spot_img
Latest Phone

ASUS ROG Exclusive Store Surabaya, Hadirkan Pengalaman Gaming Terbaik

Telko.id - ASUS resmi membuka ROG Exclusive Store di...

ASUS ROG Hadir di HoYo FEST 2025 Surabaya

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) kembali berpartisipasi...

Oppo Reno 14 Series: Harga Bersaing, Spesifikasi Diatas Pesaing

Telko.id – Oppo resmi meluncurkan ponsel terbarunya, yaitu Oppo...

OpenAI Siapkan Browser dengan AI, Saingan Google Chrome

Telko.id - OpenAI sebagai induk perusahaan dari ChatGPT sedang...

TECNO Luncurkan POVA 7 Series, Desain Futuristik dan Performa Gaming AI

Telko.id - TECNO resmi meluncurkan POVA 7 Series di...
Beranda blog Halaman 507

tSurvey.id Dari Telkomsel, Riset Digital pun Jadi Mudah, Cepat, dan Akurat

Telko.idPlatform tSurvey.id baru diperkenalkan oleh Telkomsel. tSurvey.id merupakan platform survei digital yang menawarkan solusi bagi seluruh kebutuhan riset pelanggan, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lainnya secara luas.

Platform ini merupakan hasil inkubasi bisnis dari unit bisnis Data Solution Group Telkomsel. Kapabilitas platform tSurvey.id ini pun telah diperkaya data insight telco sehingga memiliki beberapa keunggulan, mulai dari jangkauan basis responden yang luas, fitur respondent targeting dengan profil yang akurat, keluaran hasil yang lebih cepat, serta fitur manajemen survei yang user friendly.

“Kehadiran tSurvey.id juga menjadi bagian dari upaya kami untuk membantu dan memfasilitasi berbagai pemangku kepentingan, baik akademisi, profesional, Lembaga Swadaya Masyarakat, maupun pelaku usaha lintas sektor industri dalam membuka lebih banyak peluang kemajuan dengan mendorong penguatan kultur pengambilan keputusan berbasis data,” ungkap Wong Soon Nam Direktur Planning and Transformation Telkomsel dalam peluncuran platform tSurvey.id kepada publik secara virtual pada ajang tahunan Insight for Indonesia 2022: Consumer Insight by Telkomsel tSurvey.id, (24/5).

tSurvey.id hadir sebagai hasil dari program inkubasi program internal Telkomsel InnoXtion (kini Telkomsel TINC Polaris) dan bertujuan mendukung terciptanya data-driven decision-making culture, baik dalam lingkup akademik, komersil, sosial, maupun keperluan riset lainnya secara luas.

Sejak tahun 2021, unit bisnis Data Solution Group Telkomsel telah melakukan berbagai pengembangan berkelanjutan guna memastikan tSurvey.id menjadi platform survei digital dengan kapabilitas unggul di pasar industri market research.

Pada bulan Desember 2021, tSurvey.id mulai diutilisasi secara komersial dan telah melayani kebutuhan riset pasar bagi sejumlah perusahaan di berbagai sektor industri.

Wong Soon Nam lebih lanjut menjelaskan, melalui berbagai tahap pengembangan, kini tSurvey.id telah memiliki beragam keunggulan sebagai platform riset digital.

Keunggulan-keunggulan tersebut meliputi jangkauan basis responden yang luas di seluruh Indonesia, fitur respondent targeting yang akurat berdasarkan hasil analisa perilaku riil pengguna jaringan Telkomsel, kecepatan untuk mendapatkan keluaran hasil, serta platform yang memberikan kemudahan dalam mengelola survei, mulai dari pembuatan, pengiriman, hingga pelaporan hasil survei.

Sukses Menangkap Perilaku Konsumen Indonesia dengan 2022 Consumer Insight Report

Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LM FEB UI) telah menguji kapabilitas platform riset digital tSurvey.id dan menggandeng Telkomsel dalam pelaksanaan studi dan penyusunan laporan tahunan yang bertajuk 2022 Consumer Insight Report.

Studi yang dilakukan selama kurang lebih satu setengah bulan tersebut berfokus pada perilaku konsumsi masyarakat Indonesia dari berbagai aspek. Berbasis opini dari 1.500 responden di seluruh Indonesia, tSurvey.id bersama LM FEB UI berhasil mengungkap perilaku konsumen Indonesia selama tahun 2021 dan memprediksi tren konsumsi untuk tahun 2022, yang di antaranya seperti berikut :

Pandemi yang masih berlangsung di tahun 2021 membawa dampak perubahan bagi perilaku konsumen Indonesia.

Salah satunya adalah kecenderungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dari rumah yang kini sudah banyak dimudahkan oleh platform digital dengan layanan pesan antar dalam waktu singkat, seperti kebutuhan berbelanja rutin dan makanan.

Sumber hiburan digital yang dapat dikonsumsi dari rumah juga mendominasi tahun 2021, dan diprediksi akan menjadi suatu gaya hidup baru di 2022. Video streaming akan menjadi pilihan hiburan Utama, dengan konten Indonesia mengungguli popularitas konten Barat, Korea, Jepang, dan China.

Meskipun kenyamanan aktivitas dan pemenuhan kebutuhan dari rumah sudah menjadi kebiasaan baru, terbaca pula adanya keinginan konsumen Indonesia untuk mulai kembali aktif lagi beraktivitas di luar rumah. Bahkan, satu dari lima responden menyatakan mereka melakukan perjalanan pariwisata untuk bekerja dari lokasi wisata atau work from vacation.

Temuan kunci tersebut disampaikan secara langsung oleh Senior Consultant dan Senior Lecturer LM FEB UI Dr. Nurdin Sobari sebagai expert di bidang consumer behavior pada acara peluncuran tSurvey.id. White paper lengkap 2022 Consumer Insight Report akan dipublikasi secara luas selepas acara peluncuran tSurvey.id.

Vice President Data Solutions Telkomsel Mia Melinda lebih lanjut menambahkan, untuk memperkaya insight hasil studi tersebut, Telkomsel turut menghadirkan sederet nama besar dari beberapa brand terkemuka di Indonesia di ajang tahunan Insight for Indonesia 2022 : Consumer Insight by Telkomsel tSurvey.id, mulai dari Vincent Tjendra (CEO Astro), Abraham Viktor (CEO Hangry Group), Henry Manampiring (VP Marketing RedDoorz), Ario Adimas (VP Loket.com), Reynazran Royono (CEO FITA), Rezki Yanuar (VP Marketing Vidio.com), hingga Hilda Kitti (VP Marketing Tokopedia) yang masing-masing memaparkan pandangan mereka sebagai pelaku industri terkait strategi bisnis yang tepat dan selaras dengan perilaku konsumen yang dinamis.

Dalam ajang ini, hadir pula Komisaris Telkom Group Marcelino R. Pandin dan Komisaris Independen Telkom Group Abdi N. Nurdin.

“Kami berharap melalui acara Insight for Indonesia yang kami visikan sebagai acara tahunan persembahan Telkomsel MSIGHT, kapabilitas tSurvey.id sebagai solusi riset bagi pelaku industry, akademik, maupun masyarakat umum dapat terdemonstrasikan dengan baik,” tutup Mia.

Kini pengembangan platform tSurvey.id masih terus dilakukan secara berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam melakukan berbagai riset. (Icha)

Jet Commerce Gandeng UPFOS, Operasional eCommerce pun Lebih Efisien!

Telko.id – Jet Commerce gandeng UPFOS untuk mendorong dan mempercepat pertumbuhan bisnis e-commerce mitra brand Jet Commerce, memperkuat ekosistem e-commerce di Indonesia, serta mendukung pertumbuhan seller lokal melalui teknologi.

Peresmian ini mengesahkan Jet Commerce Indonesia sebagai Authorized Channel Partner UPFOS yang memungkinkan Jet Commerce Indonesia untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan operasional bisnis e-commerce mitra brand-nya dan seller lokal di berbagai marketplace dengan memanfaatan teknologi berupa Marketplace Management System.

Sistem ini dinilai dapat mempermudah pengelolaan pesanan, inventaris, produk, gudang, hingga manajemen pelanggan melalui satu sistem yang sama.

Direktur Marketing Jet Commerce Indonesia Agustina Putri Wijaya menyampaikan bahwa pihaknya antusias menyambut kerja sama ini sebagai salah satu upaya bagi perusahaannya dalam mendorong pertumbuhan bisnis e-commerce mitra brand-nya.

“Sebagai respon terhadap meningkatnya adopsi e-commerce sebagai kanal penjualan bagi brand dan seller lokal yang turut memperketat peta persaingan di industri e-commerce Indonesia, kami melihat adanya kebutuhan untuk scale up bisnis e-commerce mitra brand kami dengan mendorong dan mempercepat pertumbuhannya melalui teknologi, guna memenangkan market-nya masing – masing. Untuk itu, kami menilai sistem milik UPFOS dapat menjadi solusi sebagai nilai tambah bagi mitra – mitra kami,” ucap Agustina.

Sebagai perusahaan layanan e-commerce berbasis SaaS (Software-as-a-System), teknologi UPFOS hadir untuk menyederhanakan kompleksitas yang terjadi dalam proses pengelolaan bisnis e-commerce melalui Marketplace Management System-nya yang mampu mengintegrasikan pengelolaan semua kanal penjualan secara real-time, atau disebut dengan omnichannel.

Rudy Setiawan, Head of UPFOS Indonesia mengatakan saat ini berbelanja online melalui e- commerce sudah menjadi hal yang lumrah bagi konsumen Indonesia, maka dari itu tak heran brand dan seller lokal berbondong – bondong mengadopsi e-commerce sebagai kanal penjualannya.

“Namun, mengelola operasional dan pengeluaran untuk bisnis e-commerce secara efisien menjadi tantangan baru yang muncul bagi brand dan seller lokal. Untuk itu, kami melihat kerja sama ini dapat membuka peluang bagi kami untuk turut berkontribusi terhadap perkembangan ekosistem industri e-commerce di Indonesia melalui teknologi kami dan jaringan yang Jet Commerce miliki,” lanjut Rudy.

Sebagai sistem yang berfungsi untuk mengelola operasional e-commerce, Marketplace Management System milik UPFOS didesain dengan menyesuaikan pasar e-commerce Asia Tenggara yang memiliki banyak periode kampanye belanja online dalam setiap tahunnya, seperti kampanye Ramadan dan Harbolnas di Indonesia.

Pasalnya, sistem UPFOS didesain untuk mampu memproses hingga 100.000 pesanan per hari, dengan tingkat konkurensi yang tinggi, hingga mampu dengan stabil mengolah hingga 5.000 pesanan per menitnya secara bersamaan, berkat teknologi komputasi awan yang digunakan.

Selain dari kestabilan sistemnya, UPFOS juga melakukan penyesuaian dengan pasar e-commerce Asia Tenggara yang sangat aktif melalui fitur – fitur yang dihadirkannya. Salah satunya adalah fitur Auto Order Processing yang memudahkan brand dan seller lokal untuk memproses pesanan yang masuk dari semua marketplace secara otomatis, sehingga mereka tidak perlu mengkonfirmasi pesanan satu per satu secara manual.

Saat periode kampanye khusus, brand dan seller lokal juga dapat mencegah terjadinya overselling dengan fitur Lock Product Inventory, yang memungkinkan untuk mengunci jumlah stok produk yang akan dijual khusus pada periode kampanye tersebut. Proses pemantauan stok produk menjadi lebih efisien karena jumlah stok produk di sistem UPFOS dan di marketplace tersinkronisasi secara real-time.

Tak hanya itu, sistem UPFOS juga memungkinkan penjual untuk meningkatkan efisiensi dalam restocking produk dan pengelolaan inventaris di gudang. Melalui fitur Forecasting, sistem UPFOS mampu memberikan rekomendasi jumlah stok produk yang harus disiapkan berdasarkan laporan penjualan periode sebelumnya.

Sementara itu, dengan fitur Warehouse & Product Location, sistem UPFOS juga mampu meningkatkan efisiensi pengelolaan inventaris di gudang, karena semua lokasi produk di gudang terdata dan dapat dilacak pada sistem UPFOS, sehingga dapat mempercepat pemrosesan pesanan pelanggan.

Sebagai salah satu brand yang merintis bisnis e-commercenya bersama Jet Commerce sejak 2018, brand kosmetik Y.O.U yang telah meraih berbagai penghargaan sebagai brand kosmetik terbaik di Indonesia, turut memanfaatkan teknologi UPFOS guna meningkatkan efisiensi pengelolaan operasional e-commercenya di berbagai marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, dan juga TikTok Shop.

E-Commerce Specialist Y.O.U Aprilia Nuzuly menjelaskan bahwa seiring dengan semakin berkembangnya bisnis e-commerce Y.O.U, pihaknya menemui tantangan yang semakin besar dari segi operasionalnya.

Untuk itu, pihaknya menilai kehadiran teknologi dapat menyederhanakan kompleksitas dari pengelolaan bisnis e-commercenya, dan memberikan ruang bagi Y.O.U untuk berfokus pada inovasi dan peningkatan kualitas produknya. (Icha)

MediaTek Dimensity 1050, Chipset 5G mmWave Pertama

Telko.id – MediaTek Dimensity 1050 baru saja diperkenalkan. Sebuah sebuah chipset 5G mmWave pertama yang akan mendukung ponsel pintar 5G generasi berikutnya dengan konektivitas mulus, tampilan, gaming, dan efisiensi energi.

Melalui konektivitas ganda menggunakan mmWave dan sub-6GHz, Dimensity 1050 akan memberikan kecepatan dan kapasitas yang diperlukan untuk pengalaman luar biasa pengguna ponsel cerdas meski mereka tinggal di area padat penduduk.

Dimensity 1050 mengombinasikan mmWave 5G dan sub-6GHz agar mempermudah migrasi antar pita jaringan, juga dibangun dengan proses produksi TSMC 6nm yang sangat efisien didukung CPU octa-core.

Mendukung agregasi operator 3CC pada spektrum sub-6 (FR1) dan agregasi operator 4CC pada spektrum mmWave (FR2), Dimensity 1050 akan memberikan kemampuan lebih luas pada ponsel pintar dibandingkan dukungan agregasi LTE + mmWave. SoC ini mengintegrasikan dua CPU Arm Cortex-A78 premium dengan kecepatan 2.5GHz dan mesin grafis termutakhir, Arm Mali-G610.

“Dimensity 1050, dan perpaduan antara teknologi sub-6Ghz dan mmWave, akan menyediakan pengalaman 5G end-to-end, konektivitas tanpa jeda dan efisiensi daya yang super baik guna memenuhi tuntutan pengguna sehari-hari,” kata CH Chen, Deputy General Manager of Wireless Communications Business Unit at MediaTek menjelaskan.

Chen juga menambahkan bahwa “Dengan koneksi yang lebih cepat, lebih andal, dan teknologi kamera canggih, cip ini menyediakan fitur canggih sehingga bakal memberikan pembeda tersendiri untuk lini produk ponsel cerdas.”

Selain mengoptimalkan dukungan 5G, Dimensity 1050 juga menghadirkan dukungan optimal untuk Wi-Fi bersamaan dengan teknologi gaming HyperEngine 5.0 MediaTek yang mampu memastikan koneksi berlatensi rendah melalui tiga pita baru, yaitu 2.4GHz, 5GHz and 6GHz.

Inilah yang akan memperpanjang waktu dan kinerja game. Sebagai tambahan, adanya penyimpanan kelas tinggi UFS 3.1 dan memori LPDDR5 juga memastikan aliran data yang begitu cepat guna mengakselerasi aplikasi, unggahan media sosial, dan frame per speed (FPS) yang lebih cepat pada game.

Fitur-fitur tambahan Dimensity 1050, meliputi :

  • Dukungan untuk True Dual 5G SIM (5G SA + 5G SA) dan Dual VoNR.
  • Layar Full HD+ 144Hz yang super cepat, warna yang tajam dan cerah dengan MiraVision 760 MediaTek.
  • Mesin pengambilan video Dual HDR memberikan pengguna untuk streaming secara bersamaan dengan kamera depan dan belakang.
  • Pengurangan noise yang begitu baik untuk foto bercahaya rendah dan dukungan APU 550 MediaTek mampu meningkatkan performa kamera AI.
  • Dukungan Wi-Fi 6E untuk efisiensi daya yang luar biasa dan antena 2×2 MIMO yang menyediakan koneksi lebih cepat dan lebih andal.

Tak hanya itu, MediaTek juga mengumumkan dua chipset tambahan yang memperluas keluarga chipset ponsel pintar 5G dan gaming yakni Dimensity 930 memungkinkan ponsel pintar 5G mengunduh data lebih cepat dan tetap terkoneksi di mana pun dengan 2CC-CA, termasuk mixed duplex FDD+TDD untuk kecepatan yang lebih tinggi dan jangkauan lebih luas.

Dirancang guna menangkap detail, chipset ini dilengkapi pemutaran video MiraVision HDR dan tampilan Full HD+ 120Hz dan video HDR10+ video.

Selain itu, peningkatan game HyperEngine 3.0 Lite membawa manajemen multi-network guna memastikan latensi rendah sehingga pengalaman pengguna lebih lancar dan masa pakai baterainya lebih maksimal.

MediTek juga meluncurkan Helio G99 yang mendukung pengalaman mobile gaming yang menakjubkan pada jaringan 4G/LTE tingkat throughput (jumlah bandwidth aktual saat transmisi) yang lebih tinggi dan efisiensi daya yang lebih baik ketimbang menggunakan Helio G96. SoC ini akan tersedia untuk pelanggan pada kuartal kedua pada tahun 2022.

Ponsel pintar yang akan ditenagai Dimensity 930 juga akan tersedia di pasar selama kuartal kedua tahun 2022. Selain itu, ponsel pintar yang menggunakan Dimensity 1050 dan Helio G99 bakal hadir di pasaran pada kuartal ketiga tahun 2022. (Icha)

Pas Hari Kebangkitan Nasional Tokopedia Perkenalkan Inovasi Baru

Telko.id – Rayakan Hari Kebangkitan Nasional, Tokopedia membangkitkan semangat berinovasi dengan mendorong kemajuan talenta digital bersama para mitra strategis. Tokopedia pun memperkenalkan Inovasi baru.

“Kami berkolaborasi dengan mitra strategis seperti instansi pendidikan, komunitas pegiat teknologi, pemerintah dan lain-lain untuk menghadirkan Tokopedia Academy. Ini merupakan wadah bagi talenta digital mengasah ilmu dan keterampilan berkaitan dengan teknologi, data, produk dan desain produk,” jelas Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

“Selain mencapai pemerataan pengetahuan melalui teknologi, upaya ini ditujukan untuk mendukung upaya pemerintah memenuhi kebutuhan akan 9 juta talenta digital hingga 2030,” tambah Ekhel.

Tokopedia Academy menghadirkan 18 program yang dapat diakses secara gratis lewat website Tokopedia Academy. “Animo terhadap berbagai program Tokopedia Academy semakin tinggi. Sepanjang 2021, partisipan Tokopedia Academy meningkat hampir tiga kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2020,” ungkap Ekhel.

Tokopedia Academy juga berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui SIBERKREASI. Salah satu programnya adalah Tokopedia NextGen, program inkubasi bagi pelajar SMA/SMK/SLTA sederajat untuk lebih memahami dunia digital.

Dalam waktu dekat, Tokopedia Academy akan kembali mengadakan START Summit 2022 yang mengusung tema ‘Driving Innovation At Scale’. Konferensi teknologi ini adalah salah satu wujud komitmen Tokopedia untuk terus menggaungkan semangat kebangkitan nasional lewat mendorong kemunculan lebih banyak inovasi dari para talenta digital dalam negeri. 

Deretan Fitur Baru bagi Pengguna iOS dan Android

Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia terus berupaya menghasilkan inovasi terbaik – yang dapat mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga mencapai lebih – di perangkat iOS maupun Android.

“Fitur Built-in Dark Mode contohnya, kami hadirkan di iOS maupun Android, yang bermanfaat untuk menghemat baterai smartphone, serta nyaman untuk mata, khususnya saat menggunakan ponsel di tengah ruangan gelap,” ungkap Head of Engineering (iOS) Tokopedia, Tonito. Tokopedia menjadi e-commerce pertama di Indonesia yang memfasilitasi fitur built-in dark mode untuk pengguna.

Di sisi lain, Head of Engineering (Android) Tokopedia, Rico Harisin mengungkapkan, “Kami juga mengembangkan aplikasi Tokopedia khusus untuk ponsel lipat atau Foldable, sehingga pengguna android foldable dapat berbelanja dengan lebih nyaman.”

Membangun aplikasi Tokopedia dalam ponsel lipat sangat menantang karena barunya teknologi tersebut, tetapi tantangan itu justru meningkatkan semangat tim. “Kami sangat antusias  mengembangkan aplikasi untuk teknologi terdepan seperti foldable. Banyak sekali yang bisa kami pelajari, terlebih karena mengetahui upaya pengembangan ini bisa menjawab kebutuhan pengguna,” tambah Rico. (Icha)

Bantu UMKM, Tokopedia Luncurkan Modul Literasi Keuangan

Telko.id – Tokopedia bersama Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan Modul Literasi Keuangan. Modul ini dihadirkan guna meningkatkan literasi keuangan masyarakat, khususnya pelaku UMKM lokal, agar dapat bangkit bersama memulihkan ekonomi nasional.

Berdasarkan survei OJK pada 2019, tingkat literasi keuangan masyarakat masih berada di 38,03%, berbanding terbalik dengan inklusi keuangan masyarakat yang telah mencapai 76,19%.

Berdasarkan survei internal Tokopedia pada pelatihan digitalisasi tahun 2021-2022 menunjukkan 97% pelaku UMKM merasa sangat terbantu dengan pelatihan digitalisasi yang diberikan. Dalam survey tersebut, 60,1% pelaku UMKM merasa membutuhkan materi yang dapat meningkatkan kemampuan mengelola keuangan.

“Hal inilah yang melatarbelakangi Tokopedia membuat Modul Literasi Keuangan, yang sejalan dengan agenda literasi keuangan BI dan OJK untuk mendukung perkembangan UMKM dan mendorong penggunaan transaksi digital,” jelas Vice Chairman and Co-founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison saat peluncuran Modul Literasi Keuangan, Senin (23/04/2022) secara virtual.

Modul Literasi Keuangan ini juga merupakan salah satu upaya Tokopedia dalam mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital. “Harapan kami, modul ini dapat dimanfaatkan dan menjadi panduan bagi masyarakat, khususnya sekitar 12 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100% merupakan UMKM lokal, untuk terus mengembangkan usaha mereka,” tambah Leontinus.

Deputi Gubernur BI, Doni Primanto Joewono, menyampaikan literasi keuangan merupakan faktor penting untuk UMKM mengembangkan usaha. “Sinergi pada acara ini merupakan bentuk komitmen Bank Indonesia untuk senantiasa mendukung pengembangan UMKM melalui sinergi dengan berbagai pihak. Tujuannya untuk mempercepat UMKM naik kelas dan meningkatkan kontribusinya dalam pemulihan ekonomi nasional melalui literasi keuangan, digitalisasi, dan globalisasi.”

Peluncuran modul ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara Karya Kreatif Indonesia yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia, serta Presidensi Indonesia pada G20.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Dewan Komisioner OJK, Tirta Segara, mengapresiasi langkah Tokopedia dalam meningkatkan literasi keuangan, “OJK berkomitmen penuh dalam mendorong peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan nasional. Oleh karena itu, upaya ini tidak hanya bermanfaat bagi pegiat UMKM, tetapi seluruh masyarakat Indonesia agar dapat berkontribusi dalam memulihkan ekonomi negeri.”

Modul Literasi Keuangan ini terdiri dari empat topik besar, yaitu (1) perencanaan dan pengelolaan keuangan, (2) cara memperoleh dan mengelola modal usaha, (3) metode dan transaksi online serta cara melapor pajak, hingga (4) investasi yang aman dan menguntungkan lewat Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa Dana.

Modul ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh UMKM di Indonesia melalui Pusat Edukasi Seller Tokopedia mulai 23 Mei 2022.

“Melalui kesempatan ini kami harap seluruh pihak lebih gencar berkolaborasi dalam membantu pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, untuk bangkit dan terus berkontribusi memulihkan ekonomi bangsa, mengingat UMKM adalah penyokong lebih dari 60% PDB Indonesia,” tutup Direktur Kebijakan Publik danHubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni. (Icha)

Telkomsel PayLater, Hasil Kolaborasi Telkomsel dan Kredivo

Telko.id – Telkomsel PayLater merupakan hasil kolaborasi antara Telkomsel dan Kredivo. Solusi layanan keuangan digital Buy Now Pay Later (BNPL) khusus telco, untuk membuka lebih banyak peluang dengan memberikan kemudahan pembiayaan produk digital terintegrasi, yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun.

Kesepakatan kolaborasi antara PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menjalin kolaborasi dengan PT FinAccel Finance Indonesia (Kredivo) tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara kedua belah pihak di Jakarta, (19/5).

Dalam kolaborasi ini, Telkomsel dan Kredivo akan mengoptimalkan aset ekosistem digital yang dimiliki untuk membuka lebih banyak peluang dengan memberikan kemudahan pembiayaan produk digital terintegrasi, yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun oleh pelanggan melalui aplikasi MyTelkomsel. 


“Layanan keuangan digital BNPL saat ini terus mengalami pertumbuhan seiring dengan semakin tingginya adopsi gaya hidup digital masyarakat di tengah pandemic,” ungkap Wong Soon Nam, Direktur Planning & Transformation Telkomsel menjelaskan.

Berdasarkan riset IDC InfoBrief: How Southeast Asia Buys and Pays, Driving New Business Value for Merchants yang dirilis pada November 2021, transaksi paylater di Asia Tenggara akan mencapai USD 8,8 miliar pada 2025. Pada tahun tersebut, Indonesia berpotensi menjadi pasar terbesar BNPL di Asia Tenggara dengan total belanja masyarakat yang menggunakan BNPL meningkat 8,7 persen dibandingkan tahun 2020.

Peluang inilah yang ingin Telkomsel raih melalui kerja sama yang terjalin dengan Kredivo. Kolaborasi ini merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel sebagai enabler untuk membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi seluruh lapisan masyarakat dalam mendapatkan solusi inovatif berbasis digital yang menyentuh seluruh sektor kehidupan, yang kali ini oleh Telkomsel diimplementasikan melalui produk keuangan digital BNPL khusus telco, dengan nama Telkomsel PayLater.

Kolaborasi ini sekaligus menjadi bagian dari upaya Telkomsel untuk selalu memberikan kemudahan bagi pelanggan agar dapat selalu terhubung dan menikmati ragam produk serta layanan digital terdepan Telkomsel untuk berbagai kebutuhan.

Guna membuka semua peluang dan menghadirkan layanan keuangan digital yang melampaui harapan pelanggan, Telkomsel menjatuhkan pilihan pada Kredivo sebagai mitra strategis yang memiliki berbagai pengalaman dan keunggulan ekosistem untuk layanan BNPL. 


CEO Kredivo Indonesia Umang Rustagi mengatakan, “Kami sangat bersemangat bekerja sama dengan Telkomsel, salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia. Kerjasama ini membawa kami satu langkah lebih dekat untuk mewujudkan visi kami melayani 10 juta pengguna dalam beberapa tahun ke depan dan merupakan sebuah pengakuan dari kepemimpinan Kredivo di industri PayLater Indonesia”.

Selain itu, Umang menambahkan bahwa “Langkah ini menjadi salah satu capaian terbaru kami dalam memberikan layanan PayLater white-label kepada mitra yang berfokus di bidang telekomunikasi. Kami berharap fitur PayLater ini dapat membantu pengguna untuk menikmati layanan digital terdepan dari Telkomsel.”

Sebagai tahap awal, Telkomsel dan Kredivo telah menghadirkan layanan Telkomsel PayLater melalui super apps MyTelkomsel pada April 2022. Kehadiran Telkomsel PayLater ini membuka pengalaman digital yang baru bagi seluruh pelanggan Telkomsel dalam memanfaatkan solusi keuangan digital secara lebih mudah, nyaman, dan aman.

Untuk mendorong pemanfaatan solusi digital yang baru dihadirkan, pada tahap awal ini Telkomsel PayLater melalui Kredivo akan memberikan limit PayLater hingga Rp 30.000.000 yang bisa diajukan dan didapatkan oleh pelanggan terpilih. Limit tersebut dapat pelanggan gunakan untuk pembiayaan beragam produk Telkomsel, mulai dari pulsa, paket data, produk digital, dan layanan-layanan terdepan Telkomsel lainnya.

Guna membuka lebih banyak peluang, Telkomsel PayLater juga akan dikembangkan secara bertahap di luar platform MyTelkomsel. Pengembangan ini akan terus Telkomsel lakukan Telkomsel PayLater juga dapat menjadi solusi layanan keuangan digital bagi ekosistem digital Telkomsel lainnya, mulai dari Device Bundling, Dunia Games, MAXstream, hingga Telkomsel Orbit.

Kehadiran Telkomsel PayLater ini diharapkan dapat memperkuat komitmen Telkomsel dalam mengakselerasi inklusi keuangan nasional melalui pemanfaatan teknologi digital terdepan sekaligus memberikan kemudahan untuk pelanggan.

Telkomsel akan terus membuka peluang kolaborasi lebih luas untuk mengembangkan sektor keuangan digital nasional maupun lintas sektor industri di Indonesia dengan mengoptimalkan aset ekosistem digital yang kami miliki,” ujar Wong Soon Nam.

Telkomsel sendiri sudah menghadirkan berbagai inisiatif dalam memperkuat ekosistem keuangan digital nasional dan membuka lebih banyak peluang. Berbagai inisiatif tersebut antara lain adalah menghadirkan layanan uang elektronik dan dompet digital LinkAja yang dihadirkan untuk mendorong inklusi keuangan dengan memberikan akses finansial menyeluruh bagi masyarakat, layanan one application for all financial services.

Lalu adaTelkomsel klop! yang hadir sebagai Financial Loan Aggregator yang menghubungkan financial company terpilih dengan konsumen Telkomsel. Kemudian Telkomsel redi untuk mengakselerasi transaksi perbankan melalui akses mobile digital yang terintegrasi, hingga aksi kolaborasi dan investasi strategis berkelanjutan dengan pemain lending fintech Tanah Air melalui Telkomsel Mitra Inovasi (TMI). (Icha)

Oppo Reno8 (China)

0

Oppo terus berinovasi dengan meluncurkan HPOppo Reno8 (China), untuk menghadirkan teknologi terbaru ke dalam genggaman Anda. Diperkenalkan pada 23 May 2022, HP ini menawarkan kombinasi antara kinerja dan estetika. Oppo Reno8 (China) menjanjikan pengalaman penggunaan yang cukup bisa diandalkan melalui chipset Dimensity 1300 yang memiliki score Antutu 10 rata-rata di angka 779154 dan ditopang oleh RAM berkapasitas 8/12 GB. Spesifikasi tersebut jadi modal Oppo Reno8 (China) untuk bersaing dengan Asus ROG Phone 3 Strix yang dilengkapi chipset Snapdragon 865 5G serta RAM 8/12 GB, dan Realme X7 Max 5G yang dilengkapi chipset Dimensity 1200 serta RAM 8/12 GB. Oppo Reno8 (China) sendiri, menurut data terakhir kami di bulan Juli 2025, belum ada informasi harga dan ketersediaannya di pasar Indonesia.

Selain harga, prosesor, dan memori, variabel penting yang juga bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih sebuah HP adalah layar. Untuk itu Oppo menanamkan layar AMOLED berukuran 6.43 inches, 99.8 cm2 (~84.7% screen-to-body ratio) dengan resolusi 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~409 ppi density) dengan refresh rate 90Hzdan dilindungi Corning Gorilla Glass 5. Pada sektor kamera, spesifikasi kamera utama 50 MP yang didukung perekaman video 4K@30fps, 1080p@30/60/120fps, gyro-EIS juga jadi andalan Oppo Reno8 (China). Dan semua fitur tersebut ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 4500 mAh yang didukung fitur pengisian 80W. Spesifikasi lainnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah , atau cek ulasan lengkapnya dengan membaca artikel Oppo Reno8 (China): 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui.

Harga dan Spesifikasi Oppo Reno8 (China)

Spesifikasi Terbaru Oppo Reno8 (China)

Spesifikasi Oppo Reno8 (China)
KETERSEDIAN
Diperkenalkan 23 May 2022
Status Available. Released 2022, June 01
JARINGAN
Teknologi GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE / 5G
Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
Jaringan 3G HSDPA 800 / 850 / 900 / 1700(AWS) / 1900 / 2100
Jaringan 4G 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 28, 34, 38, 39, 40, 41
Jaringan 5G 1, 3, 5, 8, 28, 41, 77, 78 SA/NSA
Kecepatan Akses HSPA, LTE-A (CA), 5G
BODI
Dimensi 160.6 x 73.4 x 7.7 mm
Build Glass front (Gorilla Glass 5), plastic frame
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Varian Warna Black, Blue, Gold, Violet
LAYAR
Tipe Layar AMOLED 90Hz, 430 nits (typ), 600 nits (HBM), 800 nits (peak)
Ukuran Layar 6.43 inches, 99.8 cm2 (~84.7% screen-to-body ratio)
Resolusi Layar 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~409 ppi density)
Protection Corning Gorilla Glass 5
PLATFORM
Sistem Operasi Android 12 - ColorOS 12.1
Chipset Mediatek MT6893Z Dimensity 1300 (6 nm)
CPU / Prosesor Octa-core (1x3.0 GHz Cortex-A78 & 3x2.6 GHz Cortex-A78 & 4x2.0 GHz Cortex-A55)
GPU / Prosesor Grafis Mali-G77 MC9
MEMORI
Kartu Memori No
RAM 8/12 GB
ROM / Memori Internal 128GB 8GB RAM
256GB 8GB RAM
256GB 12GB RAM
KAMERA UTAMA
Sensor Kamera 50 MP, f/1.8, 24mm (wide), 1/1.55", PDAF
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
Fitur Kamera Dual-LED flash, HDR, panorama
Perekaman Video 4K@30fps, 1080p@30/60/120fps, gyro-EIS
KAMERA SELFIE
Sensor Kamera 32 MP, f/2.4, 24mm (wide), 1/2.74", 0.8µm
Fitur Kamera Depan Panorama, HDR
Perekaman Video 1080p@30fps, gyro-EIS
KONEKTIVITAS
WIFI Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct
Bluetooth 5.3, A2DP, LE, aptX HD
GPS GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
NFC Yes
Radio No
USB USB Type-C 2.0, OTG
Jack Audio 3.5mm No
FITUR LAIN
Sensors Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
BATERAI
Tipe Baterai Li-Po
Kapasitas Baterai 4500 mAh
Li-Po 4500 mAh, non-removable
Charging 80W wired, 1-45% in 10 min, 1-100% in 28 min (advertised), Reverse wired


FAQ

Berapa harga HP Oppo Reno8 (China)?

Sampai saat ini, kami belum mendapatkan informasi harga Oppo Reno8 (China), tapi kami akan informasikan di laman ini begitu ada update harga untuk HP ini.

Berapakah RAM Oppo Reno8 (China)?

Oppo Reno8 (China) dilengkapi RAM berkapasitas 8/12 GB dengan opsi memori internal 128GB 8GB RAM dan 256GB 8GB RAM(lihat tabel untuk varian memori lainnya).

Oppo Reno8 (China) menggunakan chipset apa?

Oppo Reno8 (China) menggunakan chipset Dimensity 1300 yang diatas kertas mencatatkan score Antutu 10 di angka rata-rata sekitar 779154.

Apakah Oppo Reno8 (China) cocok untuk main game?

Untuk HP ini, game kategori sedang hingga berat bisa Anda mainkan dengan nyaman.

Apakah Oppo Reno8 (China) memiliki sensor sidik jari? Dimana posisinya?

Ya, Oppo Reno8 (China) sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. posisinya ada di bawah layar atau under display.

Apakah Oppo Reno8 (China) sudah fast charging?

HP ini support pengisian baterai 80W wired, 1-45% in 10 min, 1-100% in 28 min (advertised), Reverse wired .

Oppo Pad Air

0

Oppo terus berinovasi dengan meluncurkan TabletOppo Pad Air, untuk menghadirkan teknologi terbaru ke dalam genggaman Anda. Diperkenalkan pada 23 May 2022, Tablet ini menawarkan kombinasi antara kinerja dan estetika. Oppo Pad Air menjanjikan pengalaman penggunaan yang tidak istimewa tapi masih bisa diandalkan melalui chipset Snapdragon 680 4G yang memiliki score Antutu 10 rata-rata di angka 308777 dan ditopang oleh RAM berkapasitas 4/6 GB. Spesifikasi tersebut jadi modal Oppo Pad Air untuk bersaing dengan . Oppo Pad Air sendiri, menurut data terakhir kami di bulan Juli 2025, dibandrol dengan harga Rp 3.799.000 .

Selain harga, prosesor, dan memori, variabel penting yang juga bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih sebuah Tablet adalah layar. Untuk itu Oppo menanamkan layar IPS LCD berukuran 10.36 inches, 305.5 cm2 (~80.5% screen-to-body ratio) dengan resolusi 1200 x 2000 pixels, 5:3 ratio (~225 ppi density) dengan refresh rate . Pada sektor kamera, spesifikasi kamera utama 8 MP yang didukung perekaman video 1080p@30fps juga jadi andalan Oppo Pad Air. Dan semua fitur tersebut ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 7100 mAh yang didukung fitur pengisian 18W. Spesifikasi lainnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah , atau cek ulasan lengkapnya dengan membaca artikel Oppo Pad Air: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui.

Harga dan Spesifikasi Oppo Pad Air

Daftar Harga Oppo Pad Air Juli 2025
Oppo Pad Air 4/128 Garansi Resmi - 64GB
Rp 3.799.000 Tokopedia
OPPO Pad Air 4GB/64GB [2K HD Eye Protection Screen, Ultra Slim & Lightweight, Multi-Screen Connect]
Rp 3.999.000 Shopee

Spesifikasi Terbaru Oppo Pad Air

Spesifikasi Oppo Pad Air
KETERSEDIAN
Diperkenalkan 23 May 2022
Status Available. Released 2022, June 01
JARINGAN
Teknologi No cellular connectivity
Jaringan 2G N/A
Jaringan 3G N/A
Jaringan 4G N/A
BODI
Dimensi 245.1 x 154.8 x 6.9 mm
SIM No
Varian Warna Gray, Silver
Stylus support
LAYAR
Tipe Layar IPS LCD 1B colors, 360 nits (typ)
Ukuran Layar 10.36 inches, 305.5 cm2 (~80.5% screen-to-body ratio)
Resolusi Layar 1200 x 2000 pixels, 5:3 ratio (~225 ppi density)
PLATFORM
Sistem Operasi Android 12 - ColorOS 12
Chipset Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm)
CPU / Prosesor Octa-core (4x2.4 GHz Kryo 265 Gold & 4x1.9 GHz Kryo 265 Silver)
GPU / Prosesor Grafis Adreno 610
MEMORI
Kartu Memori microSDXC
RAM 4/6 GB
ROM / Memori Internal 64GB 4GB RAM
128GB 4GB RAM
128GB 6GB RAM
KAMERA UTAMA
Sensor Kamera 8 MP, f/2.0, AF
Fitur Kamera Panorama
Perekaman Video 1080p@30fps
KAMERA SELFIE
Sensor Kamera 5 MP, f/2.2
Perekaman Video 1080p@30fps
KONEKTIVITAS
WIFI Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
Bluetooth 5.1, A2DP, LE, aptX HD
GPS No
NFC No
Radio No
USB USB Type-C 2.0, OTG
Jack Audio 3.5mm No
FITUR LAIN
Sensors Accelerometer, gyro, compass
BATERAI
Tipe Baterai Li-Po
Kapasitas Baterai 7100 mAh
Li-Po 7100 mAh, non-removable
Charging 18W wired, PD, 5W reverse wired
TEST
Performance AnTuTu: 249272 (v9)
GeekBench: 1661 (v5.1)
GFXBench: 7.2fps (ES 3.1 onscreen)


FAQ

Berapa harga HP Oppo Pad Air?

Berdasarkan penelusuran kami, Oppo Pad Air dibandrol dengan harga sekitar Rp 3.799.000 di Tokopedia dan Rp 3.999.000 di shopee .

Berapakah RAM Oppo Pad Air?

Oppo Pad Air dilengkapi RAM berkapasitas 4/6 GB dengan opsi memori internal 64GB 4GB RAM dan 128GB 4GB RAM(lihat tabel untuk varian memori lainnya).

Oppo Pad Air menggunakan chipset apa?

Oppo Pad Air menggunakan chipset Snapdragon 680 4G yang diatas kertas mencatatkan score Antutu 10 di angka rata-rata sekitar 308777.

Apakah Oppo Pad Air anti air?

Apakah Oppo Pad Air cocok untuk main game?

Untuk HP ini, game kategori sedang bisa Anda mainkan dengan nyaman.

Apakah Oppo Pad Air memiliki sensor sidik jari? Dimana posisinya?

HP ini belum dilengkapi sensor sidik jari.

Apakah Oppo Pad Air sudah fast charging?

HP ini support pengisian baterai 18W wired, PD, 5W reverse wired .

Infinix Hot 12 Play NFC

0

Infinix terus berinovasi dengan meluncurkan HPInfinix Hot 12 Play NFC, untuk menghadirkan teknologi terbaru ke dalam genggaman Anda. Diperkenalkan pada 23 May 2022, HP ini menawarkan kombinasi antara kinerja dan estetika. Infinix Hot 12 Play NFC menjanjikan pengalaman penggunaan yang tidak istimewa tapi masih bisa diandalkan melalui chipset Unisoc T610 yang memiliki score Antutu 10 rata-rata di angka 247361 dan ditopang oleh RAM berkapasitas 4/6 GB. Spesifikasi tersebut jadi modal Infinix Hot 12 Play NFC untuk bersaing dengan Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL yang dilengkapi chipset Snapdragon 660 serta RAM 3-6 GB, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL yang dilengkapi chipset Snapdragon 632 serta RAM 3/4 GB. Infinix Hot 12 Play NFC sendiri, menurut data terakhir kami di bulan Juli 2025, belum ada informasi harga dan ketersediaannya di pasar Indonesia.

Artikel Terkait :

Selain harga, prosesor, dan memori, variabel penting yang juga bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih sebuah HP adalah layar. Untuk itu Infinix menanamkan layar IPS LCD berukuran 6.82 inches, 110.5 cm2 (~82.8% screen-to-body ratio) dengan resolusi 720 x 1640 pixels (~263 ppi density) dengan refresh rate 90Hz. Pada sektor kamera, spesifikasi kamera utama 13 MP yang didukung perekaman video 1080p@30fps juga jadi andalan Infinix Hot 12 Play NFC. Dan semua fitur tersebut ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 6000 mAh. Spesifikasi lainnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah , atau cek ulasan lengkapnya dengan membaca artikel Infinix Hot 12 Play NFC: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui.

Harga dan Spesifikasi Infinix Hot 12 Play NFC

Spesifikasi Terbaru Infinix Hot 12 Play NFC

Spesifikasi Infinix Hot 12 Play NFC
KETERSEDIAN
Diperkenalkan 23 May 2022
Status Available. Released 2022, May 30
JARINGAN
Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
Jaringan 3G HSDPA 850 / 900 / 2100
Jaringan 4G 1, 3, 5, 8, 38, 40, 41
Kecepatan Akses HSPA, LTE
BODI
Dimensi 171 x 78 x 8.9 mm
Build Glass front, plastic back, plastic frame
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Varian Warna Racing Black, Horizon Blue, Daylight Green, Champagne Gold
LAYAR
Tipe Layar IPS LCD 90Hz
Ukuran Layar 6.82 inches, 110.5 cm2 (~82.8% screen-to-body ratio)
Resolusi Layar 720 x 1640 pixels (~263 ppi density)
PLATFORM
Sistem Operasi Android 11 -
Chipset Unisoc T610 (12 nm)
CPU / Prosesor Octa-core (2x1.8 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
GPU / Prosesor Grafis Mali-G52 MP2
MEMORI
Kartu Memori microSDXC (dedicated slot)
RAM 4/6 GB
ROM / Memori Internal 64GB 4GB RAM
128GB 4GB RAM
128GB 6GB RAM
KAMERA UTAMA
Sensor Kamera 13 MP, f/1.8, (wide), 1/3.1", 1.12µm, AF
QVGA
Fitur Kamera Dual-LED flash, panorama, HDR
Perekaman Video 1080p@30fps
KAMERA SELFIE
Sensor Kamera 8 MP
Fitur Kamera Depan Dual-LED flash
Perekaman Video 1080p@30fps
KONEKTIVITAS
WIFI Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
Bluetooth Yes
GPS GPS
NFC Yes
Radio FM radio
USB USB Type-C 2.0, OTG
FITUR LAIN
Sensors Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
BATERAI
Tipe Baterai Li-Po
Kapasitas Baterai 6000 mAh
Li-Po 6000 mAh, non-removable


FAQ

Berapa harga HP Infinix Hot 12 Play NFC?

Sampai saat ini, kami belum mendapatkan informasi harga Infinix Hot 12 Play NFC, tapi kami akan informasikan di laman ini begitu ada update harga untuk HP ini.

Berapakah RAM Infinix Hot 12 Play NFC?

Infinix Hot 12 Play NFC dilengkapi RAM berkapasitas 4/6 GB dengan opsi memori internal 64GB 4GB RAM dan 128GB 4GB RAM(lihat tabel untuk varian memori lainnya).

Infinix Hot 12 Play NFC menggunakan chipset apa?

Infinix Hot 12 Play NFC menggunakan chipset Unisoc T610 yang diatas kertas mencatatkan score Antutu 10 di angka rata-rata sekitar 247361.

Apakah Infinix Hot 12 Play NFC cocok untuk main game?

Untuk HP ini, sebaiknya jangan mainkan game kategori sedang hingga berat, game yang ringan ringan saja.

Apakah Infinix Hot 12 Play NFC memiliki sensor sidik jari? Dimana posisinya?

Ya, Infinix Hot 12 Play NFC sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. Posisinya ada di bagian belakang.

Apakah Infinix Hot 12 Play NFC sudah fast charging?

Kami belum memiliki informasi terkait kecepatan pengisian baterai pada ponsel ini.

Infinix Hot 12 Play NFC: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui

Dalam dunia HP yang terus berkembang, Infinix Hot 12 Play NFC menawarkan pendekatan yang berimbang antara fitur dan harga. Banyak pertanyaan muncul seputar spesifikasi kunci, seperti performa prosesor, kualitas kamera, dan daya tahan baterai. Dalam artikel ini, kami akan mengulas 7 aspek penting dari Infinix Hot 12 Play NFC, memberikan pandangan lebih dekat tentang bagaimana perangkat ini mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Dari kemudahan penggunaan sehari-hari hingga kemampuan multimedia, temukan fakta-fakta esensial yang dapat membantu Anda memahami apa yang ditawarkan oleh Infinix Hot 12 Play NFC.

1. Layar IPS LCD dengan Refresh Rate 90Hz

Layar IPS LCD memang tidaklah istimewa, tapi untuk HP kategori menengah bawah seperti Infinix Hot 12 Play NFC kami masih bisa memakluminya. Paling tidak, layar milik Infinix Hot 12 Play NFC dengan ukuran 6.82 inches, 110.5 cm2 (~82.8% screen-to-body ratio) memiliki resolusi 720 x 1640 pixels (~263 ppi density) dan support refresh rate 90Hz. Dan sebagai perbandingan, pesaing lainnya seperti Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL memiliki layar IPS LCD, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL memiliki layar IPS LCD.

2. Chipset Grade C dengan GPU Rating 104

Di atas kertas, chipset Unisoc T610 yang dibawa Infinix Hot 12 Play NFC mencatatkan score Antutu 10 rata-rata di angka 247361. Performanya ditopang oleh RAM berkapasitas 4/6 GB. Di level performa yang sama, ada Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL dengan chipset Snapdragon 660 - Antutu 226617 dan RAM 3-6 GB, dan ada Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL dengan chipset Snapdragon 632 - Antutu 201915 dan RAM 3/4 GB. Sementara untuk performa grafis, GPU Mali-G52 MP2 milik Infinix Hot 12 Play NFC kami beri rating 104. Sebagai pembanding, GPU Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL punya rating , dan GPU Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL punya rating .

3. Mentok di

Untuk akses data, Anda harus puas dengan teknologi dan dukungan WiFi. Dimana HP di level yang sama seperti Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL support GSM / HSPA / LTE, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL support GSM / HSPA / LTE.

4. Baterai 6000 mAh - charging

Semua fitur yang ada di Infinix Hot 12 Play NFC ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 6000 mAh. Sementara pesaingnya, Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL, masing masing dilengkapi baterai 5000 mAh - charging 10W, dan baterai 4000 mAh.

5. Dimensi 171 x 78 x 8.9 mm Frame Plastik

Infinix Hot 12 Play NFC memiliki detail bodi Glass front, plastic back, plastic frame dengan dimensi 171 x 78 x 8.9 mm yang memiliki ketebalan 8,9 mm. HP ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang posisinya ada di bagian belakang. Adapun untuk variasi warna, Infinix Hot 12 Play NFC menyediakan opsi warna Racing Black, Horizon Blue, Daylight Green dan Champagne Gold.

6. Kamera Utama 13 MP

Tak bisa dipungkiri, kamera jadi salah satu daya tarik utama dari sebuah HP. Untuk itulah Infinix Hot 12 Play NFC menanamkan kamera utama dengan spesifikasi 13 MP, f/1.8, (wide), 1/3.1", 1.12µm, AF. Fungsionalitasnya didukung oleh kamera kedua yang memiliki spesifikasi QVGA. Sementara untuk kebutuhan selfie, HP ini menyediakan kamera dengan spesifikasi 8 MP.

7. Opsi Memori

Last but not least, fakta yang tak kalah pentingnya adalah perihal opsi memori penyimpanan. Yup, HP Infinix Hot 12 Play NFC dilengkapi RAM berkapasitas 4/6 GB dengan opsi memori internal 64GB 4GB RAM dan 128GB 4GB RAM serta 128GB 6GB RAM.

Cek juga informasi lengkap terkait harga dan spesifikasi Infinix Hot 12 Play NFC.

Infinix Hot 12 Play NFC Versus Realme C51

Infinix Hot 12 Play NFCRealme C51
HargaBelum TersediaRp 1.449.000
CPUUnisoc T610, dengan CPU rating 26Unisoc Tiger T612, dengan CPU rating 26
GPUMali-G52 MP2, dengan GPU rating 104Mali-G57, dengan GPU rating 215
LayarIPS LCD, 90HzIPS LCD, 90Hz, 560 nits (peak)
Kamera13 MP, f/1.8, (wide), 1/3.1", 1.12µm, AF

QVGA
50 MP, f/1.8, 27mm (wide), 1/2.76", 0.64µm, PDAF

0.08 MP, f/3.0, (depth)
Memori64GB 4GB RAM, 128GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM64GB 4GB RAM, 128GB 4GB RAM
BateraiLi-Po 6000 mAh, non-removableLi-Po 5000 mAh, non-removable
ChargingN/A33W wired, 0-50% in 28 min (advertised)