spot_img
Latest Phone

Facebook Gelar Tiga Hari Festival bertajuk Nyasar ke Dimensi Facebook, Ini Targetnya

Telko.id – Facebook Indonesia siap meramaikan akhir pekan ini...

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...
Beranda blog Halaman 1407

Menkominfo Resmikan BTS 4G Di Tolo’oi Sumbawa Demi Kemajuan Pertanian Daerah

0

Telko.id – Dengan adanya pembanguan Base Tranciever Station (BTS) 4G maka sebuah daerah akan menjadi lebih maju. Itu sebabnya, pemerintah, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan informatika giat membangun BTS 4G di daerah. Salah satu yang baru saja diresmikan adalah di Tolo’oi Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Harapannya, melalui BTS yang telah dibangun, diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi serta dapat mempromosikan hasil produksinya secara cepat, termasuk pertanian.

“Jika sebelumnya, masyarakat hanya bisa menelepon dan kirim SMS, tapi sekarang sudah bisa kirim foto, bisa menggunakan medsos. Apalagi mau panen jagung, sekarang bisa dipotret saja, dan tunjukkan ini siap dipanen, itu salah satu manfaatnya,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara baru saja meresmikan Tower Telekomunikasi atau BTS 4G di Desa Tolo’oi Kecamatan Tarano Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (17/3/2018).

Pemerintah sendiri memang memiliki program untuk mengurangi kesenjangan akses telekomunikasi di daerah-daerah terpencil dengan membangun BTS 4G. Hal itu ditegaskan Menteri Rudiantara sesuai dengan visi Nawacita pemerintah pusat nomor tiga yang mengutamakan pembangunan di daerah pinggiran.

Menteri Rudiantara menyatakan Tower BTS di Desa Tolo’oi merupakan salah satu tower yang dibangun pemerintah, lantaran desa ini baru saja mendapatkan sinyal seluler. Pembangunan masih akan dilanjutkan pada 5.200 desa lainnya di seluruh Indonesia. “Desa Tolo’oi desa yang baru saja mendapat sinyal. Masih ada ribuan desa yang belum dapat sinyal, ini pekerjaan rumah untuk kita,” ungkapnya.

Dari lebih 5 ribu BTS yang akan dibangun, menurut Menteri Kominfo sebanyak 3700 desa masuk dalam kategori desa tertinggal 3T (terdepan, terpencil, tertinggal). Desa di kawasan 3T sebelumnya belum dilalui jaringan seluler, karena dianggap tidak layak karena tidak memberikan keuntungan dari sisi bisnis oleh operator seluler.  Namun, ditegaskan Menteri Rudiantara, pemerintah tidak memikirkan untung rugi. Seluruh desa yang belum memiliki sinyal akan dibangun tower.

Pembangunan ini ditargetkan rampung pada 2019 mendatang, termasuk 1500 desa yang tidak tergolong desa 3T.

“Dalam merealisasikan hal tersebut, Kemkominfo bersama dengan BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika) untuk memetakan daerah yang perlu dibangun. Selain itu, terdapat sejumlah korporasi yang digandeng oleh Kementerian Kominfo. Sebelum 2020 tidak ada desa di Indonesia yang belum punya jaringan sinyal seluler, satu desa satu BTS,” tegasnya.

Mengenai fasilitas penunjang seperti listrik, pemerintah pusat mengalokasikan dana subsidi yang dioperasikan oleh operator seluler. Menteri Kominfo berpesan agar fasilitas yang dibangun ini digunakan secara positif.

Mewakili masyarakat, Wakil Bupati Sumbawa H. Mahmud Abdullah menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat membangun fasilitas jaringan seluler di Desa Tolo’oi. Menurut Mahmud, fasilitas ini begitu penting, tidak hanya di Tolo’oi tapi di 7 desa lainnya yang juga ikut dibangun.  Seperti Desa Senawang Kecamatan Orong Telu, Desa Sempe Kecamatan Moyo Hulu, Desa Mata, Desa Tolo’oi Kecamatan Tarano. Lalu Desa Takampulit, Desa Bao Desa Kecamatan Batulanteh serta Desa Emang Lestari Kecamatan Lunyuk.

“Atas bantuan Bapak Menteri, kami atas nama pemerintah daerah dan masyarakat mengucapkan terima kasih yang tak terhingga. Saya merasa sangat gembira,” ucapnya.

Ia berharap, bantuan dari pemerintah dapat lebih besar lagi lantaran masih banyak wilayah di Kabupaten Sumbawa yang masih tergolong daerah terpencil. “Melalui kesempatan baik ini, sekali lagi saya mengucapkan terimakasih. Seperti yang bapak liat, masih banyak wilayah kami yang masuk daerah terpencil. Kami berharap, perhatian ke daerah kami dapat lebih besar lagi,” sampainya.

Ucapan terima kasih juga datang dari Anggota Komisi I DPR RI Syafrudin. Syafrudin mengatakan, pembangunan di daerah Sumbawa khususnya dalam bidang komunikasi, membuat wilayah terpencil di daerah ini dapat setara dengan wilayah lainnya yang lebih maju.

Pembangunan ini, katanya, merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah pusat yang benar-benar fokus dalam memperhatikan pengembangan daerah tertinggal. “Saya berterima kasih pada pemerintah pusat khususnya mitra kami di Kominfo, bahwa hari ini kami nun jauh dari kota tapi kami bisa seperti masyarakat di kota. Ini menunjukkan kepedulian pemerintah pusat, jadi sampaikan salam kami, keluarga saya khususnya warga Kecamatan Torana pada bapak presiden. Terima kasih atas perhatiannya pada kami yang jauh dari Jakarta ini,” ucap Syafrudin.

Untuk menguji layanan telekomunikasi sinyal 4G, dalam acara ini dilaksanakan video conference antara Menkominfo Rudiantara dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani di Jakarta. Menkominfo juga menyaksikan penyerahan bantuan CSR (Corporate Social Responsibilty) kepada warga setempat yang dilakukan secara simbolis.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Bupati Sumbawa H. Mahmud Abdullah, Anggota Komisi I DPR RI Syafrudin, Dirut BAKTI Anang Latief, Direksi Telkomsel, Direksi SEI (Surya Energi Indotama), para Camat, Kepala Desa, tokoh masyarakat, dan warga setempat. (Icha)

 

Hari Raya Nyepi Internetpun Dihentikan, Kecuali?

0

Telko.id – Demi kenyamanan dan kelancaran Hari Raya Nyepi, operator telekomunikasi seluler yang tergabung dalam ATSI sepakat untuk mendukung Surat Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 378 Tahun 2018 untuk mengghentikan layanan internet selasa 24 jam. Berlangsung pada tanggal 17 Maret 2018 pukul 06.00 WITA sampai dengan 18 Maret 2018, pukul 06.00 WITA.

“Namun, operator juga sepakat akan tetap menjaga kualitas layanan akses internet untuk obyek-obyek vital serta layanan kepentingan umum lainnya yang menurut sifatnya harus tetap berlangsung”, demikian dinyatakan oleh Merza Fachys sebagai Ketua Umum ATSI.

Adapun, dalam mensosialisasikan pada masyarakat, operator pun sudah sepakat untuk melakukan pengiriman SMS Blast, maupun pemberitahuan pada laman atau situs masing-masing operator.

Selain itu juga akan melakukan pengamanan secara teknis agar layanan internet di tempat-tempat obyek vital semaksimal mungkin tetap dapat terjaga dengan baik. Obyek vital dimaksud meliputi antara lain rumah sakit, pemadam kebakaran, layanan ambulance, SAR, Stasiun BMKG, Instalasi TNI dan POLRI, BPBD.

Operator telekomunikasi pun akan berupaya agar pelaksanaan penutupan dan penghidupan kembali layanan internet, dapat dilaksanakan dalam koridor waktu selama 24 (dua puluh empat) jam.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, Operator telekomunikasi seluler penyedia layanan internet menghimbau kepada masyarakat yang berada di Provinsi Bali untuk menggunakan layanan akses internet secara lebih bijaksana sehingga ketenangan ibadah, kekhusukan serta kesakralan Hari Raya Nyepi bagi Umat Hindu di Bali dapat tetap terpelihara dengan baik dan lancar. (Icha)

Layanan Cloud Data Center Percepat UMKM dan startup Masuk Industri Digital

0

Telko.id – Alibaba Cloud baru saja diresmikan. Keberadaan pusat data pertama milik Alibaba di Indonesia diharapkan mampu mempercepat UMKM dan Startup masuk ke industry digital. Hal ini disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara saat meresmikan operasional Data Center Alibaba Cloud, di Jakarta, Kamis (15/03/2018).

Rudiantara pun menyambut baik beroperasinya pusat data (datacenter) pertama milik Alibaba di Indonesia. Apalagi Indonesia merupakan pasar luas bagi industri digital dan akan makin berkembang cepat dengan keberadaan layanan pusat data berbasis cloud.

Menteri Kominfo menilai keberadaan pusat data itu akan membantu pelanggan di Indonesia dalam hal kecepatan akses data (low latency) serta memenuhi kewajiban menyimpan dan mengolah data di dalam negeri.

“Keberadaan data center ini bisa ikut membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan startup di Indonesia untuk mempercepat pertumbuhan bisnis,” ungkapnya optimistis.

Menteri Rudiantara menyatakan Indonesia sangat terbuka dengan kehadiran perusahaan komputasi awan dari luar negeri yang ingin mengoperasikan data center di Indonesia. Tentunya dengan mematuhi aturan yang berlaku serta melibatkan talenta-talenta lokal.

“Boleh saja datang dan berbisnis di Indonesia, tapi harus taat membayar pajak dan sebagainya. Jangan lupakan juga kemampuan generasi muda Indonesia yang lebih baik dari pendahulunya. Mereka juga harus dikedepankan,” harapnya.

Harapan Menteri Kominfo disambut oleh Alibaba Cloud dengan komitmen melibatkan sumberdaya manusia Indonesia. “Sehingga bisa membantu memberikan layanan dalam bahasa Indonesia dan menyesuaikan produk dan layanan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” kata Alex Li, General Manager Alibaba Cloud untuk Asia Pasifik.

Alex menyebut Alibaba Cloud memiliki posisi unik dalam pemahaman budaya dan konteks wilayah. “Sebagai satu-satunya penyedia layanan cloud global yang berasal dari Asia, Alibaba Cloud memiliki pemahaman budaya dan konteks wilayah, sehingga dapat menyediakan solusi data intelligence dan kemampuan komputerisasi inovatif bagi semua pelanggan di wilayah ini,” tambahnya.

Dalam acara itu, Alibaba Cloud mengumumkan Inkubasi Ekosistem Internet dalam Program Alibaba Cloud Certified Professional (ACP) ke Indonesia. Dalam setahun, program itu menargetkan  pelatihan 300 peserta dan memberikan sertifikasi kepada 100 orang ahli bidang cloud dari Indonesia.

“Program ini akan memberikan pembekalan ilmu seputar teknologi terbaik kepada pengusaha dan talent lokal, khususnya mengenai komputasi awan, big data, dan keamanan,” jelasnya. (Icha)

 

 

Perluas Segmen, Ambasador XL Prioritas pun Diganti

0

Telko.id – XL baru saja meluncurkan produk terbarunya yakni Paket MyPrio. Sejalan dengan peluncurkan produk tersebut, XL juga mengganti ambasadornya. Yang dulu Hamish daud dipasangkan dengan Dian Dian Sastrowardoyo, kini berganti pasangan dengan Maudy Ayunda.

Pergantian brand ambassador XL Prioritas ini diharapkan mampu memperkuat lagi brand XL Prioritas di masyarakat Indonesia. Dan pada akhir tahun nanti, XL berharap mampu ‘menggaet’ pelanggan baru hingga nantinya mencapai 1 juta pelanggan paskabayar.

Maudy Ayunda dipilih sebagai wajah baru dari XL PRIORITAS karena  citra Maudy yang telah dikenal luas sebagai seorang “anak muda yang cerdas, kreatif dan mampu menjadi inspirasi bagi generasi millenial. “Dia diharapkan mampu membentuk citra layanan PRIORITAS yang baru sebagai layanan komunikasi yang mendukung produktivitas anak-anak muda ini sekaligus melengkapi citra yang sebelumnya telah dibangun oleh Dian Sastrowardoyo dan Hamish Daud. Jadi siapa pun pelanggannya, apa pun pilihan gaya hidupnya, XL PRIORITAS berkomitmen untuk memberikan layanan komunikasi yang lebih baik (#JadiLebihBaik),” kata Lyra Filiola, Group Head Premium Product XL Axita pada peluncuran paket baru XL Prioritas dan perkenalan brand ambassador di Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Lyra juga menambahkan, bahwa duet Hamis Daud dengan Maudy Ayunda ini XL mengincar kalangan lintas segmen.

“Pemilihan Maudy ini untuk representasi segmen yang berbeda dari Hamish Daud, mengincar segmen yang berbeda dengan target 23-35 tahun. Setelah kita lakukan riset, kandidat yang cocok itu Maudy,” tutur Lyra mengenai pemilihan Maudy Ayunda jadi brand ambassador XL Prioritas.

“Sementara untuk Hamish Daud secara personal untuk orang yang menyukai petualangan dan aktif ke daerah-daerah. Pemilihan segmen Maudy Ayunda dan Hamish Daud untuk merepresentasikan segmen yang berbeda,” kata Lyra menambahkan. (Icha)

 

 

XL Berikan Kuota Besar Tanpa Membedakan Jaringan 

0

Telko.id – Menurut Chief Premium Segment Officer XL Axiata, Rashad Javier Sanchez, di pasar banyak yang menawarkan paket kuota data yang besar. Tapi, banyak syarat dan ketentuannya. Seperti hanya bisa digunakan pada malam hari atau bahkan ada juga yang membatasi kuota data untuk dijaringan 3G/4G atau 4.5G.

Melihat fenomena itulah, akhirnya XL mengeluarkan paket MyPrio terbarunya. Salah satunya adalah menggabungkan semua jaringan 3G/4G dan 4,5G dalam satu kuota besar tanpa ada pembagian lagi selama 24 jam. Harapannya, pelanggan akan bisa lebih optimal dalam mengakses layanan data untuk meningkatkan produktivitasnya.

Langkah ini dilakukan karena XL ingin ‘menggeber’ penambahan jumlah pelanggan paskabayarnya. Yang saat ini pelanggan paskabayar XL Prioritas sudah mencapai 800 ribu pengguna.

“Kami percaya, peningkatan jumlah pelanggan ini lebih karena faktor kepuasan pelanggan atas kualitas layanan yang mampu dihadirkan oleh XL Prioritas. Sebagian besar pelanggan merupakan orang-orang yang produktif dan memang membutuhkan sarana akses data yang lebih maksimal,” kata Allan Bonke, Direktur Komersial XL Axiata saat peluncuran Paket MyPrio.

Tak heran, dengan adanya paket ini, Rashad berharap bahwa setiap bulan ada kenaikan jumlah pelanggan 3-4 %. Setidaknya, dengan kenaikan sebesar itu, XL menargetkan akan mencapai 1 juta lebih pelanggan XL Prioritasnya.

Dalam paket Prio terbaru ini, ada 5 pilihan tipe paket berserta manfaat yang dapat dipilih oleh pelanggan. Kelima paket masing-masing adalah myPRIO Silver 12GB Rp 100 ribu, myPRIO Gold 20 GB Rp 150 ribu, myPRIO Platinum 30 GB Rp 250 ribu, myPRIO Diamond 50 GB Rp 450 ribu, dan myPRIO Ultima Unlimited Rp 888 ribu. Dengan masing-masing paket, pelanggan bisa mengakses data di semua jaringan XL Axiata dan mendapatkan unlimited nelpon ke sesama XL dan AXIS, kuota besar untuk nelpon ke operator lain, serta worry free SMS ke semua operator.

Hingga akhir April 2018 untuk pelanggan yang berlangganan paket Prio dengan periode berlangganan selama 3-6 bulan akan mendapatkan potongan harga sebesar 50%.

Tidak hanya itu. khusus mulai dari Paket myPRIO Platinum, Diamond dan Ultima, masing-masing juga masih memberikan manfaat lainnya berupa 1 hari, 3 hari, dan 5 hari gratis roaming pass yang dapat digunakan saat berada di luar negeri dan melakukan akses international roaming di Jepang, Singapura, Malaysia, China dan 40 negara lainnya.

Kenyamanan pelanggan XL PRIORITAS juga didukung dengan kualitas jaringan melalui lebih dari 100 ribu BTS. Sekitar 65% di antaranya merupakan BTS 3G dan 4G untuk mendukung layanan data. Peningkatan jaringan BTS 3G dan 4G terus dilakukan selaras dengan fokus XL Axiata untuk menjadi perusahaan penyedia layanan koneksi data pilihan di Indonesia.

Layanan Data XL Axiata telah menjangkau sekitar  93% dari total populasi penduduk Indonesia, sedangkan layanan 2G telah mampu menjangkau lebih dari 93% populasi. (Icha)

UI Jadi Pilot Project Inovasi NB-IoT Bike Sharing Telkomsel

1

Telko.id – salah satu pengembangan Internet of Things adalah transportasi selain smart city dan smart home. Telkomsel sebagai salah satu operator di Indonesia cukup agresif mengimplementasikan IoT ini di Indonesia. Setelah Telkomsel FleetSight untuk corporate, dan T-Bike, operator ini pun melakukan pengembangan IoT untuk transportasi lain yakni Sepeda Kuning atau Spekun, sebuah konsep bike sharing di Universitas Indonesia.

Kali ini, Telkomsel menggunakan teknologi NB-IoT (Narrowband Internet of Things). Bahkan, diklaim bahwa project CSR Telkomsel ini menjadi yang pertama di Indonesia yang dilakukan secara komersialisasi. Uji coba yang diimplementasikan untuk konsep bike sharing di Universitas Indonesia (UI) ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Telkomsel dalam mengakselerasi terbentuknya ekosistem IoT di Indonesia, seiring pesatnya perkembangan IoT di masa mendatang.

NB-IoT merupakan teknologi telekomunikasi terbaru yang dirancang secara khusus agar komunikasi antar mesin yang semakin masif dengan coverage jaringan telekomunikasi yang semakin luas dapat dilakukan secara efisien, serta penggunaan daya pada perangkat pengguna semakin hemat. Teknologi radio akses NB-IoT, yang merupakan salah satu jenis teknologi jaringan Low Power Wide Area (LPWA), memungkinkan perangkat beroperasi hingga bertahun-tahun tanpa pengisian daya ulang baterai sehingga sangat menghemat biaya. Teknologi ini juga mampu menghasilkan kapasitas koneksi yang masif untuk solusi dan aplikasi berbasis IoT.

“Telkomsel secara konsisten terus meningkatkan kesiapan teknologi dan jaringan untuk menghadapi tren IoT yang sedang berkembang secara global. Uji coba hari ini menunjukkan bagaimana NB-IoT dapat digunakan untuk menghubungkan jutaan sensor yang mendukung produktivitas bisnis dan kualitas hidup. Hal ini sejalan dengan visi kami untuk melakukan transformasi digital dan senantiasa menjadi yang terdepan dalam menerapkan perkembangan teknologi seluler terkini yang akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia di masa depan,” kata Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel saat peresmian Bike Sharing di Universitas Indonesia, Depok pada Rabu (14/03).

Ririek lebih lanjut menjelaskan, “Uji coba bike sharing ini merupakan bagian dari pengembangan teknologi NB-IoT yang kami lakukan untuk melengkapi teknologi IoT yang telah diimplementasikan sebelumnya sebagai kelanjutan dari inovasi platform FleetSight dan Connectivity Control Center Telkomsel yang sudah hadir terlebih dahulu.”

Bekerja sama dengan UI sebagai salah satu institusi pendidikan terkemuka di Indonesia, Telkomsel mendemonstrasikan pengembangan uji coba bike sharing pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi NB-IoT. Bike sharing adalah sebuah konsep layanan peminjaman sepeda kepada publik dalam jangka waktu tertentu dari satu titik lokasi ke titik lokasi lainnya. Teknologi yang diterapkan pada ekosistem sepeda kuning (Spekun) di kampus UI Depok tersebut adalah teknologi bike sharing generasi keempat plus (4+) yang merupakan penyempurnaan dari sistem bike sharing generasi keempat. Teknologi ini merevolusi sistem bike sharing manual generasi sebelumnya.

Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., dalam sambutannya mengatakan bahwa UI bangga menjadi kampus pertama penerapan sistem bike sharing generasi 4+ ini. “Untuk mewujudkan visi smart & green campus, penerapan teknologi pada jenis transportasi umum seperti Spekun memang memegang peranan penting. Sebagai salah satu kampus yang menyediakan ekosistem transportasi sepeda dengan lengkap, kami dengan senang hati menerima implementasi  teknologi terbaru dari Telkomsel ini,” ujarnya.

Konsep yang ditawarkan dalam bike sharing generasi 4+ ini adalah peminjaman sepeda berbasis aplikasi smartphone, dengan didampingi penyediaan tiang atau dock parkir berbasis radio-frequency identification (RFID) sehingga sepeda hanya bisa diparkirkan pada dock parkir tersebut. Penggunaan aplikasi memudahkan konsumen dalam meminjam sepeda, sedangkan parkiran khusus menjaga sisi keamanan dan kerapian penempatan sepeda.

Aplikasi yang dipakai dalam sistem Spekun adalah aplikasi Android “Spekun” yang dilengkapi dengan perangkat smartLock yang dibenamkan pada sepeda. Sistem ini sudah kompatibel dengan teknologi konektivitas NB-IoT yang memungkinkan seluruh Spekun berkomunikasi dengan server operator sepeda secara efisien, sehingga sistem operasi Spekun dapat berjalan dengan efektif. Dari sisi pengguna, penggunaan aplikasi ini memudahkan pengguna dalam melacak ketersediaan jumlah Spekun yang ada di dock terdekat dengan pengguna.

Pada uji coba bike sharing di UI, pengguna membuka aplikasi Spekun terlebih dahulu, setelah itu aplikasi akan secara otomatis mendeteksi lokasi pengguna dan tiang docking bike sharing terdekat beserta jumlah ketersediaan Spekun di tiang tersebut.

Ketika sampai di tiang sepeda, pengguna melakukan scan QR code pada bagian keranjang depan sepeda melalui aplikasi Spekun, setelah itu smartlock akan terbuka secara otomatis dan sepeda siap digunakan. Setelah selesai menggunakan sepeda, pengguna dapat mencari tiang bike sharing terdekat. Sesampainya di tiang tersebut, pengguna mendekatkan dan mendorong sepeda pada tiang tersebut dan smartlock akan terkunci secara otomatis.

Sistem bike sharing generasi 4+ ini merupakan hasil kolaborasi Telkomsel dengan Banopolis sebagai penyedia sistem bike sharing dan Huawei sebagai penyedia infrastruktur jaringan dan teknologi NB-IoT. Uji coba bike sharing di UI menggunakan teknologi radio akses NB-IoT yang sepenuhnya memenuhi standar 3GPP dan beroperasi pada frekuensi 900 MHz. Untuk tahap awal, Telkomsel bersama mitra mengimplementasikan solusi bike sharing di UI untuk tiga stasiun bike share, 20 sepeda, dan 40 tiang dock parkir.

Kebutuhan sepeda secara ideal untuk UI adalah 840 unit. Namun, tahap awal ini menjadi pembelajaran juga untuk project ini dan akan disesuaikan dengan kebutuhan. Setelah itu, baru akan ditambah lagi unit baru secara bertahap. Di mana, usai lebaran nanti akan ada tambahan 200 unit dari dana CSR Telkomsel dan dilanjutkan lagi 200 unit dari Bank BNI, hingga sampai awal 2019 mendatang akan dicarikan lagi perusahaan yang akan mendukung sehingga sesuai dengan target yang dibutuhkan. (Icha)
 

 

 

Ini Dia Cara Cek Nomor Registrasi Prabayar Semua Operator

0

Telko.id – Dirjen Ramli menyampaikan meski muncul isu kebocoran data, namun hal tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap antusiasme masyarakat untuk melakukan registrasi kartu seluler prabayar.

Tercatat hingga Rabu (14/3/2018) pukul 07.00 WIB sudah 351.595.558 kartu yang berhasil registrasi. Jumlah pelanggan yang melakukan registrasi dikatakan Dirjen PPI terus meningkat. “Isu kebocoran data ternyata tidak menyurutkan minat publik untuk registrasi. Jumlah yang terus naik ini menunjukkan bahwa isu ini tidak berpengaruh signifikan terhadap antusiasme masyarakat melakukan registrasi kartu prabayar,” jelasnya.

Dirjen Ramli juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan Fitur Cek Nomor yang bertujuan untuk mengetahui NIK dan KK yang dimiliki pelanggan terdaftar di berapa nomor. Berikut ini merupakan link website, USSD dan SMS yang disediakan oleh masing-masing operator untuk Fitur Cek Nomor:

 

  1. Telkomsel

Website: https://telkomsel.com/cek-prepaid

USSD:  *444#

2. Indosat

Website: https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index

SMS: ketik  INFO#NIK kirim ke 4444

3. XL Axiata

USSD : *123*4444#

4. H3I

Website: https://registrasi.tri.co.id

5. Smartfren

Website:  https://my.smartfren.com/check_nik.php

Apabila saat dilakukan pengecekan ditemukan adanya penggunaan NIK dan KK secara tanpa hak, maka pelanggan bisa meminta operator untuk melakukan pemblokiran dengan mendatangi gerai operator dengan membawa KTP dan KK yang dimiliki.

Berdasarkan data Kemkominfo, tercatat hingga Rabu (13/3/218) pukul jam 07.00 WIB pagi tadi sudah 351.595.558 kartu seluler prabayar teregistrasi.

“Terima kasih kepada masyarakat yang sudah registrasi. Karena jumlah yang terus naik menunjukan isu (kebocoran data) ini tidak berpengaruh secara signifikan,” tutur Ramli. (Icha)

 

 

 

 

Registrasi Kartu Prabayar Aman dan Terjamin, Tidak Ada Kebocoran Data

0

Telko.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan bahwa tidak terjadi kebocoran data dalam proses registrasi kartu prabayar yang telah dilakukan sejak 31 Oktober 2017 sampai 28 Februari 2018.

“Tidak ada kebocoran data, juga isu penjualan data ke negara asing, semuanya tidak benar. Pak Menteri (red:Menteri Kominfo) juga telah membantah soal penjualan data ke negara asing melalui twitter. Data registrasi ini tidak bisa diutak atik, database nya ada di Kemendagri, operator hanya melakukan validasi,” jelas  Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ahmad M. Ramli pada Forum Merdeka Barat 9 “Registrasi Data Kartu Telepon:Aman dan Terjamin” di Ruang Serba Guna Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Keamanan data pelanggan sendiri dijamin dalam Undang-Undang Administrasi Kependudukan, Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan Peraturan Menteri tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. Sementara dari sisi operator ada kewajiban sertifikasi ISO 27001 untuk keamanan informasi dalam pengelolaan data Pelanggan.

“Yang terjadi di lapangan adalah penyalahgunaan data NIK dan KK bukan kebocoran database. Kemendagri punya standar ketat begitu juga operator memiliki standar ISO 27001. Kata-kata kebocoran data terlalu tendensius, karena sebenarnya yang terjadi adalah penyalagunaan NIK dan KK,” tambah Dirjen Ramli.

Lebih lanjut Dirjen Ramli menyatakan saat ini Kementerian Kominfo, Kementerian Dalam Negeri dan Mabes POLRI sedang melakukan proses penyelidikan. “Terdapat laporan dan data hasil monitoring terkait pelanggaran registrasi/aktivasi kartu dengan menggunakan NIK dan Nomor KK tanpa hak. Terhadap hal itu, sedang dilakukan proses penyelidikan,” ungkapnya.

Berkaitan dengan data registrasi kartu prabayar, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri mengatakan bahwa data-data kependudukan pelanggan yang melakukan registrasi terlindungi dengan baik dan pengamanannya dilakukan secara ketat melalui saluran khusus jaringan Virtual Private Network host to host untuk memonitor akses data. Kemendagri juga memastikan bahwa tidak boleh ada suatu lembaga mengakses data yang bukan peruntukannya.

“Saya ambil hikmah positif dari pemberitaan kebocoran data ini, membuat kami menjadi hati-hati.

Data di cek setiap saat, dan ada 3 (tiga) kali proses pemindaian sidik jari. Dukcapil gunakan sistem host to host  melalui VPN. Kami juga menepis isu adanya jual data, data yang digunakan dalam proses registrasi ini hanya NIK dan KK, jika data sesuai maka registrasi valid,” ungkap Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh

Kementerian Komunikasi dan Informatika juga mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dalam melindungi data pribadinya. Banyak masyarakat dengan mudah memberikan atau memindahtangankan data pribadinya kepada pihak lain baik yang dilakukan secara sadar maupun tidak.

“Selain itu literasi terhadap aspek keamanan dalam melakukan aktivitas di dunia maya juga perlu ditingkatkan, karena sampai saat ini begitu banyak Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) yang dengan mudah dapat kita temui di internet,” tambahnya. (Icha)

 

 

 

 

 

Ayo Cek Data Registrasi Kartu Prabayar

0

Telko.id – Sebelumnya, Kemkominfo mengumumkan akan menyiapkan sebuah layanan yang memungkinkan pelanggan kartu prabayar mengecek apakah data kependudukan mereka dipakai orang lain. Mekanisme layanan ini adalah melalui SMS maupun situs web.

Dengan layanan ini, pengguna bisa tahu apakah benar NIK miliknya hanya digunakan untuk meregistrasi kartu SIM mereka atau dimanfaatkan orang lain untuk meregistrasi kartu SIM lain.

Jika terbukti nomor tidak dikenal yang diregistrasi atas NIK pelanggan, pemilik sah NIK bisa membatalkan registrasi (unregister/unreg) nomor orang lain yang terdaftar atas nama si pemilik NIK bersangkutan.

Pembatalan dilakukan pelanggan melalui gerai operator yang bersangkutan dengan membawa dokumen pendukung.

Untuk pelanggan Indosat Ooredoo yang telah melakukan registrasi ulang kartu prabayar, dapat melakukan cek nomor nya melalui layanan Fitur Cek Nomor yang bisa diakses melalui 2 cara yaitu pertama melalui SMS: ketik INFO#NIK kirim ke 4444 dan kedua melalui akses ke: http://im3.do/registrasi.

Melalui layanan Fitur Cek Nomor ini, pelanggan bisa melakukan pengecekan secara langsung sudah berapa nomor yang terdaftar menggunakan data NIK dan No. KK yang dimilikinya. Bila pelanggan menemukan adanya indikasi penggunakan datanya oleh pihak lain, maka pelanggan bisa datang ke Gerai Indosat Ooredoo untuk melakukan pengaduan dengan membawa data identitas asli serta menunjukkan bukti otentik tentang adanya penggunaan datanya oleh pihak lain. Indosat Ooredoo akan segera melakukan pemblokiran terhadap nomor-nomor pihak lain yang telah menyalahgunakan data dari pelanggan tersebut.

“Untuk menghindari adanya potensi penyalahgunaan data oleh pihak lain, kami sangat mengimbau pelanggan agar dapat melakukan registrasi ulang kartunya secara mandiri baik melalui SMS ataupun website. Dan kami juga mengimbau partisipasi aktif pelanggan untuk dapat memanfaatkan layanan Fitur Cek Nomor, sehingga bila ada pihak lain yang memanfaatkan datanya, dapat segera kami tindaklanjuti untuk proses pemblokiran,” demikian ditambahkan Deva Rachman.

Bagi pelanggan yang melakukan registrasi, pelanggan dapat melakukan sendiri registrasi ulang ini (mandiri) demi keamanan dan kenyamanan pelanggan terhadap potensi data-datanya diketahui oleh pihak lain serta untuk menghindari pemblokiran layanan secara bertahap yang sudah mulai berlaku sejak 1 Maret 2018 sampai dengan 31 Maret 2018. Selain melakukan registrasi ulang sendiri, pelanggan juga bisa datang ke gerai Indosat Ooredoo bila memerlukan bantuan dalam proses ini.

“Kami mengimbau kepada para pelanggan kartu prabayar Indosat Ooredoo untuk segera melakukan registrasi ulang kartu prabayarnya, sehingga pelanggan dapat terus menikmati layanan telekomunikasi kami dengan aman dan nyaman,” demikian disampaikan Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo.

Pelanggan disarankan untuk dapat melakukan registrasi ulang secara mandiri dengan mengirimkan SMS dengan format: ULANG#NIK#No.KK# dan kirim ke 4444 atau dengan mengakses website http://im3.do/registrasi. Bila pelanggan mengalami kesulitan, bisa datang ke Gerai Indosat Ooredoo terdekat untuk dibantu dilakukan registrasi ulang dengan tetap menjaga keamanan data pribadi yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Seperti diketahui bersama, program registrasi ulang kartu prabayar diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (PM Kominfo) Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi sebagaimana telah diubah dalam PM Kominfo No. 14 Tahun 2017 dan PM Kominfo No. 21 Tahun 2017. PM tersebut merupakan upaya Pemerintah dalam mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan, terutama pelanggan prabayar. Hal ini juga merupakan komitmen Pemerintah dalam upaya memberikan perlindungan kepada konsumen juga untuk kepentingan national single identity. (Icha)

 

Bank Danamon Bareng DOKU Hadirkan Layanan Dompet Digital

0

Telko.id – Bank Danamon Indonesia menghadirkan D-Wallet, yang merupakan jasa layanan elektronik berbasis server, melalui kerjasama co-branding dengan Nusa Satu Inti Artha (DOKU). Dengan adanya D-Wallet, nasabah maupun non-nasabah Bank Danamon memiliki “dompet digital” dalam bentuk aplikasi smartphone yang dapat digunakan untuk melakukan belanja atau pembayaran online maupun offline. D-Wallet juga memungkinkan transaksi online seperti belanja melalui situs e-commerce bagi yang tidak memiliki rekening bank maupun kartu kredit.

“Layanan D-Wallet menjawab lifestyle masyarakat saat ini yang lebih memilih berbelanja dan melakukan transaksi secara digital. Dengan D-Wallet, masyarakat lebih leluasa dan nyaman dalam melakukan pembelian dan pembayaran elektronik, termasuk mereka yang tidak punya rekening perbankan atau kartu kredit,” kata Michellina Triwardhany, Direktur SME, Consumer Banking dan Branch Network Bank Danamon.

Michellina menambahkan bahwa kemudahan adalah bagian dari komitmen Bank Danamon untuk meningkatkan kualitas layanan sekaligus memberikan nilai tambah bagi nasabah maupun masyarakat luas. Inisiatif ini juga mendukung gerakan non-tunai yang ditetapkan Pemerintah serta menambahkan akses terhadap layanan perbankan bagi yang belum mendapatkannya.

Melalui aplikasi D-Wallet, pengguna diantaranya dapat melakukan pembelian voucher kuliner, produk investasi, serta pembelian di seluruh merchant-merchant online yang telah bekerjasama dengan DOKU seperti AliExpress, Lazada dan lain-lain. D-Wallet dapat digunakan untuk pembelian secara offline serta melayani tarik tunai atau cash-out melalui gerai-gerai minimarket seperti Alfamart, Alfamidi, Lawson serta Dan+Dan. Pemegang D-Wallet juga dapat melakukan pembayaran berbagai tagihan seperti BPJS dan PDAM.

Selain pembelian dan pembayaran, D-Wallet memiliki fitur transfer dana ke pengguna D-Wallet lainnya serta transfer dana ke rekening Bank Danamon atau bank lainnya. Saldo D-Wallet dapat di-isi atau di top-up non tunai melalui jaringan layanan Bank Danamon (ATM & Mobile banking), atau top up tunai melalui gerai -gerai Alfamart, Alfamidi, Lawson, dan Dan+Dan.

“Selain memberikan kemudahan dalam bentuk transaksi tanpa tunai melalui aplikasi, D-Wallet juga aman digunakan karena tidak perlu mengirimkan informasi rekening perbankan ataupun kartu kredit  ketika melakukan transaksi di merchant. Untuk belanja dan tarik tunai  atau cash-out di gerai-gerai minimarket seperti Alfamart, Alfamidi, Lawson serta Dan+Dan, pengguna D-Wallet cukup melakukan permintaan token (generate token).  Setiap transaksi yang dilakukan melalui D-Wallet juga harus menggunakan PIN,” tambah Djamin Nainggolan, Consumer Lending and E- Channel Head, Bank Danamon.

Terdapat 2 (dua) jenis pengguna D-Wallet yaitu pengguna regular  dan pengguna premium dimana masing-masing pengguna  memiliki batas maksimal saldo sebesar Rp 1 juta bagi pengguna regular dan batas maksimal saldo sebesar Rp 10 juta bagi pengguna premium. Selain dari batas saldo yang lebih besar, pengguna premium  dapat melakukan transfer dana ke rekening Bank Danamon atau bank lainnya . Untuk menjadi pengguna premium, mudah karena dapat dilakukan secara langsung melalui aplikasi D-Wallet dan proses verifikasinya online.

“Kerja sama ini merupakan salah satu upaya DOKU untuk semakin memperluas implementasi pembayaran non-tunai lintas komunitas di Indonesia. Setelah sebelumnya DOKU melakukan co-brand dengan komunitas edukasi dan otomotif, hari ini DOKU kembali bekerjasama untuk memperkuat komunitas perbankan melalui peluncuran D-Wallet,” ungkap Ricky Richmond, Senior Vice President of Consumer Product DOKU.

Harapannya, kolaborasi ini dapat semakin memperkuat lini produk dan pilihan layanan Bank Danamon kepada para nasabah, dan juga membantu Bank Danamon untuk memperluas jangkauan konsumen, terutama konsumen yang belum memliki rekening bank maupun kartu kredit untuk bertransaksi online maupun offline.

Ricky menambahkan, berdasarkan data statistik Bank Indonesia, jumlah uang elektronik yang sudah beredar hingga akhir 2017 mencapai 113 juta instrumen, termasuk e-money dan e-wallet. Jumlah ini meningkat signifikan dari posisi awal 2017 yang hanya 52 juta instrumen uang elektronik.

Untuk mendapatkan aplikasi D-Wallet, cukup dengan mengunduh aplikasi D-Wallet di App Store untuk pengguna iOS dan Play Store untuk pengguna Android, serta mengisi informasi pribadi dan melakukan top-up perdana. (Icha)