spot_img
Latest Phone

Facebook Gelar Tiga Hari Festival bertajuk Nyasar ke Dimensi Facebook, Ini Targetnya

Telko.id – Facebook Indonesia siap meramaikan akhir pekan ini...

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...
Beranda blog Halaman 1395

Akhir 2019, Kaspersky Memindahkan Data Pelanggan Dari Rusia Ke Swiss

0

Telko.id – Sebagai bagian dari inisiatif transparansi global, Kaspersky Lab melakukan perubahan terhadap infrastrukturnya dengan memindahkan sejumlah proses intinya dari Rusia ke Swiss. Termasuk yang dipindahkan adalah penyimpanan data pelanggan, pemrosesan bagi beberapa kawasan, serta pembuatan perangkat lunak termasuk update deteksi ancaman siber. Untuk memastikan transparansi dan integritas sepenuhnya, aktivitas ini diawasi oleh pihak ketiga independen yang berbasis di Swiss.

Inisiatif transparansi global pertama kali diiumumkan pada bulan Oktober 2017 yang menunjukkan komitmen berkelanjutan Kaspersky Lab untuk memastikan integritas dan tingkat kepercayaan pada produknya. Perkembangan baru yang dilakukan oleh Kaspersky Lab ini sekaligus memberikan jawaban dari berbagai tantangan mengenai isu kepercayaan dengan menunjukkan komitmen perusahaan untuk bekerja sama dengan pihak lain. Kepercayaan adalah sangat penting di keamanan siber, dan Kaspersky Lab mengerti bahwa kepercayaan tidak diberikan, melainkan harus diraih melalui transparansi dan akuntabilitas.

Langkah baru ini dimulai dengan pemindahan penyimpanan data dan pemrosesan untuk beberapa kawasan, serta relokasi pembuatan perangkat lunak dan membuka pusat transparansi pertama dari Kaspersky Lab

Pada akhir tahun 2019, Kaspersky Lab akan mendirikan pusat data di Zurich. Pusat data ini akan menyimpan seluruh informasi pengguna dan melakukan pemrosesan untuk kawasan Eropa, Amerika Utara, Singapura, Australia, Jepang, Korea Selatan dan beberapa negara lainnya akan menyusul. Informasi ini dibagikan secara sukarela oleh para pengguna dengan Kaspersky Security Network (KSN) yaitu sistem canggih berbasis cloud yang memroses data terkait ancaman siber secara otomatis.

Kaspersky Lab juga akan merelokasi pembuatan perangkat lunaknya yang merupakan programming tool untuk membuat perangkat lunak siap pakai dari source code ke Zurich. Sebelum akhir 2018, produk Kaspersky Lab dan database deteksi ancaman (AV database) akan mulai diproduksi dan disertai dengan tanda tangan digital di Swiss sebelum didistribusikan ke pelanggan di seluruh dunia. Relokasi ini juga memastikan bahwa seluruh perangkat lunak yang baru dibuat mendapatkan verifikasi oleh organisasi independen dan telah melalui proses pembaruan yang sesuai dengan source code untuk nanti dapat diaudit

Setiap source code dari produk Kaspersky Lab dan pembaruan perangkat lunak akan ditinjau oleh para stakeholder yang bertanggung jawab di Pusat Transparansi berlokasi di Swiss yang diharapkan akan resmi dibuka tahun ini. Langkah ini juga sekaligus menunjukan bahwa produk Kaspersky Lab dibuat dan digunakan untuk satu tujuan yaitu melindungi para pelanggan dari ancaman siber.

Kaspersky Lab akan diawasi secara independen oleh pihak ketika yang memenuhi kualifikasi dalam teknis sebuah perangkat lunak. Karena transparansi dan kepercayaan menjadi syarat universal di industry keamanan sibe, Kaspersky Lab juga membuka kesempatan bagi organisasi nirlaba serta mitra lainnya untuk dapat berkontribusi di dalam setiap aktivitasnya.

Sebagai penyedia solusi keamanan siber global terkemuka, Kaspersky Lab selalu berkomitmen pada praktik industri yang dapat dipercaya, termasuk perlindungan setiap data yang ditransmisikan, kebijakan internal yang ketat terhadap akses data, pengujian keamanan infrastrukturnya yang berkelanjutan, dan masih banyak lagi. Dengan langkah-langkah baru ini, Kaspersky Lab bertujuan meningkatkan ketahanan infrastruktur teknologi informasinya dari risiko kepercayaan dan meningkatkan transparansi untuk klien saat ini dan mendatang serta bagi masyarakat umum.

Mengomentari proses pemindahan dan pembukaan pusat transparansi ini, Eugene Kaspersky, CEO Kaspersky Lab, mengatakan: “Dalam industri yang berubah dengan cepat seperti perusahaan ini, kita harus beradaptasi dengan kebutuhan yang berkembang dari klien, para stakeholder dan mitra kami. Transparansi adalah salah satu kebutuhan tersebut,karena itu kami memutuskan untuk merancang ulang infrastruktur kami dan memindahkan fasilitas pemrosesan data kami ke Swiss. Kami percaya langkah ini akan menjadi tren global untuk keamanan siber, dan menunjukkan kebijakan mengenai kepercayaan menjadi syarat utama bagi industri ini”. (Icha)

 

MediaTek Helio P22 Diharapkan Mendorong Kelahiran Segmen Smartphone “New Premium”

0

 

Telko.id – Segmen smartphone premium kini sudah turun kelas. Masuk ke kelas menengah, dengan kemampuan yang mumpuni seperti segmen premium tetapi dengan harga lebih terjangkau. Hal ini dimungkinak dilakukan oleh para produsen karena menggunakan chipset yang juga berteknologi tinggi tetapi terjangkau.

 

Salah satunya adalah chiset keluaran MediaTek. Produsen chipset ini baru saja meluncurkan produk terbarunya yakni Helio P22. Hadir dengan fabrikasi 12 nm lanjutan, aplikasi AI, dukungan kamera ganda, dan konektivitas yang lebih baik sehingga membuat smartphone pun lebih terjangkau harganya tetapi kuat.

 

Kehadiran Helio P22 ini mengikuti chipset P60 yang cukup ukses awal tahun ini yang pertama membawa proses manufaktur 12nm ke segmen seluler kelas menengah. P60 telah melihat adopsi pelanggan yang kuat, termasuk dengan peluncuran perangkat Vivo dan Oppo di India dan Cina.

 

Dengan P22, MediaTek menawarkan manfaat pengalaman terakselerasi AI, fotografi yang brilian, dan konektivitas berkecepatan tinggi yang andal ke perangkat harga terjangkau lainnya, yang memperluas pasar “Premium Baru”.

 

“Chip Helio generasi terbaru kami, seperti P60, telah membangkitkan minat yang signifikan dan melampaui harapan kami. Permintaan pelanggan yang berkelanjutan kami menyaksikan memvalidasi fokus kami pada segmen pasar menengah yang sedang tumbuh dan konsumen yang jelas memiliki selera untuk perangkat inovatif yang menawarkan fitur luar biasa pada titik harga yang terjangkau, ”kata TL Lee, General Manager Wireless Communication business unit MediaTek.

 

Lee menambahkan bahwa “Dengan dukungan untuk fotografi kamera ganda berkualitas tinggi, peningkatan AI dan efisiensi daya yang luar biasa, Helio P22 menetapkan bar baru untuk aksesibilitas ke fitur premium. Kami mengharapkan produk ini dapat dimanfaatkan oleh produsen smartphone dan melahirkan segmen baru di pasar yakni segmen ‘New Premium’”.

 

Dibangun dengan teknologi TSMC 12nm FinFET, MediaTek Helio P22 menggabungkan pemrosesan manufaktur yang paling hemat daya yang bisa digunakan pada smartphone Android dengan teknologi CorePilot MediaTek. Hal ini menjadikan smartphone memiliki kinerja tinggi yang berkelanjutan dan penghematan daya.

Helio P22 juga mendukung fotografi yang luar biasa dan konektivitas luar biasa pada kartu SIM 4G ganda. Prosesor Corta A53 dengan inti octa-core beroperasi hingga 2.0 GHz dan menawarkan kinerja CPU tinggi yang berkelanjutan sementara membutuhkan input daya rendah.

Dengan MediaTek Helio P22, pengguna akan mendapat manfaat dari peningkatan Edge AI yang didukung oleh MediaTek NeuroPilot. Dengan dukungan untuk kerangka kerja umum AI (TensorFlow, TF Lite, Caffe dan Caffe2) dan fungsi auto-select untuk sumber daya AI terbaik yang tersedia untuk efisiensi pengembang, Helio P22 memberikan manfaat AI dengan harga yang sangat terjangkau.

Pengalaman kamera AI yang dipercepat termasuk ID Wajah, album foto pintar dan kamera tunggal serta kedalaman fitur kamera ganda semua didukung.

Helio P22 menghadirkan dukungan dual-kamera berbasis perangkat keras untuk pengaturan 13 + 8 megapiksel dengan kecepatan 30 frame per detik (FPS). Dengan mesin depth hardware berkemampuan rendah dan berkemampuan tinggi untuk preview Bokeh real-time, chipset dilengkapi untuk meminimalkan grain, noise, aliasing, chromatic aberration dan banyak lagi; memungkinkan gambar yang jernih dan jelas dalam berbagai kondisi pencahayaan. Perangkat Advanced Camera Control Unit 3A dan MediaTek (CCU) dengan kecepatan konvergensi eksposur otomatis yang tinggi memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan momen pengambilan cepat saat bepergian. Selain itu, dukungan layar 20 + 9 HD + (1600 x 720) dapat membuat smartphone layar penuh yang indah.

Pengguna dapat menikmati konektivitas LTE yang cepat pada kedua kartu SIM, dan WiFi 802.11ac untuk throughput Internet yang tinggi. MediaTek Helio P22 juga mendukung BT5.0, versi terbaru dari standar komunikasi nirkabel Bluetooth, dan sistem 4-satelit GNSS memungkinkan konektivitas yang lebih cepat, lebih efisien dan lebih akurat secara lokal dan global.

Helio P22 sedang dalam produksi sekarang, dan diharapkan akan tersedia di perangkat konsumen pada akhir Q2 2018. (Icha)

Sedekah pun Kini Bisa Pakai TCash Kencleng Digital

0

Telko.id – Era digital sudah masuk ke kehidupan masyarakat. Baik saat melakukan kegiatan keseharian maupun saat melakukan kegiatan sedekah. Itu sebabnya, momen Ramadhan ini digunakan juga oleh Telkomsel untuk memperkenalkan Kencelng Digital ke 1000 masjid di wilayah Jabotabek Jabar, sebagai solusi berinfaq menggunakan TCash.

Hadirnya Kencleng Digital ini merupakan langkah Telkomsel dalam menghadirkan konsep baru dalam berinfaq / bersedekah  dengan menggunakan digital money untuk  melengkapi ekosistem TCash sebagai alat pembayaran sekaligus meningkatkan pengalaman para pelanggan dalam menggunakan TCashnya.

“Secara konsisten Telkomsel terus menghadirkan beragam layanan digital untuk pelanggan setianya. Mulai bulan Suci Ramadhan ini, TCash Kencleng digital hadir sebagai cara baru untuk jamaah dalam menyalurkan infaq dan sedekahnya dalam bentuk cashless,” kata Ririn Widaryani, Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel.

Telkomsel Area Jabotabek Jabar menargetkan Lebih dari 1000 kencleng digital masjid siap beroperasi mulai bulan Ramadhan 1439 H. Sebagai tahap awal Telkomsel telah mengimplementasikan di masjid-masjid utama yang ada di wilayah Jabotabek  Jabar seperti Masjid AL LATHIIF Bandung, Masjid Al Hurriyah IPB Dramaga Bogor , Masjid Agung Ats-Tsaurah Serang , Masjid Agung Tasikmalaya , Masjid At Taqwa Cirebon dan masjid-masjid lainnya di wilayah operasional Telkomsel Jabotabek Jabar.

Dengan memanfaatkan layanan TCASH para jamaah masjid yang merupakan pelanggan Telkomsel dan sudah mengunduh aplikasi TCASH Wallet di Play Store atau App Storenya dapat langsung melakukan Snap QR Code yang tersedia di tiap kencleng digital. Nantinya dana yang disedekahkan tersebut akan masuk ke rekening Masjid yang didaftarkan. Bagi Masjid hal ini juga akan memudahkan operasional perhitungan infaq/sedekah jamaah dan tidak perlu lagi melakukan penyetoran uang ke bank.

Bagi pelanggan yang membutuhkan bantuan pelayanan atau aktivasi TCash dan aplikasi TCash Wallet juga dapat mengunjungi GraPARI terdekat.

“Dengan adanya kencleng digital TCash sebagai penginisiasi layanan infaq digital ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah untuk mempercepat pembentukan cashless society di Indonesia. Kedepannya Telkomsel juga akan terus menghadirkan beragam layanan digital yang menarik lagi” pungkas Ririn. (Icha)

 

 

Tri Optimis Jaringannya Tetap Handal Saat Ramadhan dan lebaran

0

Telko.id – Saat Ramadhan dan Lebaran memang saat yang menegangkan bagi operator. Tak heran, semua operator pun habis-habisan untuk tetap memberika layanannya yang handal pada pelanggannya. Itu sebabnya, Tri juga akan tetap menghadirkan layanan komunikasi dan akses internet handal melalui dukungan jaringan yang selalu ditingkatkan kualitasnya. Agar silaturahmi tetap lancer.

Bagaimana caranya? Dengan mengacu pada pengumpulan informasi big data  dari berbagai aplikasi data, Tri telah berhasil mentransformasikan core network system yang tersebar di 19 kota sehingga pengaturan trafik komunikasi data Tri tidak terpusat.

“Dengan diberlakukannya sistem ini memudahkan bagi kami untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan internet Tri, memperluas kapasitas serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar. Sehingga  saat ini pelanggan Tri dapat mengakses mobile games, Instagram, Facebook, aplikasi  instant messaging applkasi dengan lebih cepat,“ papar Gustiansyah Wilson VP Strategic Network Planning and Customer Experience Management Tri.

Pelanggan juga dapat menikmati benefit bebas telepon dan kuota untuk telepon melalui aplikasi WhatsApp dan Lines guna menyampaikan ucapan Idul Fitri dengan lancar . Di bulan Ramdhan, Lebaran , mudik dan musim liburan ini diprediksi aktivitas streaming video dan musik masih menjadi aktivitas utama pelanggan Tri seperti tahun-tahun sebelumnya.

Gusti menambahkan, saat ini Tri sedang mempersiapkan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang terjadi, khususnya pada layanan data. Core network system yang tersebar ini memudahkan Tri melakukan pengaturan kapasitas sekaligus meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan dalam mengakses internet dengan lancar bahkan di saat trafik padat. Selain itu, Tri juga menggelar penambahan kapasitas jaringan di 5300 BTS yang terdiri atas 2.500 unit BTS 4G LTE dan 2.800 BTS 3G, dengan memanfaatkan kanal baru di 2100 Mhz. Total BTS Tri saat ini 55.000 unit, termasuk 15.000 diantaranya BTS 4G LTE .

Jaringan yang sudah ada juga akan dioptimalkan,  dipusatkan pada sepanjang 2.600 km jalur mudik utamanya jalur Jakarta-Surabaya, Jakarta-Merak, Jakarta-Bandung, Bandung-Yogyakarta, Jalur Pantura dan Selatan. Peningkatan kualitas juga dilakukan dengan penempatan  mobile BTS di Jawa dan Sumatera, disebar untuk menjangkau jalan utama, jalan tol termasuk jalan tol baru.

Fokus optimalisasi layanan juga dilakukan di POI (points of interest) yang terdiri atas pelabuhan laut, udara, terminal bis, stasiun kereta, rest area , daerah wisata dan pusat keramaian lainnya.

Program Berbagi Berkah

Tak hanya itu, Tri pun memiliki berbagai program yang digelar selama bulan Ramadhan dan Lebaran tahun ini. Salah satunya adalah Program Berbagi Berkah. Program ini memungkinkan millenials untuk membeli paket internet yang dirancang khusus dengan menggabungkan gaya hidup digital Islami dan  keutamaan menyalurkan sedekah melalui Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan Zakat Sukses sebagai lembaga-lembaga amal terpercaya. Inilah semangat persatuan dan kepedulian sosial yang ingin dibangun oleh Tri.

“Kami memahami bahwa pelanggan millennial Tri, selain membutuhkan fasilitas pendukung gaya hidup digital mereka, juga memiliki kepedulian yang tinggi kepada sesama. Sebagai providernya para milenial, kami mendukung semangat milenial dengan Program Berbagi Berkah yang menggabungkan beragam hal yang menyenangkan dan bermanfaat di internet seperti konten dan petunjuk Islami, streaming musik, video atau film, sosial media, dan lain lain, dengan program sedekah.” Ujar Dolly Susanto, Chief Commercial Officer PT. Hutchison 3 Indonesia.

Paket Berbagi Berkah menawarkan pilihan  paket data 1GB seharga Rp 10.000, 500 MB seharga Rp 5.000. 10% kuota atau setara Rp 1000 atau Rp500 dari kedua paket tersebut akan didonasikan sebagai sedekah ke kaum dhuafa melalui tiga lembaga tersebut. “Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan Zakat Sukses telah sangat dipercaya di Indonesia. Ke-3 institusi ini telah menyalurkan zakat umat muslim Indonesia rata-rata lebih dari  lima ratus miliar rupiah per tahunnya. Kami percaya kemitraan ini akan menjadi saluran amal bagi pelanggan kami,” imbuh Dolly.

Paket Berkah & Konten Islami

Melalui Paket Berbagi Berkah, Tri menghadirkan paket kuota khusus di bulan suci ini yaitu Paket Sahur Berkah dan Paket Buka Puasa Berkah dengan harga terjangkau serta memberikan akses ke konten Muslim Live Pro, yang berisi beragam informasi dan petunjuk Islami lengkap diantaranya Al Qur’an, literatur Islam, pilihan masjid terdekat, resto halal di sekitar posisi pelanggan dan juga hiburan aneka film dan komik Islami.

Pilihan Paket Sahur Berkah terdiri atas 3GB untuk 3 hari, seharga Rp 10.000 dan 5GB untuk 7 hari seharga Rp 15.000 yang hanya ditawarkan dr jam 3 hingga 4 pagi setiap harinya selama ramadhan. Sementara Paket Buka Puasa Berkah memberikan pilihan paket Keepon (paket lifestyle lengkap) 3GB seharga Rp 15.000 untuk 3 hari, 5GB Rp 25.000 untuk 7 hari, yang hanya ditawarkan pada pukul 17.00 – 18.00 setiap harinya selama ramadhan. Paket ini dapat dibeli melalui aplikasi bima+ atau akses USSD di *123# dan *323#

Sahur makin asik dengan Perdana GetMore, sambil nonton YouTube dan Netflix.

Program lain yang disiapkan untuk menemani para milenial menjalani Ramadhan adalah dengan pemberian kemudahan akses ke konten streaming di YouTube dan Netflix. Kartu perdana dan voucher isi ulang  GetMore memberikan kuota hingga 15GB yang terdiri dari kuota 10 GB untuk 24 jam dan 5GB streaming aneka konten video dan film seru di  YouTube dan aplikasi Netflix pada jam menjelang dan sesudah sahur ( jam 01.00 – 09.00).

Puasar Kaget Ramadhan

Selama bulan suci Ramadhan Tri juga mengemas berbagai aktifitas di Media Sosial melalui program Puasar Kaget yang berupa konten-konten media social yang fun namun penuh kejutan diskon  dan internet hemat. Kejutan lainnya adalah keuntungan tambahan yang bisa didapatkan pelanggan yang melakukan transaksi pembelian pulsa dan paket internet di mitra perbankan, convenience store dan e-commerce.

Setiap pelanggan yang membeli pulsa mulai Rp 100.000 melalui bank BCA akan mendapatkan paket bebas bicara 20 menit, sementara pembelian melalui  bank BRI, BNI, Bukopin, CIMB Niaga, Permata, Mandiri akan mendapatkan paket kuota 6GB, dan paket kuota 3GB jika melalui Bank Mandiri Syariah, Sulut Go, QNB, Mayora, Kalsel dan BTPN.

Khusus pelanggan Tri dan Tokopedia, tersedia paket hebat untuk silaturahmi yaitu  Paket 4GB + 100 menit telepon dan 100 SMS ke semua nomor tujuan hanya Rp 50.000. Melalui jalur retailer modern, Tri menggelar promo bersama dengan  Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Mini Mart, Family Mart, Carrefour, Circle K, Loka berupa paket pulsa dan produk minuman untuk setiap pembelian paket internet maupun pulsa dengan nilai tertentu. (Icha)

 

Mantap! 3 Tak Takut Revenue Turun Sampai Akhir Tahun

0

Telko.id – Akibat program registrasi prabayar yang dilakukan pemerintah membuat pelanggan Hutchison 3 Indonesia turun banyak. Setidak nya, dua minggu setelah berakhirnya program, pelanggan nya tinggal 31 juta saja. Dari sekitar 64 juta pelanggan sebelum registrasi prabayar.

Namun, Tri tetap mengganggap bahwa program pemerintah tersebut sangat baik. “Program tersebut baik untuk kami, baik juga untuk industry telekomunikasi secara keseluruhan,” ujar Tri Dolly Susanto, Chief Commercial Officer Hutchison 3 Indonesia di Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Setidaknya, dulu ketika pelanggan sering gonta-ganti kartu hanya untuk mengejar program internetan yang sedang berlangsung, operator harus menyediakan dana untuk setiap kartu perdana prabayar sekitar Rp. 2 ribu sampai Rp.3 ribu. Itu biaya yang harus dikeluarkan oleh operator. Kini, biaya tersebut dapat diturunkan karena biaya disesuaikan dengan kartu perdana yang kira nya dapat diserap oleh konsumen saja. Real konsumen.

Sayang, Dolly tidak mau menyebutkan seberapa besar penurunan biaya yang dikeluarkan oleh Tri dengan adanya program registrasi prabayar ini.

Di sisi lain, Tri juga tetap optimis dengan revenue nya diakhir tahun tidak akan menurun drastic atau malah bisa jadi terjadi peningkatan. Pasalnya, Dolly berdalih, hingga saat ini saja, trafik data Tri tidak turun sama sekali dari sebelum program, registrasi prabayar.

Hal ini disebabkan karena pelanggan yang diblokir paska registrasi tersebut disinyalir merupakan kartu ke dua, ke tiga dari pelanggan. Sehingga ketika harus memilih nomor yang akan diregistrasi, maka mereka memilih Tri dan menggunakan nya secara aktif. Itu sebabnya, trafik data dari operator ini tidak turun.

Apalagi, Tri sangat optimis bahwa masih banyak pelanggan yang melakukan registrasi. “Setiap hari, masih ada saja 500 sampai 1 juta pelanggan yang melakukan registrasi. Di system kami pun, nomor-nomor yang diblokir masih belum di delete. Masih menunggu masa tenggang nya habis. Setelah itu baru akan didelete,” ujar Dolly menambahkan.

Untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan revenue hingga akhir tahun, Dolly yakin masih banyak variable yang dapat ‘diotak-atik’ agar tetap menarik bagi pelanggan nya untuk tetap bertahan menggunakan nomor Tri nya atau bahkan menambah jumlah pelanggan nya. Walaupun tidak akan terlalu tinggi penambahannya.

Variabel yang masih dapat diolah adalah paket-paket internet yang menarik dan sederhana atau simple sehingga tidak membuat pelanggan bingung memilih. Nah, dibalik itu semua, Dolly berjanji akan mengedepankan kualitas jaringannya dan pengalaman pelanggan menggunakan jasa layanan Tri tetap nyaman.

Untuk itu, Tri akan mempelajari secara mendalam hasil dari Customer Experience Management (CEM) yang dimilikinya. Dengan demikian, ketika sebuah produk dikeluarkan maka sesuai dengan karakter dari pelanggan nya. Sebenarnya, CEM tersebut sudah digunakan oleh Tri sejak lama. Terlebih sebelum mendapatkan kanal baru di 2100 Mhz. “Jadi, sekarang akan lebih dimanfaatkan lagi supaya tetap bisa tumbuh jumlah pelanggannya,” ujar Dolly.

Sampai saat ini Tri sudah menggelar penambahan kapasitas jaringan di 5300 BTS yang terdiri atas 2.500 unit BTS 4G LTE dan 2.800 BTS 3G, dengan memanfaatkan kanal baru di 2100 Mhz. Total BTS Tri saat ini 55.000 unit, termasuk 15.000 diantaranya BTS 4G LTE . (Icha)

 

 

 

 

 

 

Keren! 40 Peraturan Bakal Jadi 1 Buat Permudah Investor Danai Startup

0

Telko.id – Namanya juga Startup, tentu untuk mandiri secara financial bukan persoalan mudah. Itu sebabnya, membutuhkan angel investor untuk membantu sehingga akhir nya dapat tumbuh dan berkembang menjadi besar.

Namun, dengan adanya rentetan peraturan di Indonesia, maka invetasi untuk startup menjadi terhambat. Tak pelak, pemerintah pun bermaksud untuk mempermudah pendanaan dari luar negeri bagi startup lokal.

We welcome you to invest in Indonesia. Dalam hal regulasi, Indonesia salah satu negara yang para start-upnya tidak harus punya izin dari kementerian, cuma harus registrasi. Karena sektor ini sangat dinamis, jika diimplementasikan heavy regulation, sebelum tinta tanda tangan di dokumen perizinannya kering, dinamikanya sudah berubah,” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam peluncuran EV Growth:  Indonesia Digital Day di XXI Ballroom Djakarta Theatre, Jakarta, Senin (21/05/2018).

Rudiantara menambahkan, bahwa Kementerian yang dipimpinnya sedang menyiapkan proses penghapusan 40 aturan setingkat menteri untuk disederhanakan menjadi 1 aturan. “Sekarang saya masih persiapkan perubahan aturannya, tahun ini akan dihapuskan 40 aturan setingkat menteri untuk diganti jadi 1 aturan saja,” paparnya.

Dalam pandangan Menteri Kominfo, penyederhanaan regulasi merupakan bentuk dukungan pemerintah agar Indeks Kemudahan Berbisnis di Indonesia dapat meningkat pesat. Indeks tersebut dikeluarkan oleh Bank Dunia sebagai alat ukur kemudahan untuk melakukan proses bisnis di suatu negara.

“Ini cara pemerintah Indonesia menyederhanakan seluruh proses regulasi. Bukan hanya di Kominfo saja, tapi semua Kementerian sekarang seperti ini. Agar posisi Indonesia setidaknya dari sisi the ease of doing business akan meningkat secara signifikan,” jelasnya.

Dalam acara yang  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan ada empat kriteria untuk berinvestasi di Indonesia. “Pertama yaitu bisnisnya harus berkelanjutan dari sisi lingkungan. Ini sangat penting bagi kami, karena kami tidak mau Anda membawa teknologi tingkat dua (2nd class technology) ke Indonesia,” tegas Menko Luhut.

Kriteria berikutnya menurut Menteri Luhut adalah harus mempekerjakan tenaga kerja lokal, serta dapat memberi nilai tambah bagi industri dan sumber daya alam Indonesia. “Harus ada manfaatnya, baik dalam proses upstream maupun downstream,” paparnya.

Kriteria terakhir, lanjutnya, adalah mentransfer teknologi agar Indonesia tidak hanya menjadi pasar namun memiliki orang yang menguasai teknologi tersebut. “Jangan sampai Indonesia hanya menjadi pasar bagi teknologi terbaru, harus ada yang ahli dan menguasai teknologi tersebut,” ungkapnya. (Icha)

 

Ini Dia 4 Area Kolaborasi Telkom dan Cisco Dukung Transformasi Digital BUMN

0

Telko.id – Telkom dan Cisco sepakat untuk mendukung transformasi digital BUMN. Kesepakatan dua perusahaan tersebut dituangkan dalam Nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan President (ASEAN) Cisco Systems Naveen Menon di Jakarta, Senin (21/5).

Dian Rachmawan mengatakan bahwa bisnis Indonesia secara umum berubah dengan cepat, sebagian besar didorong oleh kemajuan teknologi saat ini. Hal ini membuka peluang bisnis baru dan juga memunculkan tantangan tersendiri. “Bagi BUMN dalam mewujudkan potensi penuh transformasi digital, hal yang penting adalah kolaborasi stakeholder dari sektor publik dan swasta untuk saling berbagi best practice”, jelas Dian.

Dian Rachmawan menambahkan, kolaborasi Telkom bersama Cisco ini bertujuan mengkombinasikan keahlian dan kapabilitas kedua perusahaan serta pengetahuan dan juga pengalaman untuk mendukung BUMN melakukan  transformasi digital.

Sementara itu, President (ASEAN) Cisco Systems Naveen Menon mengatakan bahwa penggunaan dan inovasi digital adalah kunci untuk pertumbuhan jangka panjang bagi BUMN di Indonesia. “Kita telah melihat bahwa BUMN, seperti pada sektor layanan finansial, retail, dan manufaktur, saat ini dalam proses menuju transformasi digital. Keberhasilan transformasi ini bergantung pada kepastian bahwa perusahaan tidak hanya menggunakan teknologi yang tepat, tapi juga siap  memerangi ancaman cyber dan memiliki tim bertalenta dan professional yang dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan di dunia era digital yang serba terhubung seperti saat ini”, demikian Naveen Menon.

Naveen Menon menyampaikan rasa bangganya terealisasi kolaborasi antara Cisco dengan Telkom. “Saya percaya bahwa kombinasi pemahaman Telkom terhadap kondisi bisnis Indonesia dan jangkauan luas solusi teknologi Cisco akan membantu perusahaan di Indonesia dalam pemanfaatan digital untuk mengatasi tantangan-tantangan terbesar dan meraih pertumbuhan bisnis di masa depan”, ungkap Naveen Menon.

Sesuai Nota Kesepahaman, Telkom dan Cisco akan menggarap bisnis digital untuk Segmen Enterprise melalui Program Digital Transformation dengan fokus pada empat area, yaitu Networking, Cybersecurity, Hybrid Cloud, dan Talent Development.

Empat Area Kolaborasi Telkom-Cisco

Kolaborasi Telkom dan Cisco dari aspek Networking akan membangun nilai tambah spesifik perindustrian yang memungkinkan pelaksanaan transformasi digital di perusahaan sektor strategis, seperti layanan finansial, retail, dan manufaktur. Beberapa contoh layanan, adalah network solutions dan layanan yang memfasilitasi bank untuk membuka cabang-cabang digital, manufaktur untuk terhubung dengan perangkat industri dan mesin produksi lintas lantai. Hal ini memungkinkan otomasi, mengurangi biaya operasional dan meningkatkan produktivitas.

Dari aspek Cybersecurity bertujuan untuk melengkapi perusahaan dengan media perlindungan terhadap potensi penyerangan cyber yang dapat mengakibatkan pengambilan dan penyalahgunaan data perusahaan. Solusi ini akan dihasilkan dengan melengkapi penawaran Telkom dengan portfolio milik Cisco seperti Firewalls, IPS, Stealthwatch, dan lainnya yang memberikan perusahaan pertahanan dan juga mekanisme penyerangan untuk pengamanan dari gangguan eksternal.

Sementara kerjasama di aspek Hybrid Cloud akan memberikan layanan join cloud management yang memastikan kelincahan dan fleksibilitas perusahaan. Hal ini dapat tercapai dengan menyediakan solusi fleksibel yang memfasilitasi perusahaan untuk menyimpan, memproses dan mengelola data secara jarak jauh (remote servers) dengan pilihan public atau private.

Sedangkan dari sisi Talent Development, Telkom dan Cisco akan bekerjasama untuk melatih tim teknisi dan penjualan dalam rangka meningkatkan kapabilitas tim. Pelatihan antara lain terdiri dari materi yang diberikan oleh Networking Academy Cisco, seperti network programmability, cybersecurity, dan Blackbelt Framework.

Network Academy Cisco memiliki sejarah dan pengalaman panjang dalam bidang pelatihan profesional. Di Indonesia, Network Academy Cisco telah melatih lebih dari 32.000 peserta di bidang finansial pada tahun 2017 dan secara total telah melatih 182.506 peserta di Indonesia dan 1,26 juta untuk area Asia-Pasifik dan Jepang. (Icha)

 

 

Beli Antivirus pun Kini Bisa Dengan Potong Pulsa

0

Telko.id – Pada era digital seperti sekarang ini, virus memang merajalela. Bahkan dengan mudah bisa  masuk ke smartphone. Melihat perkembangan ini, Kaspersky sebagai erusahaan antivirus pun menggandeng Telkomsel dan Melon, penyedia konten digital dibawah dibawah naungan Telkom Group.

Kerjasama ini ditujukan agar, para pelanggan telkomsel dapat dengan mudah berlangganan layanan antivirus milik Kaspersky. Cara pembayarannya pun sudah melalui digital yakni dengan metode pambayaran Direct Carrier Billing (DCB), atau pemotongan pulsa. Layanan ini juga tersedia dalam dua opsi, yaitu langganan mingguan (7 hari) seharga Rp5.500 atau bulanan (30 hari) seharga Rp16.500.

Langkah ini dianggap dapat meningkatkan kewaspadaan pengguna smartphone di Indonesia. Padahal, Indonesia tercatat sebagai negara terbesar dengan tingkat penggunaan smartphone yang tinggi di Asia Tenggara.

“Indonesia merupakan negara terbesar di Asia Tenggara dan penggunaan smartphone-nya tinggi. Namun masih banyak orang yang belum aware akan perlunya antivirus untuk perangkat mobile. Mereka masih aware bahwa antivirus adalah untuk PC,” kata Yeo Siang Tiong, General Manager Kaspersky Lab Southeast Asia di Jakarta.

Antivirus Kaspersky sendiri memang telah tersedia di toko aplikasi baik secara gratis maupun berbayar. Namun dengan hadirnya Kaspersky di Telkomsel, akan menjadi alternatif pengguna untuk dengan mudah melakukan pembayaran.

“Kita memberikan alternatif cara pembayaran. Kalau beli di Play Store harus pake kartu kredit, atau bisa juga beli di Mangga Dua. Sekarang kita bikin alternatif pakai pulsa,” kata Donny Kusmandarin, Territory Channel Manager Kaspersky Lab Indonesia.

Dijelaskan Donny, Malware kini memang tak hanya menyerang PC namun juga perangkat mobile. Terlebih kini semua pengguna bergantung pada smartphone untuk menyimpan data penting mereka. Hal ini juga menjadikan penjahat siber untuk tak hanya menyerang PC namun juga menargetkan perangkat mobile.

Pada kuartal pertama 2018 saja, Kaspersky Lab mendeteksi 1,3 juta malware yang terinstal pada perangkat mobile secara global. Ini menunjukkan bahwa ancaman malware untuk perangkat mobile memang bukan hal yang tabu. (Icha)

 

Mantap! Pelanggan Yang Setia Bisa Dapat Mobil Mewah Dari Telkomsel

Telko.id – Menjaga pelanggan agar tetap setia memang tidak mudah. Itu sebabnya, operator kerap mengadakan loyality program. Targetnya, ya supaya pelanggan tetap setia. Seperti yang diadakan oleh Telkomsel menyambut ulang tahun nya yang ke 23 dan bertepatan dengan datangnya bulan Ramdhan dan idul Fitri, operator ini menggelar program undian ‘Telkomsel Siaga 2018’.

Program ini berlaku untuk seluruh pelanggan, baik paskabayar maupun prabayar, dengan hadiah utama berupa satu unit mobil BMW dan dua unit Honda HRV, selain itu tersedia hadiah lainnya dengan total lebih dari 4.800 unit.

“Program undian ini merupakan wujud besarnya rasa terimakasih kami kepada para pelanggan setia Telkomsel yang telah memberikan kepercayaannya kepada produk dan layanan kami, sehingga kami  berkesempatan melayani masyarakat Indonesia selama 23 tahun berdiri melalui layanan seluler kami. Telkomsel juga ingin turut menyemarakkan momen spesial Ramadhan & Idul Fitri  bagi para pelanggan melalui program undian ini,” kata Jason Tan, Head of Postpaid Marketing Telkomsel.

“Kepercayaan dan kepuasan dari pelanggan adalah kunci bagi Telkomsel untuk terus berkembang di masa mendatang sebagai penyedia layanan dan solusi mobile digital lifestyle kelas dunia yang terpercaya”, tambah Jason.

Untuk mengikuti program ini pelanggan Telkomsel (kartuHALO, simPATI, Kartu As dan Loop) cukup menukarkan Telkomsel POINnya dengan kupon undian. Pelanggan kartuHALO mendapat  3 poin setiap kelipatan Rp 5.000 pada total tagihan, dengan minimum total tagihan Rp 50.000 sedangkan pelanggan prabayar (simPATI, Kartu As, Loop) akan mendapatkan 1 poin untuk setiap kelipatan 5.000 dengan akumulasi isi ulang minimal Rp 50.000 sebulan.

Penukaran Telkomsel POIN dengan kupon undian dapat dilakukan pelanggan melalui menu akses *123# ataupun melalui aplikasi MyTelkomsel yang telah dapat diunduh dari Google Play dan App Store.

Kupon undian juga bisa didapat dengan cara transaksi pembelian berbagai produk dan layanan Telkomsel melalui *123# dan myTelkomsel, transaksi TCASH minimal Rp. 20 ribu, serta transaksi melalui Virtual Assistant di LINE.

Program undian “TELKOMSEL SIAGA 2018” ini diadakan dalam 3 periode, yaitu periode 1 di tanggal 15 Mei – 15 Juni 2018, periode 2 di tanggal 16 Juni – 15 Juli 2018, dan periode terakhir yaitu 16 Juli – 15 Agustus 2018.  (Icha)

 

 

 

Unik! Net1 Bakal Perluas Jaringan Lewat Kompetisi

0

Telko.id – Ini cara yang unik dalam mengembangkan jaringan. Bagaimana tidak, untuk mendapatkan masukan, di mana lokasi yang sesuai untuk ‘menanamkan’ jaringan barunya, Net1 menggelar kompetisi. Belum ada yang menggunakan cara ini.

Aktivitas yang digelar secara digital tersebut diberi nama #MauAda4Gdimana dan akan diselenggarakan mulai dari 7 Mei hingga 7 Juli 2018.

Aktivitas ini berupa kompetisi untuk memilih sejumlah lokasi di Indonesia untuk memperoleh jaringan 4G LTE. Uniknya, kompetisi ini mengajak masyarakat untuk berperan aktif agar sebuah lokasi bisa memperoleh akses data broadband yang akan diwujudkan oleh Net1 Indonesia.

Selama ini masih banyak daerah di Indonesia yang belum terjangkau sama sekali oleh internet. Adanya akses data 4G yang memadai menjadi “barang” yang tak ternilai harganya. Berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, hingga akhir 2017 telah terdapat 55 ribu eNodeB atau elemen jaringan radio Long Term Evolution (LTE) untuk menunjang cakupan sinyal 4G di Indonesia. Net1 Indonesia bertekad meningkatkan angka-angka ini, salah satunya dengan menggelar aktivitas #MauAda4Gdimana guna menidentifikasi prioritas pembangunan jaringan LTE.

Sementara itu, data dari katadata.co.id menyebutkan sebanyak 73,53% provinsi di Indonesia atau 25 provinsi sudah dapat menikmati jaringan 4G (Generasi 4). Namun, baru 55,05% dari seluruh desa/kelurahan di Indonesia (45.811 desa/kelurahan) yang dapat dijangkau oleh layanan sinyal 4G. Berkaca pada data tersebut, Net1 Indonesia sebagai penyedia layanan data broadband berupaya menyediakan koneksi internet terutama di rural area dan pelosok-pelosok negeri.

“Kampanye #MauAda4Gdimana ini merupakan inisiatif Net1 Indonesia untuk melibatkan masyarakat agar berperan serta dalam misi besar kami, yaitu memeratakan penyediaan akses data broadband di berbagai daerah di tanah air yang selama ini belum menikmati layanan 4G, tentunya mereka yang berada di underserved area, atau disebut rural/pelosok. Oleh karena itu kami akan mewujudkan usulan daerah-daerah yang seharusnya bisa menikmati layanan akses 4G LTE,” ujar Larry Ridwan, CEO Net1 Indonesia.

Aktivitas kompetisi #MauAda4Gdimana ini terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun atau lebih. Sebagai syarat lanjutan, para peserta yang tertarik mengikuti kompetisi ini wajib memiliki akun Facebook yang aktif dan melakukan Like Fanpage Facebook Net1 Indonesia, mem-follow akun Instagram @net1_id dan Twitter @net1id.

Mekanisme Kompetisi

Peserta yang tertarik untuk mengikuti aktivitas #MauAda4Gdimana bisa membuka microsite www.mau4g.net1.co.id untuk memilih #MauAda4Gdimana. Selanjutnya peserta memilih lokasi yang dijagokan sebagai penerima jaringan 4G dari Net1 dengan cara memilih VOTE di pilihan yang telah disediakan.

Sebelum bisa mengikuti kampanye #MauAda4Gdimana, peserta juga perlu melakukan registrasi dengan mengisi formulir data diri dan informasi yang ada secara lengkap terlebih dahulu. Setelahnya, peserta dapat melakukan login dengan nomor handphone. Agar sebuah lokasi bisa terpilih untuk mendapatkan akses 4G LTE dari Net1 Indonesia, maka para peserta dapat mengajak netizen melalui

akun Facebook mereka untuk melakukan vote dengan menggunakan hashtag #MauAda4Gdimana. Kota-kota yang memperoleh vote terbanyak maka akan diprioritaskan untuk mendapatkan jaringan 4G LTE dari Net1 Indonesia.

Net1 Indonesia akan memilih pemenang dari para voters dan berhak mendapatkan hadiah-hadiah berupa 9 unit perangkat MiFi Net1 Argo, 99 buah pulsa senilai Rp100.000, dan 999 buah pulsa senilai Rp 50.000. Pemenang akan diumumkan pada 14 Juli 2018 melalui www.mau4g.net1.co.id dan semua akun sosial media Net1 Indonesia di akhir periode kompetisi. Dalam menggelar kompetisi #MauAda4Gdimana ini, Net1 Indonesia tidak memungut biaya apapun terhadap para peserta.

Kerjasama Net1 dengan Pemerintah Daerah

Sejumlah Pemerintah Daerah mulai dari tingkat Kota, Kabupaten, hingga Provinsi di Indonesia juga telah bekerjama dengan Net1 Indonesia untuk menyediakan akses data broadband bagi masyarakat khususnya daerah suburban dan pelosok. Sejauh ini Kabupaten Musi Banyuasin (MuBa), Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kota Tual, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Kabupaten kepulauan Sangihe, Kabupaten Teluk Bintuni, dan Kabupaten Kaimana telah meneken Memorandum of Understanding(MoU) untuk bersama-sama dengan Net1 membangun infrastruktur komunikasi berbasis  4G di Indonesia.

Kerja sama dengan sejumlah Pemerintah Daerah yang telah dimulai sejak tahun 2017 ini menjadi langkah awal Net1 Indonesia untuk bisa memenuhi kebutuhan akses data bagi 260 juta penduduk Indonesia yang tersebar di lebih dari 140 ribu pulau. (Icha)