spot_img
Latest Phone

Garmin quatix 8, Smartwatch Maritim dengan Fitur Canggih

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan quatix 8, smartwatch...

Moto g86 Power 5G: Spek Lengkap dengan Harga Terjangkau

Telko.id - Smartphone terbaru dari Motorola akan segera diluncurkan....

Apple Kembangkan Chatbot AI Sendiri, Saingan ChatGPT

Telko.id – Perusahaan teknologi besar Apple, mulai bergerak mengembangkan...

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...
Beranda blog Halaman 633

Realme GT Master Explorer

0

Telko.id – Spesifikasi Realme GT Master Explorer bertumpu pada Snapdragon 870 5G, 8/12 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 50 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2021, July 21 ini dibekali sistem operasi Android 11, Realme UI 2.0 dan layar berukuran 6.55″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Realme memang belum secara resmi merilis harga Realme GT Master Explorer. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Realme Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Gray, White, Aurora, Apricot) dan memiliki body berdimensi 159.9 mm x 72.5 mm x 8.0/8.8 mm (depending on color) dengan berat 183.5/185 g (depending on color) (6.49 oz). Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Realme GT Master Explorer

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 870 5G yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (1×3.2 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585) dan prosesor grafis / GPU Adreno 650. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 8/12 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB/256GB storage, no card slot dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 4500 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.55″ Inch dengan jenis Super AMOLED, 120Hz, HDR10+, 1100 nits (peak). Resolusi layarnya 1080×2400 pixels dan telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Realme GT Master Explorer sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE / 5G yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A, 5G. Selain itu ada juga konektifitas USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.2, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera Realme GT Master Explorer

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Realme GT Master Explorer :

  • 50 MP, f/1.9, 24mm (wide), 1/1.56″, 1.0µm, omnidirectional PDAF, OIS
    16 MP, f/2.2, 14mm, 123˚ (ultrawide), 1/3.09″, 1.0µm
    2 MP, f/2.4, (macro).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 50 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 2160p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 32 MP, f/2.5, 26mm (wide), 1/2.74″, 0.8µm yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur Panorama, HDR dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Smartfren Fiber in the Air, Solusi Internet Untuk Berbisnis

0

Telko.id – Smartfren Fiber in the Air baru saja diluncurkan. Target nya adalah membantu para pebisnis untuk mendaptkan internet stabil tapi hemat biaya. Layanan ini memanfaatkan akses radio nirkabel last mile serta ditopang dengan kabel serat optic milik Smartfren.

“Smartfren Business merancang Fiber in the Air dengan komitmen memberikan produk yang dapat membuka peluang bagi seluruh pelanggan. Solusi ini memiliki kualitas jaringan yang andal, hemat biaya, dan jaminan layanan setara dengan solusi lain yang berbasis kabel serat optic,” ungkap Noertattu Supanery, VP Sales Enterprise Smartfren Business.

Selain itu ada keunggulan lebih besar dari sisi penghematan. Layanan ini dapat mengurangi biaya rata-rata konektivitas hingga 20% setiap bulannya. Hal ini membertikan dampak signifikan bagi perusahaan yang memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia, sehingga membuka peluang besar dalam pengembangan serta digitalisasi bisnisnya.

Teknologi Ultra Broadband Radio pada Fiber in the Air memanfaatkan seluruh base tranceiver station (BTS) Smartfren yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, sehingga memiliki jangkauan yang sangat luas.

Solusi ini juga menawarkan koneksi internasional (Singapura) dengan uplink dan downlink 1:1, serta didukung jaringan serat optik sehingga transfer data lebih lancar; bahkan ketika pelanggan membutuhkan bandwidth besar.

Seluruh keunggulan tersebut masih ditambah dengan layanan pelanggan yang selalu siap siaga selama 24/7, technical helpdesk serta tim purna jual yang didedikasikan khusus untuk pelanggan agar penanganan masalah bisa diselesaikan dengan cepat.

Salah satu perusahaan yang telah merasakan manfaat layanan baru dari Smartfren ini adalah PT Megatama Mandiri (Honda Megatama). Penggunaan layanan ini membantu Honda Megatama menghemat biaya operasional untuk konektivitas karena tingkat pemenuhan kualitas layanan yang sangat tinggi.

Eko Priharyanto, Manager IT PT. Megatama Mandiri (Honda Megatama) mengungkapkan, “Selama pemakaian smartfren Fiber in the Air, kinerja konektivitas jadi sangat baik dan memuluskan kinerja operasional yang semuanya berbasis sistem website serta cloud service“.

Eko menambahkan bahwa perusahaannya sangat terbantu dan merekomendasikan layanan baru dari Smartfren ini karena jaringan yang sangat stabil dan jaminan service level agreement (SLA) yang tinggi hingga 99,5% dapat membuka peluang lebih lebar untuk pengembangan bisnis kami.

Dengan seluruh keunggulan tersebut, layanan ini diharapkan menjadi salah satu solusi yang dapat membuka peluang lebih besar bagi bermacam-macam bisnis yang membutuhkan konektivitas andal.

Terutama saat ini masih dalam situasi pandemi saat ini, ketika kebutuhan akan konektivitas berkualitas sekaligus penghematan biaya operasional konektivitas merupakan aspek yang sangat penting bagi pengembangan bisnis. (Icha)

Terus Berinovasi Ikuti Kebutuhan Pengguna, by.U Raih Dua Penghargaan

0

Telko.id  – Digital provider pertama di Indonesia, by.U, berhasil meraih 2 nominasi penghargaan dalam ajang Selular Award 2021 dalam kategori Best Telco App dan Best Data Package.

Terkait hal ini, Vice President by.U Trio Lumbantoruan mengatakan bahwa penghargaan ini akan memicu nya untuk terus berinovasi dan memenuhi segala kebutuhan para pengguna maupun target pasar yang disasarnya yakni para milenial.

Meski berhasil mendapatkan dua penghargaan dalam Selular Awards 2021, Trio menyebutkan bahwa tidak akan berhenti untuk terus berinovasi. Salah satunya pada bulan Juli ini, baru saja merilis fitur kirim pulsa atau kuota kepada pelanggan lain.

“Tentunya kami akan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan penggunanya. Terlebih dalam kondisi yang serba sulit di masa pandemi ini. Misal, pengguna meminta dibuatkan fitur kirim pulsa atau kuota ke temannya untuk tetap bisa terhubung dengan temannya. Kami dengarkan dan akhirnya rilis di bulan Juli ini” Kata Trio.

Ia menambahkan, fitur-fitur di aplikasi produk ini akan terus dikembangkan namun tidak melupakan kebutuhan dari pelanggannya.

“Para pelanggan jangan takut untuk mengeluarkan pendapatnya, kita selalu mendengarkan apa yang diinginkan dan berusaha untuk mewujudkannya.” tambahnya.

Generasi muda Indonesia adalah target utama dari produk ini. Maka tidak heran apabila ragam paket data yang dihadirkan, serta fitur pada aplikasinya sangat anak muda sekali; mulai dari tidak adanya syarat tersembunyi pada paket data yang dihadirkan, hingga fitur mendengarkan musik seperti by.U Mixtape, games by.U, serta forum by.U Space. Terhitung hingga saat ini aplikasi ini telah diunduh 6,5 juta kali.

Menggunakan sinyal kuat Telkomsel pada jaringannya, produk ini memang menawarkan konsep berinternet yang sangat unik.

Untuk memiliki sim cardnya kamu hanya perlu mengunduh aplikasi nya, registrasi, kemudian pilih nomor telepon yang kamu inginkan, barulah pilih paket data yang dibutuhkan. Nantinya sim card akan dikirim langsung ke rumahmu, atau bisa diambil di Indomaret terdekat.

Sebagai informasi, produk ini didesain secara khusus dengan menyesuaikan karakter Gen Z yang mandiri, kreatif,  selalu online, dan sangat mengutamakan kebebasan. Karakteristik-karakteristik inilah yang mendasari tiga nilai utama pengembangan nya yaitu  digitalisasi, personalisasi,dan transparansi.(Icha)

Tablet HarmonyOS 2 Dari Huawei Siap Masuk Indonesia Agustus Ini

Telko.id – Tablet HarmonyOS 2 dari Huawei sudah siap masuk pasar Indonesia. Menurut informasi resmi nya, awal bulan Agustus 2021 ini. Yang diluncurkan adalah HUAWEI MatePad 11 untuk para konsumen Indonesia.

HUAWEI MatePad 11 menawarkan pengalaman layaknya PC yang membuat segalanya lebih mudah. Tablet HarmonyOS 2 ini bisa menjadi perangkat kantor portable, untuk melakukan konferensi video, membuat konten, dan teman bekerja sepanjang hari. Selain itu, perangkat ini bisa menjadi pusat hiburan, pembelajaran, dan pengembangan diri bagi penggunanya.

Hadirnya tablet HarmonyOS 2 yang pertama ini melanjutkan komitmen Huawei pada strategi ‘1+8+N’ untuk memberikan pengalaman Seamless AI Life dari ekosistem produk dan perangkat lunak yakni HUAWEI MatePad 11.

“Tablet dengan performa tinggi ini untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengguna,” ungkap Patrick Ru, Country Director Huawei Consumer Business Group Indonesia.

Sebagai salah satu tablet HarmonyOS 2 yang pertama, HUAWEI MatePad 11 juga merupakan tablet pertama dari Huawei yang mendukung refresh rate hingga 120 Hz. Hal tersebut menjadikan HUAWEI MatePad 11 mampu menghadirkan pengalaman visual yang luar biasa, halus, dan peningkatan respons yang lebih baik dari sebelumnya saat menampilkan berbagai konten.

Untuk video dan game dengan frame rate tinggi, pengguna dapat menikmati lebih banyak detail dan fokus pada tampilan grafik yang dinamis. Menelusuri internet dan maupun scroll dokumen juga akan terasa jauh lebih mulus dengan refresh rate tinggi ini. Tablet ini juga memungkinkan input tulisan tangan yang sangat responsif.

Tablet HarmonyOS 2 yang serbaguna ini dapat memberikan performa terbaik terlebih lagi bila dihubungkan dengan perangkat pintar lainnya. HUAWEI MatePad 11 dapat membantu pengguna di semua skenario, mulai dari kegiatan yang menunjang produktivitas sehari-hari hingga menikmati konten hiburan, membuat catatan, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya teknologi hemat daya dari HarmonyOS, HUAWEI MatePad 11 menawarkan hingga 12 jam pemutaran video HD 1080p secara terus menerus dan 12 jam penggunaan untuk berbagai aktivitas yang menunjang produktivitas hanya dengan sekali pengisian daya, sehingga memberi pengguna kemampuan untuk membawa tablet kapan pun mereka mau. Tablet ini juga mendukung teknologi adaptasi frame rate untuk menawarkan masa pakai baterai yang lebih tahan lama.

“Kami tidak sabar untuk memperkenalkan kreasi baru di lini tablet Huawei. MatePad 11 akan menjadi gadget terbaik untuk mendukung perkembangan sumber daya kita. Memberdayakan mereka untuk lebih produktif, kreatif, sekaligus memberikan hiburan terbaik. Bersamaan dengan itu, kami juga akan memperkenalkan teknologi TWS terbaru untuk memberikan pengalaman audio terbaik melalui HUAWEI FreeBuds 4. Bersiaplah untuk pengalaman teknologi yang lebih baik bersama Huawei,” tutup Patrik

Pre-order HUAWEI MatePad 11 akan dimulai pada tanggal 5 Agustus dan akan tersedia secara online di Shopee, Tokopedia, JDID, Blibli, Eraspace dan untuk jalur offline dapat dibeli melalui HUAWEI High End Experience Store, Erafone, dan toko mitra lainnya.

Sementara itu HUAWEI Freebuds 4 akan diluncurkan secara eksklusif secara online di Shopee dan saluran offline dapat dibeli melalui HUAWEI High End Experience Store, Erafone, dan toko mitra lainnya.

Tidak hanya menghadirkan penawaran menarik untuk HUAWEI MatePad 11 dan HUAWEI FreeBuds 4, pada tanggal 5 hingga 10 Agustus Huawei akan bekerja sama dengan Shopee untuk mengadakan Huawei Super Festival di Shopee yang mana akan ada diskon hingga 50% dan didukung pengiriman gratis, eksklusif promo, COD, cicilan 0% untuk semua konsumen. (Icha)

DANA eMAS Kini Bias Tarik Emas Fisik, Kirim Langsung Ke Rumah!

0

Telko.id – DANA eMAS kembali mengembangkan layanannya guna menjawab kebutuhan peminat investasi emas. Melalui fitur yang tersedia di aplikasi dompet digital DANA, selain dapat membeli emas digital, kini masyarakat juga bisa melakukan tarif emas fisik yang selanjutnya akan diantar langsung ke alamat sesuai konfirmasi. 

Layanan baru tarik emas fisik ini dikembangkan berdasarkan pemahaman mendalam terhadap perilaku, kebutuhan dan ekspektasi masyarakat Indonesia dalam berinvestasi emas. Dari survei internal fintech ini, sebanyak 60,9 persen pembeli emas digital melalui layanan ini berharap dapat mengonversikan emas digitalnya ke emas fisik.

Lewat layanan ini, harapan mayoritas pengguna tersebut kini dapat terwujud dengan cara yang mudah dan terjamin keamanannya.

Anda dapat melakukan pencetakan emas fisik sesuai dengan opsi berat gram yang dipilih, yaitu 1, 5, 10, 50 atau 100 gram. Setelah itu, Anda tingga mengisi alamat pengiriman dan mengonfirmasi apakah nama, alamat pengiriman, serta nomor kontak yang ditampilkan sudah benar.

Pada tahap ini, pengguna juga dapat melihat jumlah total biaya yang harus dibayarkan. Tahap terakhir adalah melakukan pembayaran dan emas fisik siap diantarkan ke alamat yang telah terkonfirmasi. Praktis dan tidak pakai ribet.

Hadirnya layanan baru konversi emas digital ke fisik melengkapi kapabilitas yang sebelumnya telah dihadirkan fintech ini. Di mana, para penggunanya yang berminat investasi emas memerlukan akses untuk mendapatkan informasi teraktual tentang harga emas, DANA mengembangkan fitur Notifikasi Harga Emas.

Melalui fitur ini, pengguna terbantu dalam membuat keputusan kapan waktu yang tepat untuk membeli emas. Sebanyak 67,7 persen mengatakan membeli pada saat harga emas sedang rendah, 44,6 persen membeli ketika terdapat dana lebih, dan 23,7 persen mengatakan membeli sehabis gajian.

“Lebih dari fakta-fakta tersebut, kami menyambut gembira antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan fitur yang kami kembangkan. Bagi kami, antusiasme tersebut mengonfirmasi diterimanya misi kami sebagai perusahaan teknologi finansial dalam mengembangkan teknologi digital untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan literasi keuangan,” ujar Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA.

Ia juga menyebutkan bahwa ada nya layanan ini ikut serta juga untuk membangun kesadaran pentingnya berinvestasi, serta membantu masyarakat untuk makin bijak dan cerdas dalam mengelola keuangannya dengan cara yang mudah, praktis dan terjamin keamanannya.

Guna menguatkan kepercayaan masyarakat terhadap kegiatan investasi dengan memanfaatkan teknologi digital, selain telah memperkuat dengan teknologi terdepan, lisensi-lisensi dari regulator dan fitur DANA Protection yang memberikan jaminan perlindungan 100 persen untuk setiap transaksi. Selain itu juga membangun kemitraan dengan lembaga-lembaga tepercaya.

Untuk memberikan jaminan perlindungan dan keamanan berinvestasi emas, perusahaan ini bekerja sama dengan Pluang yang akan mendukung penyediaan emas, baik digital maupun fisik, dan layanan pengantaran emas fisik ke alamat pengguna DANA.

“Pluang memberikan dukungan penyediaan emas digital maupun fisik, serta jaminan perlindungan dan keamanan dalam berinvestasi emas dan pengiriman emas fisik ke pengguna DANA,” ujar Claudia Kolonas, CEO dan Co-Founder Pluang.

Claudia berharap kemudahan, jaminan perlindungan keamanan, dan manfaat dalam berinvestasi emas yang dihadirkan DANA bersama Pluang, literasi keuangan masyarakat meningkat dan mereka, terutama generasi digital, makin menaruh kepercayaan dalam mengelola keuangannya secara bijak dan pintar melalui investasi. (Icha)

Indonesia Butuh Laptop Buatan Lokal Dalam Jumlah Banyak!

0

Telko.id – Indonesia perlu laptop buatan lokal dalam jumlah banyak. Hal ini terkait dengan adanya program digitalisasi sekolah untuk jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA pada tahun 2021 ini yang akan mengirimkan 190.000 laptop ke 12.000 sekolah dengan anggaran Rp1,3 triliun.

Sebanyak 100% dari anggaran tersebut dibelanjakan untuk laptop buatan lokal atau produk dalam negeri (PDN) dengan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Nadiem juga menekankan bahwa Kemendikbudristek akan terus melakukan pembelanjaan PDN di tahun-tahun berikutnya.

“Selain itu, pemerintah juga mengalokasikan Rp2,4 triliun untuk Dana Alokasi Khusus Pendidikan tahun 2021 di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota untuk pembelian 240.000 laptop. Sehingga kami mendorong komitmen pemerintah daerah dan dinas pendidikan untuk meningkatkan pembelanjaan PDN di bidang pendidikan,” lanjut Nadiem.

Peluang ini menjadi tantangan bagai pabrikan lokal untuk dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri tersebut, terutama untuk dunia pendidikan. Sehingga Laptop Buatan lokal bisa menjadi tuan di negaranya sendiri.

Saat ini permintaan produk laptop di Indonesia sekitar 3 juta unit per tahun. Sayangnya, produk lokal atau laptop buatan lokal hanya memenuhi kebutuhan pasar 5% saja. Sisanya adalah produk impor.

Itu sebabnya, Pemerintah terus mendorong belanja produk dalam negeri (PDN) di sektor pendidikan khususnya produk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Saat ini, belanja pemerintah pada bidang TIK masih rendah jika dibandingkan dengan produk impor. Untuk meningkatkan penggunaan produk TIK dalam negeri pada bidang pendidikan, pemerintah telah menetapkan target Rp 17 triliun pada tahun 2024.

“Pemerintah tengah berupaya membangkitkan industri TIK dalam negeri melalui berbagai program, antara lain (1) penyediaan akses pasar, (2) akses permodalan, (3) peningkatan kapasitas SDM, bekerja sama dengan sekolah vokasi dan perguruan tinggi, dan (4) penyerapan PDN melalui pengadaan barang/jasa pemerintah,” jelas Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut menambahkan bahwa pemerintah juga telah menyediakan fasilitas sertifikasi TKDN gratis menggunakan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp 112 miliar bagi produk dengan proyeksi nilai TKDN diatas 25 persen, dengan maksimal 8 jenis produk per industri.

“Kita semua harus bangga atas peralatan TIK yang diproduksi oleh anak bangsa. Kita harus menjadi penggerak kemajuan negeri kita sendiri,” pungkas nya.

 Sementara itu Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menjelaskan bahwa melalui Merdeka Belajar yang merupakan gerakan peningkatan kualitas pendidikan Indonesia, salah satu upaya yang dilakukan adalah penggunaan produk dalam negeri khususnya bidang teknologi pada sektor pendidikan.

“Kemendikbudristek terus mendorong penggunaan Produk Dalam Negeri dalam upaya digitalisasi sekolah untuk mewujudkan infrastruktur kelas dan sekolah masa depan. Ini adalah salah satu langkah strategis kami dalam mewujudkan visi Merdeka Belajar, yaitu pendidikan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia,” ungkap Nadiem.

Saat ini, beberapa perguruan tinggi juga sedang merancang dan mengembangkan komponen TIK dalam negeri beserta industrinya. ITB, ITS, dan UGM telah membentuk konsorsium dan menjalin kerja sama dengan industri TIK dalam negeri untuk memproduksi laptop buatan lokal yang disebut laptop “Merah Putih”. Kemendikbudristek juga memastikan produsen laptop PDN untuk melibatkan peserta didik SMK dalam praktik perakitan dan menjadi tenaga after sales service TIK PDN.

Menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, sampai saat ini produk TIK buatan industri dalam negeri sudah semakin berkembang. Hal ini merupakan hasil dari upaya pemerintah dalam memacu investasi dan mengakselerasi pemanfaatan teknologi terkini sesuai implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0.

“Kami terus mendorong pengoptimalan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) agar dapat memberikan multiplier effect yang luas bagi perekonomian nasional, termasuk menggairahkan usaha sektor komponen pendukungnya sehingga memperkuat struktur industri manufaktur di tanah air,” paparnya.

Agus juga menegaskan, bahwa produk yang memiliki nilai penjumlahan TKDN dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) di atas 40%, telah memiliki syarat untuk wajib dibeli, khususnya dalam pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah, BUMN, BUMD maupun swasta yang menggunakan APBN/APBD atau mengusahakan sumber daya yang dikuasai negara.

“Contohnya, untuk notebook, sudah terdapat 14 produk dalam negeri yang memiliki sertifikat TKDN, diproduksi oleh enam produsen di tanah air, dan delapan produk di antaranya telah memiliki nilai penjumlahan TKDN dan BMP di atas 40%,” tuturnya.

Selain itu, sudah terdapat 62 produk dalam negeri untuk Komputer Tablet yang memiliki sertifikat TKDN, yang diproduksi oleh 13 produsen lokal. Berikutnya, untuk router, sudah terdapat 4 produk dalam negeri yang memiliki sertifikat TKDN, diproduksi oleh empat produsen nasional, dan satu di antaranya memiliki nilai penjumlahan TKDN dan BMP di atas 40%. Ada pula desktop PC yang saat ini sudah terdapat tiga produk dalam negeri yang memiliki sertifikat TKDN, yang diproduksi oleh dua produsen lokal.

“Tahun ini kami juga memfasilitasi sertifikasi TKDN secara gratis untuk 9.000 produk, dengan minimal TKDN 25%. Satu perusahaan bisa difasilitasi hingga delapan sertifikasi TKDN,” ungkap Agus.

Untuk itu, pemerintah pusat dan daerah telah diwajibkan untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dalam pengadaan barang/jasa pemerintah (PBJ).

Menurut Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Roni Dwi Susanto, hal tersebut tertuang dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian. Lalu ada Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri, dan Peraturan Presiden No 16 Tahun 2018 beserta perubahan serta turunannya .

Turunannya tersebut adalah Surat Edaran Kepala LKPP Nomor 24 Tahun 2020 tentang Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Surat Edaran Bersama Kepala LKPP dan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengadaan Barang/Jasa dalam Pengelolaan Keuangan Daerah.

Kemudian ada juga Surat Edaran Deputi Bidang Monitoring-Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penggunaan Produk Dalam Negeri pada Proses EPurchasing, dan Surat Kepala LKPP kepada Kepala BPKP Nomor 8542/KA/08/2020 tentang Pengawasan Terhadap Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Peningkatan Peran Usaha Kecil dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Menurut Roni, Data Katalog Elektronik LKPP mencatat hingga 12 Juli 2021, realisasi e-purchasing pada Katalog Elektronik bidang pendidikan tahun anggaran 2021 adalah sebesar Rp3,954 triliun. Dengan realisasi produk lokal yang dibeli sebesar 50,69% atau sebesar Rp2,004 triliun dan produk impor sebesar 49,31% atau Rp1,950 triliun.

“Sebagai aksi afirmatif untuk mendukung produk dalam negeri dalam katalog elektronik, LKPP dapat memberikan akses kepada pejabat Kemendibud Ristek dan/atau Kemenperin untuk melakukan eksekusi freeze atau unfreeze produk-produk impor yang telah tersubstitusi oleh produk dalam negeri dan/atau apabila kapasitas produksi PDN tidak mencukupi kebutuhan nasional pada Katalog Elektronik bidang Pendidikan.” Pungkas Roni. (Icha)

Akun Twitter Lebih Aman! Ini Ada 6 Tips Yang Wajib Dilakukan

0

Telko.id – Akun Twitter harus selalu dijaga agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Tugas ini bukan hanya menjadi tugas Twitter saja, tetapi juga Anda sebagai pemilik akun Twitter.

Maklum saja, Twitter kini menjadi tempat yang menyenangkan untuk mencari inspirasi dari konten yang beragam, berpartisipasi dalam percakapan hingga mencari hobi baru yang bermanfaat.

Namun, keseruan ini kerap membuat pengguna terlalu nyaman sehingga lengah dalam menjaga privasi dan keamanan di dunia maya. Pengalaman menggunakan Twitter akan lebih nyaman jika setiap orang tetap waspada dan menjalankan langkah-langkah dalam meningkatkan keamanan. 

Twitter berperan dalam menyediakan tempat yang lebih aman bagi orang-orang dalam melakukan percakapan di Twitter dan menciptakan percakapan publik yang lebih sehat. Dalam usaha terkait keamanan dan privasi, Twitter juga selalu mengingatkan orang-orang untuk bertanggung jawab dalam mengelola akun Twitter masing-masing. 

Berikut ini adalah 6 tips yang dapat diikuti pengguna untuk menjaga keamanan akun Twitter:

Gunakan kata sandi yang unik

Pastikan kamu membuat kata sandi yang kuat dengan menggunakan minimum 10 karakter yang merupakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Pakai kata sandi yang berbeda untuk tiap situs web yang Anda kunjungi. Pertimbangkan penggunaan perangkat lunak untuk mengelola kata sandi yang dapat menyimpan semua informasi masuk Anda secara aman. Selain itu, Anda dapat memilih Perlindungan pengaturan ulang kata sandi di pengaturan Akun Twitter Anda.

Gunakan metode autentikasi dua faktor 

Autentikasi dua faktor (2FA) merupakan lapisan tambahan untuk Akun Twitter Anda dan memastikan bahwa hanya Anda yang dapat mengakses akun Twitter Anda. Hanya orang yang memiliki akses ke kata sandi dan nomor ponsel Anda (atau kunci keamanan) yang dapat masuk ke akun Anda.

Mulai akhir bulan Juni 2021, Anda memiliki opsi untuk menggunakan kunci keamanan sebagai satu-satunya bentuk autentikasi dua faktor (2FA), yang merupakan cara paling efektif untuk menjaga keamanan akun Twitter.

Pastikan masuk melalui situs Twitter resmi 

Phishing akan selalu mengintai untuk mendapatkan informasi pribadi jika orang mengunjungi situs palsu. Tampilan web phising yang mirip dengan halaman masuk Twitter sangat rentan untuk mengecoh pengguna. Kami juga menyarankan Anda untuk periksa kembali tautan yang Anda buka, baik dari email maupun Direct Message sebelum memberikan data pribadi Anda termasuk kata sandi. Ubah kata sandi Anda sesegera mungkin jika terkena phishing dan baca panduan untuk akun yang disalahgunakan.

Waspada terhadap pihak yang mengatasnamakan Twitter 

Selalu waspada jika ada pihak yang mengaku sebagai perwakilan Twitter yang menghubungi Anda dan meminta data pribadi. Perlu diingat, bahwa Twitter tidak pernah meminta pengguna untuk memberikan kata sandi melalui email, Direct Message, atau balasan. Jangan membuka lampiran atau tautan jika Anda menerima pesan untuk menginstal perangkat lunak apa pun, karena itu bukan dari pihak Twitter. 

Waspada jika ada peringatan masuk yang mencurigakan

Twitter akan mengirimkan notifikasi melalui email atau notifikasi push jika mendeteksi aktivitas mencurigakan atau saat Anda masuk ke akun Twitter dari perangkat baru untuk pertama kalinya. Notifikasi ini biasanya mencantumkan lokasi yang merupakan perkiraan alamat IP yang digunakan untuk mengakses Twitter.

Melalui notifikasi ini, Anda dapat memverifikasi apakah Anda yang benar-benar masuk melalui perangkat tersebut. Jika bukan, kami sarankan Anda untuk mengikuti langkah-langkah yang tercantum dalam notifikasi untuk mengamankan akun Anda, dimulai dengan mengubah kata sandi.

Periksa tautan yang ada di Twitter

Sebagai tempat terjadinya percakapan, orang-orang di Twitter banyak membagikan informasi menarik, dan banyak yang membagikan tautan ke situs lain, baik melalui Tweet maupun Direct Message. Jika Anda melihat adanya tautan menggunakan pemendek URL, seperti bit.ly atau TinyURL, pastikan Anda memeriksa arah tautan tersebut sebelum Anda membuka-nya. Gunakan plug-in gratis dari Chrome dan Firefox untuk menunjukkan URL yang diperpanjang tanpa harus mengklik terlebih dahulu. 

Twitter selalu beradaptasi dengan kondisi terkini dan berupaya agar akun-akun pengguna tetap aman dan terlindungi. Salah satu upaya terbaru Twitter adalah menambahkan opsi untuk menjadikan kunci keamanan sebagai satu-satunya metode 2FA. Dengan pembaruan ini, Twitter mengajak pengguna untuk mengaktifkan kunci keamanan agar pengaturan akun yang lebih baik. 

Pastikan Anda selalu meninjau akun secara berkala dan tingkatkan keamanan dalam penggunaan media sosial. Ikuti akun @TwitterSafety untuk mendapatkan informasi terbaru tentang usaha Twitter dalam menjadikan Twitter lebih aman untuk semua pengguna. (Icha)

Telkomsel Mitra Inovasi Sudah Kucurkan Dana USD 40 juta

0

Telko.id – Telkomsel Mitra Inovasi sebagai salah satu anak usaha Telkomsel yang bergerak di bidang permodalan ventura semakin mengukuhkan langkahnya untuk dukung startup di tanah air. Itu sebabnya, perusahaan ventura ini pun menunjuk Marlin R. Siahaan sebagai Direktur Utama baru TMI.

Telkomsel Mitra Inovasi merupakan inisiatif digital Telkomsel yang juga konsisten dalam pemberdayaan digital-preneurs, terurama startup yang memiliki potensi untuk berkembang di Indonesia melalui aksi investasi dan kolaborasi dengan mengoptimalkan ekosistem, aset, dan kompetensi yang dimiliki oleh Telkomsel.

“Sejak dihadirkan pada 2019, TMI telah dibentuk sebagai mitra yang mendorong startup dalam mendisrupsi pasar yang besar untuk memungkinkan transformasi industri, peningkatan peluang, dan mempersempit kesenjangan bisnis,” ungkap Hendri Mulya Syam, Direktur Utama Telkomsel.

Telkomsel pun telah menempatkan TMI sebagai mitra andal dalam mendukung dan mempercepat pertumbuhan digital-preneurs dari para pelaku startup berpotensi di Indonesia, bahkan dunia. Komitmen tersebut menjadi salah satu upaya yang terus Telkomsel lakukan guna memperluas portofolio bisnis sekaligus memperkuat ekonomi digital nasional.

Sebagai upaya keberlanjutan meneguhkan kiprah tersebut, TMI kini hadir dengan semangat baru melalui berbagai perubahan yang dilakukan, salah satunya dengan menunjuk Marlin R. Siahaan sebagai Direktur Utama baru Telkomsel Mitra Inovasi.

Telkomsel optimis, berbekal pengalaman lebih dari 21 tahun di industri media, telekomunikasi dan teknologi digital, Marlin akan semakin mengukuhkan positioning TMI sebagai mitra startup yang memberikan dukungan dalam bentuk pengembangan dan pemberdayaan solusi masa depan melalui dukungan strategic investment yang akurat dan terukur.

Selama ini TMI memberikan dukungan bukan dalam bentuk investasi modal semata, melainkan juga memperkuat synergy value melalui pemanfaatan keunggulan aset yang dimiliki Telkomsel serta mengutamakan kolaborasi jangka panjang dengan para pelaku startup dalam menghadirkan solusi terdepan yang memberikan manfaat sosial digital bagi setiap lapisan masyarakat secara lebih luas.

“Nilai tersebut akan selalu dibawa dan menjadi pembeda bagi TMI yang berkomitmen menghadirkan smart digital-preneurship di Indonesia untuk mampu bersaing dalam skala global,” ungkap Marlin saat Media Update yang berlangsung virtual pada Kamis (22/07/2021).

TMI sendiri selama ini terus mengembangkan investasi pada solusi masa depan bagi masyarakat, yang berfokus pada sektor perdagangan dan periklanan, media dan hiburan, connecting device dan hardware, data dan analisis, serta jaringan dan infrastruktur.

Selama ini TMI telah giat mengakselerasi pertumbuhan startup di sektor-sektor tersebut dengan memanfaatkan sumber daya Telkomsel, mengakselerasikan inovasi (accelerate), menyediakan dana tambahan untuk memaksimalkan potensi bisnis (additional funds), serta menghubungkan para startup dengan ekosistem investor lainnya (affiliate).

Marlin lebih lanjut menambahkan, dari sekiranya sembilan startup yang sudah mendapatkan investasi pre series dan series A/B melalui TMI, hampir seluruhnya merupakan startup lokal hasil karya anak negeri, yang memiliki potensi pengembangan bisnis digital yang menjanjikan di tiap sektornya.

Hingga saat ini TMI telah melakukan investasi sekira USD 40 juta di sejumlah startup yang sedang berkembang pesat di Indonesia, antara lain seperti Kredivo, PrivyID, Qlue, Halodoc, Tanihub, Tada, SiCepat, dan Inspigo.

Beberapa yang sudah terimplementasi antara lain kolaborasi bersama Kredivo dalam  melakukan skoring kredit dengan memanfaatkan big data Telkomsel serta dalam penyediaan opsi pembayaran dalam berbagai produk dan layanan Telkomsel serta kolaborasi bersama Halodoc dalam menghadirkan bundling paket data  layanan kesehatan dan konsultasi telemedicine tanpa biaya selama pandemi COVID-19 serta mendorong inovasi untuk mempermudah akses layanan berbasis health-tech bagi masyarakat.

Selain itu, sinergi TMI bersama Tanihub juga dilakukan dalam melakukan skoring kredit dengan memanfaatkan big data Telkomsel untuk memberikan modal usaha bagi petani, serta dalam memberikan solusi internet of things (IoT) bagi petani yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pertanian, dan juga memberikan kemudahan akeses  konektivitas digital bagi para petani melalui paket data yang ekonomis. 

Sedangkan kolaborasi bersama SiCepat juga dilakukan antara lain dalam penyediaan paket data bagi kurir serta dalam implementasi solusi IoT dalam pengelolaan armada kurir.

Telkomsel Mitra Inovasi juga membuka peluang investasi bagi perusahaan rintisan global yang memiliki rencana pengembangan bisnis yang matang untuk memaksimalkan potensinya di Indonesia, sehingga diharapkan juga dapat mendorong perkembangan positif bagi ekosistem digital tanah air.

Salah satunya, TMI telah berhasil menjembatani kolaborasi yang terjalin antara Roambee, startup asal Silicon Valley USA dengan Telkomsel dalam menghadirkan Asset Performance Management, solusi end-to-end berbasis IoT yang dapat digunakan untuk memonitor lokasi dan kondisi produk atau aset perusahaan seperti suhu, kelembapan, dan tekanan udara secara real-time.

“Ke depan, TMI akan semakin dikembangkan untuk membuka berbagai peluang kolaborasi dan pemberdayaan startup lebih luas lagi. Sudah ada banyak hal yang telah kami persiapkan untuk merealisasikan berbagai rencana strategis dalam beberapa waktu ke depan” ucap Marlin.

Harapannya, segala upaya tersebut mampu mendorong pemberdayaan calon digital-preneurs di Indonesia dan dunia melalui pemanfaatan ekosistem digital yang dimiliki oleh Telkomsel, demi penguatan ekosistem digital Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan. (Icha)

blu, Gaya BCA Digital dan Blibli Perkuat Ekosistem Digital Indonesia

Telko.id – Blu, sebuah platform perbankan digital keluaran dari anak perusahaan BCA yakni BCA Digital. blu ini juga menjadi awal dari debut pertamanya di dunia digital.

BCA Digital sendiri hadir sebagai bank tanpa cabang yang lahir sepenuhnya dalam ekosistem digital, dengan misi untuk menyediakan platform perbankan all-in-one yang dapat menjawab berbagai kebutuhan segmen nasabah modern.

Dalam peluncuran Blu, BCA Digital menggandeng e-commerce lokal yakni Blibli, untuk membentuk sinergi perdana lintas sektor. Ini merupakan kemitraan pertama di Indonesia antara perbankan dan e-commerce untuk memperkuat komitmen keduanya dalam menghadirkan nilai tambah kepada pelanggan.

Lebih jauh, langkah ini juga merupakan wujud dukungan BCA Digital dan Blibli terhadap percepatan transformasi ekonomi digital melalui adopsi layanan perbankan digital di Indonesia.

blu menyediakan berbagai fitur inovatif, seperti pembukaan rekening secara online dan alokasi menabung ke 10 sub-rekening bluSaving yang berbeda, agar nasabah dapat memisahkan pendapatan sesuai dengan pos-pos kebutuhannya.

Aplikasi blu dilengkapi dengan fitur bluGether, tabungan yang berfungsi seperti rekening bendahara, serta bluDeposit yang memudahkan nasabah membuka deposito yang bisa di top up.

Sejak diluncurkan, fitur seperti bluSaving dan bluGether telah mendapatkan respon hangat dari nasabah BCA Digital. Dari data yang ada saat ini, setidaknya 26,2% dari total top 5 bluSaving  digunakan untuk alokasi budget belanja, disusul dengan 20,9% nasabah menabung untuk berlibur, 18,5% untuk persiapan dana pensiun, 17,2% untuk pembelian rumah, dan 17% untuk pembelian kado.

Sementara penggunaan fitur patungan bluGether terpopuler adalah untuk: patungan liburan bersama (35,4%), pembelian kado (19,9%), tabungan pernikahan dan donasi (15,2%), serta pembelian rumah (14,1%).

“Kami percaya bahwa inovasi perbankan digital tidak berhenti pada kebutuhan finansial saja. Seiring dengan semakin eratnya fungsi bank digital dalam kehidupan sehari-hari, kami ingin punya andil untuk menghadirkan kemudahan dunia digital yang sesungguhnya. Oleh karena itu, di BCA Digital, kami berkomitmen mengembangkan platform yang dapat memenuhi kebutuhan finansial dan non-finansial nasabah, lewat ekosistem digital yang saling terkoneksi,” jelas Lanny Budiati, Direktur Utama BCA Digital.

Untuk memperluas skala ekosistem digital mumpuni dan berkelanjutan, BCA Digital berkolaborasi dengan partner non-perbankan yang sudah menjadi ahli di bidangnya. Perusahaan e-commerce Blibli akan menjadi partner eksklusif blu yang pertama dalam merealisasikan platform berbasis ekosistem digital ini.

Keduanya memiliki kesamaan dalam menjalankan bisnis masing-masing, yaitu selalu memprioritaskan kepuasan pelanggan Customer Satisfaction First dan melayani segmen yang serupa, yaitu generasi modern digital-savvy.

Melalui integrasi antara blu dan Blibli, pelanggan dapat merasakan berbagai manfaat di platform Blibli, mulai dari membuka akun rekening bank digital secara mudah hingga melakukan transaksi pembayaran e-commerce. Pelanggan Blibli juga bisa melakukan transaksi secara praktis di aplikasi dengan menggunakan akun digital blu melalui fitur in-app payment ataupun QRIS yang dapat digunakan di luar ekosistem Blibli.

Tidak hanya itu, pelanggan Blibli dapat mengakses layanan perbankan digital blu kapan saja, termasuk keuntungan berbelanja di Blibli, antara lain free ongkir, produk asli dan berkualitas, jaminan retur, dan Customer Care 24/7.

Kolaborasi strategis ini juga memungkinkan pelanggan memanfaatkan bluGether, fitur patungan untuk membeli produk yang ada di Blibli, bersama dengan teman atau kerabat, dan selama periode peluncuran, Blibli memberikan promosi khusus bagi nasabah blu di Blibli berupa cashback 100% ke Blipay sampai dengan Rp 100.000 untuk periode 22-24 Juli 2021 dan 28-31 Juli 2021 bagi pelanggan yang membuka akun baru sebesar Rp 500.000 dan diskon 50% untuk transaksi di Blibli selama perayaan 10 tahun anniversary 25-27 Juli 2021.

“Blibli semakin serius mengembangkan ekosistem e-commerce dengan menggandeng mitra yang tepat dari berbagai industri, termasuk perbankan. Kami percaya bahwa hanya dengan sinergi, pengembangan ekosistem digital di indonesia mampu mencapai potensi dan kemitraan ini merupakan strategi Blibli untuk memperkuat solusi bagi para pelanggan yang selaras dengan semangat #KarenaKamuNo1,” ungkap Kusumo Martanto, CEO & Co-founder Blibli.

“Untuk itu, inovasi layanan platform perbankan digital ini merupakan momen pencapaian penting yang patut dibanggakan, karena mengukuhkan Blibli sebagai e-commerce pertama di indonesia yang terintegrasi secara penuh dengan bank digital di Indonesia,” tegas Kusumo.

Dengan berbagai fitur, layanan, dan kemitraan yang akan terus ditingkatkan, BCA Digital melalui blu mendukung misi pemerintah untuk mewujudkan indeks inklusi keuangan sebesar 90% di tahun 2024. Selama tahun 2021, BCA Digital berencana untuk menjaring setidaknya ratusan ribu nasabah baru yang menikmati layanan aplikasi blu.

Kehadiran blu juga ditandai dengan menginisiasi kampanye pilot bertemakan #blubuatbaik. Pada kampanye ini, blu dan BCA Digital turun tangan dalam menjaga lingkungan dari ancaman sampah, khususnya sampah plastik, yang merusak ekosistem alam di indonesia. (Icha)

Artajasa dan Lintasarta Kembangkan Solusi Penerbitan Kartu Digital

Telko.id –  Artajasa dan Lintasarta kembangkan solusi penerbitan kartu digital. Layanan baru ini akan hadir dengan nama Third Party Card Management (TPCM), sebuah layanan dari Kolaborasi 3 pihak antara Artajasa-Lintasarta dan Worldline ini menjadikan sebagai layanan Third Party Processor (TPP) yang pertama di Indonesia.

Layanan ini hadir karena Artajasa dan Lintasarta serta Worldline bersama-sama menyadari bahwa dalam beberapa tahun terakhir, cara bertransaksi masyarakat mengalami pergeseran dari cara konvensional menjadi cashless atau tanpa menggunakan uang tunai. Karenanya kalangan perbankan dan insitusi keuangan dituntut untuk mengembangkan produk untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi tersebut.

Namun untuk melakukan pengembangan system digital yang mumpuni diperlukan investasi sistem yang besar. Salah satu pilihan efisien yang dapat dilakukan adalah dengan bekerja sama dengan pihak ketiga yang dapat mendukung sistem dan menangani operasional dari proses bisnis berbasis Kartu hingga Paylater Account.

Untuk itu layanan Third Party Card Management (TPCM) ini menjadi jawaban atas kebutuhan institusi Perbankan ataupun institusi keuangan lainnya.

“Konsorsium Artajasa dan Lintasarta didukung Worldline ini hadir karena memahami adanya tantangan dan persaingan di kalangan Perbankan dan institusi keuangan untuk bersaing dalam melayani pelanggan,” ungkap Siti Hidayati, Direktur Artajasa saat penandatanganan kerjasama Third Party Card Management Service pada Kamis (22/07/2021) secara virtual .

Ia juga menyebutkan bahwa Artajasa ingin mengambil peran sebagai penyedia solusinya khususnya dibidang sistem pembayaran dan manajemen card issuing. Dengan menghadirkan Third Party Card Management sebagai solusi bagi perbankan dan institusi keuangan untuk menjalankan bisnis secara cepat dan efisien dengan mengedepankan konektivitas langsung dengan prinsipal internasional , efisiensi harga, kecepatan dan keamanan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Lintasarta Arya Damar menyebutkan bahwa TPCM merupakan solusi lengkap untuk pengembangan bisnis proses produk berbasis kartu kredit hingga Paylater account.

Layanan ini terbilang lengkap dengan cakupan layanan aktivasi, transaksi, pembuatan tagihan, hingga pengawasan dari fraud. Konsorsium Artajasa – Lintasarta TPCM memungkinkan industri keuangan untuk mengembangkan bisnis berbasis kartu kredit secara eksklusif dengan brand perusahaannya.

Dengan tenaga infrastruktur yang profesional dan pakar di bidangnya, Lintasarta mampu memberikan layanan yang prima dan andal bagi Bank dengan memenuhi kebutuhan infrastruktur TPCM, yaitu menggunakan Data Center (DC) yang berlokasi di Technopark, Banten, dan ditunjang dengan Disaster Recovery Center (DRC) yang berlokasi di Jatiluhur, Jawa Barat, serta didukung dengan sistem keamanan yang mampu memproteksi hingga ke lapisan (layer) tujuh aplikasi.

“Tidak hanya itu, solusi ini akan membantu industri keuangan menurunkan biaya investasi dan operasional kartu kredit seperti penerbitan kartu kredit, pencatatan transaksi hingga penanganan fraud. Kerja sama dengan perusahaan nasional maupun internasional, menjadikan kemudahan bagi nasabah bertransaksi di mana pun dan kapan pun. Sementara itu, di sisi lain perusahaan perbankan dalam mengelola kartu kredit dapat tetap fokus pada bisnis inti perusahaan,” kata Arya Damar.

CEO Worldline APAC, Mr Tee Kee Ming berkomentar bahwa kolaborasi strategis untuk Worldline ini adalah untuk mendukung Artajasa dan Lintasarta menjadi TPCM pertama di Indonesia, peluncuran yang tepat waktu ini akan membantu lebih banyak Bank menengah dan kecil untuk mempercepat transformasi pembayaran digital mereka dan dalam memungkinkan populasi yang lebih besar di Indonesia untuk berpartisipasi dan menikmati manfaat pembayaran tanpa uang tunai dan digital.

Worldline sendiri berkomitmen penuh untuk menghadirkan lebih banyak solusi dan layanan terbaik ke Indonesia dan akan terus melayani pelanggan saat ini dan masa depan untuk mendukung pertumbuhan industri pembayaran di Indonesia.

Sebagai informasi, Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) merupakan perusahaan sistem pembayaran di Indonesia dan prinsipal layanan ATM Bersama. Sedangkan Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) adalah penyedia layanan Information and Communication Technology (ICT) total solutions di Indonesia.

Worldline Internasional Indonesia (Worldline) sendiri merupakan penyedia solusi pembayaran di internasional dengan pemain utama dan pangsa pasar terbesar di Indonesia dan diregional yang terkenal dengan keandalan dan keahlian sistem pembayaran mereka. (Icha)