Telko.id – XL Axiata melalui XL Axiata Business Solutions menerapkan Smart Water Meter, yaitu solusi berbasis Internet of Things (IoT) yang dapat mengakomodir para pelaku usaha dari berbagai segmen.
Smart Water Meter NB-IoT adalah salah satu solusi berbasis IoT terbaru dari XL Axiata Business Solutions yang diterapkan bersama PT Berkat Air Laut (BAL) untuk memonitor distribusi air bersih bagi warga yang tinggal di area Gili Terawangan dan juga Gili Meno, Lombok Utara.
“Smart Water Meter NB-IoT akan membantu PT BAL yang selama ini melakukan monitor air bersih secara manual dengan mencatat distribusi air bersih ke rumah-rumah,” kata Feby Sallyanto, Chief Enterprise Business Officer XL Axiata.
Dengan teknologi NB-IoT, monitoring bisa dilakukan secara real time, dan efisien. Seperti yang kita tahu bahwa Gili Terawangan dan Gili Meno merupakan salah satu daerah pariwisata yang cukup dikenal hingga manca negara.
Baca juga : Smart Water Meter, Teknologi IoT Telkom Untuk Perumda AM Padang
“Untuk itu, kami berharap XL Axiata Business Solutions dapat menjadi preferred ICT Solutions provider yang mampu memberikan solusi ICT terbaik dalam mendukung pelaku industri pariwisata setempat,” ujar Feby menambahkan.
Hingga saat ini di Gili Terawangan dan Gili Meno masih kesulitan mendapatkan pasokan air tawar bersih. Seluruh sumur yang ada di sana tidak memiliki air tawar, bahkan tingkat keasinannya sama dengan air laut. PT BAL merupakan satu-satunya perusahaan pemasok air tawar bersih disana.
Smart Water Meter with NB-IoT berupa alat meteran air yang di dalamnya terdapat kartu SIM NB-IoT dari XL Axiata untuk mengirimkan data-data yang di butuhkan dari meteran air ke server dan dashboard yang dioperasikan PT BAL.
NB-IoT merupakan bagian dari teknologi Low Power Wide Area Network (LPWAN) berlisensi yang memang didesain khusus untuk komunikasi IoT dengan cakupan jaringan yang lebih luas dan daya tahan baterai hingga 10 tahun.
Mekanisme kerja Smart Water Meter NB-IoT adalah air bersih yang dihasilkan dari proses desalinasi air laut dan ditampung pada reservoir, kemudian dialirkan ke para pelanggan melewati Smart Water Meter dengan NB-IoT XL sebagai alat pengukur dan pemantau penggunaan air.
Selanjutnya, petugas PT BAL bisa mematikan dan menghidupkan distribusi air cukup menggunakan aplikasi pada dashboard, yang sebelumnya dilakukan secara manual oleh petugas pencatat meter yang berkeliling ke ribuan titik.
Manfaat lain yang bisa didapatkan oleh PT BAL melalui penerapan solusi ini di antaranya real time monitoring penggunaan air, serta billing yang transparan dengan akurasi tagihan yang lebih tepat.
Hal itu bisa mempermudah pihak bank dalam menilai atau memperhitungkan cash flow PT BAL jika ada rencana kebutuhan pinjaman kredit investasi.
Selain itu, biaya perawatan yang lebih murah karena jadi lebih mudah dan cepat dalam mendeteksi kebocoran saluran pipa air atau penggunan tidak wajar. (Icha)