Telko.id – itel membuat gebrakan di awal April 2024 ini dengan menghadirkan Smartphone yang digadang-gadang menjadi salah satu impian bagi para pencinta game.
Anak muda yang antusias dengan handphone spek tinggi namun dengan harga yang terjangkau, pasti akan tertarik dengan itel RS4. Bagaimana tidak, itel RS4 tidak hanya menawarkan spesifikasi yang mumpuni, tetapi juga cocok untuk mereka yang ingin ikut klub Evos dan ikut kompetisi Free Fire dunia.
Marketing Manager itel Indonesia Muhammad Geza Febriandi, mengatakan, itel RS4 menjadi pilihan yang tepat bagi anak muda yang mengikuti tren terbaru dalam dunia handphone.
“Selain menjadi alat belajar yang efektif, itel RS4 juga memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman gaming yang luar biasa,” katanya, Selasa (2/4).
Apalagi, Reza menilai bahwa pasar smartphone gaming ini cukup besar hingga layak digarap dengan serius. “Pasarnya terus membesar sekarang ini,” katanya optimis.
Dia menambahkan, dengan harga mulai dari Rp 1,6 jutaan, itel RS4 menawarkan varian RAM 8+8 GB dan Rp 1,8 jutaan untuk varian RAM 12+12 GB.
“Smartphone ini telah resmi dijual di Indonesia dan mendapatkan banyak ulasan positif dari para YouTubers,” katanya.
Meskipun mengusung spesifikasi mesin yang unggul, itel RS4 tetap memiliki beberapa keunggulan yang menarik bagi anak muda. Salah satunya adalah adanya dynamic bar pop up notifikasi yang berguna untuk memudahkan pengguna dalam bermain game.
Sektor desain itel RS4 juga patut diacungi jempol, dengan layar bergaya punch hole dan desain bodi belakang yang ikonik. Meskipun memiliki bodi plastik, perangkat ini tetap nyaman digenggam dan mudah dibawa ke mana-mana.
Chipset MediaTek Helio G99 Ultimate dan RAM 12GB menjadikan perangkat ini sangat cocok untuk bermain game berat seperti PUBG Mobile. Layar dengan refresh rate 120Hz juga memastikan pengalaman bermain game yang lancar tanpa lagging.
Meskipun resolusi layarnya hanya 720 x 1612 piksel, fitur refresh rate 120Hz membuat perangkat ini sangat menggiurkan bagi mereka yang ingin bergabung dengan klub Evos dan berkompetisi dalam turnamen Free Fire dunia.
Dengan baterai berkapasitas 5000mAh dan kecepatan charging 45W, perangkat ini bisa diandalkan untuk menemani aktivitas sehari-hari sekaligus untuk sesi gaming yang intens. Fitur tambahan seperti sensor fingerprint di sisi samping juga menambah daya tarik smartphone ini.
Dengan spesifikasi yang menggiurkan dan harga yang terjangkau, itel RS4 menjadi pilihan yang sempurna bagi anak muda yang ingin bergabung dengan klub Evos dan mengejar impian untuk berkompetisi dalam turnamen Free Fire dunia. Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki itel RS4 saat rilis di Indonesia agar tidak kehabisan stok.
“Bukan hanya itu, dengan speck yang cukup mumpuni, itel juga bisa menjadi rekomendasi bagi mereka yang senang dengan editing video,” kata Geza.
Geza Febriandi, mengatakan, dengan speck yang cukup besar, smartphone ini bisa direkomendasikan sebagai smartphone editing video.
“Sangat direkomendasikan. Dengan speck yang tinggi, seperti ram yang mencapai 12 ditambah dengan virtual 12, handphone ini bisa direkomendasikan untuk editing video,” tutupnya. (Icha)
Telko.id – Mudik atau pulang kampung adalah tradisi turun-temurun yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia setiap jelang Lebaran. Tidak hanya sebagai ajang silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga, momen mudik juga dijadikan kesempatan untuk rehat sejenak dari rutinitas dan kesibukan sehari-hari.
Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) pun mengungkapkan bahwa jumlah pemudik Lebaran di tahun 2024 diprediksi menjadi yang terbesar sepanjang sejarah. Sebanyak 193,6 juta orang diprediksi akan mudik tahun ini, nilai tersebut setara dengan 71,7% rakyat Indonesia.
5 tips mudik Lebaran 2024
Jelang persiapan mudik lebaran 2024 ini, Tokopedia membagikan lima tips persiapan mudik yang lebih aman dan nyaman, termasuk bagi pengguna kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.
#1 Pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima
Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima. Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai komponen penting seperti oli mesin, tekanan ban, air radiator, dan sistem rem.
Hal ini penting untuk meminimalkan risiko kecelakaan di jalan selama perjalanan mudik. Selain itu, jangan lupa untuk membawa buku servis dan dokumen kendaraan yang lengkap sebagai persyaratan standar berlalu lintas.
Untuk membantu masyarakat dalam persiapan tersebut, Tokopedia menyediakan layanan Tokopedia Garage yang memberikan akses untuk mendapatkan berbagai perlengkapan dan perawatan mobil dan motor.
“Ada pula Layanan Jasa Pasang Otomotif dari Tokopedia sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh fasilitas pemasangan untuk berbagai produk otomotif, termasuk onderdil mobil dan motor, yang dibeli melalui platform Tokopedia,” ungkap Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia.
Untuk membuat perjalanan mudik menjadi lebih nyaman, masyarakat juga bisa menambahkan kasur mobil agar dapat istirahat dalam mobil saat berhenti di rest area.
“Jelang mudik Lebaran 2023 lalu, di Tokopedia penjualan kasur mobil melonjak lebih dari 4 kali lipat dibandingkan periode yang sama di awal tahun 2023,” ungkap Rizky.
#2 Siapkan uang tunai dan saldo kartu uang elektronik
Tips Mudik lain adalah ketika pembayaran digital semakin menjadi andalan masyarakat saat melakukan transaksi, perlu memastikan memastikan saldo kartu uang elektronik tetap terisi untuk beberapa tempat selama perjalanan mudik. Tapi ada baiknya tetap menyiapkan uang tunai cadangan.
“Masyarakat bisa dengan mudah mengisi saldo uang elektronikmelalui fitur Top Up Uang Elektronik di Tokopedia kapan pun dan di mana pun. Setelah pembayaran sudah terverifikasi, jangan lupa update saldo uang elektronik dari aplikasi Tokopedia, ATM atau gerai retail terdekat,” saran Rizky.
“Kemudahan dari fitur Top Up Uang Elektronik tersebut disambut dengan sangat positif oleh pengguna. Menurut data internal Tokopedia, nilai transaksi pada fitur Top Up Uang Elektronik naik lebih dari 3 kali lipat jelang mudik Lebaran 2023 lalu dibandingkan dengan periode yang sama di awal tahun 2023,” jelas Rizky.
#3 Titipkan hewan peliharaan pada orang terdekat
Bagi keluarga yang memiliki hewan peliharaan, maka ada baiknya melakukan persiapan apabila hewan peliharaan tersebut tidak dibawa pulang mudik.
Misalnya, titipkan hewan peliharaan di jasa penitipan hewan peliharaan di klinik atau pet shop terpercaya. Pilihan lainnya, yaitu menitipkan ke orang terdekat untuk menjaga hewan peliharaan.
Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan, camilan kesukaan hewan peliharaan, dan produk perawatan kepada orang yang akan merawat hewan peliharaan selama mudik.
Masyarakat dapat dengan lebih mudah mendapatkan berbagai jenis produk perawatan hewan peliharaan, termasuk untuk kucing, anjing, burung hingga ikan, lewat Tokopedia.
“Ada juga deretan penawaran menarik yang bisa membuat belanja kebutuhan hewan peliharaan menjadi lebih hemat, mulai dari Bebas Ongkir hingga diskon sampai 70%,” ucap Rizky.
Rizky melalui Tokopedia pun melihat permintaan masyarakat terhadap produk perawatan hewan peliharaan juga terus naik, misalnya saat jelang mudik Lebaran 2023 lalu.
“Penjualan pet feeder, dispenser makanan hewan peliharaan yang dapat diatur dengan smartphone, melonjak hampir 1,5 kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama di awal tahun 2023. Sedangkan produk litter box kucing mengalami kenaikan penjualan lebih dari 1,5 kali lipat,” jelas Rizky.
#4 Siapkan perlengkapan untuk kejadian yang tidak terduga
Perjalanan mudik, baik yang dilakukan di darat maupun udara, membutuhkan kondisi fisik yang prima bagi pemudik. Bahkan, kondisi kendaraan prima juga sangat dibutuhkan bagi pemudik jalur darat. Untuk menjaga kesehatan fisik pemudik, dianjurkan membawa kotak P3K berisi obat anti mabuk, obat diare, obat demam, serta antiseptik pembersih luka dan perban.
“Tokopedia memiliki halaman khusus Tokopedia Farma untuk mempermudah masyarakat mendapatkan produk kesehatan, mulai dari multivitamin dan obat-obatan yang sudah terkurasi, untuk dibawa saat perjalanan mudik Lebaran 2024 mendatang,” ungkap Rizky.
Sementara itu, untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga pada kondisi kendaraan, siapkan perkakas seperti segitiga pengaman, dongkrak mobil, tang, serta kunci-kunci serep yang dapat ditemukan lewat Tokopedia Garage dan Home Living Salebration.
Pastikan pula untuk membawa charger dan power bank agar daya baterai smartphone dan perangkat elektronik lainnya tetap terjaga agar pemudik bisa memanggil bantuan jika diperlukan.
#5 Siapkan keperluan perbekalan serta alat ibadah
Untuk mengantisipasi perjalanan mudik yang panjang, siapkan makanan dan minuman secukupnya bagi sekeluarga. Bawalah makanan dan minuman yang tahan lama dan mudah dibawa, seperti roti, biskuit, buah-buahan dan air minum.
Sebelum mudik, masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan makanan dan minuman, termasuk daging, sayuran, buah-buahan, dan masih banyak lagi, dengan lebih cepat melalui Tokopedia NOW!.
“Setiap pesanan lewat Tokopedia NOW! akan dilayani dan dikirim langsung oleh mitra kurir dalam waktu maksimal 2 jam setelah pembayaran dikonfirmasi,” ungkap Rizky.
Selain itu, agar ibadah sholat bisa tepat dilakukan dengan optimal selama perjalanan mudik, pastikan pula membawa alat ibadah yang mudah untuk disimpan dalam mobil atau tas.
“Tokopedia mencatat penjualan subkategori produk Perlengkapan Ibadah, termasuk mukena, sarung hingga sajadah, naik lebih dari 2,5 lipat jelang mudik Lebaran 2023 lalu jika dibandingkan dengan periode yang sama di awal tahun 2023,” tutup Rizky. (Icha)
Telko.id – Fortinet dan dan Samsung Heavy Industries umumkan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) untuk kerja sama di bidang keamanan siber maritim (maritime cybersecurity) untuk kapal.
Upacara penandatanganan MOU diadakan di Customer Briefing Center Fortinet Korea dengan dihadiri perwakilan dari kedua perusahaan, termasuk Won-Kyun Cho (Korea Country Manager) dan Michael Murphy (APAC Head of Operational Technology and Critical Infrastructure) dari Fortinet.
Serta Jong-Ung Choi (Director ofAutonomous Ship Research Center) dan Kyungwon Bae (Group Manager ofSmart Solution Research Group/Autonomous Ship Research Center) dari Samsung Heavy Industries.
Samsung Heavy Industries telah mengakumulasi beragam kompetensi teknologi dan kemampuan manufaktur siap pakai di bidang pembuatan kapal dan bisnis kelautan, serta memiliki kemampuan desain dan konstruksi topside (bagian atas kapal yang tidak terkena air), yang merupakan inti dari fasilitas pengembangan maritim.
Pada April 2022, Perhimpunan Badan-Badan Klasifikasi Internasional (International Association of Classification Societies/IACS) mengadopsi UR E26 dan E27 untuk melindungi kapal dari ancaman siber (cyber threat) internal dan eksternal, sekaligus memastikan keselamatan operasional kapal menyusul meningkatnya ancaman siber seperti peretasan dan ransomware terhadap kapal.
UR E26 bertujuan memastikan integrasi yang aman dari peralatan Teknologi Operasional (Operational Technology/OT) dan Teknologi Informasi (Information Technology/IT) ke dalam jaringan kapal selama desain, konstruksi, uji coba, dan masa operasional kapal.
UR E27 bertujuan memastikan integritas sistem diamankan dan diperkuat oleh penyedia peralatan pihak ketiga. Kedua UR ini akan diterapkan untuk kapal-kapal baru yang dikontrak untuk konstruksi pada dan setelah tanggal 1 Juli 2024 sebagai persyaratan wajib.
Melalui perjanjian tersebut, kedua perusahaan berencana berkolaborasi dalam meningkatkan keamanan siber maritim guna mematuhi peraturan keamanan baru IACS.
Selain itu, keduanya akan bekerja sama untuk memperluas basis pasar keamanan siber dan memperluas penerapan teknologi masa depan terbaru di bidang maritim, seperti segmentasi jaringan dan layanan keamanan berbasis protokol OT, pemantauan dan kendali jarak jauh dari darat, dan kapal otonom.
Fortinet berencana mendukung perancangan keamanan siber maritim solid yang diperkuat dengan solusi platform Fortinet, optimalisasi solusi untuk beroperasi di lingkungan maritim, dan pelatihan produk Fortinet.
Fortinet akan mendukung penguatan keamanan OT untuk kapal yang dibangun oleh Samsung Heavy Industries agar sepenuhnya memenuhi persyaratan wajib UR E26 dan E27 yang baru.
Platform Keamanan OT Fortinet, sebagai perpanjangan dari perusahaan Security Fabric, memberikan solusi dan layanan untuk perlindungan OT di seluruh model Purdue.
Mulai dari sensor hingga cloud, mengamankan visibilitas aset dan jaringan, pemisahan jaringan, perlindungan titik akhir (endpoint), autentikasi, dan manajemen izin untuk Zero Trust Access, deteksi ancaman dan teknologi pertahanan, serta operasi keamanan SOC/NOC.
Berdasarkan keahlian keamanan OT dan kepemimpinan globalnya, Fortinet akan berkontribusi dalam memastikan ketahanan siber (cyber resilience) kapal-kapal baru dan keamanan siber sistem dan peralatan di kapal yang dibangun oleh Samsung Heavy Industries.
“Seiring meningkatnya masalah siber di kapal, keamanan siber menjadi elemen penting dalam konstruksi dan pengoperasian kapal,” kata Jongung Choi, Director of Autonomous Ship Research Center dari Samsung Heavy Industries, menjelaskan.
Untuk itu, Samsung Heavy Industries akan memperluas kepemimpinan keamanan sibernya di industri manufaktur kapal dengan membangun sistem inovatif untuk keamanan OT selama konstruksi kapal dan meningkatkan ketahanan siber kapal melalui kerja sama yang erat dengan Fortinet, pemimpin global di bidang keamanan OT.
“Melalui kerja sama ini, kami akan memperkuat sistem dukungan dan kerja sama global di sektor keamanan siber maritim dan secara aktif mendukung Samsung Heavy Industries mengamankan fondasi teknis dalam rangka mematuhi peraturan keamanan baru IACS,” ujar Michael Murphy, Head of Operational Technology and Critical Infrastructure – APAC dari Fortinet menambahkan.
Selain itu, Fortinet akan terus memperluas cakupan bisnis OT dan memperkuat keamanan OT dan inovasi digital untuk industri keamanan siber maritim. (Icha)
Telko.id – PT Erajaya Swasembada, Tbk. (ticker code: ERAA), Erajaya Group, perusahaan distributor dan retail handset terbesar di Indonesia, mengumumkan laporan keuangan yang telah diaudit untuk periode yang berakhir tahun 2023 dengan capaian pendapatan yang positif berupa pertumbuhan sebesar 21,6% dibandingkan tahun sebelumnya.
Perseroan juga mencatatkan laba setelah pajak yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp826,1 miliar, di tengah strategi ekspansi jaringan ritel melalui pembukaan 629 gerai baru sepanjang 2023.
Beberapa ringkasan kinerja keuangan dapat dilihat sebagai berikut:
Penjualan bersih sepanjang tahun 2023 tercatat sebesar Rp60,1 triliun atau meningkat 21,6% dari Rp49,5 triliun pada tahun 2022.
Sejalan dengan peningkatan penjualan, laba kotor tercatat tumbuh 20,3% menjadi Rp6,45 triliun, dengan marjin laba kotor sebesar 10,7%.
Laba setelah pajak yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat sebesar Rp826,1 miliar sepanjang tahun 2023.
“Tahun 2023 merupakan tahun yang penuh dengan dinamika, seiring dengan peluang sekaligus tantangan dari kondisi perekonomian nasional serta global yang membawa dampak pada pola konsumsi dan gaya hidup masyarakat. Erajaya melihat dinamika ini sebagai salah satu kesempatan untuk mengembangkan vertikal bisnis dan jaringan ritel kami,” kata Hasan Aula, Wakil Direktur Utama PT Erajaya Swasembada, Tbk.
Beberapa strategi inisiatif yang kami lakukan seperti memperkenalkan brand baru seperti 6IXTY8IGHT dan MST Golf di bawah naungan Erajaya Active Lifestyle.
“Kami juga menambah kehadiran ritel fisik melalui pembukaan 629 gerai baru di sepanjang tahun 2023,” ujar Hasan menambahkan.
Hingga akhir Desember 2023, Erajaya Group telah memiliki 2.049 gerai ritel yang beroperasi di Indonesia, Malaysia dan Singapura. Perseroan juga memiliki 97 pusat distribusi untuk mendukung operasional bisnis, serta bekerja sama dengan lebih dari 70.000 toko ritel pihak ketiga.
Ekspansi jaringan ritel untuk menjangkau kota-kota di Indonesia bertujuan untuk memenuhi permintaan dari masyarakat yang ingin mendapatkan produk yang melengkapi gaya hidupnya dari gerai yang dioperasikan oleh Erajaya Group.
Paralel dengan pengembangan gerai fisik, Erajaya Group terus mengembangkan channel online untuk menjawab permintaan dari pelanggan melalui layanan e-commerce eraspace, serta hadir di sejumlah platform e-commerce ternama di Indonesia.
Program CRM yang dikembangkan oleh Perseroan yakni MyEraspace pada tahun 2023 memiliki hampir 10 juta anggota, atau meningkat 50% dibandingkan dengan jumlah keanggotaan pada tahun 2022.
Erajaya Group membangun strategi omnichannel yang menggabungkan pengalaman berbelanja offline dan online secara seamless.
Beberapa layanan omnichannel yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan setia seperti “Click N’ Pickup” yakni pelanggan yang merampungkan transaksi secara online dengan pengambilan barang di toko fisik, “Mobile Selling” untuk transaksi melalui layanan WhatsApp dan “EraXpress” yang melayani pengiriman hingga purnajual langsung ke rumah konsumen.
Erajaya Group saat ini tengah mengembangkan 4 vertikal bisnis dengan konsentrasi bisnis yang spesifik, meliputi:
Erajaya Digital Vertikal bisnis yang bergerak pada ritel dan distribusi produk-produk handset dan consumer electronic yang menaungi merek ritel Erablue, Erafone, iBox, Samsung Store by NASA, Xiaomi Store dan masih banyak lagi untuk pasar di Indonesia. Hingga akhir Desember 2023, Erajaya Digital sudah mengoperasikan 1.836 gerai di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.
Erajaya Active Lifestyle Vertikal bisnis yang bergerak pada ritel dan distribusi produk penunjang active lifestyle, seperti IoT, aksesoris dan fashion and sports apparel. Beberapa merek ritel yang berada di bawah naungan vertikal ini seperti 6IXTY8IGHT, ASICS, DJI Experience Store, GARMIN Brand Store, IT (Immersive Tech) Store, JD Sports, MST Golf, Urban Adventure dan Urban Republic. Hingga akhir Desember 2023, Erajaya Active Lifestyle sudah mengoperasikan sebanyak 116 gerai.
Erajaya Food & Nourishment Vertikal bisnis yang bergerak pada sektor food & beverages dan grocery dengan merek ritel seperti Paris Baguette, GrandLucky Superstore, dan investasi di Sushi Tei. Hingga akhir Desember 2023, Erajaya Food & Nourishment mengoperasikan 76 gerai.
Erajaya Beauty & Wellness Vertikal bisnis yang bergerak pada sektor health, wellness dan beauty dengan merek ritel seperti Apotek Wellings dan The Face Shop. Hingga akhir Desember 2023, Erajaya Beauty & Wellness sudah mengoperasikan 21 gerai.
Menutup keterangan resminya, Hasan menyampaikan, “Dengan ekspansi yang telah dilakukan sepanjang tahun 2023, fokus kami selanjutnya adalah meningkatkan produktivitas dan profitabilitas gerai–gerai yang baru dibuka selama 2 tahun terakhir”.
Fokus yang sama juga akan diberikan untuk vertikal bisnis yang baru dikembangkan melalui pertimbangan yang cermat. Hasan pun optimistis bahwa hal ini dapat melanjutkan momentum pertumbuhan bisnis kedepannya. (Icha)
Telko.id – PT Feedloop Global Teknologi, perusahaan teknologi Indonesia yang bergerak dalam bidang kecerdasan buatan (AI), secara resmi menjalin kemitraan dalam bidang pendidikan dengan Telkom University.
Acara penandatanganan nota kesepahaman yang berlangsung di Kampus Telkom University Bandung pada hari Senin tanggal 25 Maret 2024 ini menandai langkah signifikan dalam memperkuat kemitraan antara industri dan perguruan tinggi.
Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Muhammad Ajie Santika selaku Direktur Utama dari Feedloop AI dan Prof. Dr. Adiwijaya selaku Rektor dari Telkom University. Acara penandatanganan ini dihadiri oleh para pimpinan universitas serta perwakilan dari Feedloop AI.
Dalam kerjasama ini, Feedloop AI akan berperan sebagai industri mitra bagi Telkom University dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Beberapa manfaat dari kerjasama ini, yaitu penyediaan beasiswa, kesempatan magang, pelaksanaan seminar dan pelatihan, serta partisipasi tenaga ahli dari Feedloop AI untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan penelitian di Telkom University, guna meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian.
“Kerja sama antara Tel-U dan Feedloop AI merupakan bentuk komitmen untuk mencapai kemajuan bersama. Harapannya agar kolaborasi ini tidak hanya saling memberikan benefit bagi kedua institusi, namun lebih luas bagi bangsa ini.” ungkap Prof. Dr. Adiwijaya, Rektor Telkom University.
Muhammad Ajie Santika, Direktur Utama Feedloop AI, menambahkan, “Kita lihat bahwa generative AI semakin mendapat perhatian luas di Indonesia. Kita ingin implementasi AI ini bisa lebih luas di seluruh Indonesia. Melalui kolaborasi dengan Tel-U, ini jadi langkah awal bagi kami dan akan menjadi contoh bagi universitas-universitas lain untuk segera fokus pada pengembangan AI.”
Penandatanganan Nota Kesepahaman antara kedua pihak ini menandai komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan, serta mendukung pengembangan talenta di bidang teknologi AI. Kerjasama ini diharapkan akan menciptakan dampak positif yang signifikan bagi kemajuan pendidikan dan inovasi di Indonesia. (Icha)
Telko.id – Untuk mengakselerasi digitalisasi di sektor pertanian, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom Indonesia) dan Scala, Inc Japan (Scala Jepang) berkolaborasi untuk menciptakan inovasi bagi ekosistem pertanian di Indonesia.
Kerja sama ini menjadi salah satu jawaban untuk mengatasi berbagai tantangan di sektor pertanian, salah satunya terkait ketahanan pangan. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki potensi besar dalam sektor pertanian.
Namun, tantangan seperti keterbatasan akses pasar, kurangnya informasi harga dan permintaan, serta inefisiensi rantai pasok dan distribusi masih menjadi kendala bagi para pelaku usaha pertanian.
“Kerja sama antara Telkom Indonesia dan Scala Jepang turut mempercepat misi kami dalam mengakselerasi ekosistem digital di sektor pertanian Indonesia,” ujar Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid.
Penandatanganan perjanjian ini akan memperkuat upaya Telkom dalam menyediakan solusi digital yang inovatif dan menguntungkan bagi para petani.
“Pemanfaatan teknologi terdepan seperti Artificial Intelligence, Internet of Things, dan Big Data Analytics, akan meningkatkan produktivitas, meningkatkan ketahanan pangan Indonesia, dan yang paling penting akan membuka peluang baru dalam pertanian yang akan berdampak pada kesejahteraan petani Indonesia,” ujar Fajrin menambahkan.
Kolaborasi Telkom Indonesia dan Scala Jepang diproyeksikan dapat memperkuat ekosistem agrikultur digital di Indonesia, salah satunya melalui layanan farm management.
Layanan ini fokus mengorganisasi aset-aset pertanian yang ada, guna mendorong kapasitas produksi dan mengefisiensikan proses bisnis perusahaan-perusahaan agrobisnis.
Selain itu, dengan memanfaatkan platform Agree, Telkom Indonesia dan Scala Jepang juga berencana mengeksplorasi usaha baru dalam bisnis agrikultur, dengan fokus awal pada bisnis pasar induk virtual.
“Kolaborasi kami dengan Telkom menandai awal perjalanan transformatif bagi sektor pertanian Indonesia. Kemitraan strategis antara Telkom Indonesia dan Scala Jepang akan menciptakan solusi
berkelanjutan untuk memberdayakan petani dan menjamin ketersediaan pangan bagi generasi mendatang,” ungkap Direktur & Presiden Scala Jepang Norikatsu Nagino.
Telkom Indonesia melalui platform Agree memiliki pengalaman yang luas dalam mengatasi berbagai tantangan agrikultur. Agree dirancang sebagai sebuah ekosistem komprehensif yang dirancang untuk menjadi katalis bagi pertanian berkelanjutan.
Melalui kemampuan terintegrasi, Agree Farm Management dan Agree Marketplace sukses memberdayakan petani, perusahaan agribisnis, dan setiap pemangku kepentingan dalam rantai nilai untuk berkembang di era digital.
Sampai dengan tahun 2024, Agree telah digunakan oleh lebih dari 29 ribu petani, peternak, dan pembudidaya. Agree juga telah menjalin kolaborasi dengan lebih dari 280 mitra perusahaan agribisnis atau off taker dan buyer.
Sementara itu, Scala merupakan perusahaan IT berbasis co-creation (Kerja Bersama, Bahasa Jepang: Kyō Sō) dari Jepang yang memperluas inisiatif bisnisnya ke regional Asia dan global, terutama dalam industri agrikultur, pendidikan, dan kesehatan.
Dalam industri agrikultur, Scala telah mengembangkan model penilaian kredit bagi petani dan membangun infrastruktur koperasi digital di beberapa negara di Asia.
Kerja sama ini merupakan kolaborasi dan gabungan keahlian dari kedua perusahaan. Telkom Indonesia memiliki keahlian teknologi, salah satunya dituangkan melalui kehadiran platform Agree yang berada di bawah umbrella brand Leap Telkom Digital.
Sementara Scala Jepang terbiasa mengembangkan bisnisnya dengan membangun solusi IT melalui pendekatan co-creation, khususnya dalam membangun ekosistem pertanian di berbagai negara. (Icha)
Telko.id – Peluncuran Samsung Galaxy S24 Series tidak hanya membawa sejumlah inovasi terkini untuk kemudahan produktivitas sehari-hari, tapi juga menawarkan pengalaman mobile yang lebih personal dan seamless bagi penggunanya.
Dengan teknologi terbaru Galaxy AI, Galaxy S24 Series menjanjikan pengalaman berkesan dengan fitur-fitur serta pengaturan inovatif, mulai dari pengaturan layar hingga alarm, yang semuanya dapat disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan penggunanya.
“Konsumen kami di kalangan Gen Z adalah mereka yang senang mengeksplorasi smartphone mereka. Dan untuk terus relevan dengan mereka, kami selalu berusaha memberikan kemudahan untuk membuat smartphone ditangan mereka lebih personal,” ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.
Itu sebabnya, Galaxy S24 Series hadir dengan kemampuan personalisasi yang epic sesuai kepribadian dan kebutuhan penggunanya, mulai dari pengaturan layar, alarm animasi, hingga pengaturan baterai khusus untuk menciptakan pengalaman mobile yang menyenangkan.
“Selain itu juga hadir pilihan warna dan aksesoris beragam yang membuat mereka merasa unik diantarayang lain unik,” ujar Verry menambahkan.
Ada 5 tips pengaturan yang bisa kamu coba untuk bikin experience menggunakan Galaxy S24 Series yang berbeda dan lebih personal:
#1 Atur widget di lock screen
Berbeda dengan smartphone pada umumnya, Galaxy S24 Series menawarkan kemampuan untuk menyesuaikan widget di lock screen. Kamu bisa lebih fleksibel untuk mengatur widget sesuai preferensi, mulai dari mengubah warna tampilan jam hingga menambahkan indikator baterai, kalender, cuaca, bahkan grafik aktivitas harian dari Samsung Health di layar kunci.
Fitur inovatif yang pertama dalam sejarah perangkat seri flagship Galaxy S ini akan memberikan penggunanya pengalaman personalisasi yang lebih mendalam, memungkinkan kamu untuk merancang lock screen sesuai dengan gaya dan kebutuhan.
Serta memberikan kamu kemudahan untuk bisa dengan cepat dan praktis mengakses berbagai informasi dan fungsi penting lainnya langsung dari lock screen. Begini caranya melakukan pengaturan widget:
Setting widget pada lock-screen untuk mempermudah mengakses aplikasi
Sentuh dan tahan Layar kunci ponsel Anda, lalu ketuk Widget
Geser ke atas untuk melihat widget yang tersedia, seperti Baterai, Jam, dan Pengingat.
Pilih widget, lalu pilih opsi widget yang diinginkan. Ulangi proses ini untuk terus menambahkan widget.
Untuk mengatur ulang widget, sentuh dan tahan widget yang diinginkan, lalu seret ke tempat baru di samping widget lainnya.
Untuk menghapus widget, ketuk ikon minus merah pada widget.
Setelah selesai, ketuk Done untuk menyimpan widget ke lock screen.
Kini pengguna dapat mengetuk widget pada lock screen, lalu menggeser ke atas untuk membuka aplikasi atau melihat informasi lebih lanjut.
#2 Atur kualitas layar hingga QHD+ sesuai kebutuhan
Gaming lebih seamless dengan pengaturan layar mulai dari HD+ hingga FHD+
Tips berikut ini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan kualitas layar sesuai keinginan dengan lebih mudah. Kini, kamu bisa dengan mudah mengubah resolusi layar perangkat sesuai dengan aktivitas yang kamu lakukan, misalnya menonton konten multimedia atau bermain game.
Menariknya lagi, kamu bisa mengaktifkan Mode QHD+ yang direkomendasikan untuk menikmati konten multimedia dengan kualitas visual yang optimal. Adapula Mode FHD+ yang bisa memberikan pengalaman gaming yang lebih responsif dan lancar.
Semua fitur pengaturan layar tersebut hadir untuk memberikan kamu kebebasan dalam mengoptimalkan pengalaman visual. Kamu bisa mengubah resolusi sesuai kebutuhan dengan cara:
Masuk ke Settings
Pilih Display
Pilih Screen Resolution
Pilih kualitas yang diinginkan, mulai HD+ hingga QHD+
Klik Apply untuk mengaplikasikan pengaturan yang telah dipilih
#3 Setting alarm bikin semangat
Alarm lebih menarik, dengan menggunakan AR Emoji untuk background
Bagi sebagian orang, suara alarm di pagi hari terdengar kurang menyenangkan. Tapi, dengan Galaxy S24 Series kamu bisa mengubah pengalaman tersebut menjadi lebih menyenangkan dan unik.
Karena, Galaxy S24 Series memungkinkan kamu untuk customize alarm kamu dengan gambar yang nggak cuma statis, tapi juga bergerak (animasi) dengan fitur Animated Alarm Background. Fitur ini bakal bikin tampilan antarmuka alarm kamu jadi lebih hidup dan menarik.
Dengan efek visual yang dinamis dan beragam sesuai gaya dan mood kamu, animasi alarm bisa membantu kamu bangun dengan lebih semangat di pagi hari.
Fitur ini memberikan pengguna Galaxy S24 Series kesempatan untuk menambahkan sentuhan personal pada perangkat mereka dalam aktivitas yang mereka lakukan. Caranya mudah:
Buka Alarm
Set jam alarm dan detailnya
Scroll ke bawah dan klik Alarm Background
Kemudian klik Background di pojok kiri atas
Lalu kamu bisa memilih gambar atau video dari Gallery atau menggunakan AR emoji dengan klik tiga titik di pojok kanan atas
#4 Atur Mic Sound untuk kualitas suara yang jernih
Salah satu tantangan pengguna smartphone saat melakukan panggilan telepon adalah gangguan suara dari lingkungan sekitar, terutama di tempat yang bising.
Untungnya, pengguna Galaxy S24 Series bisa memanfaatkan fitur Control Mic Sound untuk mendapatkan kualitas suara yang sangat jernih saat melakukan panggilan telepon.
Fitur yang memanfaatkan teknologi AI ini akan fokus pada suara kamu dan mengurangi suara latar, sehingga percakapan terdengar lebih jelas, bahkan di situasi yang bising sekalipun.
Dengan mengaktifkan fitur mic mode melalui notification panel, kamu bisa mengubah pengaturan mikrofon dari mode standard menjadi voice focus saat melakukan panggilan suara atau video.
Fitur ini memungkinkan kamu untuk menikmati pengalaman panggilan telepon yang jernih tanpa perlu khawatir akan kebisingan di sekitarmu. Cara mengaktifkannya pun gampang banget:
Swipe down notification panel saat melakukan panggilan telepon atau video
Expanded notification panel dan pilih Mic Mode
Pilih setting mic dari Standard menjadi Voice Focus untuk fokus pada suara penelepon atau Full Spectrum untuk menangkap suara di sekitarnya
#5 Atur battery life
Daya tahan baterai yang awet jadi dambaan setiap pengguna smartphone. Galaxy S24 Series hadir dengan fitur yang memungkinkan kamu untuk menjaga umur baterai agar lebih tahan lama dengan mengaktifkan fitur Battery Protection.
Fitur ini membantu mengorganisir penggunaan daya baterai saat melakukan pengisian daya, yang pada akhirnya akan membantu menjaga umur baterai perangkat. Caranya:
Masuk ke menu Settings
Pilih Battery
Aktifkan fitur Battery Protection
Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengoptimalkan penggunaan baterai dengan mengaktifkan opsi Process Data Only On Device. Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu tetap masih bisa menikmati keunggulan fitur AI on Device tanpa harus mengorbankan daya baterai untuk fitur-fitur AI lainnya. Untuk mengaksesnya sebagai berikut :
1. Masuk ke menu Settings
2. Pilih Advanced features lalu masuk ke Advanced Intelligence
3. Lalu aktifkan Process data only on device
Semua fitur ini sejalan dengan komitmen Samsung untuk menghadirkan penggunaan jangka panjang pada Galaxy S24 Series, termasuk kemampuan untuk menerima pembaruan sistem operasi hingga tujuh tahun ke depan.
Rasakan mobile experience yang lebih baik
Selain menyuguhkan kemampuan untuk membuat lebih personal, Galaxy S24 Series juga dilengkapi dengan kemampuan kamera yang mumpuni, teknologi AI yang canggih, dan chipset terkini untuk mendorong produktivitas penggunanya.
Galaxy S24 Ultra hadir dengan harga mulai dari Rp21.999.000 (12GB/256GB). Galaxy S24+ dibanderol dengan harga mulai dari Rp16.999.000 (12GB/256GB). Galaxy S24 tersedia dengan harga mulai dari Rp13.999.000 (8GB/256GB).
Selama bulan Ramadhan, kamu bisa mendapatkan cashback hingga Rp3,000,000 dengan program trade in atau PWP yang memberikan daya tarik konsumen untuk menukarkan ponsel lama mereka menjadi Galaxy S24 Ultra, Rp2,250,000 untuk bertukar menjadi Galaxy S24+ dan Rp1,500,000 untuk bertukar menjadi Galaxy S24.
Samsung juga menawarkan diskon 40% untuk layanan Samsung Care+ selama 2 tahun, memberikan perlindungan tambahan untuk perangkat mereka. Serta bunga 0% menggunakan fasilitas Finance+ untuk program cicilan.
Samsung ingin inovasinya membawa kemudahan dalam menjalankan produktivitas dan kreatifitas sehari-hari setiap penggunanya, terutama di bulan Ramadan. (Icha)
Telko.id – XL Axiata sangat serius dan tegas dalam menangani kasus pencurian perangkat STB XL Home. Ketegasan sikap XL Axiata ini sudah ditunjukkan dalam mendukung aparat kepolisian untuk menggulung sindikat penipuan dan pencurian STB mengaku petugas XL Home.
Polda Sumatera Utara (Sumut), melalui Satuan Reserse Kriminal, berhasil menangkap pelaku penipu pelanggan XL Home yang beraksi di Medan dan Binjai pada bulan Januari 2024 lalu.
Dalam operasi penangkapan tersebut, polisi berhasil menangkap pelaku penggelapan, penipuan, dan penadah STB dan ONT XL Home di Medan dan Binjai. Sebanyak 4 orang terduga pelaku yang menjadi petugas gadungan XL Home, yaitu HFD, EH, PYS, PJ.
Sebagai penadah ada 1 orang, yaitu KJP. Dari tangan pelaku tersebut turut diamankan sejumlah barang bukti berupa STB dan ONT sebanyak 15 Unit, dan total ada 5 orang tersangka dalam kasus ini.
”Penangkapan yang dilakukan oleh anggota kami, karena adanya laporan dari masyarat kepada karyawan mitra XL Axiata tentang adanya oknum mengaku sebagai petugas XL Home ingin mengambil perangkat STB dengan berbagai alasan,” kata Kompol Bayu Putra Samara, S.I.K.,M.H, Kasubdit III Jatanras Polda Sumatera Utara.
Laporan ini semakin kuat, karena adanya video saat petugas gadungan mengambil STB tersebut. Polda Sumut mengapresiasi tim dari XL Axiata yang turut berkoordinasi dengan kepolisian setempat begitu mengetahui terjadinya penipuan.
Kemudian Kompol Bayu juga menambahkan, dari pemeriksaan awal yang dilakukan anggotanya, modus operandi penipuan yang dilakukan oleh keempat terduga adalah dengan berpura-pura menjadi petugas XL Home yang kemudian mendatangi rumah-rumah yang menjadi pelanggan XL Home.
Dengan menunjukkan kartu pengenal XL Home palsu, para pelaku kemudian menanyakan soal pembayaran perpanjangan layanan internet. Apabila belum melakukan pembayaran, pelaku akan mengambil perangkat XL Home dan memberhentikan status berlangganannya.
Dalam kasus ini, pelaku akan dikenakan dengan pasal Pencurian, Penipuan dan Penadahan, dengan ancaman hukuman maksimal masing-masing 7 tahun dan 4 tahun penjara.
Aksi kriminal yang sempat menyasar ke beberapa rumah pelanggan XL Home di Medan dan Binjai tersebut telah merugikan pihak XL Axiata karena komitmen XL dalam memberikan layanan jasa telekomunikasi terbaiknya kepada pelanggan menjadi terganggu, meskipun pelanggan tidak mengalami kerugian secara material.
Saat ini polisi masih terus mendalami kasus ini guna mendapatkan informasi yang lebih lengkap, termasuk mengembangkan apakah pelaku merupakan sindikat dan apakah juga terjadi di daerah lain.
“Atas nama manajemen PT XL Axiata Tbk menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada rekan-rekan dari Polda Sumut akan kesigapan dalam menindaklanjuti laporan atas dugaan terjadinya penipuan dan pengambilan secara ilegal perangkat milik XL Home dan rekanan di wilayah Sumatera Utara,” kata Reza Mirza, Group Head Corporate Communications XL Axiata.
Ia pun berharap penangkapan ini bisa mengungkap secara tuntas operasi kriminal yang dilakukan para pelaku yang telah menganggu layanan XL Home di Kota Medan dan Kota Binjai.”
Reza menegaskan bahwa meskipun dalam kasus ini pelanggan tidak dirugikan secara material, namun para pelaku sempat mengelabui pelanggan. XL Axiata tetap berkomitmen kuat untuk melindungi pelanggan dari tindak kejahatan yang terkait dengan layanan telekomunikasi dan data.
Untuk itu, XL Axiata juga menghimbau agar pelanggan tidak ragu untuk melaporkan ke Polisi atau ke nomor pengaduan pelanggan 820 (khusus XL) dan 08170123442 (selain XL) jika mencurigai terjadinya tindak kejahatan, seperti penipuan. Laporan pelanggan akan segera ditindaklanjuti, termasuk dengan meneruskannya ke Polisi.
Pada kasus yang terjadi di Medan dan Binjai tersebut, para pelaku tidak hanya mencuri perangkat STB dan ONT XL Home, tapi juga telah mengelabuhi banyak pelanggan XL Home.
Apa yang pelaku lakukan tersebut sangat merugikan nama baik Perusahaan, karena selama ini, XL Axiata berupaya keras untuk menjaga reputasi dan kepercayaan masyarakat kepada XL Axiata.
Himbauan menghindari penipuan
Untuk menghindari terjadinya kejahatan serupa di masa depan, XL Axiata menghimbau dan mengajak para pelanggan XL Home atau XL SATU Fiber agar:
Menanyakan surat tugas kepada petugas XL Home atau XL SATU Fiber yang berkunjung ke rumah. Semua petugas resmi XL Home dan XL SATU Fiber dilengkapi dengan kartu identitas yang jelas.
Melakukan pengecekan identitas petugas XL Home atau XL SATU Fiber ke nomor pengaduan 820 (khusus XL) dan 08170123442 (selain XL).
Telko.id – XL Axiata telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data yang andal menjelang Ramadan dan Lebaran 2024.
Penguatan jaringan telekomunikasi perlu dilakukan sebagai antisipasi potensi lonjakan trafik penggunaan data di saat libur panjang Lebaran. Untuk itu, XL Axiata juga telah melakukan uji jaringan yang berlangsung di jalur utama pulang kampung yang berada di berbagai daerah, termasuk di kawasan Sumatera.
Manajemen XL Axiata memprediksi, sepanjang libur Lebaran nanti, trafik layanan XL Axiata akan meningkat sekitar 10% – 20% dibandingkan hari biasa.
Momen Lebaran selalu menghadirkan tantangan bagi kami sebagai operator telekomunikasi dan data karena trafik selalu melonjak cukup signifikan. Selain melonjak, tantangan lainnya adalah berpindahnya lokasi-lokasi dengan trafik tinggi ke berbagai area yang tersebar, terutama di kota-kota di Jawa dan lokasi-lokasi wisata.
“Untuk itu, selain perlu menambah kapasitas, kami juga harus memiliki strategi rekayasa trafik yang tepat di jaringan agar tidak terjadi congestion di berbagai lokasi dengan trafik tinggi,” kata I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata.
Gede menambahkan, kenaikan trafik di setiap Lebaran terjadi karena masyarakat Indonesia semakin banyak melakukan aktivitas digital, termasuk untuk bersilaturahmi atau berlebaran di hari raya, serta mengakses berbagai sarana informasi dan hiburan.
Gede menyebut, trafik XL Axiata perlahan telah meningkat rata-rata hingga 5% di sepanjang Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa. Selanjutnya, diprediksi trafik akan terus meningkat mencapai antara 10% – 15% saat masuk di masa libur Lebaran, hingga puncaknya bisa mencapai sekitar 20%.
Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran.
Untuk tujuan itu pula, sejumlah daerah yang biasanya menjadi tujuan mudik dan wisata akan menjadi perhatian khusus, terutama di Pulau Jawa.
“Saat ini, di hari normal biasa, sebenarnya jaringan data XL Axiata sudah cukup untuk melayani lalu lintas trafik yang ada. Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan XL Axiata melayani lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan 2 – 3 kali lipat dari hari normal,” imbuh Gede.
Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim jaringan XL Axiata dengan menyesuaikan pada trend penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran.
Tersedianya infrastruktur jalan tol baru di beberapa daerah yang akan bisa dimanfaatkan masyarakat selama libur Lebaran, juga menjadi perhatian XL Axiata.
XL Axiata juga telah menyiagakan sumber daya yang memadai, baik berupa tim teknis yang siaga dan akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan.
Selain itu, juga dilakukan pengerahan dan penempatan armada mobile BTS sebanyak sekitar 94 unit untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik.
Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC).
Selain kesiapan jaringan dan tim teknis untuk mendukung kenyamanan pelanggan selama menghadapi libur Lebaran, XL Axiata juga menyiapkan tim untuk menangani layanan dan keluhan pelanggan (contact center) untuk memastikan pelanggan dapat terlayani secara maksimal, dengan jumlah petugas sekitar 500 orang melalui layanan call center maupun layanan digital care.
Layanan kepada pelanggan ini bersiaga selama 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan. Pelanggan bisa menghubungi atau mengakses informasi dan keluhan layanan melalui layanan XL Center online, layanan Call Center dan layanan Digital Care Maya melalui aplikasi myXL dan AXISnet juga kanal digital seperti; E-mail, Facebook, Instagram serta Live Chat.
Selain itu, pelanggan juga bisa mengunjungi XL Center, dimana saat ini terdapat sekitar 92 XL Center yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia. Di beberapa kota, XL Center juga akan tetap buka di hari Lebaran kedua (yg berlokasi di pusat perbelanjaan atau mall), sementara mulai hari ketiga Lebaran, layanan XL Center buka normal seperti biasa
Penguatan jaringan di jalur mudik Sumatera dan Jawa
XL Axiata memastikan, sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G LTE. Peningkatan kualitas jaringan secara rutin XL Axiata lakukan sesuai peningkatan trafik, antara lain dengan penambahan BTS baru, penambahan jaringan fiber optik dan kapasitas BTS, serta optimalisasi jaringan.
Perluasan ini akan terus dilakukan agar layanan bisa lebih merata menjangkau area-area dengan potensi ekonomi besar, termasuk yang terhubung dengan Jalan Tol Trans Sumatera.
XL Axiata memiliki sekitar 59 BTS 4G di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera Palembang – Lampung, salah satu ruas utama paling ramai di Sumatera dan menjadi jalur mudik utama mudik Lebaran.
Belum lama ini, di sepanjang ruas tol yang menghubungkan Sumatera Selatan dengan Lampung dan juga ke arah Jawa tersebut terdapat penambahan sekitar 10 BTS 4G di wilayah Ogan Komering Ilir dan Lampung Selatan.
Selain itu, XL Axiata juga melakukan penambahan kapasitas di 195 BTS yang berada di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Pesawaran, Tulangbawang Barat, dan Kota Palembang.
Dalam dua tahun terakhir, terdapat peningkatan trafik sebesar 54% di Tol Palembang – Lampung dengan total panjang 373 km tersebut. Selain Jalan Tol Trans Sumatera Palembang dan Lampung, XL Axiata juga melakukan penambahan BTS di sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera lainnya, termasuk ruas-ruas baru.
Penguatan infrastruktur jaringan termasuk melakukan optimisasi, peningkatan kapasitas jaringan, pengukuran pengalaman pelanggan juga XL Axiata lakukan di sepanjang jalur utama di Pulau Jawa, baik tol maupun non tol.
Demikian juga sepanjang jalur kereta, dengan menyiapkan jaringan berkapasitas 2-3 kali lipat lebih besar dibandingkan saat hari normal. Saat ini, total lebih dari 2.800 BTS 4G yang menopang layanan di sepanjang Tol Trans Jawa sejauh 979 km.
Lokasi-lokasi khusus yang menjadi tempat keramaian setiap kali datang masa liburan panjang juga tidak luput dari perhatian. Selain lokasi wisata, juga pusat perbelanjaan, tempat pemberangkatan penumpang moda transportasi baik darat, udara, juga laut.
Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 57 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 160 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.
XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. (Icha)
Telko.id – XL Axiata meresmikan beroperasinya jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di seluruh Sulawesi dan mendukung layanan internet rumah.
Dalam pembangunan jaringan tulang punggung ini, XL Axiata bekerja sama dengan PT Alita Praya Mitra. Direktur & Chief Technology Officer (CTO) XL Axiata, I Gede Darmayusa dan Direktur Utama PT Alita Praya Mitra, Teguh Prasetya meninjau langsung ke lokasi keberadaan infrastruktur backbone tersebut di Desa Isimu Raya, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Rabu (27/3).
Jaringan backbone Gorontalo – Palu yang menghubungkan dua provinsi di Sulawesi ini mulai dibangun pada tahun 2023. Jaringan ini memiliki keunggulan untuk memberikan proteksi guna memenuhi semua kebutuhan kapasitas dan meningkatkan kehandalan yang dibutuhkan oleh Masyarakat di Sulawesi.
Apalagi, di era serba digital ini, penyediaan infrastruktur penunjang layanan digital menjadi sangat urgen untuk dibangun hingga ke pelosok daerah agar kualitas layanan ke masyarakat juga maksimal.
Jadi, sangat penting keberadaan akses internet yang merata di Indonesia dalam mendukung program inklusi akses internet.
“Untuk itu, XL Axiata berkomitmen untuk memberikan layanan telekomunikasi yang terbaik bagi pelanggannya, salah satunya dengan jaringan backbone lintas provinsi sepanjang 1.150 km dari Kabupaten Gorontalo hingga ke Palu di Sulawesi Tengah,” kata I Gede Darmayusa.
Gede menambahkan, keberadaan backbone jaringan fiber optic Gorontalo – Palu ini akan memperkuat infrastruktur jaringan yang sudah ada di Sulawesi, termasuk untuk kebutuhan perluasan ke area baru, maupun untuk meningkatkan kualitas jaringan yang sudah ada.
Backbone fiber optic ini juga akan membantu memperkuat upaya XL Axiata untuk mendorong penetrasi layanan Fixed Broadband (FBB) dan juga Fixed Mobile Convergence (FMC) serta melayani kebutuhan pasar korporasi di wilayah Sulawesi dengan kualitas pengalaman jaringan yang lebih baik.
Hal ini juga selaras dengan fokus perusahaan untuk terus memperluas bisnis layanan konvergensi di berbagai wilayah di Indonesia serta mendukung pemerintah dalam pemerataan penyediaan layanan Internet cepat bagi Masyarakat.
“Dalam rangka mendukung kemajuan transformasi digital melalui pengembangan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia, Alita terus mendukung operator seluler dalam melayani kebutuhan pelanggannya untuk meningkatkan kualitas jaringan backbone yang andal dan berkualitas, salah satunya adalah pembangunan dan peresmian penggunaan jalur Gorontalo – Palu dengan serat optik sepanjang 1.150 km ini untuk XL Axiata,” ujar Teguh Prasetya.
Teguh Prasetya menambahkan, Alita percaya bahwa infrastruktur telekomunikasi yang berkualitas sangat penting dalam mendukung percepatan transformasi digital, kemajuan pertumbuhan ekonomi serta penerapan teknologi terkini di Indonesia.
Dengan terus mendukung pengembangan jaringan backbone yang handal dan berkualitas, Alita Praya Mitra berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperkuat konektivitas jaringan telekomunikasi berkualitas di berbagai wilayah, termasuk sepanjang Gorontalo dan Palu.
Langkah ini sejalan dengan komitmen Alita Praya Mitra dalam memberikan dukungan untuk penyediaan layanan telekomunikasi yang berkualitas dan andal bagi masyarakat Indonesia.
Dengan adanya jaringan backbone yang berkapasitas besar, stabil dan andal, diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan layanan telekomunikasi, termasuk akses internet yang berkecepatan tinggi dan berkualitas.
Alita Praya Mitra berharap kolaborasi ini dapat menjadi pendorong bagi upaya bersama dalam pembangunan dan pemanfaatan infrastruktur telekomunikasi yang berkapasitas tinggi, andal, berkualitas serta tangguh guna menjawab tantangan perkembangan teknologi di masa depan.
Saat ini XL Axiata telah memiliki jaringan backbone di Sulawesi total sepanjang lebih dari 10 ribu km. Jaringan tersebut menopang lebih dari 9.800 BTS, termasuk lebih dari 6.400 BTS 4G di seluruh Sulawesi, di mana XL Axiata melayani total lebih dari 2.4 juta pelanggan. Sementara itu, di seluruh Indonesia, XL Axiata memiliki jaringan backbone sepanjang total lebih dari159 ribu km. (Icha)