Sisternet dan Sispreneur XL Axiata Dibawa Mendunia Lewat G20 Empower

Telko.id – Sisternet dan Sispreneur XL Axiata sudah dijalankan beberapa tahun belakangan ini. Kini didorong lagi lebih mendunia untuk mewujudkan cita-cita dari Group of Twenty (G20) Empower Presidensi Indonesia 2022.

Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, apa yang dicita-citakan G20 Empower sebetulnya sudah dijalankan perusahaan.

“Kita sudah punya flagship sisternet dan sisprenuer,” ujar Dian yang juga Co-Chair of W20 Indonesia 2022 dan advokat G20 Empower kepada awak media di Yogyakarta, Rabu (18/5/2022).

“Sekarang dalam rangka G20 Empower ini, sisternet dan sisperneur kita mau tingkatkan supaya posisi di kalangan perempuan bukan hanya seperti sekarang, tetapi bisa lebih mendunia,” tegasnya

Atas dasar itu, G20 Empower melibatkan delegasi dari negara lain, untuk mengkoneksikan angel investor guna membantu UMKM milik perempuan dalam program sispreneur XL Axiata agar mampu memberikan kontribusi bagi ekonomi keluarga dan nasional.

“Dalam hal ini, XL tidak sendiri, karena kita berkolaborasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,” ungkap dia.

Program pelatihan online tentang kewirausahaan diharapkan bisa menjadi solusi dari munculnya tantangan-tantangan baru, khususnya yang harus para perempuan hadapi sebagai dampak dari pandemi COVID-19.

Salah satu alasan perlunya perempuan mendapat bantuan karena potensi dan perannya sangat besar dalam sektor ekonomi sebagai pelaku usaha. Berdasarkan Data Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Besar di Indonesia pada 2014-2018, dari total usaha yang berjumlah 64 juta unit usaha, sebanyak 99,99 persennya merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sementara berdasarkan survei dari Bank Dunia lebih dari 50 persen usaha mikro dan kecil dimiliki oleh perempuan. Dian menyebut pengusaha UKM perempuan merupakan pihak yang paling terdampak secara ekonomi dan sosial selama masa pandemi COVID-19.

Karena itu, program kelas inkubasi ini menjadi sangat relevan untuk kami selenggarakan saat ini agar dapat membantu di dua sisi sekaligus, yaitu sisi perempuan sebagai penggerak ekonomi keluarga dan UMKM yang dikelolanya agar bisa menopang ekonomi keluarga dan menggerakkan ekonomi di lingkungan sekitarnya.

Dian menambahkan, teknologi digital menawarkan kesempatan kepada siapa saja untuk mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki. Bagi para perempuan pelaku usaha mikro, teknologi digital akan memungkinkan mereka untuk menembus pasar yang lebih luas, yang hampir mustahil bisa dijangkau jika tidak online.

“Dalam ajang ini juga dibahas mengenai evaluasi yang selama ini telah dilakukan pemerintah dan swasta saat memberikan dukungan kepada pengusaha UKM perempuan. Apa-apa saja yang kurang akan diperbaiki dan apa yang sudah baik ditingkatkan,” ungkap Dian Siswarini.

Dikatakan pula bahwa isu kesetaraan gender memang menjadi salah satu dari empat isu prioritas yang diusung W20 dalam Presidensi G20 Indonesia. W20 mengusung empat isu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia.

Pertama, kesetaraan gender. Kedua, inklusi ekonomi yaitu mendukung UMKM yang dimiliki dan dikelola oleh perempuan. Ketiga, peningkatan ketahanan perempuan pedesaan dan perempuan penyandang disabilitas. Keempat, akses terhadap fasilitas kesehatan yang adil secara gender.

Sementara itu, Charwoman G20 Empower, Yessie D. Yosetya menerangkan, G20 Empower ini merupakan aliansi sektor swasta dan publik di dalam presidensi G20.

“Aliansi ini, bertujuan untuk mempercepat kepemimpinan dan pemberdayaan perempuan di sektor swasta,” papar Yessie yang juga Direktur & Chief Strategic Transformation & IT Officer XL Axiata.

Menurutnya, G20 Empower mempunyai model kemitraan yang unik, serta satu-satunya entitas G20 yang menyatukan lebih dari 60 pemimpin bisnis (C level) dan perwakilan pemerintah untuk mencapai tujuan bersama, yakni kesetaraan gender. (Icha)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0