spot_img
Latest Phone

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...

Lenovo Yoga Slim 9i: Laptop Premium Pertama dengan Kamera di Bawah Layar

Telko.id - Bayangkan sebuah laptop yang tidak hanya memukau...
Beranda blog Halaman 1255

Pendiri Uber, Travis Kalanick Berencana Menjual 29% Sahamnya

0

Telko.id – Setelah beberapa waktu lalu, Mantan CEO Uber Technologies Inc. Travis Kalanick, membantah akan menjual saham di perushaan yang didirikan, kini Kalanick berencana untuk menjual sahamnya sebanyak 29% dari kepemilikannya. Seperti dikutip dari CNBC, Sabtu (6/1/2018).

Dengan penjualan sahamnya tersebut, Kalanick bakal meraup sekitar $ 1,4 miliar. Atau sekitar Rp. 20 triliun. Rencananya, yang akan membeli saham tersebut adalah SoftBank Group Corp. dan sebuah konsorsium investor lainnya. Nilai valuasi ekuitas Uber sendiri diperkirakan sebesar $ 48 miliar.

Kalanick yang memiliki 10 persen perusahaan, telah menawarkan untuk menjual sebanyak setengah dari sahamnya. Dalam penawaran tersebut, anggota dewan diizinkan untuk tender. Sebenarnya saham yang akan dilepas oleh Kalanick lebih besar lagi, hanya saja jumlahnya harus dikurangi karena ada kesepakatan antara Uber dan pembeli mengenai batas saham yang dijual.

Sebelumnya, Kalanick didesak untuk mengundurkan diri setelah perusahaan tersebut terperosok dalam masalah hokum dan serangkaian investigasi pemerintah mengenai bagaimana bisnis itu dilakukan. Pria yang bakal menjadi miliader karena penjualan saham ini juga sempat bentrok dengan Benchmark, salah satu investor paling awal dan terbesar di perusahaan itu.

Benchmark menjual sekitar $ 900 juta saham Uber-nya, atau sekitar 14,5 persen kepemilikannya di perusahaan tersebut, orang yang akrab dengan masalah tersebut mengatakan.

GV, perusahaan modal ventura Alphabet Inc., menawarkan secara signifikan kurang dari separuh sahamnya di Uber meskipun anak perusahaan mobil Alphabet yang mengendarai mobil Waymo menuntut Uber karena mencuri rahasia dagang. Pada bulan Oktober 2017, perusahaan investasi Alphabet lainnya, CapitalG, mengatakan bahwa perusahaan tersebut memimpin investasi di pesaing utama AS Uber, Lyft Inc. (Icha)

 

Operator di Amerika ini Sudah Siap berikan Layan 5G di Tahun 2018

0

Telko.id – AT&T salah satu operator di Amerika, kemarin mengumumkan bahwa pada tahun ini juga akan memberikan layanan 5G dengan menggunakan teknologi standar 3GPP 5G New Radio (NR). Tepat nya pada akhir tahun 2018.

Yang dilakukan operator ini adalah menggunakan infrastruktur jaringan yang ada dengan dukungan gigabit LTE yang menurut perusahaan ini sebaai evolusi 5G. Dan untuk uji coba nya akan dilakukan juga nirkable fixed standar 5G di perumahan dan perusahaan.

Sebelumnya, Verizon sebagai pesaing utama dari AT&T pun sudah mengumumkan untuk memberikan layanan broadband di perusahaan dan layanan lainnya yang menggunakan fixed wireless 5G pada pertengahan tahun 2018 ini.

Rencananya, AT&T akan menyediakan layanan 5G Evolution ini di 23 area. Termasuk Atlanta, Boston, New York, Chicago, San Francisco dan Houston.

Operator ini menjanjikan mampu memberikan layanan dengan kecepatan secara mobile lebih cepat. Semua itu dapat dilakukan karena AT&T menggunakan teknologi 4 × 4 MIMO, 256 QAM dan agregasi carrier. Selain mobile 5G yang sesuai spesifikasi, AT&T juga mengatakan akan terus menambahkan ratusan area lagi.

Percobaan 5G nirkabel tanpa kabel, sudah dimulai di Austin dengan menggunakan peralatan standar, dan diperluas ke Waco, Kalamazoo dan South Bend. Tes tersebut membuktikan penggunaan gelombang milimeter untuk memberikan kasus penggunaan perumahan dan perusahaan ke beberapa unit hunian, usaha kecil dan pelanggan pendidikan.

“5G akan mengubah cara kita hidup, bekerja dan menikmati hiburan,” kata Melissa Arnoldi, presiden, AT & T Technology and Operations.

Arnoldi menambahkan “Kami bergerak cepat untuk mulai menerapkan mobile 5G tahun ini dan mulai membuka masa depan konektivitas untuk konsumen dan bisnis. Dengan kecepatan yang lebih cepat dan latensi ultra rendah, 5G pada akhirnya akan memberikan dan meningkatkan pengalaman seperti kenyataan maya, mobil tanpa sopir masa depan, video 4K yang mendalam, dan banyak lagi”.

Arnoldi menyebutkan latency, sebuah fitur kunci dari 5G. Untuk itu, carrier mencatat peran komputasi tepi, yang mendistribusikan komputasi dan penyimpanan untuk menempatkan peralatan dan layanan lebih dekat kepada pengguna akhir, dalam strategi yang lebih besar.

Untuk memberikan layanan yang terbaik, AT&T pun melakukan berbagai upaya uji coba. Mulai menggunakan Licensed Assisted Access, penggunaan fixed wireless di sebagian besar wilayah pedesaan, terus membangun aset serat, termasuk G.fast, sebuah teknologi yang meningkatkan kecepatan transmisi kabel tembaga yang ada, dan Project AirGig, yang memanfaatkan infrastruktur listrik untuk menghadirkan broadband berkecepatan tinggi.

Lalu, bagaimana dengan operator lain di Amerika? Seperti apa rencananya di tahun 2018 ini?

Verizon

Konfirmasi rencana Verizon dalam mengimplementasi baru saja dikonfirmasi oleh Samsung sebagai partnernya. Operator ini telah memilih Sacramento, California untuk memimpin peluncuran tiga sampai lima kota pada paruh kedua tahun ini.

Verizon telah bermitra dengan Samsung untuk unit microcell “fixed 5G”, router rumah, dan modem seukuran chip seluler, yang diharapkan Verizon akan dibutuhkan untuk menawarkan layanan 5G dengan kecepatan lebih tinggi kepada pelanggannya. Percobaan teknologi 5G Verizon di California, Georgia, Massachusetts, Michigan, New Jersey, Texas, dan Washington, D.C. mengisyaratkan kemungkinan akan ada banyak lagi lokasi lain untuk peluncuran pada 2018 ini.

Verizon juga telah mengidentifikasi “Massive MIMO” sebagai langkah sementara dalam “jalan menuju 5G.” Akhir tahun lalu, operator ini mengumumkan bahwa mereka bekerja dengan Qualcomm dan Ericsson untuk meningkatkan kecepatan dan kapasitas jaringan dengan menggunakan teknologi multi-antena simultan sepanjang tahun 2018.

Sprint

Sprint, yang banyak pihak berpikir akan diakuisisi, tahun lalu sudah mengumumkan bahwa operator ini bekerjasama dengan perusahaan induk Softbank dan pembuat chip Qualcomm untuk mengembangkan solusi 5G band high-band di kisaran 2.5GHz, dengan penyebaran yang direncanakan di “Akhir 2019.”

Tidak ada rincian lain yang diumumkan, terlepas dari rencana Sprint untuk menjembatani kesenjangan 4G-ke-5G dengan solusi MIMO sementara dari Ericsson sepanjang tahun 2018.

“Generasi 5G-siap TDD 64T64R Massive MIMO radio (AIR6468) generasi berikutnya akan membantu memaksimalkan efisiensi spektral jaringan Sprint 2,5 GHz,” kata Ericsson saat uji coba di Seattle, Washington dan Plano, Texas dengan Sprint pada bulan September 2017.

“Ini juga akan memberikan sebuah hemat biaya untuk mendukung peningkatan minat konsumen terhadap peningkatan kapasitas dan layanan data berkecepatan tinggi. ”

T-Mobile

Operator ini bermitra dengan Intel dan Nokia. Yang akan dilakukan oleh T-Mobile adalah memanfaatkan spektrum radio 600MHz yang baru saja diakuisisi “to the coast” untuk memberikan peluncuran “nyata, mobile, nasional 5G” pada tahun 2020.

CEO T-Mobile, John Legere sempat mengklaim bulan lalu bahwa apa yang dilakukan oleh AT T dan Verizon, alias “Dumb and Dumber, akan fokus pada hotspot 5G yang tidak akan berfungsi saat Anda meninggalkan rumah Anda.

Dalam penerapannya, T-Mobile berharap dapat menggunakan spektrum low, mid, dan high-band untuk mengimplementasikan jaringan 5G outdoor dan indoor yang lengkap. Gelombang radio “gelombang rendah” 600MHz dikatakan dapat melakukan perjalanan dua kali lebih jauh ketimbang spektrum mid-band yang lebih umum dan menawarkan kinerja empat kali lebih baik pada bangunan, menangani masalah kinerja potensial yang dihadapi oleh perusahaan pesaing.

Timeline 5G

Dengan standar 5G yang pertama sudah mendapat persetujuan pada akhir Desember 2017, tahap awal peluncuran perangkat seluler 5GHz diproyeksikan baru akan terjadi pada akhir tahun 2018. Terlebih para vendor device harus menyesuaikan dengan strategi kebanyakan operator yang akan menggunakan “5G Evolution” dan “Massive MIMO” di tahun 2018 ini.

Intel dan Qualcomm termasuk di antara perusahaan yang saat ini melakukan pengujian modem real 5G. Tahun 2020 baru akan terlihat di mana mitra operator dan infrastruktur utama menerapkan kemampuan 5G sepenuhnya” dan Qualcomm mengharapkan produk pada paruh pertama 2019.

Standar Hardware 5G Baru Saja Ditetapkan

Para pemangku kepentingan tengah menyiapkan berbagai hal untuk jaringan telekomunikasi 5G, termasuk 3rd Generation Partnership Project (3GPP). Para anggota 3GPP telah memutuskan standar hardware baru untuk 5G, yang dijadwalkan debut pada awal 2018.

Persetujuan atas spesifikasi Non-Standalone (NSA) 5G New Radio (NR) ini membuka pintu bagi banyak pihak. Para pelaku industri kini dapat mengetahui dengan pasti mengenai apa yang harus mereka buat untuk bisa memenuhi persyaratan spesifikasi para manufaktur.

Spesifikasi tersebut akan dipublikasikan pada akhir pekan ini, dengan beberapa di antaranya termasuk dukungan untuk spektrum frekuensi rendah (600MHz dan 700MHz), menengah pada 3,5GHz, dan tinggi pada 50GHz.

“Ini menjadi tahapan yang membuat para vendor bisa mulai membuat peralatan,” tutur Director of Technical Marketing Qulcomm, Matt Branda.

Para pelaku industri sendiri berharap beberapa standar terkait 5G dapat disetujui sebelum akhir tahun ini. Salah satu yang berharap demikian adalah perusahaan telekomunikasi AT&T.

Selain itu, dengan adanya berbagai standar baru, para pembuat chip diharapkan bisa mulai mendesain berbagai komponen berbasis silikon yang akan bekerja dengan jaringan 5G.

“Ini sangat agresif dan orang-orang menghabiskan banyak waktu serta usaha ekstra, dan sepertinya kami telah berhasil. Kami meyakini berada di tahap di mana para manufaktur silikon memulai desain mereka dan mulai mengembangkannya,” kata AVP of Radio Technology and Strategy AT&T Labs, Dave Wolter.

Adapun para anggota 3GPP masih harus menyetujui berbagai spesifikasi untuk Standalone (SA) 5G. Namun, persetujuan tersebut kemungkinan baru akan dikeluarkan pada Juni tahun depan. (Icha)

Machine Learning Bakal Jadi Teknologi Terpenting Setelah Internet di 2018

Telko.id – Kemampuan otak manusia terbatas. Namun dengan adanya machine learning, akan mengucbah cara hidup dan bekerja. Itu sebabnya, diproyeksikan machine learning ini akan menjadi teknologi terpenting setelah internet di tahun 2018 ini.

Di sisi lain, banyak kalangan juga yang mengkhawatirkan bahwa teknologi ini akan menggantikan manusia. Tapi banyak juga yang beranggapan, teknologi machine learning ini akan membantu manusia bekerja lebih baik. Kenapa?

Saat ini, Kita berada di era revolusi data, dan seiring waktu berjalan, beberapa peranan memang akan berubah. Tapi kemajuan ini juga membawa lapangan pekerjaan baru, model bisnis baru, dan industri baru. Bukannya membuat kita terkucil, machine learning justru akan memudahkan manusia dan menjadikan kita lebih efektif.

Sebenarnya, machine learning sudah ada di sekitar kita -termasuk perangkat lunak di telepon kita, di mobil dan rumah, serta di tempat kerja. Perangkat lunak ini membantu kita mengakses informasi dan menghasilkan keputusan yang lebih baik serta terinformasi, bahkan lebih cepat.

Menurut Gartner, teknologi AI akan terdapat di hampir semua produk perangkat lunak di tahun 2020 nanti, menjadikannya momen yang seru dan menentukan bagi penyedia perangkat lunak dan perjalanan yang krusial bagi perusahaan yang membeli perangkat lunak ini.

Media mungkin tertarik dengan berita tentang robot atau mobil tanpa awal, dan ini memang akan jadi sesuatu yang dikembangkan dalam beberapa tahun ke depan. Tapi machine learning mengubah dunia sekitar kita dalam cara yang sangat signifikan. Kemampuannya untuk mengurangi waktu dan meningkatkan keefektifan keputusan kita mungkin tidak semenarik berita tentang mobil tanpa awal, tapi itulah yang menjadikan machine learning sebagai teknologi penentu.

Perusahaan yang memanfaatkan kekuatan machine learning akan maju dengan pesat, karena mereka mampu mengambil keputusan yang lebih cepat dan efisien. Perusahaan tidak bisa lagi hanya duduk dan menunggu, atau mereka bisa tertinggal.

“Pengadopsian machine learning tumbuh bersama dengan komputasi cloud, untuk alasan yang bagus. Integrasi aplikasi, platform, dan infrastruktur cloud yang mulus itu penting untuk pertumbuhan dan keefektifan machine learning,” kata Chris Chelliah, Group Vice President and Chief Architect, Core Technology and Cloud, Oracle Asia Pacific.

Chelliah juga menambahkan “Integrasi yang mulus ini akan membuka akses machine learning ke kolam data yang lebih luas, menyingkirkan silos, dan menggambar data dari seluruh perusahaan serta jaringannya.”

Menerapkan machine learning dengan diam-diam, sama saja seperti menanam tanaman di dalam gelap. Algoritma yang menjalankan machine learning membutuhkan data sebanyak mungkin, dari berbagai sumber sebanyak mungkin. Semakin banyak data yang diolah, semakin cerdas machine learning itu, sehingga keputusan yang diambil pun lebih baik lagi.

Teknologi cloud yang semakin matang menambah alasan mengapa 2018 menjadi tahun yang tepat untuk machine learning. Cloud adalah bagian penting dari semua strategi IT bisnis, mendorong transformasi digital dan kemampuan untuk mengeksploitasi nilai sebuah data.

Jika big data menjanjikan banyak hal di dalam transformasi digital, sementara cloud menyediakan fondasi untuk transformasi digital, maka machine learning merupakan alat pertama untuk membuat semua itu berskala.

Strategi sangat penting di sini. Kunci untuk mendapatkan manfaat machine learning adalah dengan menggunakan aplikasi yang memberikan nilai strategis jangka panjang, yang mentransformasi proses fungsional atau kritikal di dalam bisnis, bukannya memberikan faktor ‘wow’ yang hanya berlangsung sebentar saja.

Mengurangi waktu untuk menciptakan ramalan yang akurat dan terpercaya bisa memberikan dampak yang signifikan, bukan hanya pada perencanaan anggaran dan sumber daya perusahaan, tapi semua manfaat itu akan memberikan manfaatkan finansial bagi perusahaan apa pun.

Keindahan machine learning adalah kegunaan yang tanpa batas. Di mana ada nilai dalam menganalisa dan menarik pemahaman data dengan cepat, di situlah peran machine learning. Di mana ada nilai untuk mengidentifikasi tren atau anomali di banyak data, machine learning bisa memberikan efek transformatif, dari riset klinis hingga compliance dan keamanan.

Sekarang, machine learning mendorong revolusi di bagian pelayanan pelanggan atau customer service.

Di hampir semua industri yang berhadapan langsung dengan pelanggan, ada banyak pertanyaan atau tanggapan mengenai berbagai topik, dan banyak yang sebenarnya mudah diprediksi atau ditanggapi dengan menggunakan chatbot yang diperkuat oleh machine learning yang mengasah kemampuan mereka untuk merespon pelanggan secara akurat. Ini mengurangi waktu menunggu dan rasa frustasi pelanggan, dan menjadikan bisnis lebih efisien. Teknologi ini juga memberikan kesempatan bagian pelayanan pelanggan untuk menangani keluhan lain yang lebih unik dan memang membutuhkan campur tangan manusia.

Jadi, apakah machine learning akan menggantikan manusia atau malah bisa membantu manusia bekerja lebih baik? Semuanya tergantung Anda.

 

Pemerintah Perlu Kontrak Satelit Baru Jika Tidak Slot Orbit Akan Hilang

0

Telko.id – Pemerintah Indonesia saat ini belum memiliki High Throughput satelit sendiri yang mampu menghubungkan seluruh penjuru. Padahal, target pemerintah di era digital sangat tinggi. Ditambah lagi, ternyata tahun 2020 mendatang ada beberapa slot orbit yang sudah akan habis masa kontraknya. Di sisi lain, slot itu dapat tetap dipakai oleh Indonesia, asal, dua tahun sebelumnya, sudah ada kontrak satelit baru sesuai dengan peraturan yang berlaku bagi operator satelit.

Indonesia sendiri memiliki tujuh titik orbit satelit. Namun, beberapa pada tahun 2020 sudah akan habis masa operasinya. Kedua slot tersebut adalah 113 derajat Bujur Timur (BT) dan 146 derajat. Saat ini kedua slot masih dihuni oleh satelit Palapa D milik Indosat dan Pasifik Satelit Nusantara (PSN).

“Kami dari pemerintah tengah mencari cara agar slot orbit satelit tersebut tetap dimiliki oleh Indonesia agar tidak akan menganggu komunikasi serta jaringan internet di Indonesia,” kata Rini Soemarno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) usai melakukan rapat koordinasi terbatas tingkat menteri di Kantor Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Rabu (3/1).

Sejalan dengan rencana pemerintah tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mencari jasa konsultan teknis pendampingan proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha atau KPBU Satelit Multifungsi.

Proses pengadaan akan dilakukan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015 tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Nilai dari pengadaan jasa konsultan ini adalah Rp.10 miliar seperti yang tertera di situs LPSE Kominfo.

Pengadaan jasa konsultan ini ditunjukkan kepada Badan Hukum Nasional dan Asing untuk mengikuti prakualifikasi Pengadaan Jasa Konsultan Teknis Pendampingan Jasa Konsultan KPBU Satelit Multifungsi Pemerintah (Jasa Konsultan).

Saat ini lelang memasuki tahapan Prakualifikasi, dengan jadwal pemasukan dokumen prakulifikasi adalah dari tanggal 3 Januari 2018 sampai dengan 17 Januari 2018.

Selain itu, pemerintah juga sedang mencari Jasa Konsultansi Forecast Landscape Industri Telekomunikasi Indonesia 2020-2025. Targetnya adalah memperoleh dokumen forecast landscape industri telekomunikasi tahun 2020-2025 sebagai salah satu acuan dalam penyusunan kebijakan dan regulasi di bidang telekomunikasi. Nilai dari pengadaan jasa konsultan ini sebesar Rp 494, 4 miliar.

Indonesia saat ini masih kekurangan transponder satelit untuk kebutuhan komunikasi dan penyiaran. “Diperkirakan masih terdapat kekurangan lebih dari 100 transponder untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan penyiaran nasional. Akibatnya Indonesia harus menggunakan satelit asing untuk mencukupi kebutuhan transponder, dimana terdapat 34 satelit asing yang beroperasi di Indonesia,” kata Ismail, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika beberapa waktu yang lalu.

Diungkapkannya,  saat ini Indonesia hanya memiliki 7 slot orbit yang dapat digunakan untuk kebutuhan komunikasi dan penyiaran. “Jumlah slot orbit ini tidak bertambah dalam beberapa tahun ini, sementara kebutuhan trasponder semakin meningkat sehingga akibatnya kebutuhan kapasitas trasponder masih belum terpenuhi semuanya oleh satelit nasional,” tambahnya.

Untuk pembiayaan, pemerintah akan menerapkan seperti yang dilakukan proyek Palapa Ring yakni KPBU atau Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha. (Icha)

 

 

Libur Pergantian Tahun Trafik 4G LTE XL Axiata Melonjak Hingga 300%

0

Telko.id – Pada pergantian tahun, memang banyak momen indah yang sayang jika tidak dibagikan pada rekan maupun keluarga. Tak heran, trafik layanan data para operator pun melonjak sangat signifikan.

XL Axiata pada liburan pergantian tahun 2017/2018 mengalami peningkatan yang melebihi trafik di hari biasa dan trafik di periode yang sama tahun lalu. Peningkatan trafik data terlihat terjadi di sepanjang 28 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018. Selama 5 hari tersebut, trafik data secara rata-rata meningkat dari hari-hari biasa dan puncaknya pada malam pergantian tahun baru hingga tanggal 1 Januari 2018 yang mencapai sekitar 20%. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada periode liburan pergantian tahun 2016/2017, kenaikan trafik data mencapai 160% di tanggal 1 Januari 2018, bahkan untuk trafik layanan 4G LTE mencapai 300% di tanggal yang sama.

“Trend kenaikan trafik akses video melalui layanan YouTube  di liburan Natal, berlanjut pada periode pergantian tahun dan mencapai kenaikan 15 kali lipat. Sementara kenaikan trafik berbagai layanan data terjadi di sebagian besar wilayah layanan XL Axiata. Menurutnya, hal ini merupakan hasil dari upaya sepanjang tahun 2017, dimana XL Axiata secara masif telah memperluas jangkauan jaringan internet cepat, baik 3G U900 maupun 4G LTE, di berbagai daerah, termasuk di ratusan kota/kabupaten di luar Jawa,” ungkap Yessie D. Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata dalam keterangan tertulisnya.

Yessie menambahkan, “Selain akses ke layanan data dan video streaming dan social media menjadi pendorong utama kenaikan trafik tersebut, kenaikan trafik yang kami raih juga tidak terlepas dengan semakin nyamannya pelanggan menggunakan layanann 4G LTE di berbagai daerah. Hingga akhir Desember 2017, kota/kabupaten yang telah terjangkau layanan internet berkecepatan tinggi ini telah mencapai 360 kota, dengan jumlah pelanggan yang tentu juga terus meningkat. Dengan 4G LTE, akses ke konten-konten video dan film menjadi semakin baik dan nyaman untuk dinikmati.”

Pelanggan XL Axiata juga mengisi liburan panjang Natal dan berlanjut Tahun Baru 2018 dengan beraktivitas melalui beragam sosial media. Facebook, Twitter, Instagram, LINE, dan Youtube masih menjadi tempat masyarakat dan pelanggan XL Axiata untuk menghabiskan aktivitasnya di dunia digital. Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform tersebut naik sebesar 15%, di mana di puncak malam tahun baru kenaikannya mencapai sekitar 60%. Akses ke aplikasi Whatsapp menjadi yang paling tinggi kenaikannya, mencapai 70%, bahkan di malam tahun baru naik sampai dengan 1.000% dibandingkan malam biasanya.

Dari beragam media sosial tersebut, pelanggan mengakses informasi berita yang disediakan media, menyampaikan pesan pribadi, chatting, berbagi video live streaming, bahkan juga melakukan belanja. Sementara itu, kaum muda banyak mengakses layanan video di Youtube. Selain itu, akses ke video atau film juga banyak dilakukan di website atau aplikasi penyedia video on demand antara lain iflix.

Sementara itu terkait area dengan kenaikan trafik tertinggi, wilayah Central Java dan West Java  menyumbang kenaikan tertinggi dengan 29% dan 21%. Untuk wilayah kota besar lainnya di luar Jawa seperti Medan naik sekitar 5%, Makassar, 4%, Palembang 21%, Pontianak 22% dan Lampung 22 %. Sementara itu, di daerah tujuan wisata utama Bali, terjadi kenaikan sebesar 24%, Yogyakarta 27%, Bandung 13%.

XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas yang memadai sehingga akan bisa menampung kenaikan trafik hingga 2 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa. Selain itu, XL Axiata juga telah menyiapkan teknologi jaringan canggih yang akan bisa mengalihkan kepadatan trafik di suatu tempat ke tempat lain yang lebih longgar. Semua aktivitas jaringan XL Axiata akan bisa terpantau melalui suatu monitoring center yang berada di Jakarta dan beberapa kota lain. Melalui monitoring ini, petugas jaringan XL Axiata bisa langsung mendeteksi jika terjadi suatu kepadatan di suatu lokasi, atau bahkan juga suatu permasalahan. Dengan demikian, tindakan pencegahan atau penanganan lebih lanjut bisa segera dilakukan.

Strategi antisipasi kenaikan trafik oleh XL Axiata juga menyesuaikan dengan pergerakan masyarakat sepanjang liburan. Untuk itu, XL Axiata melakukan antisipasi dengan memperkuat jaringan di daerah-daerah yang diprediksi akan terjadi kenaikan secara signifikan, antara lain daerah tujuan wisata popular, seperti Bandung, Yogyakarta, dan Bali. Selain itu juga menyasar ke lokasi-lokasi tujuan wisata dan pusat keramaian seperti pusat-pusat perbelanjaan.

Tidak lupa, XL Axiata juga menguatkan jaringan di lokasi-lokasi yang berhubungan dengan transportasi publik, seperti terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan, dan bandar udara. Penguatan juga dilakukan di sepanjang jalur jalan raya yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di Jawa yang menjadi tujuan wisata popular. Mengingat masa liburan kali ini yang cukup panjang, maka diprediksi akan terjadi peningkatan arus lalu lintas dari Jabodetabek ke sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. (Icha)

 

 

Berbagi Foto dan Video Jadi Favorit Pelanggan Telkomsel di Natal dan Tahun Baru

0

Telko.id – Memang sudah diprediksikan, bahwa Natal dan Tahun Baru kali ini layanan data akan meningkat. Ternyata, peningkatannya sangat tinggi. Pada jaringan telkomsel, ada kenaikan 42% atau 10,7 petabyte trafik layanan data di Natal dan Tahun Baru kali ini. Padahal, pada hari normal hanya sebesar 7,5 petabyte perhari.

Jika dibandingkan dengan periode tahun lalu pun terjadi peningkatan yang sangat signifikan. Setidaknya, Telkomsel mencatat terjadi lonjakan tarifk layanan data hingga 151%.

Wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta dengan peningkatan 56% dibandingkan hari normal, diikuti Jawa Barat (51%) dan Sulawesi (50%).

“Tingginya peningkatan trafik layanan data antara lain dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang mengunggah foto atau video aktivitas momen sebelum dan setelah pergantian tahun melalui berbagai aplikasi media sosial. Selain itu, penggunaan smartphone dan komputer tablet untuk melakukan video streaming dan komunikasi melalui aplikasi pesan instan juga meningkat pada periode tersebut,” kata Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel dalam keterangan tertulisnya.

Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari aktivitas di media sosial yang mencapai 35%. Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk menyaksikan film atau video secara streaming dengan kontribusi sebesar 31%. Sementara itu, komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 8% terhadap penggunaan layanan data.

Sementara itu, penurunan trafik terjadi untuk layanan suara dan SMS. Dibandingkan dengan trafik pada hari normal, trafik layanan suara menurun 6% menjadi 1,3 miliar menit, sementara trafik layanan SMS menurun 5% menjadi 659 juta SMS.

“Pergeseran perilaku pelanggan dalam menggunakan layanan sudah kami prediksi sebelumnya, di mana layanan data kini semakin dominan digunakan pelanggan. Meski demikian, pelanggan di beberapa wilayah masih intensif menggunakan layanan suara dan SMS dalam berkomunikasi selama periode Tahun Baru,” ungkap Adita.

Papua dan Maluku menjadi regional yang mengalami kenaikan trafik layanan suara tertinggi dengan peningkatan sekitar 7% dibandingkan hari normal. Sementara itu, wilayah dengan kenaikan trafik layanan SMS tertinggi adalah Kalimantan dengan peningkatan sekitar 22% dibandingkan hari normal.

“Kami bersyukur berbagai persiapan yang kami lakukan selama beberapa bulan terakhir mampu menghasilkan layanan yang prima selama periode pergantian tahun. Bagi kami kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi di momen-momen spesial seperti Tahun Baru amat penting. Kami berupaya untuk terus meningkatkan kualitas layanan agar pelanggan semakin nyaman dalam berkomunikasi menggunakan layanan Telkomsel setiap saat,” jelas Adita.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang sudah rutin terjadi pada momen pergantian tahun, sejak jauh hari Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringan di seluruh Indonesia. Optimalisasi jaringan telah dilakukan di 709 titik keramaian utama seperti bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, tempat wisata, hotel dan tempat penginapan, serta rumah ibadah, termasuk 14 titik yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan dan 13 pusat perbelanjaan yang membutuhkan kualitas layanan broadband yang handal.

Beberapa aktivitas yang dilakukan Telkomsel di antaranya mengerahkan 103 unit compact mobile base station (Combat) atau Mobile BTS dan menambah kapasitas untuk layanan internet menjadi 1.740 Gbps. Dari sisi pelayanan pelanggan, Telkomsel telah menyiagakan 592 Mobile GraPARI (MoGi) dan 359 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi berbagai layanan digital. Pelanggan pun bisa memperoleh layanan di sekitar 430 GraPARI Siaga di seluruh wilayah Indonesia.

Processed with VSCO with preset

Berikut data performansi layanan Telkomsel pada Periode Tahun Baru 2017/2018:

Trafik Layanan

Layanan Trafik Puncak

Tahun Baru 2017/2018

Perbandingan dengan Trafik Puncak Tahun Baru 2016/2017 Perbandingan dengan Trafik Hari Normal 2017
Data 10,7 petabyte Naik 151 Persen Naik 37 Persen
SMS 659 Juta SMS Turun 28 Persen Turun 5 Persen
Suara 1,3 Miliar Menit Turun 9 Persen Turun 6 Persen

 

(Icha)

Mengenal Lebih Dekat, Djoko Setiadi, Kepala Badan SIber dan Sandi Negara

0

Telko.id – Baru saja, Presiden Joko Widodo melantik Kepala Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN. Sebuah lembaga yang sangat penting bagi Indonesia untuk keamanan terhadap kejahatan siber dan implikasinya terhadap ketahanan nasional di tengah upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian digital di Tanah Air.

Djoko Setiadi adalah yang ditujuk oleh Presiden untuk memimpin lembaga baru ini. Seperti apa profil dari Kepala BSSN yang baru ini?

Sebenarnya, Djoko Setiadi bukan merupakan orang baru dilingkup pejabat Negara. Pasalnya, sejak 2011 lalu, pria kelahiran Surakarta ini sudah menjadi Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg). Bahkan sudah dua periode menduduki jabatan ini.

Dengan adanya trend siber di dunia, maka Lemsaneg pun ikut menyesuaikan dan direvitalisasi menjadi Badan Siber dan Sandi Negara. Djoko pun dipercaya kembali untuk menjabat sebagai Kepala BSSN.

Pria berkumis ini lahir dari keluarga sederhana dan menghabiskan masa SMA nya di Jakarta dengan tinggal bersama kakak kandungnya. Dengan kondisi keuangan waktu itu, Djoko kesulitan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, dewi fortuna berada di pihaknya. Pada tahun 1977, Djoko akhirnya diterima di Akademi Sandi Negara (Aksara) dan lulus pada tahun 1980.

Pada waktu itu, Djoko yang beranjak dewasa sangat mengagumi Roebiono Kertopati, Kepala Lemsaneg waktu itu. Sosok Roebiono ini juga yang menginspirasi Djoko untuk masuk ke TNI dan akhirnya lulus pendidikan TNI pada tahun 1981 dengan pangkat letna dua.

Selama dalam tugasnya di TNI, Djoko sempat ditempatkan di Kalimantan Barat selama delapan tahun.

Djoko lulus dari pendidikan TNI pada 1981. Waktu berpangkat letnan dua, Djoko juga pernah ditugaskan ke Kalimantan Barat selama delapan tahun. Pada saat bertugas ini juga, Djoko bertemu dengan istrinya, Kyatti Imani yang kemudian dikaruniai dua putri kembar.

Karir Djoko terus melesat, naik menjadi Kapten dan sempat juga ditugaskan di Kementerian Luar Negeri. Lalu, pada tahun 1990, ditempatkan di Pusat Komunikasi Kementerian Luar Negeri,

Ketika perang teluk sedang berlangsung di wilayah Irak, Djoko mendapat tawaran untuk ditempatkan di Turki. Suami Kyatti ini pun langsung menerima dan bertolak ke Turki sampai 4.5 tahun.

Usai penugasan di Turki, Djoko kembali ditugaskan di Pusat Intelijen Angkatan Darat (Pusintelad) dan berlanjut ke Kodam I/BB di Medan.

Untuk menunjang karirnya, Djoko kembali melanjutkan sekolah di Seskoad selama 11 bulan dan ditempatkan di Paspampres selama empat tahun. Dan waktu itu pun, Djoko mendapatkan perintah dari Kepala Lemsaneg untuk berpindah tugas. Awalnya, ia cuma bertugas di Direktorat Pengamanan Sinyal, yang lokasinya ada di Ciseeng.

Dan setelah itu, Djoko menjabart Deputi Pengaman Persandian (Deputi III). Ia pun terus melesat sampai akhirnya dilantik sebagai Kepala Lemsaneg oleh Keputusan Presiden (Keppres) yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (Icha)

Presiden Lantik Djoko Setiadi sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara

0

Telko.id – Era digital memang sudah tidak dapat dibendung lagi. Di sisi lain, kejahatan siber pun terus meningkat setiap waktu nya. Tentu, sebagai Negara, Indonesia pun harus bersiap untuk menghadapi segala jenis ancaman yang mungkin saja terjadi. Untuk itu, pemerintah membentuk Badan Siber dan Sandi Negara.

“Ini adalah sebuah badan yang sangat penting dan ke depannya sangat diperlukan oleh negara terutama dalam mengantisipasi perkembangan dunia siber yang pertumbuhannya cepat sekali,” ujar Presiden mengomentari peranan BSSN usai menjajal kereta Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Sudirman Baru, Selasa (2/1).

Presiden Joko Widodo pun melantik Djoko Setiadi sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 3 Januari 2018.

Pelantikan Djoko Setiadi ini tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 130P Tahun 2017 tentang Pemberhentian denga Hormat Kepala Lembaga Sandi Negara dan Pengangkatan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara. Pria yang lulus dari Akademi Sandi Negara (AKSARA) pada tahun 1980 tersebut, sebelum diangkat menjadi Kepala BSSN, menjabat sebagai Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) sejak Januari 2016.

Adapun Lemsaneg dilebur bersama dengan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) di Kementerian Komunikasi dan Informatika hingga menjadi BSSN sekarang ini. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 53 Tahun 2017 yang ditandatangani pada 19 Mei 2017.

Berdasarkan Perpres tersebut, BSSN mulanya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Namun, mengingat krusialnya aspek keamanan terhadap kejahatan siber dan implikasinya terhadap ketahanan nasional di tengah upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian digital di Tanah Air, BSSN kemudian ditempatkan di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden.

Optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi BSSN itu diatur lewat Perpres Nomor 133 Tahun 2017 yang mengubah Perpres sebelumnya.

Sebelumnya, Presiden melakukan Revisi  terhadap Perpres Badan Siber dan Sandi Nasional. Tujuannya adalah Jakarta, Kominfo – Presiden Joko Widodo menjelaskan penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 133 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2017 tentang Badan Siber dan Sandi Negara dimaksudkan sebagai penguatan untuk badan yang dianggap sangat penting itu.

Ia menjelaskan, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) adalah sebuah badan yang sangat penting dan ke depannya sangat diperlukan oleh negara, terutama dalam mengantisipasi perkembangan dunia siber yang pertumbuhannya cepat sekali.

“Karena itu, diperlukan perubahan dalam rangka penguatan peran dan fungsi BSSN ke depannya,” kata Presiden.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Dengan pertimbangan dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), pada 16 Desember 2017, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 133 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2017 tentang Badan Siber dan Sandi Negara.

Dalam Perpres ini ditegaskan, BSSN adalah lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden (sebelumnya melalui Menko Polhukam), dan dipimpin oleh Kepala.

Selain itu, dalam perubahan ini organisasi BSSN terdapat jabatan baru Wakil Kepala yang merupakan unsur pimpinan, dan mempunyai tugas membantu Kepala. “Wakil Kepala bertanggung jawab kepada Kepala,” bunyi Pasal 5A ayat (2) Perpres ini.

Berkaitan dengan perubahan-perubahan tersebut, maka Pasal 36 Perpres tentang BSSN berubah menjadi: “Kepala BSSN menyampaikan laporan kepada Presiden mengenai hasil pelaksanaan tugas pemerintahan di bidang keamanan siber secara berkala atau sewaktu-waktu sesuai kebutuhan” (sebelumnya kepada Presiden melalui Menko Polhukam).

Sebelumnya pembentukan BSSN berdasar Peraturan Presiden Nomor 53 tahun 2017 yang ditandatangani pada 19 Mei 2017.

Lembaga ini bertugas mendeteksi dan mencegah kejahatan siber dengan menjaga keamanan siber secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan dan mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber. (Icha)

 

 

 

 

 

Para Startup Banyak Yang Galau Saat Transisi Ke UKM, Kenapa?

0

Telko.id – Berdasarkan data terbaru dari East Ventures, venture capital lokal, terdapat penurunan jumlah bisnis startup sebesar 23%. Meskipun demikian, tren startup dinilai masih akan menguat seiring dengan semakin banyaknya minat investor untuk menanamkan modalnya di perusahaan-perusahaan startup, asalkan kinerjanya positif.

Nah di saat startup mulai tumbuh positif dan membesar, mereka akan berubah menjadi UKM. Di saat transisi inilah akan muncul berbagai bentuk krisis identitas. Dari yang awalnya pendirinya terjun langsung dalam segala keputusan, tentunya saat perusahaan semakin besar, dia perlu memberikan kepercayaannya pada timnya.

Tahap ini merupakan tahapan di mana karakteristik kepemimpinan, yang awalnya merupakan aset bagus, menjadi liabilitas. Melakukan transisi mungkin membutuhkan pergeseran gaya memimpin, tentu tanpa mengorbankan idealisme dan brand, atau bahkan melakukan peran berbeda.

Bisnis baru bertahan dengan optimisme dan keterlibatan pendirinya. Saat entrepreneur ada di tahap ini, mungkin memiliki prototipe, atau satu dua orang pelanggan, dan masih mencari pasar yang tepat, mereka masuk dalam golongan startup. Di tahap ini, antusiasme kepemimpinan dan kekuatan idelah yang menarik orang-orang dan memajukan mereka. Pendiri juga memainkan berbagai peran, dan cenderung terlibat langsung di tiap aspek operasional sehari-hari.

Namun akan ada saatnya bisnis ini tumbuh cukup besar sehingga tidak bisa lagi beroperasional seperti sebelumnya. Saat pelanggannya masih beberapa dan perusahaan mengenal basis pelanggan yang cukup besar untuk menelusurinya di cloud, atau saat bisnisnya masih berskala, berarti bisnis tersebut sudah bergeser menjadi UKM.

Seringkali optimisme dan keinginan untuk mengatur tiap aspek bisnis secara langsung menjadi liabilitas pendiri dan perusahaan. Saat itu, perusahaan perlu menciptakan proses dan prosedur formal. Perusahaan perlu mengatur tenaga kerja yang semakin besar, yang mungkin mencakup kantor-kantor cabang atau bahkan pekerja mobile. Ada terlalu banyak hal yang harus dipikirkan pendiri untuk mengambil keputusan ataupun melibatkan diri dalam operasional.

Meskipun optimisme tetap harus dijaga, ini saatnya mengembangkan sesuatu untuk menyeimbangkan antusiasme di fase startup. Pemimpin juga perlu mengenai kerapuhan perusahaan sebelum menjadi terlalu besar untuk ditangani, dan bersedia mengambil beberapa keputusan yang sulit. Hal-hal yang dilakukan saat transisi menjadi UKM akan berbuah konsekuensi dua tahun kemudian, saat UKM menjadi enterprise.

“Teknologi bisa membantu bisnis melakukan transisi tersebut, dan menjaga keoptimisan serta budaya yang efektif,” kata Reggie Bradford, Senior Vice President, Oracle, Startup Ecosystem & Accelerator.

Bradford menambahkan bahwa pemimpin tidak bisa berkomunikasi dengan pegawainya secara langsung tiap saat, mereka bisa menggunakan channel online untuk menjaga jalur komunikasi di perusahaan, dari atas ke bawah. Meeting melalui konferensi video yang memungkinkan pegawai di tempat berbeda untuk tetap hadir bisa menjaga kekompakan di dalam perusahaan.

Dengan menggunakan cloud untuk bantu menganalisa data dan mendapatkan wawasan bisa jadi sangat penting di tahap ini. Memiliki informasi melalui cloud memungkinkan pemimpin untuk mengevaluasi pasar, peluang, dan keputusan dengan kepercayaandiri yang lebih besar. Pemimpin akan lebih antuasias dengan bisnisnya jika bisa mengambil keputusan yang solid dan berdasarkan data.

Lebih penting lagi, transisi ini adalah saatnya pemimpin perlu mengenali kelemahannya sendiri. Hanya sedikit orang yang bisa sukses melakukan transisi dari seorang pendiri startup menjadi CEO perusahaan publik. Kemampuan yang dibutuhkan sangatlah berbeda. Pemimpin perlu menambahkan orang-orang ke dalam tim yang lebih pintar dari pemimpinnya, yang memiliki lebih banyak pengalaman melalui transisi seperti ini.

Ini semua mungkin tidak mudah untuk dilakukan. Mungkin sulit untuk mundur dari peran seorang pengambil keputusan. Tapi saat menurunkan pengambilan keputusan di perusahaan, mempercayai orang-orang untuk menyelesaikan pekerjaan, dan mempercayakan tim untuk mendukung perusahaan, adalah hal-hal yang bisa mendorong keberhasilan suatu UKM. Mengambil keputusan yang tepat, menggunakan teknologi yang tepat, dan mengakui keterbatasan diri pemimpin, akan menghasilkan budaya dan perusahaan yang bisa sukses untuk waktu yang lama. (Icha)

 

Layanan Data Telkomsel ‘Moncer’ Pada Malam Pergantian Tahun Karena Dukungan Teknologi TDD 2,3 GHz

0

Telko.id – Melewati momen pergantian tahun, Telkomsel wilayah operasional Area Jabotabek Jabar sukses mengawal lonjakan trafik khususnya layanan data yang didominasi pemanfaatan akses internet, social media, chatting, streaming video, hingga live blogging oleh para pelanggan yang merayakan puncak pergantian tahun 2018 di sejumlah titik keramaian.

Selain menguatkan kualitas BTS yang sudah ada, serta menyiagakan tambahan 24 Compact Mobile BTS (COMBAT), di wilayah operasional Area Jabotabek Jabar juga telah diiimplementasikan 90 BTS dengan teknologi frekuensi TDD (Time Division Duplex) 2,3 Ghz di sejumlah titik perayaan malam tahun baru.

“Telkomsel bersyukur dapat mengawal momen pergantian tahun ini dengan sukses dan tanpa kendala yang berarti. Dengan kesiapan jaringan serta ketersediaan produk dan layanan yang telah diantisipasi sejak beberapa waktu sebelumnya, pelanggan di wilayah operasional Area Jabotabek Jabar dapat dengan nyaman mengakses beragam layanan terdepan Telkomsel serta mengabadikan momen keseruan tahun baru dengan pengalaman yang berbeda,” kata Ririn Widaryani, Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel.

Pada momen puncak perayaan tahun baru 2018 ini, Telkomsel Area Jabotabek Jabar mencatat terjadi lonjakan trafik layanan berbasis data hingga 31%, yang seiring dengan dengan semakin kuatnya adopsi layanan berbasis broadband dan digital. Trafik layanan data di terbesar terjadi di wilayah Jabotabek, dengan total pemakaian mencapai 465 TB. Sedangkan di wilayah Jawa Barat peningkatan trafik layanan data mencapai 48%.

Untuk implementasi jaringan berteknologi frekuensi TDD 2,3 GHz dengan kapasitas mencapai 30MHz, sekitar 90 BTS berteknologi terdepan tersebut telah disiagakan di 141 titik keramaian puncak malam tahun baru, seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun kota hingga titik transit seperti bandar udara, stasiun, pelabuhan dan terminal. Lonjakan trafik layanan data tertinggi yang menggunakan jaringan BTS TDD 2,3 GHz ini terjadi di wilayah destinasi wisata Taman Impian Jaya Ancol sebesar 55%, Taman Mini Indonesia Indah hingga 51%, dan Alun-alun kota Sumedang yang mencapai 25% dibanding trafik pada hari biasa.

Ririn lebih lanjut menambahkan, secara keseluruhan selama momen perayaan pergantian tahun wilayah destinasi wisata Taman Impian Jaya Ancol menjadi titik dengan total trafik layanan data tertinggi di wilayah Jabotabek, sebesar 7.75 TB. Sedangkan untuk wilayah Jawa Barat, trafik layanan data tertinggi dengan total trafik layanan data mencapai 12 TB terjadi di titik destinasi rekreasi Cipanas, Kota Bunga Bogor.

Antisipasi lonjakan trafik layanan data dengan menyiagakan tambahan 24 COMBAT juga terbukti mampu mengatasi lonjakan kapasitas pemanfataan layanan data berbasis broadand dan digital di sejumlah titik perayaan malam tahun baru. Seperti di wilayah destinasi wisata Pantai Anyer yang mengalami kenaikan trafik mencapai total 519 GB serta Batu Karas dengan total utilisasi sebesar 251 GB.

Demi mengawal kenyamanan pelanggan dalam mengakses beragam keunggulan produk dan layanan terdepan, terutama layanan broadband dan digital. Telkomsel juga menyiagakan ratusan gerai penjualan di setiap lokasi keramaian, termasuk tetap mengoperasikan 94 titik layanan pelanggan GraPARI seperti hari normal, dengan dua GraPARI beroperasi 24 jam di Jakarta dan Bandung.

“Kami berharap kesuksesan mengantisipasi lonjakan trafik layanan serta kepastian ketersediaan produk dapat memberikan bukti nyata dalam mengakses beragam layanan terdepan Telkomsel” pungkas Ririn. (Icha)