spot_img
Latest Phone

OpenAI Siapkan Browser dengan AI, Saingan Google Chrome

Telko.id - OpenAI sebagai induk perusahaan dari ChatGPT sedang...

TECNO Luncurkan POVA 7 Series, Desain Futuristik dan Performa Gaming AI

Telko.id - TECNO resmi meluncurkan POVA 7 Series di...

Google Akhirnya Gabungkan Android dan ChromeOS, Apa Kelebihannya?

Telko.id - Google secara resmi mengonfirmasi rencana besar mereka...

Garmin Venu X1 Resmi Dirilis: Smartwatch Teringan dengan Layar 2 Inci

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan Venu X1,...

OPPO Reno14 Pro Berbekal MediaTek Dimensity 8450, Performa Lebih Cepat

Telko.id - OPPO resmi memperkenalkan Reno14 Pro sebagai smartphone...
Beranda blog Halaman 595

Operasikan BTS USO, Jaringan 4G XL Axiata Membentang Hingga Maluku dan Papua

0

Telko.id –  Operasikan BTS USO di Kawasan Timur Indonesia, jaringan 4G XL Axiata membentang hingga Maluku dan Papua. Untuk di Kepulauan Maluku yang sangat luas, operator ini sudah menyediakan jaringan 4G hingga area-area pelosok di 14 kabupaten. Mulai Halmahera di Utara, Maluku Tengah, hingga Kepulauan Aru di Selatan.

Selain itu, XL Axiata juga melayani 10 kabupaten di Papua dan Papua Barat yang rata-rata memiliki medan yang sulit. Sebagian besar titik lokasi BTS USO 4G tersebut berada di area yang sangat jauh dan sulit ditempuh dari pusat pemerintahan, baik di kabupaten atau pun provinsi.

Kerjasama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dalam membangun infrastruktur jaringan 4G ke berbagai wilayah terpencil di Kawasan Timur Indonesia dengan skema Universal Service Obligation (USO) ini, XL sedikitnya sudah melakukan di 181 titik terpencil yang berada di Kepulauan Maluku yang sangat luas, serta di Papua.

Pengoperasian BTS USO yang telah dimulai dari Desember 2019 dan terus bertambah sepanjang 2020, merupakan bagian dari implementasi komitmen XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya Membangun Indonesia Digital.

“Memanfaatkan program USO, kami berupaya untuk turut menyediakan jaringan 4G hingga area-area pelosok di 14 kabupaten yang berada di Kepulauan Maluku yang sangat luas, mulai Halmahera di Utara, Maluku Tengah, hingga Kepulauan Aru di Selatan. Selain itu, kami juga mulai melayani 10 kabupaten di Papua dan Papua Barat yang rata-rata memiliki medan yang sulit. Semoga keberadaan ratusan infrastruktur jaringan 4G tersebut mampu mendorong produktivitas ekonomi dan memfasilitasi kebutuhan sosial warga sekitar, serta membuka keterisolasian mereka dari dunia luar,” ungka I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata.

Gede menyebutkan, 83 titik BTS USO 4G yang telah dioperasikan di Maluku Utara saat ini, tersebar di Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Kepulauan Sula, Kota Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Pulau Taliabu.

Sementara itu di Provinsi Maluku ada total 39 BTS USO, tepatnya berlokasi di Kabupaten Buru, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat, dan Kabupaten Seram Bagian Timur.

Untuk di Propinsi Papua ada total 36 BTS USO, berada di Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi, dan Kabupaten Merauke. Sementara di Propinsi Papua Barat ada total 23 BTS USO, berada di Kabupaten Fakfak, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Maybrat, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Teluk Wondama.

Layanan 4G XL Axiata di kepulauan Maluku, serta Papua telah mulai beroperasi sejak Desember 2019 dan terus bertambah sepanjang 2020.  Lewat layanan 4G ini, tersedia akses data bagi warga masyarakat di kawasan ini, setelah sebelumnya, desa tempat tinggal mereka sama sekali belum pernah terjangkau oleh jaringan data.

Sebagian besar titik lokasi BTS USO jaringan 4G tersebut berada di area yang sangat jauh dan sulit ditempuh dari pusat pemerintahan baik di kabupaten atau pun provinsi. Sebagai contoh BTS USO yang berada di Kabupaten Halmahera Selatan masing-masing berada di Desa Sosepe dan Kelo, Kecamatan Obi Timur, Desa Saketa, Kecamatan Gane Barat, Desa Imbu-imbu, Kecamatan Kasiruta Barat, Desa Kaireu, Kecamatan Bacan Timur, dan Desa Ocimaloleo, Kecamatan Obi Selatan.

Jarak desa-desa tersebut dari ibu kota kabupaten di Labuha, Pulau Bacan, beragam yang bisa mencapai lebih dari 100 km dansebagian di antaranya berada di pulau lainnya. Desa Sosepe, Kelo, dan Ocimaloleo di Pulau Obi berada di lokasi yang terjauh, yaitu sekira 150 km ke Labuha, dan sekira 300 km ke Ibu Kota Provinsi Ternate, serta harus menyeberang pulau.   

Setelah lebih dari setahun beroperasi, saat ini masing-masing BTS USO di wilayah ini telah melayani warga sekitar dan dimanfaatkan secara aktif oleh ratusan pelanggan layanan telekomunikasi dan data. Trafik layanan juga terpantau terus meningkat seiring dengan terus meningkatnya pemahaman warga atas manfaat jaringan telekomunikasi dan data, termasuk untuk mendukung aktivitas ekonomi dan sosial. Warga juga bisa mendapatkan sim card XL Axiata dengan cukup mudah karena distribusinya sebagian besar sudah menjangkau kios-kios yang ada di sekitar desa.

Hingga saat ini XL Axiata mengoperasikan total 362 BTS USO yang berada di 344 desa yang berada di 61 kabupaten dan 17 provinsi. XL Axiata akan terus berupaya menghadirkan layanan telekomunikasi dan data dengan kualifikasi jaringan 4G untuk masyarakat di desa-desa yang sebelumnya sama sekali belum terjangkau layanan tersebut. (Icha)

Lintasarta Cloudeka, Permudah Bisnis Masuk ke Era Revolusi Industri 4.0

0

Telko.id – Lintasarta Cloudeka, bakal permudah bisnis masuk ke era revolusi industri 4.0. Dimana, pada dasarnya revolusi industry 4.0 ini membawa perubahan pada hampir seluruh sektor bisnis. Revolusi ini menitikberatkan pada otomatisasi melalui kolaborasi teknologi digital.

Inti dari revolusi industri 4.0 adalah transformasi komprehensif dari seluruh aspek produksi di industri yang mampu meningkatkan perkembangan dan kemajuan di berbagai sektor industri. Dunia bisnis mulai merasakan kebutuhan akan adaptasi teknologi yang semakin cepat, terutama di masa pandemi Covid-19.

Saat ini cloud menjadi solusi dengan memberi berbagai keunggulan dan kemudahan dalam menjalankan aktivitas bisnis. Maka tak heran sejumlah perusahaan berhasil mengalami peningkatkan performa hingga cukup tinggi setelah menerapkan sistem cloud computing secara optimal.

Penggunaan cloud di Indonesia diperkirakan meningkat Rp27,3 triliun atau melonjak hingga 201,8% pada 2025, dengan peningkatan CAGR sebesar 31,8% dari Rp 9,1 triliun pada 2021.

“Digital transformasi tidak mungkin terjadi dalam satu malam. Dibutuhkan perencanaan yang matang dan tentunya akan ada tahapan atau road map dari rencana transformasi digital itu sendiri. Sangat penting untuk bisnis memulainya dari yang fundamental, yakni kesiapan dan kematangan infrastruktur, salah satunya cloud,” ujar Marketing & Solution Director Lintasarta Ginandjar.

Ginandjar menuturkan, selama 10 tahun terakhir Lintasarta Cloudeka telah hadir di Indonesia dan melayani berbagai jenis industri mulai dari banking, finance non–bank, government, resources, agriculture, manufacture, higher education, hospital, telecommunication, hingga digital company untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data yang reliable, secure, dan scalable.

“Selama itu juga kami terus berkembang dan melayani berbagai sektor industri. Dengan pengalaman tersebut, tentunya kami selalu memastikan untuk bisa menjadi cloud provider yang dapat diandalkan di dukung dengan berbagai macam solusi lain seperti connectivity, data center, security, dan solusi digital lainnya. Kami terus berproses dan bertransformasi menjadi perusahaan cloud berbasis One Stop Solutions,” ujarnya.

Melihat tingginya kebutuhan akan cloud computing maka Lintasarta menghadirkan Lintasarta Cloudeka yang di launching pada 15 September 2021 dalam Lintasarta Cloudeka Conference: ICT & Business Outlook 2022.  Lintasarta Cloudeka menawarkan serangkaian solusi cloud anak negeri yang dikembangkan dengan mitra teknologi ternama untuk menghadirkan layanan yang aman, mudah, dan hemat biaya, tanpa harus membangun infrastruktur TI sendiri.

“Dengan wajah baru, identitas baru, dan harapan serta semangat baru, Lintasarta Cloudeka hadir membantu dan memudahkan para pelanggan sehingga terbebas dari urusan menyimpan serta mengelola data perusahaan. Cloudeka terus berdedikasi untuk membangun dan memelihara kemitraan yang kuat demi meningkatkan bisnis lokal melalui penyediaan layanan cloud end-to-end,” paparnya.

Menurut Ginandjar, dengan keunggulan cloud yang dimiliki Lintasarta diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi berbagai perusahaan tentang kebutuhan pasar bagaimana memberikan solusi terbaik bagi pelanggan yang akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan bisnisnya. “Kami senantiasa selalu menjaga kepercayaan, komunikasi yang transparan dan jujur kepada pelanggan kami,” ungkap Ginandjar.

VP Lintasarta Cloud Product Reski Rukmantyo menambahkan berdasarkan infrastrukturnya, Cloudeka menyediakan lima jenis cloud, antara lain: Pertama, Deka Prime (PX1) yang merupakan layanan public cloud didukung dengan fitur-fitur andal yang dapat menunjang bisnis pengguna.

Kedua, Deka Flexi (FX2) yang merupakan layanan public cloud dengan skema pay-per-use dan deployment VM sederhana. Ketiga, Deka Vault yang merupakan layanan cloud backup untuk melindungi dari bencana guna membantu pengguna melakukan sinkronisasi terhadap server virtual utama.

Keempat, Deka Premium yang merupakan layanan private cloud didedikasikan untuk hanya satu pengguna. Kelima, Deka Box yang merupakan layanan object storage untuk mengelola penyimpanan data perusahaan.

Reski menjelaskan berdasarkan platform, Cloudeka menyediakan Deka Harbour, yakni layanan cloud berbasis container untuk mengelola aplikasi perusahaan. Cloudeka juga menyediakan software Deka Sense dan Intelligent Video Analytics.

Dalam Deka Sense, layanan data analytics berbasis teknologi social intelligence untuk menghasilkan laporan analisis brand perusahaan dari media digital. Sementara itu, Intelligent Video Analytics merupakan layanan perangkat lunak siap pakai berbasis teknologi artificial intelligence untuk memantau live-video guna mengumpulkan data atribut, peristiwa, atau pola perilaku tertentu.

Tak hanya itu, Cloudeka memiliki kategori security. Pertama, Next Generation Firewall untuk melindungi infrastruktur IT dari serangan Malware. Kedua, Load Balancer untuk memastikan web aplikasi pengguna tetap tersedia dalam kondisi apapun. Terakhir, Aplikasi Web Firewall untuk melindungi aplikasi web pengguna dari serangan siber. (Icha)

Indosat Ooredoo Hutchison Nama Baru dari merger Indosat dan Tri

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison adalah nama baru dari merger Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia atau H3I. Hal ini sudah resmi diumumkan pada hari ini. Dalam pengumuman itu, Grup Ooredoo dan CK Hutchison setuju menggabungan bisnis mereka di Indonesia dengan tujuan menciptakan telco digital kelas dunia baru untuk Indonesia. Nilai merger ini mencapai US$6 Miliar.

Indosat Ooredoo Hutchison akan mengkonsolidasikan perusahaan hasil merger sebagai operator kedua yang lebih kuat di Indonesia dengan pendapatan tahunan sekitar US$3 miliar. Harapannya merger ini dapat bermanfaat bagi semua pemegang saham dan pelanggan dan semakin mempercepat transformasi digital Indonesia

Penggabungan Indosat Ooredoo dan H3I akan menyatukan dua bisnis yang saling melengkapi untuk menciptakan perusahaan telekomunikasi dan internet digital kelas dunia yang lebih besar, lebih kuat secara komersial dan lebih kompetitif, ditempatkan dengan baik untuk memberikan nilai lebih bagi semua pemegang saham, pelanggan, dan bagi Indonesia.

Indosat Ooredoo Hutchison akan berada di posisi yang tepat untuk mempercepat pertumbuhan dan transformasi ekonomi Indonesia menuju masyarakat digital. Ini akan menjadi perusahaan telekomunikasi seluler terbesar kedua di negara ini, dengan perkiraan pendapatan tahunan sekitar US$3 miliar.

Perusahaan gabungan akan memiliki skala, kekuatan finansial, dan keahlian untuk bersaing secara lebih efektif. Menggabungkan aset dan produk Indosat Ooredoo dan H3I yang saling melengkapi akan mendorong inovasi dan peningkatan jaringan yang akan memungkinkan penyampaian layanan digital yang luar biasa, serta penawaran produk yang lebih luas, kepada pelanggan di seluruh Indonesia.

Indosat Ooredoo dan H3I memiliki infrastruktur yang saling melengkapi dan kombinasi dari aset-aset ini juga akan memungkinkan perusahaan hasil merger untuk mendapatkan keuntungan dari sinergi biaya dan CAPEX serta memberikan keuntungan yang lebih besar kepada semua pemangku kepentingan. Sinergi pra-pajak tarif berjalan tahunan sekitar US$300-400mm diharapkan dapat direalisasikan selama 3-5 tahun.

Selain itu, Indosat Ooredoo Hutchison akan dapat memanfaatkan pengalaman dan keahlian Grup Ooredoo dan CK Hutchison dalam jaringan, teknologi, produk dan layanan, serta memanfaatkan operasi multinasional mereka yang mencakup pasar utama di Eropa, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia Pacific. Perusahaan yang bergabung juga akan mendapatkan keuntungan dari kekuatan gabungan dan skala ekonomi mereka dalam fungsi seperti pengadaan.

Setelah merger, pasar ponsel Indonesia diharapkan dapat mempertahankan tingkat persaingan yang sehat, menarik bagi investasi jangka panjang di seluruh industri.

Grup Ooredoo saat ini memiliki 65,0% kepemilikan saham pengendali di Indosat Ooredoo melalui Ooredoo Asia, sebuah perusahaan induk yang dimiliki sepenuhnya. Penggabungan Indosat dan H3I akan mengakibatkan CK Hutchison menerima saham baru yang diterbitkan di Indosat Ooredoo sebesar 21,8% dan PT Tiga Telekomunikasi Indonesia sebesar 10,8% dari bisnis Indosat Ooredoo Hutchison yang digabungkan.

Bersamaan dengan merger tersebut, CK Hutchison akan mengakuisisi 50% kepemilikan saham di Ooredoo Asia dengan menukarkan 21,8% kepemilikannya di Indosat Ooredoo Hutchison dengan 33,3% saham di Ooredoo Asia, dan akan mengakuisisi tambahan 16,7% saham dari Grup Ooredoo dengan imbalan uang tunai sebesar US$387 juta. Setelah transaksi di atas, Para Pihak masing-masing akan memiliki 50,0% saham Ooredoo Asia, yang akan diubah namanya menjadi Ooredoo Hutchison Asia, yang akan mempertahankan 65,6% kepemilikan saham pengendali di perusahaan hasil merger.

Setelah penutupan transaksi, Indosat Ooredoo Hutchison akan dikendalikan bersama oleh Grup Ooredoo dan CK Hutchison. Ini akan tetap tercatat di Bursa Efek Indonesia, dengan Pemerintah Indonesia memegang 9,6% kepemilikan saham, PT Tiga Telekomunikasi Indonesia memegang 10,8% saham, dan pemegang saham publik lainnya memegang sekitar 14,0%.

Tunduk pada persetujuan pemegang saham Indosat Ooredoo yang diperlukan, Para Pihak telah sepakat untuk mencalonkan Vikram Sinha sebagai CEO dan Nicky Lee sebagai CFO Indosat Ooredoo Hutchison. Ahmad Al-Neama akan tetap menjadi Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo dan Cliff Woo akan tetap sebagai CEO H3I sampai selesainya merger. Setelah selesai, Ahmad Al-Neama dan Cliff Woo akan bergabung dengan Dewan Komisaris dari perusahaan hasil merger, dengan tunduk pada persetujuan Indosat Ooredoo yang diperlukan.

Para Pihak berkomitmen untuk memprioritaskan kesejahteraan karyawan selama proses integrasi dengan mematuhi hukum yang berlaku dan selaras dengan peluang pertumbuhan bisnis di masa depan. Perusahaan gabungan ini diharapkan dapat menciptakan peluang pertumbuhan yang menarik bagi karyawan, sebagai bagian dari perusahaan teknologi yang lebih besar, lebih kuat secara finansial, lebih kompetitif dan inovatif.

Aziz Aluthman Fakhroo, Direktur Pelaksana Ooredoo Group, mengatakan: “Kesepakatan ini merupakan langkah signifikan menuju visi bersama kami untuk menciptakan nilai luar biasa bagi pelanggan dan pemegang saham kami dengan menyatukan dua merek telekomunikasi terkemuka di Indonesia untuk menciptakan pemain nomor dua yang lebih kuat di Indonesia, didukung oleh dua mitra yang berkomitmen tinggi. di Grup Ooredoo dan CK Hutchison”.

Azis juga menyampaikan bahwa mereka sekarang dapat mengalihkan perhatiannya untuk menutup transaksi dan kemudian bekerja sama dengan CK Hutchison untuk memanfaatkan keahlian gabungan dari masing-masing grup telekomunikasi global kami untuk membangun telekomunikasi digital kelas dunia untuk Indonesia.

Perusahaan gabungan ini akan memberikan nilai dan manfaat yang signifikan bagi seluruh pemangku kepentingan termasuk pemegang saham Indosat Ooredoo dan Grup Ooredoo, bagi pelanggan, karyawan, dan Indonesia. Melalui skala ekonomi dan realisasi sinergi antara bisnis yang saling melengkapi ini, perusahaan hasil merger akan berada pada posisi yang tepat untuk memberikan laba atas investasi yang lebih tinggi bagi semua pemegang saham dan membangun momentum pertumbuhan luar biasa yang telah dicapai oleh Indosat Ooredoo.

Yang penting, merger akan menciptakan perusahaan dengan kekuatan dan skala untuk mempercepat transformasi digital Indonesia dan meningkatkan kinerja jaringan dan pengalaman pelanggan di seluruh negeri.

“Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Indonesia atas kebijakan progresifnya yang memungkinkan konsolidasi ini dan penciptaan industri telekomunikasi yang lebih berkelanjutan, yang akan menguntungkan pelanggan, semua operator, pemegang saham lokal, dan masyarakat Indonesia. Indonesia.”

Canning Fok, Group Co-Managing Director CK Hutchison Holdings Limited, mengatakan: “Ini adalah kesempatan besar untuk menciptakan pemain telekomunikasi yang lebih kuat dan lebih inovatif di Indonesia dan akan menjadi transaksi accretive bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya. Indosat Ooredoo Hutchison akan memiliki massa kritis yang akan memungkinkannya untuk mendorong perluasan dan peningkatan jaringan yang akan mendukung agenda digital Pemerintah dan bermanfaat bagi pelanggan dan Indonesia secara keseluruhan.

“Dengan skala yang lebih besar, spektrum yang diperluas, dan struktur biaya yang lebih efisien, Indosat Ooredoo Hutchison juga akan berada pada posisi yang lebih baik untuk memperluas peluncuran jaringannya serta meningkatkan kualitas dan kecepatan layanan. CK Hutchison berinvestasi dan mengoperasikan bisnis telekomunikasi di 12 pasar di seluruh dunia, banyak di antaranya telah berhasil meluncurkan jaringan 5G, dan kami berharap dapat memperluas layanan 5G inovatif di Indonesia pada saat yang tepat.

“Saya ingin berterima kasih kepada Ooredoo Group atas komitmennya terhadap proses ini. Kami telah melakukan diskusi yang bermanfaat tentang bagaimana kami dapat membangun bisnis yang kuat bersama selama beberapa bulan terakhir, dan saya berharap dapat membangun kemitraan yang langgeng dan sukses bersama.

“Akhirnya, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia. Pandangan ke depannya dalam menciptakan lingkungan kebijakan yang ramah investasi membantu membangun pasar seluler yang kuat dan berkelanjutan di Indonesia.”

DIA. Sheikh Faisal Bin Thani Al Thani, Ketua Dewan Direksi di Grup Ooredoo, menyimpulkan: “Merger ini merupakan kesepakatan penting bagi Asia dan Grup Ooredoo. Ini memajukan strategi kami untuk mendorong nilai lebih dari portofolio kami dan mempercepat digitalisasi di seluruh jejak global kami. Saya menantikan kemitraan yang panjang dan sukses dengan CK Hutchison dan bekerja sama untuk membangun Indosat Ooredoo Hutchison menjadi juara digital untuk Indonesia.”

Penyelesaian transaksi akan tunduk pada persetujuan Grup Ooredoo, CK Hutchison, pemegang saham Indosat Ooredoo, persetujuan peraturan dan syarat dan ketentuan adat lainnya. Dengan asumsi semua persetujuan diterima, kombinasi yang diusulkan diharapkan akan selesai pada akhir tahun 2021.

JP Morgan bertindak sebagai penasihat keuangan eksklusif untuk Ooredoo Group. Goldman Sachs & Co. dan HSBC bertindak sebagai penasihat keuangan bersama untuk CK Hutchison. Barclays bertindak sebagai penasihat keuangan Indosat Ooredoo. (Icha)

eFootball 2022 Siap Meluncur 30 September, Apa Asyiknya!

0

Telko.id – eFootball 2022 resmi diumumkan oleh Konami akan meluncur pada 30 September mendatang. Tidak hanya untuk satu platform, tapi ada 7 platform sekaligus. Mulai dari PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Series X|S, Xbox One, Windows 10 dan PC Steam.

Yang mengasyikan, permainan ini menjadi konsol antarmuka pertama yang menggunakan Bahasa Indonesia. Selain itu, eFootball™ 2022 ini juga dapat dimainkan pada perangkat iOS maupun Android.

Peluncuran ini adalah awal pembaruan. Pasalnya, setelah September ini, akan banyak lagi pembaruan lain yang bakal hadir. Asyiknya lagi, semua itu tidak akan dikenakan biaya.

“eFootball menjadi nama platform keseluruhan kami, ‘eFootball 2022’ adalah nama resmi untuk konten musim pertama kami. Pembaruan platform yang menghadirkan fungsionalitas baru, seperti pertandingan lintas platform dan dukungan pengontrol, akan sering terjadi selama beberapa bulan mendatang dan tidak ada biaya yang ditagihkan untuk hal tersebut,” ungkap Seitaro Kimura, Produser seri eFootball™ di Konami Digital Entertainment menjelaskan.

Selain itu, Seitaro juga menjanjikan bahwa pembaruan konten dan mode permainan di masa mendatang akan ditawarkan kepada pemain sebagai opsi gratis atau premium. Harapannya, mereka mendapatkan umpan balik untuk pengembangan ke depannya.

Konten Peluncuran eFootball™ 2022

Inti dari eFootball adalah eFootball World, di mana pemain dapat menikmati pertandingan dengan tim sesungguhnya mulai 30 September nanti, tanpa biaya, dan tanpa transaksi mikro pada tahap ini. Konten tersebut meliputi:

Pertandingan Offline

Bermain melawan AI atau teman offline dengan sembilan klub yang sepenuhnya otentik untuk dipilih: FC Barcelona, ​​FC Bayern München, Juventus, Manchester United, Arsenal FC, SC Corinthians Paulista, CR Flamengo, CA River Plate, São Paulo FC.

Lalu ada pilihan dari enam stadion: Camp Nou, Old Trafford, Stadion Allianz, Stadion Emirates, Allianz Arena, Stadion eFootball.

Acara Online

Rasakan pertandingan lintas perangkat (PlayStation®5 vs. PlayStation®4, Xbox Series X|S vs. Xbox One) dengan acara online mingguan menggunakan tim yang telah ditentukan sebelumnya dan memberikan hadiah seperti GP.

Pembaruan Konten Utama eFootball 2022

Permainan ini baru awal saja. Ke depan, dijanjikan aka nada beberapa fitur yang ditambahkan pada eFootball™ World, termasuk Creative Teams, sebagai pembaruan gratis. Pembaruan ini juga akan memperkenalkan model monetisasi platform yang baru; diseimbangkan kembali untuk memastikan bahwa semua pemain dapat mencapai potensi yang sama, terlepas dari bagaimana mereka memperoleh item dalam game.

Rencananya akan dimulai sejak musim gugur ini. Konten baru meliputi:

Tim Kreatif

Daftar pemain dan pelatih yang cocok dengan formasi dan taktik favorit Anda, lalu latih dan perkuat mereka untuk bermain melawan pemain dari seluruh dunia. Di eFootball 2022, pemain akan dapat menargetkan karakter yang paling mereka dambakan, pembangunan tim lebih mudah diakses.

Anda pun dapat memilih salah satu dari lebih 600 klub/tim berlisensi untuk menggunakan lambang, perlengkapan, dan stadion asli mereka* sebelum membangun skuad impian Anda.

Mode Pertandingan Baru

Liga Kreatif eFootball™ – adalah liga di mana pemain dapat menggunakan Tim Kreatif mereka agar bersaing dengan pemain lain untuk menjadi yang terbaik di dunia. Dapatkan poin dan hadiah untuk dipromosikan ke level liga berdasarkan kinerja Anda di setiap 10 putaran pertandingan.

Asyiknya ada fitur Acara Tur. Dimana Anda dapat bermain melawan AI dalam format tur dan akan mendapatkan hadiah dengan mengumpulkan Poin Acara.

Anda juga dapat bermain dengan melawan pemain lain secara online, menyelesaikan tujuan yang ditetapkan untuk mendapatkan hadiah dalam fitur Acara Tantangan.

Ada juga fitur Pertandingan Cepat Online. Dimana Anda dapat memainkan pertandingan online kasual melawan pemain lain menggunakan lebih dari 600 klub/tim berlisensi, termasuk pertandingan lintas platform yang baru ditambahkan (khusus PC dan konsol). Bahkan bisa membuat ruang pertandingan online dan mengundang pemain lain untuk pertandingan 1vs1 dalam fitur Pertandigan Lobi Online.

Tapi, sebagai catatan, mode pertandingan tertentu akan ditayangkan setelah peluncuran v1.0, detail lebih lanjut akan diinformasikan lebih lanjut.

Tipe Pemain Baru

Dalam tipe pemain, ada beberapa yang ditawarkan dalam permainan ini. Mulai dari Standar yang dapat memilih pemain berdasarkan performa selama musim saat ini, mereka dapat ditandatangani dengan Koin eFootball (item Kesepakatan Peluang) atau GP (item Kontrak Nominasi).

Lalu ada Tren. Dimana, Anda dapat memilih pemain berdasarkan pertandingan atau minggu tertentu di mana mereka tampil mengesankan, mereka dapat ditandatangani dengan Kontrak Pencalonan.

Anda juga dapat memilih pemain Unggulan yang merupakan pemain pilihan yang dapat ditandatangani dengan Koin eFootball (item Kesepakatan Peluang) atau Poin eFootball (item Kontrak Pencalonan).

Asyiknya lagi, Anda dapat memilih pemain Legendaris. Pemilihan pemain berdasarkan musim tertentu yang luar biasa, yang dapat ditandatangani dengan Koin eFootball™ (item Kesepakatan Peluang) atau Poin eFootball™ (item Kontrak Nominasi)

Oh iya dalam permainan ini ada tiga mata uang dalam game dalam eFootball. Ada eFootball Coins (mata uang premium), GP (diperoleh melalui gameplay) dan Poin eFootball yang dapat diperoleh melalui gameplay, tetapi hanya tersedia setelah peluncuran v1.0.

Pass & Tujuan Pertandingan

Setelah beberapa jenis pertandingan tertentu dimainkan, Pass Pertandingan akan memberikan hadiah seperti “Kontrak Pencalonan”, yang akan memungkinkan pengguna untuk menandatangani pemain tertentu yang mereka pilih, seperti Koin eFootball™, dan lainnya.

Anda juga akan memiliki opsi untuk membeli “Advantage Match Pass” fitur premium untuk mendapatkan hadiah yang lebih besar.

Secara terpisah, terima hadiah dalam permainan untuk menyelesaikan tujuan tertentu dan untuk hadiah yang lebih besar lagi, pengguna memiliki opsi untuk membelanjakan koin eFootball untuk membuka Tujuan Premium. Dengan catatatn, fungsi tertentu akan ditayangkan setelah peluncuran v1.0, detail lebih lanjut akan dibagikan.

eFootball di iOS & Android

Platform eFootball™ yang didesain ulang oleh Unreal Engine yang memungkinkan permainan ini menyatukan pengalaman di seluruh konsol, PC, dan ponsel – memberikan gameplay tingkat konsol yang sebenarnya di perangkat iOS dan Android.

Untuk pengguna eFootball PES 2021 di ponsel saat ini, eFootball 2022 akan menyediakan pembaruan untuk aplikasi yang sudah ada. Namun, pembaruan tersebut sepenuhnya merombak pengaturan yang sebelumnya dengan mesin dan fitur baru.

Bahkan dengan perubahan yang signifikan, tim pengembangan telah membuatnya sehingga pengguna ponsel saat ini dapat membawa banyak item dalam game setelah eFootball 2022 ditayangkan pada Musim Gugur ini.

Seiring waktu seperti halnya konsol dan PC, platform eFootball di ponsel akan menerima pembaruan rutin untuk fungsionalitas. Dalam pembaruan gratis berikutnya, akan ada penambahan fitur dukungan pengontrol ponsel dan kemampuan untuk memilih pertandingan lintas platform antara semua pemain berbasis pengontrol.

Rencana Pembaruan

Di bawah ini adalah contoh kecil dari fitur dan konten yang direncanakan untuk ditambahkan ke platform di kemudian hari. Seperti Mode Edit. Dimana, kemampuan sepenuhnya untuk menyesuaikan tim, kit, pemain, dan lainnya akan ditambahkan ke perangkat yang didukung tanpa biaya.

Lalu ada pembaruan Gameplay Tambahan, Umpan balik haptic PlayStation®5 dan dukungan pemicu adaptif, Penjebak bola tingkat lanjut, Power Pass, Power Shot, dan tendangan spesial lainnya, Dukungan pengontrol seluler dan Pertandingan lintas platform penuh (PC, konsol, dan seluler).

Sorotan eFootball 2022

eFootball 2022 ini dibangun kembali secara dramatis di Unreal Engine dan memberikan banyak kemajuan di dalam dan di luar lapangan. Dan gunakan Mesin Sepak Bola asli KONAMI untuk bagian bermain game.

Permainan ini pun dapat dimainkan secara gratis dengan pengalaman yang adil dan seimbang untuk semua, Bayar untuk Menang berubah menjadi Main untuk Menang!

Dan keunggulan dari permainan ini adalah dapat menyatukan komunitas dan mainkan eFootball di mana saja. Mulai di konsol, PC, dan seluler, dengan satu server, dan ketersediaan pertandingan lintas platform pasca-peluncuran.

Menariknya lagi, dalam permainan ini juga membenamkan teknologi baru yang disebut “Motion Matching”. Dimana teknologi ini dapat mengubah berbagai macam gerakan yang dilakukan pemain di lapangan menjadi serangkaian animasi, memilih yang paling akurat secara real-time. Tidak hanya platform generasi kelima, versi PC juga menyediakan spesifikasi lengkap. (Icha)

Telkomsel Hadirkan ‘Kau dan Dia Movie’, Drama Orisinal MAXstream

0

Telko.id – Telkomsel Hadirkan ‘Kau dan Dia Movie’, Drama Orisinal MAXstream yang berkisah tentang suka duka persahabatan dua gadis remaja, resmi dihadirkan dan dapat dinikmati secara eksklusif di platform dan aplikasi MAXstream mulai 14 September 2021.

“Telkomsel sebagai leading digital telco terus berupaya membuka peluang lebih luas kepada sineas untuk berkarya melalui platform VoD terdepan MAXstream, salah satunya melalui film berkualitas terbaru berjudul ‘Kau dan Dia Movie’, sebuah drama orisinal MAXstream. Kehadiran film ini juga semakin memperkaya daftar pilihan konten hiburan orisinal berkualitas di aplikasi MAXstream, yang dapat dinikmati kapan pun dan dimanapun oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, terutama pelanggan Telkomsel,” ungkap Nirwan Lesmana, Vice President Digital Lifestyle Telkomsel menjelaskan.

Film ‘Kau dan Dia Movie’, digarap berkat hasil kolaborasi Telkomsel bersama rumah produksi lokal Trinity Creative Technology. Penggarapan film ini turut melibatkan Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana dan Direktur Marketing Telkomsel Rachel Goh sebagai Executive Producers guna memastikan tayangan ini tetap memiliki nilai orisinalitas MAXstream bagi penontonnya.

Disutradarai oleh Ivan Bandhito, film ini menceritakan dua gadis remaja, Anneth (Anneth Delliecia) dan Zara (Zara Leola), yang telah menjalin persahabatan sejak kecil. Namun, keharmonisan mereka sebagai sahabat, terusik oleh kedatangan Naldo (Ari Irham), siswa baru pindah dari luar kota. Ketampanan dan kepiawaian Naldo dalam bermain basket membuat dua gadis ini pun jatuh hati hingga terlibat konflik satu sama lain.

Drama Orisinal MAXstream ini turut dibintangi oleh sejumlah bintang ternama, di antaranya Wulan Guritno, Endhita, Jenda, Bima Azriel, Enda ‘Ungu’, dan masih banyak lagi. ‘Kau dan Dia Movie’ sendiri tayang dengan durasi 100 menit.

Nirwan lebih lanjut menambahkan, MAXstream terus memperkuat eksistensi dalam industri hiburan digital dengan konsisten menghadirkan konten yang berkualitas untuk seluruh pelanggan, yakni melalui produksi tayangan orisinal berupa serial, film, maupun professional generated content. Beragam tayangan orisinal dengan berbagai macam genre telah sukses dihadirkan, seperti  di antaranya 20:21, Sajadah Panjang, Serigala Langit, dan yang terbaru Mangi-Mangi.

MAXstream sendiri telah memproduksi 219 konten orisinal yang dapat dinikmati oleh para pelanggan di seluruh Indonesia, dengan pertumbuhan jumlah produksi konten orisinal pada tahun ini sebesar 113 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Capaian tersebut berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah penonton konten orisinal MAXstream pada tahun ini yang mencapai 26 juta penonton, dengan rata-rata 3,2 juta penonton setiap bulannya atau tumbuh 46 persen (YoY).  Hingga saat ini, aplikasi MAXstream telah diunduh lebih dari 30 juta kali, baik melalui Google Play Store maupun App Store. Informasi lebih lanjut mengenai berbagai pilihan paket khusus dan cara aktivasi untuk mengakses konten MAXstream, serta ragam pilihan konten digital menarik lainnya, dapat diakses melalui tautan tsel.me/maxstream.

“Melalui MAXstream, Telkomsel terus mempertegas komitmennya sebagai ‘The Home of Entertainment’ bagi masyarakat, seraya secara konsisten membuka lebih banyak peluang dan kesempatan dalam memajukan industri perfilman lokal di Indonesia. Ke depan, Telkomsel berharap akan semakin tercipta lebih banyak lagi upaya kolaboratif dengan para pelaku industri konten kreatif lokal yang mengedepankan prinsip customer-centric, agar dapat memberikan nilai tambah bagi pelanggan dengan ragam pilihan hiburan digital terkini dan berkualitas,” pungkas Nirwan. (Icha)

Wow, Nokia G10 Baterainya Bisa Tahan 3 Hari!

0

Telko.id – Nokia G10 baru saja diluncurkan oleh HMD Global, the home of Nokia phones. Smartphone terbaru ini dengan masa pakai baterai tiga hari dan diklaim sebagai yang pertama, guna menunjang kesibukan sehari-hari.

Saat membicarakan tentang ketahanan, Nokia G10 merupakan sebuah paket yang terdepan dalam portfolio smartphone Nokia. Sebagai bagian terbaru dari seri G, Nokia G10 hadir dengan AndroidTM 11, serta jaminan pembaruan keamanan bulanan selama tiga tahun dan dua tahap pembaruan OS, hanya dengan harga Rp. 2.099.000 – menghadirkan teknologi yang tetap baru selama tiga tahun hanya dengan harga Rp. 58.306 per bulan. 


Seri G terbaru ini adalah fokus smartphone kami. Di sinilah kami mengembangkan komitmen kami sebagai pemanufaktur dan menghadirkan yang terbaik dari apa yang pernah kami tawarkan, bagi sebanyak mungkin orang.

“Seri G merupakan jajaran ponsel yang menghadirkan segala yang Anda suka, namun terkadang tidak diperhatikan; baterai yang tahan berhari-hari, keamanan, dan software terbaru untuk waktu penggunaan lebih lama,” ungkap Stephen Taylor, Chief Marketing Officer, HMD Global menjelaskan.

Stephen menambahkan bahwa Misi Nokia adalah membuat teknologi berkualitas tinggi dan tahan lama, yang dapat diakses oleh semua orang sembari tetap menghadirkan inovasi yang bermanfaat untuk segmen kelas menengah.

“Nokia G10 adalah jagoan yang menjadi andalan untuk kelas menengah kami. Secara fakta, seluruh seri terbaru kami membawa angin segar bagi portofolio ponsel Nokia. Sebuah ponsel Nokia bukan sekedar perangkat yang harus sering-sering diganti, namun alat yang mampu memaksimalkan kehidupan Anda. Dengan daya tahan baterai yang lebih lama Anda tak perlu menghabiskan waktu untuk mencari tempat pengisi daya dan lebih banyak waktu mengabadikan momen indah,” ungkap Stephen menambahkan.

Kenapa Nokia G10 dapat bertahan lama? Ya, perangkat ini sudah dibekali dengan Baterai 5050mAh sehingga dapat bertahan selama tiga hari dalam satu kali pengisian. Namun, bukan hanya itu, ada dukungan teknologi AI dibalik itu semua yang akan mengatur daya pada ponsel Anda, mendistribusi saat diperlukan, dan tidak membiarkan aplikasi yang tak diinginkan menghabiskan daya baterai Anda.

Yang menarik juga, perangkat ini sudah dibekali dengan tiga kamera belakang. Momen penting un tidak akan Anda lewatkan satupun. Casing dengan tepian membulat menampilkan tiga kamera 13MP dengan lensa Macro dan Depth. Anda dapat melakukan panggilan video yang jernih dengan kamera 8MP di bagian depan. Semua ini berkat AI yang canggih pada mode pengambilan gambar, termasuk night dan portrait mode.

Rasa bosan akan pupus, berkat layar 6.5” yang menarik perhatian, cukup besar bagi seluruh anggota keluarga, untuk berkumpul di sekitarnya dan menikmatinya, sementara brightness boost membantu Anda melihat pada layar, bahkan ketika tengah bepergian.

Dan selama tiga tahun, Nokia G10 ini akan selalu mendapatkan pembaruan keamanan bulanan selama tiga tahun dan dua tahun pembaruan software secara cuma-cuma sebagai standar. Ini artinya seluruh video, foto dan file Anda berada di tempat yang aman. Juga dengan Android 11, ponsel Anda telah dilengkapi dengan sejumlah fitur terkini.

Untuk membantu Anda dalam membuat hidup menjadi sederhana dengan menghadirkan sesuatu lebih aman dan mudah untuk Anda. Bahkan cara Anda membuka kunci Nokia G10 disederhanakan untuk kemudahan penggunaan dan keamanan. Buka kunci dalam sekejap dengan tampilan atau sentuhan – berkat pengenalan wajah dan sensor sidik jari yang dipasang di samping, yang memastikan ponsel Anda mudah digunakan dan aman.

Tampilan Nokia G10 tak kalah dengan fungsinya. Ponsel ini dirancang untuk penggunaan yang lebih lama – dikombinasi inspirasi desain khas Nordik dengan warna Night dan Dusk, karakteristik kualitas yang tahan lama khas ponsel Nokia; Nokia G10 tak lekang waktu dan tampil memukau ketika menggunakannya.

Nokia G10 hadir di Indonesia dengan konfigurasi RAM/ROM 3/32GBiii dalam pilihan warna Night dan Dusk, dengan harga Rp. 2.099.000. Nokia G10 akan hadir di Nokia.com, peritel terdekat dan Nokia Mobile official store di e-commerce favorit Anda, seperti Tokopedia dan Shopee. (Icha)

Lintasarta Cloudeka, Siap Garap Korporasi, Pemerintahan dan UKM

0

Telko.id – Lintasarta Cloudeka adalah solusi baru dari Lintasarta. Dimana, korporasi saat ini sedang berlomba-lomba melakukan transformasi digital. Bahkan pemerintah pun banyak melakukan transformasi digital. Begitu pun dengan UKM. Tak heran, kebutuhan akan cloud menjadi sangat besar.

“Cloud merupakan komponen yang sangat penting dalam perjalanan digital transformasi di dunia bisnis saat ini, sehingga Lintasarta meluncurkan Cloudeka. Cloudeka berdedikasi dan berkomitmen membangun dan memelihara kemitraan yang kuat untuk meningkatkan bisnis lokal melalui layanan cloud end-to-end,” ungkap Ginandjar, Marketing & Solution Director Lintasarta, usai melakukan prosesi Launching Lintasarta Cloudeka.

Targetnya adalah membantu pelanggan meraih kesuksesan dalam bisnis sesuai dengan kebutuhan para pelanggan korporasi, institusi pemerintahan & UMKM,” ujar Ginandjar menambahkan.

Ginandjar menuturkan, salah satu produk jawara ICT yang digandrungi perusahaan top level saat ini adalah Cloud. Banyak perusahaan yang menjadikan layanan ini sebagai strategi khusus untuk memenuhi tuntutan penggunaan sarana digital.

“Cloud menjadi kunci perusahaan dalam membangun daya saing di era digital. Digitalisasi di seluruh sektor mendorong perubahan cara berkomunikasi untuk dapat terhubung dan mengakses data semudah mungkin dari mana pun dan kapan pun. Hal ini juga menjadikan kebutuhan akan Cloud semakin tinggi dalam mempermudah proses bisnis dan meningkatkan pengalaman pelanggan,” ujarnya

Disisi lain, masalah cyber security juga menjadi perhatian banyak pihak ketika akan melakukan transformasi digital. Setidaknya, pada masa pandemic ini, dimana transformasi digital meningkat pesat, masalah cyber security ini juga turut meningkat.

Berdasarkan analisa Gartner 2020, setidaknya, selama pandemic ini, ada peningkatan serangan siber hingga 400%.

Tak heran, berdasarkan lembaga riset IDC mengungkapkan bahwa belanja modal perusahaan untuk sektor keamanan data pada Juli 2021 meningkat 20 persen secara tahunan. Artinya, perusahaan makin sadar akan pentingnya sebuah data dan sadar pula bahwa serangan siber ini kerap mengancam.

Managing Director IDC ASEAN Sudev Bangah mengatakan berdasarkan laporan IDC Cloud Pulse Asia Pasific, sebanyak 84 persen organisasi di Indonesia membutuhkan penyedia manajemen layanan yang dapat membantu mereka dalam mengatur lingkungan digital pada Juli 2021.

Tidak hanya itu, laporan yang sama juga menunjukkan 44 persen perusahaan yang diteliti ingin memiliki keamanan data yang kokoh.

“Keamanan data juga dianggap sebagai hal yang penting, mereka ingin memiliki layanan komputasi awan yang dapat menjamin keamanan mereka,” kata Sudev dalam Konferensi Virtual Lintasarta Cloudeka, Rabu (15/9/2021). 

Menurut Sudev, biaya yang mereka keluarkan untuk keamanan data perusahaan tercatat meningkat 20 persen pada 2021 dibandingkan dengan 2020. 

Hal tersebut disebabkan aktivitas pekerjaan dilakukan secara hibrida – luring dan daring – selama pandemi. Selain itu, para pengambil kebijakan di perusahaan menyadari bahwa data sangat penting untuk membantu bisnis makin berkembang pada masa depan. “Peningkatan juga terjadi karena perusahaan makin menyadari ancaman dari serangan siber,” kata Sudev. 

Sementara itu, Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Aviliani mengatakan perbankan memiliki aturan mengenai perlindungan konsumen yang ketat.  Jika dahulu perbankan langsung berhubungan dengan konsumen, saat ini perbankan menggunakan kanal digital dan pihak lain. Meski demikian masih dibutuhkan dukungan regulasi untuk menjaga keamanan data ini.  “Menuju 2030 butuh perlindungan karena kalau tidak ini berbahaya, karena melibatkan pihak lain di luar perbankan dan konsumen,” kata Aviliani. 

Bersamaan dengan peluncuran Lintasarta Cloudeka ini, Lintasarta pun menggelar konferensi nasional bagi para penggiat industri teknologi dan komunikasi di Indonesia bertajuk “Lintasarta Cloudeka Conference : ICT & Business Outlook 2022” secara virtual.

Hadir sebagai keynote speaker, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, President Director Lintasarta Arya Damar, dan beberapa pembicara ternama lainnya seperti Senior Economist INDEF Dr. Aviliani, S.E., M.Si., Managing Director APAC IDC Sudev Bangah, dan Founder & Executive Chairmain MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya, yang hadir pada plenary seassions bertajuk Envisioning Tomorrow: ICT & Business Outlook 2020. (Icha)

Realme C25Y

0

Realme terus berinovasi dengan meluncurkan HPRealme C25Y, untuk menghadirkan teknologi terbaru ke dalam genggaman Anda. Diperkenalkan pada 16 September 2021, HP ini menawarkan kombinasi antara kinerja dan estetika. Realme C25Y menjanjikan pengalaman penggunaan yang tidak istimewa tapi masih bisa diandalkan melalui chipset Unisoc T610 yang memiliki score Antutu 10 rata-rata di angka 247361 dan ditopang oleh RAM berkapasitas 4/6 GB. Spesifikasi tersebut jadi modal Realme C25Y untuk bersaing dengan Oppo A57 yang dibandrol dengan harga Rp 1.948.000 dan dilengkapi chipset Dimensity 810 serta RAM 6/8 GB, dan Realme C11 (2021) yang dibandrol dengan harga Rp 1.499.999 dan dilengkapi chipset Unisoc SC9863A serta RAM 2/4 GB. Realme C25Y sendiri, menurut data terakhir kami di bulan Juli 2025, dibandrol dengan harga Rp 1.589.000 .

Selain harga, prosesor, dan memori, variabel penting yang juga bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih sebuah HP adalah layar. Untuk itu Realme menanamkan layar IPS LCD berukuran 6.5 inches, 102.0 cm2 (~81.6% screen-to-body ratio) dengan resolusi 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density) dengan refresh rate . Pada sektor kamera, spesifikasi kamera utama 50 MP yang didukung perekaman video 1080p@30fps juga jadi andalan Realme C25Y. Dan semua fitur tersebut ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh yang didukung fitur pengisian 18W. Spesifikasi lainnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah , atau cek ulasan lengkapnya dengan membaca artikel Realme C25Y: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui.

Harga dan Spesifikasi Realme C25Y

Daftar Harga Realme C25Y Juli 2025
REALME C25Y RAM 4/64 GB | C25 Y RAM 4/64 GB GARANSI RESMI REALME - C25Y 4/64 BIRU, No Bonus
Rp 1.589.000 Tokopedia
REALME C25Y RAM 4/64GB | REALME C25 Y RAM 4/64 GB GARANSI RESMI REALM
Rp 1.529.000 Shopee

Spesifikasi Terbaru Realme C25Y

Spesifikasi Realme C25Y
KETERSEDIAN
Diperkenalkan 16 September 2021
Status Available. Released 2021, September 30
JARINGAN
Teknologi GSM / HSPA / LTE
Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
Jaringan 3G HSDPA 850 / 900 / 2100
Jaringan 4G 1, 3, 5, 8, 38, 40, 41
Kecepatan Akses HSPA, LTE
BODI
Dimensi 164.5 x 76 x 9.1 mm
Build Glass front, plastic back, plastic frame
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Varian Warna Glacier Blue, Metal Gray
LAYAR
Tipe Layar IPS LCD 420 nits (typ)
Ukuran Layar 6.5 inches, 102.0 cm2 (~81.6% screen-to-body ratio)
Resolusi Layar 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density)
PLATFORM
Sistem Operasi Android 11 - Realme UI R
Chipset Unisoc T610 (12 nm)
CPU / Prosesor Octa-core (2x1.8 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
GPU / Prosesor Grafis Mali-G52 MP2
MEMORI
Kartu Memori microSDXC (dedicated slot)
RAM 4/6 GB
ROM / Memori Internal 64GB 4GB RAM
128GB 4GB RAM
128GB 6GB RAM
KAMERA UTAMA
Sensor Kamera 50 MP, f/1.8, 26mm (wide), PDAF
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
Fitur Kamera LED flash, HDR, panorama
Perekaman Video 1080p@30fps
KAMERA SELFIE
Sensor Kamera 8 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/4.0", 1.12µm
Fitur Kamera Depan HDR
Perekaman Video 720p@30fps
KONEKTIVITAS
WIFI Wi-Fi 802.11 b/g/n
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
GPS GPS, GLONASS, BDS
NFC No
Radio Unspecified
USB microUSB 2.0
Jack Audio 3.5mm Yes
FITUR LAIN
Sensors Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
BATERAI
Tipe Baterai Li-Po
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Li-Po 5000 mAh, non-removable
Charging 18W wired


FAQ

Berapa harga HP Realme C25Y?

Berdasarkan penelusuran kami, Realme C25Y dibandrol dengan harga sekitar Rp 1.589.000 di Tokopedia dan Rp 1.529.000 di shopee .

Berapakah RAM Realme C25Y?

Realme C25Y dilengkapi RAM berkapasitas 4/6 GB dengan opsi memori internal 64GB 4GB RAM dan 128GB 4GB RAM(lihat tabel untuk varian memori lainnya).

Realme C25Y menggunakan chipset apa?

Realme C25Y menggunakan chipset Unisoc T610 yang diatas kertas mencatatkan score Antutu 10 di angka rata-rata sekitar 247361.

Apakah Realme C25Y cocok untuk main game?

Untuk HP ini, sebaiknya jangan mainkan game kategori sedang hingga berat, game yang ringan ringan saja.

Apakah Realme C25Y memiliki sensor sidik jari? Dimana posisinya?

Ya, Realme C25Y sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. Posisinya ada di bagian belakang.

Apakah Realme C25Y sudah fast charging?

HP ini support pengisian baterai 18W wired .

Realme C25Y: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui

0

Dalam dunia HP yang terus berkembang, Realme C25Y menawarkan pendekatan yang berimbang antara fitur dan harga. Banyak pertanyaan muncul seputar spesifikasi kunci, seperti performa prosesor, kualitas kamera, dan daya tahan baterai. Dalam artikel ini, kami akan mengulas 7 aspek penting dari Realme C25Y, memberikan pandangan lebih dekat tentang bagaimana perangkat ini mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Dari kemudahan penggunaan sehari-hari hingga kemampuan multimedia, temukan fakta-fakta esensial yang dapat membantu Anda memahami apa yang ditawarkan oleh Realme C25Y.

1. Layar IPS LCD dengan Refresh Rate

Layar IPS LCD memang tidaklah istimewa, tapi untuk HP kategori menengah bawah seperti Realme C25Y kami masih bisa memakluminya. Paling tidak, layar milik Realme C25Y dengan ukuran 6.5 inches, 102.0 cm2 (~81.6% screen-to-body ratio) memiliki resolusi 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density) dan support refresh rate . Dan sebagai perbandingan, pesaing lainnya seperti Oppo A57 yang dibandrol dengan harga Rp 1.948.000 memiliki layar IPS LCD dengan refresh rate 90Hz, dan Realme C11 (2021) yang dibandrol dengan harga Rp 1.499.999 memiliki layar IPS LCD dengan refresh rate .

2. Chipset Grade C dengan GPU Rating 104

Di atas kertas, chipset Unisoc T610 yang dibawa Realme C25Y mencatatkan score Antutu 10 rata-rata di angka 247361. Performanya ditopang oleh RAM berkapasitas 4/6 GB. Di level performa yang sama, ada Oppo A57 dengan chipset Dimensity 810 - Antutu 425066 dan RAM 6/8 GB, dan ada Realme C11 (2021) dengan chipset Unisoc SC9863A - Antutu 154286 dan RAM 2/4 GB. Sementara untuk performa grafis, GPU Mali-G52 MP2 milik Realme C25Y kami beri rating 104. Sebagai pembanding, GPU Oppo A57 punya rating 119, dan GPU Realme C11 (2021) punya rating .

3. Mentok di GSM / HSPA / LTE

Untuk akses data, Anda harus puas dengan teknologi GSM / HSPA / LTE dan dukungan WiFi. Dimana HP di level yang sama seperti Oppo A57 yang dibandrol dengan harga Rp 1.948.000 sudah support teknologi 5G , dan Realme C11 (2021) yang dibandrol dengan harga Rp 1.499.999 support GSM / HSPA / LTE.

4. Baterai 5000 mAh - charging 18W

Semua fitur yang ada di Realme C25Y ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh yang didukung fitur pengisian 18W wired. Sementara pesaingnya, Oppo A57, dan Realme C11 (2021), masing masing dilengkapi baterai 5000 mAh - charging 10W, dan baterai 5000 mAh - charging 10W.

5. Dimensi 164.5 x 76 x 9.1 mm Frame Plastik

Realme C25Y memiliki detail bodi Glass front, plastic back, plastic frame dengan dimensi 164.5 x 76 x 9.1 mm yang memiliki ketebalan 9.1 mm. HP ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang posisinya ada di bagian belakang. Adapun untuk variasi warna, Realme C25Y menyediakan opsi warna Glacier Blue dan Metal Gray.

6. Kamera Utama 50 MP dan PDAF

Tak bisa dipungkiri, kamera jadi salah satu daya tarik utama dari sebuah HP. Untuk itulah Realme C25Y menanamkan kamera utama dengan spesifikasi 50 MP, f/1.8, 26mm (wide), PDAF. Fungsionalitasnya didukung oleh kamera kedua yang memiliki spesifikasi 2 MP, f/2.4, (macro) dan kamera ketiga beresolusi 2 MP, f/2.4, (depth). Sementara untuk kebutuhan selfie, HP ini menyediakan kamera dengan spesifikasi 8 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/4.0", 1.12µm.

Untuk autofokus, HP ini menggunakan Phase Detection Autofocus (PDAF) , menawarkan kecepatan dan akurasi yang luar biasa dalam autofokus.

7. Opsi Memori

Last but not least, fakta yang tak kalah pentingnya adalah perihal opsi memori penyimpanan. Yup, HP Realme C25Y dilengkapi RAM berkapasitas 4/6 GB dengan opsi memori internal 64GB 4GB RAM dan 128GB 4GB RAM serta 128GB 6GB RAM.

Cek juga informasi lengkap terkait harga dan spesifikasi Realme C25Y.

Realme C25Y Versus Oppo A17

Realme C25YOppo A17
HargaRp 1.589.000Rp 1.589.000
CPUUnisoc T610, dengan CPU rating 26Helio G35, dengan CPU rating 23
GPUMali-G52 MP2, dengan GPU rating 104PowerVR GE8320, dengan GPU rating 30
LayarIPS LCD, 420 nits (typ)IPS LCD
Kamera50 MP, f/1.8, 26mm (wide), PDAF

2 MP, f/2.4, (macro)

2 MP, f/2.4, (depth)
50 MP, f/1.8, (wide), PDAF

2 MP, f/2.4, (depth)
Memori64GB 4GB RAM, 128GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM64GB 4GB RAM
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removableLi-Po 5000 mAh, non-removable
Charging18W wiredN/A

Palapa Ring Integrasi Bernilai 8 Triliun Bakal Jadi Penghubung ‘Tol Langit’

0

Telko.id – Palapa Ring Integrasi bakal menjadi mega proyek BAKTI Kominfo tahun 2022 – 2023 mendatang. Proyek ini akan menghubungkan semua paket palapa ring yang sering disebut dengan Tol Langit yakni Paket Barat, Paket Timur dan Paket Tengah.

“Jika tidak ada Palapa Ring Integrasi ini maka infrastruktur yang sudah dibangun oleh BAKTI ini akan kesulitan untuk ditingkatkan utilisasinya. Selain itu juga denga nada Palapa Ring Integrasi ini akan ada resiliensi jaringan tulang punggung nasional,” Anang Latif, Direktur Utama BAKTI Kominfo yang disampaikan dalam perbincangan ‘Apa Kabar Tol Langit’ secara virtul Selasa (14/09).

Tujuannya untuk memperkuat jaringan yang sudah ada dan menjadi backup bila di satu wilayah jaringannya terputus, sehingga pemanfaatan internet akan lebih maksimal. Sumber pendanaan program rencananya didapat dari kerjasama pemerintah dan pihak swasta.

Dalam rangcangannya BAKTI kominfo, Palapa Ring Integrasi ini akan dimulai dikerjakan pada tahun 2022 untuk fase 1 sepanjang 5.226 km. Fase pertama ini akan menghubungkan paket Palapa Ring Tengah dan Timur. Kemudian akan mengintegrasikan Palapa Ring ke local Exchange terdekat.

Selain itu juga menjadi koneksi vital ke Ibu Kota Baru dari Jalur Palapa Ring Timur dan Tengah. Dengan keterhubungannya ini maka utilisasi infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah ini juga akan meningkat signifikan.

Pada fase ke dua yang akan dibangun pada tahun 2023 mendatang, yang dibangun adalah infrstruktur sepanjang 6.857 km. Infrastruktur ini akan menghubungkan Palapa Ring Paket Barat, Tengah dan Timur. Selain itu juga akan menjadi Interkoneksi Local Exchange IIX (Indonesia Internet Exchange) Jakarta dan Denpasar.

Fase dua ini juga akan menjadi koneksi vital ke Ibu Kota Baru dari Jalur Palapa Ring Barat. Kemudian juga akan meningkatkan konektivitas dan resiliensi jaringan tulang punggung nasional.

Sedangkan untuk fiber optic yang dibangun dalam Palapa Ring Integrasi ini akan mencapai 12.083 km. Dengan rincian fiber optic terestial sepanjang 8.203 dan fiber optic submarine sepanjang 3.880 km.

Sayang, sampai sekarang masih belum dipastikan pembiayaan untuk mega proyek ini yang diperkirakan sebesar Rp.8 Triliun ini. Pasalnya, menurut Anang pembiayaan ini tidak mungkin dilakukan pemerintah.

“Yang memungkin dilakukan adalah melalui skema Kerjasama Pemerintah – Badan Usaha/KPBU. Investor sendiri sudah banyak berminat. Seperti misalnya Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) sudah tertarik. Soalnya, mega proyek seperti ini secara bisnis cukup baik,” ungkap Anang menjelaskan.

Anang juga berharap mega proyek baru ini dapat lebih cepat dilakukan. Setidaknya tahun depan sudah bisa dilaksanakan karena sudah ada contoh pada proyek Palapa Ring sebelumnya.

Kesenjangan Digital di Indonesia

Berdasarkan data survei APJII dan BPS tahun 2020, pada periode 2019 – 2020 (Q2), pengguna internet aktif di Indonesia, baru 73,7% dari seluruh total penduduk Indonesia, atau 196,71 juta. Padahal targetnya pemerintah setidaknya sebanyak 92,6% dari total penduduk merupakan pengguna internet aktif.

Jika ditilik lebih jauh lagi, Jawa dan Sumatera memiliki penetrasi yang tertinggi. Dimana Jawa mencapai 41,7% dengan jumlah penduduk 56,10% dari total penduduk Indonesia. Artinya masih ada kesenjangan sekitar 14,4%.

Sedangkan di Sumatera, penetrasi pengguna internetnya mencapai 16,2% dengan jumlah penduduk yang seharusnya dapat menikmati akses internet ini sebesar 21,68%. Artinya masih ada kesenjangan sekitar 5,8%.

Bagaimana dengan wilayah lain? Untuk Kalimantan, penetrasi pengguna internet baru mencapai 4,6% dengan total penduduk yang seharusnya dapat menikmati akses internet ini sebesar 6,15%. Artinya masih ada kesenjangan sekitar 1,55%.

Sedangkan untuk Untuk Sulawesi, penetrasi pengguna internet baru mencapai 5,1% dengan total penduduk yang seharusnya dapat menikmati akses internet ini sebesar 7,36%. Artinya masih ada kesenjangan sekitar 2,26%.

Untuk Maluku dan Papua, penetrasi pengguna internet baru mencapai 2,2% dengan total penduduk yang seharusnya dapat menikmati akses internet ini sebesar 3,17%. Artinya masih ada kesenjangan sekitar 0,97%.

Nah, untuk Bali dan Nusa Tenggara penetrasi pengguna internet baru mencapai ,9% dengan total penduduk yang seharusnya dapat menikmati akses internet ini sebesar 5,54%. Artinya masih ada kesenjangan sekitar 1,64%.

Jadi masih perlu ada kerjasama yang baik dari semua pihak agar infrastruktur Jaringan 4G yang dibangun BAKTI melalui Palapa Ring ini memiliki last mile sampai ketingkat pengguna. (Icha)