Telko.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui Axis kembali menggelar turnamen futsal terbesar untuk pelajar SMA se-Indonesia “AXIS Nation Cup 2024”.
Ajang ini juga merupakan salah satu sportainment terbesar di Indonesia untuk anak muda. Sebagai mana diketahui, futsal merupakan salah satu cabang olah raga yang populer di kalangan pelajar, oleh karenanya Axis menggelar turnamen yang lebih besar dari tahun sebelumnya dengan mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (KEMENPORA) dan Federasi Futsal Indonesia.
Axis Nation Cup 2024 hadir di 40 kota dan diikuti 1.650 sekolah dengan total 16.500 atlet dari berbagai penjuru Indonesia. Tak hanya itu, AXIS Nation Cup 2024 juga menambahkan kategori baru yaitu Futsal Putri. Tersedia total hadiah senilai Rp 870 juta bagi para pemenang.
“Axis sebagai brand anak muda konsisten mendukung spirit dan kreatifitas mereka, salah satunya dengan memberikan wadah bagi mereka untuk menunjukan bakatnya melalui Axis Nation Cup,” kata Alfons Bosch Sansa, Chief Marketing Officer XL Axiata.
Oleh karenanya Axis hadirkan kembali di 2024 dengan skala yang lebih besar mengusung tema ‘Bareng-Bareng Jadi Juara’. Tema besar ini menggambarkan semangat dari seluruh partisipan yang terlibat dalam event ini.
Melalui Axis, XL Axiata berusaha untuk mengejar pasar pelajar dan juga mahasiswa, yang merupakan salah satu segmen potensial dan bersifat jangka panjang. Atas pertimbangan itu pula, seluruh peserta yang berlaga di AXIS Nation Cup 2024 akan mendapatkan kuota hingga 2GB setiap hari selama 1 tahun.
Axis Nation Cup 2024 akan dilaksanakan di region berikut, West (Sumatera), Jabo (dan sekitarnya), Central (Jawa Barat & Jawa Tengah), East (Jawa Timur & Bali), Kalimantan dan Sulawesi. Beberapa kota diantaranya Padang, Pekanbaru, Lampung, Jakarta, Bekasi, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Banjarmasin, Balikpapan, Pontianak, Manado dan Makassar.
Tahap pendaftaran turnamen futsal ini sudah terlaksana mulai Juli 2024 lalu. Babak penyisihan akan dimulai sepanjang bulan September 2024, lalu babak kualifikasi pada bulan Oktober 2024.
Selanjutnya babak final akan diselenggarakan pada 16 November 2024 di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno. Turnamen ini juga diikuti peserta pelajar putri dari 5 kota yaitu Lampung, Palembang, Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Total hadiah sebesar 870 juta dan training camp untuk 5 atlet terbaik. (Icha)
Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) kembali menegaskan komitmennya untuk lindungi data pribadi pelanggan.
Seiring dengan percepatan digitalisasi di Indonesia, Indosat tidak hanya fokus pada penyediaan layanan yang menghubungkan dan memberdayakan masyarakat, tetapi juga pada keamanan dan privasi yang menjadi hak dasar setiap pelanggan.
“Kami memiliki misi besar untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh lapisan masyarakat Indonesia melalui teknologi digital. Namun, kami juga memahami bahwa keamanan data pribadi adalah fondasi dari kepercayaan pelanggan,” kata Vikram Sinha, President Director dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison.
Oleh karena itu, menurut Vikram, Indosat berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap langkah menuju pemerataan digitalisasi di Indonesia dilakukan dengan menjaga standar tertinggi dalam melindungi data pribadi para pelangganya.
Sebagai wujud nyata dari komitmen ini, Indosat telah memiliki berbagai inisiatif dan layanan yang diimplementasikan baik di internal perusahaan maupun bagi pelanggan.
Teranyar, Indosat melalui brand IM3 memperkenalkan IMSecure, sebuah solusi keamanan data yang dirancang untuk melindungi pelanggan dari berbagai ancaman digital.
Dengan IMSecure, pelanggan IM3 mendapatkan perlindungan komprehensif terhadap ancaman seperti pencurian identitas dan serangan siber.
Teknologi ini dikembangkan melalui kolaborasi strategis dengan perusahaan global yang berpengalaman dalam keamanan digital, memastikan bahwa standar perlindungan yang diterapkan adalah yang terbaik di industri.
Inisiatif IMSecure tidak hanya melindungi pelanggan, tetapi juga menjadi bagian integral dari misi Indosat dalam memberdayakan masyarakat melalui digitalisasi yang merata dan aman.
Dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang terhubung ke dunia digital, perlindungan data pribadi menjadi semakin krusial.
IMSecure hadir sebagai solusi yang menjawab kebutuhan tersebut, memungkinkan pelanggan untuk menikmati manfaat digitalisasi tanpa harus mengorbankan keamanan informasi pribadi mereka.
Tak hanya itu, Indosat telah meluncurkan sejumlah inisiatif penting yang bertujuan untuk memperkuat perlindungan data pribadi sesuai dengan ketentuan PDP.
Indosat telah mengimplementasikan program kesadaran privasi data yang mencakup pelatihan dan sosialisasi terkait Undang-Undang PDP kepada seluruh karyawan.
Program ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh tim memahami dan mematuhi aturan yang berlaku dalam mengelola data pribadi pelanggan.
Indosat juga telah melakukan pemetaan jenis data dan penilaian kesesuaian dengan PDP. Inisiatif ini penting sebagai bagian dari upaya Indosat mematuhi undang-undang terkait. Indosat melakukan pemetaan jenis data yang dikumpulkan dan diproses, serta menentukan dasar hukum pengolahan data tersebut.
Hasil pemetaan ini kemudian dibandingkan dengan ketentuan dalam PDP untuk memastikan bahwa seluruh proses pengolahan data sesuai dengan regulasi yang berlaku.
Lebih lanjut, Indosat juga telah mengembangkan kebijakan dan prosedur teknis yang mencakup seluruh aktivitas terkait pengelolaan data pribadi, mulai dari pengumpulan, pembagian, hingga mekanisme penghapusan data. Kebijakan ini dirancang untuk meminimalkan risiko pelanggaran data dan memastikan integritas data pelanggan.
Untuk memastikan bahwa tidak terjadi pelanggaran data, Indosat telah mengimplementasikan sistem dan alat perlindungan data yang canggih. Sistem ini dirancang untuk mengelola kepatuhan terhadap PDP dan melindungi data pribadi dari ancaman keamanan, termasuk saat menggunakan layanan pihak ketiga.
Perkuat kepercayaan dalam ekosistem digital
Dalam konteks pemerataan digitalisasi, Indosat juga menekankan pentingnya membangun kepercayaan di ekosistem digital. Melalui IMSecure dan berbagai inisiatif literasi digital, Indosat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan data pribadi.
Program edukasi yang diluncurkan mencakup panduan untuk mengenali dan menghindari ancaman digital, seperti phishing dan malware, serta langkah-langkah untuk menjaga privasi online.
“Dalam menjalankan misi kami untuk menghubungkan dan memberdayakan Indonesia, kami menyadari bahwa keamanan adalah kunci dari keberlanjutan dan kepercayaan dalam ekosistem digital,” ujar Vikram.
Itu sebabnya, Indosat berkomitmen untuk terus berinovasi dalam perlindungan data pribadi, memastikan bahwa setiap orang yang terhubung melalui jaringan kami dapat melakukannya dengan aman dan penuh keyakinan. (Icha)
Telko.id – Saat nonton konser, pasti dong ingin mengabadikannya juga dan ingin hasilnya yang terbaik. Nah, dengan Galaxy S24 Ultra, konten konser yang kamu hasilkan pasti akan lebih baik. Nggak percaya?
Ya, sejak peluncurannya di bulan Januari silam, Samsung Galaxy S24 Series tetap mendapatkan animo yang luar biasa. Kecanggihan Galaxy AI yang disematkan dalam perangkat Galaxy S24 Series menjadi daya tarik utama bagi konsumen, terlebih atas kemampuannya dalam memudahkan produktivitas, menikmati hiburan gaming hingga membuat konten untuk bersosialisasi di ranah digital.
Peningkatan fitur yang dikawinkan dengan kecanggihan Galaxy AI menjadikan setiap foto dan video yang ditangkap layaknya profesional, termasuk saat menonton konser.
Hal ini dibuktikan oleh Lifestyle Content Creator, Cia Wardhana yang menggunakan Samsung Galaxy S24 Ultra sebagai daily driver-nya.
“Berkat kamera beresolusi tingga dan ragam fitur canggih di Galaxy S24 Ultra, kita bisa enjoy serunya konser sambil mengabadikan momen tersebut menjadi banyak konten yang paling epic! Khususnya saat menggunakan untuk selfiie dalam suasana minim cahaya saat konser, berkat peningkatan kamera fitur Night Mode yang memastikan foto tetap jernih di kondisi low light, ujar Cia.
Ambil konten foto dan video selfie dengan sempurna, meskipun dalam kondisi lowlight, pakai kamera depan Galaxy S24 Ultra dengan fitur Nightography andalan
Baca juga :
Cia pun menyebutkan bahwa edit foto pun jadi lebih gampang dan cepat berkat ragam fitur pada Photo Assist. Tak ketinggalan, ada fitur Instant Slow-mo yang bikin video momen konser jadi semakin epic tanpa perlu berpindah aplikasi.
Simak cara Cia menangkap setiap momen seru saat konser dengan hasil yang epic? Ikutin tipsnya berikut ini:
Konten tetap ‘menyala’ di kondisi low light dengan fitur Night Mode
Pengalaman nonton konser rasanya tak akan lengkap tanpa ambil selfie. Apalagi, ada banyak ide selfie yang menarik saat nonton konser. Kalau kamu ada di baris depan, kamu bisa selfie ataupun record diri kamu sendiri dengan latar belakang panggung yang meriah, atau bahkan selfie bareng artis favorit. Untuk wefie bareng bestie, pilihan baris belakang dengan latar lampu panggung patut dicoba.
Namun, tak jarang konser yang kerap digelar malam hari didominasi oleh situasi yang minim cahaya, sehingga sulit untuk mengambil foto atau video dengan kualitas terbaik. Di sisi lain, lighting yang intens dari area panggung bisa menjadikan hasil foto jadi penuh noise hingga backlight.
Namun kini sudah tak perlu khawatir, Galaxy S24 Ultra punya fitur Night Mode yang memungkinkan kita mendapatkan selfie terbaik saat nonton konser, termasuk di kondisi low light sekalipun.
Night Mode bekerja dengan AI multi-frame processing inovatif yang mampu menggabungkan 30 gambar menjadi satu foto epic, dengan warna dan detail di setiap pixel foto ikut dioptimalkan secara otomatis.
Didukung kamera depan 12MP yang canggih, kamu bisa tampil kece di setiap selfie berkat hasil foto yang vivid dan tajam dengan skin tone yang true-to-life. Jadi, kamu akan mendapatkan selfie yang jernih dan minim blur di malam hari setiap kali menekan shutter kamera.
Sempurnakan setiap foto pakai fitur Photo Assist
Hapus objek yang tidak diinginkan pada foto kamu dengan fiturObject Eraser di Galaxy S24 Ultra
Dekorasi yang meriah dan keseruan para penonton tentu telah menjadi dua elemen daya tarik dari sebuah konser. Namun tak jarang, kondisi tersebut menjadikan kita sulit untuk mendapatkan foto yang clean sesuai keinginan, dan bebas dari objek yang mengganggu.
Hal ini membuat kita kerap memotret di tempat yang sama berulang-ulang untuk mendapatkan foto yang sesuai keinginan, tapi hasilnya tak selalu seperti yang diharapkan.
Namun sekarang, dengan kecanggihan Photo Assist di Galaxy S24 Ultra, siapa pun dapat dengan mudah edit konten kamu selama konser. Kalau di foto ada orang yang photobomb atau terlalu banyak objek yang masuk frame, kamu bisa pakai fungsi Object Eraser untuk hapus elemen-elemen yang mengganggu hanya dengan sekali klik tombol.
Ada juga Generative Edit yang memanfaatkan AI untuk bikin setiap foto jadi lebih proporsional. Kamu bisa geser posisi teman yang terlalu jauh dalam group photo, atau rotate foto agar komposisinya lebih pas dan tidak miring, lalu AI generatif akan mengisi ruang kosong di frame.
“Pasnonton konser, kita nggak selalu bisa dapetin momen yang pas buat foto karena ramai orang yang lalu-lalang. Padahal, ada banyak momen spesial saat nonton konser yang tidak bisa diulang. Bahkan, kita seringkali harus gantian dengan orang lain untuk foto di spot-spot yang lucu, sehingga hasil foto bisa jadi kurang maksimal karena kita buru-buru mengambilnya.
Untungnya, Photo Assist bikin aku bisa dapetin hasil foto yang keren dalam berbagai situasi. Ini helpfulbanget karena kita bisa memaksimalkan foto yang ada untuk mendapatkan konten yang memuaskan tanpa capture foto berkali-kali atau menunggu momen yang serupa terulang,” tutur Cia.
Rekam video anti-mainstream pakai fitur Instant Slow Mo yang mudah
Ciptakan konten video menarik hanya dengan sentuhanlangsung dari video, dengan fitur Instant Slow-mo
Mau bikin video dari momen konser kamu lebih dramatis dan beda dari yang lain? Kamu bisa pakai fitur Instant Slow-mo untuk mengubah video biasa menjadi video slow motion yang epic secara otomatis tanpa perlu berpindah ke aplikasi video editing yang ribet.
Instant Slow-mo bekerja dengan teknologi AI Frame Rate Conversion (AI FRC) yang mampu menyisipkan frame tambahan di dalam video untuk menciptakan efek gerak lambat yang detail dan smooth. Jadi, kamu bisa mengubah video HD 24fps menjadi video slow motion UHD 60fps yang epic hingga membuat video slow motion dari FHD 240fps ke UHD 120fps.
Kamu bisa mencoba kecanggihan fitur Instant Slow-mo untuk bikin fancam yang lebih cinematic hingga rekam momen teman-teman kamu yang sedang vibing dengan lagu favorit. Kamu pun tak perlu FOMO lagi dengan video slow-motion yang sering ada di Instagram atau TikTok karena kamu bisa membuatnya sendiri dengan begitu praktis.
Nonton konser jadi lebih asyik
Pengalaman Cia menunjukkan bagaimana Galaxy AI bisa bantu kamu untuk bikin konten yang lebih epic.
“Galaxy AI dan Galaxy S24 Series dirancang untuk memudahkan pengguna dalam menjalani rutinitas dan melakukan aktivitas favoritnya. Maka dari itu, selain menawarkan fitur-fitur penunjang produktivitas, Galaxy AI juga memberikan fitur-fitur yang mendukung pengguna untuk berkreasi, seperti yang Cia lakukan saat bikin konten konser yang epic,” kata Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.
Ilham pun menambahkan bahwa dengan terobosan mobile AI ini, Samsung ingin menginspirasi setiap insan untuk mendobrak segala batasan dan memiliki kebebasan dalam menuangkan kreativitas secara positif.
Galaxy S24 Ultra hadir dengan harga mulai dari Rp21.999.000 (12GB/512GB). Galaxy S24+ dibanderol dengan harga mulai dari Rp15.999.000 (12GB/256GB). Galaxy S24 tersedia dengan harga mulai dari Rp13.249.000 (8GB/256GB). (Icha)
Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) kembali meraih penghargaan di ajang bergengsi Stevie Awards 2024 untuk kategori HR Department of the Year. Indosat menjadi satu-satunya perusahaan dari Indonesia yang memenangkan kategori ini.
Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Indosat dalam mengembangkan dan mengimplementasikan teknologi berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), sehingga karyawan tidak menjadikan AI sebagai ancaman, melainkan sebagai sahabat.
Indosat telah mengimplementasikan AI dan Robotic Process Automation (RPA) untuk meningkatkan produktivitas karyawan dengan mengambil alih tugas-tugas repetitif. Tugas administratif yang sebelumnya membutuhkan waktu satu hari kini hanya memerlukan waktu sepuluh menit.
Indosat juga memiliki asisten virtual AI bernama “ASTRID” (Assistant for Robotic Administration Indosat), yang tidak hanya mampu mengelola data, mengintegrasikan aplikasi untuk menghasilkan talent predictive analytics, tetapi juga mampu menunjukkan empati dengan menjawab pertanyaan harian karyawan dan mengirim pesan dukungan yang personal kepada karyawan-karyawan yang membutuhkan.
Hingga saat ini, lebih dari 3.100 pesan telah dikirim, menciptakan komunikasi yang kuat dan personal antara Indosat dan para karyawannya.
“Penghargaan ini adalah bukti komitmen Indosat untuk membangun organisasi yang siap menghadapi masa depan. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional dan mencerminkan kepedulian kami, tetapi juga mempersiapkan karyawan kami untuk lebih gesit dalam menerapkan teknologi canggih di operasional kami,” kata Irsyad Sahroni, Director and Chief Human Resource Indosat Ooredoo Hutchison.
Ia pun menambahkan bahwa karyawan seharusnya melihat AI bukan sebagai ancaman, tetapi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas kerja mereka dan, yang lebih penting, sebagai keunggulan kompetitif yang meningkatkan nilai mereka sebagai talenta.
“Kami percaya bahwa teknologi harus sejalan dengan nilai-nilai kemanusiaan dan menjadi solusi digital yang memberikan dampak positif bagi semua,” ungkap Irsyad menjelaskan.
Penerapan teknologi berbasis machine learning dan generative AI juga digunakan untuk mengembangkan Career Simulator, yang dapat membantu karyawan merencanakan karir agar lebih terarah. Alat ini dapat merekomendasikan program pengembangan yang tepat untuk mencapai tujuan karir.
Dengan adanya AI empatik ini, karyawan dapat lebih fokus pada pekerjaan strategis, pengembangan diri, memperkuat relasi, dan mencapai kesejahteraan yang lebih seimbang. Sebagai hasilnya, tingkat kepuasan karyawan mencapai 94% dan Employee Net Promoter Score (eNPS) yang tinggi mencerminkan loyalitas dan komitmen yang tinggi kepada perusahaan.
Stevie International Business Awards adalah program penghargaan global yang diselenggarakan oleh sebuah organisasi yang berbasis di Amerika Serikat. Penghargaan ini mengakui prestasi dalam berbagai aspek di tempat kerja di lebih dari 60 negara. Penilaian dilakukan oleh panel juri yang terdiri dari eksekutif dan profesional terkemuka dari seluruh dunia.
“Penghargaan ini menjadi penyemangat kami untuk terus menghadirkan inovasi dalam menciptakan lingkungan kerja yang terbaik. Hal ini merupakan bagian proses internalisasi cita-cita transformasi Indosat menjadi AI Native TechCo,” tutup Irsyad. (Icha)
Telko.id – Tepat sebulan lalu salah satu laptop gaming yakni Axioo Pongo 750 dan laptop ini berhasil membuktikan keunggulannya memecahkan rekor MURI dengan melakukan 48 jam nonstop gaming.
Seri laptop Axioo Pongo 750 ini memang secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan para gamer karena dibekali dengan prosesor dan graphic card terbaik yang dapat meningkatkan performa untuk gaming, multitasking dan stabilitas untuk pengalaman gaming yang lebih memukau.
Karena dirancang khusus untuk para gamer, pemecahan rekor MURI pun dilakukan dengan pengujian Axioo Pongo 750 dengan memainkan game berat seperti Valorant, Black Myth Wukong, DOTA 2, EA FC 24, Body Cam, Cyberpunk 2077, GTA V Role Play dan Elden Ring selama 48 jam nonstop.
Acara untuk memecahkan rekor MURI diselenggarakan dari tanggal 30 Agustus 2024 sampai dengan 1 September 2024 di Point Arena, Mampang Jakarta Selatan. 48 jam nonstop gaming disiarkan secara langsung yang bisa disaksikan di kanal YouTube Pongo Gaming Official.
Baca juga :
Pembuktian 48 jam nonstop gaming dilakukan bergantian dengan mengundang streamer ternama seperti Benny Moza, Ryan Prakasha, The Lazy Monday, Momochan, Rachel Melati, serta tech reviewer dan komunitas gamer berpengaruh lainnya untuk melakukan fun match dan turnamen.
Tidak hanya gaming, tetapi ada juga sesi lainnya seperti talkshow, coaching online yang membahas mengenai game dan mengulas produk, serta tidak ketinggalan kuis – kuis dengan hadiah menarik.
Keunggulan dari Axioo Pongo 750 yaitu telah disenjatai dengan Prosesor Intel Core i7-13620H dan Graphic Card NVIDIA GeForce RTX 4050 GPU 6GB GDDR6 hingga 100W.
Dengan prosesor dan graphic card yang mumpuni, Axioo Pongo 750 mempunyai tenaga lebih dari cukup untuk memainkan game AAA pada settingan Mid sampai High dan akan mendapatkan FPS yang berlimpah untuk pengalaman gaming yang lebih memukau.
”Keberhasilan pembuktian 48 jam nonstop gaming yang kami lakukan dengan Axioo Pongo 750, menjadi bukti bahwa produk laptop Axioo Pongo berhasil memenuhi standar laptop gaming powerful terbaik, memiliki durability yang kuat dan membuktikan bahwa brand lokal bisa bersaing dengan brand dari luar negeri,” kata Timmy Theopelus, Vice President Business Development & Strategic Partnership PT Tera Data Indonusa, Tbk.
Dengan semua fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, Axioo Pongo 750 merupakan pilihan yang sangat menarik bagi para penggemar game di Indonesia. Dengan harga yang terjangkau Rp 13,999,000 laptop ini mampu memberikan performa dan pengalaman gaming yang memuaskan, sekaligus mendukung berbagai kebutuhan produktivitas pengguna.
Sebagai produk lokal, Axioo Pongo 750 juga menjadi bukti bahwa Indonesia mampu bersaing dalam industri teknologi global.
Saat ini Axioo memiliki program yang spesial, yaitu Axioo Cicilan 0% yang dapat memberikan kemudahan untuk memiliki produk – produk dari Axioo dengan pilihan skema Cicilan 0% selama 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.
Program Axioo Cicilan 0% ini bisa didapatkan di 15 titik Axioo Care Platinum. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat memanfaatkan program Axioo Trade In, yang merupakan tukar tambah laptop lama dengan unit baru laptop Axioo.
Untuk program ini, pengguna bisa langsung datang ke Axioo Care Platinum dengan membawa laptop lama untuk pengecekan terlebih dahulu oleh tim Customer Service, dan jika sudah memenuhi ketentuan maka akan dapat menerima manfaat tukar tambah dengan unit laptop baru dari Axioo.
Manfaat program Axioo Trade In bisa disatukan dengan Axioo Cicilan 0%, yang akan meringankan pengguna untuk upgrade dari laptop lama ke laptop baru.
Satu lagi program yang menarik yaitu Axioo Accidental Damage Protection 3XTRA yang bisa memberikan perlindungan menyeluruh untuk perangkat Axioo dari kerusakan yang tidak terduga.
Program ini merupakan yang pertama dan satu-satunya dari brand laptop lokal di Indonesia, yang semakin menunjukkan komitmen Axioo untuk memberikan pengalaman aman dan nyaman bagi para penggunanya.
Selain perlindungan yang menyeluruh, keunggulan dari Axioo Accidental Damage Protection 3XTRA terdapat pada manfaat proteksi dan asuransi yang sekaligus diberikan—bahkan berlaku untuk diklaim lebih dari sekali, selama memenuhi syarat dan ketentuan berlaku.
Semua program spesial ini diharapkan dapat mendukung produktivitas serta performa para pengguna setianya lewat keuntungan dan kemudahan yang menyeluruh.
Untuk setiap pembelian Pongo 750, pengguna juga akan langsung mendapatkan garansi resmi dari Axioo selama 3 tahun. Jaminan layanan purna jual terefleksi lewat jaringan 177 service center yang tersebar hampir di seluruh Indonesia, dengan layanan same day service. Laptop ini dapat diperoleh melalui online store resmi Axioo dan di toko – toko dealer terdekat. (Icha)
Telko.id – PT. XL Axiata, Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan berkualitas guna mensukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) pada 9 – 20 September 2024.
Salah satu lokasi yang diperkirakan akan menjadi tempat konsentrasi keramaian acara antara lain adalah di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, yang akan menjadi lokasi pembukaan PON XXI pada Senin, 9 September 2024.
Untuk BTS-BTS yang melayani lokasi event dengan asumsi kapasitas naik di atas 90%, maka akan di lakukan penambahan kapasitas radio sehingga kenyamanan pelanggan diharapkan tetap terjaga. #AdaUntukIndonesia
”Secara khusus XL Axiata berupaya untuk terus menjaga performa jaringan 4G untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan event PON XXI 2024 di Aceh – Sumut,” kata Desy Sari Dewi, Group Head XL Axiata West Region.
Untuk itu, XL Axiata juga melakukan persiapan khusus dengan menambah 1 mobile base transceiver station (MBTS) di Stadion Harapan Bangsa, Aceh untuk meningkatkan kualitas jaringan selama berlangsung PON XXI 2024 di lokasi ini.
Di Sumatera Utara, ada 3 MBTS yang terletak di Sumut Sport Center, Balige, dan 1 MBTS lagi tersedia di Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai.
Desy menambahkan keberadaan jaringan 4G XL Axiata di PON XXI 2024, mendorong komitmen XL Axiata memberikan dampak pada suksesnya acara olahraga terbesar di Indonesia ini yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali.
Bagi XL Axiata, bisa ikut menyukseskan event penting nasional merupakan kebanggaan tersendiri, satu komitmen XL Axiata memberikan kemudahan dan #jadilebihbaik.
Persiapan yang sudah dilakukan dengan mengecek kondisi network di semua lokasi PON XXI baik di Aceh maupun Sumut, termasuk pengambilan sample experience langsung dari lokasi venue dan perhitungan kapasitas dengan mempertimbangkan prediksi lonjakan trafik dengan melakukan upgrade sesuai kebutuhan.
Berbagai persiapan di lapangan telah dilakukan, mulai dari peningkatan kapasitas sampai dengan optimalisasi jaringan layanan data di berbagai venue event PON XXI 2024.
Di Aceh antara lain ada di Kab. Aceh Besar, Kab. Aceh Tengah, Kab. Aceh Tenggara, Kab. Aceh Timur, Kab. Aceh Utara, Kota Banda Aceh, Kota Sabang, Kab. Pidie, dan Kota Lhokseumawe, seperti di GOR Aceh Barat, Lapangan Panahan Kompleks SHB, IDI Sport Center, Lapangan Blangpaseh, GOR KONI Aceh, Sport Center USK, dan beberapa lokasi lainnya di Provinsi Aceh.
Sedangkan persiapan di Sumut ada di Kota Medan, Kab. Deli Serdang, Kab. Karo, Kab. Langkat, Kab. Serdang Bedagai, Kab. Simalungun, Kota Binjai dan Kab. Toba Samosir, seperti di GOR Lubuk Pakam, Kolam Renang Selayang Disporasu, GOR Pematangsiantar, Danau Toba, Gedung Serbaguna UNIMED, Gedung PBSI Disporasu, Pardede Hall, dan beberapa lokasi lainnya di Provinsi Sumut.
Daerah dengan trafik tertinggi dari Aceh dan Sumut terletak di Kab. Aceh Besar dan Kab. Bireuen, Aceh, sedangkan di Sumut, trafik tertinggi di Kab. Deli Serdang dan Kota Medan yang beberapa venue terdapat di daerah tersebut. XL Axiata telah mempersiapkan jaringan di tempat pelaksanaan semua cabang olahraga.
Saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau 206 kecamatan di Provinsi Aceh dan 340 kecamatan di Provinsi Sumatera Utara. Total ada sebanyak lebih dari 2.500 BTS di Provinsi Aceh dan lebih dari 9.500 BTS di Provinsi Sumut yang mayoritas BTS 4G.
Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimalisasi kapasitas jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan dari Aceh menuju Sumut maupun sebaiknya dari Sumut menuju Aceh.
XL Axiata terus melakukan pembangunan jaringan diberbagai daerah di Aceh dan Sumut, diantaranya di Kab. Aceh Tamiang, Kab. Aceh Utara, Kota Medan, Kab. Deli Serdang, Kab. Toba Samosir, Kab. Langkat, Kab. Padang Lawas, Kab. Labuhan Batu, Kab. Samosir, dan Kab. Tapanuli Utara. Serta adanya expansi kapasitas agar jaringan XL Axiata #JadiLebihBaik.
Saat ini jaringan XL Axiata di Sumatera ditopang lebih dari 38 ribu BTS, mayoritas BTS 4G. Jaringan 4G XL Axiata juga terus diperluas, dan XL Axiata terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. (Icha)
Telko.id – Senhasegura, yang juga merupakan salah satu pemimpin Privileged Access Management menawarkan solusi untuk lawan serangan siber berteknologi Artificial Intelligence (AI).
Menurut Marcus Scharra, sebagai orang yang sudah berpengalaman di bidang Cyber Security dan Artificial Intelligence (AI) selama lebih dari 20 tahun, Marcus yang saat ini menjadi Founder dan CEO Senhasegura. Sejak mendirikan Senhasegura pada tahun 2013, Marcus memimpin perusahaan ini dan menjadi salah satu key person di industri keamanan siber global. Ia percaya bahwa cyber security harus berada di garis depan strategi digital setiap organisasi.
“Dengan memanfaatkan Artificial Intelligence, kami pun yakin dapat secara proaktif mendeteksi dan mencegah serangan sebelum terjadi kerusakan yang signifikan,” ungkap Marcus.
Seperti diketahui, Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna internet terbesar di dunia, dengan lebih dari 202 juta pengguna aktif pada tahun 2023. Sayangnya, seiring dengan peningkatan penggunaan internet, risiko serangan siber juga meningkat secara signifikan.
Data dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) juga menunjukkan bahwa lebih dari 888 juta serangan siber terjadi di Indonesia selama tahun 2022 yang mencakup berbagai bentuk serangan seperti phishing, malware, dan ransomware.
Senhasegura yang juga telah diakui sebagai salah satu pemimpin dalam Privileged Access Management (PAM) yang merupakan komponen krusial dalam melindungi infrastruktur Informasi Teknologi.
Berdasarkan laporan dari Gartner, pasar PAM global diproyeksikan akan mencapai $3,5 miliar pada tahun 2025 nanti, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 19,8%.
Senhasegura merupakan produk PAM yang memiliki support terbaik dan tingkat customer satisfaction tertinggi di industri.
Senhasegura telah diakui Gartner sebagai “Peer Insights Customer’s choice untuk Privileged Access Management (PAM) tahun 2024.
Inovasi Senhasegura secara efektif mencegah privilege attacks, menjadikannya solusi paling komprehensif untuk melindungi identitas manusia maupun mesin.
Perusahaan akan mendapatkan solusi keamanan lengkap dengan menggunakan 360 Privilege Platform dari Senhasegura, yang meliputi privileged remote access, personal secret, endpoint protection, DevOps secret manager, multi-cloud protection, certificate lifecycle.
Bagi perusahaan perbankan dan asuransi, yang kini mengelola data pelanggan yang sangat sensitif, teknologi yang ditawarkan oleh Senhasegura adalah investasi yang sangat diperlukan.
Dengan menggunakan teknologi PAM berbasis AI, perusahaan dapat memastikan bahwa hanya individu yang berwenang yang memiliki akses ke dalam sistem, serta melacak dan mengaudit setiap aktivitas untuk kepatuhan terhadap regulasi OJK.
Regulasi terbaru dari OJK, termasuk POJK No. 11/POJK.03/2022, menuntut lembaga keuangan untuk menerapkan manajemen risiko yang lebih ketat, termasuk dalam hal perlindungan data dan mitigasi risiko siber.
Kemudian, belakangan ini semua orang jadi akrab dengan Artificial Intelligence ketika banyak produk AI dikeluarkan sejak tahun lalu dan langsung jadi menarik perhatian banyak orang. Sejalan dengan tren, risiko serangan siber pun terus meningkat. Khususnya di industri yang memproses data sensitif seperti di perbankan, asuransi, dan sektor keuangan lainnya.
Untuk menghadapi ancaman tersebut, Senhasegura di bawah kepemimpinan Marcus Scharra, berkomitmen untuk menyediakan solusi keamanan siber yang inovatif melalui teknologi Artificial Intelligence.
Di Indonesia, PT Optima Solusindo Informatika telah dipercaya sebagai distributor tunggal untuk produk-produk Senhasegura dengan track record yang selalu memberikan support dan after sales service kepada para customer. Optima berperan penting dalam mendistribusikan solusi keamanan ini ke berbagai sektor industri, terutama perbankan dan asuransi.
“Kolaborasi kami dengan Optima adalah langkah strategis untuk memperluas jangkauan teknologi kami di Indonesia. Dengan keahlian lokal yang mereka miliki, serta kemampuan untuk memberikan after sales service, kami yakin Optima dapat memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan regulasi yang berlaku,” ujar Marcus.
Sementara itu, menurut Managing Director Optima, Refany Iskandar “Dalam lingkungan yang terus berkembang seperti saat ini, kecepatan dan ketepatan adalah kunci. Melalui teknologi PAM ini, memungkinkan kita untuk berada selangkah lebih maju dari penjahat siber.”
Oleh karena itu Optima menyambut baik kerja sama dengan Senhasegura untuk menjadi distributor resmi satu-satunya di Indonesia. Menurut Refany, kerja sama itu merupakan bentuk komitmen penuh dari Optima untuk memberikan solusi terbaik kepada mitra dan pelanggan, serta mendistribusikan Senhasegura ke seluruh Indonesia.
“Ini tidak hanya membantu mitra kami mengembangkan bisnis mereka, tetapi juga mendorong Indonesia untuk memenuhi standar cyber protection yang lebih modern,” ungkapnya. (Icha)
Telko.id – Samsung memfasilitasi generasi muda Indonesia melalui pembekalan pentingnya kemampuan AI bagi kalangan pelajar dan mahasiswa, akan adopsi inovasi dan penggunaan AI yang bermanfaat.
Potensi manfaat ekonomi dari teknologi AI cukup menjanjikan, namun itu bergantung pada keberhasilan mengatasi hambatan terbesar, yaitu kurangnya talenta yang memiliki keterampilan AI.
Survei mendapati 81% profesional IT merasa yakin bahwa mereka dapat mengintegrasikan AI ke dalam pekerjaan. Namun masalahnya, hanya 12% yang memiliki pengalaman yang signifikan bekerja dengan AI.
Studi mendapati sebanyak 90% siswa dan 72% pekerja di Asia Tenggara telah menggunakan AI dan merasakan manfaatnya. Mulai dari efisiensi pekerjaan, peningkatan kualitas kerja, dan inovasi ide baru.
Namun, ada tiga hambatan utama dalam pengadopsian AI yaitu kurangnya pemahaman tentang teknologi AI, kurangnya talenta AI, dan kekhawatiran akan risiko AI.
World Economic Forum dalam laporannya menyatakan, untuk mempersiapkan talenta AI dan mengatasi kekurangan tenaga kerja AI, maka pengajaran tentang AI harus ditekankan dalam pendidikan sejak dini.
Sistem pendidikan harus beradaptasi untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi ekonomi yang digerakkan oleh teknologi di masa depan dan untuk membantu siswa belajar bersama dengan teknologi AI yang sedang berkembang ini.
“AI menjadi teknologi yang membuat hidup kita menjadi lebih mudah, dan ini bisa mengubah cara kita beraktivitas sehari-hari. Dengan melatih anak-anak muda Indonesia, AI bisa menjadi alat yang memberikan solusi setiap tantangan, memperbaiki kualitas hidup manusia, dan hal-hal yang bermanfaat lainnya,” kata Fikri Arif Wicaksana, Lead Mentor Extra Class AI program SFT 2024.
Di sinilah peran Samsung Solve for Tomorrow sebagai platform yang memberikan pembelajaran sekaligus kompetisi STEM yang menyeluruh. Menurut saya, SFT adalah peluang bagus yang dapat dimaksimalkan bagi anak muda Indonesia untuk mempelajari AI dan meraih kompetensi yang tidak hanya berguna sekarang, tapi juga untuk masa depan yang lebih baik.
Melalui program ini, Samsung berupaya untuk membina generasi pemikir inovatif yang dapat berkontribusi secara positif bagi masyarakat dan pembangunan bangsa.
Tujuan utamanya adalah untuk menginspirasi dan memberdayakan generasi muda untuk menjadi pemecah masalah dan inovator dengan menggunakan teknologi dan pemikiran kreatif.
Lebih dari 600 tim (2.400 peserta) telah mendaftar untuk mengikuti SFT tahun ini, dan sebanyak 537 tim (2.148 peserta) memenuhi syarat untuk melanjutkan keikutsertaan mereka di SFT 2024 di babak penyisihan dan dapat mengikuti Workshop Design Thinking.
Sebanyak 40 tim dari masing-masing kategori peserta di semifinal akan dipilih sebanyak 15 tim dari masing-masing kategori oleh tim juri untuk masuk ke babak final.
Program SFT yang kedua ini sudah memasuki babak semi-final setelah penilaian dari sejumlah kriteria dan concept paper yang disempurnakan berdasarkan pembelajaran Design Thinking.
SFT mengumumkan total 80 tim dengan 273 peserta, yang terdiri dari 40 tim dari kategori SMA, SMK, MA, dan 40 tim dari kategori mahasiswa D3, D4, dan S1, lolos ke babak semifinal, yang akan berlangsung pada 18 Agustus sampai 2 Oktober 2024. Jumlah tim dan peserta semifinal tahun ini meningkat dua kali lipat dibandingkan SFT pertama tahun lalu.
Tahun ini, 53% tim yang lolos ke semi final mengambil tema Lingkungan dan Keberlanjutan menjadi tema yang paling banyak diminati. Sementara 28% peserta memilih tema Kesehatan dan Kesejahteraan, dan 20% lainnya memilih Pendidikan dan Pembelajaran.
Delapan puluh tim dengan ide-ide kreatif dan inovatif yang mengusung ketiga tema tersebut akan dipertajam bersama mentor-mentor dari Samsung Electronics Indonesia, Samsung R&D Institute Indonesia dan partner operasional SFT 2024.
Kemudian dilanjutkan dengan kelas AI di mana mereka akan diberikan materi AI for Designer sebagai tambahan pembelajaran. AI for Designer berfokus pada bagaimana mengoptimalkan desain prototipe untuk produk hardware dan software, untuk membantu siswa dalam menerapkan proyek berbasis AI.
Tujuan dari kelas ini adalah untuk memperkaya pengetahuan mereka mengenai penerapan AI dalam pengembangan solusi inovatif, khususnya dalam desain prototype.
Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, mengatakan kegunaan AI sudah dirasakan oleh banyak kalangan, termasuk di kalangan pelajar SMA setara dan mahasiswa, untuk memaksimalkan aktivitas dan pembelajaran mereka.
“Program Samsung for Tomorrow tahun ini kami rancang untuk menjadi platform yang akan membekali para peserta tidak hanya keterampilan dalam mengimplementasikan AI dengan pendampingan dari pakar dan mentor, tapi juga membekali mereka dengan penggunaan AI yang baik dan beretika. Sehingga, mereka dapat memaksimalkan keterampilan ini untuk berinovasi, sekaligus mempersiapkan karier mereka di masa depan.” (Icha)
Telko.id – Telkomsel kembali menjalankan program Jaga Bumi, kali ini ada dua kegiatan yang diadakan di Maros Sulawesi Selatan pada 24-25 Agustus 2024.
Kegiatan tersebut meliputi pembersihan lingkungan (Public Clean-Up) dalam program Telkomsel Jaga Bumi Waste Management dan pelatihan tanggap bencana Gladian PANJI Relawan dalam program Telkomsel Emergency Response and Recovery Activity (TERRA).
Kedua kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kelestarian lingkungan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.
Kegiatan Public Clean-Up difokuskan pada pembersihan lingkungan di sepanjang sungai hingga dermaga di Dusun Ramang Ramang.
Sebagai bagian dari program Telkomsel Jaga Bumi Waste Management, kegiatan ini tidak hanya sekadar membersihkan area, tetapi juga melibatkan edukasi mengenai pemilahan dan daur ulang sampah, terutama yang berbahan dasar plastik.
Untuk memperkuat dampak kegiatan ini, Telkomsel melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk komunitas mahasiswa pecinta alam, komunitas anak sungai, masyarakat setempat, serta karyawan Telkomsel yang berpartisipasi melalui Employee Volunteering Program (EVP).
Selain di Sulawesi Selatan, kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di Bengkulu dan Jawa Barat dalam waktu dekat.
Sementara Program Gladian PANJI Relawan TERRA dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap potensi bencana, dengan memberdayakan mahasiswa serta pemuda dari komunitas pecinta alam dan komunitas peduli bencana sebagai agen perubahan.
Program ini menghadirkan berbagai materi penting terkait kebencanaan, seperti Pemetaan Risiko, Alokasi Sumber Daya, Notifikasi Dini, Jaringan Evakuasi Aman, dan Integrasi Penanganan Darurat (PANJI).
Para peserta juga diajak untuk mengamati potensi bencana di sekitar dan memahami pentingnya menjaga kelestarian alam, terutama di wilayah UNESCO Global Geopark Maros – Pangkep, yang dinobatkan sebagai kawasan karst terbesar dan terindah kedua di dunia pada 2023. Sebelumnya, pelatihan offline juga telah dilaksanakan di Jawa Timur, dengan pendampingan secara online selama dua bulan.
“Telkomsel selalu terinspirasi oleh semangat Indonesia untuk memberikan dampak positif, terutama dalam menjaga kelestarian bumi dan lingkungan secara selaras dengan proses bisnis perusahaan yang mengedepankan prinsip ESG,” kata Saki H. Bramono, VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel.
Menurut Saki, komitmen Telkomsel ini adalah untuk menghadirkan inovasi yang tidak hanya memberikan manfaat bagi pelanggan, tetapi juga mendukung terciptanya kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat luas.
Dalam setiap langkah perusahaan, kami memastikan bahwa visi Telkomsel untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan yang memberdayakan masyarakat Indonesia, diwujudkan dengan tindakan nyata yang sustainable.
Inisiatif Telkomsel Jaga Bumi adalah wujud nyata dari komitmen Telkomsel dalam menciptakan dampak positif terhadap lingkungan, sejalan dengan prinsip ESG yang diterapkan dalam setiap aspek bisnis perusahaan.
Melalui inisiatif ini, Telkomsel juga mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang diusung oleh pemerintah Indonesia dalam visi Indonesia Emas 2045.
Program Telkomsel Jaga Bumi Waste Management, perusahaan berfokus pada pengelolaan limbah dan daur ulang sampah plastik bernilai rendah, seperti limbah Kartu SIM bekas, yang diolah menjadi produk bernilai tambah seperti phone holder, paving block, dan trash bin.
“Telkomsel tidak hanya berfokus pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga pada misi untuk menciptakan hari yang lebih baik dan masa depan gemilang dengan menyediakan konektivitas, solusi, dan layanan yang inovatif dan unggul untuk semua orang, setiap rumah, dan kegiatan bisnis di seluruh Indonesia,” ujar Saki.
Inisiatif terkait sustainability seperti Telkomsel Jaga Bumi dan Gladian PANJI TERRA adalah bagian dari upaya Telkomsel untuk mewujudkan misi ini, dengan memastikan bahwa teknologi dan inovasi yang kami hadirkan turut mendukung kelestarian alam lingkungan dan keberlangsungan hidup masyarakat.
Melalui kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, kami percaya bahwa bersama-sama kita dapat maju serentak berikan dampak nyata,” pungkas Saki. (Icha)
Telko.id – Bagi para pengguna iPhone dan perangkat Apple lainnya, fitur iMessage dan FaceTime sangat esensial untuk memberikan kemudahan dan mendukung komunikasi mereka.
Bagi pelanggan XL Axiata yang juga pengguna iPhone dan produk Apple, tentu saja kedua fitur bisa mereka manfaatkan secara maksimal dan #JadiLebihBaik. Dengan kata lain, tidak ada persoalan bagi pelanggan XL Axiata untuk tetap menggunakan keduanya.
iMessage merupakan layanan pesan aman yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan di iPhone, iPad, Mac, atau Apple Watch Anda. Sementara itu, FaceTime merupakan aplikasi perangkat lunak eksklusif yang hanya didapatkan dalam produk Apple, berfungsi sebagai alat komunikasi virtual berbentuk audio visual.
Group Head Customer Contact Center XL Axiata, M. Yunus, mengatakan, “Tidak ada masalah bagi pelanggan XL Axiata untuk menggunakan iMessage dan FaceTime. Aktivasinya juga mudah, yaitu menggunakan nomor ponsel atau email.
Bagi pelanggan yang kesulitan atau terkendala dalam melakukan aktivasi, bisa menghubungi layanan pelanggan kami. Kebijakan aktivasi ini telah berlaku dari sejak 1 April 2024. Selain itu, kini pelanggan pelanggan XL, AXIS, dan PRIORITAS juga bisa melakukan aktivasi nomor ponsel melalui SMS dengan tarif paling murah”.
Bagi pelanggan yang masih kebingungan untuk mengaktivasi iMessage dan FaceTime-nya, berikut langkah-langkah yang yang bisa diikuti:
Untuk aktivasi menggunakan nomor ponsel:
iMessage dan FaceTime:
Masuk ke Pengaturan
Pilih iMessage
Klik nomor yang akan digunakan untuk iMessage
Klik pop-up konfirmasi yang muncul
Tunggu sampai muncul centang biru di samping nomor ponsel
iMessage aktif
Sedangkan untuk aktivasi menggunakan email:
iMessage:
Buka Settings pada perangkat Anda
Untuk aktivasi iMessage, klik Messages lalu klik Send & Receive
Pilih atau masukkan alamat email Anda
FaceTime:
Klik FaceTime
Pada menu “You Can Be Reached By FaceTime At”, pilih alamat email Anda
Ketika email sukses dipilih (centang biru), maka aktivasi iMessage dan FaceTime pada perangkat Apple Anda telah berhasil
Layanan aktivasi iMessage dan Face Time sejak Juli 2024 dengan tarif dasar mulai dari Rp. 600 per aktivasi. Biaya aktivasi ini merupakan yang paling murah dibandingkan operator lainnya yang memberlakukan tarif normal roaming untuk satu kali SMS aktivasi iMessage dan FaceTime. (Icha)