spot_img
Latest Phone

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...

ROG Phone 9 Series Tawarkan Bonus Eksklusif dan Diskon Hingga Rp2,99 Juta

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) menghadirkan promo...

ASUS ROG Exclusive Store Surabaya, Hadirkan Pengalaman Gaming Terbaik

Telko.id - ASUS resmi membuka ROG Exclusive Store di...

ASUS ROG Hadir di HoYo FEST 2025 Surabaya

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) kembali berpartisipasi...
Beranda blog Halaman 591

Ini Dia, Inovasi Baru Gojek Di Tiga Layanan Utamanya!

0

Telko.id – Gojek memperkenalkan inovasi baru pada tiga layanan utama nya. Yakni transportasi, pesan-antar makanan, dan logistic. Targetnya untuk semakin dapat memberikan solusi keseharian dan pengalaman yang lebih baik bagi masyarakat, meningkatkan efisiensi usaha mitra UMKM, serta memperluas peluang mitra driver untuk meningkatkan pendapatan.

Berbagai inovasi baru di tiga layanan utama akan semakin membuat Gojek jadi andalan masyarakat, di mana saat ini aplikasi Gojek telah diunduh lebih dari 190 juta kali per Juni 2021.

Pada riset terbaru Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) memperkirakan kontribusi ekonomi ekosistem digital Gojek dan GoTo Financial (di luar Tokopedia) menjadi 1,6% dari PDB Indonesia, atau sekitar Rp 249 triliun di tahun 2021. Kontribusi ekonomi ini meningkat 60% dibandingkan tahun sebelumnya. Riset yang sama juga menemukan bahwa mayoritas konsumen Gojek loyal, bahkan 86% pelanggan tetap terus menggunakan layanan Gojek meskipun tanpa promo.

“Sejak Gojek lahir 11 tahun lalu, inovasi sudah menjadi bagian dari DNA kami. Kami terus hadirkan inovasi dan teknologi terbaru guna menjawab berbagai tantangan dan kebutuhan sehari-hari masyarakat. Bahkan di tengah pandemi, kami tidak berhenti menghadirkan solusi untuk membantu masyarakat beradaptasi. Inovasi pada ketiga layanan utama yang kami perkenalkan hari ini pun tidak terlepas dari nilai-nilai tersebut,” ungkap Kevin Aluwi, Co-Founder dan CEO Gojek dalam konferensi pers virtual hari ini (27/10).

Kevin juga mempercayai bahwa melalui inovasi, Gojek akan bisa terus mempermudah keseharian hidup masyarakat termasuk mendukung jutaan mitra driver dan mitra usaha kami, khususnya pelaku UMKM untuk terus tumbuh meski di tengah pandemi.

Seperti apa inovasi yang dilakukan oleh Gojek?

Inovasi GoFood

GoFood memiliki banyak sekali inovasi untuk memastikan pengalaman kuliner terbaik bagi pelanggan. Salah satu inovasi terkini GoFood yang digemari masyarakat adalah fitur GoFood PLUS dan Order Sekaligus yang terbukti membuat pelanggan semakin setia dan mengandalkan GoFood.

Kedua fitur ini semakin memperkuat posisi GoFood sebagai penyedia layanan pesan-antar makanan yang value for money. GoFood PLUS merupakan paket berlangganan potongan harga langsung untuk bisa bebas menikmati beragam kuliner nikmat dengan harga terjangkau, termasuk diskon ongkos kirim. Fitur ini terus menjadi andalan pelanggan dengan kenaikan jumlah pelanggan GoFood PLUS hampir 5x lipat dari Januari – Juni 2021.

Sementara fitur Order Sekaligus memungkinkan pelanggan memesan makanan/minuman dari banyak resto sekaligus di satu lokasi. Hingga kini, sudah ada 41 lokasi di 7 kota besar termasuk Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. Ekspansi lokasi untuk Order Sekaligus ini meningkat 8x sejak diperkenalkan pada September 2020.

Kevin mengatakan, “Tidak hanya memanjakan pelanggan dengan pengalaman kuliner terbaik, GoFood juga mendorong eksposur merchant UMKM lokal melalui teknologi personalisasi data yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan rekomendasi kuliner dari mitra UMKM yang berada di sekitar lokasi pelanggan, sesuai dengan preferensi mereka. Pendekatan hyperlocal ini memberikan merchant UMKM akses yang semakin luas kepada pelanggan sehingga meningkatkan peluang pendapatan mereka.”

Tidak berhenti disitu, GoFood juga mendukung mitra UMKM untuk bisa makin maju dengan melengkapi aplikasi untuk mitra usaha, GoBiz, dengan fitur inovatif BizTips yang berisi berbagai tips sukses mengelola bisnis secara mandiri. Fitur ini efektif dalam membantu para mitra UMKM kuliner untuk mengelola bisnisnya secara lebih baik dan efisien.

Berkat ragam inovasi ini, GoFood terus menjadi platform andalan tidak hanya bagi pelanggan, namun juga bagi para mitra usaha untuk go online dan menumbuhkan usaha mereka di tengah pandemi. Dimana, saat ini, sudah ada 1 juta mitra usaha kuliner yang memanfaatkan GoFood, yang 99% diantaranya berskala UMKM. Lalu sudah tercatat 250 ribu mitra usaha baru bergabung di GoFood pada 2020, dan 43% dari mereka adalah pengusaha pemula.

Kehadiran GoFood tidak hanya mempermudah pengusaha pemula go-online tetapi juga mendukung pertumbuhan usahanya. Data internal perusahaan menunjukkan pendapatan rata-rata bulanan mitra usaha yang baru bergabung ke GoFood pada kuartal dua tahun 2020 tercatat meningkat hingga 7x lipat.

Inovasi layanan transportasi Gojek

Setelah sukses dengan pilot project pertama untuk kendaraan listrik motor dan mobil, kali ini Gojek memperluas rencana pemanfaatan kendaraan listrik melalui uji coba komersial. Gojek bekerjasama dengan Pertamina untuk penerapan skema battery swap pada motor listrik dari Gesit dan Gogoro.

Pada tahap ini, Gojek akan menggunakan 500 unit motor listrik di Jakarta Selatan, lalu selanjutnya akan meningkatkan skala uji coba dengan target awal pemanfaatan sampai dengan 5.000 unit motor listrik dan jarak tempuh penggunaan kendaraan listrik sebanyak satu juta kilometer.

Dalam uji coba komersial ini, para pengguna setia Gojek akan dapat memilih layanan kendaraan listrik pada saat menggunakan layanan GoRide, GoFood, GoSend Instant, GoShop, dan GoMart dengan area pick up dan drop off di Jakarta Selatan.

“Uji coba komersial kendaraan listrik merupakan perwujudan salah satu komitmen sustainability kami untuk meraih target karbon netral melalui transisi ke kendaraan listrik di ekosistem Gojek pada 2030,” ungkap Kevin.

Untuk mencapainya, GoJek pun memahami pentingnya membangun ekosistem yang mumpuni dan akan terus mencari solusi teknologi, infrastruktur pendukung, serta terus menjalin kerja sama yang erat dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan transisi ke kendaraan listrik dapat berlangsung dengan cepat sekaligus dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih ramah lingkungan bagi pelanggan dan mitra drivernya.

“Sebagai bentuk keseriusan kami, Gojek akan membentuk unit usaha independen yang fokus di kendaraan listrik,” ujar Kevin.

Inovasi layanan transportasi terbaru lainnya adalah GoTransit. Gojek dan PT Kereta Commuter Indonesia bekerja sama untuk menjadi yang pertama di dunia dalam mengintegrasikan tiket KRL dengan layanan transport on-demand seperti GoRide dan GoCar. Integrasi ini akan semakin mempermudah masyarakat bepergian. Berdasar data internal, sebagian besar pelanggan memanfaatkan layanan GoRide dan GoCar untuk menuju dan dari stasiun kereta komuter di Jabodetabek.

Inovasi layanan logistic

Inovasi juga diterapkan pada layanan logistik guna memudahkan konsumen melakukan pengiriman barang dan di saat sama mendukung para pelaku bisnis dan social seller untuk bertahan dan tetap tumbuh di masa pandemi.

Salah satunya adalah pengembangan GoSend API (integration application interface), yang mengintegrasikan layanan GoSend dengan platform mitra bisnis sehingga menghadirkan layanan pengiriman yang handal, cepat, dan mudah.

“Penguatan dan pengembangan integrasi API GoSend membuat layanan instant dan same day delivery menjadi pilihan pelaku usaha dan pengguna. GoSend API saat ini sudah dimanfaatkan oleh ribuan partner dan jutaan penjual,” ujar kevin.

Berdasarkan data internal GoJek, tercatat jumlah transaksi dari top partners GoSend seperti platform e-commerce, platform telemedik, meningkat 41% pada H1 2021 dibanding 2020. Pada periode yang sama pengguna layanan GoSend oleh UMKM juga naik dua kali lipat.

GoSend juga akan segera meluncurkan fitur GoSend Multidrop yang memberi kesempatan bagi para pengguna untuk mengirim beberapa paket sekaligus dengan hanya sekali ambil.

Lewat fitur ini, pengguna bisa mengatur paket mana yang harus dikirimkan terlebih dahulu. Agar ongkos kirim lebih hemat sampai dengan 30%, pengguna dapat memanfaatkan fitur rekomendasi urutan pengantaran yang disediakan. (Icha)

Spektrum 5G, Ini Rencana Pemerintah!

0

Telko.id – Spektrum 5G memang masih menjadi salah satu tantangan terbesar untuk Indonesia bisa mengimpelemntasikan teknologi baru ini. Pemerintah pun bekerja keras untuk menyediakannya dan ini rencananya!

“Untuk low band di frekuensi 700 Mhz, sangat diuntungkan dengan adanya UU Cipta kerja yang membuat pemerintah pun ada jalan. Sehingga pada tahun depan, frekuensi ini dapat digunakan karena selama ini sangat sulit ditembus,” ujar Denny Setiawan, Direktur Penataan Sumber Daya Kementerian Kominfo dalam diskusi 5G hari ini (27/10).

Sebelum adanya UU Cipta kerja ini, frekuensi 700 Mhz digunakan untuk siaran TV Analog. Saat ini, sedang dalam tahap migrasi. Setelah ada UU Cipta Kerja di tandatangani, kebijakan Analog Switch Off (ASO) hadir dan mengharuskan siaran analog bermigrasi ke digital paling lambat November 2022 mendatang.

Frekuensi ini pun, selain untuk mendukung layanan TV digital dapat dimanfaatkan untuk implementasi dan pengembangan layanan 5G.

Tantangan selanjutnya adalah pemanfaatan pita middle band pada frekuensi 2,6 Ghz. Yang saat ini digunakan oleh banyak siaran-siaran TV satelit. Sebagai solusi, pemerintah akan menunggu masa izin dari TV satelit itu berakhir yakni pada tahun 2024.

“Bisa saja lebih cepat, tapi masih menunggu yang kini masih berproses,” ujar Denny.

Lalu tantangan berikut nya adalah pada pemanfaatan pita middle band pada frekuensi 3,5 GHz. Saat ini, frekuensi tersebut masih digunakan oleh operator satelit nasional dan satelit asing. Kontrak atau masa izin untuk frekuensi ini masih lama jadi pemerintah mengambil langkah untuk melakukan moratorium.

“Untuk operator satelit asing, kami tidak memberikan izin lagi. Nah, untuk yang sudah ada atau eksisting, kami sudah berkirim surat untuk melakukan migrasi,” lanjut Denny.

Spektrum 5G yang juga dipersiapkan oleh pemerintah adalah pada frekuensi 3,5 GHz. Namun Denny menyebutkan bahwa pemerintah baru akan mulai berproses pada tahun 2023 mendatang.

Terakhir, untuk penyediaan pada pita high band di 26 – 28 GHz yang dianggap sangat ideal untuk spectrum 5G, saat ini masih dalam kajian.

“Eksosistem nya lagi tumbuh, jadi kita harus hati-hati karena bandwidth nya sangat besar tetapi area yang dijangkaunya sangat pendek. Kita harus berfikir fiberisasinya,” tambah Denny.

Walaupun spectrum 5G ini masih menghadapi tantang besar, tapi pemerintah sudah memiliki rencana strategis untuk mengimplementasikan teknologi baru itu sampai 2024 mendatang. Setidaknya ada 13 lokasi. Setidaknya terdiri dari atas enam ibukota propinsi di pulau Jawa, lima lokasi destinasi wisata prioritas, industri manufaktur, dan satu lokasi untuk ibukota negara baru.

Hal tersebut telah diatur dalam Peraturan Kemkominfo (Perkominfo) No 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kemkominfo 2020-2024.

Menurut Aju Widya Sari, Direktur Telekomunikasi Direktur Jenderal Perangkat Pos dan Informatika Kemkominfo, implementasi 5G di Indonesia akan dilaksanakan dengan tiga tahapan.

Pertama, layanan 5G dimulai dengan implementasi use case enhanced mobile broadband di titik-titik tertentu. Tahap kedua, implementasi 5G untuk use case massive machine communication. Tahap ketiga, use case berbagai teknologi yang diharapkan mancapai kematangan implementasi 5G di Tanah Air dalam beberapa tahun ke depan.

“Diharapkan, semua use case dan bisnis proses dari penyelenggaraan 5G dapat dimulai dan bisa dikembangkan,” kata Aju dalam diskusi yang sama.

Saat ini, sudah ada tiga operator seluler yang menggelar layanan 5G di sembilan wilayah Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata. Perkembangan teknologi dan implementasi jaringan 5G merupakan suatu keniscayaan dan mulai menjadi bagian dari market digital.

Menurut Aju, implementasi 5G bukan hanya sekedar peningkatan kecepatan transfer data dibandingkan dengan teknologi generasi sebelumnya. Jaringan 5G juga membuka kemungkinan banyak layanan, atau use case baru dan aplikasi semakin beragam yang akan meningkatkan produktivitas dan perekonomian nasional.

Karena itu, lanjut dia, terdapat tiga pilar yang harus diperhatikan, yaitu teknologi, sumber manusia manusia, dan tata kelola. Dengan memperhatikan ketiga pilar ini, transformasi digital diharapkan dapat berjalan dengan baik di Indonesia.

Di sisi lain, Aju juga menekankan lima aspek yang perlu diperhatikan dalam usaha mendorong kematangan dari implelemntasi 5G, yaitu aspek regulasi, spektrum frekuensi radio, modal bisnis penyelenggaraan, infrastruktur pendukung pasif maupun aktif, serta aspek ekositem perangkat dan talenta digital. (Icha)

3 Faktor Ini Bakal Dorong Layanan 5G di Indonesia

0

Telko.id – Layanan 5G di Indonesia hingga sampai saat ini masih belum naik secara signifikan. Walaupun sudah ada Telkomsel yang disusul oleh Indosat Ooredoo dan XL Axiata. Setidaknya, ada tiga faktor yang akan membuat layanan 5G di Indonesia ini akan naik. Apa itu?

Menurut Shurish Subbramaniam, Chief Technology Officer Smartfren, dalam sebuah conference hari ini (26/10), faktor yang pertama adalah ketersediaan spectrum. Sampai saat ini ketersediaan spectrum masih belum ideal.

“Spektrum 3,5 GHz, 2,6 GHz, atau frekuensi millimeter wave sangat dibutuhkan bagi ekosistem industri. Saya yakin pemerintah sedang bekerja keras untuk menghadirkan spektrum yang ideal 5G di Indonesia,” lanjutnya.

“Padahal, Speed yang dihasilkan bukan main cepatnya, dan very low latency. Sehingga untuk mengaplikasikan robot geraknya akan baik, karena tidak akan ada delay, dan itu sangat baik untuk industri, karena otomatisasi di sisi manufakturing akan berjalan jauh lebih sempurna,” terang Shurish, dalam acara yang digelar SelularID tersebut,  Selasa (26/10).

Sementara itu, Indra Mardiatna, Vice President Technology Strategy Telkomsel yang juga hadir dalam ajang tersebut juga menjelaskan, sejauh ini spektum 5G memang belum ideal.

“Tapi bukan berarti tidak bisa menggelar 5G. Analoginya itu spektrum dalam bisnis hotel  misal itu tanahnya, ini merupakan fundamental. Lalu 5G sendiri akan lebih efisien dibandingkan 4G. Dan 5G itu lebih tinggi throughput ketimbang 4G,” terang Indra.

Kemudian ia juga berpandangan secara use case, untuk kebutuhan consumer 5G kalah kompleks jika dibandingkan dengan kebutuhan industri, “Memang saya melihat oportunitinya 5G arahnya memang bakal jauh berperan pada transformasi digital dari sisi industri,” paparnya.

Sedangkan untuk menguatkan use case 5G di Tanah Air sendiri tentu dibutuhkan kolaborasi. “Kami percaya kolaborasi melalui skema pentahelix yaitu kolaborasi antara pemerintah, kampus, pengusaha, komunitas dan media sangat dibutuhkan. Kami berharap kita jangan jadi pengguna (5G) saja kedepan, tapi berlanjut lebih jauh dan Indonesia bisa memanfaatkan dengan baik,” ungkapnya.

Lalu bagaimana dengan ketersediaan smartphone 5G? Menurut laporan IDC ada lebih dari 30% konsumen di Indonesia pengeluaran TIK didominasi oleh Smartphone, pengeluaran mencapai total 36 Juta unit pengiriman di 2020.

Dan, sudah tentu, masyarakat memiliki harapan untuk dapat memperoleh ponsel 5G dengan harga terjangkau. “Ekspektasinya tentu dengan pengunaan 5G kedepan yang semakin tinggi, ada harapan penuruhan harga.  Apa yang kita liat di pasar kita tentu harga handset dengan sepesifikasi tinggi, namun costnya bagi konsumen harga cukup,” terang Mevira.

Sementara itu menurut Aryo Meidianto. A, PR Manager OPPO Indonesia ketersedian ponsel 5G yang dimiliki OPPO kontribusinya sudah 3,6 persen di Tanah Air. Untuk meningkatkan jumlahnya, tergantung dengan stekholder, bagaimana pemerintah memperkuat peraturanya dengan cepat, operator mengakselerasi jaringan 5G sehingga hadir merata.

“Jika semua itu sudah berjalan smooth, mau tidak mau permintaan smartphone 5G akan cenderung tinggi. Kita optimis jika tahun depan gelaran 5G semakin baik, Oppo akan menghadirkan lebih banyak lagi smartphone ketimbang di 2021 di  Indonesia,” tuturnya.

Dan posisi OPPO pada perankat 5G saat ini berada di kisaran Rp3 jutaan, dan jika melihat dari ketersediaan perangkat OPPO di Tiongkok, ada harga ponsel 5G yang memiliki harga dibawah Rp3 jutaan. (Icha)

Fitur Dolby Atmos Jadi Kekuatan Audio Oppo Find X3 Pro 5G

0

Telko.id – Fitur Dolby Atmos jadi kekuatan audio imersif pada Oppo Find X3 Pro 5G. Fitur ini bakal mampu memberikan pengalaman entertainment yang optimal. Baik untuk gaming, musik, hingga film yang seakan membawa pengguna ke dalam dunia berbeda.

Apalagi, fitur audio yang mumpuni, sekarang ini menjadi salah satu faktor penting yang menjadi pertimbangan masyarakat ketika akan membeli sebuah smartphone baru. Itu sebabnya, Oppo pun membenamkan fitur ini sebagai keunggulannya.

“Fitur-fitur Oppo Find X3 Pro 5G selalu mengusung konsep human-centric. Kali ini OPPO mengutamakan kebutuhan penggunanya yang menginginkan pengalaman audio seperti layaknya merasakan sensasi sinematik 3D dalam sebuah genggaman,” ujar Patrick Owen, Chief Creative Officer Oppo Indonesia menjelaskan.

Oppo Find X3 Pro 5G ini memiliki fitur Dolby Atmos yang tak hanya meningkatkan pengalaman audio secara keseluruhan, tapi juga mendeteksi secara otomatis dan mengatur kondisi kebisingan lingkungan sekitar sehingga pengguna tetap dapat mendengarkan dengan jelas meskipun berada di café yang ramai atau di dalam galeri seni yang sunyi.

“Dolby Atmos dapat menghadirkan suara multidimensi dengan kejernihan yang luar biasa sehingga pengguna bisa mendengar detil suara yang mungkin tidak terdengar sebelumnya. Kami dari Dolby berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman yang imersif sehingga pengguna dapat merasakan hubungan yang lebih dalam, lebih nyata dengan film, musik, acara olahraga, dan video game yang mereka gemari,” ungkap Dolby Atmos Representative Ashim Mathur, Senior Regional Director, Emerging Markets, Dolby Laboratory.

Pengguna Oppo Find X3 Pro 5G bisa dengan mudah mengaktifkan Dolby Atmos dengan membuka menu Setting pada smarphone, pilih Sound and Vibration, dan aktifkan Dolby Atmos. Untuk merasakan fungsi optimal dari fitur Dolby Atmos, pengguna disarankan untuk menonton film, memainkan video game, ataupun mendengarkan musik yang sudah didukung oleh teknologi Dolby Atmos.

Dolby Atmos menciptakan pengalaman audio yang menjadikan film, musik, ataupun video game favorit terasa lebih seru dan lebih hidup. Dengan Dolby Atmos, pengguna akan merasa seperti terlibat langsung dalam sebuah kisah yang penuh imajinasi diiringi dengan detil suara yang menakjubkan. (Icha)

True QuadPlay, Hasil Sinergi Smartfren dan Moratel

0

Telko.id – True QuadPlay merupakan hasil sinergi Smartfren dan Moratel. Ini merupakan layanan internet untuk gaya hidup digital di Indonesia. Sinergi ini membuat True QuadPlay menjadi satu produk dengan satu billing yang mengombinasikan keunggulan dari kedua perusahaan.

Adapun keunggulan produk ini adalah pelanggan bisa mendapatkan internet broadband kecepatan tinggi Oxygen.id, saluran TV kabel premium, video on demand, konten OTT, satu nomor telepon rumahbebas abodemen, Kuota Nonstop untuk paket data seluler, serta gratis panggilan telepon ke seluruh nomor Smartfren.

Harapannya produk terbaru ini menjadi solusi terlengkap bagi pelanggan yang membutuhkan internet berkecepatan tinggi guna menunjang berbagai kegiatan digital, dari hiburan, pendidikan, hingga bisnis.

“Saat ini permintaan atas kebutuhan layanan Oxygen.id untuk perumahan juga perusahaan saat ini terus meningkat pesat, dan kami berkomitmen untuk terus memperluas jaringan layanan Oxygen.id baik di Jabodetabek dan di luar Pulau Jawa seperti Medan, Jambi, Pontianak, Pangkal Pinang, Denpasar Bali, juga kota kota besar lainnya,” ungkap Galumbang Menak, President Director Mora Telematika Indonesia (Moratel) menjelaskan.

Dengan semakin luasnya area layanan tersebut,  Oxygen.id berkomitmen untuk terus mengembangkan layanan terbaik untuk pelanggan. Salah satunya adalah inovasi True QuadPlay yang kami kembangkan bersama Smartfren untuk membuat pelanggan bisa menikmati seluruh keunggulan layanan internet dalam satu billing.

“Layanan True QuadPlay merupakan langkah awal dari sinergi strategis antara Smartfren dengan Moratel. Kami yakin sinergi ini adalah kunci untuk meraih dan mengembangkan peluang di segmen bisnis internet quadplay di Indonesia,” ujar Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren menambahkan.

Sinergi tersebut membuat dua perusahaan dapat menghadirkan True QuadPlay dengan banyak keunggulan dalam satu layanan inovatif. Pelanggan mendapatkan manfaat berupa coverage internet mobile yang luas dan 100% 4G saat berada di luar rumah, serta koneksi internet broadband kecepatan tinggi Oxygen.id, televisi kabel, dan telepon rumahbebas abonemen.

True QuadPlay merupakan tindak lanjut dari langkah strategis Smartfren setelah mengucurkan pernyertaan modal 20,5% pada Moratel.

Adapun Oxygen.id merupakan produk internet broadband milik Moratel yang saat ini sudah menjangkau kota-kota besar di Indonesia, antara lain di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Medan, Jambi, Denpasar, Pontianak dan Pangkal Pinang.

Selain menghadirkan layanan internet quadplay, Smartfren dan Moratel juga akan mempererat sinergi ini dengan berbagai aspek lain. Salah satunya adalah sinergi dari sisi penjualan dan layanan pelanggan untuk produk True QuadPlay.

Saat ini paket True QuadPlay sudah bisa diperoleh pelanggan di seluruh saluran penjualan Oxygen.id di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. Selanjutnya secara bertahap, Smartfren dan Moratel juga akan menghadirkan paket True QuadPlay ini di berbagai wilayah lainnya.

Adapun paket True QuadPlay terdiri dari 3 pilihan, yakni paket Squad 25 seharga Rp378.000 per bulan, sudah termasuk internet fiber optic up to 25 Mbps, 83 saluran TV kabel, fix telephone, dan kartu perdana Kuota Nonstop 6 GB; paket Squad 50 seharga Rp486.000 per bulan, sudah termasuk internet fiber optic up to 50 Mbps, 83 saluran TV kabel, fix telephone, dan kartu perdana Kuota Nonstop 10 GB; paket Squad 100 seharga Rp648.000 per bulan, sudah termasuk internet fiber optic up to 50 Mbps, 83 saluran TV kabel, fix telephone, dan kartu perdana Kuota Nonstop 18 GB.

Seluruh pelanggan yang menggunakan paket True QuadPlay dapat menikmati bonus Double Speed khusus untuk koneksi internet broadband Oxygen selama satu tahun. (Icha)

Infinix Smart 6

0

Infinix terus berinovasi dengan meluncurkan HPInfinix Smart 6, untuk menghadirkan teknologi terbaru ke dalam genggaman Anda. Diperkenalkan pada 26 October 2021, HP ini menawarkan kombinasi antara kinerja dan estetika. Infinix Smart 6 menjanjikan pengalaman penggunaan yang tidak istimewa tapi masih bisa diandalkan melalui chipset Unisoc SC9863A yang memiliki score Antutu 10 rata-rata di angka 154286 dan ditopang oleh RAM berkapasitas 2/3 GB. Spesifikasi tersebut jadi modal Infinix Smart 6 untuk bersaing dengan Realme C11 (2021) yang dibandrol dengan harga Rp 1.499.999 dan dilengkapi chipset Unisoc SC9863A serta RAM 2/4 GB, dan Samsung Galaxy A03s yang dibandrol dengan harga Rp 1.250.000 dan dilengkapi chipset Helio P35 serta RAM 2-4 GB. Infinix Smart 6 sendiri, menurut data terakhir kami di bulan Agustus 2025, dibandrol dengan harga Rp 1.035.000 .

Artikel Terkait :

Selain harga, prosesor, dan memori, variabel penting yang juga bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih sebuah HP adalah layar. Untuk itu Infinix menanamkan layar IPS LCD berukuran 6.6 inches, 105.2 cm2 (~83.1% screen-to-body ratio) dengan resolusi 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~266 ppi density) dengan refresh rate . Pada sektor kamera, spesifikasi kamera utama 8 MP yang didukung perekaman video 1080p@30fps juga jadi andalan Infinix Smart 6. Dan semua fitur tersebut ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh. Spesifikasi lainnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah , atau cek ulasan lengkapnya dengan membaca artikel Infinix Smart 6: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui.

Harga dan Spesifikasi Infinix Smart 6

Daftar Harga Infinix Smart 6 Agustus 2025
Infinix Smart 6 3/64 Ram 3gb 64gb new garansi resmi - 2GB 32GB
Rp 1.035.000 Tokopedia

Spesifikasi Terbaru Infinix Smart 6

Spesifikasi Infinix Smart 6
KETERSEDIAN
Diperkenalkan 26 October 2021
Status Available. Released 2021, October 26
JARINGAN
Teknologi GSM / HSPA / LTE
Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
Jaringan 3G HSDPA 850 / 900 / 2100
Jaringan 4G 1, 3, 5, 8, 38, 40, 41
Kecepatan Akses HSPA, LTE
BODI
Dimensi 165.6 x 76.4 x 9.1 mm
Build Glass front, plastic back, plastic frame
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Varian Warna Purple, Ocean Blue, Light Sea Green, Polar Black
LAYAR
Tipe Layar IPS LCD 500 nits (typ)
Ukuran Layar 6.6 inches, 105.2 cm2 (~83.1% screen-to-body ratio)
Resolusi Layar 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~266 ppi density)
PLATFORM
Sistem Operasi Android 11 (Go edition) -
Chipset Unisoc SC9863A (28nm)
CPU / Prosesor Octa-core (4x1.6 GHz Cortex-A55 & 4x1.2 GHz Cortex-A55)
GPU / Prosesor Grafis IMG8322
MEMORI
Kartu Memori microSDXC (dedicated slot)
RAM 2/3 GB
ROM / Memori Internal 32GB 2GB RAM
64GB 3GB RAM
KAMERA UTAMA
Sensor Kamera 8 MP, AF
0.8 MP, (depth)
Fitur Kamera Dual-LED flash
Perekaman Video 1080p@30fps
KAMERA SELFIE
Sensor Kamera 5 MP
Fitur Kamera Depan LED flash
Perekaman Video 720p@30fps
KONEKTIVITAS
WIFI Wi-Fi 802.11 b/g/n
Bluetooth Yes
GPS GPS
NFC Yes (market/region dependent)
Radio FM radio
USB microUSB 2.0, OTG
FITUR LAIN
Sensors Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity
BATERAI
Tipe Baterai Li-Po
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Li-Po 5000 mAh, non-removable


FAQ

Berapa harga HP Infinix Smart 6?

Berdasarkan penelusuran kami, Infinix Smart 6 dibandrol dengan harga sekitar Rp 1.035.000 di Tokopedia .

Berapakah RAM Infinix Smart 6?

Infinix Smart 6 dilengkapi RAM berkapasitas 2/3 GB dengan opsi memori internal 32GB 2GB RAM dan 64GB 3GB RAM.

Infinix Smart 6 menggunakan chipset apa?

Infinix Smart 6 menggunakan chipset Unisoc SC9863A yang diatas kertas mencatatkan score Antutu 10 di angka rata-rata sekitar 154286.

Apakah Infinix Smart 6 cocok untuk main game?

Untuk HP ini, sebaiknya jangan mainkan game kategori sedang hingga berat, game yang ringan ringan saja.

Apakah Infinix Smart 6 memiliki sensor sidik jari? Dimana posisinya?

Ya, Infinix Smart 6 sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. Posisinya ada di bagian belakang.

Apakah Infinix Smart 6 sudah fast charging?

Kami belum memiliki informasi terkait kecepatan pengisian baterai pada ponsel ini.

Infinix Smart 6: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui

0

Dalam dunia HP yang terus berkembang, Infinix Smart 6 menawarkan pendekatan yang berimbang antara fitur dan harga. Banyak pertanyaan muncul seputar spesifikasi kunci, seperti performa prosesor, kualitas kamera, dan daya tahan baterai. Dalam artikel ini, kami akan mengulas 7 aspek penting dari Infinix Smart 6, memberikan pandangan lebih dekat tentang bagaimana perangkat ini mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Dari kemudahan penggunaan sehari-hari hingga kemampuan multimedia, temukan fakta-fakta esensial yang dapat membantu Anda memahami apa yang ditawarkan oleh Infinix Smart 6.

1. Layar IPS LCD dengan Refresh Rate

Layar IPS LCD memang tidaklah istimewa, tapi untuk HP kategori menengah bawah seperti Infinix Smart 6 kami masih bisa memakluminya. Paling tidak, layar milik Infinix Smart 6 dengan ukuran 6.6 inches, 105.2 cm2 (~83.1% screen-to-body ratio) memiliki resolusi 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~266 ppi density) dan support refresh rate . Dan sebagai perbandingan, pesaing lainnya seperti Realme C11 (2021) yang dibandrol dengan harga Rp 1.499.999 memiliki layar IPS LCD dengan refresh rate , dan Samsung Galaxy A03s yang dibandrol dengan harga Rp 1.250.000 memiliki layar PLS LCD.

2. Chipset Grade C

Di atas kertas, chipset Unisoc SC9863A yang dibawa Infinix Smart 6 mencatatkan score Antutu 10 rata-rata di angka 154286. Performanya ditopang oleh RAM berkapasitas 2/3 GB. Di level performa yang sama, ada Realme C11 (2021) dengan chipset Unisoc SC9863A - Antutu 154286 dan RAM 2/4 GB, dan ada Samsung Galaxy A03s dengan chipset Helio P35 - Antutu 146356 dan RAM 2-4 GB. Sementara untuk performa grafis, GPU IMG8322 milik Infinix Smart 6 kami nilai sesuai dengan harganya. Sebagai pembanding, GPU Realme C11 (2021) punya rating , dan GPU Samsung Galaxy A03s punya rating 30.

3. Mentok di GSM / HSPA / LTE

Untuk akses data, Anda harus puas dengan teknologi GSM / HSPA / LTE dan dukungan WiFi. Dimana HP di level yang sama seperti Realme C11 (2021) yang dibandrol dengan harga Rp 1.499.999 support GSM / HSPA / LTE, dan Samsung Galaxy A03s yang dibandrol dengan harga Rp 1.250.000 support GSM / HSPA / LTE.

4. Baterai 5000 mAh - charging

Semua fitur yang ada di Infinix Smart 6 ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh. Sementara pesaingnya, Realme C11 (2021), dan Samsung Galaxy A03s, masing masing dilengkapi baterai 5000 mAh - charging 10W, dan baterai 5000 mAh - charging 15W.

5. Dimensi 165.6 x 76.4 x 9.1 mm Frame Plastik

Infinix Smart 6 memiliki detail bodi Glass front, plastic back, plastic frame dengan dimensi 165.6 x 76.4 x 9.1 mm yang memiliki ketebalan 9,1 mm. HP ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang posisinya ada di bagian belakang. Adapun untuk variasi warna, Infinix Smart 6 menyediakan opsi warna Purple, Ocean Blue, Light Sea Green dan Polar Black.

6. Kamera Utama 8 MP

Tak bisa dipungkiri, kamera jadi salah satu daya tarik utama dari sebuah HP. Untuk itulah Infinix Smart 6 menanamkan kamera utama dengan spesifikasi 8 MP, AF. Fungsionalitasnya didukung oleh kamera kedua yang memiliki spesifikasi 0.8 MP, (depth). Sementara untuk kebutuhan selfie, HP ini menyediakan kamera dengan spesifikasi 5 MP.

7. Opsi Memori

Last but not least, fakta yang tak kalah pentingnya adalah perihal opsi memori penyimpanan. Yup, HP Infinix Smart 6 dilengkapi RAM berkapasitas 2/3 GB dengan opsi memori internal 32GB 2GB RAM dan 64GB 3GB RAM.

Cek juga informasi lengkap terkait harga dan spesifikasi Infinix Smart 6.

Infinix Smart 6 Versus Xiaomi Redmi 12C

Infinix Smart 6Xiaomi Redmi 12C
HargaRp 1.035.000Rp 1.061.000
CPUUnisoc SC9863A, dengan CPU rating 17Helio G85, dengan CPU rating 28
GPUIMG8322Mali-G52 MC2, 119
LayarIPS LCD, 500 nits (typ)IPS LCD, 500 nits (typ)
Kamera8 MP, AF

0.8 MP, (depth)
50 MP, f/1.8, (wide), 1/2.76", PDAF

0.08 MP (depth)
Memori32GB 2GB RAM, 64GB 3GB RAM32GB 3GB RAM, 64GB 3GB RAM, 64GB 4GB RAM, 128GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removableLi-Po 5000 mAh, non-removable
ChargingN/A10W wired

Samsung Galaxy M52 5G Mulai Flash Sale, Ini Harga nya?

0

Telko.id – Samsung baru saja memperkenalkan Galaxy M52 5G. Ini merupakan perangkat di seri M pertama yang sudah dibenamkan teknologi 5G. Dengan membawa promo #SobatMegangBanget, produk ini sudah mulai Flash Sale yang berlangsung dari 25 sampai 31 Oktober di samsung.com/id dan Blibli, Eraspace, Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Galaxy M52 5G hadir untuk mendukung produktivitas harian #SobatMegangBanget. Ditenagai baterai besar 5.000 mAh + 25W Fast Charging*, prosesor kencang Snapdragon 778G, serta layar FHD+ Super AMOLED 6,7 inci dengan refresh rate 120Hz, dan dilengkapi juga dengan memori besar 8/128GB berteknologi RAM Plus yang dibalut desain tipis 7,4mm, Samsung Galaxy M52 5G hadir dengan harga rekomendasi retail Rp5.399.000.

Namun, selama flash sale ada penawaran yang megang banget berupa bonus cashback sebesar Rp400.000, sehingga dengan hanya Rp4.999.000, Galaxy M52 5G sudah dapat dimiliki para #SobatMegangBanget.

“Dengan semakin besarnya kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas secara digital dalam setiap lini kehidupan, Galaxy M52 5G didesain secara khusus untuk mendukung produktivitas para #SobatMegangBanget dengan baterai besar 5.000 mAh, prosesor Snapdragon 778G, layar besar 6,7 inci FHD+ Super AMOLED refresh rate 120Hz, internal storage 8/256 GB, triple camera 64MP serbaguna,dan desain minimalis yang nyaman dalam genggaman,” jelas Ilham Indrawan, Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Lalu, bagaimana caranya memaksimalkan produktivitas dengan mengandalkan smartphone Galaxy M52 5G? Yuk simak cara-cara berikut ini untuk memaksimalkan aktivitas kamu dengan pengalaman kelas flagship dari Galaxy M Series!

Buat Kamu Pelajar Masa Kini yang Megang Banget

Rata-rata pelajar melakukan 4-5 sesi kelas/ perkuliahan secara online dalam sehari, sehingga baterai yang besar dan kamera yang mumpuni untuk video conference atau mengerjakan tugas akan membuat aktivitasmu lancar tanpa gangguan. Ini artinya, Galaxy M52 5G yang dibekali baterai 5.000 mAh + 25W Fast Charging* yang tahan seharian, ditambah triple camera yang serbaguna (main camera 64MP, lensa Ultra Wide 12MP, lensa Macro 5MP, dan selfie camera 32MP) memang buat kamu.

Terus Galaxy M52 5G cocoknya dipakai belajar aja? Eits, tunggu dulu. Selesai sekolah atau kuliah, kamu yang punya hobi Main Bareng (Mabar) Online kayak PUBG Mobile, MLBB, atau Call of Duty bisa banget nih cobain kekuatan chipset anti-lagging Snapdragon 778G dan fitur RAM Plus-nya yang akan mempercepat laju data transfer dan memaksimalkan pengalaman bermain game. Dijamin puas banget deh!

Buat Kamu Pekerja Kantoran yang Nggak Kalah Megang Banget

#SobatMegangBanget yang bekerja dari rumah ataupun sudah menerapkan bekerja dari kantor, padatnya agenda online meeting pastinya sudah jadi menu sehari-hari. Untuk menunjangkegiatan meeting online dan segenap produktivitas yang terkait pekerjaan lainnya, dengan Galaxy M52 5G kamu bisa download sepuasnya melalui Google Play Store beberapa pilihan aplikasi conference call, tiny scanner, Microsoft Office, hingga aplikasi VN Video Editor untuk pekerja kreatif. Kamu tidak perlu khawatir karena kapasitas memori internalnya yang besar 8/128GB dan bisa ditambahkan memori eksternal hingga 1TB.

Setelah lelah bekerja seharian penuh, malamnya kamu bisa bersantai ria sambil video call bareng teman atau gebetan, nonton serial favorit seperti Hometown Cha-Cha-Cha, What If, dan Squid Game yang lagi hits banget! Berkat layar 6,7 inch FHD+ Super AMOLED refresh rate 120Hz dan baterai 5.000 mAh-nya, dijamin bakal betah berlama-lama sambil cari posisi yang nyaman sesuka hati kamu.

#SobatMegangBanget ala Konten Kreator

Selama pandemi dari tahun 2020-2021, tren video pendek semakin viral, seperti konten TikTok Dance, A Day in My Life, parodi Lipsync, transition challenge, duet challenge, hingga konten “mbak-mbak SCBD” pun menjadi inspirasi para konten kreator selama #DiRumahAja.

Dengan Galaxy M52 5G yang layarnya 6,7 inci FHD+ Super AMOLED dan refresh rate 120Hz, kamu bisa scrolling up and down cari inspirasi konten denganbebas dan lancar. Setelah itu, ambil peralatan membuat konten seperti ring light, stand holder, dan properti pendukung lain biar bikin kontennya lebih maksimal. Jangan ragu untuk ngedit langsung di smartphone, jahit video yang kamu punya dengan lagu-lagu kekinian yang lagi hits, atau gunakan berbagai efek seperti AR Stickers dan My Filters yang tersedia di Galaxy M52 5G. (Icha)

IT: Immersive Tech Luncurkan Smart Home Premium Harga Terjangkau

Telko.id – IT: Immersive Tech resmi meluncurkan serangkaian produk smart home premium dengan harga terjangkau di Indonesia.

Mengusung tagline “Home Smart Home”, rangkaian produk IoT (Internet of Things) hasil kerjasama sinergis Erajaya Active Lifestyle ini menyuguhkan cara hidup baru yang lebih sehat, nyaman dan aman, terutama di masa pandemi seperti saat ini ketika masyarakat lebih banyak beraktifitas di dalam rumah.

Rangkaian produk smart home ini terintegrasi dengan aplikasi IT Smart yang dikembangkan berkolaborasi dengan Tuya Smart.

Anda dapat dengan mudah menggunakan dan mengontrol semua produk IT Smart Home di manapun, kapanpun, melalui smartphone apapun, hanya dengan 1 aplikasi saja. Fitur yang terdapat di aplikasi IT Smart memungkinkan akses dan kontrol dilakukan secara real time dan digunakan bersama oleh beberapa anggota keluarga lainnya. Aplikasi IT Smart tersebut sudah tersedia dan dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store.

Pasar smart home dunia di prediksi akan mencapai nilai USD$174milyar di tahun 2025. IT: Immersive Tech hadir dengan portfolio smart home-nya di waktu yang tepat. Teknologi yang makin user friendly, interoperability dan konektifitas yang membaik akan mempercepat adopsi perangkat seperti ini di Indonesia.

“Peluncuran portfolio IT Smart Home ini adalah fase awal bukti kesungguhan dan komitmen kami untuk menghadirkan produk-produk IoT yang relevan, dengan teknologi terkini, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat urban. Terhubung dengan aplikasi IT Smart yang Terhubung dengan aplikasi IT Smart yang dikembangkan berkolaborasi dengan Tuya Smart, seluruh perangkat IT Smart Home dapat dikontrol secara mudah lewat 1 aplikasi saja, menjadikannya suatu ekosistem produk yang integrated,” ungkap Andre Tanudjaja, Project Director, IT: Immersive Tech.

“Kami berharap di kemudian hari dapat bersama-sama mengembangkan produk smart home yang inovatif untuk memenuhi kebutuhan pasar yang kian meningkat. Semoga pasar smart home menjadi lebih bergairah dan terinspirasi dengan kesuksesan IT Smart Home,” ujar Ross Luo, General Manager of Asia Pacific Region from Tuya Smart.

Ada 8 produk yang IT Smart Home hadirkan:

  1. IT Smart LED Bulb 9 (IDR 179.000).
  2. IT Smart Filament Bulb (IDR 279.000).
  3. IT Smart Disco Bulb (IDR 299.000).
  4. IT Smart CCTV Camera IDR (499.000).
  5. IT Smart Air Purifier S130 (IDR 1.499.000).
  6. IT Smart Air Purifier S130 filter (IDR 299.000).
  7. IT Smart LED Light strip (IDR 329.000).
  8. IT Smart LED Light strip Extension* (IDR 179.000). *tersedia mulai November 2021. 

Selama periode launching pada 25 Oktober-7 November 2021, konsumen akan dimanjakan dengan penawaran-penawaran menarik seperti berikut:

  • Diskon hingga 10 persen untuk semua produk IT Smart Home.
  • Harga khusus bundling IT Smart Bulb, diskon hingga 23 persen.
  • Harga khusus bundling IT Air Purifier dan filter, diskon hingga 17 persen Promo exclusive di Tokopedia, diskon hingga 23 persen dan cashback hingga Rp 50 ribu. 
  • Extra cashback hingga Rp100 ribu untuk pembelian menggunakan kartu kredit DBS Bank. 

Selama periode launching tersebut, pembelian produk IT Smart Home secara online hanya tersedia secara eksklusif di official store IT: Immersive Tech di marketplace Tokopedia.

Selain itu, rangkaian produk IT Smart Home juga akan tersedia di lebih dari 70 outlet ritel offline di seluruh Indonesia seperti Urban Republic, Erafone, iBox, dan outlet ritel elektronik lokal lainnya. Ke depannya, produk ini juga dapat diperoleh di laman website e-commerce LiveWithIT.id dan official store IT di marketplace lainnya, seperti: Shopee dan Blibli.

Untuk memberikan peace of mind kepada pelanggan, produk IT Smart Home dilengkapi dengan garansi purna jual hingga tiga tahun. (Icha)

Keren, Anak Bangsa Sudah Bisa Buat Satelit Nano!

Telko.id – Satelit Nano, sudah mampu dibuat oleh anak bangsa. Adalah para generasi muda atau mahasiswa Universitas Surya dari kota Tangerang Banten yang melakukan proses riset dan pengembangannya.

Kegiatannya ini sebenar nya sudah dilakukan sejak enam tahun lalu. Saat ini, pengembangan sudah dalam tahap final testing, dan pada Desember 2021, akan dikirimkan ke Jepang, lalu, pada April 2022, akan diluncurkan.

Kegiatan tersebut  didukung oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui badan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), serta pihak swasta, yaitu PT Pasifik Satelit Nasional (PSN).

“Kemkominfo mendukung upaya kerja sama antara BRIN, melalui organisasi riset, dan Lapan untuk memberikan pendampingan serta resources, lalu pihak swasta, dalam hal ini PSN, dan akademisi” ujar Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) dalam virtual conference, Senin (25/10).

Menurut dia, peran PSN adalah menyumbangkan komponen satelit, lalu, Orari membantu dalam riset ground segmen, serta akademisi dari Universitas Surya mendorong penguatan riset dan penguasaan teknologi satelit nano.

Johnny menyampaikan, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri atas lebih dari 17 ribu pulau dan jumlah penduduk sekitar 270 juta jiwa, Indonesia punya tantangan tersendiri dalam mengentaskan akses internet kepada warganya.

Teknologi satelit nano memiliki peranan yang tak kalah penting dengan satelit besar lainnya. Keunggulannya, satelit nano akan lebih efisien karena komponennya yang dibuat lebih kecil dan ringan.

Johnny melanjutkan, sebagai bentuk dukungan, Kemkominfo mengambil peran untuk membantu perizinan failing orbit satelit kepada International Telecommnication Union (ITU) maupun proses-proses koordinasi satelit secara Internasional.

Sementara itu, Direktur Utama PSN Adi Rahman Adiwoso mengungkapkan, generasi muda yang membuat satelit nano akan mengirimkan risetnya ke Jepang pada Desember 2021 dan diluncurkan pada April 2022.

“Satelit sekarang dalam final testing. Kita apresiasi sekali bantuan BRIN dan Lapan dan instansi pemerintah lainnya, sehingga mereka bisa mengembangkan satelit nano. Semoga, karya inovasi anak bangsa ini akan membantu Indonesia dalam mejembatani kesenjangan digital,” pungkas Adi.

Satelit nano biasanya digunakan sebagai alat observasi atau aksesibilitas. Kominfo melihat riset dan pengembangan teknologi satelit perlu terus didukung karena Indonesia membutuhkan satelit terutama untuk komunikasi.

Oh iya, beberapa sumber menyebutkan harga satu unit satelit mungil ini sekitar Rp700 juta – Rp1 miliar. Jauh lebih murah dibandingkan satelit yang besar. Peluncuran Satelit Nano ini juga dapat dilakukan bersama dengan satelit konvensional. Bentuknya yang ringkas memungkin satelit ini menempel di satelit konvensional.

Indonesia sendiri, hingga 2030, kebutuhan kapasitas satelit telekomunikasi Indonesia diperkirakan sebesar 1TB per detik. Kapasitas tersebut dibutuhkan untuk menghadirkan kecepatan internet 10- hingga 20MB per detik.

Saat ini Indonesia baru memiliki 50GB per detik dengan memanfaatkan sembilan satelit, terdiri dari lima satelit telekomunikasi nasional dan menyewa ruang di empat satelit asing.

Untuk memenuhi kebutuhan kapasitas satelit tersebut, Indonesia sedang membangun satelit multifungsi SATRIA-1, berkapasitas 150GB per detik yang diperkirakan bisa beroperasi komersial pada kuartal keempat 2023. (Icha)