spot_img
Latest Phone

Facebook Gelar Tiga Hari Festival bertajuk Nyasar ke Dimensi Facebook, Ini Targetnya

Telko.id – Facebook Indonesia siap meramaikan akhir pekan ini...

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...
Beranda blog Halaman 1449

Telkomsel Dorong Anak Muda Indonesia Jadi Kreator Digital

0

Telko.id – LOOP KePo telah diadakan sejak tahun 2014, dan merupakan sebuah program yang ditujukan untuk pengembangan digital creativity anak muda Indonesia, yaitu berkreativitas dan menggali potensi dengan memanfaatkan teknologi dengan positif dan produktif. Dalam kegiatan roadshow nanti, LOOP KePo akan menghadirkan kelas mentoring dari mentor ternama seperti Skinny Indonesian 24 dan Shalsabilla.
“Telkomsel memandang anak muda merupakan segmen yang tepat dan terdepan dalam pengembangan gaya hidup digital yang positif di Indonesia saat ini. Kehadiran program LOOP KePo kali ini diharapkan dapat memberikan wadah yang tepat bagi mereka untuk mengembangkan ide, passion, dan kreatifitasnya dalam keseharian mereka, terutama dengan memanfaatkan teknologi konten video yang sudah sangat berkembang di era digital di Indonesia,” kata Ricky Panggabean, General Manager Youth & Community Jabotabek Jabar Telkomsel.

Ricky juga menambahkan bahwa kali ini LOOPers tidak hanya diajak  untuk sekedar membuat digital content, namun juga mulai dapat menghasilkan konten  video yang berkualitas, yang dapat mencuri perhatian dan mengangkat nama mereka di antara maraknya serbuan berbagai konten lainnya di platform digital.

Dalam setiap roadshow LOOP KePo, para mentor akan membahas topik seputar pembuatan video digital dan berbagai tips dan trik untuk menghasilkan konten video yang berkualitas.  Pada kesempatan yang sama, para LOOPers juga akan unjuk kebolehan mereka di depan teman-teman sekolahnya dengan menampilkan berbagai penampilan yang menarik.

Sedangkan LOOP KePo Challenge tahun ini kembali diadakan dengan mengangkat tema  ‘Capture Your Awesome Moment of Activities’.  Dengan tema ini, para LOOPers ditantang untuk mengekspresikan keseruan mereka dengan kreatif dalam aktivitas ekstrakurikuler maupun kegiatan hobi lainnya di lima kategori yang bisa dipilih, yaitu Seni Budaya, Komunikasi, Sains, Olahraga dan Organisasi. Video hasil karya tersebut dapat langsung diunggah di www.loop.co.id/kepo.

Terdapat banyak hadiah menarik untuk para LOOPers yang mengikuti LOOP KePo Challenge 2017 yaitu hadiah bulanan berupa saldo T-Cash sebesar Rp. 1.000.000 dan Action Cam Go Pro. Sedangkan untuk hadiah utama, pemenang akan mendapatkan smartphone Samsung S8 dan kesempatan istimewa untuk membuat video bersama dengan para mentor, yaitu Skinny Indonesian 24 atau Salshabilla.

LOOP KePo  yang telah diadakan sejak tahun 2014 disambut dengan antusiasme yang luar biasa oleh anak muda di berbagai kota di Indonesia. LOOP KePo 2015 berhasil menyapa LOOPers di 200 sekolah di 27 kota, dan LOOP KePo 2016 kembali diadakan dengan mengunjungi 400 sekolah di 50 kota di Indonesia. Pada tahun lalu pun, lebih dari 145.000 submission berhasil terkumpul dari lebih dari 1.200 sekolah.

Untuk wilayah operasional Telkomsel Area Jabotabek Jabar sendiri, pada pelaksanaan LOOP KePo tahun 2016 lalu jumlah hasil karya yang mendaftar mencapai lebih dari 12 ribu karya video. Tahun ini, Telkomsel juga menggelar roadshow LOOP KePo ke 40 sekolah yang ada di sejumlah kabupaten/kota seperti Jakarta, Bandung, Cirebon, Tasikmalaya, Serang, Tangerang, Bogor, dan Karawang.

“Sejak diluncurkan pada bulan Maret 2014, LOOP mendapatkan respon yang positif di kalangan anak muda dengan berbagai penawaran produknya yang kompetitif dan kreatif di  layanan data dan digital. Dibandingkan awal tahun 2016 hingga bulan Mei 2017 lalu, pertumbuhan pelanggan LOOP mencapai 14% untuk wilayah operasional Jabotabek Jabar. Sesuai dengan tagline-nya ‘Ini KITA’,  LOOP juga berkomiten untuk memberikan nilai lebih kepada anak muda Indonesia, dengan terus memberikan wadah kepada mereka untuk mengekspresikan dan mengembangkan dirinya” pungkas Ricky. (Icha)

Indosat Ooredoo Kirim 9 Karyawan ke Daerah Terpencil Untuk Mengajar

0

Telko.id ”Setiap warga negara Indonesia memiliki hak yang sama akan pendidikan, terlepas dari lokasi di mana mereka berada, karena pendidikan merupakan salah satu kunci masa depan Indonesia. Itu sebabnya, Indosat Ooredoo bekerja sama dengan program Pengajar Muda dari Indonesia Mengajar memberangkatkan sembilan karyawan yang mengikuti program Digital Homestay tahun ini akan berangkat ke lokasi masing-masing pada tanggal 29 Juli 2017.

”Indosat Ooredoo memiliki komitmen untuk secara aktif memajukan pendidikan di negara ini, dan program Digital Homestay ini merupakan bagian dari perwujudan komitmen tersebut, khususnya pendidikan untuk wilayah terpencil di tanah air,” kata Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo.

Sebagai perusahaan yang peduli dengan pendidikan dan masa depan generasi muda Indonesia dan sebagai program internal engagement, Indosat Ooredoo ingin memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengetahui kondisi mendidikan di daerah dan berinteraksi langsung dengan masyarakat serta melaksanakan kegiatan dalam upaya memajukan pendidikan di daerah terpencil. Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua setelah sebelumnya dilaksanakan tahun lalu.

Para karyawan yang menjadi relawan program ini akan dikirim ke Aceh Utara, Natuna (Kepulauan Riau), Nunukan (Kalimantan Utara), Banggai (Sulawesi Tengah), dan Pegunungan Bintang (Papua). Selama satu minggu mereka akan tinggal di rumah masyarakat kemudian berinteraksi bersama warga dengan beragam aktivitas yang mendukung program Pengajar Muda.

Sembilan karyawan yang mengikuti program Digital Homestay tahun ini akan berangkat ke lokasi masing-masing pada tanggal 29 Juli 2017. Para relawan telah melalui proses pembekalan yang meliputi persiapan keberangkatan, pengenalan daerah, kegiatan selama di daerah, panduan keamanan dan keselamatan, persiapan pengajaran, teknis pengajaran, struktur pengajaran, metode penyampaian materi, tips manajemen kelas, dan percobaan praktek mengajar.

Setelah para relawan kembali ke Jakarta, akan dilakukan sesi refleksi sebagai penutup dari rangkaian kegiatan ini. Di sesi ini para relawan akan membagikan pengalaman dan inspirasi yang mereka dapatkan, sebagai bekal program ini selanjutnya dan pondasi kegiatan pendidikan Indosat Ooredoo pada umumnya.

Kemudian di bulan November 2017 Indosat Ooredoo akan kembali memberangkatkan relawan dalam bagian kedua program Digital Homestay 2017, ke lokasi yang akan ditentukan kemudian. Para relawan di bagian kedua ini terdiri dari para Chief dan anggota Dewan Direksi, yang juga sudah melalui tahapan seleksi. (Icha)

Pendapatan Indosat Ooredoo naik 9% Pada Semester Pertama 2017

0

Telko.id –Ooredoo mengatakan bahwa pendapatan Indosat meningkat sebesar 9 persen menjadi lebih dari QAR 4,1 miliar atau sekitar 1,125 miliar US$ dalam enam bulan pertama sampai 30 Juni, sementara EBITDA meningkat sebesar 11 persen menjadi QAR 1,9 miliar 521.5 miliar US$. Hal ini mendorong peningkatan profitabilitas di seluruh bisnis. Margin EBITDA meningkat sebesar 1 persen menjadi 47 persen. Jumlah pelanggan meningkat 20 persen tahun ke tahun menjadi lebih dari 96 juta pelanggan, seperti yang dilansir dari Telecompaper.

Secara Group, Ooredoo berhasil mengantongi QR 1.1miliar atau sekitar 301.80 juta US$ pada semester satu 2017 ini. Namun, angka tersebut turun 25% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Di mana, laba bersih di semester 1, 2016 terdapat keuntungan dari keuntungan valuta asing yang signifikan sebesar QR 540 juta atau sekitar 148.2 juta US$. Namun, kenaikan sementara ini berbalik pada paruh kedua tahun ini.

Pendapatan Grup Ooredoo pada semester pertama tahun ini meningkat menjadi QR 16.3 miliar atau sekitar 4,474 miliar US$, meningkat 2% dari semester 1, 2016.

Dalam mata uang lokal, pertumbuhan didorong oleh Ooredoo Qatar, Ooredoo Oman, Ooredoo Kuwait, Ooredoo Tunisia, Asiacell, Indosat Ooredoo dan Ooredoo Maldives. Tidak termasuk dampak penukaran mata uang asing, pendapatan meningkat 3% year-on-year.

EBITDA Grup meningkat 7% menjadi hampir QR 7 miliar atau 1.921 miliar US$ dengan marjin EBITDA yang meningkat sebesar 43%, mengindikasikan ‘kinerja operasional yang kuat dan’ pengendalian biaya yang baik. Tidak termasuk dampak penukaran mata uang asing, EBITDA meningkat 8% year-on-year.

Pertumbuhan data yang kuat dari nasabah konsumen dan perusahaan mendorong pendapatan data ke QR 7.2miliar atau sekitar 1,975 miliar US$ di semester pertama 2017. Setara dengan 44% dari pendapatan Grup.

Pendapatan Grup B2B meningkat menjadi 17% dari pendapatan kelompok (QR 2.8 miliar atau sekitar 768 juta US$) di semester pertama 2017 yang mencerminkan investasi berkelanjutan Ooredoo dalam layanan bagi pelanggan bisnis.

Basis pelanggan Ooredoo Group meningkat 14% year-on-year (y-o-y) hingga mencapai hampir 150 juta yang didorong oleh pertumbuhan yang kuat di pasar utama. Jumlah pelanggan per kuartal nya sedikit meningkat.

Kepemimpinan data di Ooredoo ini berawal dari peluncuran 4G yang terus berlanjut di pasar. Jaringan 4G sekarang tersedia di delapan pasar Ooredoo.

Atas hasil tersebut, ketua Grup Ooredoo, Sheikh Abdulla bin Mohamed bin Saud al-Thani mengatakan, “Ini merupakan paruh pertama yang sangat bagus tahun ini untuk Grup Ooredoo. Kami menyampaikan pertumbuhan pendapatan dan EBITDA, dan strategi kami untuk mengoptimalkan efisiensi di berbagai portofolio kami menghasilkan marjin EBITDA kelompok yang meningkat menjadi 43%”, superti dilansir dari Gulf Times.

“Dengan pelanggan di jantung bisnis kami, Ooredoo memberikan peningkatan 14% pada basis pelanggan dan sekarang kami dengan bangga melayani hampir 150 juta pelanggan di seluruh operasi kami,” lanjut Sheikh Abdulla menjelaskan.

‘Inti dari strategi kami adalah visi kami untuk memungkinkan lebih banyak orang dapat menikmati internet. Sebagai bagian dari pendekatan ini, Ooredoo terus membangun kepemimpinan data kami, meningkatkan jaringan kami, menumbuhkan berbagai konten dan aplikasi yang tersedia dan memberikan lebih banyak opsi swalayan dan perawatan mandiri bagi pelanggan. Kami juga telah meningkatkan jangkauan layanan yang tersedia bagi pelanggan bisnis di seluruh jejak kami, yang memungkinkan perusahaan mengirimkan lebih banyak layanan secara online. Inisiatif strategis ini membuat perbedaan positif, seperti tercermin pada hasil H1″.

CEO Ooredoo Group Sheikh Saud bin Nasser al-Thani mengatakan, “Selama enam bulan pertama tahun ini, Ooredoo telah melakukan perbaikan operasional yang baik di seluruh bisnisnya, memberikan peningkatan pendapatan sebesar 2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dalam mata uang lokal, pertumbuhan didorong oleh Ooredoo Qatar, Ooredoo Oman, Ooredoo Kuwait, Ooredoo Tunisia, Asiacell, Indosat Ooredoo dan Ooredoo Maldives.

‘Ooredoo #Qatar menghasilkan kinerja positif dalam hal pendapatan, EBITDA dan jumlah pelanggan di pasar domestik kita. Begitu pula Indosat Ooredoo, yang menghadirkan kinerja luar biasa lainnya pada kuartal ini.

Ooredoo #Oman meningkatkan pendapatan sebesar 2%, sementara jumlah pelanggan naik 9%. Meskipun kondisi pasar sulit, Ooredoo #Kuwait melaporkan pertumbuhan pendapatan sebesar 4% dan pertumbuhan EBITDA 25% yang signifikan. (Icha)

Plug and Play Indonesia Pertemukan Starup Dengan Bekraf dan Menhub

0

Telko.id – Plug and Play (PNP) Indonesia menghadap Menteri Perhubungan, Budi Karya dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf di tempat terpisah minggu ini. Saleh Husin yang merupakan mantan Menteri Perindustrian sekaligus Advisor dari PNP Indonesia juga tampak hadir dalam kedua kunjugan tersebut. Adapun kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen sekaligus tanggung jawab PNP Indonesia yang dipercaya oleh Presiden Jokowi dalam mengembangkan ekosistem startup di Indonesia.

Pertemuan dengan Triawan Munaf dijadwalkan untuk membahas pencapaian 11 startup yang masuk ke dalam program akselerator batch pertama PNP. 11 startup ini adalah Astronaut, Bandboo, Bustiket, Brankas, DANAdidik, Otospector, KYCK, Karta, Sayurbox, Toucan, dan Wonderlabs. Sejak masuk ke dalam program akselerator PNP bulan Mei 2017 lalu, startup-startup ini telah diperlengkapi dengan berbagai hal. Mulai dari workshop, 1-on-1 mentoring program, seed funding, dan banyak hal lainnya.

Selain itu, startup-startup ini juga berhasil menjalin hubungan yang baik dengan perusahaan besar yang merupakan corporate partner dari PNP Indonesia. Bahkan, beberapa startup sudah berada dalam tahap awal penjalinan kerjasama. Saat ini, PNP Indonesia yang digandeng oleh Gan Konsulindo, perusahaan investment lokal di Indonesia, telah memiliki 4 corporate partners, yaitu Astra International, BNI, BTN, dan Sinarmas.

“Perusahaan besar sudah memiliki koneksi yang besar, namun cenderung kaku dalam hal inovasi. Di sisi lain, startup dikenal dengan inovasinya di bidang teknologi, namun mereka belum memiliki koneksi yang cukup. Dengan program ini, startup dan korporasi dapat saling melengkapi kekurangan dan kelebihan masing-masing” tutur Wesley Harjono selaku President Director Plug and Play Indonesia.

Di tempat terpisah, Bustiket.com secara khusus bertemu dengan Menhub Budi Karya untuk membahas kerjasama dibidang transportasi. “Pemerintah memang sedang mengintensifkan ticketing bus diberbagai terminal, terutama di Jakarta,” tutur Budi Karya menanggapi presentasi dari Theo Rusli, Founder dari Bustiket.com.

Budi juga menambahkan bahwa “Masyarakat membutuhkan sistem yang membantu proses menjadi lebih efisien. Sistem ini harus dicontohkan, artinya sistem ini harus sudah ada atau exist melalui aplikasi yang sudah ada”.

Memiliki program yang terencana dengan baik, PNP Indonesia mengaku optimis bahwa startup lulusannya dapat memberikan kontribusi yang besar di dalam ekonomi digital di Indonesia. Bahkan, Plug and Play Indonesia mengaku siap untuk mendanai startup lainnya. “Registrasi untuk batch kedua akan kami buka dalam waktu dekat,” tutup Nayoko Wicaksono, Accelerator Director PNP Indonesia. (Icha)

 

XL Targetkan 1 Juta Pelanggan Paskabayar Dua Tahun Ke Depan

0

Telko.id – Pelanggan memang berbeda karakter dan kebutuhan akan akses layanan data dan telekomunikasinya. Itu sebabnya, operator begitu banyak memberikan berbagai paket promo yang disesuaikan para pelanggannya. Namun, kebanyakan adalah promo untuk pelanggan prabayar.

Namun, XL percaya bahwa pelanggan paskabayar lebih menjanjikan. Itu sebabnya, XL Prioritas sebagai layanan paskabayar operator yang bernuansa biru ini terus ‘digerojoki’ dengan paket-paket menarik. Salah satu promo nya adalah Paket PRIO.

Sejak diluncurkan pada tahun 2016 lalu, layanan pascabvayar PRIORITAS mendapatkan sambutan yang sangat positif dari masyarakat. PRIORITAS telah terbukti mampu memuaskan pelanggan. Hal ini terbukti dengan terus bertambahnya jumlah pelanggan yang hingga Juni 2017 telah mencapai lebih dari 580 ribu pelanggan, meningkat 9% dari akhir tahun 2016. Pendapatan layanan PRIORITAS juga meningkat sekitar 12% dari awal Januari 2016 sampai dengan Juni 2017. “Jadi targetnya dua tahun ke depan lebih dari satu juta pelanggan baru,” kata Rashad Javier Sanchez, Senior Advisor Postpaid & XL Center XL Axiata.

“Masing-masing pelanggan selalu hadir dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh karenanya kami memahami aspirasi para pelanggan yang tetap membutuhkan paket-paket layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan mereka untuk akses data dan telekomunikasi. Kami menghadirkan lima tipe Paket PRIO yang bisa dipilih oleh pelanggan XL PRIORITAS disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Setiap tipe menawarkan benefit yang maksimal baik data 2G/3G/4G, voice, juga SMS,” kata Rashad menambahkan.

XL tidak ingin terjebak pada penurunan revenue dari voice dan SMS yang cenderung turun terus. Itu sebabnya, dalam paket yang terbaru nya ini, sudah termasuk telekomunikasi dasar yang sebenarnya masih dibutuhkan oleh pelanggan tetapi sudah tidak sebanyak dulu lagi.

Untuk mengakomodasi kebutuhan para pelanggan paskabayarnya tersebut, XL mengeluarkan lima pilihan tipe paket berserta manfaat yang dapat dipilih oleh pelanggan adalah, Pertama, Paket PRIO Silver 12 GB Rp 100rb (10 GB di jaringan 4G + 2GB di jaringan 2G/3G/4G + Nelpon 100 menit dan 100 SMS ke semua operator). Kedua, Paket PRIO Gold 20 GB Rp 150rb (15 GB di jaringan 4G + 5GB di jaringan 2G/3G/4G + Nelpon 150 menit dan 150 SMS ke semua operator). Ketiga, Paket PRIO Platinum 30 GB Rp 250rb (20 GB di jaringan 4G + 10GB di jaringan 2G/3G/4G + Nelpon 250 menit dan 250 SMS ke semua operator). Keempat, Paket PRIO Diamond 50 GB Rp 450rb (30 GB di jaringan 4G + 20GB di jaringan 2G/3G/4G + Nelpon 450 menit dan 450 SMS ke semua operator). Kelima, Paket PRIO Ultima dengan manfaat Unlimited Data di jaringan 2G/3G/4G dan Unlimited Nelpon serta SMS ke semua operator.

Kelima pilihan ukuran paket PRIO tersebut, masing-masing juga memberitakan manfaat tambahan berupa akses layanan Whatsapp, Line dan BBM tanpa batasan kuota. Tidak hanya itu. khusus Paket PRIO Platinum, Diamond dan Ultima, masing-masing juga masih memberikan manfaat lainnya berupa 1 hari, 3 Hari, dan 5 Hari PRIOPASS yang dapat digunakan saat International roaming di negara-negara ASEAN. Tentu saja, semua Paket PRIO didukung dengan kualitas jaringan yang didesain secara khusus sehingga memberikan layanan prioritas kepada pelanggannya, sehingga mampu memberikan koneksi yang lebih cepat dan stabil.

Layanan kartu paskabayar XL PRIORITAS terus meningkatkan layanannya sejak diluncurkan pada Januari 2015. Oleh karenanya paket PRIO ini dapat dinikmati baik oleh pelanggan baru maupun pelanggan lama. Bagi pelanggan baru dapat mendaftar kartu paskabayar XL PRIORITAS Center atau XL Center di wilayah Indonesia, sedangkan bagi pelanggan lama dapat melakukan pendaftaran paket melalui UMB *123# atau MyXL Postpaid. Kenyamanan pelanggan XL PRIORITAS juga didukung dengan kualitas jaringan melalui lebih dari 87 ribu BTS, termasuk lebih dari 39 ribu BTS 3G dan lebih dari 13 ribu BTS 4G. Guna terus meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, XL Axiata telah menyiapkan kapasitas jaringan yang memadai, dimana saat ini tidak kurang dari 288 kota/kabupaten di berbagai provinsi Indonesia telah terjangkau layanan XL 4G LTE. (Icha)

DOKU Ajak Pecinta Musik Bertransaksi Secara Cashless

0

Telko.id – DOKU, penyedia solusi pembayaran elektronik lokal pertama di Indonesia turut memeriahkan konser Road to Soundrenaline 2017. Hadir di empat kota besar, yaitu Bandung, Malang, Yogyakarta dan Jakarta Selatan, DOKU memanfaatkan momentum ini untuk membagikan pengalaman betransaksi non-tunai (cashless) kepada penikmat musik khas Soundrenaline.

“Keterlibatan DOKU dalam kegiatan ini merupakan salah satu dari bentuk dukungan kami untuk membantu percepatan realisasi Gerakan Non Tunai. Kami percaya melalui edukasi secara konsisten, perlahan tapi pasti kemudahan melakukan transaksi non tunai dapat semakin luas digaungkan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkap Himelda Renuat, selaku Chief Marketing Officer DOKU.

Lebih lanjut Himelda menambahkan, “Selain edukasi seputar branding, kami juga ingin setiap pengunjung yang hadir bisa memaksimalkan pengalamannya dalam bertransaksi non tunai, terutama untuk kebutuhan sehari-hari, seperti top up pulsa dan pembelian paket data serta melalui berbagai aktivitas non tunai lainnya yang kami kemas khusus dan siap disajikan.”

Khusus untuk top up pulsa dan pembelian paket data, DOKU menawaran harga spesial khusus pengunjung, dimana setiap pembelian pulsa/paket data menggunakan DOKU senilai Rp 25.000,- akan mendapatkan potongan harga langsung senilai Rp 10.000,- Khusus untuk pengunjung yang baru mengunduh DOKU saat konser berlangsung, berkesempatan mendapatkan top up di tempat senilai Rp 20.000,- Untuk menerima top up sangat mudah, pengunjung cukup mengunjungi booth DOKU dan memberikan DOKU ID yang baru saja  mereka daftarkan. Selain itu untuk mendukung pertumbuhan basis pengguna, DOKU juga mulai memperkenalkan program referral #BagiDOKU (soft launch), yang menarik untuk diikuti.

Soundrenaline 2017 sendiri merupakan ajang musik tahunan yang sangat dinanti oleh para penikmat musik, baik di tanah air maupun para tamu mancanegara. Tahun ini, festival musik yang selalu menghadirkan  kolaborasi apik dari para musisi dan pelaku seni ini akan mengusung tema United We Loud. Tema ini sendiri ditujukan untuk mengajak penikmat musik untuk merayakan perbedaan, khususnya dalam hal mengekspresikan diri dan berkarya.

Dengan menjadi bagian dari kemeriahan rangkaian event Soundrenaline 2017, DOKU juga ingin terus memperluas area penetrasi produk e-Wallet-nya di luar Jabodetabek. Selain hadir di Jakarta Selatan (Lot 7 SCBD – 5 Agustus), DOKU akan hadir di 3 kota besar lainnya, yaitu Bandung dan Malang (29 Juli) dan Yogyakarta (5 Agustus). (Icha)

 

 

 

Tebusan Penjahat Cyber Mulai  $300 – $10.000  Setiap tahun

Telko.id – Ancaman kejahatan siber (cyber attack) setiap tahun semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan teknologi digital. Tidak hanya industri jasa keuangan saja, serangan penjahat siber ini menyerang berbagai industri lainnya.

Tidak hanya perusahaan, dampak serangan virus, malware dan ransomeware juga menyerang perangkat mobile seperti smartphone. Serangan siber menggunakan Ransomeware ini mengincar data pribadi yang dangat penting bagi penggunanya. Serangan siber yang semakin meningkat ini juga disebabkan oleh komersialisasi data hasil kejahatan yang kini menjadi bisnis besar dan menguntungkan.

Baru-baru ini Avast, penyedia layanan keamanan internet mengeluarkan fakta dan data menarik tentang ransomeware. Dimana enkripsi file yang mengunci file penting menjadi serangan umum ransomeware yang paling banyak terjadi, hingga 80%. “Jumlah tebusan para penjahat siber ini beragam mulai dari $300 hingga $10.000,” menurut pernyataan terulis yang diterima redaksi Telko.id.

Setiap tahun kerusakan total dari ransomeware ini seniai $1 miliar dan meningkat hampir dua kali lipat setiap tahun. Avast sendiri menyatakan bahwa setiap bulan mereka berhasil menghentikan 3,5 miliar serangan malware.

Negara Amerika Serikat, Rusia dan Brasil menjadi negara yang paling banyak ditarget oleh ransomeware. Berikut ini Infografis tentang Ransomware dari Avast yang menyerang dibeberapa dunia baik baik fasilitas umum punya pemerintah maupun perusahaan swasta untuk meminta tebusan uang.

Hasil riset dari Google, Chainalysis, UC San Diego, dan Sekolah Teknik Tandom NYU pun mencatat bahwa Ransomware, perangkat lunak berbahaya yang mengenkripsi data korban dan menuntut pembayaran untuk membukanya, telah menghasilkan lebih dari $ 25 juta (£ 19,1 juta) dalam bentuk bounties selama dua tahun terakhir.

Terdeteksi dari riset tersebut ada 34 jenis malware yang berbeda, melacak pembayaran pada blockchain (buku besar tentang transaksi bitcoin yang terdesentralisasi dan terdesentralisasi) untuk mencoba dan menganalisis skala uang tebusan dan jumlah uang yang dibuat oleh pedagang keliling dari para korban.

Dilaporkan juga ada yang harus mengeluarkan dana hingga $ 25 juta untuk memperoleh data-data kembali. Dari riset tersebut, terbukti beberapa jenis ransomware mampu memberikan keuntungan dibandingkan dengan yang lain. Seperti “Locky,” yang muncul pada tahun 2016, menghasilkan $ 7 juta (£ 5,3 juta). (Icha)

Paket ‘Haji 2017’ Dari Telkomsel, XL, Indosat

1

Telko.id – Kloter pertama jemaah haji Indonesia tidak lama lagi mulai akan berangkat. Momen besar ini menjadi peluang besar para operator telekomunikasi karena pasti para jemaah akan berkomunikasi dengan keluarganya di Indonesia dan sebaliknya. Itu sebabnya, semua operator mengeluarkan paket khusus. Seperti apa paket yang ditawarkan dari Telkomsel, XL dan Indosat?

Telkomsel

Selama menunaikan iibadah Haji, pelanggan Telkomsel tetap dapat menggunakan layanan seluler dengan mudah tanpa perlu mengganti kartu maupun setting handphone. Selain itu ada juga Paket Haji 3 in1 berupa layanan telpon, SMS dan Internet yang tersedia dengan harga hemat, serta tarif promo Haji yang berlaku di semua jaringan operator di Arab Saudi.

“Kami tidak hanya menyediakan tarif dan paket promo, namun kami juga menghadirkan pusat pelayanan yang siap membantu pelanggan, ” kata Arian F. Istanto, General Manager Postpaid Core Product Marketing Telkomsel. Hal ini yang menjadi kelebihan dari Telkomsel adalah keberadaan kantor layanan Grapari di Mekkah, Madinah dan Jeddah yang buka setiap hari. Tentu ini akan memberikan kenyamanan para Jemaah.

Arian menambahkan bahwa kehadiran GraPARI di berbagai lokasi di Arab Saudi ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi, terutama untuk melayani pelanggan asal Indonesia yang pergi ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji dan umrah, maupun tenaga kerja Indonesia yang berdomisili di Madinah dan Jeddah. Berbagai solusi komunikasi bagi pelanggan hadir di GraPARI, seperti informasi dan aktivasi produk dan layanan, upgrade kartu 4G, dan ganti kartu hilang atau rusak. Selama musim haji, Telkomsel juga menggelar Posko Haji yang ditempatkan di titik keramaian untuk melayani pelanggan.

Selama berada di Tanah Suci, untuk melakukan panggilan telepon kemana saja pelanggan hanya dikenakan Rp. 6.000/menit. Selain itu, untuk menerima panggilan telepon dari mana saja pelanggan hanya dikenakan biaya Rp. 3.000/menit dan sementara dalam berkirim SMS ke seluruh nomor tujuan, pelanggan cukup membayar Rp. 1.000/SMS, serta gratis menerima SMS dari manapun. Selain itu, pelanggan dapat menikmati akses internet sepuasnya seharga Rp. 500/10 KB dengan biaya maksimum Rp. 35.000 per hari. Pengecekkan tarif lengkap Arab Saudi dapat dilakukan dengan menghubungi *266*71#.

Pelanggan juga dapat berkomunikasi dengan menghemat biaya lebih dari 50% dengan mengaktifkan pilihan Paket Promo Haji 3in1. Paket Haji 3in1 tersedia mulai dari paket 20 hari yang terdiri dari 40 menit telpon ke nomor Indonesia, 40 menit terima telpon, 40 SMS dan 7GB layanan data selama 20 hari di Arab Saudi dengan tarif Rp. 550,000 (setelah pajak). Tersedia juga Paket 3in1 40 hari, serta Paket Internet 20 hari, Paket Internet 40 Hari, dan Paket Talk Mania 1 Hari, yang secara leluasa dapat dipilih pelanggan sesuai kebutuhannya. Untuk info dan aktivasi paket-paket tersebut pelanggan cukup menghubungi *266*15#.

XL Axiata

Para Jemaah haji Indonesia yang diperkirakan mencapai 221 ribu, diantaranya adalah para pelanggan XL Axiata. Berbeda dengan operator lain, XL lebih fokus memberikan layanan data.

“Kami sangat memahami kebutuhan pelanggan agar bisa mendapatkan kemudahan sarana komunikasi tersebut, termasuk melalui layanan Data. Bekerjasama dengan mitra operator Arab Saudi, kami telah menyediakan paket yang bisa mengakomodir kebutuhan jamaah Haji dengan antara lain berupa tarif yang murah”, kata Roy Wisnhu Wibowo, GM Consumer Product XL.

XL Menawarkan tiga pilihan paket. Pertama, Paket Nelpon & SMS (50 menit nelpon dan 50 kirim SMS, masa aktif 40 hari, Rp 200rb), Paket Combo 20 Hari (Internet Unlimited, 50 menit nelpon dan 50 kirim SMS, masa aktif 20 hari, Rp 350rb), serta Paket Combo 40 Hari (Internet Unlimited, 50 menit nelpon dan 50 kirim SMS, masa aktif 40 hari, Rp 450rb). Untuk bisa dapat menikmati Paket Haji ini tersedia khusus bagi pelanggan XL prabayar, pelanggan dapat mengakses ke *123*747#, atau menggunakan aplikasi MyXL. Di Tanah Suci, pelanggan dapat menggunakan kuota nelpon untuk berkomunikasi baik ke tanah air, ke nomor telepon lokal Arab Saudi, maupun menerima panggilan telepon.

Dalam penyelenggaraan program layanan khusus jamaah Haji ini, XL Axiata bekerjasama dengan operator Arab Saudi, STC dan Zain.

Kelebihan dari XL adalah tariff komunikasi yang lebih murah. Untuk melakukan panggilan ke semua nomor Indonesia dan Arab Saudi, XL Axiata memberikan tarif terjangkau, hanya Rp 5.000/ menit. Menerima telepon hanya dikenakan tarif Rp 2.500/menit. Sementara untuk layanan internet dan Blackberry harian Rp 35.000/ hari.

Indosat Ooredoo

No Bill Shock! Tarif fix. Indosat menjamin tidak akan ada lonjakan pemakaian selama berada di Arab Saudi. Hal ini lah yang digembar-gemborkan oleh Indosat untuk paket khusus Haji 2017 ini.

Selama musim Haji 2017 ini jama’ah haji pengguna IM3 Ooredoo bisa menikmati berbagai benefit promo roaming selama di Arab Saudi berupa UNLIMITED INTERNET mulai Rp 39.900/hari, tarif khusus telpon dan SMS yang terjangkau dan beragam pilihan paket yang menarik untuk HEMAT telpon, SMS, dan internetan (3-in-1) mulai Rp 199.900.

Selain itu, tersedia juga tarif promo harian untuk menerima panggilan telepon, pelanggan dikenakan Rp3.000/menit, untuk melakukan panggilan telepon ke nomor Indonesia dan ke nomor lokal Arab Saudi dikenakan Rp6.000/menit. Sementara untuk kirim SMS ke seluruh nomor tujuan, pelanggan hanya membayar Rp1.500/sms, dan bebas biaya menerima SMS dari manapun. Pelanggan juga dapat menikmati internetan sepuasnya seharian hanya dengan Rp39.900 tanpa harus registrasi.

Yang berbeda dibandingkan dengan operator lain, Indosat menawarkan paket 20 hari dan 40 hari. Tentu ini akan mempermudah pelanggan Indosat untuk menentukan pilihan. Untuk mempermudah para pelangganya yang berangkat haji, XL melakukan kerjasama dengan Tokopedia, Alfamart dan Indomaret. (Icha)

Formula Tarif Data Bakal Membuat Industri Semakin Bergairah

0

Telko.id – Seminggu belakangan, industri telekomunikasi diramaikan dengan bocornya surat dari CEO Indosat Ooredoo yang dikirimkan pada Kemenkominfo. Isi nya tentang usulan agar pemerintah melakukan pengaturan tarif data bawah. Berkenaan dengan usulan tersebut Rudiantara menyebutkan bahwa pemerintah harus berada di titik optimal dalam melihat kepentingan industri telekomunikasi dan masyarakat sehingga ada keseimbangan.

“Harus ada kompetisi sehingga masyarakat mendapat opsi produk maupun layanan,” kata Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika dalam diskusi interaktif telekomunikasi pada hari ini. Mengambil tema “ Mencari tarif data yang ideal”.

Dalam diskusi ini dihadiri oleh Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat Oredoo, ketua ATSI (Asosiasi Telepon Selular Indonesia) Merza Fachys, Ketua KPPU (Komisi Pengawasan dan Persaingan Usaha), M Syarkawi Rauf, Komisioner BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia) Ketut Pribadi, dan juga Ketua Harian Lembaga Yayasan Konsumen Indonesia Tulus Abadi.

Lebih lanjut Rudiantara yang kerap dipanggil dengan Chief RA ini pun menambahkan bahwa “Harus ada kompetisi sehingga masyarakat mendapat opsi produk maupun layanan. Namun, Rudiantara menjelaskan bahwa tidak akan menetapkan floor price. Yang akan dilakukan adalah membuat formula tarif data yang memungkinkan operator masih mendapat ruang untuk bermanuver dalam berkompetisi.

Dalam kesempatan berikutnya, menurut Alexander Rusli pihaknya melihat positif diskusi mengenai tarif data karena apabila tidak ada langkah dukungan dari pemerintah sulit bagi operator menahan penurunan yield data yang terjadi dalam beberapa tahun ini. “Penurunan itu makin irrasional dan bisa menjadi tak prospektif lagi memberikan layanan data kepada masyarakat,” kata Alex. Padahal, Merza Fachys menambahkan bahwa potensi mobile broadband di Indonesia masih sangat besar. Tetapi, tetap mesti ada ekosistem yang mendukung pertumbuhan data seperti kompetitifnya operator.

Menyambut persoalan tarif data, Ketut menyatakan pihaknya akan segera mematangkan formula tarif sesuai amanat pasal 28 UU no.36 tahun 1999 tentang telekomunikasi. “Kami masih membahas internal, bulan depan akan mengumpulkan operator, dan kira-kira dalam 3-4 bulan Peraturan Menteri (PM) tentang formula tarif data akan keluar,” kata Ketut. Dalam menyusun formula tarif tersebut terdiri dari biaya elemen jaringan (network element cost) ditambah biaya aktivitas layanan retail (retail services activity cost) dan profit margin. Artinya, PM 9/2008 akan segera diperbarui untuk mengakomodir layanan data.

Yang juga menarik dalam diskusi ini adalah dalam jangka panjang persoalan konsolidasi operator dengan aksi korporasi akuisi atau merger bisa menjadi jawaban agar kompetisi antar operator seluler juga semakin sehat. “Konsolidasi akan membawa kompetisi antar operator menjadi lebih sehat,” kata Syarkawi Rauf.

Alexander Rusli membenarkan bahwa jangka panjang, opsi konsolidasi bisa memecahkan kebuntuan dalam hal tarif. “Tetapi dalam jangka menengah, persoalan tarif data juga butuh dukungan pemerintah agar industri tetap tumbuh,”. Operator butuh business return agar penambahan dan perawatan jaringan terjamin.

Chief RA juga membenarkan bahwa pihaknya mendorong dengan lebih kuat agar operator bisa melakukan konsolidasi. Dengan konsolidasi, ruang kompetisi diharapkan makin terbuka dan layanan ke masyarakat menjadi semakin baik.

Dari sudut pandang konsumen, menurut Tulus Abadi, tarif telekomunikasi baik voice, SMS maupun data seharusnya dikembalikan kepada apa yang dibutuhkan konsumen. Mereka membutuhkan layanan dengan kecepatan dan cakupan layanan yang besar, hingga kalau perlu menerapkan Standar Pelayanan Minimum agar ada standar yang disepakati bersama pada layanan yang diberikan oleh operator seluler. (Icha)

Apple Akhirnya Dapat Persetujuan FCC Untuk Test 5G

0

Telko.id – Apple akhirnya mendapatkan lisensi uji coba dari Federal Communications Commission atau FCC. Ijin tersebut untuk melakukan pengujian di high-band frequencies di California, minggu lalu. Hal ini merupakan gerakan pertama 5G vendor iPhone seperti dilansir oleh light reading.

Seperti dilaporkan sebelumnya, Apple Inc. berencana menguji sinyal 28GHz dan gelombang 39GHz (mmWave) di San Cupertino dan Santa Clara. Gelombang milimeter (30GHz-300GHz) diharapkan menjadi salah satu blok bangunan 5G, membantu operator untuk menghasilkan kecepatan gigabit per detik.

Di Amerika sendiri yang memiliki spectrum tersebut adalah Verizon Communications yang memiliki spektrum di 28GHz dan 39GHz. Lalu, AT & T memiliki lisensi 39GHz, dan T-Mobile US yang mengakuisisi beberapa lisensi 28GHz saat mengakuisisi MetroPCS. Spektrum 28GHz ini juga diharapkan bisa digunakan di Jepang dan Korea Selatan untuk 5G. Teknologi ini juga akan disampaikan dalam frekuensi “sub6” yang disebut, dengan menggunakan teknik radio lanjutan yang sama, yang dapat merentang dari 600MHz menjadi 3.5GHz.

Salah satu blok bangunan 5G, millimeter wave yang merupakan high-band spectrum – 30GHz sampai 300GHz – yang dapat memberikan kecepatan data yang tinggi. Di mana smart Array antenna dan radio beam steering akan membantu meningkatkan kecepatan data di atas 1 Gbit / s dan mengatasi masalah rentang dan propagasi untuk menghasilkan 5G, atau paling tidak, itulah teorinya.

“Apple berusaha untuk menilai kinerja link seluler di direct path dan multipath antara pemancar dan penerima stasiun pangkalan menggunakan spektrum ini,” kata perusahaan tersebut dalam aplikasi tersebut.

Apple mengatakan bahwa mereka menggunakan unit dari A.H. Systems, Analog Devices Inc. (NYSE: ADI) dan Rhode and Schwartz dalam tes tersebut.

Sebelumnya, Apple pernah menjelaskan bahwa dalam tahap awal project nya dengan 5G ini konsentrasi pada mmWave 5G yang diharapkan pada 2018 sudah siap. Apple juga menjelaskan bahwa masalah baterai sangat penting untuk smartphone 28GHz.

Selanjutnya, semua pengujian 39GHz untuk 5G sejauh ini tampaknya tetap berada di ranah nirkabel. Ini menunjukkan bahwa iPad 5G, atau bahkan mungkin router rumahan, bisa menjadi produk pertama yang dikembangkan oleh Apple menggunakan teknologi nirkabel generasi berikutnya.

Namun banyak pihak yang melihat bahwa Apple tidak mungkin mendahului Samsung dalam meluncurkan iPhone mmWave. Pasalnya, perusahaan asal Korea sudah jauh lebih dahulu melakukan uji coba mmWave. Walau demikian, dengan adanya Apple dalam arena 5G ini akan memberikan nuansa persaingan yang lebih ketat.  (Icha)