Telko.id – ASSC X Oppo melakukan kolaborasi dengan mengeluarkan koleksi eksklusif nya. Beberapa waktu lalu, koleksinya hanya bisa diperoleh dengan melakukan pre-order. Namun, kini sudah tersedia di Oppo Gallery dan Shopee. Langkah ini menyambut antusias dari masyarakat Gen Z yang menjadi sasaran program ini.
Koleksi edisi terbatas ini merupakan kolaborasi Oppo Indonesia dengan brand fesyen Anti Social Social Club yang terinspirasi dari kampanye Oppo bertajuk “Forgotten Emotion” (Emosi Yang Terlupakan), serta divisualisasikan dalam rangkaian grafis bertema ‘CALL ME BACK’.
Koleksi kolaboratif dan penuh gaya ‘Oppo Reno6 5G & Oppo Enco X x Anti Social Social Club’ terdiri dari smartphone Oppo Reno6 5G eksklusif, earbuds Enco X, baju hoodie, topi baseball segi enam, dan berbagai stiker ‘CALL ME BACK’ yang keren dan dihiasi dengan logo ikonik Anti Social Social Club.
Memang, Oppo selalu berkomitmen menjadi bagian dari gaya hidup Gen Z yang dinamis, ekspresif, berani tampil beda dan kreatif. Untuk itu, Oppo melalui Oppo Reno6 5G dan Oppo Enco X mendukung penuh creative youth culture di Indonesia terutama dalam bidang fotografi, gaming, musik serta fesyen.
“Salah satunya melalui koleksi ‘Oppo Reno6 5G & Oppo Enco X x Anti Social Social Club’ dan kampanye ‘CALL ME BACK’ yang mewakili emosi manusia yang terpendam, terlupakan, atau terasingkan akibat pandemi COVID-19, serta berbagai pembatasan yang mengurangi keeratan hubungan antar manusia,” ungkap Patrick Owen, Chief Creative Officer Oppo Indonesia menjelaskan.
“Koleksi kolaboratif ASSC x Oppo telah dipasarkan sejak pertengahan Desember lalu. Namun, melihat tingginya antusiasme dan permintaan Gen Z, maka ketersediaan koleksi ini kami perpanjang lagi mulai 20 Desember hingga 31 Desember 2021, serta dapat diperoleh di Oppo Gallery dan platform Shopee,” tutur Patrick.
Koleksi ‘Oppo Reno6 5G & Oppo Enco X x Anti Social Social Club’ tersedia dalam dua pilihan paket bundling. Paket bundling 1 terdiri dari smartphone OPPO Reno6 5G dengan teknologi pencitraan terbaik (Bokeh Flare Portrait Video dan AI Highlight Video), satu baju hoodie “CALL ME BACK” dan berbagai stiker eksklusif yang dibanderol dengan harga Rp 7.999.000,-.
Sedangkan paket bundling 2 terdiri dari earbuds Oppo Enco X, topi Oppo x ASSC, dan paket stiker eksklusif yang dapat diperoleh dengan harga Rp 2.199.000,-.
Paket bundling 1 dapat di pre-order di Shopee, dan dapatkan penawaran khusus dengan memasukkan kode voucher OPPOASSC1 untuk menampilkan harga akhir saat checkout. Adapun, estimasi waktu pengiriman paket bundling 1 memerlukan waktu hingga 15 hari.
Paket bundling 2 bisa langsung dibeli di Shopee, jangan lupa masukkan kode voucher OPPOASSC2 untuk dapatkan harga spesial.
Selain itu, nikmati juga diskon hingga Rp 750.000,- untuk pembelian paket bundling 1, atau diskon Rp 300.000,- untuk pembelian paket bundling 2, serta cicilan 0% bagi pemegang Kartu Kredit BCA, BNI, CIMB Niaga, OCBC NISP atau Permata saat checkout aplikasi Shopee.
Khusus untuk para pengguna Kartu Kredit BCA juga bisa mendapatkan koleksi ini secara langsung di Oppo Gallery, Plaza Indonesia Level 2, dan menikmati potongan harga sebesar Rp 500.000,- untuk paket bundling 1, atau potongan Rp 200.000,- untuk paket bundling 2 (persediaan terbatas). Informasi lebih lanjut hubungi Customer Service Oppo Official Store.
Telko.id – Survei Jakpat, salah satu aplikasi online survei di Indonesia, terbaru tentang marketplace menghasilkan bahwa Tokopedia menjadi marketplace paling memuaskan pelanggan
Survei Japat ini dilakukan terhadap 1.106 responden sepanjang periode 19-25 November 2021. Dengan judul“Siapa yang Paling Memuaskan Pelanggan?”.
Survei Jakpat ini dilakukan karena melihat indutsri e-commerce di Indonesia yang senantiasa berubah seiring berjalannya waktu dan semakin berkembang pesat. Persaingan antar pelaku industri pun semakin ketat.
Apalagi situasi pandemi yang masih belum selesai, mendorong masyarakat semakin mengandalkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan dan melakukan rutinitas sehari-hari.
Pelaku e-commerce pun terus berlomba menghadirkan inovasi, fitur baru, hingga promo untuk memberikan pengalaman belanja online paling nyaman bagi konsumen.
Survei Jakpat ini melakukan penilaian tingkat kepuasan pelanggan ini berdasarkan 5 kriteria. Di antaranya, promo, apps experience, trusted, assortment dan delivery.
Hasilnya, Tokopedia menduduki peringkat teratas dengan skor 4,53 dari 7 poin skala likert. Peringkat ke-dua dan seterusnya, ditempati Shopee (dengan nilai 4,47), JD.ID (5,38), Lazada (5,33), Blibli (5,32) dan Bukalapak (5,13).
Tokopedia juga menempati posisi teratas untuk marketplace yang menawarkan berbagai produk berkualitas. Dari 7 poin skala likert, Tokopedia mendapatkan nilai 6,07. Sedangkan Shopee 5,95, JD.ID 5,38, Lazada 5,33, Blibli 5,32 dan Bukalapak 5,13.
Prospek Bisnis E-Commerce
Bank Indonesia memproyeksi nilai transaksi e-commerce pada tahun 2022 dapat mencapai Rp530 triliun. Angka tersebut meningkat drastis dibanding proyeksi pada 2021 yang diperkirakan mencapai Rp403 triliun.
Executive Director Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Arshi Adini, mengaku optimis nilai transaksi e-commerce sebesar Rp530 triliun dapat dicapai di tahun depan. Ini didorong preferensi masyarakat berbelanja daring, perkembangan layanan pembayaran digital, serta inovasi yang dilakukan oleh platform e-commerce.
“Kami optimis, bahkan kalau dilihat sektor digital lebih luas lagi, saat ini terbuka kesempatan yang sangat besar untuk mencapai angka tersebut. Perkembangan industri e-commerce saat ini tumbuh lebih cepat dari prediksi banyak pihak. Masyarakat merasakan manfaat dan efisiensi yang ditawarkan industri e-commerce sehingga mendorong pertumbuhan yang luar biasa dari sisi seller, konsumen dan juga transaksi,” ujar Arshi.
Arshi menambahkan, saat ini ketergantungan masyarakat terhadap platform digital bukan lagi di tahap edukasi. Masyarakat sudah merasakan keuntungan, kenyamanan dan efisiensi yang ditawarkan dari industri digital.
Hal ini akan mendorong peningkatan transaksi. Di sini, peran industri digital khususnya e-commerce dalam mendorong pemulihan ekonomi melalui transaksi, sangatlah besar. (Icha)
Harga dan Spesifikasi – vivo Y55s 5G kali pertama diperkenalkan pada 2021, December 04, hadir dengan sistem operasi Android 11, OriginOS, konfigurasi memori 128GB 8GB RAM, kamera utama beresolusi 50 MP dan chipset Dimensity 700 5G dengan prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G57 MC2 untuk mendukung performa. HP vivo Y55s 5G memiliki varian warna Black, Blue, Pink dan dilengkapi dengan layar IPS LCD-6.58″ Inch dengan resolusi 1080×2408 pixels, baterai berkapasitas 6000 mAh, dan support konektivitas GSM / CDMA / HSPA / CDMA2000 / LTE / 5G untuk wilayah Indonesia.
Dari sisi desain, smartphone yang pada awal peluncurannya dibandrol dengan harga sekitar 240 EUR (harga global) ini, memiliki dimensi 163.9 x 75.3 x 9.2 mm (6.45 x 2.96 x 0.36 in) dengan bobot 199.8 g (7.05 oz). Material yang digunakan terdiri dari kombinasi Glass front, plastic frame, plastic back. Pada bodinya juga tertanam slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan slot memori No.
Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi vivo Y55s 5G juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera 50 MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:
Video : Kamera Utama (1080p@30fps, gyro-EIS), Kamera Selfie (1080p@30fps)
Fitur lainnya : LED flash, HDR, panorama
Ketersediaan
Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Vivo menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP vivo Y55s 5G dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.
Harga vivo Y55s 5G
Setelah diperkenalkan pada 2021, December 04, smartphone ini dirilis secara global atau berstatus Coming soon. Exp. release 2021, December. Untuk harga, vivo Y55s 5G dibandrol dengan kisaran harga sekitar 240 EUR. Harga tersebut adalah harga untuk pasar global. Harga tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, terkecuali jika ada fitur atau kelengkapan paket penjualan yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.
Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.
Spesifikasi Lengkap
Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Vivo ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.
Harga dan Spesifikasi – Oppo Find N kali pertama diperkenalkan pada 2021, December 15, hadir dengan sistem operasi Android 11, ColorOS 12, konfigurasi memori 256GB 8GB RAM, 512GB 12GB RAM, kamera utama beresolusi 50 MP dan chipset Snapdragon 888 5G dengan prosesor Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 680 & 3×2.42 GHz Kryo 680 & 4×1.80 GHz Kryo 680) dan GPU Adreno 660 untuk mendukung performa. HP Oppo Find N memiliki varian warna Black, White, Purple dan dilengkapi dengan layar Foldable LTPO AMOLED, 120Hz, HDR10+, 500 nits (typ), 800 nits (HBM), 1000 nits (peak)-7.1″ Inch dengan resolusi 1792×1920 pixels, baterai berkapasitas 4500 mAh, dan support konektivitas GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE / 5G untuk wilayah Indonesia.
Dari sisi desain, smartphone yang pada awal peluncurannya dibandrol dengan harga $ 1,650.99 (harga global) ini, memiliki dimensi Unfolded: 132.6 x 140.2 x 8.0 mmFolded: 132.6 x 73 x 15.9 mm dengan bobot 275 g (9.70 oz). Material yang digunakan terdiri dari kombinasi Glass front (Gorilla Glass Victus) – folded, plastic front – unfolded, glass back (Gorilla Glass Victus), aluminum frame. Pada bodinya juga tertanam slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan slot memori No.
Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi Oppo Find N juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera 50 MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:
Video : Kamera Utama (4K@30/60fps, 1080p@30/60/240fps, gyro-EIS, HDR), Kamera Selfie (1080p@30fps, gyro-EIS)
Fitur lainnya : Dual-LED dual-tone flash, HDR, panorama
Ketersediaan
Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Oppo menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP Oppo Find N dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.
Harga Oppo Find N
Setelah diperkenalkan pada 2021, December 15, smartphone ini dirilis secara global atau berstatus Available. Released 2021, December 17. Untuk harga, Oppo Find N dibandrol dengan kisaran harga $ 1,650.99. Harga tersebut adalah harga untuk pasar global. Harga tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, terkecuali jika ada fitur atau kelengkapan paket penjualan yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.
Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.
Spesifikasi Lengkap
Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Oppo ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.
Telko.id – MediaTek Dimensity 9000, baru saja diperkenalkan. Chipset ini dibuat untuk smartphone kelas flagship generasi berikutnya, dan juga mengumumkan kerjasama serta dukungan dari beberapa brandsmartphone ternama di dunia meliputi OPPO, vivo, Xiaomi dan Honor.
Rencananya, smartphone kelas flagship pertama yang ditenagai Dimensity 9000 akan hadir di pasaran pada kuartal pertama tahun depan.
Dimensity 9000, chipsetsmartphone pertama di dunia yang dibangun dengan teknologi fabrikasi TMSC N4 (kelas 4nm) yang sangat efisien ini – memimpin industri dalam hal kinerja komputasi, game, teknologi pencitraan, multimedia, dan inovasi konektivitas.
“Dimensity 9000 adalah tonggak sejarah bagi MediaTek, menyoroti kebangkitan kami dengan hadirnya chipsetsmartphone 5G. Kehadiran chipset ini menunjukkan bahwa MediaTek dan seri Dimensity kami telah memasuki fase inovasi baru,” jelas Dr. Yenchi Lee, Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit MediaTek.
Yenchi juga menambahkan bahwa Dimensity 9000 adalah chipset yang paling kuat dan hemat energi hingga saat ini, menghadirkan sejumlah teknologi pertama di industri dan rangkaian fitur yang lengkap untuk para penggemar teknologi yang paling cerdas.
Dimensity 9000 mengintegrasikan arsitektur CPU Armv9 mutakhir untuk pengalaman smartphone kelas flagship yang sesungguhnya. CPU octa-core memiliki satu core ultra yaitu Cortex-X2 yang beroperasi hingga 3,05GHz, tiga core kinerja A710 yang beroperasi hingga 2,85GHz dan empat core efisiensi Cortex-A510.
Dengan LPDDR5X terintegrasi yang mendukung hingga 7500Mbps, bersama dengan cache L3 8MB dan cache sistem 6MB, Dimensity 9000 diciptakan untuk permintaan bandwidth yang sangat besar dari pasar seluler.
Selain itu, chipset ini mengintegrasikan Application Processor Unit (APU 5.0) generasi kelima dari MediaTek, yang menawarkan peningkatan efisiensi daya 4X lebih baik dibandingkan dengan APU generasi sebelumnya. Peningkatan ini memberikan keseimbangan ideal antara kinerja dan efisiensi daya untuk berbagai pengalaman multimedia AI, game, kamera dan video.
Dimensity 9000 mengemas GPU Arm Mali-G710 MC10 pertama di dunia ke dalam sebuah chipsetsmartphone. Untuk lebih meningkatkan kinerja, chipset ini mengintegrasikan teknologi game HyperEngine 5.0 MediaTek, teknologi game inovatif dari MediaTek generasi kelima.
HyperEngine 5.0 menggunakan akselerasi AI untuk mengoptimalkan grafis sekaligus mengurangi beban GPU, menghasilkan gameplay yang lebih cepat yang terlihat lebih baik dan lebih hemat daya dari sebelumnya. HyperEngine juga mengintegrasikan AI-VRS, fitur variable rate shading dengan AI yang disempurnakan pertama untuk smartphone. Chipset ini juga dilengkapi ray tracing software development kit (SDK) pertama di industri yang menggunakan Vulkan untuk Android.
Seperti apa fitur utama MediaTek Dimensity 9000 ini?
Chipset ini memiliki MediaTek Imagiq 790 yang didalamnya menggunakan Image Signal Processor (ISP) HDR 18-bit, teknologi pertama di dunia yang mendukung sensor kamera hingga 320MP pada smartphone, dan yang pertama di dunia mendukung perekaman video HDR 18-bit tiga kamera secara bersamaan.
Selain itu juga memiliki ISP 9Gpixel/s yang andal juga mendukung video 4K HDR + AI noise reduction yang memungkinkan hasil kualitas tertinggi bahkan dalam kondisi cahaya rendah yang ekstrem.
Chipset ini pun sudah menggunakan Leading 3GPP Release-16 5G Modem. Di mana, modem 5G terintegrasi ini memperkuat kinerja sub-6GHz hingga downlink 7Gbps menggunakan 3CC Carrier Aggregation (300MHz).
Teknologi ini juga menampilkan peningkatan UL R16 pertama di dunia serta melanjutkan kepemimpinan MediaTek dalam fitur dual SIM dengan dukungan Dual SIM Dual Active 5G/4G baru. Modem ini juga mengintegrasikan 5G UltraSave 2.0 power-saving enhancement suite yang baru dari MediaTek untuk meningkatkan efisiensi.
Untuk koneksi pun sudah dibenamkan teknologi terkini yakni Wi-Fi 6E, GNSS Baru dengan Beidou III-B1C dan Bluetooth 5.3 Baru. Dengan demikian, Anda dapat menikmati konektivitas tanpa batas berkat dukungan chipset untuk standar Wi-Fi, Bluetooth, dan GNSS terbaru.
Dan tidak ketinggalan, MediaTek Dimensity 9000 ini juga sudah menggunakan Dimensity 5G Open Resource Architecture. Hal ini membuka peluang para produsen perangkat smartphone terkemuka di dunia untuk membuat smartphone 5G kelas flagship khusus yang menonjol.
Smartphone yang ditenagai oleh chipset 5G flagship Dimensity 9000 akan tersedia di pasaran pada kuartal pertama tahun 2022, dan chipset baru ini didukung oleh beberapa produsen perangkat terbesar di dunia.
“OPPO telah lama menjalin hubungan dekat dengan MediaTek,” jelas Henry Duan, Vice President OPPO. “Saya sangat senang dapat menyampaikan bahwa flagship Find X berikutnya akan menjadi yang pertama diluncurkan dengan platform flagship Dimensity 9000. Ini adalah perangkat premium yang menyatukan begitu banyak fitur mutakhir dalam satu perangkat dan kami tahu pengguna akan terkesan dengan performa dan efisiensi energi yang luar biasa ini.”
“vivo selalu menghargai kemitraannya dengan MediaTek,” ucap Shi Yujian, Senior Vice President & CTO at vivo. “Dengan chipset 5G seri Dimensity dan kinerja mutakhir, efisiensi energi, konektivitas 5G, AI, teknologi pencitraan serta video, vivo telah mampu menghadirkan jajaran produk 5G kelas atas yang diminati oleh penggunanya. Kami senang melihat seri Dimensity menemukan lebih banyak penggemar di pasaran. Pada tahun 2022, kami berharap dapat terus bekerja sama dengan MediaTek untuk meluncurkan produk pertama vivo yang ditenagai oleh chipsetflagship Dimensity 9000. Kami percaya bahwa seri Dimensity akan terus mendorong teknologi aplikasi dan inovasi 5G.”
“Dimensity 9000 menyatukan fitur-fitur paling mutakhir di industri dalam satu chipset,” kata Lu Weibing, General Manager Redmi. “Saat ini, Dimensity 9000 merupakan salah satu SoC ‘ultra-flagship’ paling canggih dalam hal kinerja, video, game, komunikasi, atau kemampuan AI. Redmi merasa terhormat dapat bekerja sama dengan MediaTek untuk pengujian bersama yang mendalam terhadap Dimensity 9000 pada tahap awal yang mencapai hasil yang luar biasa dalam pengujian ini. Dimensity 9000 menawarkan kinerja yang belum pernah ada sebelumnya, lompatan nyata dari generasi sebelumnya, dan saya sangat bersemangat untuk komersialisasi resmi chipset ini pada seri Redmi K50 kami. Dengan keseluruhan peningkatan yang dilakukan oleh platform Dimensity 9000 dan dengan menjadi bagian tak terpisahkan dari seri Redmi K50 kami, pengguna dapat melihat peningkatan performa yang nyata di perangkat kami yang akan datang.”
“Pada tahun 2021, Honor dan MediaTek meluncurkan kemitraan komprehensif di berbagai area produk, termasuk smartphone, tablet, dan smart screen. Kami memperkenalkan seri HONOR View40, seri tablet V7, dan seri smart screen X2, yang memberikan pengalaman berkualitas tinggi kepada konsumen,” jelas Fang Fei, president of product line, HONOR Device Co., Ltd.
Fang juga optimis bahwa generasi baru platform flagship 5G dari MediaTek ini menawarkan kinerja dan efisiensi energi yang mengesankan. Ia pun berharap dapat memperdalam kerja sama dengan MediaTek untuk menciptakan pengalaman yang lebih inovatif bagi para penggemarnya. (Icha)
Telko.id – Pancast, penyedia solusi adtech yang berfokus pada layanan video online premium, resmi beroperasi di Asia Tenggara dengan membuka kantor di Indonesia dan menunjuk Miranti Herwinda sebagai Country Manager. Apa targetnya?
Pancast berencana untuk melakukan ekspansi luas di kawasan ini dengan semakin berkembangnya pasar iklan video online di Asia, yang diperkirakan akan mencapai USD33,3 miliar pada 2025, di mana kontribusi iklan digital di Asia Pasifik mencapai 20% dan 40% di negara berkembang seperti Indonesia.
Pancast bekerja sama dengan penerbit (publisher) terkemuka Indonesia untuk menghadirkan platform marketplace video online premium bagi para pengiklan (advertiser). Mitra penerbit Pancast antara lain meliputi salah satu grup konglomerasi penerbit terbesar di Indonesia – Kapanlagi Youniverse (KLY) – dan platform streaming terbesar – Vidio dengan lebih dari 40 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users – MAU), WeTV dengan 27 juta MAU, dan True ID – serta platform olahraga terkemuka – ESPN, One Football dan Football Co.
Pancast menjangkau lebih dari 80+ juta pengguna aktif bulanan dan meraih sekitar dua miliar impresi iklan per tahun, atau setara dengan 76% penetrasi pasar video di Asia Tenggara. Perusahaan ini berencana untuk memasuki pasar Filipina dan Thailand dalam jangka panjang.
“Penonton TV mulai beralih ke platform online. Berdasarkan data dari SpotX, lebih dari 400 juta orang di seluruh Asia Pasifik saat ini menggunakan layanan OTT, dengan 69% melakukan streaming video minimal satu kali seminggu. Singapura (91%) dan Indonesia (76%) termasuk pasar utama untuk layanan OTT. Penayangan iklan di konten gratis telah menjadi hal umum bagi masyarakat, dengan 39% kemungkinan akan melakukan pembelian setelah menyaksikan konten premium,” ungkap Alex Prior, Pancast CEO.
Alex menambahkan bahwa inventaris video premium memiliki tingkat keterikatan penonton yang tinggi, dalam konteks yang aman dan transparan, sehingga pengiklan dapat menjangkau target penonton yang tepat dan terukur di berbagai perangkat.
Kemitraannya dengan penerbit terkemuka, skala inventaris premium, audiens dan impresi iklan, pengalaman luas Miranti dalam industri periklanan dan pemasaran serta pemahaman terhadap kawasan ini, membuat Alex optimis Pancast memiliki posisi kuat untuk memenuhi kebutuhan pemasar akan iklan digital yang sedang mengalami pertumbuhan.
Rantai pasokan iklan video digital menjadi semakin kompleks, dan melibatkan banyak layanan dan pemain. Kurangnya transparansi membuat pemasar sulit untuk mendapat gambaran jelas apakah belanja iklan digital mereka benar-benar menghasilkan pendapatan untuk bisnis mereka.
Berdasarkan studi industri global, hanya setengah dari nilai belanja iklan yang dikeluarkan oleh pengiklan diterima oleh penerbit. Sementara, rata-rata 15% tidak dapat dipertanggungjawabkan.
Pancast mengubah cara monetisasi video online premium melalui penyediaan solusi teknologi yang transparan untuk menyederhanakan kompleksitas dalam dunia iklan video digital. Pancast menawarkan platform marketplace yang sepenuhnya transparan dalam hal inventaris berkualitas dan model pendapatan, memberikan penerbit nilai penuh dari inventaris video dan menyediakan pengiklan akses ke audiens yang tepat dan dapat diukur.
Dengan Pancast, pengiklan juga memiliki akses ke video premium dalam skala luas dari penerbit yang memiliki reputasi tinggi melalui satu kali kesepakatan. Konten yang ditawarkan memastikan keamanan merek terjaga, berkualitas tinggi, memiliki jumlah penonton tinggi, waktu tonton yang lebih lama serta tingkat keterikatan, viewability (kemampuan menarik penonton) dan completion (persentase menonton konten hingga selesai) yang tinggi.
Jika digabungkan, semua mitra penerbit Pancast menghasilkan total jam menonton konten per pengguna yang lebih tinggi dari platform seperti Netflix, Tik Tok, Facebook dan Youtube.
Pengalaman Miranti Herwinda yang luas dalam bidang media digital, adtech (teknologi iklan) dan pengembangan bisnis selama lebih dari 14 tahun merupakan aset untuk memimpin bisnis di Indonesia. Sebelumnya, Miranti menduduki posisi sebagai Commercial Director Indonesia di Collab Asia, Head of Digital Development and Growth di MRA Media, serta Co-founder and Managing Director di Glitzmedia.
Miranti mengatakan, “Saya senang dapat bergabung dengan Pancast dan mengatasi tantangan dalam memimpin bisnis di Indonesia. Saya tidak sabar untuk memperkenalkan keunikan Pancast ke penerbit dan pengiklan. Saya yakin Pancast mampu menjembatani penerbit dan pengiklan untuk meraih peluang bisnis dari peningkatan jumlah penonton video online di Indonesia. Merupakan suatu kesempatan bagus bagi saya untuk berperan dalam membentuk industri iklan video online.”
Pondasi dari marketplace Pancast adalah keutamaan privasi, konten dan strategi data perilaku audiens. Keunikan dan solusi data komprehensif dari Pancast memberikan nilai bagi mitra penerbit dan pengiklan untuk menjangkau audiens yang tepat dan konten yang relevan. Pancast akan terus memperluas kemampuannya, bekerja sama dengan mitra teknologi untuk menawarkan identifikasi audiens yang lebih luas dan data yang menyeluruh. (Icha)
Telko.id – The NextDev Talent Scouting 2021 merupakan inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) guna mendorong pertumbuhan perusahaan rintisan tahap awal (early-stagestartup) di Indonesia.
Carany dengan program rekrutmen inkubasi untuk meningkatkan kapabilitas dan kompetensi digital, sekaligus membangun talenta digital yang terampil, cekatan, dan berwawasan dalam mengembangkan kewirausahan digitalnya.
Telkomsel The NextDev Talent Scouting 2021 juga membuka kesempatan bagi seluruh perusahaan rintisan tahap awal untuk dapat bergabung dan menciptakan dampak sosial positif bagi masyarakat melalui pemanfaatan teknologi digital tepat guna.
The NextDev Talent Scouting 2021 mencari startup yang memiliki fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat yang mendukung terlaksananya peningkatan kualitas hidup secara berkelanjutan.
Oleh karena itu, The NextDev Talent Scouting 2021 menghadirkan empat kategori yang telah didesain khusus berdasarkan SDGs seperti Economic Empowerment, Edtech for Change, Health Revolution, Tourism & Ecotourism agar dapat mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di tahun 2030.
“Sebagai program pengembangan perusahaan rintisan tahap awal yang konsiten dihadirkan sejak tahun 2015, The NextDev Talent Scouting hadir sebagai wadah bagi para pelaku yang ada di ekosistem startup dan para talenta di bidang teknologi digital untuk dapat meningkatkan kapabilitas, kompetensi, dan potensi diri sehingga dapat menciptakan dan mengembangkan inovasi berbasis digital yang dapat menjadi solusi atas berbagai tantangan di setiap fase kehidupan masyarakat,” ujar Andry P. Santoso, General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel.
Inisiatif ini juga mempertegas dukungan Telkomsel dalam mendorong akselerasi ekosistem digital nasional serta pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia di bidang teknologi digital, agar berdaya saing tinggi, yang juga akan membuka peluang hadirnya lebih banyak smart digitalpreneur, sehingga Indonesia akan menjadi tuan rumah di negaranya sendiri dengan potensi ekonomi digital yang besar.
Dalam mengkurasi perusahaan rintisan yang telah mendaftar, The NextDev Talent Scouting 2021 menetapkan beberapa kriteria seperti berikut; Pertama, startup harus memiliki solusi yang memberikan dampak sosial positif bagi masyarakat.
Kedua, startup harus memiliki minimum viable product (MVP) atau prototype. Ketiga, pendiri startup harus memiliki komitmen dan kompetensi yang kuat sebagai tim (hipster, hacker, dan hustler).
Seluruh peserta startup yang telah lolos seleksi tahap awal, kemudian akan disaring kembali kedalam 40 besar sampai dengan top 12 startup melalui sistem pitching yang dinilai berdasarkan beberapa kriteria, seperti Dampak Sosial, Produk, Model Bisnis, Traction, hingga Manajemen Tim mereka.
Tim startup akan melakukan pitching selama 3 menit di hadapan para dewan juri yang terdiri dari para ahli berpengalaman di industri, mulai dari Direktur Utama Smesco Leonard Theosabrata, Founder Sekolah.mu Najeela Shihab, Co-Founder & CEO Halodoc Jonathan Sudharta, hingga VP of Brand Marketing Tiket.com Maria Risa Puspitasari.
Pendaftaran The NextDev Talent Scouting 2021 telah dibuka, dimulai dengan Track Pitch untuk kategori Economic Empowerment pada 16 Desember 2021, Edtech for Change pada 23 Desember 2021, Health Revolution pada 13 Januari 2022, Tourism & Ecotourism pada 20 Januari 2022, dan akan diakhiri dengan Grand Final Pitch pada 27 Januari 2022.
Seluruh peserta yang terpilih ke dalam 12 startup terbaik, akan mendapatkan benefit dan program pengembangan startup berupa 5G, yakni Grant Money, Good Opportunities, Great Mentors, Gain Exposure, dan Golden Ticket to The NextDev Academy 2021.
Melalui program The NextDev, Telkomsel akan terus bergerak maju untuk membuka berbagai peluang dan memaksimalkan kontribusi sosial perusahaan melalui kapabilitas teknologi terdepan dan ekosistem digital terintegrasi yang dimiliki.
Dengan demikian, dapat memaksimalkan potensi para startup dan talenta digital Indonesia agar dapat berkembang dan menciptakan solusi dari pemanfaatan teknologi digital tepat guna yang mampu memecahkan berbagai solusi di tengah masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan saat ini atau masa mendatang. (Icha)
Telko.id – Erajaya Digital berhasil pecahkan rekor Muri karena meresmikan 38 outelet secara serentak. Ya, perusahaan retail ini, tahun ini sangat agresif membuka outlet nya. Baik outlet resmi Eraja, tetapi juga outlet partner-partner nya.
Padahal, dalam kondisi seperti sekarang ini dimana pandemic Covid-9 masih ada, ternyata kebutuhan akan device yang menunjang kegiatan digital tetap tinggi. Tak heran, Erajaya pun optimis bahwa dengan membuka outlet begitu banyak akan bisa survive.
Erajaya meresmikan 38 outlet ini tersebar di 23 kota di 15 provinsi di Indonesia. Jaringan outlet ritel yang di resmikan, diantaranya 31 outlet Erafone di 21 kota, 4 outlet iBox Store di Jakarta, Semarang, Medan dan Purwokerto, 2 outlet Xiaomi Store Authorized Reseller di Jakarta dan Makassar, serta 1 outlet Samsung Experience Store by NASA di kota Yogjakarta.
Ekspansi jaringan ritel ini mencetak sejarah baru bagi Erajaya Group, karena berhasil mendapatkan 2 penghargaan sekaligus dari Museum Rekor Dunia Indonesia [MURI]. Rekor pertama adalah untuk Erajaya Digital dengan predikat Pembukaan Gerai Ponsel Serentak Terbanyak.
Sejalan dengan strategi perluasan wilayah jangkauan dan komitmen customer focus, di masa pandemi sekalipun Erajaya Group tetap berekspansi dan menunjukkan confidence pada bisnis ritel, dan bahkan memecahkan rekor dengan membuka 38 outlet sekaligus.
Penghargaan kedua adalah untuk Erajaya Group, dengan predikat Distributor Ponsel Dengan Sediaan dari Prinsipal dan Merek Terbanyak. Ini menunjukkan kepercayaan partner dan principal kepada Erajaya Group sebagai importir, distributor dan pelaku ritel perangkat telekomunikasi selular terdepan. Pengakuan ini tidak lepas dari dukungan merek global, seperti Acer, Apple, ASUS, HUAWEI, Nokia, OPPO, realme, Samsung, vivo, Xiaomi, dan berbagai merek kenamaan lainnya.
Penghargaan dari MURI ini diserahkan secara langsung oleh perwakilan MURI, Bapak Jusuf Nagri, selaku Senior Manager Museum Rekor Dunia Indonesia [MURI] kepada Bapak Herman Wong, selaku Chief Merchandise dan Planning, Erajaya Digital, di outlet Erafone Megastore Veteran Makassar, Sulawesi Selatan.
“Dengan rendah hati kami menerima dan mengucapkan terimakasih untuk penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia ini. Perjalanan kami untuk menjadi smart unified channel player terdepan dengan network terluas masih panjang,” ungkap Joy Wahjudi, CEO Erajaya Digital.
Joy juga menambahkan bahwa ekspansi footprint dan perluasan jangkauan menjadi inisiatif penting untuk mencapai visi tersebut. Penghargaan ini kami persembahkan kepada pelanggan setia Erajaya yang telah mendukung kami selama 25 tahun, dan kepada segenap karyawan/karyawati Erajaya Group atas kerja keras dan kontribusinya.”
Selama periode Grand Opening di tanggal 17-19 Desember 2021, berbagai promo menarik juga dihadirkan secara eksklusif di lokasi outlet yang di resmikan. (Icha)
Telko.id – Desa Digital Nusantara atau DDN merupakan cara XL Axiata untuk mendorong pemberdayaan desa dan komunitasnya melalui adopsi teknologi digital ke seluruh eleman kehidupan di desa.
Peluncuran Desa Digital Nusantara ini berlangsung di Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakis Jaya, Kabupaten Karawang, Kamis (16/12).
Hadir dalam acara ini antara lain Ridwan Maulana, Direktur Kenelayanan dan Perizinan pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia; Mumung S Maman, Kepala Sub Bagian Perencanaan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat serta Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir .
Selain itu juga hadir Ketua DPC KPPI Kab. Karawang, Sri Rahayu Agustina, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Karawang; Ridwan Salam, Camat Pakis Jaya, Panji Santoso, serta Karyo, Kepala Desa Tanjung Pakis.
Marwan O Baasir mengatakan, “Saat ini kita semakin masuk ke era ekonomi digital. Padahal masyarakat kita belum semuanya siap, terutama yang di pedesaan. Melalui program ini, kami berniat untuk lebih memaksimalkan lagi usaha-usaha pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan sarana digital agar mereka lebih siap masuk dan meraih manfaat dari ekonomi digital. Implementasi program ini sekaligus menjadi wujud dukungan kami kepada upaya pemerintah mengakselerasi adopsi digital oleh masyarakat hingga ke pelosok pedesaan.”
Marwan memastikan Program Desa Digital Nusantara ini akan menjadi program yang berkelanjutan. Menurutnya, XL Axiata berkomitmen kuat untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan literasi digital di tingkat pedesaan seiring dengan pembangunan jaringan internet cepat 4G yang semakin luas. Jadi, program ini juga mencakup penguatan ekosistem digital hingga di pedesaan.
Sasaran implementasi Program DDN yang pertama adalah Desa Tanjung Pakis yang berlokasi di pesisir Utara Kabupaten Karawang ini. Pada kesempatan ini, XL Axiata mendapatkan dukungan dari KKP, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, serta Pemerintah Kabupaten Karawang.
Selain itu, turut memberikan dukungan juga adalah dua perusahaan teknologi terkemuka, yaitu Google Indonesia dan Facebook Indonesia.
“Desa di Tanjung Pakis ini menjadi pilihan atas pertimbangan desa ini memiliki potensi besar untuk maju di era digital, namun belum dimanfaatkan secara optimal. Di sini ada potensi mulai perikanan, tambak, wisata, hingga UMKM. Komunitas penggerak ekonominya beragam dan aktif. Produk yang mereka hasilkan juga punya nilai jual tinggi,” imbuh Marwan.
Selain itu, Marwan menambahkan, Desa Tanjung Pakis juga menjadi lokasi landing station Sistem komunikasi kabel bawah laut (SKKL) Echo. SKKL ini dibangun secara bersama oleh Facebook (Meta), Alphabet Google, dan XL Axiata.
Pada tahap awal ini, Program DDN akan mencakup aktivitas bersifat edukasi untuk meningkatkan literasi digital warga, pembangunan fasilitas umum, instalasi sarana dan prasarana digital, hingga donasi.
Akvititas edukasi akan berupa Kelas Inkubasi Sisternet bagi warga perempuan pelaku UMKM. Ada enam sesi dengan sasaran peserta warga perempuan yang merupakan pelaku atau pengelola UKM.
Melalui kelas ini, mereka akan mendapatkan pengetahuan dan bimbingan memanfaatkan solusi digital untuk meningkatkan pengelolaan bisnis, peningkatan produktivitas, hingga peningkatan pemasaran produk. Kelas ini akan dibimbing oleh fasilitator sisternet yang sudah bersertifikat.
Selanjutnya edukasi dan sosialisasi pemanfaatan aplikasi Laut Nusantara. Aplikasi ini memudahkan nelayan menangkap ikan di laut melalui fitur yang bisa menunjukkan titik-titik lokasi keberadaan ikan. Akan ada tiga sesi sosialisasi bagi warga yang bermata pencaharian nelayan.
XL Axiata juga akan membagikan bantuan perangkat gadget untuk mengakses aplikasi Laut Nusantara. Topik edukasi meliputi penggunaan aplikasi untuk mendukung kegiatan melaut, diversifikasi usaha nelayan, serta pengenalan alat tangkap ramah lingkungan.
Sasaran edukasi juga meliputi para pelajar warga setempat. Akan digelar kelas kepemimpinan yang mengadopsi materi pembelajaran dari XL Axiata Future Leaders (XLFL). Kelas ini akan mengambil topik mengenai pentingnya melanjutkan ke perguruan tinggi dan belajar lebih jauh tentang kepemimpinan. Pemateri kelas ini akan melibatkan sejumlah alumni dan fasilitator XLFL.
Untuk lebih memudahkan warga Desa Tanjung Pakis mengakses interner, XL Axiata juga akan memasang WiFi di titik strategis di seputar desa. Kualitas jaringan data dan internet XL Axiata di desa ini sangat baik yang didukung oleh BTS 4G di sekitar desa. Sinyal 4G XL Axiata juga menjangkau area di sepanjang pantai Tanjung Pakis yang menjadi salah satu destinasi wisata warga Karawang.
Guna mendukung produktivitas olahan hasil laut, XL Axiata juga akan mengimplementasikan perangkat digital berbasis Internet of Things (IoT) untuk membantu pengolahan ikan asin. Perangkat ini akan membantu proses pengeringan yang lebih berkualitas dengan memanfaatkan energi dari panel surya. Perangkat digital inovatif ini diinisiasi oleh para awardee XLFL Batch 8.
Program DDN juga meliputi perbaikan salah satu pesantren di desa Tanjung Pakis, yaitu Pesantren Al Ibtida. Dengan renovasi ini, diharapkan pesantren ini akan menjadi lebih nyaman sebagai tempat belajar mengajar.
“Kami juga memberikan donasi router dan kuota internet gratis selama setahun bagi enam sekolah, mulai SD, SMP, dan Pondok Pesantren. Lalu, donasi 15 laptop kepada sekolah-sekolah yang sama. Kami berharap donasi ini bisa mempercepat peningkatan literasi digital di kalangan generasi muda desa Tanjung Pakis, selain tentunya bisa meningkatkan kualitas proses belajar mengajar,” lanjut Marwan.
Program Desa Digital Nusantara merupajkan bagian dari program keberlanjutan XL Axiata dalam membangun masyarakat Indonesia yang lebih digital. Program ini didesain untk dapat direplikasi ke daerah-daerah lainnya di Indonesia. (Icha)
Telko.id – 5G Indosat Ooredoo kini sudah hadir di Balikpapan. Peluncuran ini merupakan peluncuran terakhir di tahun ini setelah sebelumnya diluncurkan di Solo, Jakarta, Surabaya, dan Makassar, serta memasuki babak baru sebagai pendukung transformasi digital Indonesia.
Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha meresmikan peluncuran layanan komersial 5G di Balikpapan yang dihadiri oleh Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM; Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor; Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud; Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Budi Santosa Purwokartiko; dan Head of Mobile Networks Nokia Indonesia, Frederic Chapelard. Protokol kesehatan dan pembatasan jarak yang ketat diberlakukan selama acara berlangsung.
“Kami berharap, teknologi 5G ini akan mempercepat transformasi digital di Kalimantan, terutama untuk mendukung persiapan ibu kota baru Indonesia, Penajam Paser Utara, yang terletak di dekat Balikpapan. Kami berharap peluncuran ini juga akan secara signifikan meningkatkan daya saing industri di kawasan ini,” ungkap Ahmad Al-Neama, President Director & CEO Indosat Ooredoo.
Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Mohammad Rudy Salahuddin mengatakan, “Kami mengapresiasi komitmen Indosat Ooredoo dalam menyediakan layanan komersial 5G di Balikpapan, sebagai kota terbesar di Kalimantan Timur dan kota terdekat dari ibu kota baru Indonesia. Kami berharap teknologi 5G ini dapat mempercepat implementasi Smart City, Smart Government, dan Smart Industry guna mempercepat pemulihan ekonomi di kawasan sehingga turut menjadi akselerator perekonomian nasional.”
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), Balikpapan merupakan kota di Kalimantan Timur dengan industri manufaktur sebagai penggerak utama perekonomian. Tercatat sektor manufaktur menyumbang 47% dari Produk Domestik Regional Bruto pada tahun 2020, sedangkan perikanan laut menjadi kontributor utama di sektor pertanian.
“Kami berharap teknologi 5G akan mengubah cara industri beroperasi sehingga dapat mendorong inovasi, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan daya saing ekspor. Seiring dengan Balikpapan menjadi pintu gerbang dari ibu kota baru, saya tidak sabar untuk menyaksikan transformasi digital yang masif di kawasan ini, yang didukung tentunya oleh layanan 5G dari Indosat Ooredoo,” ujar Isran Noor, Gubernur Kalimantan Timur.
Presiden Direktur Nokia Indonesia, KP Goh, mengatakan, “Suatu kehormatan bagi Nokia untuk menjadi mitra terpercaya dalam mendukung peluncuran layanan 5G di Balikpapan. Peluncuran ini merupakan kali kedua kami mendukung peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Indonesia setelah sebelumnya di Surabaya, Jawa Timur. Nokia bangga dapat berkontribusi mewujudkan kekuatan transformatif 5G menjadi realita di kawasan ini, terutama dalam mendukung persiapan relokasi ibu kota baru Indonesia di dekat Balikpapan.”
Bertepatan dengan peluncuran layanan komersial 5G di Balikpapan, Indosat Ooredoo dan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) menandatangani Memorum of Understanding (MoU), yang menandai komitmen bersama untuk memperkuat sektor pendidikan dengan memanfaatkan keunggulan teknologi 5G.
Peluncuran layanan komersial 5G Indosat Ooredoo di Balikpapan menghadirkan beberapa use case paling canggih, seperti Smart City and Government, dimana 5G sebagai titik balik utama dalam evolusi Kota Cerdas karena konektivitas kecepatan tinggi, latensi rendah, dan kemampuan menangani sejumlah besar koneksi akan meningkatkan gaya hidup dan kolaborasi warga.
Contoh use case, termasuk SKOTA-Horizontal Platform dan Dell IOC (Lintasarta), Smart City dan Command Center (TEMARA), serta Smart Government (TEMARA/Gorilla).
Selain itu juga dipamerakan Smart Industry. Di mana 5G mampu membentuk percakapan di seluruh industri Pertambangan, Minyak & Gas, dengan teknologi baru seperti jaringan pribadi, AI, IoT & edge computing yang menjanjikan kemampuan mereka untuk mengoptimalkan proses dan menciptakan lebih banyak nilai tambah.
Contoh use case termasuk Private Network for Situational Awareness (Nokia), Collaborative Robot (Nokia), Mining Compliance Solution (Sensync), Smart Surveillance (Idealab), Smart Manufacturing (MPS), Smart Visual Inspection (IBM). (Icha)