spot_img
Latest Phone

Apple Kembangkan Chatbot AI Sendiri, Saingan ChatGPT

Telko.id – Perusahaan teknologi besar Apple, mulai bergerak mengembangkan...

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...

ROG Phone 9 Series Tawarkan Bonus Eksklusif dan Diskon Hingga Rp2,99 Juta

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) menghadirkan promo...

ASUS ROG Exclusive Store Surabaya, Hadirkan Pengalaman Gaming Terbaik

Telko.id - ASUS resmi membuka ROG Exclusive Store di...
Beranda blog Halaman 594

Realme Watch T1

0

Harga dan Spesifikasi – Realme Watch T1 kali pertama diperkenalkan pada 2021, October 19, hadir dengan sistem operasi Proprietary OS, konfigurasi memori , kamera utama beresolusi MP dan chipset dengan prosesor dan GPU untuk mendukung performa. HP Realme Watch T1 memiliki varian warna Black dan dilengkapi dengan layar AMOLED-1.3″ Inch dengan resolusi 416×416 pixels, baterai berkapasitas 228 mAh, dan support konektivitas No cellular connectivity untuk wilayah Indonesia.

Dari sisi desain, smartphone ini, memiliki dimensi 43.5 x 43.5 x 10.2 mm (1.71 x 1.71 x 0.40 in) dengan bobot -. Pada bodinya juga tertanam slot No dan slot memori No.

Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi Realme Watch T1 juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:

  • Komposisi Kamera Utama : No
  • Kamera Selfie :
  • Video : Kamera Utama (), Kamera Selfie ()
  • Fitur lainnya :

Ketersediaan

Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Realme menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP Realme Watch T1 dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.

Harga Realme Watch T1

Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Spesifikasi Lengkap

Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Realme ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.

Baca juga update informasi terkait HP Oppo Terbaru, HP Nokia Terbaru, HP Samsung Terbaru, HP Xiaomi Terbaru,  HP Vivo Terbaru, HP Realme Terbaru dan beragam informasi tentang berita teknologi telekomunikasi lainnya.

Konsolidasi Operator Baru Langkah Awal, Investasi Harus Terus Berlanjut!

0

Telko.id – Konsolidasi operator baru langkah awal, namun investasi harus terus berlanjut. Bukan hanya untuk bangun infrastruktur yang lebih efisien, tetapi juga harus melakukan investasi yang inovasi. Misalnya dengan mengakuisisi perusahaan yang akan melengkapi ekosistem digitalnya.

Pendapat tersebut disampaikan oleh Sarwoto Atmostarno, Ketua Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) pada Jumat (22/10/2021) dalam sebuah diskusi terbatas.

Jika tidak maka konsolidasi operator atau merger dan akusisi (M&A) ini hanya akan membuat operator itu bertahan hidup saja atau survive operator. “Tidak akan menjadi sustainable operator,” ujar Sarwoto.

Apalagi, saat ini Industri telekomunikasi di Indoesia bahkan di seluruh dunia tidak dalam kondisi baik-baik saja. Pasalnya ada tren pendorong negative. “Jadi perusahaan kolaborasi operator ini harus terus menerus meningkatkan CAPEX karena kebutuhan bandwith dari waktu ke waktu terus meningkat,” ungkapnya.

“Dapat dikatakan sekarang jumlah pelanggan telekomunikasi sudah di titik jenuh tapi bertipe konsumen bandwidth hunger. Sedangkan harga layanan data di Indonesia merupakan yang terendah setelah India. Harga layanan terus turun, otomatis berpengaruh pada pendapatan yang menurun. Sedangkan, biaya investasi tinggi dan teknologinya memiliki durasi tertentu dengan kebutuhan pergantian platform,” jelas mantan Direktur Utama Telkomsel itu.

Terlebih, saat ini pergeseran nilai telekomunikasi dimana rantai nilai tidak lagi dikuasai oleh operator, tapi beralih ke device dan aplikasi. Bisa dikatakan era kejayaan operator sudah berakhir dan pertumbuhan perusahaan berbasis teknologi semakin jauh melesat.

Sarwoto menambahkan kondisi ini sudah diramalkan sejak 2013 dimana pendapatan konten akan lebih besar dari infrastruktur. Padahal tanpa operator telekomunikasi semua industri teknologi itu tidak berdaya.

Untuk itu industri telekomunikasi membutuhkan langkah-langkah inovasi, salah satunya dengan melakukan konsolidasi operator atau merger, seperti yang dilakukan oleh Indosat Ooredoo dan Hutchison Tri Indonesia belum lama ini. Dengan merger terjadi sinergi sehingga bisa melakukan efisiensi dan menekan biaya. Sebab, operator yang tidak bisa mencapai target EBITDA 6—8% pertahun selama 4—6 tahun berturut akan mati dengan sendirinya. 

Tapi tidak bisa berhenti disitu saja. Kolaborasi operator itu juga harus memiliki strategi untuk membesar area permainannya. Bukan sekedar di infrastruktur saja. (Icha)

Tiga Film Pendek Oppo CineFinders, Bukti Kecanggihan Find X3 Pro 5G

0

Telko.id – Tiga Film Pendek Dari Oppo CineFinders yang terdiri dari Garin Nugroho, Jay Subiyakto, dan Riri Riza, menjadi bukti kecanggihan Oppo Find X3 Pro 5G. Pasalnya, ketiga film tersebut diambil menggunakan smartphone keluaran terbaru Oppo ini.

Ketiga film berjudul Siklus, Dedari, dan You and Me in Low Angle yang berdurasi 7 hingga 15 menit ini dapat disimak di Youtube OPPO Indonesia mulai 27 Oktober 2021.

“Kami sangat bangga dapat menggandeng tiga sutradara handal Indonesia yaitu Garin Nugroho, Jay Subiyakto, dan Riri Riza sebagai OPPO CineFinders  untuk membuktikan rangkaian fitur canggih Oppo Find X3 Pro 5G dalam produksi karya film pendek eksklusif mereka,” ujar Patrick Owen, Chief Creative Officer Oppo Indonesia menjelaskan.

Menurut Patrick, bagi mata pembuat film, kemampuan perangkat dalam menangkap detail gambar dan menampilkan warna yang kaya memegang peranan penting dalam menerjemahkan esensi cerita yang ingin disampaikan. Oppo Find X3 Pro 5G adalah smartphone flagship Oppo terkini dengan Full path Color Management System pertama di dunia yang mampu menangkap, menyimpan, dan menampilkan hingga 1 milyar warna senyata aslinya.

Fitur 1 Billion Colour juga diimplementasikan melalui Dual Primary Cameras yang mengandalkan kecanggihan lensa Wide dan Ultra-Wide 50 megapixel dengan sensor Sony IMX766. OPPO Find X3 Pro 5G juga dilengkapi fitur-fitur videografi seperti AI Highlight Video, 4K Cinematic Mode, RawPlus, dan AI Scene Enhancement.

Keseluruhan fitur canggih ini merupakan paket lengkap yang mampu mendampingi baik kreator film amatir maupun kelas profesional sekalipun dalam menghasilkan karya berkualitas.

Garin Nugroho, Oppo CineFinders, menjelaskan, “Pandemi ini mengharuskan kita memanfaatkan teknologi sebaik mungkin dalam berkarya, termasuk dalam memproduksi film profesional menggunakan smartphone. Tantangan utamanya adalah bagaimana mengemas kisah dan menjabarkannya melalui smartphone, serta platform apa yang paling sesuai untuk menikmati film ini’.

 Garin sempat menjajal keunggulan fitur-fitur OPPO Find X3 Pro 5G seperti lensa Wide dan Ultra-Wide 50 MP yang mampu mengambil gambar lebih lebar dan sangat detail sekalipun dalam format vertikal sehingga mampu menghasilkan karya berkualitas.

Jay Subiyakto, OPPO CineFinders, mengatakan, “Figur OPPO Find X3 Pro 5G yang kecil dan ringan, beserta fitur-fitur andalannya membantu saya dalam menangkap obyek bergerak dengan fokus yang cepat dan memungkinkan mengambil gambar dari sudut pandang yang lebih beragam. Ketika harus mengambil momen yang saya inginkan dalam proses tarian sakral Sanghyang Dedari  dalam 1 kali take, saya menggunakan lima unit OPPO Find X3 Pro 5G sekaligus untuk stok gambar”.

Jay pun mengagumi hasil nya karena kelimanya menunjukkan keakuratan warna yang sama, sebuah keunggulan dari fitur 1 Billion Colour.

“Sebagai seorang seniman, sangatlah penting untuk menghasilkan karya yang otentik dan melalui kolaborasi bersama OPPO Find X3 Pro 5G ini saya harapkan dapat menginspirasi para pembuat film pemula maupun profesional lainnya menghadirkan maha karya yang dapat menerjemahkan karakteristik mereka,”ujar Jay menambahkan.

Riri Riza, Oppo CineFinders, mengutarakan, “Inovasi adalah unsur penting bagi saya, seperti halnya ketika saya harus mengikuti perkembangan teknologi di industri perfilman. Kemajuan teknologi adalah sebuah peluang dengan memaksimalkannya sebagai pendamping dan menyempurnakan karya yang saya produksi. Oppo Find X3 Pro 5G memiliki resolusi tinggi layaknya kamera profesional, membuatnya sebagai perangkat rekam gambar yang ideal untuk pembuatan film”.

Riri mengagumi kecanggihan fitur AI Highlight Video dan AI Scene Enhancement. Dibuktikan ketika Ia menangkap proses transisi waktu dari sore menuju malam dan gambar pada malam hari dengan minim cahaya yang ditampilkan secantik aslinya.

Ketiga film pendek eksklusif OPPO CineFinders ini dapat disimak di Youtube Oppo Indonesia pada 27 Oktober 2021 (Siklus), 29 Oktober 2021 (Dedari), dan 31 Oktober 2021 (You and Me in Low Angle). Garin Nugroho mempersembahkan film pendek ‘Siklus’ dengan format berbeda yaitu vertikal, berkisah tentang seorang gadis penari yang menemukan benda-benda misterius dan melahirkan spirit koreografi baru.

Jay Subiyakto mengangkat budaya Bali melalui film ‘Dedari’ yang menceritakan tarian Sanghyang Dedari asal Pulau Dewata yang tergolong sakral dan dianggap sebagai tarian penolak bala atau wabah penyakit.

Sedangkan Riri Riza bercerita tentang seorang gadis yang selalu memandang segala sesuatu dari low angle di film ‘You and Me in Low Angle’. (Icha)

Facebook Mobile Center, Hasil Kolaborasi Gaya Baru!

0

Telko.id – Facebook Mobile Center adalah hasil kerjasama antara Telkomsel dan Facebook yang memanfaatkan komunitas digital di Indonesia. Sebuah fitur di dalam aplikasi Facebook di mana Telkomsel bisa memberikan pengalaman penjualan dan pelayanan yang tanpa batas dalam aplikasi Facebook.

Lewat Facebook Mobile Center ini, pelanggan Telkomsel bisa melakukan pembelian paket data dan paket darurat dalam aplikasi Facebook.

Di samping itu, pelanggan Telkomsel bisa mengakses MyTelkomsel dari Facebook Mobile Center, di mana pelanggan bisa melakukan pengecekan pulsa, paket data, serta produk dan layanan Telkomsel lainnya. Ditambah lagi, pelanggan juga bisa mengakses Instagram Telkomsel dari Mobile Center.

Cara ini diambil karena Indonesia adalah salah satu negara di dunia dengan percepatan transformasi ekonomi dan sosial paling dinamis, yang didukung pula oleh akselerasi teknologi digital. Dalam kurun waktu lima tahun saja, lebih dari 200 juta orang di Indonesia telah mendapatkan akses internet.

Perkembangan ekonomi digital di Indonesia telah melampaui sektor lain yang posisi nya saat ini melambat selama COVID-19. Ekonomi digital Indonesia diprediksikan akan mencapai 124 miliar dolar AS di tahun 2025 dari 44 miliar dolar AS di tahun 2020.

COVID-19 menjadi momen yang berarti bagi sektor telekomunikasi. Kondisi di mana kita diwajibkan untuk tinggal di rumah, infrastruktur digital dan pengalaman yang terpusat pada pelanggan telah menjadi perihal yang penting dalam interaksi digital.

Sektor telekomunikasi telah menjadi tulang punggung bagi kita semua dalam menjalani kegiatan sehari-hari selama pandemi, sekaligus beradaptasi dengan kenormalan baru atau new normal.

Selain itu, untuk potensi pengembangan layanan 5G Telkomsel, Telkomsel berkolaborasi dengan kapabilitas yang dimiliki oleh Facebook untuk mendorong lebih banyak potensi pengembangan layanan 5G, yang nantinya bisa memberikan manfaat luas untuk bisnis, pemerintah dan masyarakat di Indonesia.

Telkomsel berada di titik penting transformasi digital, dan telah memasuki bisnis baru di luar telekomunikasi selama lima hingga 10 tahun terakhir. Telkomsel bukan lagi sekadar menyediakan layanan konektivitas tetapi telah mengembangkan bisnis dengan menjalin beberapa kemitraan strategis dengan perusahaan digital.

“Kolaborasi kuat dengan Facebook memungkinkan Telkomsel untuk menjangkau pengguna Indonesia di seluruh demografi dan memberdayakan mereka untuk hidup, bekerja, dan bermain dengan cara baru yang berani,” ungkap Rachel Goh, Direktur Marketing Telkomsel menjelaskan.

Telkomsel baru-baru ini meluncurkan visi perusahaan yang baru #BukaSemuaPeluang, yang menandai awal baru dalam membuka peluang baru bagi komunitas digital di Indonesia. Facebook, sebagai salah satu mitra transformasi digital Telkomsel, mendukung visi baru ini dengan membagikan ilmu dan tips praktis untuk menang dalam pemasaran digital.

Mulai dari meningkatkan keterlibatan pelanggan di platform digital, serta mendorong pelanggan untuk memanfaatkan fitur dan layanan baru dari produk-produk Telkomsel, seperti aplikasi MyTelkomsel, Dunia Games, dan MAXstream. Facebook bermitra erat dengan Telkomsel dalam pemasaran digital dan solusi iklan yang memberikan dampak yang optimal.

Membuka peluang baru untuk komunitas digital juga berarti meningkatkan keterampilan digital bagi masyarakat di Indonesia. Dalam beberapa bulan terakhir, Telkomsel juga mengumumkan peluncuran platform pendidikan berbasis daring. Kuncie bertujuan untuk menghubungkan para calon pengusaha dengan para mentor, termasuk dari Facebook, start-up teknologi, dan modal ventura.

“Facebook hadir di Indonesia untuk mendukung komunitas dan pebisnis di Indonesia sehingga nanti bisa memperkuat kekuatan teknologi digital dalam negeri. Setiap hari, orang mengakses Facebook untuk terhubung dengan hal-hal yang mereka sukai dan seiring berjalannya waktu, hubungan tersebut menjadi lebih bermakna,” ujar Pieter Lydian, Country Director untuk Facebook di Indonesia.

Pieter juga menambahkan, bahwa dengan semakin banyaknya orang menikmati pengalaman digital tanpa batas, kami sangat senang dapati mendukung upaya Telkomsel untuk bisa lebih mewujudkan transformasi digital di Indonesia melalui digitalisasi jalur penjualan dan layanan pelanggan, serta terus membantu meningkatkan keterampilan digital para calon pengusaha. (Icha)

Jaringan 4G XL Axiata Sudah Jangkau 901 Desa/Kelurahan di Kalbar

0

Telko.id – Jaringan 4G XL Axiata dalam kurun waktu satu tahun terakhir terus diperluas. Termasuk juga di Kalimantan Barat. Sampai saat ini sudah lebih dari 260 BTS 4G yang dibangun, hingga ke wilayah pelosok-pelosok pedesaan yang sebelumnya belum terjangkau.

Region Group Head XL Axiata Jabodetabek dan Kalimantan yang juga membawahi area Kalbar, Rd. Sofia Purbayanti, mengatakan, “Trafik data di seluruh Kalbar meningkat hingga 215% dalam dua tahun terakhir. Karena itu, kami harus terus membangun jaringan 4G, baik untuk meningkatkan kualitas layanan, maupun untuk perluasan ke area-area yang memang baru dan memiliki potensi besar. Seiring dengan pembangunan jaringan, kami juga terus melakukan fiberisasi jaringan untuk meningkatkan kapasitas, agar kenyamanan pelanggan juga semakin meningkat.”

Menurut Sofia, saat ini jaringan 4G XL Axiata di seluruh Provinsi Kalbar sudah menjangkau 75% kecamatan yang ada atau 129 kecamatan, yang meliputi total 901 kelurahan/desa, dengan lebih dari 418 ribu pelanggan. Untuk menopang layanan di seluruh provinsi Kalbar ini, XL Axiata mengoperasikan lebih dari 1.000 BTS 4G. 

Sofia menambahkan, keberadaan jaringan 4G di wilayah Kalbar ini juga merupakan implementasi atas komitmen XL Axiata untuk turut mendorong peningkatan literasi digital bagi masyarakat yang bermukim hingga pelosok pedesaan. Tersedianya jaringan internet yang berkualitas dan literasi digital yang terus meningkat akan mendorong produktivitas serta membantu masyarakat beradaptasi dengan berbagai sarana ekonomi digital.

Di seluruh Kalbar, XL Axiata memiliki BTS 4G terbanyak di Kota Pontianak, yaitu 200 BTS 4G. Kemudian diikuti wilayah Kabupaten Kubu Raya, lebih dari 130 BTS 4G. Selanjutnya Kabupaten Sambas lebih dari 130 BTS 4G. Untuk area Kabupaten Sintang, sekitar 100 BTS 4G, Kabupaten Sanggau, sekitar 90 BTS 4G, dan Kota Singkawang dengan sekitar 80 BTS 4G.

Selain fokus melakukan pembangunan jaringan 4G, XL Axiata juga memperkuat layanan data dengan memperluas pembangunan jaringan fiber optik atau fiberisasi yang jalurnya masuk hingga ke BTS-BTS di pelosok Kalbar. Jaringan 4G yang akan terkoneksi dengan jaringan fiber optik di seluruh Kalbar akan terus bertambah mengingat kebutuhan untuk meningkatkan kualitas layanan data seiring dengan peningkatan trafik data yang signifikan.

XL Axiata berharap dengan terhubungnya setiap BTS dengan kabel fiber optik dapat lebih meningkatkan kualitas jaringan dan tentunya secara otomatis akan memberikan kenyamanan lebih kepada pengguna layanan data.

Sementara itu, dalam upaya mendukung program pemerintah dalam penyediaan layanan dan jaringan 4G di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal), khusus di wilayah Kalbar, sejak tahun 2017 XL Axiata telah mengoperasikan jaringan melalui skema Universal Service Obligation (USO) yang dikoordinasi oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). 

Hingga saat ini, terdapat 57 BTS USO 4G di Kalbar yang tersebar di sembilan Kabupaten, yakni di Kabupaten Bengkayang, Ketapang, Landak, Kayong Utara, Sambas, Kapuas Hulu, Melawi, Sanggau, Sekadau, dan yang terbanyak di Kabupaten Sintang sebanyak 22 BTS USO 4G.

Ragam pilihan produk XL Axiata

Selain membangun jaringan 4G, XL Axiata juga telah menyiapkan sejumlah pilihan produk yang dapat dimanfaatkan masyarakat di Provinsi Kalbar untuk mendukung produktivitas mereka.

Saat ini tersedia promo produk yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan dan masyarakat di Kalbar untuk mengakses layanan data di jaringan 4G, yaitu kartu perdana internet XL Xtra Combo Lite 40GB 30 hari dengan harga spesial Rp 58 ribu dan juga kartu perdana internet AXIS Bronet 2GB 60 hari dengan harga mulai dari Rp 7 ribu yang tersedia di toko pulsa yang tersebar di wilayah Kota Pontianak, Kota Singkawang dan Kabupaten Kubu Raya. Promo berlaku hingga akhir November 2021.

Untuk memastikan masyarakat dan pelanggan mudah mendapatkan produk XL Axiata, baik XL maupun AXIS, saat ini di Provinsi Kalbar terdapat lebih dari 2.700 toko pulsa yang menyediakan produk XL Axiata. Toko-toko tersebut tersebar hingga ke wilayah kecamatan dan desa-desa yang sudah terjangkau layanan XL Axiata.

Melalui toko-toko jaringan distribusi tersebut, pelanggan juga bisa mendapatkan informasi dan juga menyampaikan keluhan, di mana selanjutnya pengelola toko akan meneruskannya ke layanan pelanggan XL Axiata, atau pelanggan juga bisa datang ke XL Center yang beralamat di jalan Gusti Hamzah No. 4, Kota Pontianak. (Icha)

Aplikasi IMove, Inovasi Kesehatan Digital ala Indosat Ooredoo

0

Telko.id – Aplikasi IMove baru saja diperkenalkan oleh Indosat Ooredoo. Ini merupakan aplikasi kesehatan digital yang menawarkan pengalaman gaya hidup sehat dengan konsep gamifikasi yang unik dan menyenangkan, dengan berbagai hadiah menanti pelanggan.

Peluncuran ini juga sebagai upaya Indosat Ooredoo untuk mendukung Pemerintah mewujudkan Indonesia Sehat 2025.

Menurut data WHO, tingkat obesitas secara global telah meningkat tiga kali lipat dalam empat dekade terakhir, dengan aktivitas fisik yang rendah merupakan faktor utama keempat kematian. Sementara itu, di Indonesia, jumlah orang dewasa yang kelebihan berat badan di Indonesia meningkat dua kali lipat selama dua dekade terakhir.

Orang yang tinggal di daerah perkotaan lebih cenderung kelebihan berat badan karena akses ke makanan olahan relatif mudah. Kehidupan kota juga dikaitkan dengan gaya hidup menetap, terutama di kalangan perempuan dan anak perempuan, karena mereka menghadapi infrastruktur yang tidak memadai untuk berolahraga di luar ruangan, seperti trotoar yang sempit dan kurangnya taman.

Oleh karena itu, Indosat Ooredoo meluncurkan aplikasi IMove sebagai inisiatif kesehatan sosial pertama di Indonesia yang didukung jutaan pelanggannya dengan konsep gamifikasi berdasarkan hadiah. Platform ini berusaha menjadi cara yang menarik, menyenangkan, dan bermanfaat untuk mengadopsi kebiasaan yang lebih sehat.

“Melakukan gaya hidup sehat sangat penting, terutama di masa pandemi ini. Oleh karena itu, kami meluncurkan aplikasi IMove untuk mendorong masyarakat menjalani gaya hidup yang lebih sehat dengan konsep gamifikasi,” ungkap Sudheer Chawla, SVP-Head of Digital Services Indosat Ooredoo, menjelaskan.

Lewat aplikasi IMove ini, Indosat Ooredoo menawarkan platform goal-setting, habit tracker, dan komunitas online, membantu pengguna mencapai tujuan individu mereka, tetap berkomitmen, dan mendapatkan hadiah.

Harapannya, para pelanggan operator ini akan memilih IMove sebagai pilihan pertama mereka untuk menerapkan gaya hidup sehat dan lebih aktif.

IMove menawarkan pendekatan holistik untuk kesehatan yang optimal, dengan fokus pada gerakan, nutrisi, dan kesehatan emosional. Pengguna dapat mengikuti berbagai tantangan gamifikasi untuk berolahraga lebih banyak, menurunkan berat badan, makan lebih sehat, dan menjadi lebih sehat.

Aplikasi IMove memiliki tiga fitur utama: Coaches, Social Wall, dan Rewards. Pada Coaches, pengguna dapat menikmati berbagai wawasan informatif, seperti rencana dan resep makan, rutinitas dan latihan kebugaran, serta tips gaya hidup sehat dari para pelatih profesional bersertifikat.

Di Social Wall, pengguna dapat berbagi kemajuan mereka untuk saling mendukung dan berinteraksi. Sementara itu, di Rewards, pengguna dapat mengumpulkan trofi untuk setiap kegiatan dan melakukan redeem di store.

Terdapat juga Tantangan Leaderboard of Step, dimana pengguna IMove dapat membandingkan kemajuan mereka dengan peserta lain. Platform ini menawarkan tantangan gratis hingga pro dengan berlangganan mulai dari Rp1.000/hari. Para pemenang Leaderboard ini berkesempatan mendapatkan gratis kuota data dari 1GB hingga 50GB, berbagai diskon produk fitness dari partner IMove, serta hadiah uang tunai.

Aplikasi IMove tersedia di Google Play Store dan App Store. Pelanggan Indosat Ooredoo dapat mengunduhnya secara gratis untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat. (Icha)

Pemerintah Tetapkan Aturan TKDN 5G Naik Jadi 35%

0

Telko.id – Aturan TKDN 5G dan 4G yang baru menjadi 35% dari yang sebelumnya adalah 30%. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 13 Tahun 2021 yang dikeluarkan 12 Oktober lalu.

“Peraturan ini mengatur tentang kewajiban untuk memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri atau TKDN sebesar 35% untuk Perangkat Subscriber Station 4G dan 5G yang akan beredar dan digunakan di Indonesia. Dengan ketentuan ini, maka nilai TKDN 5G dan 4G naik dari sebelumnya sebesar 30%,” papar Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika dalam Konferensi Pers Peraturan Menteri Kominfo Terkait TKDN 5G, dari Ruang Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (21/10/2021) yang disiarkan juga secara virtual.

Aturan TKDN 5G dan 4G baru ini mengatur standar teknis alat telekomunikasi dan perangkat telekomunikasi bergerak seluler berbasis standar teknologi Long Term Evolution (LTE).

Permenkominfo yang terbit tanggal 12 Oktober 2021 itu juga mengatur standar teknologi Internasional Mobile Telecommunication 2020 yang mencakup persyaratan teknis untuk perangkat Subscriber Station

“Dan untuk perangkat Base Station yang menggunakan teknologi berbasis LTE atau teknologi 4G, serta teknologi berbasis standar teknologi International Mobile Telecommunication 2020 atau teknologi 5G, yang bekerja pada pita spektrum 850 Mhz, 900 mhz, 1800 mhz, 2,1 GHz, dan 2,3 GHz,” jelas Menkominfo.  

Johnny menegaskan aturan TKDN 5G dan 4G ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk meningkatkan komponen di dalam negeri sampai dengan TKDN 35%.

“Untuk penggelaran 4G dan 5G di Indonesia juga memastikan agar industri dalam negeri ikut terlibat dan mengambil bagian yang dari waktu ke waktu semakin tinggi,” tandasnya.

Melalui kebijakan TKDN 5G dan 4G yang baru ini, Johnny berharap dapat mendorong tumbuhnya industri perangkat telekomunikasi di dalam negeri. 

“Dengan demikian, industri dalam negeri dapat lebih terlibat dalam pengembangan dan pembangunan infrastruktur telekomunikasi berbasis teknologi 4G dan 5G. Sebagaimana yang diamanatkan oleh Bapak Presiden agar Indonesia dapat menjadi negara smart player dalam pengembangan jaringan, baik jaringan 4G maupun dan 5G,” jelasnya.

Selain itu, ketentuan TKDN juga untuk memastikan dorongan dan dukungan konkret bagi produksi di dalam negeri atas komponen dan perangkat telekomunikasi 4G dan 5G. 

“Dalam menentukan nilai komponen TKDN ini, Kementerian Kominfo telah mendapat masukan dari Kementerian Perindustrian, dan merupakan hasil konsultasi yang dilakukan dengan para vendor perangkat telekomunikasi,” papar Johnny.

Ia juga menjelaskan kewajiban pemenuhan TKDN 5G dan 4G sebesar 35% menjadi salah satu persyaratan untuk mendapatkan sertifikat perangkat dari Kementerian kominfo, sebelum perangkat tersebut diedarkan maupun dijual di Indonesia.

“Ketentuan TKDN sebesar 35% ini akan diberlakukan 6 bulan sejak ditetapkannya peraturan menteri ini, dan untuk itu agar para vendor perangkat telekomunikasi dapat segera mulai menyesuaikan,” ujarnya.  

Dalam konferensi pers yang berlangsung secara virtual itu, Menteri Johnny didampingi Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Ismail. (Icha)

Acer Luncurkan Sederet Produk Antimicrobial

0

Telko.id – Acer baru saja meluncurkan sederet produk antimicrobial yang diperkenalkan dalam acara next@acer yang disiarkan secara virtual dari Taiwan beberapa waktu lalu. Pas buat Anda yang sering melakukan kegiatan diluar rumah. Yang pasti, produk yang diperkenalkan ini bukan hanya tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, tetapi juga dapat mengurangi tingkat pertumbuhan mikroba.

Portfolio produk Acer antimicrobial ini melingkupi produk konsumen serta komersial. Mulai dari laptop TravelMate untuk para pekerja kantoran, hingga perangkat Enduro untuk pengguna yang seringkali berada di luar ruangan, serta sejumlah aksesori tersertifikasi Works With Chromebook seperti keyboard dan mouse set, perangkat antimicrobial Acer kali ini hadir untuk segmen pengguna yang lebih luas.

Yuk kita lihat portfolio Acer antimicrobial!

Acer TravelMate Spin P4

Acer TravelMate Spin P4 (TMP414RNA-51) adalah laptop bisnis convertible dilengkapi dengan fitur Antimicrobial 360 Design Acer – antimicrobial silver ion yang melapisi bagian-bagian yang seringkali disentuh oleh pengguna seperti sasis, keyboard, touchpad, dan lain-lain.

Silver ion adalah partikel reaktif yang dapat mengurangi tingkat pertumbuhan mikroba dengan sangat signifikan saat terjadi kontak dengan perangkat. Laptop ini juga menawarkan performa powerful dengan prosesor Intel® Core i7 vPro generasi ke-11 yang lebih efisien untuk menjalankan berbagai program, laman web, dan spreadsheets di saat yang bersamaan, serta penyimpanan SSD M.2 hingga 1TB yang menawarkan ruang penyimpanan besar untuk dokumen serta aset pengguna.

Perangkat ini juga memiliki fitur tahan tumpahan, menawarkan ketenangan pikiran saat bekerja sambal menikmati kopi, Sudut peredam goncangannya telah disertifikasi oleh pihak independen yang memenuhi standar ketahanan benturan MIL-STD 810H.

Layar laptop ini juga tahan goresan dengan panel FHD (1920×1080) 14 inci yang mendukung sentuhan dan dapat diputar 360 derajat ke berbagai mode seperti laptop, stand, tent, atau tablet, memudahkan pengguna untuk berbagi konten atau membuat catatan, Bobot ringan hanya 1,53 kg serta setipis 17,9 mm, merupakan ukuran sempurna untuk mereka yang seringkali bekerja di luar ruangan. Untuk hari-hari yang padat dengan rapat, laptop ini menawarkan daya tahan baterai hingga 13,5jam dan dapat diisi dengan cepathingga 80% hanya dalam satu jam, menawarkan laptop yang dapat diandalkan sepanjang hari oleh pengguna.

Sebagai tambahan, laptop ini menawarkan berbagai opsi untuk konektivitas, termasuk konektor ethernet RJ45, dukungan LTE opsional (eSIM & DSSA), smart card reader, ditambah sejumlah port USB Tipe-C dan Thunderbolt™ 4. Perangkat ini juga disertai kemampuan keamanan yang diharapkan dari PC kelas bisnis, seperti Trusted Platform Module (TPM) 2.0, login sidik jari dan Windows Hello.

Acer Enduro Urban N3

Acer Enduro Urban N3 (EUN314A-51W(G) adalah laptop tahan banting berukuran 14 inci yang didesain untuk bertualang. Dengan bobot 1,85kg dan tebal 21,95mm, perangkat ini telah disertifikasi dengan daya tahan kelas militer (MIL-STD 810H) dan ketahanan kelas industrial (IP53) terhadap debu dan air, memungkinkannya untuk bertahan dalam berbagai situasi.

Laptop ini juga memiliki empat sudut yang diperkuat untuk membantu perangkat bertahan saat jatuh (hingga 122 cm), sedangkan desain tahan air dari port I/O, speaker, dan tombol, ditambah sistem drainase yang unik dan Aquafan tahan air dari Acer membuat pengguna dapat menjelajah ke mana saja tanpa perlu khawatir tentang cuaca.

Enduro Urban N3 generasi terbaru ini memiliki perlindungan selangkah lebih jauh dengan Antimicrobial 360 Design dari Acer dan Antimicrobial CorningGorillaGlass sehingga layar tetap bersih walaupun sedang berada di luar ruangan.

Bagian lain dari perangkat ini dilapisi oleh silver ion yang memperluas kemampuan antimicrobialnya hingga sasis, touchpad, tombol, dan lain sebagainya. Tentunya, dengan prosesor IntelCorei7 generasi ke-11, GPU NVIDIAGeForceMX330, dan memori DDR4 sebesar 32 GB, laptop ini dapat menjalankan berbagai jenis tugas, sementara daya tahan baterai hingga 13 jam serta layar FHD dengan kecerahan 450 nits memberikan kebebasan kepada pengguna untuk bekerja di mana pun mereka inginkan.

Acer Enduro Urban T3

Acer Enduro Urban T3 (EUT310A-11A) merupakan tablet sebesar 10 inci yang tepat bagi keluarga yang suka menjelajah dan belajar, baik dalam perjalanan berkemah atau mengikuti kelas online di ruang tamu.

Empat sudutnya telah memiliki sertifikasi MIL-STD-810H, termasuk kemampuan bertahan sebanyak 26 kali jatuh dari ketinggian 122 cm, sedangkan speaker, tombol, dan lubang I/O yang kedap air membuat tablet ini mendapatkan sertifikasi IP53 terhadap debu dan air. Tablet ini telah ditingkatkan lebih lanjut dengan Antimicrobial 360 Design dari Acer, yang dilengkapi solusi antimicrobialpada hampir semua permukaan yang dapat disentuh, termasuk layar, cover, bingkai, bumper, dan tombol-tombol.

Dengan demikian, Enduro Urban T3 lebih dari mampu menangani apa pun yang muncul dalam kegiatan sehari-hari —dengan ketebalan 9,92 mm yang mengesankan dan bobot hanya 595 gram saja.    

Tablet antimicrobial ini dilengkapi dengan layar FHD (1920×1200) yang mendukung sentuhan 10 titik dan menawarkan kecerahan layar hingga 600 nits untuk memberikan pengalaman yang intuitif dan jelas bahkan saat berada di luar ruangan.

Di atas layar terdapat kamera depan wide-angle dengan resolusi 5 MP, penambahan mikrofon dengan AI noise reduction, serta WiFi dual-band yang membuat Enduro Urban T3 cocok untuk panggilan video dan pembelajaran jarak jauh. Terakhir, prosesor MediaTek Octa-core dan RAM 4 GB menawarkan daya yang cukup untuk memberikan pengalaman mulus kepada penggunanya.

Acer VE246Q

Acer VE246Q merupakan monitor dengan ukuran layar 23,6 inci dengan panel VA FHD yang tidak hanya ramah lingkungan namun juga ramah untuk mata pengguna dan mendukung sudut pandang luas hingga 178 derajat dan menawarkan rasio kontras 100.000.000:1 untuk gambar yang sangat tajam.

Dengan fitur Antimicrobial 360 Design dari Acer, bodi pada monitor dan kaca pelindungnya terbuat dari plastik daur ulang yang telah dilapisi dengan solusi antimicrobial silver ion, menawarkan tingkat pengurangan terhadap sejumlah bakteri hingga 99% di bawah protokol uji coba dari JIS Z 2801 dan ISO 22196.

Monitor ini juga memiliki sertifikat ramah lingkungan seperti ENERGY STAR, TCO dan EPEAT untuk desain hemat daya pada lampu latar LED dan manajemen material dalam proses pembuatannya.

Sebagai pelengkap, Acer memberikan fitur Comfyview, memberikan pengalaman menonton lebih nyaman dengan mengurangi silau dan cahaya sekitar, sementara Acer BlueLightShield mengurangi emisi cahaya biru yang memiliki potensi berbahaya bagi pengguna.

Aksesori Tersertifikasi Works With Chromebook

Acer membawa fitur antimicrobial pada perangkat lainnya yaitu aksesori tersertifikasi Works With Chromebook yang telah diuji dan disetujui sehingga memenuhi standar kompatibilitas Google.

Perangkat ini disertifikasi untuk bekerja lancar dengan Chromebook dan memiliki firmware yang dapat diperbarui, menawarkan pengguna kompatibilitas dengan periferal masa kini dan selanjutnya.

Acer Bluetooth Keyboard and Mouse KM501 adalah perangkat keyboard dan mouse set yang tersertifikasi Works With Chromebook. Keyboard ringkas ini telah dilengkapi dengan Acer Antimicrobial 360 Design, mencakup solusi antimicrobial silver ion pada sebagian besarpermukaannya serta tata letak khusus yang dirancang untuk melengkapi semua fitur Chrome OS. Selain itu, keyboard dan mouse ini sangat hemat energi, mampu bertahan hingga satu tahun penuh sebelum memerlukan penggantian baterai.

Acer Bluetooth Mouse B501 merupakan mouse dengan DPI 1,000 yang juga memiliki fitur Acer Antimicrobial 360 Design, mencakup solusi antimicrobial silver ion pada sebagian besarpermukaannya dan desain ambidextrous yang memungkinkan perangkat ini untuk digunakan dengan nyaman oleh pengguna tangan kanan dan kiri. Perangkat ini tersedia sebagai bagian dari paket kombo KM501 atau secara terpisah sebagai produk individual.

Acer Eco-Shell Protective Jackets

Sebagai produk yang penting dibawa saat perjalanan, eco-shell protective jacket dari Acer terbuat dari kain breathable dan tahan air, dilengkapi dengan pelindung PET hoodie transparan yang ketika dipasangkan, dapat membantu mencegah tetesan aerosol agar tidak mengenai wajah penggunanya.

Jaket ini memiliki dua saku depan yang cukup besar untuk memuat smartphone atau paspor dengan nyaman, serta tekstur seperti kulit yang nyaman dan lembut saat disentuh. Bagian dalam jaket dilapisi dengan kain perak, terbuat dari benang yang memiliki perak yang melekat padanya, memberikan kemampuan antimicrobial.

Lebih dari sekadar pakaian, 26% material jaket eco-shell terbuat dari ekstrak sisa ampas kopi, material membran kopi berbasis bio pertama di dunia. Bahan ini dibuat dengan mengekstraksi minyak kopi dari sisa ampas kopi, mengubahnya menjadi poliol minyak kopi, kemudian mensintesis poliol menjadi lapisan PU untuk digunakan sebagai kain.

realme C11 2021 Hadirkan Versi Baru, Kapasitas Besar Harga Sejutaan

0

Telko.id – realme baru saja meresmikan versi terbaru dari realme C11 2021 dengan varian 4GB+64GB. Langkah ini dilakukan karena tingginya permintaan seri C yang terkenal dengan baterai besar dan harga yang kompetitif tanpa ada spesifikasi yang dikurangi.

Seri C realme telah digunakan oleh lebih dari 5 juta pengguna yang tersebar di seluruh Indonesia. Masuk dalam kategori entry-level, sebelumnya realme C11 2021 dengan kapasitas RAM & Memori Internal 2GB+32GB lebih dulu diperkenalkan ke pasar Indonesia di bulan Juni. Lalu apa saja keunggulannya varian baru ini?

Penyimpanan Besar dengan Prosesor yang Kuat

Hadirnya kapasitas besar, merupakan cara realme untuk memenuhi kebutuhan realme Fans yang menginginkan daya simpan yang lebih luas. Memiliki memori sebesar 64GB, versi ini juga masih dilengkapi 3 slot kartu untuk dua kartu SIM dan satu kartu SD yang bisa ditambah lagi hingga 256GB.

Varian baru ini juga ditenagai prosesor octa-core powerful berbasis CPU Cortex-A55 yang dilengkapi pada smartphone, untuk pemakaian harian yang mulus tanpa hambatan. Tentunya cocok bagi para pengguna yang masih duduk di bangku sekolah, untuk mendukung kegiatan dan kebutuhan belajar online yang lancar tanpa gangguan.

Baterai Cadas, Seru Tanpa Batas

Masih dibekali dengan kapasitas baterai berkapasitas besar 5000mAh, perangkat ini tetap mendukung OTG reverse charge khusus yang berdasarkan hasil pengujian realme, dapat bertahan selama 43 hari dalam mode standby.

Selain itu, fitur Super Power Saving Mode juga masih disertai untuk daya pakai yang lebih hemat. Selain App Quick Freeze, Screen Battery Optimization, dan Sleep Standby Optimization yang membuat pengalaman pengguna semakin seru tanpa batas.

Harga Spesial di Flash Sale

realme C11 2021 4GB+64GB dibanderol dengan harga spesial selama promo Flash Sale eksklusif di JD.ID dan website resmi realme.

“realme menghadirkan realme C11 2021 varian 4GB+64GB, untuk memenuhi kebutuhan anak muda yang ingin penyimpanan lebih besar namun dengan harga yang terjangkau. Selain itu, tingginya permintaan seri C yang terkenal dengan baterai besar dan harga yang kompetitif juga mendorong kami untuk menggelar program Flash Sale di JD.ID dan situs resmi realme Indonesia dalam menawarkan varian baru ini dengan harga spesial. Saya berharap realme Fans akan semakin puas dalam menggunakan realme Seri C kami,” ungkap Palson Yi, Direktur Marketing realme Indonesia.

Catat tanggalnya, Flash Sale Pertama akan berlangsung di tanggal 21 Oktober 2021 pukul 12:00 WIB, dan Flash Sale Kedua di tanggal 22 Oktober 2021 pukul 12:00 WIB di JD.ID dan realme.com/id. Anda dapat memperoleh harga spesial senilai Rp 1,569,000 dalam dua pilihan warna: Lake Blue & Iron Grey. 


Tertinggal harga spesial di JD.ID pada program Flash Sale, nantikan kehadiran varian baru ini di platform marketplace rekanan lainnya mulai tanggal 23 Oktober 2021, dengan harga normal Rp 1,649,000. (Icha)

Indosat Ooredoo Perkenalkan WeGrow, Ajak Hidup Sehat!

0

Telko.id – Indosat Ooredoo perkenalkan WeGrow. Sebuah platform green living, sebagai salah satu dari tiga pemenang terbaik dari program SheHacks.

Diluncurkan pada tahun 2019, WeGrow bercita-cita untuk menjadi enabler bagi para penggemar gaya hidup sehat. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya green living dengan memproduksi microgreen dan salad kit di masa-masa awal, WeGrow segera mendapatkan perhatian, dengan hampir 1.500 produk terjual dalam enam bulan pertama.

Setelah itu, WeGrow memperluas skala pengaruhnya dengan mengembangkan lebih banyak produk dan lokakarya, berkolaborasi dengan mitra, dan beralih ke platform ed-tech komunitas dengan berbagai bidang minat, termasuk pertanian perkotaan, fermentasi, dan pengelolaan limbah rumah.

Green living atau hidup ramah lingkungan menjadi tren akhir-akhir ini karena pandemi telah mendorong orang untuk tinggal, belajar, dan bekerja di rumah jika memungkinkan, dan sebagai hasilnya, mereka menjadi sadar akan lingkungan dan gaya hidup mereka.

“WeGrow memutuskan untuk mendefinisikan kembali perannya menjadi platform ed-tech komunitas untuk mengajari mereka cara mengadopsi gaya hidup hijau dengan langkah-langkah sederhana, mulai dari memperkenalkan cara membuat makanan sehat hingga mengelola sampah rumah. Kami berusaha membantu para peminat gaya hidup sehat mendapatkan pengetahuan yang tepat untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan yang lebih terjangkau,” ujar Riska Dwi Noviyanti, Chief of Bussiness Development Officer dan Co-founder WeGrow menjelaskan.

Sebagai salah satu dari Tiga Pemenang Terbaik SheHacks, Tim WeGrow berbagi kegembiraan mereka karena mempelajari banyak hal baru selama sesi mentoring SheHacks. “Kami belajar banyak dari mentor, termasuk pentingnya memahami kecocokan solusi masalah, mencari validasi pelanggan, membuat kanvas model bisnis ramping, dan juga membuat prototype,” ujar Riska menambahkan.

Ia juga menyadari nilai dari terus mengukur kepuasan produk/layanan, meminta umpan balik pelanggan, dan mengukur tingkat rujukan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan tumbuh menjadi bisnis yang berkelanjutan. “Kami ingin berterima kasih kepada Indosat Ooredoo dan SheHacks karena telah mengizinkan kami untuk belajar dari para ahli,” tambah nya.

“SheHacks 2021 hadir dengan tujuan sederhana: memberdayakan lebih banyak perempuan di bidang teknologi dan memanfaatkan potensi teknologi yang lebih inklusif. Kami bangga memiliki WeGrow sebagai salah satu pemenang SheHacks karena kami memiliki visi yang sama untuk memanfaatkan penggunaan teknologi dalam menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan dan kehidupan yang lebih baik bagi semua orang tanpa kecuali,” ungkap Steve Saerang, SVP – Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo.

Sebagai informasi, menurut Survei Consumer Insight PWC 2021, 86% konsumen Indonesia secara sadar berbelanja produk dengan kemasan ramah lingkungan atau kemasan yang kurang, terutama oleh kaum milenial.

Sementara itu, 44% dari mereka mengalami kurangnya pilihan keberlanjutan untuk menjadi pembeli yang berkelanjutan. Menyadari meningkatnya kebutuhan akan produk yang berkelanjutan, WeGrow berkomitmen untuk meningkatkan aplikasi menjadi platform kehidupan hijau satu atap di masa depan. (Icha)