spot_img

XL Gandeng Alfamart Untuk Muluskan Transformasi

Telko.id – Dalam rangka memuluskan salah satu pilar transformasi yang dicanangkan oleh XL yakni untuk naik kelas. Di mana segmentasi pelanggan yang diharapkan bisa naik kelas. Untuk itu diperlukan juga beberapa penunjang agar apa yang ditargetkan tercapai. Salah satunya adalah dengan bekerjasama dengan Alfamart dalam hal penjualan pulsa.

“Untuk mendukung transformasi itu, diperlukan tempat yang sesuai juga dengan karakter pelanggan yang disasar XL. Itu sebabnya, XL bekerjasama dengan alfamart sebagai tambahan modern channel,” ujar Dian Siswarini, Direktur Utama XL Axiata menjelaskan. Lebih lanjut, Dian juga menyebutkan bahwa objektif dari kerjasama ini adalah kepuasan pelanggan XL.

Di sisi lain, operator saat ini sangat sulit untuk mengendalikan harga di pasar. Untuk itu, dengan Alfamart dilakukan kerjasama dengan cara Host to Host direst connection secara langsung. Tidak menggunakan jasa pihak ketiga lagi. Plus, kerjasama promosi selama 1 tahun untuk program diskon 20% setiap tanggal 8. Di mana, potongan harga tersebut dapat diperoleh jika pelanggan membeli pulsa 100 ribu, 200 ribu, 300 ribu dan 500 ribu. Program ini disebut dengan XL Day.

“Melalui kerjasama ini, XL melihat peluang yang cukup baik  untuk  mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan penjualan pulsa hingga 2 kali  lipat  dari  hasil  yang diperoleh sepanjang 2015, ujar Danny Chew Kar Wai,Chief Commercial Officer XL. Sebelumnya, XL dan Alfamart  telah menjalin kerjasama melalui pihak ketiga. Target XL tersebut berdasarkan  pada  perkembangan  bisnis  Alfamart yang cukup pesat dan kini merupakan  salah  satu  retail terkemuka di Indonesia.

Saat  ini,  jumlah  gerai Alfamart di seluruh Indonesia mencapai lebih dari 11.300  gerai  yang  tersebar  di Indonesia. Lokasi yang tersebar dan dekat dengan masyarakat, menjadikan Alfamart sebagai salah satu alternatif tempat berbelanja yang sesuai dengan berbagai kalangan.

Distribusi moden channel seperti dengan Alfamart ini melalui cukup menggembirakan hasilnya. Setidaknya, sampai akhir tahun 2015 lalu, ada peningkatan 70% dibandingkan tahun sebelumnya. Hanya saja, kontribusi untuk modern channel ini masih kecil. Masih lebih besar tradisional market. Mungkin ini juga dengan semakin banyak XL bekerjasama secara langsung dengan modern channel, para dealer XL yang menguasai tradisional market belum “teriak”. (Icha)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles