Center (DIOC).

DIOC berfungsi untuk memonitor dan menjaga performa jaringan secara real-time, memastikan pengalaman digital yang mengesankan bagi pelanggan setiap hari selama 24 jam penuh.

Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 33% dibandingkan rata-rata harian untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama Nataru 2024/2025.

Berkaca dari tahun lalu, trafik diproyeksikan meningkat seiring tingginya penggunaan aplikasi populer seperti WhatsApp, TikTok, Instagram, Facebook, dan YouTube, serta game online seperti Mobile Legends, Roblox, dan PUBG.

Kenaikan trafik data terbesar diprediksi terjadi di wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jabotabek, Jawa non-Jabotabek, dan Bali Nusra, yang menjadi destinasi favorit masyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Menutup Tahun dengan Program Berbagi Kebaikan

Selain memastikan kualitas layanan dan jaringan terbaik, Indosat juga berbagi kebahagiaan dan menebar kehangatan untuk masyarakat termasuk kepada 1.000 anak yatim di seluruh Indonesia.

Momentum penuh kasih untuk berbagi ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat di bawah pilar Filantropi. Dengan mengusung tema ‘Indosat Berbagi Kasih’ inisiatif ini menjadi penutup dari rangkaian bulan berbagi Indosat sepanjang Desember 2024.

Tidak hanya itu, Indosat juga turut memberikan berbagai kebahagiaan untuk pelanggan setia IM3, Tri dan HiFi di seluruh Indonesia dengan berbagai promo menarik.

Pelanggan IM3 dapat menikmati Freedom Internet Baru dengan kuota yang makin besar di jaringan yang luas dan stabil.

Sementara untuk pelanggan Tri, penawaran program khusus akhir tahun Wondercember dapat dinikmati di aplikasi bima+, dengan berbagai hadiah spesial mulai dari kuota, e-wallet, gadget, hingga motor listrik.

Untuk pelanggan internet, nikmati promo Akhir Tahun Indosat HiFi yang menawarkan speed booster up to 150Mbps dan hemat sampai 30% selama 3 bulan.

“Langkah-langkah strategis yang telah dilakukan merupakan bentuk nyata kami untuk mendukung kebutuhan digital pelanggan, terutama pada momen perayaan yang semakin bergantung pada konektivitas,” ujar Vikram.

Ia pun ingin agar pelanggan dapat merasakan pengalaman digital yang seamless, baik saat berbagi momen indah di media sosial, terhubung dengan keluarga dan kerabat, atau bermain game online favorit mereka. (Icha)

First Media Super Dealsember, untuk Pengalaman Lebih Terkoneksi

0

Telko.id – Jelang momen akhir tahun, First Media powered by XL Axiata, penyedia layanan internet fixed broadband dan TV kabel, menghadirkan promo unggulan “Super Dealsember”.

Promo ini dirancang khusus untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menikmati layanan internet berkualitas tinggi dengan harga hemat, sekaligus menjadikan konektivitas #JadiLebihTerkoneksi.

Program promo yang berlangsung sepanjang Desember 2024 ini menargetkan calon pelanggan baru untuk melakukan registrasi secara online melalui website resmi First Media powered by XL Axiata, www.firstmedia.com.

Dengan berbagai penawaran menarik seperti peningkatan kecepatan internet hingga 125 Mbps, diskon langganan, dan bonus e-wallet hingga Rp1,2 juta, First Media powered by XL Axiata optimis promo ini akan diterima dengan antusias oleh masyarakat.

Baca juga : Sah! First Media Kini Bagian dari XL Axiata

“Kami percaya bahwa promo ‘Super Dealsember’ dari First Media powered by XL Axiata merupakan langkah inovatif untuk memberikan nilai lebih kepada pelanggan,” kata Tito Abdullah, Chief Business Integration Officer XL Axiata.

Apalagi dengan akses internet cepat dan stabil, pelanggan dapat menikmati hiburan digital secara maksimal, terutama dengan ketersediaan berbagai layanan OTT atau streaming termasuk yang terbaru, layanan Max melalui kolaborasi dengan Warner Bros. Discovery.

Tito menambahkan, di tengah kebutuhan masyarakat akan layanan internet yang cepat dan stabil, “Super Dealsember” hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Perusahaan melihat peningkatan permintaan terhadap layanan internet berkualitas tinggi, terutama dengan kebutuhan streaming, gaming, dan produktivitas kerja dari rumah yang semakin meningkat.

Melalui promo ini, pelanggan tidak hanya mendapatkan kecepatan internet yang lebih baik tetapi juga kemudahan dalam proses registrasi dan manfaat tambahan berupa insentif finansial.

Hal ini sejalan dengan komitmen First Media powered by XL Axiata untuk terus memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

Keunggulan yang dihadirkan “Super Dealsember”?

  • Harga Spesial Langganan Selama 12 Bulan. Pelanggan yang mendaftar paket pilihan melalui website resmi First Media powered by XL Axiata dapat menikmati harga spesial online ekslusif untuk berlangganan selama satu tahun penuh.
  • Bonus e-Wallet GoPay hingga Rp1,2 Juta. Setelah menyelesaikan pembayaran bulan pertama, pelanggan akan menerima bonus e-wallet GoPay pada bulan berikutnya yang dapat diklaim melalui tautan khusus yang dikirimkan via SMS atau WhatsApp.
  • Peningkatan Kecepatan Internet hingga 125 Mbps
  • Paket Stream Value: Kecepatan hingga 100 Mbps untuk 3 bulan pertama dan 75 Mbps selama 9 bulan berikutnya.
  • Paket Joy Value: Kecepatan hingga 125 Mbps untuk 3 bulan pertama dan 100 Mbps selama 9 bulan berikutnya.
  • Layanan Max. Pelanggan Stream Value, Stream Pro, dan Stream Premium akan mendapatkan akses ke layanan Max yang sudah termasuk dalam paket mereka, dan bisa menikmati film blockbuster, serial original, reality show, dan dokumenter. Khusus untuk pelanggan Stream Premium dapat mengakses Max Ultimate, yang memungkinkan untuk streaming hingga empat perangkat secara bersamaan.

Untuk mendapatkan promo “Super Dealsember”, pelanggan dapat mengikuti tahapan berikut:

1.     Kunjungi www.firstmedia.com,

2.     Pilih promo “Super Dealsember” dan pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan,

3.     Selesaikan proses registrasi dan pembayaran bulan pertama,

4.     Bonus GoPay akan dikirimkan melalui SMS/WhatsApp ke nomor terdaftar pada bulan berikutnya,

5.     Klaim bonus GoPay melalui tautan yang dikirimkan sebelum masa expired. 

Promo “Super Dealsember” memberikan akses ke internet cepat dan stabil dengan harga terjangkau, sehingga memungkinkan pelanggan untuk menikmati layanan streaming yang lancar, bermain game online dengan latensi rendah, dan mendukung produktivitas kerja atau belajar dari rumah.

Selain promo khusus untuk pelanggan baru, dalam upaya selalu terkoneksi dengan pelanggan setia, First Media powered by XL Axiata menghadirkan program “Connect More”.

Program ini dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan agar selalu #JadiLebihTerkoneksi, sekaligus memastikan bahwa layanan First Media powered by XL Axiata bisa selalu dinikmati secara optimal.

Program ini juga merupakan langkah proaktif First Media powered by XL Axiata dalam menjaga jaringan dan memberikan layanan pelanggan yang responsif memastikan bahwa setiap kendala teknis dapat ditangani dengan cepat.

Pelanggan cukup mengklik fitur yang tersedia di pesan WhatsApp yang diterima, dan bagi yang beruntung bisa mendapatkan voucher e-wallet.

Dengan keunggulan yang ditawarkan, First Media powered by XL Axiata memberikan solusi tepat bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan internet berkualitas tinggi dengan nilai lebih.

Hal ini menunjukkan komitmen First Media powered by XL Axiata untuk terus berinovasi dalam memberikan pengalaman digital yang lebih baik bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

Saat ini, layanan First Media powered by XL Axiata telah menjangkau 58 kota di Indonesia, termasuk kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang, Semarang, Yogyakarta, Medan, Bali, Batam, dan kota-kota lainnya. (Icha)

Yuk Berpetualang dengan Galaxy Watch Ultra

Telko.id – Samsung menghadirkan Galaxy Watch Ultra yang siap menemani para gen Z mencari kepuasan hidup dengan melakukan berbagai aktivitas outdoor.

Apalagi, aktivitas outdoor seperti hiking dan trekking terus diminati oleh Milenial dan Gen Z. Pasalnya, kegiatan di alam terbuka punya banyak manfaat, salah satunya mengurangi stres.

Ini sejalan dengan survei yang menunjukkan bahwa mayoritas Milenial dan Gen Z ingin liburan untuk healing atau stress relief.

“Galaxy Watch Ultra adalah wearables idaman buat kamu yang suka bertualang hingga merasakan adrenaline tinggi  saat menjelajah berbagai destinasi penuh tantangan,” ujar Annisa Maulina, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Baca juga : Samsung Galaxy Watch7, Sudah Berbekal Teknologi AI, Seperti Apa?

Cek kondisi tubuh kamu dengan sensor yang tersemat pada Galaxy Watch Ultra

Apalagi, smartwatch ini memiliki desainnya yang tangguh dengan rangka titanium, desain shock proof yang memenuhi standar militer, dan ketahanan air hingga 10ATM, jam tangan ini dibuat untuk bertahan di lingkungan yang paling keras sekalipun.

“Kemampaun yang dimiliki Watch Ultra seperti Night Mode watch face, sirene untuk pertolongan, serta ketepatan navigasi, bisa membuat penggunanya nya memiliki rasa aman dan nyaman dikegiatan mereka yang penuh petualangan,” ujar Annisa menjelaskan.

Punya rencana naik gunung atau menjelajahi lembah-lembah indah untuk menutup tahun 2024? Simak bagaimana Galaxy Watch Ultra mampu menjadi teman kamu untuk menikmati keseruan aktivitas outdoor tanpa batas:

Cek Kondisi Tubuh Jadi Lebih Mudah dengan Sensor Terbarukan

Bagi Milenial dan Gen Z, memastikan kondisi tubuh tetap fit menjadi prioritas utama dalam persiapan liburan.

Kesiapan fisik dan mental pun menjadi semakin penting sebelum melakukan aktivitas outdoor. Maka dari itu, Samsung merancang smartwatch dengan teknologi canggih untuk membantu pengguna mempersiapkan diri sebelum bertualang ke alam.

2nd Gen Bioactive BioActive Sensor terbarukan hadir untuk mendeteksi kondisi tubuh secara menyeluruh dengan lebih akurat.

Setelah dipakai tidur, kamu akan mendapatkan Energy Score yang diakumulasi dari pola detak jantung, kualitas tidur, dan aktivitas kamu di hari-hari sebelumnya.

Jadi, Samsung smartwatch ini bisa tahu apakah tubuh kamu siap untuk melakukan aktivitas yang berat seperti hiking atau trekking.

Jika Energy Score kamu tinggi, artinya tubuh kamu siap melakukan berbagai aktivitas fisik yang cukup berat. Supaya kondisi tubuh kamu semakin prima sebelum melakukan aktivitas outdoor, ada baiknya kamu bisa menjaga istirahat yang cukup dan cakupan nutrisi yang baik ya!

Anti Nyasar dengan Navigasi Lokasi Akurat

Saat melakukan aktivitas outdoor seperti hiking atau trekking, navigasi yang akurat menjadi kebutuhan penting untuk memastikan langkah kamu tetap terarah.

Maka dari itu, Samsung smartwatch ini telah dibekali dengan teknologi Dual-Frequency GPS System yang canggih untuk mendeteksi lokasi secara akurat di berbagai kondisi. Jadi, kamu bisa meminimalkan risiko tersesat atau hilang arah saat menjelajahi lokasi yang baru kamu kunjungi.

Simpan rute perjalanan mendaki kamu secara akurat dengan Dual Frequency GPS System yang ada pada Galaxy Watch Ultra

Menariknya lagi, perangkat ini juga dapat berfungsi sebagai kompas modern yang memberikan data secara lengkap dan akurat untuk memastikan perjalanan kamu lebih aman dan terencana.

Dengan semua keunggulannya, perangkat ini benar-benar menjadi solusi praktis untuk melacak lokasi dengan presisi, merekam rute yang telah ditempuh, dan membantu kamu menemukan jalan pulang.

Antisipasi Risiko Kegiatan Outdoor

Saat bertualang di alam terbuka, penting untuk mempersiapkan diri menghadapi berbagai kemungkinan. Perubahan cuaca mendadak yang membuat durasi perjalanan yang lebih lama adalah salah satu skenario yang perlu diperhatikan.

Untuk membantu kamu menghadapi situasi-situasi tak terduga, Galaxy Watch Ultra hadir dengan fitur-fitur yang dapat diandalkan di berbagai kondisi darurat.

Fitur Siren pada Galaxy Watch Ultra dapat menghasilkan suara dengan tingkat kebisingan 85dB yang dapat terdengar sampai jarak 180m

Kamu bisa pilih tampilan watch face yang memiliki opsi Night Mode. Setelah diaktifkan, watchface akan menyesuaikan tampilan ketika berada di kondisi gelap. Jadi, kamu bisa melihat layar dan info-info yang kamu butuhkan dengan lebih mudah.  

Lalu, saat menghadapi situasi darurat, kamu bisa menggunakan fungsi Siren yang dapat diaktifkan cukup dengan tekan quick button selama lima detik. Fungsi sirene ini akan menghasilkan suara hingga 85 dB, menjadikannya solusi pertama untuk meminta bantuan.

Night mode watch face pada Galaxy Watch Ultra dapat memberikan kamu visibilitas lebih baik di kondisi gelap

Kamu juga tak perlu khawatir soal baterai. Galaxy Watch Ultra mampu bertahan hingga 100 jam dalam power-saving mode. Dengan daya tahan baterai yang luar biasa, perjalanan kamu bisa tetap aman dan lancar tanpa gangguan.

Ketahanan baterai yang andal ini juga bisa kamu maksimalkan untuk menjalani workout routine. Dalam exercise power-saving mode, Galaxy Watch Ultra bisa digunakan sampai 48 jam, jadi kamu tak perlu mengecas device setiap hari walau digunakan secara intens sekalipun.

Segera miliki Galaxy Watch Ultra

Siap untuk jalani gaya hidup yang lebih aktif dengan penuh gaya? Miliki Galaxy Watch Ultra (47 mm) yang tersedia dalam warna, Titanium White, Titanium Black, dan Titanium Greydengan harga Rp8.999.000.

Nikmati juga berbagai promo menarik untuk pembelian Galaxy Watch Ultra hingga 9 Januari 2025, mulai dari trade in cashback hingga Rp1.000.000, bank cashback hingga Rp1.000.000, dan diskon 20% untuk watch strap. (Icha)

Wow, by.U Ajak Nonton Bola #GakGituGituAja dan Bisa Berangkat ke Inggris

0

Telko.id – Telkomsel, melalui brand serba-digitalnya, by.U, menghadirkan pengalaman menonton bola yang #GakGituGituAja bagi generasi muda.

Program ini menggandeng EMTEK Group melalui Vidio.com, by.U menghadirkan program “England Premier Trip” yang membuka peluang bagi pelanggan (Anak by.U) pecinta sepak bola untuk menikmati setiap gol, sorakan, dan atmosfer Premier League secara langsung di Inggris.

Untuk mendapat kesempatan jadi pemenang program “England Premier Trip”, Anak by.U bisa berpartisipasi selama periode 1 November – 31 Desember 2024 dengan dua cara.

Pertama dengan membeli paket England Premier Trip sebanyak-banyaknya. Ada Paket Rp35 ribu (BEST OFFER): Kuota internet 1 GB + Langganan Vidio Premier League 30 hari. Dan juga Paket Rp75 ribu: Kuota internet 20 GB + Langganan Vidio Premier League 30 hari. Kedua paket tersebut dapat dibeli melalui aplikasi by.U atau konter terdekat.

Baca juga : Yuk Tukar Telkomsel Poin dan uCoin by.U, Buat Donasi Tas Sekolah Pelajar

Kedua, dengan membuat Konten Parodi Komentator Bola yang #GakGituGituAja. Baik membuat video parodi komentator bola dengan gaya unik masing-masing. Lalu, unggah video di Reels, TikTok, atau YouTube Shorts. Jangan lupa memberikan tagar #KontenParodiKomentatorBola, #byUEnglandPremierTrip, #GakGituGituAja.

Anak by.U yang terpilih akan diberangkatkan ke Inggris untuk mengikuti berbagai aktivitas menarik, mulai dari menonton langsung pertandingan Liga Inggris di stadion ikonis, mengikuti tur eksklusif klub-klub Liga Inggris, hingga belanja merchandise resmi di Classic Football Shirts.

“Melalui program ‘England Premier Trip’, by.U ingin menginspirasi generasi muda Indonesia untuk bermimpi lebih besar. Premier League merupakan liga paling bergengsi di dunia, dan kami berharap program ini dapat memberikan pengalaman luar biasa bagi Anak by.U sesuai aspirasi mereka,” kata Riko Ringgoanto, Head of by.U.

Sebanyak 15 pemenang akan diumumkan pada awal 2025 melalui akun Instagram resmi @byu.id. Keputusan panitia bersifat final, dan hadiah tidak dapat dipindahtangankan atau diuangkan. (Icha)

Indosat Perkuat Jaringan di Nias, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui brand Tri terus memperkuat komitmennya untuk menghadirkan konektivitas terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk di wilayah kepulauan seperti Pulau Nias, Provinsi Sumatra Utara.

Dalam upaya mendukung transformasi digital dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, Tri dengan bangga mengumumkan pengembangan jaringan telekomunikasi di Pulau Nias dengan kampanye “Jaringan Tri Hemat dan Cepat”.

Indosat Ooredoo Hutchison fokus melakukan sejumlah pengembangan jaringan di Nias dengan penambahan jumlah base transceiver station (BTS) 4G di berbagai lokasi strategis di Nias. 

Saat ini, jaringan Indosat sudah mencakup 95% populasi di kota Gunung Sitoli dan terus melakukan penambahan pemancar di wilayah Nias lainnya dengan peningkatan hingga ratusan site dibandingkan tahun lalu.

Baca juga : Indosat dan Nokia Perluas Jaringan 4G dan 5G, di Wilayah Terpencil Indonesia

Langkah ini juga merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk mendukung transformasi digital di seluruh Indonesia.

Pengembangan ini bertujuan untuk memberikan layanan telekomunikasi yang andal, cepat, dan stabil bagi masyarakat dan pelaku usaha di Nias. Dengan jaringan yang semakin kuat, Indosat ingin mendukung aktivitas ekonomi, pendidikan, pariwisata, dan layanan publik di wilayah ini.

“Kami percaya bahwa konektivitas adalah hak dasar setiap masyarakat. Dengan pengembangan jaringan di Nias, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam memberdayakan masyarakat lokal dan mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di daerah ini,” kata Ritesh Kumar Singh, Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Menurut Ritesh, penguatan jaringan ini juga merupakan bagian dari visi Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan Indonesia.

Indosat juga mengoptimalisasi kualitas layanan dengan teknologi terbaru diterapkan untuk meningkatkan kapasitas jaringan, memungkinkan pengalaman yang lebih lancar untuk aktivitas seperti streaming, telekonferensi, dan gaming online.

 Khusus untuk gaming online, Indosat menggelar kompetisi “Tiba-Tiba Mabar” dengan hadiah total senilai Rp 5.000.000.

Syaratnya mudah hanya dengan membeli paket internet dengan kuota Perdana Happy 14.5 GB/28 hari dengan harga Rp 42.000 atau kuota lebih besar 45GB/28 hari seharga Rp 80.000 dan Voucher isi ulang 12 GB /7 hari  25.000 melalui aplikasi bima+, 3Kiosk, retailer resmi Tri, platform e-commerce, atau USSD *888#. 

Pelanggan Tri juga dapat mengunjungi langsung Pelayanan Tri di Gunung Sitoli yang bertempat di Raja Koki, Jalan Sirao.

Parade Maena dan Tri Happy Fest

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) terus memperkuat komitmennya untuk memberdayakan masyarakat Indonesia melalui kegiatan budaya dan hiburan. Di tanggal 14 Desember, Indosat menggelar Parade Tari Maena dan Tri Happy Fest di Nias, sebagai bagian dari upaya mendukung pelestarian budaya lokal sekaligus memberikan hiburan yang menyenangkan bagi masyarakat setempat.

Acara yang digelar di Nias ini dihadiri oleh ribuan peserta, mulai dari masyarakat lokal hingga wisatawan, yang bersama-sama merayakan budaya Maena, tarian tradisional khas Nias yang kaya akan nilai-nilai kebersamaan dan persatuan.

Parade Tari Maena ini akan dimeriahkan oleh ratusan anak-anak sekolah di sepanjang jalan Alun-alun dengan menampilkan tarian tradisional khkas Nias.

Ritesh Kumar Singh juga menyampaikan, “Kami sangat bangga dapat mendukung pelestarian budaya lokal seperti Maena, yang merupakan warisan berharga dari masyarakat Nias. Dengan acara ini, kami ingin menghubungkan lebih banyak orang melalui kebahagiaan, budaya, dan teknologi yang kami hadirkan.”

Selain Parade Tari Maena, acara ini juga dimeriahkan dengan Tri Happy Fest, yang menghadirkan berbagai aktivitas menarik seperti permainan interaktif, kompetisi kreatif, dan hiburan dari artis tanah air, Punxgoaran. Masyarakat dapat merasakan keseruan ini sambil menikmati layanan terbaik dari Indosat.

“Kami optimis bahwa pengembangan jaringan ini akan memberikan dampak positif yang besar, tidak hanya untuk masyarakat di Nias tetapi juga bagi pertumbuhan ekonomi daerah. Indosat terus berkomitmen untuk menjadikan teknologi sebagai penggerak utama perubahan,” tambah Ritesh. (Icha)

Ada Lonjakan Trafik Saat Nataru? Ini Yang Dipersiapkan Telkom

0

Telko.id – Natal dan Tahun Baru (Nataru) adalah dua momen yang selalu terjadi peningkatan trafik, demikian juga tahun ini. Untuk mengatisipasi Nataru tahun ini, Telkom sudah menyiapkan infrastrukturnya.

Untuk memastikan layanan data sepanjang momen tersebut, Telkom menyiapkan kapasitas sebesar 56,7 Tbps atau ada kenaikan 40% dari periode sebelumnya sebesar 41,2 Tbps.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengungkapkan peningkatan kapasitas jaringan tersebut sampai 40% untuk memenuhi kebutuhan layanan internet selama momen Nataru kali ini.

“Jadi, untuk memenuhi kapasitas dan coverage jaringan, kami lakukan peningkatan. Selama ini di periode Nataru kita tambah kapasitas, baik itu di Telkomsel maupun di sisi Telkom. Kalau di kapasitas, di jaringan kita di Telkom, itu kita tambah paling nggak 40% karena banyak masyarakat yang pergi,” ujar Ririek di Gedung Grha Merah Putih, Jakarta, Senin (16/12/2024).

Baca juga : TelkomGroup Deklarasikan Komitmen Anti Korupsi

Sedangkan untuk lokasi penting atau Point of Interest, seperti terminal, stasiun, bandara, tempat wisata maupun tempat penting lain, Telkom juga mengantisipasi lonjakan trafiknya.

“Setidak nya ada 409 titip POI dilakukan penguatan jaringan di lokasi penting tersebut,” ujar Herlan Wijanarko, Direktur Network & IT Solution Telkom menjelaskan pada kesempatan yang sama.

“Kita komitmen untuk deliver customer experience yang excellent untuk seluruh segment customer. Saat ini, ada 9,4 juta pelanggan fixed broadband IndiHome dan 158 juta mobile Telkomsel. Nah, ini biasanya, selama Nataru ada sinyal stabil, koneksi internet cepat, streaming lancar, ini semua kita antisipasi di seluruh 409 POI,” papar Herlan.

Sementara dari sisi Telkomsel, di Nataru ini memperluas jaringan 5G nasional dengan menambah infrastruktur 525 BTS 5G. Secara keseluruhan sinyal jaringan seluler generasi kelima itu sudah dinikmati pelanggan di 56 kota dengan continous coverage di Jakarta dan Bali yang didukung 1.400 BTS 5G.

Selain itu juga penguatan jaringan 4G dengan penambahan 271 BTS 4G, peningkatan kapasitas 4G sebanyak 178 dan menyiagakan 46 unit BTS Combat.

Telkom juga mengerahkan 57 posko dengan 480 personil untuk memantau kualitas layanan ketika Nataru selama 20 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025.

“Kemudian untuk pengaduan-pengaduan di samping Call Center 188 dan aplikasi utama Telkomsel, kita juga memonitor seluruh complain pelanggan melalui media sosial di Facebook, Instagram, TikTok, X juga,” tuturnya.

Sedangkan untuk jalur internasional, Telkom sudah mempersipkan  2 gateway Batam – Manado dengan 14 Infrastruktur Kabel Laut Telkom yang beroperasi secara Redundan. (Icha)

Tips Mudahnya Buat Video Transisi dengan Samsung Galaxy A55 5G

0

Telko.id – Dulu, buat konten video transisi hanya berfokus pada peralihan before-after saja. Kini jadi bagian untuk menyajikan kreasi unik agar menarik perhatian di media sosial. Dengan Samsung Galaxy A55 5G, buat video transisi jadi mudah.

Elemen kejutan dalam video transisi ini memberikan daya tarik tersendiri, menjadikannya salah satu cara efektif untuk meningkatkan interaksi dan engagement di media sosial.

Salah satu ide menarik yang sedang tren adalah membuat video transisi OOTD, Konten ini masih menjadi pilihan favorit untuk dibagikan kepada followers.

“Dengan Galaxy A55 5G, kamu bisa bikin konten lebih awesome dengan video transisi yang kreatif. Berkat kamera utama 50MP dengan teknologi OIS dan Super HDR Video, setiap video yang dihasilkan menjadi lebih stabil, detail, dan tetap maksimal di berbagai kondisi cahaya,” ujar Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Apalagi, pada perangkat ini terdapat kamera depan 32MP siap bikin konten makin memukau. Bukan hanya kameranya yang canggih, layar Super AMOLED 120Hz pada Galaxy A55 5G juga siap menghadirkan pengalaman mulus untuk membuat mulai proses editing sampai preview video transisi kamu lebih mulus.

Baca juga : Eksplorasi Kamera Samsung Galaxy A55 5G, Hasilnya Bak Profesional

Charera Prilly, Content Creator yang dikenal dengan video transisinya yang terkenal dengan #transihir di sosial media— mengungkapkan bahwa membuat video transisi memang bukan hal mudah.

Dibutuhkan perhatian ekstra terhadap detail, dan kreativitas yang terus mengalir. Meski kadang melelahkan, hasil akhirnya yang memukau selalu membuat semua usaha terasa sepadan.

“Saya membuat sebuah video transisi dengan Galaxy A55 5G. Dibutuhkan ketelatenan dalam membuat video transisi, tapi kalau kamu sudah tau triknya, dan memiliki device yang mumpuni, maka proses ini tentunya akan lebih mudah.

Dengan smartphone ini, bikin video transisi yang keren banget akan terasa lebih seamless, dengan beberapa fitur andalannya, mulai dari kamera utama dan kamera depan beresolusi tinggi hingga teknologi stabilisasi OIS dan Super HDR Video, bikin video tetap jernih dan mulus di segala kondisi cahaya.

“Jadi, kamu tinggal eksplor ide-ide kreatif biar konten selalu menarik, beda, dan stand out dari yang lain,” ujar Charera Prilly.

Beberapa hal yang dapat kamu eksplor untuk menghasilkan konten transisi yang awesome menggunakan Galaxy A55 5G.

Manfaatkan Kamera Berkualitas Tinggi
Galaxy A55 5G dilengkapi kamera utama 50MP yang memungkinkan kamu merekam video dengan kualitas tinggi.

Untuk hasil terbaik, pastikan pencahayaan cukup dan untuk memastikan posisi kamera tetap stabil Galaxy A55 5G sudah dilengkapi dengan teknologi Video Digital Image Stabilization (VDIS) yang bisa membuat kamu merekam video transisi dengan mulus dan jernih.

Rencanakan Konsep Transisi dengan Baik
Konten transisi yang sukses membutuhkan perencanaan. Tentukan perubahan visual atau gerakan yang ingin ditonjolkan, seperti pakaian yang berbeda, berganti lokasi, atau efek gerakan tertentu. Gunakan mode Slow-Mo atau Hyperlapse untuk memberikan efek dramatis.

Gunakan Fitur Editing Bawaan
Galaxy A55 5G memiliki editor video bawaan yang mudah digunakan untuk memotong, menyambung, dan menambahkan efek transisi. Gunakan fitur ini untuk menciptakan perpindahan antar klip yang mulus dan kreatif tanpa perlu aplikasi pihak ketiga.

Untuk membuat video transisi yang berkualitas, tentunya kamu perlu melakukan editing. Proses ini diperlukan untuk menggabungkan potongan-potongan video yang telah kamu pilih untuk menjadi sebuah video transisi yang awesome.

Untuk memudahkan proses editing, kamu bisa mengedit langsung video kamu dengan fitur-fitur yang sudah tersedia di Galaxy A55 5G kamu.

Pilih Lagu atau Musik yang Tepat dan sedang Tren
Musik adalah elemen penting dalam video transisi. Sinkronkan gerakan atau perubahan visual dengan ritme lagu. Untuk menambah keseruan video dan bisa engage ke audiens yang lebih banyak, coba pilih lagu-lagu yang sedang tren saat itu.

Dengan Galaxy A55 5G, siapa saja bisa membuat konten menjadi awesome, tunggu apa lagi? Mulailah membuat konten transisi terbaik kamu hari ini.

Galaxy A55 5G bisa kamu dapatkan di berbagai channel penjualan resmi online dan offline dengan harga mulai dari Rp 5.999.000. Dapatkan promo menarik yang berupa Cashback sebesar Rp 300.000 untuk pembelian wearables dan aksesoris. (Icha)

Oppo Experience Store Hadir di Pakuwon Mall Bekasi Bawa Konsep Unik

0

Telko.id – Oppo Indonesia resmi membuka Oppo Experience Store terbaru di Pakuwon Mall Bekasi, toko ini hadir dengan konsep unik yang menggabungkan retail gadget, sajian kopi dan pastry dari Finders Cafe, serta layanan purna jual di service center.

Desain mewah dan elegan menjadikan dari Oppo Experience Store Pakuwon Mall Bekasi sebagai destinasi utama bagi konsumen yang mencari perangkat teknologi, layanan, dan fasilitas terbaik.

Pakuwon Mall Bekasi dipilih karena posisinya yang strategis yang dekat dengan akses tol utama dan menjadi mall pertama dari Pakuwon Group di kawasan Bekasi.

Sebagai destinasi belanja dan rekreasi, mall ini berhasil menarik pengunjung dari berbagai usia, terutama keluarga dan anak-anak. Kehadiran Oppo Experience Store ini memperkuat komitmen Oppo untuk lebih dekat dengan konsumen di kota Bekasi dan sekitarnya.

Baca juga :

Salah satu daya tarik utama dari Oppo Experience Store ini adalah ragam fasilitas yang lengkap dalam satu tempat.

Toko ini menyediakan area bermain anak yang ramah keluarga, menawarkan pengalaman mencoba produk terbaru Oppo sambil bersantai di Finders Cafe, serta bisa memperbaiki perangkat di area service center.

Dengan konsep ini, Oppo menghadirkan pengalaman unik yang belum pernah ada di Bekasi sebelumnya.

Oppo Experience Store dirancang untuk memberikan kebebasan bagi konsumen untuk mencoba teknologi terbaru.

Produk seperti Oppo Find X8 Series yang menjadi favorit konsumen di Bekasi dapat langsung dicoba di toko. Dengan desain yang premium, performa tingkat atas, hingga kamera kelas flagship, seri ini terus diminati oleh konsumen untuk membantu produktivitas hingga mendukung aktivitas fotografi untuk konten media sosial.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati fitur interaktif seperti mencoba beragam produk IoT Oppo dan menggunakan fasilitas mencetak langsung hasil foto dari perangkat Oppo. Semua ini dihadirkan untuk menciptakan pengalaman belanja yang mendalam dan personal.

Untuk memeriahkan pembukaan toko baru, Oppo menghadirkan berbagai penawaran eksklusif seperti cashback hingga Rp1,2 juta, cicilan 0% hingga 24 bulan, diskon hingga Rp600.000 dan gratis 1x cicilan dari leasing, diskon 10% untuk pembelian aksesoris.

Selain itu, konsumen juga berkesempatan memenangkan undian perangkat Reno12F atau A3x hanya dengan Rp1.000, gratis penggantian aksesoris di service center, penawaran spesial di Finders Cafe dengan promo Buy 1 Get 1 kopi dan Buy 3 minuman hanya Rp50.000.

Dengan pembukaan Oppo Experience Store di Pakuwon Mall Bekasi, Oppo berkomitmen untuk terus menghadirkan produk dan layanan yang mengedepankan teknologi, kenyamanan, dan gaya hidup modern.

Store ini menjadi bukti nyata dedikasi Oppo dalam menghadirkan inovasi yang relevan dan pengalaman yang tak terlupakan bagi konsumen. (Icha)

Telkomsel Berikan Apresiasi Pada Pelanggan Setia Lewat Poin Gembira Akhir Tahun 2024

0

Telko.id – Telkomsel kembali mengapresiasi para pelanggan setia melalui program Poin Gembira Festival 2024, yang berlangsung di Summarecon Mall Serpong pada 13-15 Desember 2024.

Festival ini menawarkan berbagai cara bagi pelanggan untuk menukarkan Telkomsel Poin dengan program menarik seperti pengalaman kuliner dan belanja, undian berhadiah, donasi pendidikan, diskon istimewa, hingga kesempatan memenangkan berbagai hadiah eksklusif.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan setia yang telah mempercayakan berbagai kebutuhan komunikasi dan digitalnya kepada Telkomsel. Poin Gembira Festival 2024 ini adalah cara kami untuk berbagi kegembiraan bersama pelanggan, dengan memberikan berbagai keuntungan dan pengalaman menyenangkan,” kata Indrawan, Direktur Human Capital Management Telkomsel.

Ke depan, Indrawan menyebutkan bahwa Telkomsel akan terus berfokus menghadirkan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan dengan semangat inovasi di setiap konektivitas, layanan, dan solusi terbaik yang kami hadirkan di seluruh Indonesia.

Baca juga : Yuk Tukar Telkomsel Poin dan uCoin by.U, Buat Donasi Tas Sekolah Pelajar


Selama acara berlangsung, pelanggan dan pengunjung di Summarecon Mall Serpong dapat menikmati berbagai kegembiraan bersama Telkomsel, termasuk dengan:

  • Undian Poin Gembira Festival Sumarecon Mall Serpong: Tukar 1 Telkomsel Poin untuk kesempatan memenangkan hadiah 1 Yamaha Nmax, 2 Samsung Z Flip 6, 2 Garmin Venu Sq dan 20 Voucher Indomaret 250K.
  • Poin Jajan Festival: Diskon kuliner dan belanja dari puluhan Merchant UMKM dan Merchant Mall.
  • Poin Arcade Games: Permainan dan hiburan dengan beragam hadiah menarik.
  • Booth Interaktif: Photo Spot, penukaran merchandise, discount device dengan penawaran spesial, taman edukasi, dan ragam layanan digital Telkomsel.
  • Entertainment: Live music dari band ternama, permainan interaktif, dan doorprize.

Selain Poin Gembira Festival, Telkomsel Poin juga memiliki rangkaian Program Poin Gembira Akhir Tahun 2024. Dengan menukarkan Telkomsel Poin, pelanggan dapat memenangkan berbagai hadiah eksklusif melalui Lucky Draw yang berlangsung selama periode 1 November hingga 31 Desember 2024. Hadiah Utama Poin Gembira Festival 2024 meliputi:

  • 1 unit Mercedes-Benz C200 Avantgarde
  • 25 unit Yamaha Nmax dan 30 unit Honda Beat
  • 10 unit iPhone 15 dan 10 unit Samsung Z Flip 6
  • 300 unit Samsung A06, 100 unit Modem Orbit
  • 635 voucher belanja senilai Rp300 ribu

Pelanggan juga dapat menikmati berbagai program penukaran Telkomsel Poin di lokasi, seperti:

  • Parcel Hepi: Penukaran Poin untuk pengiriman parsel akhir tahun.
  • Liburan Seru: Penukaran Poin untuk voucher diskon melalui tiket.com.
  • Diskon Smartphone Poin: Penukaran Poin untuk diskon pembelian smartphone baru.
  • Mendadak Hepi: Penukaran Poin untuk kuota data.
  • Cuan Hepi: Penukaran Poin untuk diskon spesial di merchant tertentu.
  • Donasi Poin: Penukaran Poin untuk program sosial bersama mitra donasi.

Informasi selengkapnya tentang beragam penawaran menarik dari Telkomsel dapat diakses melalui laman Telkomsel Poin.

Penukaran Poin dapat dilakukan melalui aplikasi MyTelkomsel, kode UMB *700# atau *123#, serta laman resmi Telkomsel Poin Gembira Festival 2024. Pemenang akan diumumkan pada 22 Januari 2025 melalui laman resmi dan media cetak nasional. (Icha)

Telkomsel Luncurkan Prestige Membership di Poin Gembira Festival 2024

Dalam rangkaian Poin Gembira Festival 2024 di Summarecon Mall Serpong, Telkomsel secara resmi meluncurkan program loyalitas terbaru, Telkomsel Prestige Membership.

Sebagai bentuk komitmen apresiasi loyalitas pelanggan, program ini menghadirkan beragam manfaat premium serta akses eksklusif yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pelanggan bersama Telkomsel.

Terdiri dari dua kategori utama, Platinum dan Diamond, Telkomsel Prestige Membership menawarkan berbagai manfaat premium dan akses eksklusif seperti:

  • Layanan Prioritas: Akses layanan pelanggan prioritas di GraPARI, kecepatan jaringan hingga 2x lebih cepat, serta koneksi internet rumah stabil dengan opsi peningkatan kecepatan.
  • Paket Hiburan Premium: Bonus kuota internet hingga 27 GB, langganan WeTV, NSP, dan kursus bahasa Inggris gratis melalui aplikasi pembelajaran Cakap.
  • Diskon Eksklusif: Akses gratis ke lounge bandara, discount diberbagai restoran pilihan, tiket bioskop, golf, layanan transportasi TRAC, hingga layanan kesehatan premium.

Pelanggan dapat mendaftarkan diri untuk menikmati keuntungan Telkomsel Prestige Membership melalui menu “Loyalty Membership” di aplikasi MyTelkomsel.

“Telkomsel berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Melalui Telkomsel Prestige Membership, kami menawarkan pengalaman yang benar-benar berbeda dan lebih istimewa dengan sederet keuntungan eksklusif bagi pelanggan terbaik Telkomsel,” jelas Indrawan.

Berbagai pengalaman eksklusif Telkomsel Prestige Membership juga tersedia di area Prestige Area selama gelaran Poin Gembira Festival 2024 di Summarecon Mall Serpong. (Icha)

AmanBersamaGojek, Jutaan Kilometer Perjalanan Aman

0

Telko.id – Gojek, unit bisnis on-demand service dari Grup GoTo (BEI: GOTO), menegaskan komitmen #AmanBersamaGojek dengan memperkuat inisiatif dan berkolaborasi dengan lebih banyak pihak.

Rangkaian inisiatif yang telah berjalan sejak tahun 2015 ini terdiri dari tiga pilar, yakni Edukasi, Teknologi dan Proteksi, dan saling melengkapi satu sama lain dalam melindungi jutaan kilometer perjalanan aman di ekosistem Gojek.

Hasilnya, selama tahun 2024, laporan kecelakaan/insiden yang menyebabkan cedera hanya ada di kisaran 1% dari total laporan yang ada.

“Bagi Gojek, keamanan pelanggan maupun mitra driver adalah prioritas utama. Kami secara konsisten terus berkomitmen menghadirkan rasa aman dan memperkuat langkah #AmanBersamaGojek untuk memastikan risiko keamanan berada di titik minimal,” kata Gede Manggala, Head of Region Gojek.

Baca juga : Makin Hemat, Gojek Luncurkan Paket Berlangganan Gojek PLUS

Meski demikian, Gede menyebutkan tidak akan berhenti di sini, lewat kolaborasi strategis dengan para pemangku kepentingan yang berkompeten di bidangnya, inisiatif keamanan akan terus diperkuat menjawab berbagai risiko yang ada. Sehingga, tiga pilar keamanan, yaitu edukasi, teknologi dan proteksi, dapat melindungi ekosistem Gojek secara optimal.

#AmanBersamaGojek Dorong Penciptaan Ruang Aman Bebas Kekerasan Seksual

Sejak 2019, selama 6 tahun berturut-turut, rangkaian pelatihan anti-kekerasan seksual telah dilaksanakan secara tatap muka di belasan kota operasional atau pun secara daring menyasar para Mitra Driver Gojek.

Pelatihan juga diberikan kepada anggota Tim Unit Darurat Gojek yang bertugas 24/7 merespon keadaan darurat.

Pelatihan mencakup identifikasi, langkah bantuan, hingga proses pelaporan serta pengetahuan terkait Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual Nomor 12 Tahun 2022 (UU TPKS) sebagai payung hukum yang mengatur sanksi dan penanganan kasus kekerasan seksual.

Asisten Deputi Perlindungan Hak Perempuan dalam Rumah Tangga dan Rentan Kementerian PPPA Eni Widiyanti, S.E., MPP., M.S.E. menyatakan dukungannya, “Kolaborasi sektor swasta dengan pemerintah penting untuk memastikan isu kekerasan seksual ini dapat menjadi perhatian yang luas.

Enni pun mengapresiasi langkah yang telah diambil Gojek, tidak hanya dalam keseriusannya untuk melakukan langkah preventif melalui edukasi dan teknologi, namun juga perlindungan bagi mitra-mitra maupun pelanggannya dari berbagai risiko keamanan, termasuk kekerasan seksual.

“Bersamaan dengan telah disahkannya UU TPKS, kami berharap upaya kolaboratif ini dapat menjadi satu langkah maju bagi kita mewujudkan Indonesia bebas tindak kekerasan seksual,” ungkap Eni.

Kasubdit Angkutan Perkotaan Kementerian Perhubungan Muhammad Fahmi, ST., M.MTr menyampaikan apresiasinya terhadap Gojek dalam berkontribusi terhadap perjalanan yang aman, “Tingkat insiden rendah dalam perjalanan Gojek menunjukkan pentingnya edukasi, teknologi dan kolaborasi yang kuat telah mampu menghadirkan perjalanan aman”.

Menurut Fahmi, kontribusi Gojek sebagai operator layanan transportasi daring patut dicontoh, termasuk dalam mendukung ruang publik aman bebas kekerasan berbasis gender sehingga seluruh pihak dapat merasa aman bepergian kemana-mana.

Gojek juga mempererat kolaborasinya dengan lintas pemangku kepentingan dalam mengembangkan modul dan memberikan pelatihan anti-kekerasan seksual.

Kolaborasi telah berjalan dengan belasan organisasi nirlaba diantaranya Di Jalan Aman Tanpa Pelecehan (DEMAND)-bagian dari Jakarta Feminist dan Koalisi Ruang Publik Aman, Komunitas Samahita Bandung, PKBI Bali, LBH APIK hingga Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Hari ini, kolaborasi juga dipererat dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara Gojek dengan CariLayanan.com, untuk memperkuat mekanisme pencegahan dan penanganan tindak kekerasan seksual di dalam ekosistem Gojek.

Serta memberikan kumpulan informasi layanan terpadu kepada masyarakat luas terkait layanan pendampingan bagi korban kekerasan seksual.

Anindya Restuviani selaku Program Director DEMAND (Di Jalan Aman Tanpa Pelecehan Seksual) mengungkapkan, “Ini merupakan tahun ke-enam kami berkolaborasi dengan Gojek untuk mengajak para mitra driver berperan aktif dalam mencegah tindak kekerasan seksual di sekitarnya”.

Menurut Anindya, konsistensi Gojek yang terus berupaya untuk menjaga keamanan ekosistemnya dari tindak kekerasan seksual patut diapresiasi.

Ia pun menyebutkan bahwa kesamaan visi antara DEMAND dan Gojek tentang pentingnya rasa aman dari kekerasan seksual di ruang publik, mendasari nya untuk melanjutkan kolaborasi mendalam.

“Kami juga mengapresiasi langkah Gojek dalam berkolaborasi dengan CariLayanan.com, salah satu platform yang kami inisiasi untuk memberikan informasi rujukan terkait pendampingan bagi korban kekerasan seksual,” ungkap Anindya menambahkan.

Seluruh upaya ini sejalan dengan momen 16 Hari Aktivisme Anti-Kekerasan Berbasis Gender (16 HAKBG) yang diperingati setiap 25 November hingga 10 Desember di seluruh dunia. (Icha)