Wow Analisis Opensignal XL Axiata Video Experience nya Kalah kan Telkomsel

Telko.id – Belum lama ini Opensignal mengeluarkan analisanya tentang pengalaman seluler pelanggan di Indonesia. Data yang diambil antara 01 Februari – 01 Mei 2022. Ada yang menarik pada analisanya kali ini. Ya, XL Axiata mampu mengalahkan Telkomsel dalam hal video Experience.

video Experience

Menurut Opensignal, ini merupakan pertama kali nya pengguna smartphone di Indonesia memperoleh pengalaman terbaik yang disediakan oleh jaringan XL Axiata. Terutama saat melakukan streaming video.

Hal ini disampaikan oleh Hardik Khatri, Analis Teknis Opensignal dalam laporannya. “Pengguna smartphone di jaringan seluler XL menikmati kualitas pengalaman terbaik yang tersedia saat melakukan streaming video. Oleh karena itu, XL memenangkan penghargaan Video Experience dan mengakhiri rentetan kemenangan impresif yang dicapai Telkomsel”.

“Padahal, Telkomsel sudah sebanyak enam kali berturut-turut, operator ini terus menjadi pemenang penghargaan Opensignal’s Video Experience yang tak terkalahkan di Indonesia sejak kami memperkenalkannya pada Juli 2019. Namun kini XL menduduki posisi teratas dengan skor 44,8 dalam skala 100 poin,” ujar Hardik.

Download Speed Experience

Selain itu, XL juga memenangkan penghargaan Download Speed Experience. “Dalam laporan ini, kami memiliki pemenang baru untuk Download Speed Experience. XL memenangkan penghargaan karena pengguna kami di jaringannya mencatat kecepatan unduh rata-rata tercepat di Indonesia,” ujar Hardik.

Skor XL di 18,7 Mbps adalah 15,2% hingga 108,1% lebih cepat daripada kecepatan yang dialami oleh pengguna kami dengan operator lain.

Upload Speed Experience

Walau demikian, Telkomsel memiliki keunggulan dalam Upload Speed Experience. Dengan kecepatan unggahan rata-rata 7,7 Mbps, pengguna Telkomsel melihat Pengalaman Kecepatan Unggahan tercepat di Indonesia.

Perbedaan antara Telkomsel dan operator lain berbeda secara signifikan, mulai dari 7,3% dengan Indosat yang berada di posisi kedua hingga 365,5% lebih cepat daripada yang dialami oleh pengguna Smartfren kami.

Consistent Quality

Selain itu, Telkomsel pun menjadi pemenang besar kedua penghargaan Consistent Quality. Operator ini memenangkan penghargaan Excellent Consistent Quality, dengan skor 65,6% yaitu 7,1 poin lebih unggul dari Indosat yang berada di posisi kedua.

Telkomsel pun memenangkan penghargaan Core Consistent Quality dengan skor 82,8%, tetapi dengan persentase keunggulan lebih kecil, yaitu 1,2 poin di atas Indosat.

Consistent Quality ini mengukur seberapa sering pengalaman jaringan pengguna cukup untuk mendukung persyaratan aplikasi umum. Excellent Consistent Quality menggunakan ambang batas untuk aplikasi yang lebih menuntut daripada Core Consistent Quality.

Game Experience

Nah, untuk yang menarik. Para pengguna 3 tetap dapat menikmati game dan pengalaman aplikasi suara terbaik. Operator yang kini tergabung dalam Indosat Ooredoo Hutchison ini mengalahkan pesaing dalam memainkan game mobile multiplayer dan menggunakan layanan suara over-the-top (OTT) di Indonesia.

Dalam Games Experience, 3 memenangkan penghargaan dengan keunggulan 3,6 poin atas XL yang menempati posisi kedua. Operator ini juga memenangkan penghargaan Voice App Experience, tetapi merupakan pertarungan yang sangat ketat, dengan hanya 2,1 poin (dari 100) yang menjadi pembeda dari kelima operator lainnya.

4G Coverage

Untuk 4G Coverage Experience, Telkomsel tetap unggul. Dengan skor 8,7 dari 10 poin, unggul 2,3 poin dari XL sebagai runner-up pertama. Artinya, pengguna Telkomsel dapat menemukan 4G di 87 dari 100 lokasi yang dikunjungi oleh semua pengguna kami — tertinggi di Indonesia.

5G Di Indonesia

Layanan 5G pertama diluncurkan di Indonesia lebih dari setahun yang lalu. Sementara Telkomsel menjadi operator pertama yang menawarkan layanan 5G komersial, dan kemudian diikuti Indosat dan XL sebagai dua operator nasional lainnya, tetapi 3 dan Smartfren masih mempersiapkan jaringan mereka untuk mengadopsi teknologi baru ini.

Dalam analisis 5G terbaru Opensignal, ditemukan bahwa meskipun layanan 5G Indonesia masih dalam tahap awal, 5G telah memberikan peningkatan yang signifikan dalam pengalaman seluler dibandingkan dengan teknologi sebelumnya, yaitu 4G dan 3G. Selain pengukuran generasi teknologi jaringan seluler lama, kami juga telah menggunakan pengukuran 5G saat menentukan skor keseluruhan untuk setiap kategori penghargaan.

Untuk membantu operator menghadirkan pengalaman 5G yang lebih baik ke lebih banyak wilayah di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) baru-baru ini  mengungkapkan rencana untuk menetapkan spektrum di band 700MHz untuk layanan 5G.

Ini merupakan tambahan pengumumannya tentang proses refarming spektrum dan penetapan ulang 5G di band 3,5GHz yang akan diluncurkan Kominfo pada tahun 2023.

Seiring peluncuran 5G, 4G tetap memainkan peran penting karena mayoritas konsumen masih terhubung ke teknologi 4G.

Awal tahun ini, Ooredoo Group dan CK Hutchison menggabungkan unit masing-masing di Indonesia untuk membentuk PT Indosat Ooredoo Hutchison. Perubahan ini kemungkinan akan mengubah dinamika pasar seluler Indonesia, karena perusahaan yang baru dibentuk ini merupakan penyedia terbesar kedua berdasarkan koneksi dan spektrum kepemilikan, di belakang Telkomsel tetapi secara sangat signifikan lebih besar daripada XL.

Untuk laporan ini, kami terus memperlakukan Indosat dan 3 sebagai operator terpisah, karena selama periode yang dicakup oleh laporan ini keduanya terus beroperasi sebagai merek konsumen yang terpisah.

Analisis terbaru Opensignal tentang pasar seluler Indonesia mengungkap bahwa Telkomsel tetap menjadi operator dominan dalam hal pengalaman jaringan seluler di negara ini. Operator ini memenangkan empat dari sembilan penghargaan.

Namun, sementara Telkomsel mengantongi penghargaan terbanyak, XL telah muncul sebagai pemenang baru dalam Video Experience dan Download Speed Experience.

Ini adalah pertama kalinya operator Indonesia, selain Telkomsel, menempati posisi teratas untuk kedua kategori tersebut dalam laporan pengalaman jaringan seluler kami.

3 juga memenangkan dua penghargaan, yaitu Games Experience dan Voice App Experience. Hasil ini menyoroti pentingnya menggunakan berbagai ukuran pengalaman jaringan seluler daripada hanya berfokus pada satu atau dua saja, seperti kecepatan atau kekuatan sinyal.

Analisis Nasional

XL adalah yang teratas di Indonesia dalam hal kualitas pengalaman streaming video di smartphone. XL memenangkan penghargaan Video Experience dengan skor keseluruhan 44,8 poin. Dengan skor ini, XL unggul 1,7 poin atas Telkomsel dan hampir empat poin atas Indosat.

Bagi sebagian besar orang Indonesia, smartphone adalah layar utama mereka untuk hiburan. Dan dengan permintaan konsumsi video seluler yang meningkat pesat, kualitas pengalaman saat streaming video telah menjadi salah satu aspek yang sangat penting dari pengalaman jaringan seluler pengguna. Artinya, operator yang menawarkan Pengalaman Video yang lebih baik memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan pesaingnya.

Analisis Regional

Berdasarkan Video Experience regional, Telkomsel menang besar di Jawa Tengah dan Yogyakarta dan mengumpulkan kemenangan bersama di tiga wilayah, yaitu Banten, Jakarta Raya dan Jawa Barat, dengan berbagi posisi teratas bersama XL.

Selain itu, XL juga merupakan pemenang bersama untuk kategori ini di Kalimantan, bersama 3, dan di Nusa Tenggara diraih oleh XL, 3, dan Indosat. XL dan Indosat masing-masing memenangkan penghargaan, masing-masing di Sumatera dan Sulawesi.

3 mendominasi hasil regional untuk Games Experience dan Voice App Experience dengan memenangkan sebagian besar penghargaan di kedua kategori.

Untuk Games Experience, 3 menang besar di empat wilayah dan mengumpulkan kemenangan bersama di tiga wilayah lainnya. Kami melihat persaingan ketat untuk Voice Experience, tetapi 3 berhasil memimpin dengan mengamankan posisi teratas di sebagian besar wilayah (menang bersama ataupun sendiri).

Namun, Telkomsel memiliki kemenangan besar terbanyak, menjadi satu-satunya pemenang di Banten, Jakarta Raya, dan Jawa Barat.

Beralih ke kategori kecepatan, XL memenangkan penghargaan regional terbanyak untuk Download Experience. Pengguna kami di jaringan XL melihat kecepatan unduh tercepat di tujuh dari 10 wilayah — termasuk Sulawesi, di mana pengguna Indosat dan XL melaporkan tidak ada perbedaan statistik dalam kecepatan unduh yang mereka alami.

Sementara itu, di Banten, Jawa Tengah, dan Yogyakarta, pengguna Telkomsel kami mendapatkan Download Speed Experience teratas.

Dalam Upload Speed Experience, Telkomsel adalah pemenang besar di delapan wilayah. Namun, Indosat memimpin di Sulawesi dan 3 memimpin di Kalimantan.

Definisi

Pengalaman Video Opensignal mengukur kualitas video yang streaming ke perangkat seluler dengan mengukur streaming video nyata melalui jaringan operator.

Metrik tersebut didasarkan pada pendekatan berbasis Persatuan Telekomunikasi Internasional (ITU) yang dibangun berdasarkan penelitian mendalam yang menghasilkan suatu hubungan antara parameter teknis, termasuk kualitas gambar, waktu pemuatan video dan laju penundaan, dengan pengalaman video yang dialami sesuai dengan laporan dari orang-orang.

Untuk menghitung pengalaman video, kami mengukur streaming video secara langsung dari perangkat pengguna akhir dan menggunakan pendekatan ITU untuk mengukur keseluruhan pengalaman video untuk setiap operator pada skala 0 hingga 100. Video yang diuji mencakup berbagai resolusi — termasuk Full HD (FHD) dan 4K / Ultra HD (UHD) — dan streaming secara langsung dari penyedia konten video terbesar dunia.

Selain Pengalaman Video, kami melaporkan metrik berikut terkait pengalaman video:

  • Pengalaman Video 5G: Pengalaman Video rata-rata pengguna Opensignal saat mereka terhubung ke jaringan 5G operator.
  • Pengalaman Video – Pengguna 5G: Pengalaman Video rata-rata pengguna Opensignal dengan perangkat 5G dan langganan 5G di seluruh jaringan operator. Pengalaman ini mempertimbangkan pengalaman video 2G, 3G, 4G, dan 5G beserta ketersediaan dari setiap teknologi.
  • Pengalaman Video 4G: Pengalaman Video rata-rata pengguna Opensignal pada jaringan 4G operator.
  • Pengalaman Video 3G: Pengalaman Video rata-rata pengguna Opensignal pada jaringan 3G operator.

(Icha)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0