spot_img
Latest Phone

ASUS ROG Exclusive Store Surabaya, Hadirkan Pengalaman Gaming Terbaik

Telko.id - ASUS resmi membuka ROG Exclusive Store di...

ASUS ROG Hadir di HoYo FEST 2025 Surabaya

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) kembali berpartisipasi...

Oppo Reno 14 Series: Harga Bersaing, Spesifikasi Diatas Pesaing

Telko.id – Oppo resmi meluncurkan ponsel terbarunya, yaitu Oppo...

OpenAI Siapkan Browser dengan AI, Saingan Google Chrome

Telko.id - OpenAI sebagai induk perusahaan dari ChatGPT sedang...

TECNO Luncurkan POVA 7 Series, Desain Futuristik dan Performa Gaming AI

Telko.id - TECNO resmi meluncurkan POVA 7 Series di...
Beranda blog Halaman 1454

Ini Strategi ‘Berani’ T-Mobile Untuk Dapatkan Banyak Pelanggan

0

Telko.id – T-Mobile AS telah meluncurkan inisiatif baru yang mereka namakan #GetThanked dengan melibatkan pelanggan existing sekaligus merekrut pengguna baru, kampanye ini menawarkan berbagai hadiah menarik termasuk saham di perusahaan.

Melakukan sebuah inovasi yang tergolong berani dimana para pesaingnya hanya menawarkan hadiah sebagai insentif bagi pelanggan yang menghabiskan lebih banyak uang, inisiatif T-Mobile menawarkan satu lembar saham dalam perusahaan untuk setiap pelanggan utama saat ini. saham tambahan juga dapat diperoleh melalui referral yang menghasilkan kontrak pasca bayar baru, dengan melakukan jenis teknik pemasaran viral umum di media sosial sebagai taktik marketing yang dipilih perusahaan.

“Bersiap untuk menerima ucapan terimakasih Amerika! semua yang kami lakukan adalah bentuk rasa terimakasih kami kepada Anda. Hanya ‘terima kasih untuk menjadi pelanggan!’ “Kata John Legere, CEO dari T-Mobile.

Ia menambahkan, “Di T-Mobile, kami bangun setiap hari, bekerja untuk pelanggan kami – jadi Saya memutuskan untuk membuatnya resmi dan mengubah pelanggan T-Mobile menjadi pemilik T-Mobile dengan menawarkan saham, dan wujud terima kasih kami kepada pelanggan, setiap minggu kami akan memberikan hal-hal keren dari brand yang dicintai banyak orang, gratis setiap Selasa!” Tambahnya.

Screenshot_2016-06-08-00-37-24_1

Dilaporkan Telecoms (8/6), pelanggan baru akan menerima satu lembar saham untuk setiap referral yang sukses, sedangkan mereka yang telah menjadi pelanggan selama lima tahun atau lebih akan menerima dua. Seorang individu dapat menerima hingga 100 lembar saham setahun pada skema yang dikelola oleh mitra broker T-Mobile, LOYAL3. Selain saham, pelanggan juga dapat menerima imbalan konvensional, termasuk tiket penerbangan gratis, Domino pizza, liburan ke Las Vegas, hiking perjalanan ke Machu Picchu, serta hadiah lainnya.

Sekadar informasi, T-Mobile saat ini menyumbang 15,8% dari pangsa pasar AS, menurut statistik layanan WCIS dari Ovum, yang terus meningkat dari 13,9% pada bulan Juni 2014. Sementara Inisiatif dari operator ini diluncurkan pada Maret 2013, yang tampaknya sebagai sarana untuk membedakan mereka dengan brand di Amerika Serikat. Mereka membuat langkah lebih kuat ke pasar dan peningkatan loyalitas dari pasca bayar. Sementara inisiatif saham dapat berdampak pada loyalitas merek, sebagai pelanggan mungkin merasa lebih memiliki T-Mobile meskipun hanya memiliki sebagian kecil dari perusahaan, selain itu, inisiatif ini mampu memperoleh pelanggan pasca bayar yang baru.

Keseluruhan strategi ini sendiri akan muncul menjadi inisiatif sukses, hal ini terlihat dari laporan Q1 perusahaan baru-baru ini memberikan hasil yang sehat, termasuk penambahan pelanggan baru, pertumbuhan pendapatan, pengurangan ‘churn’ dan perkiraan peningkatan untuk sisa waktu ditahun 2016. Perusahaan juga mengklaim, telah mengakuisisi 2,2 juta pelanggan selama periode tersebut, menandai kuartal ke-12 berturut-turut mengantongi lebih dari 1 juta akuisisi pelanggan. Ovum menunjukkan T-Mobile berada di antara pemenang terbesar dari Q1 dengan AT & T membawa 1,8 juta pelanggan baru, Verizon 2,2 juta dan Sprint hanya 500.000 pelanggan.

XL Raih Gelar Best Data Plan Di Ajang ICS Awards 2016

0

Telko.id – Gelar ‘Best Data Plan’ sukses disabet operator XL Axiata dalam ajang Indonesia Cellular Show Awards 2016. XL meraih penghargaan atas produk layanan berupa paket data internet cepat 4G LTE.

“Kami selalu berusaha memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Paket-paket data internet 4G LTE yang kami tawarkan kepada pelanggan pun kami sajikan berdasarkan apa yang mereka butuhkan,” kata Chief of Prepaid Business Officer XL, David Arcelus Oses dalam keterangan resmi, Selasa (7/6).

Salah satu paket yang dimaksud, lanjut David, adalah apa yang disebut sebagai paket Combo Xtra yang baru-baru ini diperkenalkan perusahaan.

Penilaian dalam ajang Indonesia Cellular Show Awards 2016 sendiri dilakukan oleh para pakar di bidang telekomunikasi dan teknologi digital. Ajang ini diinisiasi oleh Dyandra Promosindo bekerja sama dengan tabloid SINYAL.

“Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mempercayakan layanan internet cepat 4G LTE kepada XL. Penghargaan ini akan semakin memacu kami untuk terus menghadirkan layanan terbaik ke depan,” tambah David.

Sementara itu, operator juga menerima penghargaan di bidang lain, lebih tepatnya untuk bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

XL berhasil meraih Sertifikat Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dan Bendera Emas, yang merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah Indonesia dalam bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Sebagai perusahaan yang mempekerjakan karyawan/buruh lebih dari 100 orang pekerja, XL wajib menjalankan SMK3, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 50 thn 12 mengenai pelaksanaan SMK3.

XL telah mencapai 86% dari 166 kriteria yang ada di peraturan tersebut untuk gedung Jakarta Network Building (Bintaro) dan Jakarta Network Building 2 (Cibitung). Dalam menerapkan K3, XL mempunyai Safety Committee /P2K3 (Panitia Pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Three UK Minta Regulator Batasi Kepemilikan Spektrum BT

0

Telko.id – Operator Inggris, Three, menyerukan regulator telekomunikasi di negara itu untuk menyediakan lebih banyak spektrum dalam lelang berikutnya, sementara di saat yang bersamaan memberi batasan pada BT.

Seruan dari CEO Three UK ini datang setelah Brussel memblokir usulan merger sebesar £10,5 miliar-nya dengan O2 bulan lalu. CEO Three UK, David Dyson mengatakan kepada Financial Times bahwa BT berpotensi mengalahkan pesaingnya yang tidak memiliki kebutuhan memperluas spektrum.

Akuisisi BT sebesar £12,5 miliar atas EE telah memposisikan operator dalam posisi dominan, dengan kepemilikan “hampir setengah” dari spektrum di Inggris.

Menurut Dyson, hal ini bisa menyulitkan ‘hidup’ operator lainnya yang notabene lebih kecil dari BT. Khususnya dalam meningkatkan portofolio spektrumnya.

“Pemain yang lebih kecil seperti Three UK bisa dengan mudah kalah oleh operator besar seperti BT dan Vodafone,” katanya seperti dilansir GTB, Selasa (7/6).

Sebab itu, Dyson mendesak regulator untuk memberi batasan pada kedua perusahaan dalam lelang berikutnya, seperti memaksa keduanya untuk menyerahkan spektrum sebelum melakukan penawaran lebih lanjut.

Dyson mengatakan bahwa Inggris memiliki kepemilikan spektrum yang paling tidak seimbang di Eropa dan menambahkan bahwa dibutuhkan pembatasan kompetitif untuk menghentikan ketidakseimbangan ini agar tidak semakin buruk.

Rencananya, Ofcom akan melelang spektrum di band 700MHz, 2300MHz dan 3400MHz band pada akhir tahun.

Verizon Siapkan US$ 3 Miliar untuk Aset Inti Yahoo

0

Telko.id – Verizon akan mengajukan tawaran putaran kedua sebesar US$ 3 miliar untuk bisnis inti internet Yahoo, Wall Street Journal melaporkan, mengutip sumber yang akrab dengan masalah.

Batas waktu terakhir tanggal 6 Juni. Yahoo diperkirakan akan membuat setidaknya satu siklus penawaran lagi, dan penawaran bisa berubah pada babak akhir, kata sumber itu lagi.

Verizon menunjukkan bahwa mereka tidak tertarik untuk mengakuisisi aset tertentu Yahoo, seperti hak paten dan real estate, sebagai bagian dari kesepakatan.

Sebelumnya, lebih tepatnya awal tahun ini, Yahoo sempat mengatakan bahwa perusahaan tengah menjajaki penjualan aset non-inti, termasuk real estate dan paten. Langkah ini diperkirakan bisa menghasilkan setidaknya US$ 1 miliar.

Menurut laporan Telecompaper, Selasa (7/6), selain Yahoo, perusahaan ekuitas swasta TPG juga diharapkan mengajukan tawaran putaran kedua sebelum batas waktu. Tidak jelas apakah para pelamar lain yang sebelumnya berpartisipasi dalam lelang mengajukan penawaran baru. Mereka termasuk Advent Internasional dan Vista Equity Partners, serta kelompok yang dipimpin oleh pendiri Quicken Loans Dan Gilbert.

Ada kemungkinan bahwa tidak semua penawar akan mengajukan tawaran untuk semua bisnis inti dan bahwa proposal akan disusun secara berbeda.

Dalam menyampaikan penawarannya, Verizon mengatakan pada Yahoo bahwa mereka akan bersedia membayar lebih atau kurang dari apa yang sudah diajukan, tergantung kondisinya. Misalnya, Verizon kemungkinan akan membayar harga yang lebih tinggi jika Yahoo setuju untuk membayar pesangon setiap pekerja yang di-PHK akibat akuisisi ini. Sebagian besar dari US$ 35 miliar kapitalisasi pasar Yahoo terdiri dari sahamnya di Alibaba dan Yahoo Jepang.

China mobile Tunjuk Nokia Gelar GPON Mobile Backhaul

0

Telko.id – Saat ini trafik data mobile sedang mengalami ledakan. Tumbuh secara eksponensial. Namun, disisi lain, untuk mendukung kebutuhan data pelanggan nirkabel para operator juga membutuhkan dukungan backhaul yang baik untuk memenuhi kebutuhan para pelanggannya. Salah satu yang bisa diaplikasikan adalah pembangunan jaringan serat tetap seperti Gigabit Passive Optical Network atau GPON.

Teknologi ini juga yang digunakan oleh China Mobile dan menunjuk Nokia untuk menggelar GPON mobile backhaul network di provinsi Jiangsu dan Henan, Tiongkok. Teknologi ini memberikan China Mobile infrastruktur backhaul yang dibutuhkan untuk mendukung pelanggan residensial, perusahaan, hotel, bank, sekolah dan rumah sakit yang tersebar di beberapa area paling padat di Tiongkok, serta memberikan pengalaman data selular kualitas tinggi yang diharapkan para pelanggan di era 4G/5G ini.

Dengan fokus memperluas coverage dalam ruang dan luar ruang di area-area perkotaan, China Mobile berinvestasi pada base station-base station baru serta lebih dari seratus ribu small cell LTE, yang akan disertakan ke dalam jaringan menggunakan teknologi backhaul serat GPON.

GPON memberikan infrastruktur backhaul hemat biaya serta skalabel pada akses mil terakhir – sebuah enabler penting untuk penggelaran massal small cell. Solusi backhaul selular GPON Nokia memungkinkan China Mobile mengembangkan basis pengguna broadband LTE-nya lebih jauh lagi, sambil di saat yang sama memperluas jejak kaki FTTH (fiber-to-the home) yang dibutuhkan untuk mengkoneksikan lebih banyak pengguna residensial dan perusahaan.

China Mobile akan mendapatkan kapasitas, fleksibilitas dan skala jaringan yang dibutuhkan untuk mendukung kenaikan 54% traffic data yang diperkirakan akan terjadi di seluruh Asia Pasifik hingga tahun 20201. Perampingan operasi jaringan juga akan menurunkan total biaya kepemilikan dan secara bersamaan meningkatkan pengalaman layanan selular pelanggan.

“GPON ini sesuai dengan kebutuhan operator untuk memenuhi kebutuhan backhaul mereka. Selain itu juga lebih efisien serta menghemat biaya yang harus dikeluarkan. GPON juga menghapuskan kebutuhan untuk menciptakan jaringan paralel dan khusus untuk backhaul, sambil pada saat yang sama memperluas jejak kaki serat untuk memenuhi permintaan ultra-broadband dari pelanggan residensial dan bisnis,” ujar Federico Guillèn, presiden Fixed Networks grup bisnis Nokia menjelaskan. (Icha)

Ini Tips Hemat Belanja Online di Bulan Ramadhan Versi Mataharimall

0

Telko.id – Menyambut bulan suci Ramadhan, berbagai perusahaan eCommerce lokal maupun asing berlomba-lomba untuk melakukan promosi untuk menarik pelanggan. Dihadapkan dengan ratusan pilihan, pelanggan e-commerce haruslah memilih tempat berbelanja yang tepat agar tidak hanya mendapatkan harga terbaik, tapi juga memperoleh manfaat terbanyak.

Mataharimall.com sebagai salah satu e-commerce yang menghadirkan berbagai diskon di bulan suci Ramadhan ini membagikan beberapa tips agar pelanggan dapat berbelanja secara aman dan nyaman:

1. Selidiki Situs Belanja Online

Luangkan sedikit waktu untuk mencari tahu lebih banyak mengenai kredibilitas situs belanja online pilihan. Riset berdasarkan Alexa.com menunjukkan bahwa beberapa situs belanja online ternama, yakni MatahariMall, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli termasuk dalam 50 situs belanja online yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

2. Cek Koleksi dan Bandingkan Harga

Bagi pelanggan yang gemar belanja, ada baiknya mencari situs dengan koleksi yang beragam dengan harga yang pas di kantong. Tanpa disadari, pilihan yang beragam akan memudahkan customer untuk menemukan produk yang tepat. Anda juga dapat membandingkan harga produk serupa dalam beberapa situs belanja online sekaligus untuk mendapatkan harga terbaik.

3. Pilihan Alternatif Untuk Metode Pembayaran

Kini, situs-situs belanja online semakin menyaingi ritel offline dalam konteks penyediaan metode pembayaran. Sebuah situs berbelanja online yang bekerjasama dengan berbagai bank di Indonesia, akan menyediakan potongan harga atau bunga cicilan yang rendah, sebut saja cicilan 0% di MatahariMall.com. Kuncinya adalah memerhatikan situs-situs belanja online yang memberikan diskon sesuai dengan kartu yang dimiliki.

Bila tidak memiliki kartu kredit namun perlu mencicil, pilihlah situs belanja online yang menyediakan layanan cicilan tanpa kartu kredit, seperti penyedia program Super Cintaku (Super Cicilan Tanpa Kartu).

Bila merasa ragu akan kualitas barang ketika berbelanja online, pilihlah situs belanja online yang menerapkan sistem COD (Cash On Delivery), salah satunya MatahariMall.com yang merupakan pelopor fitur O2O (Online-to-Offline) yang memungkinkan customer untuk mengambil, membayar, dan mengembalikan produk di seluruh cabang Matahari Department Store maupun eLocker yang tersebar di PT Pos Indonesia, stasiun kereta api, pusat perbelanjaan, apartemen, dan universitas.

4. Metode Pengiriman Barang

Ketika berbelanja online, seorang pelanggan harus cermat dalam memilih metode pengiriman barang yang diterapkan situs belanja online. Sekalipun harga barang di sebuah situs terlihat murah, belum tentu biaya yang dikeluarkan akan tetap lebih murah ketika ditambahkan dengan biaya kirim. Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan harga akhir yang tertera merupakan harga terbaik.

5. Memperhitungkan diskon dan promosi

Di bulan Ramadhan, ini banyak situs online yang menawarkan berbagai macam diskon dan promosi khusus. Customer harus cermat memilih situs berbelanja yang mampu memberikan harga terbaik, sebut saja gadget yang dijual seharga 1,6 juta pada sebuah situs, dijual seharga 1,8 juta di situs lainnya dengan menyediakan diskon khusus, dan harganya menjadi 1,4 juta saja. Karena metode pencarian diskon ini memerlukan upaya lebih, pelanggan sering kali mengabaikan keberadaannya.

“Secara berkala, MatahariMall menghadirkan diskon dan promosi. Kami mengharapkan agar pelanggan dapat teliti dalam mencari diskon yang disediakan oleh eCommerce lainnya juga, misalnya dengan memperhatikan banner website, newsletter, membuka laman kategori produk pilihan, dan lain-lain. Tentunya pelanggan tidak ingin melewatkan kesempatan memeroleh barang lebih murah dengan diskon dan promosi khusus,” jelas Regan Dwinanda, Head of Communication and Partnership MatahariMall.com, pada keterangan rilis yang diterima Tim Telko.id

6. Berlangganan newsletter dan mengikuti akun media sosial eCommerce favorit

Pengunjung situs berbelanja online seringkali dihadapkan dengan pilihan untuk memasukkan alamat email dan penawaran berlangganannewsletter.

Sejatinya, bagi pelanggan yang gemar berbelanja online, newsletter dapat menjadi fitur yang praktis. Melalui newsletter, pelanggan dapat selalu mengetahui koleksi, promo, dan penawaran menarik dari situs-situs tersebut. Fitur ini juga mempermudah customerdalam membandingkan harga antara eCommerce satu dengan yang lainnya.

Microsoft Jual 1500 Paten Pada Xiaomi

0

Telko.id – Xiaomi merupakan merek Cina yang begitu agresif untuk menguasai pasar di luar negeri nya sendiri. Namun, banyak kendala yang dihadapi, terutama masalah paten. Untuk itu, kerjasama dengan Microsoft ini menjadi salah satu jalan menuju sukses bagi Xiaomi. Setidaknya, ada sekitar 1500 paten yang dijual oleh Microsoft Corp pada Xiaomi ini, seperti yang dilansir dari Reuter. Kerjasama ini pun diharapkan akan menjadi awal dari kemitraan jangka panjang bagi kedua perusahaan tersebut.

Dalam kesepakatan tersebut, juga termasuk paten cross-licensing arrangement dan komitmen Xiaomi untuk install Microsoft Software. Termasuk juga Office dan Skype pada produk ponsel dan tablet yang diproduksinya. Sayang, kedua pihak tidak mau terbuka untuk masalah nilai dari kerjasama ini.

“Ini adalah kesepakatan kolaborasi yang sangat besar antara kedua perusahaan,” ujar Wang Xiang, wakil presiden senior di Xiaomi, melalui telepon menjelang kesepakatan, seperti yang dilansir dari Reuters.

Beberapa analis melihat bahwa ambisi Xiaomi untuk menjadi pemain utama di luar Cina akan sangat terbantu dengan adanya kesepakatan tersebut. “Kesepakatan ini memberikan Xiaomi cukup bekal dalam hal ini paten untuk pindah ke pasar Barat,” kata Sameer Singh, seorang analis yang berbasis di Inggris. Bahkan Singh menambahkan bahwa posisi Xiaomi di Cina telah diserang secara terus meneru oleh vendor Android lainnya, sehingga Xiaomi perlu untuk mencari pasar di luar Cina.

Berdasarkan data dari Strategy Analytics, pengiriman ponsel Xiaomi turun 9 persen pada kuartal pertama dari tahun ke tahun (YoY). Untuk pangsa pasarnya pun turun menjadi 12 persen dari 13 persen. Kondisi tersebut bukan hanya karena adanya pesaing dari Huawei dan Samsung Eelectronis yang memang pemain besar, tetapi juga oleh Oppo dan Vivo.

Wang mengatakan Xiaomi sudah mengajukan akusisi paten dari Microsoft sejak tahun lalu. Ada sekitar 3700 paten yang diajukan, termasuk komunikasi suara, multimedia dan komputasi awan. “Hal ini merupakan langkah penting dalam rangka ekspansi kami secara internasional,” ujar Wang menjelaskan.

Awal bulan ini, Xiaomi meluncurkan produk pertamanya di Amerika, yakni satu set-top box TV yang merupakan hasil kerjasama dengan Alphabet Inc Google. Produk ini memiliki sistem operasi Android yang juga digunakan dalam perangkat Xiaomi lainnya. Selain itu, Xiaomi juga telah meluncurkan tablet yang menjalankan versi sistem operasi Microsoft Windows.

Jonathan Tinter, wakil presiden perusahaan di Microsoft, mengatakan bahwa Microsoft mensasar para pengguna Xiaomi yang masih muda, berpengaruh dan berpendidikan agar dapat memiliki produk pra install Microsoft di perangkat yang mereka gunakan. Namun, ketika ditanya tentang seberapa jauh kerjasama dengan Xiaomi ini, Tinter hanya menjelaskan bahwa yang dilakukan dengan Xiaomi adalah kerjasama strategis pada beberapa paten saja.

Seperti diketahui, Microsoft banyak menyelesaikan kesepatan lisensi pada produsen Android beberapa tahun belakangan ini. Namun, disisi lain, Microsoft memiliki sedikit keberuntungan dengan produsen Cina.

Florian Mueller, seorang ahli paten yang berkonsultasi untuk Microsoft di masa lalu, mengatakan bahwa kerjasama dengan Xiaomi ini sangat jarang sekali dilakukan oleh Microsoft. Microsoft jarang sekali benar-benar menjual paten. Mueller menambahkan bahwa “Microsoft akan lebih mudah mengenakan pajak paten Android pada Xiaomi sebagai bagian dari kesepakatan yang lebih luas yang juga melibatkan transfer paten”. (Icha)

Kerjasama Nokia Dengan Operator di Seluruh Dunia Pekan Ini

0

Telko.id – Raksasa jaringan asal Finlandia yakni Nokia telah bekerja sama dengan operator Amerika Serikat Sprint untuk menunjukkan siaran streaming video 4K   di sebuah acara di Silicon Valley.

Acara berlangsung di Stadion Levi, rumah dari San Francisco 49ers, lebih tepatnya di Sprint experience zone. Ujicoba ini menggunakan sistem gelombang milimeter hidup yang berjalan pada 73GHz yang mendukung beam steering, dengan dukungan kecepatan hingga 2,3 Gbps dengan bandwidth spektral sebesar 1GHz dan tingkat latency mencapai 1ms.

“Kami sangat senang bahwa Sprint telah menghadirkan 5G, inovasi ini sekaligus menggaris bawahi komitmen Amerika Serikat untuk ambil bagian dalam kepemimpinan revolusi komunikasi penting ini,” kata Ricky Corker, head of North America for Nokia.

Ia menambahkan, Sebagai yang terdepan dalam pengimplementasian 5G, Nokia bekerja untuk memajukan solusi end-to-end global untuk 5G. Mereka juga telah menjadi mitra lama untuk Sprint, dan sekarang kedua perusahaan ini akan bekerjasama untuk memberikan solusi komersial yang siap dan sejalan dengan rencana mereka.

“Demonstrasi kemampuan 5G adalah salah satu dari beberapa langkah yang kami ambil untuk membawa kemampuan 5G dalam uji coba lapangan. Kami berharap dapat memanfaatkan pengalaman penyebaran kami dan bekerja sama dengan Nokia untuk memperluas penggunaan 2,5 GHz dan pita spektrum yang lebih tinggi seperti halnya berevolusi untuk 5G.” Ujar John Saw, CTO Sprint, seperti dilaporkan Telecoms (7/5).

Bukan hanya operator seluler saja, Di sisi fixed broadband Nokia telah membantu perusahaan telko asal Estonia yakni Starman. Mereka bahkan mengklaim menjadi penyedia kabel pertama di Eropa yang menyediakan layanan internet komersial berkecepatan 10 Gbps untuk perumahan.

“Ketika berinvestasi dalam layanan Internet yang kami bawa ke rumah pelanggan, kami memastikan bahwa teknologi ini merupakan portofolio penting, Hari ini kita memilih solusi yang dapat memungkinkan untuk koneksi simetris lebih besar dari 1Gbps, memungkinkan kita untuk melewati beberapa perkembangan teknologi saat ini dan mengambil tempat duduk di kereta berkecepatan tinggi 10Gbps yang baru.” Ucap Starman Group Technology Director, Jaanus Erlemann.

Sementara itu, pihak Nokia yang diwakili oleh Federico Guillèn, President Fixed Networks business group Nokia mengungkapkan bahwa selain kasus bisnis, operator kabel harus mempertimbangkan evolusi cepat dari perilaku konsumen, serta kualitas pengalaman pengguna. Ia menambahkan, “Pilihan Starman ini sekaligus mengakui nilai produk serat Nokia untuk mendukung evolusi kapasitas, bandwidth dan layanan di jaringan mereka.”

Di tempat lain Nokia telah membantu Vodacom Tanzania untuk memulai jaringan 4G, khususnya peluncuran 4G di Dar es Salaam baru-baru ini.

“Kami telah bermitra dengan Nokia untuk menggelar jaringan 4G tercepat di Tanzania, dengan semua situs yang terhubung ke jaringan serat metropolitan kami,” kata Ian Ferrao, Vodacom TZ MD.

Demikianlah beberapa proyek kerjasama Nokia dengan beberapa operator di Dunia, baik itu mobile maupun fixed broadband.

Ini Strategi China Mobile Untuk Perangi OTT

0

Telko.id – ZTE telah mengumumkan bahwa China Mobile telah resmi memulai komersialisasi jaringan untuk layanan Rich Communication Suite (RCS), dan mengklaim menjadi pemilik jaringan NFV IMS terbesar di dunia saat ini.

Sebagai mitra strategis, ZTE bekerja bersama tim di China Mobile untuk mengembangkan proyek RCS berdasarkan Virtual IP multimedia subsystem (VIMS). Proyek ini awalnya dilaporkan pada tahun lalu oleh China Mobile yang tampaknya mencari peluang untuk memerangi ancaman OTT yang meningkat, terutama meningkatnya popularitas WeChat di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Dilaporkan Telecoms (7/6), RCS milik ZTE memusatkan layanan sistem komunikasi untuk mendefinisi ulang layanan komunikasi dasar yang memungkinkan China Mobile dapat membangun layanan panggilan, pesan dan kontak service.

Gong Dehua, VP dari lini produk Core network ZTE mengungkapkan, “Hal ini juga memungkinkan peningkatan pengalaman suara dan layanan pesan tradisional, mewujudkan platform layanan informasi baru dengan membuka kapabilitas dan saluran,” ungkapnya.

Setelah menjalankan berbagai uji coba antara 550.000 karyawan, China Mobile berani mengklaim bahwa kapasitas awal yang direncanakan berada di angka 100 juta pelanggan, dan mendukung layanan RCS termasuk pesan multimedia, network voice calling, panggilan video dan kemampuan pengalamatan. Sebagai perbandingan, WeChat diperkirakan memiliki hampir 700 juta pengguna (jika berkaca pada Q4 2015), menghasilkan pendapatan melalui Moments iklan, iklan berdasarkan lokasi dan kerjasama brand. Pemilik WeChat yakni Tencent baru-baru ini melaporkan pendapatan tahunan berada diangka USD 15,8 miliar, atau meningkat 30% dari periode sebelumnya. Bisa dibayangkan, jika RCS yang dimiliki oleh China Mobile ini berjalan mulus, maka mereka akan memperoleh pendapatan lebih dari layanan itu, sekaligus dapat memperkecil pendapatan dari WeChat itu sendiri.

Sekadar informasi, China Mobile telah lama melakukan upaya untuk bersaing dengan OTT, setelah menjadi salah satu yang pertama dalam memanfaatkan platform seperti layanan Fetion SMS berbasis internet miliknya. Ketika layanan ini yang awalnya menjadi populer, platform yang lebih kecil dan lebih gesit seperti WeChat dan Youku mampu menciptakan penawaran yang lebih fleksibel untuk penyedia konten dan platform yang lebih relevan bagi pengguna. Fetion akhirnya pensiun setelah jumlah pengguna mereka menurun pada 30 Juni lalu.

Diharapkan, hadirnya RCS ini dapat menjadi pesaing kuat bahkan ‘membunuh’ para OTT yang hadir di China, sekaligus dapat menumbuhkan pemasukan baru mereka.

Mungkin strategi seperti ini dapat diadopsi oleh operator-operator di Indonesia, untuk setidaknya menghentikan dominasi OTT asing, sembari menunggu sepak terjang dari OTT lokal yang masih menjadi minoritas.

Operator Italia Ini Gandeng Ericsson Untuk Ciptakan R&D 5G

0

Telko.id – Sebuah inisiatif baru yang dirancang untuk menciptakan ekosistem open 5G melalui R&D telah diluncurkan di Italia oleh perusahaan jaringan Ericsson dan operator yang TIM.

Program ‘5G for Italy’ akan bertujuan untuk bersama-sama mengajak masyarakat, organisasi swasta dan akademik untuk tidak hanya mengembangkan teknologi tetapi juga menguji proyek 5G dan jasa serta contoh perilaku untuk inisiatif seperti kota pintar, IOT dan Industri 4.0.

“Program ini memungkinkan kita untuk mengembangkan jaringan baru secara bersamaan untuk layanan-layanan dan aplikasi yang dalam waktu dekat akan diaktifkan ketika jaringan 5G hadir, program ini ditujukan untuk kebutuhan transformasi digital perusahaan Italia dan pengembangan komunikasi multi-media baru bagi konsumen,” kata Mario di Mauro, Kepala Strategi & Inovasi di TIM, seperti dilaporkan Telecoms (7/6).

Lebih lanjut, Mauro juga menyebutkan bahwa langkah ini merupakan tonggak penting yang akan mengubah masyarakat dengan model bisnis baru dan akan memungkinkan warga dan bisnis untuk memanfaatkan potensi 5G.

Sementara itu, Nunzio Mirtillo, Head of Region Mediterranean Ericsson menuturkan bahwa kedua perusahaan akan bekerja sama dengan industri untuk memahami kebutuhan jaringan tertentu dalam rangka mewujudkan manfaat penuh dari teknologi 5G.

“Dengan memperluas program untuk mitra kunci, TIM dan Ericsson dapat menguji dan memberikan prioritas kepada layanan dan fitur mereka yang akan menjadi bagian dari jaringan 5G dalam waktu dekat, penting untuk mempercepat digitalisasi di Italy, agar dapat menghasilkan manfaat bagi warga negara, bisnis dan masyarakat,” ungkap Mirtillo.

Di tempat lain, Ericsson juga telah mengumumkan kesepakatan dengan Fox Networks Timur Tengah untuk memberikan pemutaran pada tiga saluran HD TV terbaru yakni Fox Action Movies, Fox Family Movies dan FX.