Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

XL Axiata Makin Moncer, Raih 4 Award Dari Opensignal

Telko.id – Kerja keras XL Axiata dalam upaya menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan (Customer Experience) terus membuahkan hasil yakni memperoleh award dari Opensignal.

Salah satu yang terbaru berupa pengakuan dari pelanggan seluler melalui analisa independen Opensignal yang tertuang pada “Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Indonesia Bulan Desember 2022”.

Dalam laporan itu, XL Axiata dinyatakan berhasil meraih award Opensignal sebanyak empat kategori dari sembilan kategori, meraih skor terbaik di antara sejumlah operator yang beroperasi di Indonesia.

Keempat kategori tersebut yakni, pengalaman kecepatan unduh, pengalaman video, pengalaman gim, dan pengalaman aplikasi suara. Analisa kepada pelanggan seluler dilakukan oleh Opensignal selama 90 hari, mulai 1 Agustus 2022 hingga 29 Oktober 2022.

“Hasil laporan Opensignal yang menempatkan XL Axiata menjadi yang terbaik di empat kategori pada periode ini menunjukkan kerja keras kami dalam upaya yang tidak kenal lelah untuk terus meningkatkan kualitas jaringan telekomunikasi dan data,” kata I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata.

Kerja keras tersebut telah berhasil menghadirkan kualitas jaringan yang semakin baik yang semoga sesuai dengan ekspektasi pelanggan.

“Namun, tentu pencapaian ini bukan final, karena kami harus mampu mempertahankannya di periode-periode mendatang di mana ekspektasi pelanggan juga akan terus meningkat,” ungkap Gede.  

Gede menambahkan, berbagai inisiatif dan inovasi telah diimplementasikan oleh XL Axiata untuk meningkatkan kinerja jaringan. Upaya-upaya tersebut antara lain berupa menjaga ketersediaan dan kualitas sinyal pada seluruh BTS XL Axiata, serta optimisasi di sisi jaringan dan service (antara lain gim, video, voice).

Hal-hal tersebut dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga mampu mendekati espektasi experience yang diinginkan pelanggan. Selain itu, XL Axiata juga menerapkansmart investment, yaitu menambah kapasitas jaringan dengan mempertimbangkan pengaruh langsung terhadap pengalaman pelanggan.

Berikut ini penjelasan terkait empat kategori survey pengalaman seluler dari Opensignal yang berhasil dimenangi oleh XL Axiata.

Kategori Pangalaman Video

Pengalaman Video Opensignal mengukur kualitas video yang streaming ke perangkat seluler dengan mengukur streaming video nyata melalui jaringan operator.

Metrik tersebut didasarkan pada pendekatan berbasis Persatuan Telekomunikasi Internasional (ITU) yang dibangun berdasarkan penelitian mendalam yang menghasilkan suatu hubungan antara parameter teknis, termasuk kualitas gambar, waktu pemuatan video dan laju penundaan, dengan pengalaman video yang dialami sesuai dengan laporan dari orang-orang.

Pengguna XL Axiata menikmati pengalaman terbaik saat streaming video melalui jaringan seluler di Indonesia. Hasilnya, XL Axiata kembali menjadi pemenang Pengalaman Video Opensignal, dengan 46,5 poin (dari 100).

Kategori Pangalaman Game

Metrik Pengalaman Game Opensignal mengukur bagaimana pengguna seluler merasakan permainan seluler multipemain secara nyata pada jaringan operator.

Diukur pada skala 0-100, pengalaman ini menganalisis bagaimana pengalaman bermain game seluler multipemain pengguna dipengaruhi oleh kondisi jaringan seluler termasuk latensi, kehilangan paket, dan jitter.

XL Axiata mengalahkan persaingan dalam hal kualitas pengalaman bermain game seluler multiplayer di Indonesia. XL Axiata adalah pemenang baru dari penghargaan Pengalaman Game oleh Opensignal dengan skor 67,1 poin (dari 100).

Kategori Pangalaman Aplikasi Suara

Pengalaman Aplikasi Suara Opensignal mengukur kualitas pengalaman untuk layanan suara over-the-top (OTT) menggunakan model yang diturunkan dari pendekatan berbasis International Telecommunication Union (ITU) untuk mengukur kualitas panggilan suara secara keseluruhan dan serangkaian parameter teknis yang dikalibrasi.

Model ini mencirikan hubungan yang tepat antara pengukuran teknis dan kualitas panggilan yang dirasakan. Pengalaman Aplikasi Suara untuk setiap operator dihitung dalam skala dari 0 hingga 100.

XL Axiata menjadi yang teratas dalam Pengalaman Aplikasi Suara, dengan peningkatan 2,3 poin yang dilaporkan oleh pengguna di jaringannya. XL Axiata menjadi pemenang langsung baru dari penghargaan Pengalaman Aplikasi Suara.

Pengguna XL Axiata menikmati pengalaman terbaik saat menggunakan layanan suara over-the-top (OTT) yakni aplikasi suara seluler seperti WhatsApp, Skype, dan Facebook Messenger.

Kategori Pangalaman Kecepatan Unduhan

Diukur dalam Mbps, Pengalaman Kecepatan Unduhan mewakili kecepatan sehari-hari yang dialami pengguna di seluruh jaringan data seluler operator.

Pengguna seluler di Indonesia kembali mengamati kecepatan unduhan rata-rata tercepat di jaringan XL Axiata. Oleh karena itu, XL Axiata menjadi pemenang penghargaan Pengalaman Kecepatan Unduhan, kali ini dengan skor 20,8 Mbps.

Sementara itu, pengguna XL Axiata mengalami peningkatan terbesar dalam kecepatan pengunduhan rata-rata naik 10,9% sejak laporan terakhir Opensignal.

Per akhir September 2022, XL Axiata mengoperasikan lebih dari 90 ribu BTS 4G yang melayani lebih dari 57 juta pelanggan. Jumlah BTS 4G tersebut bertambah lebih dari 20 ribu unit dibandingkan jumlah di perode yang sama di tahun sebelumnya.

Jaringan tulang punggung fiber optik milik XL Axiata membentang sepanjang lebih dari 130 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di Kepulauan Indonesia yang sangat luas. Proyek fiberisasi XL Axiata juga terus berlanjut, per akhir September 2022 telah mencapai sekitar 76% dari total BTS. 

Jaringan 4G XL Axiata ini telah melayani pelanggan di total lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 34 provinsi Indonesia, dan masih akan terus bertambah di tahun-tahun mendatang.

Keberadaan jaringan data yang berkualitas ini berperan mendukung proses digitalisasi di berbagai bidang, sekaligus mempermudah masyarakat luas dalam meningkatkan literasi digital. (Icha)

Latest

Pemerintah Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

Telko.id – Pemerintah, dalam hal ini Menteri Komunikasi dan...

Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menyiapkan pengaturan...

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development...

Rekomendasi

Libur Ramadan dan Lebaran, Trafik Data XL Axiata Meningkat 16%

Telko.id - XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadan dan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 H, antara...

Sambut Lebaran, XL Axiata Perkuat Jaringan di Tiga Jalur Utama Penyeberangan Laut

Telko.id - PT XL Axiata Tbk telah memastikan kesiapan jaringannya guna melayani dan memudahkan arus mudik Lebaran tahun ini di semua lokasi yang akan...

Polda Sumut Gulung Sindikat Pelaku Penipuan dan Pencurian STB XL Home

Telko.id - XL Axiata sangat serius dan tegas dalam menangani kasus pencurian perangkat STB XL Home. Ketegasan sikap XL Axiata ini sudah ditunjukkan dalam...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini